Manfaat Sepatu Gunung

Kebanyakan pendaki pemula berfikir bahwa pendaki tidak mendapatkan banyak manfaat saat memakai sepatu gunung. Karena logika mereka berkata, “Alas kaki untuk mendaki gunung itu tidak terlalu penting. Mau pakai, sandal, sepatu sekolah, sepatu boots itu sama saja.”. Menurut mereka, fungsi alas kaki hanya untuk mengantarkan pendaki ke puncak gunung. “Toh, pakai sandal juga bisa sampai puncak gunung? Yang penting mah, nanjak dulu!”. Benarkah seperti itu?

Kami perlu mengingatkan, medan mendaki gunung itu ekstrim. Ada medan perkebunan, hutan, sabana hingga puncak yang terjal. Dan waktu tempuh pendakian itu bisa 6-24 jam perjalanan. Sangat berisiko jika kamu menggunakan alas kaki seadanya. Ketidaksesuaian alas kaki dengan medan pendakian dapat membuat kaki pendaki cedera. Misalnya, kaki lecet-lecet, keseleo, hingga bengkak. Keadaan tersebut hanya akan membuat perjalananmu menjadi tidak nyaman dan berisiko tinggi.

Mungkin kamu belum sadar akan manfaat yang akan kamu dapat jika memakai sepatu gunung. Tapi, jujur, memakai sepatu gunung saat hiking itu nyaman banget. Melalui artikel ini, kami akan meracuni kamu tentang manfaat sepatu gunung. Berikut 10 manfaat sepatu gunung untuk pemula:

Penasaran? Yuk, langsung simak pembahasannya. Let’s dive in!

1. Memberikan keamanan level tinggi

Sepatu gunung dirancang dengan desain konstruksi yang kokoh. Dengan begitu, salah satu manfaat sepatu gunung adalah melindungi pendaki dari risiko keseleo pada pergelangan kaki. Kemudian, di bagian bawah sepatunya terdapat sol yang memiliki gerigi tajam dengan daya cengkeram tinggi. Mengenakan alas kaki ini akan membuat pendaki berpijak dengan mantap, sehingga kamu tidak mudah terpeleset.

Di samping itu, material sepatu gunung memiliki tekstur yang tebal dan juga anti air. Fungsinya tersebut dapat melindungi kaki saat melewati sungai, medan berlumpur ataupun dipakai dalam kondisi hujan. Selain itu, kamu juga takkan mudah tergelincir karena sol sepatumu mampu mencengkeram dataran yang kamu pijak dengan baik. Alhasil, kamu mendapatkan keamanan level tinggi dengan mengenakan sepatu gunung.

2. Memberikan kemudahan dalam bergerak

Saat mendaki, kamu tidak hanya berjalan lurus. Namun, saat melewati medan tertentu seperti misalnya menuruni lereng dengan kemiringan curam, dan kondisi tanahnya lebih licin. Kamu harus melangkah lebih pelan dengan arah ke samping atau sederhananya berjalan menyamping sampai turun ke bawah. Umumnya, sepatu gunung dibuat dari material kulit yang tebal tapi fleksibel. Kamu bisa melangkah dengan mudah dan bebas menggerakkan kaki. Jadi, saat mengenakan sepatu gunung, kamu bisa bergerak lebih aman dan lebih leluasa. Nggak takut lagi selip atau tergelincir di turunan.

Selain itu, saat naik dan turun gunung, kamu selalu menggendong tas gunung yang berukuran besar. Beban yang kamu bawa tidak bisa dibilang ringan. Sepatu gunung memungkinkanmu bergerak bebas, dalam kondisi menggendong tas carrier yang besar, di kondisi dataran terjal pegunungan sekalipun.

3. Memberikan kenyamanan maksimal dalam pendakian di berbagai medan dan cuaca

Manfaat sepatu gunung selanjutnya adalah memberi kenyamanan maksimal kepada pendaki di berbagai medan dan cuaca. Kita tahu, kondisi medan dan cuaca di gunung kadang bisa berubah-ubah. Medan yang kamu lewati juga memiliki tantangan yang berbeda. Ada kondisi tanah yang kering sehingga mudah ditapaki. Ada pula kondisi tanah yang lembab dan basah, sehingga lebih licin apalagi jika daun-daun gugur berjatuhan di jalur pendakian tersebut. Kemudian, ada lagi medan yang berbatu, sehingga sepatu kamu harus memiliki sol yang tebal agar tidak menyebabkan risiko cedera seperti keseleo. Juga ada medan berpasir terutama saat menuju puncak. Bahkan, ada juga medan yang berlumpur.

Masih ada juga cuaca alam yang mungkin tak terduga, seperti hujan dan angin. Maka dari itu, sepatu gunung akan membuatmu nyaman berjalan bahkan selama berjam-jam. Untuk itu, sepatu gunung akan membuat kaki berpijak dengan lebih nyaman di berbagai cuaca.

4. Investasi terbaik untuk menekuni hobi hiking & camping di alam bebas

Bukan hanya sebagai perlengkapan mendaki gunung. Tapi, sepatu gunung juga bisa menjadi investasi bagi kamu yang punya hobi hiking dan camping di alam bebas. Maksud dari investasi adalah sepatu gunung berharga mahal bisa kamu pakai sampai bertahun-tahun.

Daripada membeli sepatu asal yang beberapa kali pakai langsung jebol, mending beli sepatu gunung yang punya konstruksi yang kokoh. Dengan memiliki sepatu gunung berkualitas, kamu tidak perlu membeli banyak sepatu. Pendaki cukup memiliki satu sampai dua jenis sepatu gunung. Jadi, kamu bisa memakainya secara bergantian.

Menurut kami, keluar uang untuk investasi sepatu gunung berkualitas dan bermerek, jauh lebih baik ketimbang meminjam atau menyewa. Terlebih, buat kamu yang rutin mendaki gunung.

Catatan: Sepatu gunung menjadi investasi murah karena memang terjangkau, tapi awet sampai jangka panjang. Kamu juga dapat mengenakannya sewaktu-waktu, kapan saja kamu mau mendaki. Sebab, kamu sudah memiliki sepatu tersebut di rumah, sehingga bebas memakainya saat dibutuhkan.

5. Menambah kebanggaan dan kecintaan pendaki terhadap hobi hiking

Tentu kamu bangga saat orang-orang tahu kamu sangat mencintai hobimu. Apalagi, jika hobi kamu unik dan tidak semua orang suka melakukannya, seperti mendaki. Dengan memiliki atribut hiking, seperti, sepatu gunung, kamu akan mendapat manfaat ekstra.

  • Pertama, sepatu gunung akan menambah rasa cinta dan kebanggaanmu terhadap hobi hiking.
  • Kedua, kamu akan terlihat lebih keren di mata orang lain.

Terlebih, saat sepatu gunung kesayanganmu bisa mengantarkan kamu ke berbagai puncak gunung tertinggi di Indonesia. Itu akan jadi kenangan dan foto bersejarah yang keren. Sepatu gunungmu dapat kamu jadikan sebagai bahan cerita untuk anak cucumu kelak. Itu kebanggaan yang hakiki.

6. Sebagai barang pajangan mewah dan identitas pendaki saat di rumah

Tidak hanya membuat kamu bangga, tapi sepatu gunung juga menunjukkan identitasmu sebagai seorang pendaki. Jika kamu memiliki sepatu gunung di rumah, siapapun yang berkunjung dan melihatnya, akan langsung tahu bahwa kamu pencinta alam dan senang mendaki. Seakan sepatu tersebut menjadi identitas kamu, tanpa kamu perlu memberitahukannya ke semua orang. Sepatu gunung menjadi bukti kesetiaanmu terhadap mendaki.

Bahkan, bukan cuma itu saja, tapi sepatu gunung juga memiliki kesan mewah yang berbeda dari yang lain. Saat menjadi barang pajangan, sepasang sepatu gunung menunjukkan bahwa kamu seseorang yang pekerja keras & mencintai alam. Tak semua orang, bahkan mungkin hanya beberapa saja, yang berani mendedikasikan dirinya untuk hobi mendaki. Tidak setiap orang memiliki sepatu gunung juga, kan? Makanya, tunjukkan identitasmu sebagai pendaki dengan hati senang dan penuh sukacita.

7. Menghilangkan rasa khawatir terhadap ancaman serangga, duri beracun dan hewan melata saat menerobos hutan rimba

Jalur pendakian gunung di Indonesia sebagian besar masih berupa alam liar. Bahkan, beberapa jalur masih lebat semak belukar. Jadi, sangat mungkin bagi kamu untuk melintasi medan berupa hutan rimba. Di mana, di dalamnya tidak hanya terdapat pepohonan tinggi yang lebat daunnya. Ada juga tanaman liar dengan duri yang bisa melukai kaki. Selain itu, ada penghuni hutan seperti serangga dan hewan melata, yang mungkin saja kamu jumpai saat kamu sedang mendaki, seperti misalnya kelabang atau lintah. Apalagi, ketika kamu harus menerobos hutan dalam kondisi cuaca mendung atau malam hari yang gelap. Sepatu gunung dengan material tebal, dan desain sepatu tinggi mampu mengurangi resiko kaki terluka karena semak, duri dan serangga. Maka dari itu, sepatu gunung akan membuatmu tenang selama perjalanan.

8. Memberikan kehangatan pada kaki saat cuaca dingin

Pegunungan identik dengan cuaca dingin. Temperatur di gunung semakin dingin saat kamu mendaki kawasan yang lebih tinggi. Cuaca yang dingin seperti ini bisa menyebabkan anggota badan yang sensitif terhadap cuaca, jadi lebih mudah kram atau mati rasa. Seperti misalnya, tangan dan kaki. Sebab, udara dingin meresap melalui area kulit yang lebih tipis pada telapak tangan, telapak kaki dan leher. Jika tidak dilindungi dengan baik, maka pendaki akan sulit menggerakkan anggota badan tersebut.

Apalagi, jika sampai bagian kaki menjadi kram saat kamu tengah melakukan pendakian. Ini bisa menghambat kamu dalam perjalanan sebelum sampai di tujuan. Oleh karena itu, kamu perlu mengenakan sepatu gunung yang memiliki material tebal. Sepatu kamu akan memberikan kehangatan pada kaki terutama saat cuaca dingin. Tidak hanya terasa hangat, tapi kakimu juga menjadi semakin mudah melangkah, serta bisa bergerak dengan lebih bebas.

9. Mencegah risiko cedera akibat reruntuhan batuan saat summit attack

Summit attack merupakan istilah yang biasa digunakan untuk perjalanan pendaki dalam menapaki trek yang menuju puncak gunung. Summit attack biasanya dilakukan saat pagi hari. Kalau mau melihat sunrise, biasanya berangkat dari pos terakhir setelah subuh. Tapi, kalau lagi nggak ngejar sunrise, summit attact biasanya dilakukan setelah sarapan.

Nah, semakin mendekati puncak, sudut kemiringan akan menjadi amat sangat curam dengan kondisi tanah yang berpasir dan berbatu. Medan ini tidak hanya memerlukan waktu lama untuk didaki, tapi juga licin karena bercampur pasir dan batu. Terutama, pada medan pendakian gunung-gunung berapi.

Hal tersebut membuat pendaki harus berjalan dengan posisi setengah merangkak, sambil berpegangan pada bebatuan besar yang ada pada medan yang ditapaki. Pada saat mendaki pada medan ekstrem. Seringkali batu-batu berukuran kecil sampai sedang, ikut terjatuh dari atas ke bawah dan menggelinding di permukaan pasir. Bebatuan yang jatuh bisa mengenai pendaki yang sedang melakukan summit attack. Jadi, dengan mengenakan sepatu gunung yang dirancang khusus untuk mendaki, kakimu tertutupi dan lebih terlindungi. Sepatu gunung dapat mengurangi risiko terkena reruntuhan batuan, yang bisa membuat kaki cedera saat summit attack.

10. Membuat pendaki tidak mudah lelah saat pendakian

Alas kaki berperan sangat penting dalam pendakian. Apalagi, dengan medan mendaki gunung yang ekstrem, seperti yang sudah kami sebutkan di atas. Makanya kamu memerlukan sepatu gunung yang tangguh untuk menaklukkan medan yang kamu tapaki. Dengan sepatu gunung yang tepat, kamu tidak akan mudah lelah saat mendaki. Kok bisa?

  • Pertama, sepatu gunung memiliki pelindung engkel yang nyaman. Jadi, saat kaki menapaki tanah miring atau medan kerikil, pergelangan kaki tidak mudah cedera. Kalau tidak cedera, kamu tidak perlu berhenti-berhenti, bukan? Dengan begitu, lebih cepat sampai dan tidak capek diperjalanan.
  • Kedua, lapisan insole sepatu gunung terbuat dari busa memori foam jenis EVA yang empuk dan nyaman. Artinya, telapak kaki tidak mudah lecet atau melepuh saat berjalan selama berjam-jam. Telapak kaki nyaman, kaki dapat melangkah dengan lebih ringan.
  • Ketiga, sepatu gunung memberikan perlindungan maksimal terhadap duri, ranting, hewan melata dan batuan tajam. Dengan begitu, kamu dapat bergerak lebih cepat tanpa pusing mikirin resiko saat melangkah. Udah kayak tank, di medan perang. Terobos terus. Hehe. Pokoknya, nggak ada capek-capeknya deh!
  • Terakhir, saat ini sepatu gunung memiliki bobot yang ringan dengan bahan material ultralight. Kaki tidak terasa berat saat melangkah. Jadi, kamu tidak akan mudah lelah.

Dari uraian di atas, kamu dapat mengambil intisari tentang manfaat sepatu gunung untuk pendaki pemula, diantaranya:

  • Pertama, sepatu gunung memberikan keamanan, kenyamanan dan kemudahan dalam pendakian.
  • Kedua, sepatu gunung menjadi simbol kebanggaan dari pendaki gunung.
  • Ketiga, sepatu gunung memberi rasa aman saat menerobos hutan rimba yang penuh semak belukar, serangga dan hewan melata.
  • Terakhir, sepatu gunung melindungi pendaki pemula dari cedera kaki yang parah.

Akhir kata, apakah ada yang masih belum jelas tentang topik “manfaat sepatu gunung untuk pendaki pemula?”. Jika ada, silakan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.

Baca lebih lanjut: Cara Memilih Sepatu Gunung »

Previous Article

Merek Tas Gunung Buatan Indonesia

Next Article

Mengapa Pendaki Gunung Bersalju Mengenakan Sepatu dengan Cakar Besi?

Tinggalkan komentar