Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Artikel ini membahas secara lengkap tentang 10 gunung tertinggi di pulau Jawa.

Apa yang akan kamu pelajari?

  • Pertama, penjelasan lengkap tentang daftar gunung tertinggi di pulau Jawa.
  • Kedua, informasi penting terkait pesona alam dan jalur pendakian di gunung tersebut.
  • Ketiga, berbagai hal menarik tentang gunung tertinggi di pulau Jawa yang belum kamu tahu.

Mulai penasaran?

Berikut 10 gunung tertinggi di pulau Jawa:

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan di bawah ini. Lanjut baca!

1. Gunung Semeru (3.676 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 1 Gunung Semeru
Nama gunungGunung Semeru.
Ketinggian3.676 m.
Nama puncak di gunung SemeruMahameru.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-1 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Timur.
LetakKabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang.
Jenis gunungGunung berapi.
Letusan terakhirTahun 2020
Jalur pendakian gunung SemeruJalur pendakian gunung Semeru via .Ranu Pane (untuk umum) dan Ayek-Ayek (tidak dibuka untuk umum).

Gunung Semeru atau yang juga dikenal dengan sebutan Gunung Meru, merupakan gunung berapi kerucut. Lokasinya berada di provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Nah, lokasi Gunung Semeru masuk dalam wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang. Gunung ini juga menjadi bagian dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Gunung ini memiliki puncak bernama Mahameru. Ketinggian gunungnya adalah 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl). Selain itu, Gunung Semeru memiliki kawah di puncaknya yang dikenal bernama Jonggring Saloko. Gunung berapi ini masih aktif. Terakhir kali meletus pada tahun 2020.

Omong-omong, ada salah satu hal unik dari Gunung Semeru. Itu adalah keberadaan gas beracun dari sisi selatan. Gas beracun ini biasa disebut Wedhus Gembel. Dalam Bahasa Jawa, artinya “kambing gimbal”. Sebab, perwujudan gas yang menyerupai kambing berbulu mirip rambut gimbal.

Maka dari itu, kamu dilarang mendaki lewat sisi selatan. Sebab, ada gas beracun dan juga aliran lahar. Jadi, untuk jalur pendakiannya, kamu bisa melalui Ranu Pane yang memang dibuka untuk umum.

2. Gunung Slamet (3.428 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 2 Gunung Slamet
Nama gunungGunung Slamet.
Ketinggian3.428 m.
Nama puncak di gunung SlametPuncak Surono.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-2 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Tengah.
LetakBanyumas, Brebes, Tegal, Purbalingga, Pemalang.
Jenis gunungStratovolcano.
Letusan terakhirTahun 2014.
Jalur pendakian gunung SlametJalur pendakian gunung Slamet via Bambangan, Gunung Malang, Dipajaya, Jurang Mangu, Penakir, Cemara Sakti, Baturaden, Guci, Sawangan, Dukuh Liwung, Kaliwadas dan Kaligua.

Gunung Slamet adalah gunung berapi dengan ketinggian 3.428 mdpl. Lokasinya ada di provinsi Jawa Tengah dan di antara 5 kabupaten. Kelima kabupaten tersebut adalah Brebes, Banyumas, Purbalingga, Tegal dan Pemalang.

Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di pulau Jawa. Sedangkan, di Jawa Tengah gunung Slamet adalah gunung yang tertinggi. Terakhir kali gunung berapi ini menunjukkan aktivitas vulkanik pada tahun 2014.

Ada yang unik dari Gunung Slamet. Dalam Bahasa Jawa, “slamet” artinya “selamat”. Pemberian nama ini berdasarkan keyakinan, bahwa Gunung Slamet tak pernah meletus besar. Jadi, hal tersebut memberikan rasa aman kepada warga.

Selain itu, warga sekitar juga punya kepercayaan tentang letusan Gunung Slamet. Menurut kepercayaan, kalau Gunung Slamet meletus besar, maka letusannya akan membelah Pulau Jawa menjadi dua bagian. Merinding juga, ya, kepercayaannya.

