Merek Tas Gunung Buatan Indonesia

Banyak pendaki pemula yang kesulitan dalam memilih merek tas gunung. Jika mendapatkan model yang cocok, ternyata itu produk import. Alhasil, harganya terlalu tinggi. Karena dompet tidak bisa bersahabat dengan keinginan, akhirnya, banyak pendaki yang lebih suka beli tas gunung KW. Modelnya sama, warnanya sama, tapi kualitasnya sangat berbeda. Namanya juga KW. Akibatnya, tas gunung mudah robek, tidak awet dan cepat berubah warna. Ujung-ujungnya, keluar duit lagi buat beli tas carrier. Sebenarnya, daripada beli tas KW, mendingan kamu beli merek tas gunung buatan Indonesia.

Kenapa? Ada 4 alasan kenapa kamu sebaiknya beli merek tas gunung buatan Indonesia:

  • Pertama, tas gunung brand local Indonesia memiliki jaminan mutu kualitas produk yang tinggi. Ada QC bahan baku, QC kualitas produk & customer services untuk keluhan pelanggan. Jadi, produk yang dijual dapat dipertanggungjawabkan.
  • Kedua, tas gunung buatan Indonesia telah menggunakan mesin standar Internasional. Jadi, hasil pengerjaannya rapi.
  • Ketiga, mendukung roda ekonomi UMKM di sektor industri perlengkapan Outdoor di Indonesia. Dengan begitu, kamu akan memiliki kebanggaan tersendiri dengan ikut mempromosikan brand local.
  • Terakhir, produk tas gunung Indonesia sudah memiliki standar ekspor. Jadi, kualitas produk lokal sudah setara dengan produk import.

Mulai tertarik? Mungkin, kamu sudah kenal merek tas gunung buatan Indonesia ini. Tapi, karena pakai nama brand dengan bahasa asing, kamu kira tas gunung ini produk import. Padahal, produk lokal. Hehe. Berikut 10 merek tas gunung buatan Indonesia:

Yuk, simak lebih lanjut pembahasan detailnya.

1. Eiger

Merek tas gunung buatan Indonesia yang pertama kami bahas adalah Eiger. Merek Eiger sudah tidak asing di telinga kamu, iya kan? Bagi sebagian orang yang masih awam, Eiger dikenal sebagai brand dari luar negeri. Padahal sebenarnya, Eiger adalah brand lokal asli Indonesia.

PT Eigerindo Multi Produk Industri atau Eiger merupakan perusahaan yang memproduksi produk kegiatan outdoor. Mulai dari tas, jaket, tempat minum,

Eiger pertama kali diperkenalkan tahun 1989 dengan produk perlengkapan outdoor. Nama Eiger diambil dari Gunung Eiger (3970 mdpl) di Bernese Alps, Swiss yang merupakan gunung ke-3 yang sulit didaki.

Seiring dengan berkembangnya Eiger, brand ini memiliki 3 kategori produk, yaitu:

  • Mountaineering: berfokus pada perlengkapan untuk hiking.
  • Riding: fokus pada kegiatan penjelajahan menggunakan kendaraan, seperti sepeda dan motor.
  • Authentic 1989: fokus pada produk outdoor yang klasik, kasual dan stylish.

Walaupun terbagi menjadi 3 kategori, tapi, Eiger menyediakan banyak produk from head to toes. Baik untuk pria, wanita hingga anak-anak. Jadi, kamu bisa mencari produk yang kamu butuhkan sesuai dengan siapa yang membutuhkan.

Bagaimana dengan harganya? Harga produk Eiger tergantung dari jenis produknya. Secara keseluruhan, produk Eiger memiliki harga sekitar Rp19.000-Rp5.499.000.

Untuk produk hiking atau mountaineering, produk Eiger memiliki harga sekitar Rp39.000-Rp3.250.000. Sedangkan untuk tasnya, berkisar antara Rp1.000.000-Rp2.450.000.

Bagaimana dengan keawetannya? Eiger terkenal dengan produk yang nyaman dan awet digunakan saat hiking. Namun, lama pendeknya usia produk tergantung juga dari cara pemakaian, pemeliharaan dan penyimpanan ya.

Rekomendasi tas gunung merek Eiger

Ada tidak tas eiger yang paling recommended? Ada, diantaranya:

1. Eiger Equinox Carrier 45L (Rp1.250.000-Rp1.700.000)

Keril dari Eiger ini pertama kali diperkenalkan tahun 2018 sebagai solusi tas yang cocok untuk iklan tropis. Jadi, tas ini tahan terhadap kelembaban udara, curah hujan dan suhu yang tinggi.

Dengan kapasitas 45 liter, membuat tas dari Eiger ini bisa digunakan pria dan wanita. Di sisi lain, kamu bisa menggunakan Eiger 45L untuk pendakian 1-3 hari.

Salah satu fitur unggulan dari Eiger Equinox 45L ini, yaitu easy access. Adanya akses di bagian depan mempermudah kamu untuk mengambil barang di bagian tengah ke bawah.

Jadi, kamu tidak perlu bongkar muatan untuk mengambil sleeping bag atau barang di bagian bawah tas.

2. Eiger Wanderlust 60 1A (Rp1.649.000)

Eiger Wanderlust 60L bisa jadi pilihan untuk kamu yang butuh tas besar dengan lama pendakian lebih dari 5 hari.

Dengan kapasitas yang cukup besar ini, kamu bisa membawa banyak barang. Mulai dari konsumsi hingga tenda.

Eiger Wanderlust dilengkapi dengan easy access untuk mempermudah mengambil barang di bagian bawah tas.

Di bagian back system, tas dengan double frames dari Eiger ini dilengkapi dengan teknologi Aeronodus. Adanya teknologi tersebut membuat sirkulasi di bagian punggung tas lebih optimal. Jadi, kamu akan lebih merasa nyaman dan kering walaupun hiking dalam waktu lama dan membawa beban berat.

3. Eiger Rhinos 45L (Rp949.000)

Kamu mencari tas carrier dari Eiger yang harganya di bawah 1 jutaan? Eiger Rhinos 45L bisa jadi pilihan.

Tas carrier ini dilengkapi dengan tropic air flow back system untuk menjaga sirkulasi udara pada punggung. Jadi, kamu akan merasa nyaman walaupun beban tas cukup banyak dan sudah mendaki cukup lama.

Untuk ketahanannya, tas dari Eiger ini bahkan bisa kamu gunakan untuk hiking di tempat ekstrim. Ini karena Rhinos dari Eiger sudah teruji ketangguhannya oleh tim ahli Eiger.

Apalagi, dengan kapasitasnya yang cukup besar, tas ini cocok untuk pria atau wanita. Dengan begitu, kamu akan tetap merasa nyaman saat menggunakannya mendaki 1-3 hari.

2. Arei

Sebelum kamu mengenal brand Arei, mungkin kamu bingung nih, yang produk Indonesia itu Arei atau Rei? Banyak yang menyebutkan kalau Arei dan Rei itu sama. Padahal, keduanya adalah berbeda.

Arei adalah merek tas gunung asli buatan Indonesia sedangkan Rei adalah produk Amerika. Keduanya sama-sama menggunakan logo dengan tulisan ‘Rei’.

Bedanya, kalau Arei asli Indonesia, menggunakan lambang gunung berwarna merah di depan tulisan Rei.

Arei sendiri menjual produk untuk kegiatan outdoor termasuk mendaki gunung. Produk yang diproduksi cukup beragam, diantaranya:

  • Sepatu.
  • Tas.
  • Pakaian.
  • Aksesoris seperti sarung tangan.
  • Perlengkapan outdoor.

Jadi, kamu bisa memilih produk Arei sesuai dengan kebutuhan kamu. Seperti, keril Atmos 60L yang dibanderol dengan harga sekitar Rp579.000. Keril dari Arei ini bisa Anda gunakan untuk mendaki selama 3-4 hari.

Apakah awet? Cukup awet kalau menurut kami.

Kenapa? Karena bahan yang digunakan cocok untuk kegiatan outdoor seperti nilon untuk tas keril. 

Rekomendasi tas gunung merek Arei

Selain Atmos 60L, apa ada keril lain dari Arei? Tentu ada. Diantaranya:

1. Arei Toba 60L (Rp499.000)

Keril Arei Toba 60L bisa jadi pilihan untuk kamu yang cari keril murah, berkualitas dan punya kapasitas besar.

Ini karena seri Toba dari Arei hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp499.000. Cukup murah untuk tas dengan kapasitas 60L dan sudah include rain cover.

Untuk ketahanannya, tas dari Arei ini cukup kuat karena dilengkapi dengan bahan nilon dan single frame. Walaupun begitu, tas seri Toba ini cukup ringan karena memiliki berat kosong sekitar 1,5 kg.

Di bagian back system dan pinggangsudah dilengkapi dengan busa. Dengan begitu, kamu tetap nyaman walaupun harus membawa beban berat.

Untuk air flow, tas ini dilengkapi dengan cekungan di bagian tengah punggung tas. Jadi, sirkulasi udara tetap bisa berjalan dengan baik dan punggung kamu tidak terlalu berkeringat.

2. Arei Horizon 60L (Rp529.000)

Arei Horizon 60L cocok untuk kamu yang ingin melakukan hiking selama 3-4 hari. Dengan kapasitas yang cukup besar, kamu bisa membawa barang cukup banyak. Apalagi dengan berat kosong sekitar 1,4 kg, kamu tidak akan terlalu terbebani saat hiking.

Berapa harganya? Untuk keril 60L, seri Horizon ini cukup terjangkau harganya, yaitu sekitar Rp529.000.

Tas dengan bahan dari nilon ini dilengkapi dengan heat reduce path di bagian back system-nya. Dengan begitu, sirkulasi udara di bagian punggung menjadi lebih optimal dan kamu tidak akan mudah kegerahan.

3. Arei Ramelu 60+5L (Rp529.000)

Mau keril yang kapasitasnya lebih besar tapi masih sekitar harga 500 ribuan? Seri Ramelu 60+5L bisa jadi pilihan.

Tas keril yang dibanderol dengan harga Rp529.000 ini cukup tangguh dan awet digunakan. Ini karena seri Ramelu menggunakan bahan nylon yang terkenal kuat dan awet.

Bagaimana dengan back system-nya? Tas dari Arei ini dilengkapi dengan single frame dan dilengkapi dengan dual density foam flow.

Di bagian tengah punggung tas, terdapat cekungan yang akan membantu menjaga sirkulasi udara menjadi lebih lancar. Dengan begitu, punggung akan tetap nyaman dan tidak berkeringat secara berlebihan.

Di bagian sisi punggung dan pinggang, tas Ramelu ini dilengkapi dengan busa yang cukup tebal. Jadi, punggung kamu tidak merasa sakit walaupun membawa beban yang cukup banyak.

3. Avtech

Pernah mendengar brand Avtech? Bagaimana kalau Gelarwangi? Mungkin kamu cukup familiar tapi mungkin juga tidak.

Avtech sendiri merupakan brand lokal Indonesia yang menyediakan produk outdoor seperti tas keril. Brand yang memiliki kepanjangan Adventure Technology ini ternyata sudah ada sejak tahun 1996 lho. Hingga kini, Avtech masih memiliki kantor pusat di Jakarta.

Secara keseluruhan, produk dari Avtech punya harga yang terjangkau. Untuk kerilnya sendiri, harga berkisar antara Rp350.000-Rp599.000.

Jadi, kalau kamu butuh keril dengan harga yang sangat terjangkau, Avtech bisa jadi pilihan lho!

Rekomendasi tas gunung merek Avtech

Lalu, apa saja sih keril yang direkomendasikan?

Salah satu seri yang paling banyak ditemui dan dipilih adalah seri Galoa baik yang berkapasitas 40L atau 60L. Untuk tahu rekomendasi lengkapnya, simak informasi berikut:

1. Avtech Galoa 40L (Rp450.000-Rp525.000)

Kalau kamu cek di website resminya, ada 2 pilihan seri Galoa 40L. Pertama adalah Galoa 40L yang biasa, kedua adalah Galoa 40L III.

Apa bedanya? Selain harganya, yang membedakan keduanya adalah bonusnya. Untuk Galoa 40L III, kamu akan mendapatkan tas selempang tambahan.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli tas tambahan yang bisa kamu bawa kemana saja, termasuk saat summit.

Untuk berat kosongnya, tas Galoa punya bobot yang ringan, yaitu sekitar 1,2-1,5 kg. Sedangkan untuk bahannya, Galoa menggunakan Nylon Cordura dan Nylon Dolby yang awet dan tahan lama.

Seri Galoa dari Avtech dilengkapi dengan single frame dengan back system dari busa. Jadi, kamu tetap merasa nyaman dan tidak kesakitan saat membawa beban yang cukup banyak.

2. Avtech Taveuni 60L (Rp550.000)

Avtech Taveuni 60L juga menjadi salah satu favorit bagi para pencari keril murah dan berkualitas. Ini karena seri Taveuni sudah dilengkapi dengan rain cover dan menggunakan bahan nilon yang terkenal tangguh.

Tas dengan berat kosong sekitar 1,6 kg ini dilengkapi dengan 1 kompartemen utama dan 5 kompartemen tambahan. Banyaknya kompartemen ini memungkinkan Anda untuk membawa dan menyimpan banyak barang, seperti makanan.

Di bagian back system, busa dijadikan pilihan untuk menjaga agar punggung kamu tetap aman saat membawa beban. Selain itu, adanya cekungan akan membantu sirkulasi udara pada punggung menjadi lebih baik dan tidak terlalu panas.

Uniknya, seri Taveuni memiliki banyak pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, diantaranya:

  • Merah.
  • Oranye.
  • Hitam.
  • Abu-abu.
  • Kuning.
  • Army.
  • Navy.
  • Krem.
  • Abu kebiru-biruan.

3. Avtech Levuca 60L (Rp599.000)

Avtech Levuca 60L bisa jadi pilihan lain saat kamu mencari keril dengan desain sederhana tapi tetap stylish.

Apalagi nih, dengan harga sekitar Rp599.000, kamu akan mendapatkan banyak keunggulan, diantaranya:

  • Mendapatkan waits bag.
  • Include rain cover.
  • Awet.
  • Ada kompartemen sleeping bag
  • Di bagian dada, terdapat gantungan waist bag.
  • Untuk back system, seri Levuca dilengkapi dengan busa. Dengan begitu, punggung kamu tidak akan merasa sakit walau kamu membawa beban berat.

4. Consina

Banyak yang mengira kalau Consina adalah merek luar. Padahal Consina adalah produk asli Indonesia lho!

Consina sendiri didirikan oleh Dyson Toba yang dulu pernah menjadi mahasiswa di Trisakti tanggal 13 April 1998. Brand yang diproduksi di Bekasi ini sudah bisa kamu temukan di toko offline dan online.

Secara keseluruhan, Consina memproduksi perlengkapan dan peralatan outdoor. Salah satunya adalah tas keril dengan kapasitas yang bervariasi.

Rekomendasi tas gunung merek Consina

Ada banyak keril dari Consina yang kerap digunakan oleh para pendaki pemula ataupun profesional. Beberapa diantaranya:

1. Consina Tarebbi 60L (Rp645.000)

Consina Tarebbi 60L menjadi salah satu primadona yang banyak dipilih pendaki terutama pendaki pemula. Kenapa? Ada beberapa alasan, yaitu:

  • Nama dan kualitasnya sudah terkenal.
  • Punya berat kosong yang cukup ringan, yaitu sekitar 1,8 kg.
  • Memiliki kapasitas yang besar.
  • Nyaman digunakan.
  • Awet.

Di bagian back system, dilengkapi dengan busa. Jadi, punggung kamu akan lebih nyaman saat harus membawa beban yang cukup berat.

Sayangnya, kamu perlu membeli rain cover karena seri Tarebbi tidak dilengkapi dengan rain cover.

2. Consina Centurion 50L (Rp795.000)

Sebenarnya, seri Centurion dari Consina ini ada 2 macam, yaitu yang berkapasitas 30L dan kapasitas 50L. Tas 30L bisa kamu gunakan untuk keseharian, sedangkan 50L bisa jadi pilihan untuk hiking.

Untuk keril Centurion 50L, seri ini punya 5 pilihan warna, yaitu:

  • Hitam.
  • Merah.
  • Abu-abu.
  • Biru.
  • Toska.

Centurion memiliki kapasitas 50L yang bisa digunakan untuk pendakian 2-4 hari. Ukuran yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil ini, muat kok untuk masuk ke kabin pesawat.

Bagaimana dengan kompartemennya? Seri Centurion punya kompartemen yang cukup banyak dan easy access.

Walaupun begitu, seri Centurion 50L dari Consina ini tidak punya pocket di hip belt. Tentu, ini akan membuat kamu tidak nyaman terutama jika kamu sering menyimpan makanan di kantong hip belt.

Di back system, tas Consina ini dilengkapi dengan jaring dan busa yang pas sehingga air flow tetap terjaga. Apalagi, bagian punggung tas lebih cekung. Jadi, kamu akan merasa tas Consina ini terasa nyaman dan pas di punggung kamu.

3. Consina Galapagos 80L (Rp950.000)

Untuk seri keril 80L, Consina Galapagos 80L sangat worth it karena harganya hanya Rp950.000.

Murah, kapasitas besar, awet dan bisa untuk pendakian lebih dari 5 hari. Mantab nggak tuh?

Seri Galapagos ini memiliki berat kosong sekitar 3 kg. Cukup berat apalagi ketika kamu harus membawa beban yang cukup banyak saat mendaki.

Wah, pasti punggung sakit nanti saat hiking?

Consina Galapagos 80L ini sudah dilengkapi dengan adjustable back. Jadi, kamu bisa menyesuaikan tinggi rendah tas sesuai dengan torso kamu.

Apalagi, di bagian back system sudah dilengkapi busa tebal. Dengan begitu, punggung, pundak dan pinggang kamu tetap terlindungi dengan baik.

5. Cozmeed

Kalau dibandingkan dengan beberapa merek tas gunung buatan Indonesia yang sudah kami ulas di atas, Cozmeed termasuk brand baru. Merek yang sebelumnya bernama Cartenz ini didirikan di Solo tahun 2008.

Cozmeed memproduksi barang outdoor seperti keril dengan harga yang terjangkau.

Rekomendasi tas gunung merek Cozmeed

Ada beberapa keril yang bisa jadi pilihan untuk kamu, terutama jika budget kamu terbatas, diantaranya:

1. Cozmeed Allo 60L (Rp525.000)

Cozmeed Allo 60L termasuk keril dari Cozmeed yang paling laris. Dengan kapasitas 60L, keril ini hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp525.000.

Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan tas seberat 1,4 kg yang awet dan dilengkapi rain cover.

Tidak hanya itu, seri Allo memiliki 4 pilihan warna yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan, yaitu:

  • Hitam abu.
  • Biru navy.
  • Merah hitam.
  • Merah biru navy.

Di bagian back system, seri Allo dilengkapi dengan busa dan adjustable back. Jadi, kamu bisa menyesuaikan kenyamanan tas dan torso.

2. Cozmeed Dyno 55+5L (Rp699.000)

Kalau kamu mencari tas yang kapasitasnya agak kecil, Cozmeed Dyno bisa jadi pilihan. Sebenarnya, total kapasitas tas ini bisa mencapai 60 liter, sama seperti Allo. Namun, kamu bisa memaksimalkan dulu kapasitas 55 liter dan menyisakan 5 liter di bagian top lid.

Dengan begitu, tas keril kamu akan terlihat lebih kecil dan nyaman untuk dibawa ke mana saja.

Tas ini punya 3 pilihan warna, yaitu:

  • Biru.
  • Abu-abu.
  • Oranye.

Bagaimana dengan ketahanannya? Cukup baik karena tas ini menggunakan bahan nylon dolby combine cordura.

Sayangnya nih, berat kosong seri Dyno ini mencapai 2,5 kg. Jadi, akan cukup memberatkan bagi kamu yang tidak punya stamina bagus saat hiking.

Untuk kenyamanan dan keamanan, Cozmeed sudah melengkapi seri Dyno dengan adjustable back. Ditambah dengan busa tebal, akan membuat punggung kamu terjaga saat hiking dan membawa beban berat.

3. Cozmeed Sagarmatha 60L (Rp530.000-Rp535.000)

Ada pilihan lain untuk kamu yang sedang mencari keril murah, awet dan berkapasitas besar. Kamu bisa memilih Cozmeed Sagarmatha 60L.

Keril 60 liter ini memiliki harga sekitar Rp530.000-Rp535.000. Dengan harga tersebut, kamu bisa memilih keril dengan 4 pilihan warna,yaitu:

  • Hitam.
  • Hijau army.
  • Biru navy.
  • Abu-abu.

Awet tidak? Cukup awet karena tas gunung ini menggunakan bahan nylon dolby.

Sayangnya, seri Sagarmatha punya berat kosong yang cukup berat, yaitu 1,94 kg. Jadi, untuk kamu yang staminanya kurang atau tidak terbiasa membawa beban berat, akan cukup menyusahkan.

Namun, kamu tak perlu cemas karena seri Sagarmatha ini dilengkapi dengan dengan adjustable back. Dengan begitu, tinggi rendahnya tas bisa disesuaikan dengan ukuran punggung kamu.

Di sisi lain, tas dari Cozmeed ini dilengkapi dengan air flow dan busa. Dengan begitu, sirkulasi udara berjalan lancar dan nyaman digunakan.

6. Claw

Merek Claw cukup asing terdengar. Walaupun begitu, Claw merupakan salah satu produsen perlengkapan dan peralatan outdoor dari Demak.

Hingga tulisan ini dibuat, kami belum menemukan website resminya. Namun, kamu bisa kok langsung ke media sosial resminya di instagram @claw.co.id.

Kamu juga bisa langsung ke toko offline-nya di Jl. Rayung Kusuman Raya, Mranggen, Demak, Jawa Tengah 59567.

Rekomendasi tas gunung merek Claw

Kalau kamu tertarik untuk mencoba tas keril dari Claw, ada beberapa rekomendasi yang kami bisa berikan, diantaranya:

1. Claw Anoa 40L (Rp350.000)

Claw Anoa 40L cocok untuk kamu yang masih pemula dan mencari tas dengan harga murah. Bagaimana tidak, dengan budget kurang dari Rp400.000, kamu sudah bisa mendapatkan keril 40 liter lho!

Seri Anoa dari Claw ini menggunakan bahan Cordura yang awet dan tahan saat hiking. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir lagi saat menggunakan Claw untuk pendakian.

Bagaimana dengan warnanya? Ada beberapa pilihan warna untuk Claw Anoa, diantaranya:

  • Biru.
  • Abu-abu hijau.
  • Abu-abu oranye.
  • Hitam merah jambu.

Di bagian back system, tas ini menggunakan busa yang cukup tebal di bagian punggung, pundak, pinggang. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir saat hiking dalam waktu lama. Apalagi, tas Claw ini cukup ringan dengan berat kosong sekitar 1,3 kg.

Jadi, walaupun kamu isi dengan perlengkapan pendakian, beban tas keseluruhan tidak akan terlalu berat.

2. Claw Genali 45L (Rp525.000)

Sedikit lebih mahal dari seri Anoa, Claw kembali memiliki seri keril 45 liter yang lainnya, yaitu seri Genali.

Tas yang terbuat dari bahan Cordura ini cukup tahan untuk kamu bawa saat pendakian 1-2 hari.

Walaupun tertulis 45 liter, tapi, kamu bisa memaksimalkan kapasitasnya hingga 50 liter kok. Apalagi nih, tas Claw ini memiliki 1 kompartemen utama dengan total 4 kompartemen tambahan. Jadi, kamu bisa membawa barang yang sekiranya kamu perlukan selama pendakian.

Untuk back system, keril lokal ini dilengkapi dengan busa dan air flow system. Alhasil, sirkulasi udara berjalan baik dan punggung kamu tidak akan kepanasan.

3. Claw Rombebai 50L (Rp585.000)

Butuh keril untuk pendakian 2-3 hari? Claw punya seri Rombebai 50L untuk kamu.

Seri Rombebai ini dilengkapi dengan Claw comfort system aerotech di bagian back system. Dengan begitu, sirkulasi udara di area punggung menjadi lebih optimal.

Apalagi, di area punggung dilengkapi dengan busa. Jadi, punggung, pinggang, pundak tidak akan cepat sakit walaupun kamu membawa beban berat.

Tas dengan bahan cordura combine nylon ini punya 2 kompartemen dengan 7 saku tambahan. Alhasil, barang yang kamu butuhkan untuk pendakian, bisa kamu simpan dan bawa ke gunung.

7. Jayagiri

Bisa dikatakan kalau Jayagiri termasuk pioneer salah satu produsen barang outdoor tertua di Indonesia. Bagaimana tidak kalau Jayagiri sudah ada sejak tahun 1978! Bahkan, Merek tas gunung buatan Indonesia ini (Jayagiri) pernah mengekspor produknya ke negara lain seperti Malaysia.

Walaupun Jayagiri sekarang tenggelam di antara produsen baru, tapi, merek ini masih ada, lho! Kamu bahkan bisa mendapati offline store Jayagiri di Bandung, tepatnya di Jl. Terusan Buah Batu 255A, Bandung.

Rekomendasi tas gunung merek Jayagiri

Jayagiri memiliki koleksi keril dari berbagai ukuran/kapasitas yang bisa kamu pilih. Rekomendasi dari kami, diantaranya:

1. Jayagiri RS 09 (Rp980.000)

Keril Jayagiri RS 09 merupakan keril dengan kapasitas 80 liter. Walaupun muat cukup banyak, tapi keril ini punya harga yang sangat terjangkau, yaitu Rp980.000.

Untuk warnanya, kami hanya menemukan 1 warna, yaitu merah hitam. Penggunaan warna netral ini membuat tas dari Jayagiri bisa digunakan oleh pria ataupun wanita.

Namun, apakah awet? Seri RS 09 ini awet karena terbuat dari bahan cordura nylon.

Fitur mumpuni yang bisa kamu temukan di tas Jayagiri ini adalah adalah sekat resleting dan torso system. Adanya sekat memungkinkan kamu untuk mengambil barang yang ada di tengah atau bawah tas. Sedangkan torso system memungkinkan kamu mengatur tinggi rendahnya tas sesuai ukuran punggung.

Dengan begitu, kamu akan tetap merasa nyaman saat menggunakan tas dari Jayagiri ini.

2. Jayagiri RS11 (Rp916.000)

Kalau kamu butuh tas gunung dengan kapasitas 100 liter, Jayagiri RS11 bisa jadi pilihan untuk kamu. Terlebih lagi, harga tas ini tidak sampai 1 juta lho!

Tas yang sudah dilengkapi dengan cover bag ini memiliki 3 pilihan warna yang dapat kamu pilih, yaitu:

  • Biru laut.
  • Merah.
  • Hijau lime.

Dengan bahan dari cordura nylon, membuat tas gunung ini awet untuk digunakan. Bahkan saat kamu harus hiking lebih dari 1 minggu.

“Wah, nanti punggungnya akan terasa sakit dong!”

Tidak juga. Ini karena bagian punggung tas sudah dilengkapi dengan busa dan air flow untuk sirkulasi udara di area punggung.

Tas Jayagiri ini juga dilengkapi dengan adjustable back yang bisa kamu atur tinggi rendahnya sesuai ukuran torso.

Sayangnya nih, bagian waist belt tidak dilengkapi dengan kantong. Jadi, kamu yang terbiasa menyimpan barang di kantong kecil ini, harus kecewa.

3. Jayagiri BP 32 (Rp549.000)

Ada tidak tas Jayagiri yang ukurannya kecil dan harganya terjangkau?

Ada!

Salah satunya adalah Jayagiri BP 32 yang dibanderol dengan harga sekitar Rp549.000. Tas jenis ini memiliki ukuran 47 liter yang pas untuk pendakian 1-3 hari.

Tas yang sudah dilengkapi dengan rain cover ini, memiliki beberapa pilihan warna, diantaranya:

  • Hitam-abu.
  • Biru.
  • Hijau.

Sekilas, tas dari Jayagiri ini punya desain minimalis yang unik. Apalagi dengan pilihan warna yang beragam, tas 47L ini bisa digunakan baik pria atau wanita.

Terbuat dari bahan cordura nylon, membuat tas ini awet dan tahan saat kamu bawa selama pendakian. Sayangnya, tidak ada saku di bagian waist belt. Jadi, kamu tidak akan bisa menyelipkan permen atau coklat di saku pinggang.

8. Merapi Mountain (MM)

Merek Merapi Mountain atau MM bisa dibilang ‘anak baru’ untuk produsen barang outdoor di Indonesia. Ini karena MM baru didirikan oleh Tejasari dan Hendri Agustin tanggal 10 Desember 2012 di Jakarta.

Mulai dari perlengkapan outdoor hingga keril diproduksi oleh MM dengan harga terjangkau. Jadi, kamu bisa mencari produk yang sekiranya kamu butuhkan.

Rekomendasi tas gunung merek Merapi Mountain

Koleksi keril MM tidak begitu banyak dan beberapa yang kami temukan, yaitu:

1. Merapi Mountain Mountaineer 50+10L (Rp1.043.000)

Sesuai dengan namanya Merapi Mountain Mountaineer 50+10L memiliki kapasitas total 60 liter. Besarnya kapasitas tersebut cocok untuk kamu yang akan melakukan pendakian selama 1-3 hari.

Sayangnya, produk dari Merapi Mountain ini punya bobot kosong yang yang cukup berat, yaitu 1,9 kg. Salah satu alasannya adalah karena bahan yang digunakan, yaitu:

  • Elastic mesh nylon.
  • Fabric 420 plain nylon oxford PU 150mm.
  • Polyester webbing.
  • YNS Buckle.
  • YKK Zipper.

Tas yang punya 2 pilihan warna, merah dan biru ini uniknya punya 2 kompartemen ukuran besar. Jadi, kamu bisa membawa barang lebih banyak.

Untuk bagian punggung, Mountaineer 50+10L ini dilengkapi dengan busa dan multi adjustment back system. Jadi, kamu bisa mengatur tinggi rendah tas sesuai ukuran torso.

Tidak hanya itu, tas yang sudah dilengkapi dengan rain cover ini juga sudah dilengkapi dengan peluit di tali dada. Jadi, kamu bisa menggunakan peluit ini saat kondisi terdesak seperti saat tersesat.

2. Merapi Mountain Challenger 40 (Rp610.000)

Butuh keril dengan ukuran lebih kecil? Seri Challenger 40 bisa jadi pilihan.

Merapi Mountain Challenger 40 memiliki kapasitas 40 liter dan tersedia dalam 2 warna, yaitu hijau dan oranye. Dengan kapasitas yang tidak terlalu besar dan pilihan warna yang terang, membuat tas ini cocok untuk wanita.

Apa tidak cocok untuk pria? Tentu saja cocok, apalagi tas unisex ini punya bobot yang cukup ringan, yaitu 1,27 kg.

Produk keril dari MM ini menggunakan 4 bahan utama agar awet, aman dan nyaman saat digunakan, yaitu:

  • Fabric 420D yarn dyed nylon oxford PU 1500mm.
  • Elastic mesh nylon.
  • Polyester webbing.
  • YKK Zipper.

Bagaimana dengan back system? Back system tas dengan 1 kompartemen utama ini menggunakan busa dan air flow.

Namun, kamu tidak bisa mengatur tinggi rendahnya tas. Jadi, kamu perlu mengecek sendiri sebelum membeli produk dari MM ini.

3. Merapi Mountain Feather 35 (Rp230.000)

Seri Feather 35 dari MM ini sebenarnya termasuk semi carrier. Artinya, tas ini bisa digunakan untuk keseharian kamu, seperti daypack, bisa juga untuk mendaki gunung.

Tas yang memiliki 3 pilihan warna, merah, hitam dan biru ini uniknya bisa dilipat lho! Jadi, kamu bisa melipat dan memasukkan tas ini ke keril utama. Setelah itu, bisa kamu gunakan saat summit.

Tas dengan kapasitas 35 liter ini menggunakan 2 bahan baku utama, yaitu:

  • 210D texi-tech small Ripstop Nylon.
  • 420D Kation Polyester.

Kombinasi 2 bahan tersebut membuat tas ini cukup tangguh digunakan. Apalagi, kamu bisa membawa beban maksimal 8 kg menggunakan tas MM ini.

Sayangnya, di bagian back system  tidak dilengkapi fitur seperti busa tebal. Jadi, Merapi Mountain Feather 35L ini hanya cocok untuk pendakian singkat, maksimal 2 hari.

9. Forester

Terdengar seperti brand luar negeri, ternyata Forester adalah merek tas gunung buatan Indonesia, lho. Forester merupakan produsen perlengkapan outdoor yang didirikan tahun 2004. Merek dari Bandung ini berada di bawah naungan Blessindo Cipta Mandiri.

Dari 2004 hingga saat ini, perlengkapan outdoor seperti keril masih jadi pilihan karena harganya terjangkau dan berkualitas.

Rekomendasi tas gunung merek Forester

Setahu kami, Forester hingga saat ini hanya memiliki 3 keril yang bisa kamu pilih. Keril dari Forester, yaitu:

1. Forester 90064 Rucksack 45L Delonix (Rp485.000)

Forester 90064 Rucksack 45L Delonix menjadi pilihan untuk Anda yang ingin keril murah, awet dan ada easy access. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menata atau mengambil barang di tas keril.

Tas yang sudah dilengkapi dengan rain cover ini punya beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Ada 3 pilihan warna, yaitu: yellow gemstone, hijau daun, marun.
  • Ada tempat khusus untuk water bladder dan selangnya.
  • Dilengkapi dengan double frame fiber serta plat alumunium.
  • Awet karena menggunakan bahan dolby nylon.
  • Back system menggunakan busa dan air comfort untuk kenyamanan dan kelancaran sirkulasi udara di punggung.
  • Memiliki bobot kosong yang ringan, yaitu 1,4 kg.

Dengan keunggulan tersebut, tas ini bisa kamu pertimbangkan untuk jadi tas keril pertama atau pengganti keril yang sudah rusak.

2. Forester 90062 Rucksack 55+5 Aceros (Rp5655.000)

Mau yang kapasitasnya lebih besar tapi harganya tetap terjangkau? Seri Aceros dari Forester bisa jadi pilihan.

Tas dengan bahan Cordura 1295 combine Dolby 1284 cukup awet untuk digunakan. Apalagi untuk hiking 1-3 hari.

Tas dengan harga sekitar Rp565.000 ini sudah dilengkapi dengan rain cover. Jadi perlindungan terutama saat hujan bisa lebih maksimal.

Tas dengan berat kosong sekitar 1,6 kg ini punya 3 pilihan warna, yaitu hitam, biru navy dan merah.

Bagaimana dengan kenyamanan punggung? Di bagian back system, tas  dengan 2 akses ke kompartemen atas dan bawah dilengkapi dengan air comfort back system.

Ditambah dengan double frame fiber, plat aluminium hingga pengaplikasian busa, akan membuat punggung nyaman.

3. Forester 90059 Rucksack 55L+5 Annapurna (Rp575.000)

Jika dibandingkan dengan seri Aceros dari Forester, seri Annapurna tidak memiliki perbedaan yang berarti. Keduanya sama-sama memiliki kapasitas total 60L, menggunakan bahan, fitur dan spesifikasi yang sama.

Perbedaan yang bisa kami lihat sejauh ini hanyalah desain tas.

Seri Annapurna memiliki desain dengan tali kompresi yang lebih sedikit dibandingkan seri Aceros. Seri ini, memiliki spesifikasi dan fitur seperti berikut ini:

  • Bahan dari Cordura 1295, Dolby 1284.
  • Berat kosong 1,6 kg.
  • Back system menggunakan busa, air comfort back system, double frame fiber dan plat alumunium.
  • Sudah termasuk rain cover.
  • Memiliki tempat untuk water bladder dan selangnya.
  • Punya 1 kompartemen utama dengan 2 akses ke kompertemen utama dan bawah.

Jadi, kalau kamu bingung memilih seri Aceros atau Annapurna, sesuaikan saja desain dengan kesukaan kamu.

10. Co-trek

Merek tas gunung buatan Indonesia yang akan kami bahas untuk sesi terakhir ini adalah Co-trek. Co-Trek Adventure atau biasa dikenal dengan Co-Trek merupakan produsen barang outdoor yang baru didirikan tahun 2011. Walaupun begitu, bisa dibilang Co-Trek ini merupakan ‘kuda hitam’ perlengkapan outdoor di Indonesia.

Kenapa? Karena selain menyediakan perlengkapan outdoor yang lengkap, produknya juga cukup awet dan murah.

Rekomendasi tas gunug merek Co-Trek

Co-Trek termasuk produsen merek tas gunung buatan Indonesia yang menyediakan banyak pilihan keril dengan kualitas yang bagus. Nah kalau kamu bingung, kami ada beberapa rekomendasi keril Co-Trek khusus untuk kamu, diantaranya:

1. Co-Trek Ciremai 45+5L (Rp735.000)

Co-Trek punya beberapa seri tas dengan kapasitas yang berbeda. Misalnya seri Ciremai yang punya 2 jenis, yaitu yang berkapasitas 45+5L dan 55+5L.

Untuk kali ini, kami akan membahas sekilas tentang Co-Trek 45+5L.

Jenis tas dari seri Ceremai ini memiliki harga sekitar Rp735.000 di website resmi Co-Trek. Lebih murah Rp50.000 dibandingkan Ceremai 55+5L.

Co-Trek Ceremai 45+5L memiliki 4 pilihan warna, yaitu merah, hitam, biru, toska. Banyaknya pilihan warna memungkinkan kamu memilih keril yang pas sesuai selera warna kamu.

Untuk bahannya, seri Ceremai ini menggunakan Nylon Dinier combine Cordura. Jadi, tas ini awet untuk kamu gunakan saat mendaki 1-3 hari. Apalagi tas Co-Trek sudah dilengkapi dengan rain cover untuk perlindungan ekstra saat hujan.

Namun, tas dari Co-Trek ini cukup berat karena memiliki berat kosong sekitar 2,1 kg. Jadi, kalau kamu menggunakan tas ini, pertimbangkan beban yang akan kamu bawa. Dengan begitu, kamu akan tetap merasa nyaman selama pendakian.

Untuk kompartemennya, tas dari Co-Trek punya 1 kompartemen utama. Selain itu, setidaknya ada 3 kompartemen tambahan di depan dan samping tas.

Untuk kapasitasnya, kompartemen utama memiliki kapasitas 45 liter. Namun, kamu bisa menambah kapasitasnya hingga 5 liter. Jadi, keseluruhan kapasitas sekitar 50 liter.

Di bagian punggung tas, Co-Trek dilengkapi dengan air circulation back system dengan jaring. Jadi, bagian punggung kamu akan terasa lebih nyaman walaupun mendaki dalam jangka waktu panjang.

Sayangnya, tidak ada saku di bagian hip belt. Sebagai gantinya, ada tali kompresi yang memungkinkan kamu mengatur kenyamanan di hip belt.

2. Co-Trek Tenggarong 55+5L (Rp599.000)

Co-Trek Tenggarong 55+5L menjadi salah satu keril primadona yang dimiliki Co-Trek. Selain karena kapasitasnya besar, total 60L, seri Tenggarong cukup awet, dilengkapi rain cover dan murah.

Dengan uang 500 ribuan, kamu sudah dapat keril Tenggarong!

Bahan yang digunakan adalah nylon combine cordura yang awet. Jadi kamu tidak perlu khawatir saat menggunakan tas Co-Trek ini di pendakian.

Untuk bagian belakang, tas ini dilengkapi dengan jaring yang memperlancar sirkulasi udara di punggung. Jadi, punggung kamu akan tetap nyaman dan tidak terlalu berkeringat.

Uniknya di seri Tenggarong ini adalah adanya charger connection. Kamu bisa menaruh power bank di bagian dalam tas. Kemudian kamu sambungkan ke ponsel.

Jadi, kamu tak perlu khawatir kalau kamu kehabisan baterai ketika sedang merekam perjalanan saat hiking.

Untuk warna, produk dari Co-Trek ini punya 4 pilihan warna, yaitu:

  • Merah.
  • Hitam.
  • Biru.
  • Toska.

Bagaimana dengan kompartemennya? Co-Trek Tenggarong 55+5L dilengkapi dengan 1 kompartemen utama.

Itu saja? Tidak, ada beberapa kompartemen tambahan di depan, top lid, hip belt, bawah dan sisi tas. Jadi, kamu bisa membawa barang cukup banyak selama pendakian.

3. Co-Trek Mahakam 60L (Rp559.000)

Mencari tas carrier Co-Trek yang kapasitasnya besar dan murah? Keril seri Mahakam bisa jadi pilihan.

Tas keril ini punya kapasitas sekitar 60 liter yang bisa kamu gunakan untuk pendakian 1-3 hari. Apalagi, seri Mahakam punya kompartemen yang cukup banyak.

Seperti 2 di sisi kanan kiri, 2 di hip belt dan tambahan kompartemen hingga kapasitas 5 liter di top lid. Jadi, kamu bisa membawa barang yang cukup banyak, terutama bekal atau permen.

Uniknya, tas seri Mahakam juga memiliki 1 kompartemen di dalam kompartemen utama. Hydro compartment ini bisa kamu gunakan untuk membawa laptop saat sedang bepergian, misalnya mudik.

Bagaimana dengan keawetannya? Tas Co-Trek dengan berat kosong 1,4 kg ini cukup awet digunakan. Ini karena seri Mahakam menggunakan Nylon Dinier combine Cordura yang terkenal awet untuk barang outdoor.

Di bagian back system, seri Mahakam menggunakan busa dan air circulation back system. Dengan begitu, punggung tetap sejuk selama pendakian dan membawa barang yang cukup banyak.

Banyaknya pilihan merek tas gunung buatan Indonesia yang berkualitas internasional membuktikan kalau produk asli Indonesia bisa kok dijadikan pilihan. Kamu bisa memilih keril yang kamu butuhkan dan sesuai selera kamu. Apalagi, produk lokal memiliki harga yang jauh lebih murah dan tetap awet digunakan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat budget dan menggunakan sisa budget untuk membeli perlengkapan pendakian lainnya yang kamu butuhkan.

Baca lebih lanjut: Rekomendasi Tas Gunung Murah Berkualitas »

Previous Article

Bolehkah Mendaki Gunung saat Haid?

Next Article

Manfaat Sepatu Gunung

Tinggalkan komentar