Beranda - Info Pendaki - Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah

Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah

Salah satu cara menghabiskan akhir pekan adalah dengan pergi berlibur bersama keluarga. Tidak melulu dengan mengunjungi wahana liburan loh, kamu juga bisa mencoba menikmati suasana di alam, camping misalnya. Tidur di dalam tenda, trekking, memasak dan makan bersama keluarga akan menjadi penghilang penat. Selain itu, aktivitas outdoor akan membuat tubuh lebih segar karena terkena cahaya matahari serta membuat jam biologis tubuh kembali normal. Nah, untuk kamu yang sedang mencari lokasi camping ground di Jawa Tengah, kami punya rekomendasi menarik. Berikut 10 camping ground terbaik di Jawa Tengah:

Yuk, mulai cari tahu.

1. Sunrise Camp Gunung Prau

Camping Ground Terbaik Di Jawa Tengah Sunrise Camp Gunung Prau
Sunrise Camp Gunung Prau.
LokasiWates, Purwo Sari, Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah.
Jam Buka08.00-17.00.
HTMRp25.000.
Telepon

Gunung Prau memang terkenal dengan lanskap alamnya yang luar biasa menawan. Gunung Prau ini bisa dijadikan tempat untuk latihan mendaki, karena medannya yang tidak terlalu sulit. Gunung Prau menjadi batas untuk tiga kabupaten yang ada di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Wonosobo. Untuk yang mau melakukan camping bersama keluarga, ada tiga jalur yang bisa ditempuh. Pertama jalur Pranten, Kecamatan Bawang. Jalur kedua adalah Patak Banteng dan Wonosobo. Sedangkan jalur terakhir yaitu Kenjuran dan Kendal.

Lalu, kapan waktu terbaik untuk menghabiskan liburan di Prau? Jawabannya pada puncak kemarau yang berlangsung di bulan Agustus-September. Saat musim kering, pemandangan Prau akan memanjakan mata. Langitnya akan terlihat biru bersih, padang rumput luas terbentang dari timur ke barat. Kamu juga bisa melihat beberapa gunung lain dari ketinggian. Ada gunung kembar Sindoro-Sumbing di sebelah Selatan, Merbabu di sisi kanan, serta Lawu yang bisa dilihat dari balik lautan awan.

Sementara sebelah Selatan tak kalah indah. Ada perbukitan yang disebut bukit Teletubbies disertai hamparan bunga Daisy yang sedang mekar-mekarnya. Saat membuka mata, kamu akan dimanjakan dengan indahnya matahari terbit. Camping di Gunung Prau akan memberikan kamu pengalaman menikmati salah satu golden sunrise terbaik di Indonesia. Jalurnya yang ringan membuat Prau bisa didaki semua usia. Melihat balita atau satu keluarga dengan anak yang masih kecil bukanlah pemandangan asing di gunung ini.

2. Sinolewah Camping Ground

Sinolewah Camping Ground Cangkringan
Sinolewah Camping Ground
LokasiCangkringan, Tangkisan, Umbulharjo, Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Jam Buka08.00-17.00.
HTMRp15.000.
Telepon

Bumi Perkemahan Sinolewah juga masuk dalam list tempat yang bisa dijadikan destinasi camping. Terletak di Dusun Sinolewah, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, tempat ini sangat mudah dijangkau. Bukan hanya camping, di sini kamu juga bisa melakukan outbond atau training outdoor. Letaknya ada di kaki Gunung Merapi, sehingga udaranya benar-benar segar.

Bumi Perkemahan Sinolewah dulunya adalah lahan ilalang dan jambu. Usaha masyarakat sekitarlah yang mengubah padang ilalang ini menjadi tempat yang asri dan menyenangkan. Sekarang, Sinolewah menjadi bukit hijau yang luas dengan dikelilingi oleh pohon pinus. Selain itu, kamu tidak akan menyesal menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di camping ground satu ini. Jika tidak ingin tinggal di dalam tenda, ada banyak sekali penginapan yang disewakan oleh masyarakat, dengan harga yang terjangkau. Fasilitasnya juga lengkap, mulai dari toilet hingga pusat informasi.

3. Mawar Camp – Gunung Ungaran

Mawar Camp Gunung Ungaran
Camping Ground Mawar – Gunung Ungaran.
LokasiJl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah.
Jam Buka08.00-20.00.
HTMRp7.000.
Telepon0813-2887-3541.

Penat dengan tugas kuliah yang menumpuk atau pekerjaan kantor yang semakin membuat stres? Tenang, kamu bisa refreshing di Camp Mawar yang ada di Gunung Ungaran, Semarang. Camp Mawar ini terletak di area pintu gerbang pendakian Gunung Ungaran. Kalau dulu, area camping ini hanya bisa dikunjungi saat weekend, namun tidak lagi dengan sekarang. Selain bisa dikunjungi kapan saja, akses menuju Camp Mawar juga sudah berupa jalan mulus. Tidak perlu takut macet di jalan. Di sepanjang jalan dilengkapi dengan rambu-rambu, sehingga pengunjung bisa lebih berhati-hati saat mengendara. Di bagian kiri dan kanan jalan juga dilengkapi dengan pelindung jalan, sehingga pengendara semakin aman.

Di Camp Mawar ini selalu ada petugas yang siap melayani pengunjung. Meskipun kamu tiba pukul 3 pagi, tak perlu khawatir tidak dilayani, ya. Fasilitas di Camp Mawar juga sangat memadai, mulai dari toilet, mushola, tempat sampah, lahan parkir yang tertata, spot untuk selfie, papan informasi penunjuk arah, bahkan ada warung makan. Bagi yang tidak ingin repot membawa alat camping, kamu bisa menyewa saat sudah tiba di area camping.

Camp Mawar menyediakan area camping yang luas, cocok untuk didatangi bersama keluarga. Jika bosan berada di dalam tenda, kamu bisa menikmati pemandangan di ‘taman mini’ yang tak jauh dari camp ground-nya. Di taman ini terdapat ayunan yang menghadap ke lanskap pemandangan kota. Kamu bisa melihat Gunung Merbabu, Telomoyo bahkan Rawa Pening sebagai bonus. Yap, menghabiskan waktu seharian di Camp Mawar sepertinya tak akan membosankan.

4. Camp Ground Sikunir

Camp Ground Sikunir
Camp Ground Sikunir.
LokasiSembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah.
Jam Buka08.00-17.00.
HTMRp10.000
Telepon0822-2066-6830.

Berkemah di kawasan Sikunir adalah surga tersendiri untuk para pencinta alam. Pasalnya, Bukit Sikunir sangat terkenal dengan golden sunrise-nya yang menawan. Para pengunjung Bukit Sikunir adalah pelancong lokal dan mancanegara. Lokasi Bukit Sikunir ini di Desa tertinggi di Pulau Jawa, yaitu Desa Sembungan yang mempunyai ketinggian 2.306 mdpl. Untuk bisa menikmati pemandangan alamnya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.10.000 per orang, ditambah Rp5.000 untuk parkir kendaraan. Kapan saja bisa berkunjung ke Bukit Sikunir? Untuk jam operasional, Bukit Sikunir adalah buka setiap hari 24 jam. Sehingga kamu bisa berkunjung kapan saja. Disarankan tidak datang pada musim hujan, karena tanah akan becek serta banyak lumpur sehingga tenda akan mudah kotor dan basah.

Jika tidak ingin repot membawa banyak barang, kamu bisa sewa tenda dan peralatan camping di area. Selain tempat persewaan tenda, fasilitas di area camping juga sudah sangat memadai. Mulai dari tempat parkir dan camping ground yang luas, mushola, toilet umum yang bersih, serta warung makan. Jika sudah sampai ke puncak, kamu akan menemukan pendopo atau tempat duduk yang dikhususkan untuk pengunjung setelah lelah mendaki.

Untuk mencapai puncak, dari dasar bukit membutuhkan waktu yang tidak terlalu lama, jaraknya sekitar 800 meter saja. Dari atas Bukit Sikunir, kamu bisa melihat golden sunrise, menyaksikan matahari tenggelam, melihat pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing, serta kabut awan saat pagi hari. Rumah-rumah penduduk juga akan terlihat dengan jelas. Nah, jika kamu ingin berkemah di camping ground ini, pastikan untuk membawa jaket atau pakaian hangat, karena suhu di wisata ini sangat dingin, terutama di pagi hari.

5. Camp Area Umbul Bengkok

Camp Area Umbul Bengkok
Camp Area Umbul Bengkok.
LokasiDesa, Dusun II, Karangsalam, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.
Jam Buka08.00-17.00.
HTMRp2.000.
Telepon0813-2731-2233.

Camp Area Umbul Bengkok merupakan salah satu destinasi yang cukup baru. Letaknya ada di Desa Karangasem, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Untuk sampai ke area camping, kamu harus menempuh perjalanan 20-25 menit dari Kota Purwokerto. Jalan menuju camp area ini cukup berliku, sehingga pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima. Berada di kaki Gunung Slamet, kamu bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian 500-600 meter di atas permukaan laut.

Camp Area Umbul Bengkok ini sangat direkomendasikan bagi kamu yang mau menghabiskan liburan bersama keluarga dan teman. Tak perlu lagi repot membawa peralatan kemah, karena di lokasi sudah terdapat tenda, alas tidur, selimut dan lain sebagainya yang disewakan dengan harga yang bersahabat. Dengan hanya membayar Rp100.000, kamu bisa tidur di dalam tenda dengan kapasitas 4 orang, matras, serta kasur busa. Tiket masuk ke area camp juga hanya Rp2.000 saja. Jika pengunjung ingin menyalakan api unggun pada malam hari, di sini juga disediakan kayu bakar untuk pengunjung.

Nah, untuk yang ingin berwisata lebih, ada program One Day Trip yang ditawarkan oleh pengelola camp area Umbul Bengkok. Kamu akan mendapatkan tiket wisata kemah serta ekspedisi curug yang ada di Baturraden. Sangat puas bukan?

6. Taman Hutan Jayagiri

Bertemakan hutan, Taman Hutan Jayagiri Lembang merupakan salah satu tempat yang cocok untuk camping. Letaknya di Lembang Bandung bagian barat (17 KM dari Kota Bandung). Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini adalah hutan alami yang masih asri, sejuk dan didominasi oleh hutan pinus dengan luas yang mencapai 7 hektar lebih. Ketinggiannya sekitar 1.450 meter di atas permukaan laut. Untuk kamu yang ingin camping atau berkemah, namun tidak ingin capek mendaki gunung, Hutan Jayagiri bisa menjadi pilihan. Karena merupakan jalan masuk menuju Tangkuban Perahu, hutan ini disebut sebagai hutan lintas alam.

Tiket masuk untuk menikmati pemandangan alamnya sangat terjangkau. Dengan Rp5.000 saja, kamu bisa melakukan pendakian pulang pergi. Jika ingin berkemah, kamu harus membayar Rp8.000. Tiket ini juga sudah termasuk biaya jika ingin masuk ke area Tangkuban Perahu. Ada berbagai fasilitas yang bisa dinikmati saat berkemah. Mulai dari signboard (sebagai petunjuk para pendaki), shelter pendakian disertai pos penjagaan, toilet, serta tempat sampah. Sebelum memulai pendakian, kamu bisa istirahat dan menikmati makanan yang ada di warung (tak jauh dari gerbang masuk). Jika ingin mendaki ke Tangkuban Perahu, kamu setidaknya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Jadi jangan lupa siapkan stamina ya!

7. Kampoeng Awan

Camp Grounds Sekipan adalah salah satu camp ground yang terletak di Kabupaten Karanganyar. Karanganyar sendiri terkenal dengan berbagai wisata alam yang bisa memanjakan mata wisatawan. Berbicara tentang Bukit Sekipan, tempat ini sudah ada sejak Zaman Belanda. Awalnya, kawasan ini digunakan untuk tempat latihan TNI. Terbilang baru, Bukit Sekipan diresmikan pada tahun 2015 lalu. Meskipun baru, tepat ini sangat cocok dijadikan destinasi untuk berlibur bersama keluarga. Harga tiket masuk ke Bukit Sekipan ini memang sedikit lebih mahal yaitu Rp50.000 hingga Rp100.000. Namun, kamu dan keluarga tidak akan menyesal loh, karena fasilitas yang sudah super lengkap. Untuk yang ingin berkemah, kamu bisa menggunakan lahan yang digunakan sebagai tepat outbond. Di area outbond ini, kamu bisa bermain trampolin, flying fox, dan juga jembatan goyang. Selain itu, terdapat juga spotspot yang unik untuk berfoto, mulai dari Miniatur Ka’bah, Kapal Titanic, Kampoeng Hallowen, hingga Replika Presiden RI.

8. Camping Ground Pinus Cunthel

Camping Ground Pinus Cunthel
Camping Ground Pinus Cunthel
LokasiSundel, Kopeng, Kec. Getasan, Semarang, Jawa Tengah.
Jam BukaJum’at, Sabtu, Minggu buka 24 jam. Senin-Kamis TUTUP.
HTMRp5.000.
Telepon0856-4185-5585.

Kebanyakan camping ground memang berada di kaki pegunungan. Begitu juga dengan Camping Ground Pinus Cunthel. Area camping ini terletak di Getasan, Kabupaten Semarang. Camping Ground Pinus Chuntel ini terletak di kaki Gunung Merbabu, tepatnya di tengah-tengah jalur pendakian Wekas dan Thekelan. Area camping ini cukup luas, dengan berbagai fasilitas yang memadai. Selain itu, berkemah di Camping Ground Pinus Cunthel menyegarkan mata, karena kamu dapat melihat dengan jelas Gunung Ungaran dan Telomoyo dari kejauhan. Tiket masuk ke area camping ini juga sangat murah, hanya Rp5.000 saja. Tertarik untuk camping di sini?

9. Sidempul Camping Ground

Sidempul Camping Ground
LokasiBansari Bansari, Sawah, Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.
Jam BukaBuka 24 jam.
HTMRp5.000.
Telepon0817-7417-4995.

Di Indonesia ada banyak sekali area camping yang mempunyai panorama indah, dikelilingi hamparan sawah, ditambah dengan langit cerah penuh bintang saat malam hari. Salah satu camping area seperti di atas yang bisa kamu pilih sebagai destinasi adalah  Sidempul Camping Ground. Camping Ground ini terletak di Desa Banaran, Kecamatan Bansai, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Mulanya, area camping ini adalah jalur pendakian menuju Gunung Sindoro. Oleh Komunitas Pencinta Alam, area tersebut dialihfungsikan menjadi tempat berkemah. Suhu yang dingin, pemandangan yang tersaji tidak jauh beda dengan puncak gunung. Akses menuju area camping ini bisa dijangkau dengan sepeda motor. Akan tetapi, para pengunjung harus tetap berhati-hati, karena medannya yang penuh bebatuan dan tanjakan ekstrem.

Untuk bisa sampai ke Sidempul Camping Ground di ketinggian 1576mdpl ini, kamu bisa menggunakan jasa ojek, dengan tarif Rp20.000. Sedangkan tiket masuk per-orangnya adalah Rp5.000 saja. Nah, yang unik dari area camping ini adalah fasilitas yang sudah memadai. Mulai dari ketersediaan mata air, area parkir yang luas, lokasi outbond, serta mushola berbentuk delman. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menghabiskan liburan akhir pekan di Sidempul Camping Ground?

10. Tlogo Dringo

Camping Ground Terbaik Di Jawa Tengah Tlogo Dringo
Area Camping Tlogo Dringo.
LokasiLapangan tlogodringo, Gondosuli Kidul, Tlogodringo, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Jam BukaBuka 24 jam.
HTMRp5.000.
Telepon

Tlogo atau Telaga Dringo disebut sebagai Ranu Kumbolo-nya Jawa Tengah. Keindahan alamnya membuat Telaga Dringo ini dijadikan sebagai wisata yang diminati, terutama untuk yang senang berkemah. Telaga Dringo terletak di sebelah barat daya Dataran Tinggi Dieng, Telaga Dringo ini berdekatan dengan Kawah Candradimuka dan Sumur Jalatunda.

Telaga Dringo merupakan tempat yang pas untuk menghilangkan stres. Telaga ini merupakan kawasan yang asri dan jauh dari hiruk pikuk serta bisingnya suara kendaraan. Di pagi dan sore hari, kamu akan melihat penduduk lokal bercocok tanam dan memancing di telaga. Di balik keindahannya, akses menuju Telaga Dringo ini cukup sulit. Jalan yang kecil dan berbatu membuat tidak semua kendaraan bisa masuk. Jika kami ingin mengunjungi Telaga ini, usahakan memakai sepeda motor kopling, kendaraan trail, atau mobil jeep.

Itulah 10 camping ground terbaik di Jawa Tengah yang bisa kamu pertimbangkan. Destinasi tersebut sangat cocok untuk berkemah atau camping bersama teman dan keluarga. Tempat-tempat tersebut tentu merupakan wisata yang pas untuk menghilangkan penat, karena letaknya yang jauh dari keramaian kota. Ditambah lagi, ada berbagai macam wahana yang bisa kamu coba di sana. Tempat-tempat wisata di atas juga sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang membuat liburan semakin menyenangkan. Bahkan, beberapa ada yang menyediakan tempat persewaan tenda dan alat camping, sehingga tidak perlu lagi repot membawa peralatan dari rumah. Bagaimana, berminat mengunjungi?

Baca Lebih Lanjut: Tips Mendirikan Tenda di Gunung »

Previous Article

Formasi Pendakian

Next Article

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Tinggalkan komentar