Namun, tenang saja, Gunung Slamet tetap aman untuk didaki. Kamu bisa memilih jalur pendakian paling populer dari Bambangan, Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja, Purbalingga.

Atau, bisa lewat jalur lain yang juga populer, yaitu dari Baturaden. Bisa juga dari Desa Gambuhan, Desa Jurangmangu dan Desa Gunungsari di Kabupaten Pemalang. Lalu, juga ada jalur yang baru diresmikan pada tahun 2013. Ini adalah jalur Dhipajaya di Kabupaten Pemalang.

3. Gunung Sumbing (3.371 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 3 Gunung Sumbing
Nama gunungGunung Sumbing.
Ketinggian3.371 m.
Nama puncak di gunung SumbingPuncak Buntu, Puncak Sejati, Puncak Kawah, Puncak Rajawali.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-3 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Tengah.
LetakKabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Wonosobo.
Jenis gunungStratovolcano.
Letusan terakhirTahun 1730.
Jalur pendakian gunung SumbingJalur pendakian gunung Sumbing via Garung, Capit Parakan, Kali Angkrik, Bowongso dan Sipetung.

Gunung Sumbing merupakan gunung api yang berada di Jawa Tengah. Lokasi tepatnya ada di tiga wilayah kabupaten, yaitu Magelang, Temanggung dan Wonosobo.

Nah, kalau dilihat dari Temanggung, Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro berjajar membentuk gunung kembar.

Di antara kedua gunung tersebut, ada celah yang dilalui jalan provinsi. Jalan ini menjadi penghubung kota Temanggung dan kota Wonosobo. Ada sebutan untuk jalan tersebut, yaitu “Kledung Pass”. Menarik, ya.

Meskipun termasuk gunung berapi, Gunung Sumbing sudah lama istirahat. Letusan terakhir kali yang tercatat yaitu terjadi pada tahun 1730.

Nah, untuk jalur pendakian, kamu bisa memilih yang paling populer yakni melalui pos Garung. Garung merupakan sebuah desa yang berada di kaki Gunung Sumbing bagian utara. Di dekat Desa Garung, ada pula basecamp pendakian ke Gunung Sindoro.

Sementara, jalur pendakian lainnya juga ada, yaitu Bowongso, Banaran, Butuh Kaliangkrik, Cepit, Lamuk dan Mangli Kaliangkrik.

4. Gunung Arjuno (3.339 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 4 Gunung Arjuno
Nama gunungGunung Arjuno.
Ketinggian3.339 m.
Nama puncak di gunung ArjunoPuncak Ogal Agil.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-4 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Timur.
LetakKota Batu, Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan.
Jenis gunungStratovolcano, gunung api tipe A.
Letusan terakhirTahun 1952.
Jalur pendakian gunung ArjunoJalur pendakian gunung Arjuno via Purwosari, Lawang, Batu, Tretes, Karangploso dan Sumberawan.

Gunung Arjuno merupakan gunung berapi yang sedang tidak aktif. Lokasinya ada di Jawa Timur. Gunung ini memiliki ketinggian 3.339 mdpl, dengan puncaknya yang dikenal dengan nama Ogal Agil. Gunung Arjuno terletak di perbatasan Kota Batu dan dua kabupaten, yaitu Malang dan Pasuruan.

Selain itu, gunung ini masuk dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo. Gunung Arjuno adalah gunung tertinggi kedua yang ada di Jawa Timur. Juga tertinggi keempat di Pulau Jawa. Nama Arjuno sendiri diambil dari tokoh pewayangan Mahabarata, yaitu Arjuna.

Nah, gunung ini memang terkenal di kalangan pendaki. Kalau kamu mau mendaki, ada tiga titik pendakian yang paling populer. Titik pendakian tersebut yaitu Lawang, Tretes dan Batu.

Oh ya, selain menjadi tujuan favorit pendaki, ada juga sejumlah objek wisata di Gunung Arjuno. Salah satunya adalah air terjun Kakek Bodo. Air terjun ini juga termasuk salah satu jalur pendakian. Seru, bukan.

5. Gunung Raung (3.332 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 5 Gunung Raung
Nama gunungGunung Raung.
Ketinggian3.332 m.
Nama puncak di gunung RaungPuncak Bendera, Puncak Tusuk Gigi, Puncak Sejati.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-5 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Timur.
LetakBanyuwangi, Bondowoso, Jember.
Jenis gunungStratovolcano.
Letusan terakhirTahun 2020.
Jalur pendakian gunung RaungJalur pendakian gunung Raung via Kalibaru, Sumberwringin, Glenmore dan Jambewangi.

Gunung Raung merupakan gunung berapi di Jawa Timur. Letaknya berada di tiga kabupaten wilayah Besuki, yaitu Jember, Bondowoso dan Banyuwangi. Gunung ini masuk ke dalam kompleks Pegunungan Ijen. Di mana, Gunung Raung adalah puncak tertingginya.

Gunung Raung adalah gunung tertinggi ketiga di Jawa Timur, dan kelima di Pulau Jawa. Cukup berbeda, Gunung Raung punya empat titik puncak. Empat puncak tersebut adalah Puncak Bendera, Puncak 17/Bendera, Puncak Tusuk Gigi dan Puncak Sejati.

Letusan Gunung Raung termasuk tipe Strombolian. Ini adalah letusan kecil tapi terus-menerus mengeluarkan pijar. Terakhir kali tercatat letusan pada tahun 2015. Ini menyebabkan bandara-bandara di kawasan sekitar gunung ditutup. Lalu, kembali ada letusan berskala kecil pada pertengahan sampai akhir tahun 2020.

Jalur pendakian Gunung Raung termasuk yang paling ekstrem. Medannya terjal, serta diapit jurang yang curam. Makanya, kamu perlu berbekal skill mendaki yang mumpuni. Harus bisa panjat tebing dan juga tali-temali. Nah, ada dua jalur pendakian yang paling populer, yaitu Kalibaru dan Sumber Waringin. Kemudian, dua lagi adalah jalur Glenmore dan Jambewangi.

6. Gunung Lawu (3.265 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 6 Gunung Lawu
Nama gunungGunung Lawu.
Ketinggian3.265 m.
Nama puncak di gunung LawuPuncak Hargo Dalem, Hargo Dumiling, Hargo Dumilah.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-6 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Tengah.
LetakKabupaten Karanganyar – Jawa Tengah, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ngawi – Jawa Timur.
Jenis gunungStratovolcano.
Letusan terakhir28 November 1885.
Jalur pendakian gunung LawuJalur pendakian gunung Lawu via Cemoro Kandang, Cemoro Sewu, Candi Ceto, Jogorogo dan Singo Langu.

Gunung Lawu berada di perbatasan provinsi Jawa Timur dan Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di antara tiga kabupaten, yakni Karanganyar (Jawa Tengah), Ngawi dan Magetan (Jawa Timur).

Tinggi Gunung Lawu adalah 3.265 mdpl. Sementara, status gunung Lawu yaitu gunung api yang sedang tidak aktif atau istirahat. Letusan terakhirnya diperkirakan pada tanggal 28 November 1885.

Sedikit unik, ada tiga puncak di Gunung Lawu, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah. Puncak tertingginya adalah Hargo Dumilah.

Tak hanya itu saja. Di lereng gunungnya terdapat sejumlah destinasi wisata populer. Destinasi tersebut di antaranya yaitu Tawangmangu, Cemorosewu dan Sarangan. Lalu, sedikit ke bawah, ada Candi Sukuh dan Candi Cetho.

Gunung Lawu juga populer banget sebagai tujuan pendakian. Kamu bisa mendaki melalui tiga jalur yang paling terkenal. Di Jawa Tengah ada dua basecamp, yaitu Cemorokandang di Tawangmangu, Candi Cetho di Karanganyar. Lalu, di Jawa Timur ada basecamp Cemorosewu di Sarangan. Untuk lebih jelasnya, silakan baca artikel jalur pendakian gunung Lawu.

