Review Agrowisata Gunung Mas: Lokasi, HTM, Foto & Kelebihannya

Sedang liburan ke Puncak? Jangan lupa untuk mampir ke Agrowisata Gunung Mas. Tempat wisata ini tidak hanya menawarkan keindahan kebun teh yang sangat asri dengan udaranya yang sejuk. Di sini juga sangat populer sebagai tempat wisata keluarga. Anak-anak juga dijamin betah menghabiskan waktu berjam-jam mengeksplorasi tiap sudut tempat wisata ini. Apa saja aktivitas menarik yang menunggumu?

Cari tahu di sini, yuk!

Sekilas tentang Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas Bogor Jawa Barat
Agrowisata Gunung Mas, Bogor, Jawa Barat (sumber: instagram.com/enjoybogor/).
Nama Objek WisataAgrowisata Gunung Mas
LokasiJl. Raya Puncak Gadog No.KM. 87, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00-17:00
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.500
Harga paket campingRp500.000/malam (sewa area untuk group camping minimal 20 orang)
Telepon02518252501
Daya tarik wisataJembatan Tea Bridge, pemandangan sunset dari kebun teh, camping ground di tengah-tengah kebun teh, Taman Kelinci, ATV, flying fox, wahana outbound, kolam renang, penginapan kayu dengan suasana desa
Wisata menarik terdekat
Rating objek wisata4,4/5.0 – 4,490 ulasan Google

Agrowisata Gunung Mas memang menjadi salah satu tempat wisata alam yang paling populer di kawasan Puncak Bogor. Lokasinya juga berada di dekat jalan utama. Sehingga, kamu bisa dengan mudah menemukannya. Kamu bisa sekaligus mampir ke Puncak Bogor dan wisata kebun teh Cisarua sebelum singgah ke sini. Sehingga, pengalaman liburanmu di Bogor jadi makin lengkap.

Agrowisata Gunung Mas berlokasi di area perbukitan Bogor dengan ketinggian 800-1.200 mdpl. Tempat wisata ini memiliki suhu udara sejuk yang berkisar antara 12-22 derajat celsius. Dengan keindahan panorama alam yang ditawarkan, tak heran jika agrowisata ini banyak dikunjungi bagi mereka yang ingin melepas penat.

Keberadaan area wisata ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1910 dan dibuka oleh negara Perancis. Kemudian, pada tahun 1958 tempat tersebut diambil alih oleh Indonesia dan dikembangkan hingga menjadi seperti sekarang. Dulu, tempat wisata ini hanya berupa perkebunan teh dan pabrik teh saja. Tapi, sekarang sudah tersedia banyak sekali fasilitas dan wahana hiburan yang menarik.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menginap di villa kayu atau camping sambil menikmati gemercik suara sungai. Salah satu aktivitas di Agrowisata Gunung Mas yang paling diminati adalah menyusuri kebun teh di atas tea bridge. Tea bridge adalah sebuah jembatan papan kayu yang membentang di atas perkebunan teh Gunung Mas. Kamu bisa menikmati kesejukan dan panorama kebun teh dari atas jembatan sambil ber-selfie ria.

Kamu juga bisa memasuki area Taman Kelinci yang juga tak kalah populer di kalangan anak-anak. Wahana paralayang di wisata agrowisata ini juga tidak boleh kamu lewatkan. Nah, kamu juga bisa mampir sejenak ke pabrik teh untuk melihat proses pengolahan dan pengemasan daun teh. Kamu jadi tahu lebih banyak mengenai proses pengolahan teh hingga menjadi minuman lezat yang menemani waktu santaimu. Wahana ATV, motorcross anak, dan lain sebagainya juga tersedia dan siap untuk memanjakanmu!

Rute ke Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas bisa dijangkau dengan menggunakan berbagai moda transportasi. Saya sarankan kamu menggunakan kendaraan pribadi saja untuk mempersingkat waktu perjalanan. Lokasi tempat wisata ini juga bisa dijangkau dari berbagai kota terdekat.

Berikut rute ke Agrowisata Gunung Mas dari kota terdekat:

Daya Tarik Agrowisata Gunung Mas

Apa saja daya tarik yang dimiliki Agrowisata Gunung Mas? Yang jelas, ada banyak sekali! Makanya, tak heran banyak pengunjung yang memilih wisata agrowisata ini untuk mengisi liburan dan akhir pekan. Berikut adalah beberapa daya tarik utama dan paling ikonis yang dimiliki taman wisata alam ini:

1. Menyusuri kebun teh di atas Tea Bridge

Tea bridge adalah fasilitas wisata di Agrowisata Gunung Mas yang baru dibuka untuk umum bulan Mei 2022 kemarin. Kamu bisa berjalan di atas platform kayu sambil menikmati panorama hamparan kebun teh yang sangat memukau. Lanskap pemandangan perkebunan teh ini juga terlihat semakin jelas.  Dengan adanya tea bridge ini, kamu jadi dapat sensasi baru saat melakukan Tea Walk.

Di beberapa titik juga terdapat platform kayu yang cukup luas. Kamu bisa mengambil foto-foto menarik bersama keluarga atau teman-teman sepuasnya. Untuk menggunakan tea bridge, kamu akan dikenakan biaya. Tapi, menurut saya biaya tersebut sangat worth it. Karena, kamu tidak perlu khawatir celana dan sepatu terkena tanah becek setelah hujan turun.

2. Tea walk seru sambil menunggangi kuda

Selain menaiki tea bridge, kamu juga bisa melakukan tea walk dengan menunggangi kuda. Ini jadi alternatif yang cocok buat kamu yang sedang malas atau capek berjalan kaki. Kamu bisa memilih sendiri rute yang diinginkan yang menawarkan keindahan sisi kebun teh yang berbeda-beda. Tarif dan durasi untuk menempuh masing-masing rute berbeda, ya. Kamu akan menunggangi kuda Sumbawa yang kuat dan perkasa. Kamu seakan jadi seorang koboi yang gagah berani!

3. Nyaman menginap semalam di cottage Pangrango

Dengan banyaknya wahana yang ada, mengeksplorasi wisata agrowisata ini tidak bisa dilakukan dalam waktu sehari. Buat kamu yang memiliki waktu liburan lebih, mencoba staycation semalam di cottage Pangrango. Cottage pangrango adalah villa kayu dengan desain estetik yang menawarkan berbagai fasilitas menginap yang lengkap.

Cottage ini mengusung konsep rumah panggung tradisional yang sangat unik. Ornamen kayu juga ditemukan di dalam area villa. Di teras juga terdapat kursi dan meja kayu yang cocok untuk aktivitas bersantai. Suasana cozy dan hangat menemanimu dan keluarga selama menginap di sini. Kamu seakan sedang berlibur di kampung halaman.

Ada juga fasilitas villa VIP yang mengusung tipe bangunan modern. Di dalamnya juga tak kalah nyaman. Area di dalam villa ini lebih luas dibandingkan tipe Pangrango. Jadi, tipe ini lebih cocok untuk kamu yang sedang wisata ramai-ramai bersama keluarga. Dari segi fasilitas, kedua tipe bangunan ini tidak jauh berbeda.  

4. Paralayang seru menikmati panorama kebun teh

Ingin menikmati keindahan kebun teh dengan cara yang unik? Kamu wajib coba menaiki paralayang. Aktivitas satu ini tidak hanya akan sukses memicu adrenalinmu. Di saat yang sama, kamu juga bisa menyaksikan panorama perkebunan teh yang asri dari atas langit. Kamu juga bisa menyaksikan keindahan perbukitan dan pepohonan yang mengelilingi area wisata ini. Jangan khawatir, kamu tidak akan berlayar di langit sendirian. Karena, kamu akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman.

5. Camping syahdu di tengah-tengah perkebunan teh

Pencinta aktivitas camping jangan sampai melewatkan kesempatan berkemah di tempat wisata ini. Agrowisata Gunung Mas menawarkan pengalaman camping seru dengan panorama river view dan dikelilingi oleh perkebunan teh. Selama camping, kamu bisa menikmati keheningan kebun teh ditemani gemercik air sungai yang menambah kedamaian. Jika enggan memasak, kamu bisa berjalan ke area pintu masuk dan membeli makanan dari deretan warung yang tersedia.

Fasilitas wisata di Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas punya fasilitas yang sangat lengkap. Mulai dari fasilitas umum, fasilitas hiburan, hingga fasilitas akomodasi tersedia untuk menunjang kenyamananmu. Buat kamu yang berwisata di agrowisata ini akan dimanjakan dengan fasilitas umum:

  • Toilet
  • Musala
  • Rumah Makan
  • Café
  • Lahan parkir yang luas

Supaya pengalaman liburanmu makin maksimal, Agrowisata Gunung Mas juga menawarkan berbagai fasilitas dan wahana hiburan. Fasilitas hiburan tersebut meliputi:

  • Jembatan teh
  • Flying fox
  • Fasilitas outbound
  • Paralayang
  • Kolam renang
  • Taman Kelinci (taman bermain anak dan spot berfoto)
  • Fasilitas berkuda
  • Persewaan ATV
  • Persewaan motorcross
  • Fasilitas panahan
  • Area piknik

