5 Tempat Glamping Terbaik di Semarang yang Lagi Hits (2022)

Ada dua stereotip yang selalu melekat pada Semarang. Yang pertama adalah sebagai tempat untuk berwisata kuliner, menjajal makanan akulturasi dari berbagai budaya. Yang kedua adalah bahwa ia merupakan daerah pelabuhan yang sangat panas.

Keduanya memang bukan anggapan  yang salah. Namun, sekarang ada wisata glamping  di Semarang yang menawarkan pengalaman wisata yang asyik dengan udara sejuk/dingin dan menu kuliner enak. Tertarik untuk mengeksplorasi wisata glamping di Semarang? Berikut 5 rekomendasi tempat glamping  terbaik di Semarang:

Untuk para pencari nuansa teduh setelah seharian berkeliling di tengah teriknya Semarang kota, rekomendasi glamping  di Kabupaten Semarang ini cocok buatmu. Mari kemas barang bawaanmu dan sembuhkan penat di tempat-tempat kemah mewah ini.

1. Banaran Sky View (Kampoeng Kopi Banaran)

Glamping Semarang Banaran Sky View
Banaran Sky View, Semarang (sumber: instagram.com/praptiyekti/)
LokasiJl. Raya Bawen – Solo KM. 1,5 Bawen Baan Baan, Baan, Asinan, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 10.00-21.00 WIB (untuk restoran dan fasilitas wisata lain)
Harga paket glampingCouple tend: Rp750.000,00
Family tend: Rp800.000,00
Biaya parkirGratis
Telepon0811-2721-770
Daya tarik wisataTaman luas, outbound, rumah kopi, rooftop restoran, playground, wisata air, kereta, jeep, panahan, paintball, pemandangan Rawa Pening serta Gunung Merbabu, dsb.
Rute dari Ungaran, Semarang21 menit (18,5 km) lewat Jl. Tol Semarang – Solo/Jl. Tol Ungaran-Bawen (Cek di Google Maps)
Rating tempat glamping4,5/5 dari 2.178 ulasan Google

Banaran adalah franchise restoran yang terkenal di Semarang. Pilihan kopinya enak, camilannya pun mendukung. Franchise Banaran selalu terletak di dataran tinggi dengan taman yang luas dan cantik.

Namun, tidak semua Banaran hanya berfungsi sebagai restoran atau kafe saja. Di Kampoeng Kopi Banaran atau Banaran Sky View, kamu juga bisa menjajal aktivitas glamping , lho!

Terdapat dua jenis tenda glamping  yang ditawarkan, antara lain:

  • Couple Room (Rp750.000,00)
  • Family Room (Rp850.000,00)

Di dalam tenda, kamu akan mendapatkan fasilitas seperti kasur yang empuk, bantal, lampu, sandal, air mineral, dan peralatan mandi.

Jika bicara soal kondisi tenda glamping  itu sendiri, sebetulnya apa yang ditawarkan sangat standar. Bahkan, kamar mandi pun berlokasi di luar. Namun, yang istimewa dari tempat ini adalah fasilitas penyerta dan pemandangannya.

Terletak di Kecamatan Bawen, yang notabene berbatasan dengan Ambarawa, lokasi glamping  ini berdekatan dengan Rawa Pening, danau legendaris dengan luas 2.670 hektar. Di belakangnya, terhampar pemandangan Gunung Merbabu yang berada di tiga wilayah: Semarang, Magelang, dan Boyolali.

Lokasi glamping  terletak di tengah taman yang luas. Tenda-tendanya dinaungi oleh pepohonan yang rindang. Dengan banyaknya area kebun dan taman, anak-anak bisa berlarian dengan lega. Anggota keluarga lain pun juga bisa duduk-duduk santai dan menghirup udara segar khas dataran tinggi.

Masih banyak hal yang melengkapi pengalaman glamping  kamu di Kampoeng Kopi Banaran. Kamu bisa menjajal kereta wisata yang akan membawamu berkeliling area Kampoeng Kopi Banaran seluas 400 hektar.

Aktivitas lain yang menjadi favorit adalah makan di Restoran Banaran Sky View. Menu-menu yang ada di dalamnya cukup lengkap. Terdapat camilan seperti pisang goreng, tahu tempe, berbagai pilihan kopi, dan tentu saja makanan-makanan yang mengenyangkan. Mulai dari makanan Jawa, Nusantara, hingga Barat, semua ada.

Yang istimewa dari restoran ini bukan hanya makanannya saja. Para pengunjung sangat suka duduk di bagian rooftop atau teras atas untuk menikmati pemandangan gunung-gunung dan juga Rawa Pening.

Malam hari, pemandangannya juga tak kalah dramatis. Lampu-lampu menyala membuat suasana menjadi lebih romantis. Kamu juga dapat melihat hamparan perkotaan di malam hari.

Fasilitas penunjang kemah lain yang dapat kamu dapatkan di sini adalah:

  • Lahar parkir
  • Coffee house
  • Taman
  • Playground
  • Wahana air
  • Mobil mini
  • Outbounds
  • Panahan
  • ATV
  • Berkuda
  • Jeep
  • Paintball
  • Memancing
  • Sepeda listrik
  • Excavator hidrolik

Tidak sulit untuk menuju ke sana dari Kota Semarang. Letaknya bahkan di pinggir jalan besar. Berkat tol Semarang-Solo, berbagai tempat wisata di Bawen termasuk Banaran Sky View menjadi mudah diakses.

Setiap fasilitas permainan yang disediakan tidak selalu gratis. Kamu harus membayar sekitar Rp30.000,00-Rp500.000,00.

Untuk kamu yang mencari glamping  lengkap, tidak sulit diakses, dan tidak minim fasilitas makan, inilah solusinya. Bahkan, dalam paket glamping  kamu sudah mendapatkan sarapan.

Catatan: Nyari alternatif lain? Kami juga mengulas beberapa tempat glamping terbaik di Jawa Tengah di sini. Kamu akan mendapatkan rekomendasi glamping terbaik dengan budget friendly.

2. Wisata Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan

Glamping Semarang Wisata Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan
Wisata Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan, Semarang (sumber: instagram.com/sunrisehill.gedong.songo/)
LokasiTlogosari, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB (untuk restoran dan fasilitas wisata lain. Untuk booking maksimal jam 20.00 WIB)
Harga paket glampingCottage: Rp500.000,00
Biaya parkirGratis jika menginap
Telepon0298-6072288
Daya tarik wisataTaman-taman swafoto, taman tematik, rumah hantu, glamping , taman, restoran
Rute dari Ungaran, Semarang34 menit (20,9 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Rating tempat glamping4,5/5 dari 1.065 ulasan Google

Sesuai dengan namanya, Wisata Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan menyajikan pemandangan matahari terbit yang sempurna dari atas bukit. Letaknya juga tak jauh dari beberapa tempat wisata terkenal, salah satunya Candi Gedong Songo.

Pada dasarnya,  Sunrise Hill Gedong Songo Bandungan adalah wisata tematik yang menyajikan beberapa spot. Misalnya, seperti taman bermain, outbound, lokasi selfie, dan juga restoran.

Namun, di sana terdapat satu pilihan vakansi unik yang tak banyak ditemukan di tempat lain. Ya, tempat ini juga menyediakan area untuk berkemah mewah alias glamping . Lebih menyenangkannya lagi, tendanya cukup kokoh.

Secara umum, ada dua jenis konsep tenda glamping . Yang pertama adalah tenda glamping  dengan terpal dan besi. Yang kedua, tenda glamping  dengan bahan bangunan yang lebih kokoh seperti misalnya GRC atau kayu. Apa yang akan kamu temukan di sini adalah jenis tenda yang kedua. Konsep ke tenda glamping-nya adalah setengah lingkaran dengan ornamen seperti genteng yang menutupi bagian eksteriornya. Dindingnya terbuat dari bahan yang kokoh. Di dalamnya, tak hanya terdapat kasur dan juga bantal. Ada meja, kursi, dan juga kamar mandi.

Keberadaan kamar mandi dalam ini adalah solusi buat kamu yang tidak mau capek-capek keluar kamar untuk menggunakan kamar mandi luar. Ini adalah hal yang ideal jika kamu membawa anak-anak. Tentu saja, kekurangannya mungkin adalah nuansa “kemah” yang kurang kental. Karena, alih-alih disamakan dengan camping, penginapan ini lebih tepat disebut cottage.

Jalan di perkemahan dilapisi paving block sehingga rapi dan tidak kotor. Jarak antara satu kamar dan kamar lainnya tidak terlalu rapat, tetapi tidak terlalu jauh. Sehingga, suasananya pun nyaman, tenang, tidak membuatmu merasa sendirian. Pada malam hari, lampu-lampu gantung kecil di atas cottages menyala temaram, membuat nuansa terasa romantis. Cottages ini pun juga berada tak jauh dari taman tematik anak.

Kelebihan lain dari lokasi glamping  ini adalah lokasinya yang dipeluk oleh beberapa pemandangan gunung sekaligus. Dari sana, kamu dapat melihat Gunung Merbabu, Merapi, Sindoro, Sumbing, Telomoyo, serta tentunya Ungaran. Pemandangan jejeran gunung ini menimbulkan rasa damai di hati, membuatmu selalu ingin kembali.

Waktu terbaik untuk melihat pemandangan gunung-gunung ini adalah pada pagi hari, saat matahari terbit. Keindahan matahari terbitnya inilah yang membuatnya dinamai “Sunrise Hill”.

3. Dusun The Villas

Glamping Semarang Dusun The Villas
Dusun The Villas, Semarang (sumber: instagram.com/diaspuput.90/)
LokasiDusun Semilir, Jl. Soekarno – Hatta No.49, Kec. Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 06.00-20.00 WIB
Harga paket glampingTipe pool, hide away, dan garden play: Rp1,8-Rp2 juta
Biaya parkirGratis jika menginap
Telepon0298-6072288
Daya tarik wisataTaman-taman swafoto, taman tematik, rumah hantu, glamping , taman, restoran
Rute dari Ungaran, Semarang34 menit (20,9 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Rating tempat glamping4,5/5 dari 1.065 ulasan Google

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di Dusun Semilir Bawen, salah satunya adalah menginap di Dusun the Villas.

Bukan penginapan biasa, kamar-kamar di Dusun Semilir memiliki konsep yang variatif. Semua kamarnya berada di luar ruangan. Ia berdiri tegak bak kumpulan rumah di desa pegunungan. Kamar-kamar ini juga dikelilingi oleh taman dan pohon-pohon.

Beberapa tipe kamar yang ditawarkan antara lain:

  • Tipe pool
  • Tipe hide away
  • Tipe garden play
  • Tipe glamping

Baik tipe hide away mau pun garden play, semuanya menggunakan konsep industrialis di luar dan barnwood di dalam. Fasilitas yang diberikan adalah satu kamar mandi dan satu kamar tidur.

Fasilitas yang sama juga bisa kamu rasakan saat memilih tipe pool. Hanya saja, tipe pool dikelilingi oleh kolam. Sehingga, saat kamu keluar kamar, kamu akan langsung disambut oleh air.

Selain tiga tipe kamar itu, ada pula tipe glamping . Nah, khusus kamar yang satu ini, tidak disediakan kamar mandi dalam. Bahkan, di dalamnya hanya ada tempat tidur tingkat dan kipas angin.

Buat kamu yang mencari kenyamanan maksimal, mungkin tipe kamar lain akan lebih cocok. Namun, buat pencari sensasi kemah di alam bebas, tipe glamping  layak dicoba. Apalagi, bagian dalam tenda nyaman dan bersih.

Untuk makanan, kamu bisa memilih opsi sarapan atau mencari makanan di area Dusun Semilir. Banyak stand makanan yang dibuka di sana. Food court pun tersedia.

Soal fasilitas, Dusun the Villas tak perlu diragukan lagi karena berada di dalam kawasan wisata lengkap Dusun Semilir. Anak-anak dan orang tua akan punya cara untuk bersenang-senang di sana.

Untuk menuju ke tempat ini, kamu hanya perlu masuk ke tol Semarang-Solo dan keluar ke Bawen.

4. Sitinggil Muncul

Glamping Semarang Sitinggil Muncul
Sitinggil Muncul, Semarang (sumber: instagram.com/faizahndr/)
LokasiJl. Raya Muncul No.2, Rowoganjar, Rowoboni, Kec. Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket glampingRp575.000,00
Biaya parkirGratis jika menginap
Telepon0812-2634-2875
Daya tarik wisataTaman, play ground, pemandangan matahari terbit, api unggun, membatik
Rute dari Ungaran, Semarang40 menit (32,6 km) lewat Jl. Tol Semarang – Solo/Jl. Tol Ungaran-Bawen (Cek di Google Maps)
Rating tempat glamping4,5/5 dari 199 ulasan Google

Alam memberikan kita begitu banyak hal, mulai dari hasil bumi hingga rasa tenang. Semakin dekat dengan alam membuat kita semakin mampu berpikir jernih.

Jika itu adalah hal yang kamu cari, maka inilah salah satu jawabannya. Sitinggil Muncul adalah bukit dengan hamparan rumput dan sawah yang begitu lapang. Pepohonan menaunginya dan gunung-gunung merangkulnya. Dari sana, kamu bisa melihat matahari terbit sepaket dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Ungaran.

Sitinggil Muncul hadir dengan konsep bangunan dan tempat-tempat duduk taman khas Jawa. Terdapat kafe, gardu pandang, dan fasilitas lainnya. Namun, yang paling menarik tentu adalah penginapannya.

Terdapat dua jenis penginapan di Sitinggil Muncul. Pertama, penginapan berkonsep rumah pohon yang terbuat dari kayu. Jendelanya cukup terbuka sehingga kamu bisa memandangi alam sekitar dengan leluasa.

Yang kedua adalah glamping . Tenda untuk berkemah mewah yang disediakan sangat tradisional tetapi nyaman. Bagian dalamnya luas dan memuat tempat tidur dan sofa dari rotan. Selain itu, alih-alih karpet, Sitinggil menyediakan tikar anyam tradisional sebagai alas.

Tenda di Sitinggil, selain bersih, juga cocok digunakan untuk liburan keluarga atau untuk outing kantor. Bagian dalamnya menampilkan kesan rustic yang hangat. Selain itu, begitu keluar dari tenda, kamu akan langsung disambut pemandangan alam yang elok.

Fasilitas yang diberikan saat kamu menginap di sana adalah:

  • WiFi
  • Lobby dengan konsep rumah Jawa
  • Api unggun
  • Memasak bersama
  • Makan pagi
  • Area parkir
  • Pelatihan membatik
  • Kamar mandi

Sejuknya udara bercampur dengan pemandangan pedesaan alami serta konsep Jawa asli, semua akan membuat hatimu tenang. Kapan lagi menginap dengan konsep seperti ini?

5. Tenda Panggung Ra’gentar

Glamping Semarang Tenda Panggung Ragentar
Tenda Panggung Ra’gentar, Semarang (sumber: Ragentar)
LokasiWisata Umbul Sidomukti, Munding, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket glampingWeekdays: Rp350.000,00
Weekend: Rp450.000,00
Biaya parkirGratis jika menginap
Telepon08112710690
Daya tarik wisataOutbound, pemandangan kota, tenda panggung
Rute dari Ungaran, Semarang32 menit (15,7 km) lewat Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Rating tempat glamping4,9/5 dari 52 ulasan Google

Wisata Umbul Sidomukti adalah salah satu wisata favorit di area Bandungan, Ungaran. Di sana, ada banyak taman untuk duduk dan berfoto, dan juga ada Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Pondok kopi ini tidak hanya menyajikan kopi-kopi yang lezat, tetapi juga pemandangan cantik.

Nah, ada satu lagi hiburan menarik di Umbul Sidomukti: glamping . Tempat glamping-nya disebut Tenda Panggung Ra’gentar. Konsepnya adalah tenda sederhana yang lebih upgrade dengan fasilitas kasur dan juga bantal, dengan tema rumah panggung. Tenda-tenda ini juga diletakkan pada ketinggian tertentu, menghadap ke arah kota Ungaran dan gemerlapnya pada malam hari.

Berdasarkan ketinggiannya, terdapat beberapa jenis tenda, yakni:

  • Tenda Suroloyo
  • Tenda Watu Tuli
  • Tenda Gentong
  • Tenda Pronojiwo

Fasilitas yang disediakan saat menginap di sini meliputi:

  • Sarapan
  • Berbagai minuman
  • Toilet untuk per tenda (di luar)
  • Ketel
  • Penjaga
  • WiFi

Saat menginap di Tenda Panggung Ra’gentar, kamu juga bisa menikmati beberapa opsi hiburan seperti jembatan jaring atau BBQ. Kamu juga bisa jalan ke tempat wisata lain di kompleks Umbul Wisata Sidomukti.

Begitu banyak opsi wisata di Ungaran, Bawen, dan area lain di Kabupaten Semarang. Jika kesejukan dan pemandangan indah adalah yang kamu cari, sambangilah tempat-tempat glamping  di atas. Selain menyediakan berbagai fasilitas mendukung, kamu tidak perlu repot saat harus mengunjungi berbagai tempat wisata yang memang sedang hits di Kabupaten Semarang.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar