10 Pantai Terindah di Blitar yang Lagi Hits (2022)

Ada sesuatu yang spesial tentang pantai. Suara deburan ombak serta sinar mataharinya. Kemudian, pasir pantai yang butirannya halus dan lembut. Juga langit biru yang kontras dengan birunya samudera. Ada pula lokasi pantai-pantai yang sangat indah di Indonesia. Khususnya, di Jawa Timur. Seperti halnya pantai terindah di Blitar yang lagi hits. Langsung cek saja rekomendasinya. Berikut 10 rekomendasi pantai tercantik di Blitar:

Penasaran dengan keindahan pantai-pantai di Blitar? Yuk, mulai cari tahu.

1. Pantai Pasetran Gondo Mayit

Pantai Blitar Pantai Pasetran Gondo Mayit
Pantai Pasetran Gondo Mayit, Blitar (sumber: instagram.com/wisatablitar/).
LokasiKrajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaBuka setiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 9 menit (35,0 km) via Jl. Raya Trisula.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto, trekking di bukit menuju pantai, tempat kuliner, area berkemah.

Pantai Pasetran Gondo Mayit dikenal berada di timur Pantai Tambakrejo. Pantai ini memiliki karakteristik berupa pasir putih. Suasana juga cukup sepi di sini. By the way, nama Gondo Mayit dalam Bahasa Jawa berarti “bau mayat”. Namun, pantai ini nggak berbau mayat, kok, hanya namanya saja.

Memang nama pantai ini sedikit tidak biasa. Namun, pemandangannya luar biasa. Pantai Gondo Mayit terkenal memiliki pasir putih yang halus. Air pantainya biru jernih terlihat indah.

Aktivitas di sini yang paling utama adalah trekking. Sebab, kamu perlu mendaki bukit agar sampai di pantai ini. Ringan saja, bukan seperti mendaki gunung.

Kemudian, aktivitas seru lainnya adalah bermain pasir dan air laut. Nyaman banget karena pantainya bersih. Jangan lupa juga mampir kuliner di warung-warung sepanjang pantai.

Terutama, makan ikan bakar sambil menikmati minuman kelapa muda langsung dari buahnya. Selain itu, kamu juga bisa berkemah di pantai ini, lho. Biaya sewa satu tenda sekitar Rp 60.000.

2. Pantai Tambak Rejo Blitar

Pantai Blitar Pantai Tambak Rejo Blitar
Pantai Tambak Rejo, Blitar (sumber: instagram.com/shareblitar/).
LokasiKrajan, Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 6 menit (33,6 km) via Jl. Raya Trisula.
Obyek wisata di sekitar pantaiWarung makan, naik perahu, fasilitas ATV (all terain vehicle) untuk menyusuri pesisir pantai, upacara budaya Larung Sesaji.

Pantai Tambakrejo sangat populer di kalangan wisatawan. Daya tarik paling unik di sini yaitu adanya upacara Larung Sesaji. Biasanya, upacara budaya ini digelar setiap tahun baru Islam 1 Muharam. Biasanya, ini dilaksanakan setiap bulan Oktober.

Jadi, ada dua tumpeng berisi nasi dan lauk serta hasil bumi, yang kemudian dilarung ke laut. Selain melestarikan budaya, ini juga menjadi bentuk rasa syukur kepada Yang Maha Kuasa.

Sedangkan, untuk aktivitas menarik lainnya lagi, adalah berfoto. Pemandangannya bagus dengan ombak yang tidak terlalu besar.  Namun, kamu tidak boleh berenang. Sebab, tepi lautnya sangat curam.

Di samping itu, ombaknya deras sekali saat kembali ke tengah lautan. Wisatawan di bibir pantai bisa saja terseret. Jadi, kamu menikmati pantai dengan santai saja. Bisa sembari mampir warung kuliner di sekitar pantai.

Kamu juga bisa mampir ke tempat pelelangan ikan di dekat pantainya. Untuk fasilitas juga lengkap, ada kamar mandi, musala, sampai kios makanan dan minuman.

3. Pantai Pangi

Pantai Blitar Pantai Pangi
Pantai Pangi, Blitar (sumber: instagram.com/lailyidatur/).
LokasiKrajan, Tumpakkepuh, Bakung, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp8.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 22 menit (35,5 km) via Jl. Raya Trisula.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto, telaga alami di tepi pantai, area berkemah, Pantai Tambakrejo, Goa Embultuk.

Pantai Pangi buka dari pagi sampai malam untuk umum. Pemandangan pantai ini cantik dengan batu karang di kawasan sekitarnya. Meskipun terkenal, pantai ini masih cukup sepi. Jadi, suasananya terasa alami. Kamu bisa foto-foto di mana saja karena banyak spot menarik di sini.

Nah, aktivitas seru di pantai ini yaitu menyusuri pesisir pantainya. Lalu, kamu pun bisa menggelar tikar untuk piknik. Kemudian, nikmati makan siang dengan keluarga, diselingi canda tawa. Cicipi juga ikan bakar yang dijual oleh warga sekitar. Lalu, kamu juga bisa banget main air. Airnya biru jernih dan segar.

Selain itu, pantai ini memiliki satu keunikan, yaitu telaga yang berada di dekat tepi pantainya. Telaga ini adalah muara sungai. Kawasan sekitar telaga ditumbuhi tumbuhan bakau. Akar gantung bakau terlihat menjulang menambah keindahan telaga. Kamu bisa berenang serta bilas pakai air telaga ini.

Oh iya, di samping itu, ada aktivitas menarik lainnya lagi. Kamu bisa kemah di pantai ini. Terdapat area datar yang luas untuk mendirikan tenda, bisa dengan rombongan juga. Spot camping ideal ada di dekat pohon-pohon pinus.

4. Pantai Peh Pulo

Pantai Blitar Pantai Peh Pulo
Pantai Peh Pulo, Blitar (sumber: instagram.com/destinasiblitar/).
LokasiPeh Pulo, Sumbersih, Panggungrejo, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 39 menit (44,4 km) via Jl. Raya Tlogo – Serut.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto, area berkemah, bukit di sekitar pantai.

Pantai Peh Pulo indah sekali pemandangannya. Bahkan, pantai ini juga disebut mini Raja Ampat. Sebab, terdapat gugusan pulau karang berukuran kecil di kawasan lepas pantainya.

Selain itu, dusun dan pantai ini, juga mendapat namanya dari salah satu nama gugusan pulau karang. Itu adalah Pulau Peh. Oleh karena itu, kawasan ini sekarang dikenal dengan sebutan Peh Pulo.

Nah, pantai ini memiliki pasir putih dengan kawasan berpasir yang luas. Selain itu, pasir pantainya juga jauh dari garis pasang. Jadi, area pasir tersebut juga biasa dipakai untuk berkemah. Serunya, karena ada banyak gugusan karang, pantai ini pas dijadikan tempat berfoto-foto.

Aktivitas seru lainnya yaitu bermain air, karena pasir pantai di sini luas dan landai. Lalu, kamu juga bisa memancing, lho. Selain itu, kamu dapat naik perahu nelayan juga. Kalau fasilitas, memang belum lengkap, masih terbatas.

Hanya ada area parkir luas dan kantin yang buka saat siang saja, malamnya tutup. Akomodasi penginapan juga belum ada, tapi kamu bisa berkemah di sini.

5. Pantai Jolosutro

Pantai Blitar Pantai Jolosutro
Pantai Jolosutro, Blitar (sumber: instagram.com/vhevhenny/).
LokasiRinginsari, Ringenrejo, Wates, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin – Minggu, 07.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 7.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 28 menit (44,7 km) via Jl. Protokol / Jl. Sadewa.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto.

Pantai Jolosutro memiliki pemandangan cantik nan eksotis. Pasirnya berwarna hitam sehingga menambah pesonanya. Di pantai ini, airnya jernih sehingga sebenarnya seru kalau kamu main air. Akan tetapi, ombak pasangnya besar di sini. Jadi, kamu tidak diperkenankan buat mandi di laut.

Di sisi lain, letak pantai ini berada di teluk yang diapit perbukitan. Tempatnya tenang dan nyaman. Tentu saja dengan panorama indah. Terutama, karena juga ada bukit-bukit karang.

Kalau air laut sedang surut, kamu bisa berjalan menyusuri garis pantai. Namun, kalau air laut pasang, maka kamu perlu mendaki bukit batu menuju pantai bagian barat. Nah, kamu bisa melihat pemandangan indah dari atas bukit.

Aktivitas seru di sini tentu saja berfoto. Keren banget, lho, pemandangannya. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner di sejumlah warung di sekitar pantai. Oh iya, akses menuju pantai sudah bagus dan beraspal. Jadi, jalannya bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat.

6. Pantai Serang

Pantai Blitar Pantai Serang
Pantai Serang, Blitar (sumber: instagram.com/jelajahblitar/).
LokasiDesa Serang, Kecamatan Panggungrejo, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp 7.000/orang.
Rute menuju tempat wisata1 jam 18 menit (41,7 km) via Jl. Raya Tlogo – Serut.
Obyek wisata di sekitar pantaiSewa ATV per jam, ombak bagus untuk selancar, spot foto cantik, area berkemah, acara budaya larung sesaji tiap tanggal 1 Suro.

Pantai Serang merupakan salah satu destinasi populer. Pantai ini tidak dipadati pengunjung. Namun, pantainya juga tidak pernah sepi. Daya tariknya yaitu pasir yang luas dan landai serta bersih. Selain itu, ombaknya besar sehingga cocok menjadi tempat untuk berselancar.

Pantai ini indah dengan diapit teluk dan perbukitan. Selain itu, suasana pantai ini membuatnya dijuluki Kuta dari Blitar. Sebab, pasirnya sedikit kecokelatan dengan nuansa pantai yang eksotis. Jadi, kamu serasa lagi mantai di Bali.

Di samping itu, ada berbagai aktivitas seru untuk kamu lakukan di sini. Kamu bisa menyewa ATV untuk keliling pantai, tarifnya Rp 100 ribu per jam.

Kalau suka adrenalin rush, kamu dapat mencoba untuk belajar selancar. Oh iya, ada deretan pohon cemara di dekat bibir pantai. Indah pemandangannya. Terus, kamu juga bisa banget berkemah di sini.

Tidak perlu khawatir untuk makanan dan minuman. Ada banyak tempat makan dan warung. Jangan lupa juga mencicipi olahan segar ikan lautnya.

7. Pantai Pudak

Pantai Blitar Pantai Pudak
Pantai Pudak, Blitar (sumber: instagram.com/blitaramazing/).
LokasiNgadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata1 jam 28 menit (35,2 km) via Jl. Raya Tlogo – Serut.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto, area berkemah.

Pantai Pudak adalah pantai dengan pesona tersendiri. Pasirnya putih dan lembut. Tempatnya sunyi karena pantai ini sebenarnya belum begitu populer. Untuk sampai di bibir pantai, kamu harus melewati semak pepohonan dahulu. Namun, sepadan banget dengan panorama yang menyambut kamu.

Garis pantai ini melengkung serta tidak terlalu panjang. Makanya, terasa asyik saat kamu menyusurinya. Pantai Pudak diapit oleh dua tebing karang. Kemudian, sedikit ke tengah laut, ada sebuah pulau karang. Pulau karang ini adalah ciri khas dari Pantai Pudak.

Nah, pantai yang sepi sekaligus bersih ini, juga cocok untuk jadi tempat berkemah. Akan tetapi, sekali lagi pantai ini masih sepi pengunjung. Jadi, fasilitas di sini juga masih belum ada. Namun, tempatnya memang pas sekali untuk menyendiri sejenak. Menjauh dari hiruk pikuk perkotaan.

8. Pantai Pasur

Pantai Blitar Pantai Pasur
Pantai Pasur, Blitar (sumber: instagram.com/shareblitar/).
LokasiKedung Biru, Bululawang, Bakung, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata1 jam 18 menit (35,9 km) via Jl. Raya Trisula.
Obyek wisata di sekitar pantaiSpot foto, pemandangan indah pantai berpasir hitam.

Pantai Pasur unik karena dahulu merupakan kawasan tambang pasir hitam. Maka dari itulah, pantai ini berpasir hitam. Bentang pantainya sekitar 1 km, sekaligus merupakan yang terpanjang kedua setelah Pantai Jolosutro. Suasana pantai juga masih alami dengan daya tariknya sendiri.

Kelebihan pantai ini yaitu ada pepohonan cemara di sebelah timur. Lalu, ada muara sungai di sebelah barat dengan pemandangan indah.

Ombak di pantai ini cukup kencang. Jadi, kamu tidak disarankan bermain di laut. Akan tetapi, tenang saja karena ada muara sungai cantik. Kamu bisa menikmati spot tersebut di sebelah barat pantai.

Sedikit yang perlu diperhatikan yaitu di pantai ini belum lengkap fasilitasnya. Sebab, sebenarnya Pantai Pasur belum resmi dibuka sebagai objek wisata. Namun, pantainya sudah bisa dikunjungi, kok. Pantai ini cocok untuk destinasi liburan sejenak, tempat kamu melepas penat.

9. Pantai Jebring

Pantai Blitar Pantai Jebring
Pantai Jebring, Blitar (sumber: instagram.com/djecko_1979/).
LokasiBanyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata1 jam 21 menit (34,2 km) via Jl. Raya Tlogo – Serut.
Obyek wisata di sekitar pantaiPemandangan pantai berpasir hitam, spot foto, tebing indah di sisi barat pantai, batu karang berbentuk unik.

Pantai Jebring menyuguhkan bentang pantai cukup luas. Oh iya, pantai ini juga pernah jadi tambang pasir besi pada tahun 2010-an sampai 2014-an. Sedikit mirip dengan Pantai Pasur, ya. Pasirnya juga hitam di Pantai Jebring. Selain itu, pantai ini memiliki sebuah keunikan yang menjadi ciri khasnya.

Keunikan tersebut adalah batu karang besar berbentuk mirip payung di pinggir pantai. Selain itu, di pantai ini juga ada aliran sungai cukup besar di sisi barat. Di sekitar pantai ada pohon-pohon cemara udang yang menjadi pemandangan menarik. Pantainya pun sepi sehingga bisa memberi ketenangan.

Lalu, di sisi timur pantai, ada tebing cukup tinggi. Nah, area di sekitar tebing ini asyik pemandangannya. Area tersebut teduh sekaligus seru untuk foto-foto, karena ada batu karang unik yang bentuknya mirip payung.

Batu karang yang ikonis ini terbentuk seperti demikian karena tergerus ombak. Sangat cantik untuk dijadikan spot foto.

10. Pantai Keben

Pantai Blitar Pantai Keben
Pantai Keben, Blitar (sumber: instagram.com/deaatmaji/).
LokasiBanyuurip, Ngadipuro, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata1 jam 29 menit (34,9 km) via Jl. Raya Tlogo – Serut.
Obyek wisata di sekitar pantaiPemandangan pantai berbentuk bulan sabit, spot foto.

Pantai Keben sering dibilang pantai paling bagus di Desa Ngadipuro, Blitar. Aksesnya memang cukup sulit. Selain itu, kamu perlu memarkir motor dekat tebu-tebu, kemudian melintasinya dengan jalan kaki ke pantai.

Namun, pemandangan yang menyambut kamu memang sangat indah. Pantainya tidak terlalu luas. Akan tetapi, pasir pantai ini cantik dan lembut.

Kalau siang cuaca cukup panas, karena di sekitar pantai tidak ada pepohonan besar. Pantai ini bersih karena masih sepi pengunjung. Akan tetapi, pantainya belum memungkinkan buat kamu untuk berkemah. Kamu juga tidak disarankan mandi di pantai.

Sebab, ombaknya cukup besar sehingga berbahaya. Selain itu, belum ada fasilitas kamar mandi untuk bilas dan ganti baju.

Oh iya, sekali lagi jalur ke Pantai Keben sulit dan cukup berbahaya. Terutama, untuk yang belum benar-benar mahir berkendara motor. Di samping itu, saat musim hujan atau panen tebu, kamu juga tidak disarankan ke sini. Pasalnya, jalannya sulit dan banyak truk tebu memenuhi jalan.

Itu tadi deretan pantai terindah di Blitar yang lagi hits. Setiap pantai punya ciri khasnya sendiri. Kamu bisa nikmati pantai kesukaanmu dengan cara yang berbeda. Mungkin dengan menikmati kuliner olahan ikan segar, atau berfoto-foto di spot yang bagus.

Apalagi, ada pantai dengan pasir putih cantik. Ada juga pantai berpasir hitam eksotis. Kalau kamu, suka pantai yang seperti apa? Share di kolom komentar, ya.

Previous Article

Cara Mencuci Tas Gunung

Next Article

Cara Mengatasi Pacet di Gunung

Tinggalkan komentar