Ingin merasakan sensasi menginap dengan panorama kebun teh? Kamu bisa memilih salah satu fasilitas menginap berikut ini:

  • Glamping
  • Camping
  • Villa

Spot foto cantik di Agrowisata Gunung Mas

Agrowisata Gunung Mas punya banyak sekali spot berfoto cantik yang bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa manfaatkan spot berfoto yang ada untuk dapatkan foto-foto instagramable. Yuk, lihat foto-foto berikut yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi:

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Buat kamu yang ingin berwisata ke Agrowisata Gunung Mas, saya sarankan untuk melakukan budgeting terlebih dulu. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini memang sangat terjangkau. Apalagi, jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata lainnya di Bogor. Tapi, harga itu masih belum termasuk harga parkir kendaraan dan berbagai wahana di dalamnya. Jadi, kamu dulu baca prakiraan biaya pengeluaran ini untuk mengurangi rasa kaget saat sudah sampai di tempat wisata nanti.

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Agrowisata Gunung Mas:

Harga tiket masukRp15.500
Biaya parkirSepeda motor: Rp2.500
Mobil: Rp7.500 Bis: Rp15.500
Biaya makanNasi Goreng: Rp17.500
Nasi Timbel Komplit (Ayam Negeri): Rp35.000
Indomie Rebus + Telor: Rp15.000
Mie Kocok: Rp17.500
Mie Bakso: Rp15.000
Biaya minumTeh Hitam Cangkir: Rp5.000
Teh Varian Rasa Dingin: Rp10.000
Teh Susu: Rp8.000 Es Teh Susu: Rp10.000
Bandrek: Rp6.000
Biaya camilanPisang Goreng: Rp15.000
Pisang Goreng Keju Coklat: Rp22.000
Telor Gulung: Rp10.000
Sosis Bakar: Rp15.000
Batagor: Rp15.000
Biaya sewa ATVRp50.000/15 menit
Biaya minumMulai dari Rp10.000
Biaya HTM ke Taman KelinciRp70.000
Biaya sewa penginapanRp420.000-Rp2.600.000/malam (Villa Pangrango)
Biaya paralayangRp450.000 (sudah termasuk instruktur profesional)
Biaya sewa tenda glampingRp550.000/malam (Family camp, kapasitas maksimal 8 orang)
Biaya tiket terusan ke Tea BridgeRp10.000
Biaya sewa kudaRp57.500/15 menit Rp150.000/30 menit
Biaya HTM ke kolam renangRp10.000
Biaya HTM camping groundRp12.500

Dari data prakiraan biaya di atas, rata-rata wisatawan di Agrowisata Gunung Mas menghabiskan uang sekitar Rp227.500-675.500 per orang. Perkiraan harga tersebut berlaku jika kamu tidak menginap. Bagi kamu yang memutuskan untuk menginap, bersiaplah mengeluarkan biaya yang lebih besar.

5 kelebihan Agrowisata Gunung Mas

Apa saja hal-hal yang jadi kelebihan Agrowisata Gunung Mas? Tempat wisata alam ini memang memiliki kelebihan yang berhasil memikat hati para pengunjung. Antara lain:

1. Panorama perkebunan teh yang memukau

Buat kamu yang ingin melepas rasa penat, menikmati perkebunan teh di agrowisata ini terbukti sangat ampuh. Menyaksikan hamparan kebun teh berwarna hijau memberikan efek healing tersendiri. Apalagi, suasana di sekitar area perkebunan teh juga sangat tenang dan jauh dari pusat keramaian. Saya sarankan kamu datang saat weekday, supaya kamu benar-benar bisa menikmati keindahan dan kedamaian yang ditawarkan.

2. Fasilitas bermain anak yang lengkap

Agrowisata Gunung Mas punya banyak sekali fasilitas hiburan yang membuat si kecil tidak akan merasa bosan. Ada Taman Kelinci yang menawarkan berbagai wahana bermain yang menyenangkan. Di dalam taman tersebut juga terdapat banyak spot berfoto menarik untuk anak-anak.

Fasilitas motorcross dan flying fox juga tersedia dan cocok bagi anak-anak yang berjiwa petualangan. Di tempat wisata ini juga terdapat fasilitas kolam renang untuk anak-anak yang gemar berenang. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengajak serta anakmu liburan di sini.

3. Udara segar dan jauh dari polusi

Selama di sini, hanya udara sejuk dan segar yang akan menemanimu. Cobalah untuk menarik dan menghembuskan napas perlahan selama bersantai di area wisata ini. Udara yang kamu hirup terasa sangat segar dan membuat tubuh lebih berenergi. Wajar saja, karena lokasi agrowisata ini berada di kawasan pegunungan yang masih sangat asri. Jadi, kamu benar-benar bisa menikmati udara yang kaya akan oksigen dan tidak tercemar polusi.

4. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan

Kamu ingin bersantai sambil menikmati ketenangan alam? Atau mungkin, kamu justru ingin bertualang menikmati semua wahana yang ada? Yang mana pun itu bisa kamu lakukan di Agrowisata Gunung Mas. Tempat wisata ini menawarkan penginapan, camping ground, maupun area glamping bagi kamu yang ingin menikmati liburan dengan tenang.

Di sisi lain, kamu juga bisa berkeliling kebun teh, berkeliling area wisata menggunakan ATV, maupun menikmati olahraga paralayang. Tidak ada kata “bosan” di kamusmu selama berwisata di agrowisata Gunung Mas.

5. Harga makanan yang sangat terjangkau

Selagi berwisata di Agrowisata Gunung Mas, jangan lupa mampir ke kedai “Tea Corner”. Kedai teh ini menyajikan aneka olahan teh hangat maupun dingin yang menyegarkan. Kamu juga bisa membeli aneka snack maupun makanan berat sambil menyaksikan keindahan kebun teh. Harga makanan dan minuman yang disajikan di kedai teh ini juga tergolong ramah sangat terjangkau, lho.

5 kekurangan Agrowisata Gunung Mas

Tidak hanya pengalaman positif saja, kamu mungkin akan menemukan pengalaman tidak mengenakkan di sini. Ada beberapa hal mengenai Agrowisata Gunung Mas yang bisa jadi mengakibatkan kamu merasa kurang nyaman. Kamu bisa mengantisipasinya dengan membaca kekurangan dari tempat wisata ini berikut:

1. Wahana yang tersedia tidak gratis

Oke, kamu mungkin merasa sangat beruntung karena menemukan tempat wisata Puncak yang hanya menawarkan HTM masuk sebesar Rp15.500 saja. Tapi, alangkah kagetnya kamu begitu mengetahui bahwa ada biaya tambahan untuk masing-masing wahana.

Sedikit disayangkan, kamu harus membayar wahana atraksi yang ada. Ini tentunya membuat kamu harus merogoh kocek lebih dalam untuk bersenang-senang di sini. Pastinya, kamu juga jadi berpikir ulang ribuan kali untuk berlibur di tempat wisata ini.

2. Jalan menuju tempat parkir Tea Bridge dalam kondisi rusak

Berhati-hatilah saat kamu membawa kendaraan menuju area Tea Bridge. Karena, medan menuju area parkir di Tea Bridge masih dalam kondisi yang kurang baik. Di beberapa titik, aspal terlihat mengelupas dan beberapa area berlubang. Sehingga, mengakibatkan kendaraan mobil maupun sepeda motor kesulitan dalam melintas. Harus ekstra waspada, nih!   

3. Tidak ada pagar pengaman di atas Tea Bridge

Buat kamu yang akan berwisata menaiki Tea Bridge, harap lebih berhati-hati. Karena, jembatan papan ini masih belum memiliki pagar pengaman. Ditambah lagi, papan kayu jembatan tidak terlalu luas. Jadi, kamu harus bergiliran saat berpapasan dengan pengunjung lain. Jangan bercanda sambil mendorong-dorong teman, ya. Jembatan ini lumayan tinggi, dan pastinya akan sakit sekali jika kamu terjatuh.

4. Lahan camping tidak diperuntukkan bagi solo camper

Kamu yang ingin mencoba camping solo di sini harus gigit jari kecewa. Karena area camping ground di Gunung Mas ini hanya diperuntukkan bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan group camping. Untuk peserta grup diwajibkan berjumlah minimal 20 orang. Dan, kamu harus membayar biaya sewa lahan di kisaran harga Rp500.000.

5. Banyak sampah berserakan di area piknik

Di Agrowisata Gunung Mas, kamu bisa menikmati wisata piknik seru sambil memandang hijaunya kebun teh. Sayangnya, masih banyak nih tangan-tangan yang kurang bertanggung jawab. Ada banyak sekali sampah yang berserakan di area piknik. Terutama, di saat weekend. Yuk, biasakan untuk lebih peduli lingkungan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Kesimpulan

Agrowisata Gunung Mas adalah salah satu wisata alam yang menawarkan keindahan perkebunan teh. Udara yang segar dan sejuk serta suasana yang tenang juga jadi daya tarik. Di sini juga terdapat banyak sekali wahana wisata yang menarik. Mulai dari Tea Bridge, Taman Kelinci, kolam renang, penginapan dan camping ground, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menikmati aneka minuman teh dan camilan hangat di café yang tersedia. Yuk, rencanakan liburan seru ke Agrowisata Gunung Mas!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar