10 Rekomendasi Tempat Camping Sekitar Ciwidey untuk Liburan

Ciwidey merupakan salah satu tempat favorit untuk liburan, terutama bagi warga Jakarta. Udara yang dingin, tempat wisata alami, dan keindahan alam menjadi tiga alasan mengapa ia begitu disukai. Salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan di antara indahnya alam Ciwidey adalah camping. Baik kamu pencinta alam sejati, atau ingin mencoba wisata gaya baru. Ada banyak sekali tempat camping menarik yang ada di Ciwidey. Biar kamu nggak bingung, kami akan akan memberikan rekomendasi terbaik agar pengalaman pertamamu berkesan. Berikut 10 rekomendasi tempat camping di sekitar Ciwidey, Bandung:

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkapnya. Let’s dive in!

1. Glamping Lakeside Rancabali

Camping Dekat Ciwidey Glamping Lakeside Rancabali
Glamping Lakeside Rancabali, Bandung.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.Km, RW.39, Situ, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-17.00 (wisata). 24 jam (penginapan).
Harga paket wisataSayang Heulang Resort: Rp2,04juta. Lakeside Tent Resort: Rp1,59juta. Family Tent Resort: Rp2,04juta. Keong Tent Resort: Rp1,14juta.
Telepon0821-1600-3334.
Rating ulasan4,4 dari 14.039 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarSitu Patenggang, Restoran Kapal Pinisi.

Begitu indahnya pemandangan di sekitar Glamping Lakeside Rancabali. Udara selalu dingin, keindahan alamnya juga nikmat dipandang mata. Jika kabut tiba, nuansanya menjadi semakin teduh dan syahdu.

Glamping Lakeside Rancabali menawarkan pengalaman camping yang mewah (glamour camping). Konsep ini sangat sesuai buat kamu yang ingin beristirahat di tengah alam, tetapi menginginkan kenyamanan.

Camping Ciwidey Glamping Lakeside Rancabali
Tenda glamping di Glamping Lakeside Rancabali, Bandung (Sumber: Instagram.com/lakeside_rancabali/).

Terdapat beberapa jenis penginapan yang ditawarkan oleh Glamping Lakeside Rancabali:

  • Sayang Heulang Resort.
  • Lakeside Tent Resort.
  • Family Tent Resort.
  • Keong Tent Resort.

Setiap penginapan memiliki ukuran dan konsep yang berbeda-beda. Kamu dapat menyesuaikannya dengan keinginan dan jumlah orang yang menginap.

Di Glamping Lakeside Rancabali, kamu bisa mencoba berbagai macam fasilitas hiburan, misalnya seperti mobil offroad, perahu bebek, rafting, dan juga berkebun. Ya, di sana, kamu dapat berkebun, memetik stroberi, serta teh-teh langsung dari kebunnya. Ini adalah sebuah fasilitas yang akan disenangi anak-anak.

Jika lapar, kamu juga bisa makan di restoran Kapal Pinisi. Restoran ini menyediakan berbagai macam masakan khas Sunda yang lezat dengan pemandangan alam yang cantik. Sebuah tempat liburan atau bulan madu yang menarik!

Seberapa jauh Glamping Lakeside Rancabali dari kota Bandung? Kamu harus menempuh jarak sekitar 54 km. Namun, tenang saja. Jalan menuju ke sana dapat ditempuh dengan menggunakan mobil.

Untuk menghindari full-booked terutama di musim liburan dan akhir minggu, lakukan pemesanan daring.

2. Ranca Upas

Camping Ciwidey Ranca Upas
Ranca Upas, Bandung.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-16.00 WIB (wisata dan penangkaran rusa). 24 jam (perkemahan).
Harga paket wisataRp800-900 ribu per malam (kabin).
Telepon0812-2345-6911.
Rating ulasan4,5/5 dari 8.793 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarKawah Putih, Kampung Cai Ranca Upas.

Ranca Upas adalah sebuah destinasi wisata dan berkemah favorit banyak orang. Pasalnya, Ranca Upas memiliki fasilitas wisata yang premium dengan tingkat kenyamanan tinggi. Di tamtah lagi, lokasi Ranca Upas mudah dijangkau, baik dengan roda dua mau pun roda empat. Hmmm, top banget deh!

Selain itu, ia juga dekat dengan banyak tempat wisata misalnya seperti Situ Patenggang atau di Kawah Putih. Karena kelebihan itulah banyak wisatawan menobatkan Ranca Upas sebagai tempat camping terbaik di Bandung.

Camping Ground Ranca Upas Bandung
Camping ground Ranca Upas, Bandung.

Ada dua jenis camping yang bisa kamu pilih di Ranca Upas. Yang pertama adalah camping biasa. Untuk yang satu ini, kamu bisa memilih mau berkemah di sebelah mana. Beberapa tempat camping biasa di Ranca Upas adalah:

  • Galunggung.
  • Patuha.
  • Kawah Putih.
  • Cilember.
  • Karaha Bodas.

Sementara itu, akomodasi glamping disediakan oleh Bobocabin by Bobobox. Keberadaan glamping ini sebetulnya belum lama di Ranca Upas. Konsepnya unik. Kabin berbentuk trapesium dengan sudut-sudut yang agak tajam. Desain ini terlihat minimalis, edgy, dan modern. Vibe-nya hampir sama dengan kamar kapsul Bobobox yang sudah lebih dulu dikenal masyarakat.

Glamping di Ranca Upas berbeda dengan glamping pada umumnya. Lantaran disponsori oleh Bobobox, ia mengusung Internet of Things untuk berbagai fitur. Dari dalam kabin, kamu bisa mengatur banyak hal secara otomatis. Misalnya, seperti mengatur transparansi jendela, menyalakan lampu, dan sebagainya.

Jika kamu ingin melihat dunia luar, kamu bisa membuat smartglass menjadi transparan. Namun, saat malam tiba dan kamu ingin beristirahat, kamu bisa membuat jendela menjadi keruh. Lampu pun dapat disesuaikan terang-gelapnya sesuai keinginan.

Walaupun konsepnya “di tengah hutan”, tetapi area glamping ini aman dan ramah anak. Di depan kabin, terdapat jalan setapak yang rapi. Keamanan pun selalu available 24 jam. Terdapat pula fasilitas seperti musala dan juga aktivitas menarik. Contohnya, memberi makan rusa, outbound, berendam di kolam air panas, dan sebagainya.

Dari pusat kota Bandung, untuk menjangkau tempat ini, kamu perlu menempuh jarak sejauh 47 km.

3. Ciwidey Valley Resort

Ciwidey Valley Resort, Bandung
Ciwidey Valley Resort, Bandung.
LokasiJl. Barutunggul KM. 17 Ciwidey, Alamendah, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-21.00 WIB.
Harga paket wisataTiket masuk: Rp20.000,00. TIket kolam renang: Rp50.000,00. Cottage glamping: Rp950.000,00. Standard camping ground: Rp541.000,00. Cottage: Rp741.000,00. Deluxe Room:  Rp1,2 juta.
Telepon(022) 85920222.
Rating ulasan4.3 dari 7,686 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarKawah Putih, taman bermain anak, kolam renang rekreasi, whirpool.

Betapa menyenangkannya berendam air panas di tengah udara yang dingin menggigil. Sensasi inilah yang akan kamu temukan di Ciwidey Valley Resort. Terletak hanya selangkah dari Kawah Putih, Ciwidey Valley Resort merupakan sanctuary yang tepat untuk siapa saja yang merasa penat.

Kawah Putih sendiri merupakan destinasi wisata dataran tinggi favorit banyak orang. Cuacanya dingin. Pada pagi atau sore hari, udaranya berkabut. Kabut-kabut ini menciptakan sensasi bak negeri di atas awan. Pemandangan surgawi ini mendamaikan hati sekaligus menjadi spot foto yang ideal.

Selain setapak berjarak dari Kawah Putih, hal menarik yang dapat kamu temukan di Ciwidey Valley Resort adalah glamping. Ciwidey Valley Resort menyediakan berbagai pilihan glamping seperti J. Suite Glamping dan Suite Glamping. Semua paket glamping ini sudah termasuk sarapan, kolam renang, dan juga welcome drink.

Ciwidey Valley Resort memberikan berbagai macam fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas itu antara lain adalah:

  • Lembah Ciwidey Resto

Restoran ini terletak di Ciwidey Valley. Sembari menikmati makanan khas Indonesia dan western, kamu juga dapat menikmati pemandangan indah. Kecantikan itu tersaji lewat view pegunungan yang terbuka dan angin sejuk yang menerpa. Konsep tanpa sekat dengan nuansa pedesaan ini membuat aktivitas makan menjadi lebih menyenangkan.

Dengan kapasitas sampai dengan250 orang, Restoran Lembah Ciwidey juga dapat dijadikan lokasi untuk reuni atau pesta pernikahan privat. Namun, pada musim pandemi ini, tentu kamu harus bertanya terlebih dahulu kepada pengelola. Pengelola akan memberikan informasi mengenai syarat pertemuan dan acara yang dapat diadakan.

  • Taman Bermain Anak

Ciwidey Valley Resort merupakan tempat wisata yang ramah anak.  Pada taman bermain anak-anak, terdapat berbagai macam permainan. Misalnya, seperti slider, balon air, labirin, ayunan, bahkan perahu air!

  • Kolam Renang Rekreasi

Untuk memberi warna pada liburan keluarga, Ciwidey Valley Resort juga menyediakan kolam renang yang dilengkapi dengan hiburan seperti water splash dan ember tumpah.

  • Ruang Meeting dan Hall

Selain untuk berwisata, Ciwidey Valley Resort juga dapat digunakan untuk urusan kantor. Itulah alasan mengapa ada banyak outing kantor diselenggarakan di sini. Ruang meeting memiliki kapasitas 50 orang. Sementara itu, hall dapat menampung hingga 300 orang.

  • Whirlpool

Setiap tenda suite glamping dilengkapi dengan whirlpool. Dengan fasilitas ini kamu bisa berendam sambil menikmati view yang cantik. Sebuah pengalaman bersantai yang menyenangkan.

Tenda Glamping Di Ciwidey Valley Resort
Tenda glamping di Ciwidey Valley Resort.

Ada begitu banyak hal menarik yang bisa kamu dapatkan dengan bermalam di Ciwidey Valley Resort. Mudahnya menjangkau tempat ini dengan mobil juga membuat ia menjadi tempat ideal liburan keluarga. Dari Kota Bandung, jaraknya sekitar 43 km. Tertarik untuk mengajak anak dan pasangan tersayang ke sana?

4. Glamping Legok Kondang Lodge

Camping Ciwidey Glamping Legok Kondang Lodge
Glamping Legok Kondang Lodge, Bandung.
LokasiJalan Kurunangan Lebak Muncang, Lebakmuncang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, jam 06.00-23.00 WIB.
Harga paket wisataLegok Kondang Luxury Suite: Rp2,5 juta (1 lantai) dan Rp3,2 juta (2 lantai). Luxury Tent: Rp2,3 juta per malam. Family tent: Rp2 juta per malam. Deluxe tent: Rp1,2 juta per malam. Standard Tent: Rp1,2 juta per malam.
Telepon0813 – 1817 0 9889.
Rating ulasan4.5 dari 1,579 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarKawah Putih, sungai, kolam ikan.

Berkonsep glamorous camping, Glamping Legok Kondang Lodge menyediakan tenda-tenda mewah dengan balkon dan patio. Duduk di sana, menikmati pemandangan dataran tinggi yang damai, dirangkul oleh angin dingin, adalah metode stress-relieving yang sempurna. Bagian dalamnya pun dilengkapi dengan fasilitas yang menawan. Misalnya seperti water heater dan kamar mandi Dekorasi interiornya mengusung warna tanah yang menenangkan.

Arsitektur dan penataan dari penginapan ini mirip seperti penginapan di Ubud. Namun, dibandingkan dengan Ubud, udaranya jelas lebih dingin. Udara sejuk ini dapat kamu nikmati di beberapa tempat tidur jaring yang ada di dekat kamar.

Untuk kamu yang suka berenang, swimming pool di sini menawarkan pengalaman unik. Konsepnya adalah infiniti pool. Ilusi garis tanpa batasnya membuat kamu seolah berhadapan dengan alam Pasundan yang luas.

Contoh Room Dari Paket Glamping Di Legok Kondang Lodge
Contoh kamar glamping yang ditawarkan oleh Legok Kondang Lodge.

Ada begitu banyak fasilitas yang menunjang wisatawan. Untuk kamu yang suka berkebun, terdapat wisata kebun buah dan sayur. Jika kamu doyan dengan petualangan yang cantik, terdapat fasilitas rafting di alam terbuka. Namun, kalau kamu ingin wisata yang santai, cobalah trekking.

Fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan di sini antara lain:

  • Taman.
  • Masjid.
  • Kafe.
  • Restoran.
  • Toilet.
  • Sungai.
  • Kolam ikan.

Glamping Legok Kondang Lodge terletak 42 km dari kota Bandung. Ia adalah sebuah tempat pelarian diri yang sempurna dari rasa penat. Apakah kamu tertarik mencobanya? Glamping space ini mudah dijangkau mobil dan motor. Namun, berhati-hatilah terhadap beberapa jalan berlubang.

5. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang PPTK Gambung

Camping Ciwidey Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Pptk Gambung 1
Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang PPTK Gambung, Bandung.
LokasiMekarsari, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, jam 06.00-23.00 WIB.
Harga paket wisataPaket Tenda Dome: Rp165.000,00-Rp415.000,00. Paket Tenda Charly: Rp330.000,00-Rp797.000,00. Paket Tenda Gama: Rp275.000,00-Rp588.000,00. Paket tenda Roofi: Rp440.000,00-Rp1,265 juta.
Telepon0815-7360-0561.
Rating ulasan4.5 dari 114 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarLembah Gambung, The Only Warung.

Mencari tempat camping biasa yang nyaman dan aman? Kamu bisa mencoba pergi ke Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang PPTK Gambung. Walaupun konsepnya adalah camping biasa, tetapi keamanannya 24 jam. Medannya pun mudah untuk dicapai. Pada akhir minggu, ada banyak anak muda yang berkemah di sana. Jadi, kamu tidak perlu takut merasa sepi pada saat camping di Ranca Cakuang

Ranca Cakuang berada di lembah perbukitan dengan pemandangan dataran tinggi panoramik. Lahannya ditumbuhi oleh pohon-pohon palem atau cakuang. Hal ini membuat suasana menjadi semakin teduh.

Terdapat The Only Warung, warung lokal yang menyediakan berbagai macam makanan yang mengenyangkan. Selain itu, ada fasilitas toilet dan kamar mandi bersih. Semuanya disediakan oleh pengelola, sehingga kamu bisa tenang berkemah.

Kamu bisa memilih beberapa jenis tenda untuk camping:

  • Tenda Charly: Tenda yang bisa muat hingga 7 orang.
  • Tenda Gama: Muat hingga 5 orang.
  • Tenda Roofi: Muat hingga 12 orang.

Di Ranca Cakuang, para campers dapat menikmati berbagai macam fasilitas. Fasilitas-fasilitas itu antara lain:

  • Api unggun (untuk paket tertentu).
  • Matras.
  • Sleeping bag (untuk paket tertentu).
  • Lepas pasang tenda.

Tourism hidden paradise ini mudah untuk dijangkau dengan kendaraan bermotor. Dari kota Bandung, kamu dapat menempuh jarak sekitar 40 km.

6. Punceling Pas Camping Ground & Hot Spring

Camping Ciwidey Punceling Pas Camping Ground Hot Spring
Punceling Pas Camping Ground, Bandung.
LokasiLebakmuncang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-17.00 WIB.
Harga paket wisataHarga tiket masuk: Rp15.000,00. Paket Reguler: Rp300.000,00. Paket Medium: Rp575.000,00. Paket Premium: Rp750.000,00.
Telepon0813-2263-2387.
Rating ulasan4.3 dari 283 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarKawah Putih, Situ Patenggang, offroad, arung jeram.

Apakah kamu mencari camping ground yang terjangkau? Punceling Pas menjawab keinginanmu. Persewaan tenda dan perkemahan di sini sangat terjangkau. Hanya dengan membayar Rp25.000,00 kamu bisa mendapatkan area camping ground. Selain itu, kamu juga bisa menikmati fasilitas kolam rendam air panas. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, tetapi kolam ini menggunakan sumber alami. Khasiatnya pun dapat diandalkan. Jika kamu kerap mengalami masalah kesehatan seperti punggung sakit atau pegal pegal kamu bisa mencoba berendam di sini.

Dari jalan utama, Punceling berjarak sekitar 1000 meter dari Ciwidey Valley. Medan untuk menuju ke sana tidak berat. Kamu juga bisa menggunakan mobil. Walaupun, tentu saja akan lebih mudah untuk parkir apabila kamu menggunakan sepeda motor.

Dari Punceling, kamu akan mendapatkan akses masuk langsung ke dua curug: Pajajaran dan Lumpat. Kamu bisa berfoto dan menikmati kesegaran aliran air terjun. Menyenangkan sekali, bukan? Buat kamu yang menyukai sedikit tantangan, kamu bisa mendaki puncak Keraton. Di puncak keraton, kamu bisa melihat sunrise dan sunset.

Walaupun merupakan tempat berkemah murah, kamu bisa menikmati banyak fasilitas seperti:

  • Game Paintball.
  • Panahan.
  • Fun games.
  • Offroad.
  • Rafting.

Punceling adalah tempat camping yang cocok buat siapa saja yang berjiwa muda. Jika kamu mau bersenang-senang dengan harga terjangkau, ini tempatnya.

7. Green Hill Ciwidey

Camping Ciwidey Green Hill Ciwidey
Green Hill Ciwidey, Bandung.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataHarga tiket masuk: Rp40.000,00. Api unggun: Rp25.000,00. Trekking: Rp15.000,00. Outbound: Rp70.000,00. Paintball: Rp175.000,00. Bungalow Pangrango: Rp2,5 juta. Bungalow Bromo: Rp2 juta. Bungalow Salak: Rp1,7 juta. Bungalow Guntur: Rp1,5 juta. Saung Ngampar: Rp1,5-1,8 juta. Tenda: Rp1-1,4 juta.
Telepon0812-9000-0915.
Rating ulasan4.4 dari 121 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarCentral Alamendah Arboretum Park, Kawah Putih, sauna, kolam terapi ikan, restoran.

Pencinta alam dan keindahan akan jatuh cinta begitu menginjakkan kaki ke Green Hill Ciwidey. Sesuai dengan namanya, glamping ini mengusung nuansa back to nature. Pohon-pohon tinggi dan perbukitan menaungi segala fasilitas dan penginapan di dalamnya.

Nah, apa saja aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana? Ini dia:

  • Makan dan Minum di Kafe & Resto

Pencinta kuliner akan sangat suka dengan sensasi makan di sini. Di tengah perbukitan dengan udara sejuk, kamu bisa menikmati kopi yang enak. Selain itu, restoran juga menyediakan berbagai masakan khas Bandung.

  • Sauna dan Berendam

Inilah kegiatan yang banyak disukai wisatawan. Berendam di tengah udara dingin adalah sensasi yang tak terlupakan. Apalagi, jika wisatawan berasal dari kota besar yang sumpek seperti Jabodetabek. Pengalaman ini membuat mereka lebih rileks dan nyaman.

  • Kolam Terapi Ikan

Green Hill Ciwidey juga menyediakan kolam terapi ikan. Terapi ini berguna untuk mengikis sel kulit mati. Ikan-ikan kecil di kolam akan menggigit sel kulit mati di kaki kamu.

Selain menikmati wana wisata di sana, kamu juga bisa menginap dengan gaya. Ya, berkonsep glamping, kamu bisa merasakan alam dengan cara yang nyaman dan aman. Di dalam tenda-tenda glamping berkonsep pondok, ada banyak fasilitas. Misalnya seperti kamar mandi, water heater, dan tentu tempat tidur nyaman.

Dari kota Bandung, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 46,1 km.

8. Bale Bambu Adventure Resort

Camping Ciwidey Bale Bambu Adventure Resort
Area camping di Bale Bambu Adventure Resort, Bandung.
LokasiJl. Raya Soreang-Ciwidey KM. 23, Sukajadi, Soreang, Sukajadi, Kec. Soreang, Bandung, Jawa Barat
Jam bukaSetiap hari, 08.00 WIB-20.00 WIB
Harga paket wisataCamping: Rp200.000,00 Rafting: Rp180.000,00-Rp400.000,00 Paintball: Rp150.000,00 Panahan: Rp150.000,00 Offroad: Rp300.000,00
Telepon 0813-2171-3395
Rating ulasan4.3 dari 86 ulasan Google
Wana wisata di sekitarCentral Alamendah Arboretum Park, Kawah Putih, paintball, arung jeram, offroad

Suka dengan kegiatan outdoor? Kamu bisa menginap di Bale Bambu Adventure Resort. Resort dan camping site ini memberikan kamu akses ke berbagai aktivitas penuh petualangan. Nah, berikut ini beberapa aktivitas yang akan memacu adrenalin:

  • Rafting atau arung jeram di sungai.
  • Fun offroad.
  • Paintball.
  • Outbound.
Wisata Arung Jeram Di Bale Bambu Adventure Resort
Wisata Arung Jeram di Bale Bambu Adventure Resort.

Bale Bambu juga sering mengadakan kegiatan outdoor bagi semua kalangan. Inilah alasan mengapa lokasi ini diminati untuk outing kantor, pelajar, dan mahasiswa. Terlebih lagi, jarak tempuhnya dari Komplek Pemerintahan Kabupaten Bandung hanya sekitar 6 km. Strategis dan mudah dijangkau, bukan? Resort ini juga dekat dengan Sungai Ciwidey yang masih asri dan juga menghadirkan pemandangan menawan.

Paket camping yang ditawarkan oleh Bale Bambu Adventure Resort tergolong terjangkau. Dengan Rp200.000,00 kamu sudah bisa menyewa tempat berkemah di sana. Fasilitas yang akan kamu dapatkan antara lain adalah:

  • Tenda dalam bentuk pango/pleton/dome.
  • Matras.
  • Fasilitas makan dua kali sehari.
  • Api unggun.
  • Sleeping bag.

Kelebihan lain dari tempat camping ini adalah kedekatannya dengan berbagai lokasi wisata. Misalnya, seperti Situ Patenggang dan Kawah Putih. Dari Kota Bandung, jaraknya sekitar 41 km.

9. Hejo Forest

Camping Ciwidey Hejo Forest
Hejo Forest, Bandung.
LokasiPatengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSenin-Jumat, 24 jam.
Harga paket wisataCamping: Rp200.000,00. Rafting: Rp180.000,00-Rp400.000,00. Paintball: Rp150.000,00. Panahan: Rp150.000,00. Offroad: Rp300.000,00.
Telepon 0821-1388-7808.
Rating ulasan4.5 dari 65 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarHutan avatar, kolam air panas, outbound, paintball, hammock park.