7. Gunung Welirang (3.156 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 7 Gunung Welirang
Nama gunungGunung Welirang.
Ketinggian3.156 m.
Nama puncak di gunung WelirangPuncak Welirang.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-7 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Timur.
LetakKota Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto.
Jenis gunungStratovolcano.
Letusan terakhirTahun 1950.
Jalur pendakian gunung WelirangJalur pendakian gunung Welirang via Tretes, Cangar, Pacet, Lawang, Karangploso, Sumberawan dan Purwosari.

Gunung Welirang adalah gunung berapi aktif di Jawa Timur. Ketinggiannya adalah 3.156 mdpl. Lokasinya berada di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, serta Kabupaten Mojokerto. Gunung ini termasuk dalam pengelolaan Taman Hutan Raya Raden Soerjo.

Nah, gunung ini berdiri bersebelahan dengan Gunung Arjuno serta Gunung Kembar I dan Gunung Kembar II. Puncak Welirang berada di satu punggungan yang sama dengan puncaknya Gunung Arjuno.

Sekadar informasi, nama “Welirang” atau Walirang berarti “belerang” dalam Bahasa Jawa. Diperkirakan waktu meletus terakhir kali adalah pada tahun 1950.

Ada sedikit keunikan di Gunung Welirang. Di bagian sekitar puncaknya, hidup suatu tumbuhan endemik. Penduduk setempat menamakan tumbuhan ini “manis rejo”.

Lalu, untuk jalur pendakian yang paling terkenal, kamu bisa mendaki melalui Desa Claket, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

8. Gunung Merbabu (3.145 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 8 Gunung Merbabu
Nama gunungGunung Merbabu.
Ketinggian3.145 m.
Nama puncak di gunung MerbabuPuncak Watu Tulis, Puncak Kukusan, Puncak Syarif, Puncak Kenteng Songo, Puncak Triangulasi.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-8 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Tengah.
LetakKabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Semarang.
Jenis gunungStratovolcano.
Letusan terakhirTahun 1797.
Jalur pendakian gunung MerbabuJalur pendakian gunung Merbabu via jalur Kopeng Thekelan, jalur Wekas, jalur Kopeng Cunthel, Jalur Selo dan jalur Suwanting.

Gunung Merbabu adalah gunung berapi di Jawa Tengah. Tepatnya, lokasi Gunung Merbabu lereng sebelah barat ada di wilayah Kabupaten Magelang. Lalu, lereng sebelah selatan dan timur ada di Kabupaten Boyolali. Kemudian, lereng sebelah utara ada di Kabupaten Semarang.

Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl. Omong-omong, ada arti tersendiri di balik nama Merbabu. Ini menurut etimologi atau ilmu linguistik yang mempelajari asal-usul suatu kata. “Merbabu” adalah gabungan kata “meru” yang berarti gunung dan “abu” yang berarti abu.

Menurut laporan, tercatat letusan gunung ini terjadi pada tahun 1560 dan 1797. Nah, karena sangat aman untuk didaki, gunung ini juga populer sebagai tujuan pendakian. Sebab, kondisi medan di sini juga tidak terlalu berat. Ada sejumlah jalur pendakian yang bisa kamu tempuh.

Jalur pendakian Gunung Merbabu yaitu Kopeng Thekelan, Wekas, Kopeng Cunthel, Suwanting dan Selo. Jalur Selo adalah yang paling populer di kalangan pendaki. Sebab, terdapat panorama indah dengan hamparan sabana. Selain itu, dari jalur Selo, terlihat jelas pemandangan Gunung Merapi.

9. Gunung Sindoro (3.136 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 9 Gunung Sindoro
Nama gunungGunung Sindoro.
Ketinggian3.136 m.
Nama puncak di gunung SindoroPuncak Kawah, Puncak Segoro Wedi.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-9 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Tengah.
LetakDi antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung.
Jenis gunungStratovolcano (semi-aktif).
Letusan terakhirTahun 2011.
Jalur pendakian gunung SindoroJalur pendakian gunung Sindoro via jalur Kledung (Temanggung), jalur Sikatok atau Sigedang-Tambi (Wonosobo), jalur Sibajak (Temanggung) dan jalur Jlumprit (Dusun Katekan).

Gunung Sindoro berada di Jawa Tengah. Gunung volkano aktif ini memiliki ketinggian puncak 3.136 mdpl. Lokasinya berada paling dekat dengan kota Temanggung. Gunung ini berdiri berdampingan dengan Gunung Sumbing.

Di sisi barat laut ke selatan gunung, terdapat kawah dengan jurang. Ada kawah tersebut yang paling besar bernama Kembang. Termasuk gunung berapi dengan kawah, Gunung Sindoro sudah cukup lama tidak meletus. Untuk letusan terakhir menurut catatan terjadi pada tahun 2011.

By the way, ada sedikit cerita tentang nama gunung ini. Gunung Sindoro menjadi sumber inspirasi untuk nama kereta api Argo Sindoro. Ini adalah kereta api eksekutif argo dengan layanan rute Semarang Tawang-Gambir. Hm, menarik juga, ya.

Selain itu, kamu bisa banget melakukan pendakian di Gunung Sindoro untuk menuju puncak. Jalur pendakian yang paling populer adalah melalui Kledung, dengan rute normal.

Salah satu hal keren dari pendakian ini adalah pemandangannya. Terutama saat kamu menapaki jalur rerumputan yang menuju pos 4 Gunung Sindoro. Di perjalanan, kamu bisa melihat Gunung Sumbing dengan jelas, lho. Indah banget.

10. Gunung Argapura (3.088 m)

Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa No 10 Gunung Argapura
Nama gunungGunung Argapura.
Ketinggian3.088 m.
Nama puncak di gunung ArgapuraPuncak Arca, Puncak Argapura, Puncak Rengganis / Welirang.
Peringkat gunungGunung tertinggi ke-10 di pulau Jawa.
ProvinsiJawa Timur.
LetakKabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Situbondo.
Jenis gunungKompleks gunung api (istirahat).
Letusan terakhir
Jalur pendakian gunung ArgapuraJalur pendakian gunung Argapura via jalur Bederan dan jalur Bremi.

Kita sampai di gunung tertinggi kesepuluh di Pulau Jawa. Gunung Argapura merupakan gunung berapi di Jawa Timur. Letaknya berada di dalam wilayah lima daerah, yaitu kabupaten Lumajang, kabupaten Probolinggo, kabupaten Jember, kabupaten Situbondo dan kabupaten Bondowoso.

Terdapat beberapa puncak di gunung ini, yaitu Puncak Arca, Puncak Argapura dan Puncak Rengganis. Ada cerita masyarakat sekitar tentang puncak ini. Konon, di Puncak Rengganis bermukim Dewi Rengganis, yaitu adik Nyi Roro Kidul. Apa kamu mempercayainya?

Baiklah. Kita lanjutkan ulasan tentang kondisi gunung ini. Menurut catatan, Gunung Argapura merupakan gunung berapi dengan status istirahat. Ini membuatnya aman untuk didaki.

Nah, yang unik sekaligus menantang adalah panjangnya jalur pendakian. Meskipun gunung ini tidak terlalu tinggi, tapi jalur pendakiannya cukup panjang, yaitu sekitar 63 km. Maka dari itu, trek pendakian ini disebut sebagai yang paling panjang di Pulau Jawa.

Kamu bisa mendaki melalui jalur Bederan dan Bremi. Kedua jalur pendakian ini memiliki rute yang paling mudah.

Jadi, sebelum keliling gunung se-Indonesia, taklukkan dulu Pulau Jawa. Apalagi, buat kamu yang bertempat tinggal di Jawa. Kamu punya kesempatan besar mendaki puncak-puncak tertingginya. Paling tidak, sepuluh gunung tadi bisa menjadi referensi buat kamu. Dalam menentukan tujuan mendaki selanjutnya. Saat kamu sudah menapaki semua gunung Pulau Jawa, lanjutkan perjalanan ke wilayah berikutnya. Tenang saja, gunung-gunung tersebut tidak ke mana-mana, dan siap menyambutmu kapan saja.

Baca lebih lanjut: Gunung Paling Indah di Indonesia »

Previous Article

Camping Ground Terbaik di Jawa Barat

Next Article

Cara Memilih Sepatu Gunung

Tinggalkan komentar