Ingin menginap dengan view hutan yang bersahabat? Kamu bisa memilih Hejo Forest. Terletak di daerah

Ciwidey-Rancabali, Hejo Forest dikelilingi oleh perbukitan dan pepohonan tinggi. Cuacanya cukup dingin di sana, bahkan pada siang bolong sekali pun. Lokasinya pun dekat dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang.

Untuk penginapan, Hejo Forest menawarkan konsep glamping. Di dalam tenda premium, kamu akan mendapatkan banyak fasilitas yang membuatmu nyaman. Misalnya, seperti tempat tidur, bedcover, TV, kamar mandi, dan pemanas. Selain menikmati kemah mewah di antara hutan, kamu bisa mencicipi berbagai fasilitas seperti:

  • ●        Hutan avatar.
  • ●        Kolam air panas .
  • ●        Hammock park.
  • ●        Outbound.
  • ●        Paintball.

Di dalam area seluas 5,5 hektar, Hejo Forest memberikan nuansa liburan yang melegakan. Berkeliling di dalam area Hejo Forest membuatmu merasa tenang, bahagia, dan juga sehat. Supaya lebih seru, kamu bisa mengajak teman-temanmu untuk berlibur ke sana. Atau, kamu juga bisa mengajak keluarga besar.

10. Koboy Tjipelah Coffee & Camping Ground

Koboy Tjipelah Coffee Camping Ground Bandung
Koboy Tjipelah Coffee & Camping Ground, Bandung.
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat.
Jam bukaSenin-Jumat dan Minggu: 09.00 WIB-23.00 WIB. Sabtu: 09.00 WIB – 22.30 WIB.
Harga paket wisata
Telepon 0821-3070-0664.
Rating ulasan4.6 dari 59 ulasan Google.
Wana wisata di sekitarKafe, live music.

Koboy Tjipelah memang lebih terkenal akan kafenya. Kafe ini mengusung konsep outdoor di tengah hutan. Pondok-pondoknya pun terinspirasi dari bar-bar country ala Amerika Serikat. Terdapat pula hiasan-hiasan sepeda motor klasik yang disukai para pria.

Pada saat-saat tertentu, ada penampilan live music dari band-band muda berkualitas. Sambil meneguk kopi asli, kamu bisa mendengarkan suara merdu dari para penyanyi di panggung yang terbuat dari kayu dan bambu. Kemudian, kamu juga bisa memesan camilan-camilan yang “Bandung banget” seperti serabi dan kue balok.

Namun, tahukah kamu? Selain terkenal akan live music-nya, tempat wisata ini juga menyediakan area berkemah, lho. Ya, biasanya yang berkemah di sini adalah komunitas tertentu.

Camping Ciwidey Koboy Tjipelah Coffee Camping Ground
Area camping ground Koboy Tjipelah.

Lokasi campingnya ramah anak, topografinya pun datar. Berkemah di sini nyaman karena suasananya klasik, banyak hiburan, dan tentu saja aman. Sayangnya, tidak banyak informasi mengenai harga paket kemah di sini. Kamu dapat menghubungi pengelola untuk mengetahui informasinya lebih lanjut.

Tak perlu diragukan lagi, Ciwidey adalah lokasi wisata favorit banyak orang. Bagi kamu yang ingin merayakan momen khusus atau sekadar ingin rehat, berkunjunglah ke Ciwidey. Dari Bandung, lokasinya mudah untuk dijangkau. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan oleh camping ground yang notabene sudah berfasilitas lengkap. Nikmati keindahan alam perbukitan, hirup udara segar, dan tidurlah dalam buaian malam yang indah di alam bebas.

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Terbaik di Bogor »

Previous Article

10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Majalengka (2021)

Next Article

Tips Agar Tidak Bab di Gunung

Tinggalkan komentar