10 Pantai Terindah di Cilacap yang Lagi Hits (2022)

Lagi nyari destinasi wisata pantai di Cilacap yang punya pemandangan bagus? Kami punya rekomendasi pantai cantik, khusus untuk kamu. Mulai dari pantai Sodong, pantai Teluk Penyu hingga pantai Ketapang Indah. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Cilacap:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Cilacap? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Sodong

Pantai Cilacap Pantai Sodong
Pantai Sodong, Cilacap (sumber: instagram.com/fia_hartononew/).
LokasiJl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang (gratis 1 botol minum).
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap38 menit (24,6 km) lewat Jalur Gumilir – Purwokerto.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPantai berlatar pohon cemara & kafe warung, dengan pasir hitam, rental ATV, serta gua meditasi.

Pantai Sodong terletak di Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kamu bisa mengaksesnya dengan menggunakan transportasi seperti mobil dan motor, dengan jarak tempuh 38 menit dari Cilacap.

Memiliki panorama pantai yang begitu indah, membuat wisatawan tidak kecewa ketika mengunjunginya. Sehingga, dengan berkunjung ke Pantai Sodong, kamu akan mendapatkan pengalaman yang penuh kesenangan.

Di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan hamparan pasir hitam dan berbatuan cantik yang tersusun di pantai.

Selain itu, di Pantai Sodong juga terdapat berbagai wahana bermain untuk anak-anak. Beberapa wahana itu meliputi:

  • Ayunan.
  • Kolam renang.
  • ATV, dll.

Di samping itu, ada juga spot foto dengan tempat yang menarik. Salah satunya adalah jembatan pelangi. Apalagi Pantai Sodong juga dilengkapi dengan fasilitas lain, di antaranya: tempat makan, gua meditasi, dan berbagai wahana menarik lainnya.

2. Pantai Teluk Penyu

Pantai Cilacap Pantai Teluk Penyu
Pantai Teluk Penyu, Cilacap (sumber: instagram.com/ini.indo.explore/).
LokasiPantai Selatan, Cilacap, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap12 menit (5,1 km) lewat Jl. Dr. Soetomo.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, lapangan voli, toilet, gazebo, perahu, dan fasilitas lainnya.

Pantai ini memiliki akses yang sangat strategis dan mampu ditempuh oleh segala kendaraan. Dengan jarak tempuh dari Cilacap hanya selama 12 menit atau 5,1 km saja. Pantai Teluk Penyu adalah wilayah konservasi hewan penyu di bagian selatan Kabupaten Cilacap.

Sehingga secara keseluruhan, tepi pesisir dari pantai ini berlokasi di Kecamatan Cilacap Tengah. Pantai ini dikelilingi oleh Pulau Nusakambangan, hal itulah yang menyebabkan ini tidak terhubung dengan Samudra Hindia atau Indonesia.

Pantai ini akan sangat cocok kamu kunjungi saat pagi hari untuk melihat sunrise. Sejatinya, memang banyak wisatawan lebih memilih datang pagi untuk mengabadikan momen sunrise di Pantai Teluk Penyu tersebut.

Destinasi wisata ini lebih ramai ketika weekend, maka dari itu cocok untuk liburan dan menikmatinya bersama keluarga. Dengan ombak yang bervolume tidak terlalu tinggi, maka cukup aman untuk kamu bermain air di tepi Pantai Teluk Penyu.

3. Pantai Kamulyan

Pantai Cilacap Pantai Kamulyan
Pantai Kamulyan, Cilacap (sumber: instagram.com/johanes_tarigan/).
LokasiTegalkatilayu, Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-03.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap8 mnt (3,1 km) lewat Jl. Kalimantan.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, toilet, dan tempat parkir.

Pantai Kamulyan terletak di Tegalkatilayu, Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Dan dapat diakses dengan menggunakan mobil atau motor, sehingga wisatawan dapat dengan mudah menempuhnya sampai ke pantai tersebut.

Jika kamu ingin menikmati tenggelamnya matahari di sore hari, maka pantai ini cocok untuk menjadi referensi kunjungan. Kata Kamulyan sendiri disebut sebagai ikon dari destinasi wisata pantai itu sendiri. Dengan spot foto yang menarik, para wisatawan yang berkunjung pun semakin betah berada di sana.

Di Pantai Kamulyan, wisatawan juga bisa melihat berbagai kapal yang berlayar dari Pulau Nusakambangan. Selain itu, melakukan jogging di sini juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Hal ini karena di Pantai Kamulyan terdapat track jalur berlari yang biasa digunakan untuk umum. Hangatnya mentari dengan Suasana pantai yang tenang akan membuat kamu semakin semangat berolahraga.

4. Pantai Karang Pandan

Pantai Cilacap Pantai Karang Pandan
Pantai Karang Pandan, Cilacap (sumber: instagram.com/yoyaku_id/).
LokasiTambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir, mushola, kamar mandi, dan penginapan.

Meskipun pantai ini mempunyai akses yang terbilang susah untuk ditempuh. Namun, kamu bisa menaiki perahu dari Pantai Teluk Penyu untuk sampai ke Pantai Karang Pandan. Hanya dengan biaya sebesar Rp30.000-Rp50.000 per orang.

Pantai Karang Pandan adalah salah satu kawasan pantai yang ada di Pulau Nusakambangan, lebih tepatnya berada di bagian timur. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk, sehingga kamu dapat secara gratis menikmati pesona pantainya yang indah.

Selain itu, di pantai ini kamu juga bisa mendatangi Benteng Karang Bolong peninggalan dari masa penjajahan. Meskipun rute yang ditempuh cukup susah, namun tidak membuat wisatawan merasa kecewa.

Sebab, di destinasi wisata ini ada berbagai spot foto keren yang bisa wisatawan gunakan sebagai latar belakangnya. Salah satunya adalah karang yang berbentuk unik dan hamparan pasir berwarna putih dengan ombak indah bergelombang.

5. Pantai Srandil

Pantai Cilacap Pantai Srandil
Pantai Srandil, Cilacap (sumber: instagram.com/insta_adipala/).
LokasiSawah,Ladang, Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap43 menit (24,2 km) lewat Jalur Gumilir – Purwokerto.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, toilet, tempat parkir, sawah, dan pemandangan gunung sekitar.

Pantai Srandil adalah salah satu pantai yang mengarah langsung ke Samudera Hindia, dengan daya tarik yang sangat memikat. Memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam dan berukuran luas, membuat para wisatawan tertarik akan pesona Pantai Srandil.

Untuk dapat masuk ke kawasan pantai, maka kamu akan dikenakan biaya Rp3.000 per orang. Selain itu, kamu juga perlu membayar biaya parkir. Di antaranya membayar mobil Rp5.000 dan motor hanya Rp2.000 saja.

Menurut penuturan warga sekitar, Pantai Srandil dinamakan seperti itu karena lokasinya yang berdampingan dengan Gunung Srandil. Bukan hanya itu saja, pohon cemara berderet yang ada di sekitar pantai menambah keindahan yang penuh pesona.

Suasana pantai yang masih asri akan terasa sangat sejuk karena pohon-pohon hijau, sehingga panorama pantai pun semakin terlihat elok.

6. Pantai Singkil Karang Pakis

Pantai Cilacap Pantai Singkil Karang Pakis
Pantai Singkil Karang Pakis, Cilacap (sumber: instagram.com/sandaladventure97/).
LokasiKarangpakis, Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap1 jam 1 menit (40,1 km) lewat Jl. Diponegoro.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, toilet, tempat parkir, dan penginapan.

Dengan pesona keindahan dan akses transportasi yang mudah, membuat pantai Singkil Karang Pakis ramai pengunjung. Pantai Singkil Karang Pakis merupakan pantai bening dengan ombak dan suasana sunset yang mampu memikat perhatian para wisatawan.

Banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini, karena Pantai Singkil Karang Pakis juga aman untuk anak-anak. Di sini juga ada Yingking Hijau yang bertelur, Jadi, kamu bisa melihat Tingking di habitat aslinya.

Wisatawan juga menjadikan pantai ini sebagai kawasan berselancar. Hal ini karena gelombang ombaknya yang memiliki tujuh ombak berurutan dengan ukuran yang besar.

Selain itu, kamu juga bisa merasakan gula kelapa yang dibuat oleh penduduk asal pantai. Jadi, kamu akan melihat bagaimana proses pembuatan gula kelapa tersebut, untuk menjadi hiburan bagi pengunjung.

Banyak wisatawan yang mengaku senang menyaksikan proses tersebut dan prosesnya pun terbilang sangat sederhana namun banyak pengetahuan yang tersaji.

7. Pantai Permisan

Pantai Cilacap Pantai Permisan
Pantai Permisan, Cilacap (sumber: instagram.com/btn_merubetiri/).
LokasiPermisan, Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, toilet, dan tempat ibadah.

Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, maka kamu harus mengaksesnya melalui pelabuhan Sodong terlebih dahulu. Dari pelabuhan Sodong, kamu bisa menggunakan kapal sebagai transportasi untuk ke Pantai Permisan.

Ketika cuaca cerah, kamu bisa menikmati laut dan langit biru yang terlihat sangat jernih. Apalagi di Pantai Permisan juga ada batu karang, sehingga menambah kesan eksotis yang penuh pesona.

Dengan pantai yang berwarna putih jernih mampu membuat wisatawan betah di sana. Karena bebas dari sampah, hal itulah yang menyebabkan pantai ini termasuk kawasan yang dibatasi.

Selain itu, Pantai ini juga memiliki sejarah yang sangat terkenal. Berkaitan dengan batu karang besar yang terdapat di Pantai Permisan, ternyata batu tersebut sangat kental akan sejarah pantai Permisan.

Meskipun terlihat aneh, batu tersebut mampu menarik perhatian wisatawan. Batu karang itu disebut sebagai Monumen Pisau Komando.

8. Pantai Kemiren

Pantai Cilacap Pantai Kemiren
Pantai Kemiren, Cilacap (sumber: instagram.com/ayyearifin/).
LokasiJl. Lingkar Selatan, Kemiren, Tegalkamulyan, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap12 menit (5,7 km) lewat Jl. Perintis Kemerdekaan/Jl. Tegal – Cilacap dan Jl. Lingkar Timur.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea parkir, tempat ibadah, penginapan, toilet umum, gazebo, wahana permainan, dan warung.

Dengan menggunakan mobil dari Cilacap, maka kamu bisa mengakses pantai yang berlokasi di Tegalkamulyan ini dengan cepat. Kamu hanya perlu menempuhnya selama 12 menit dan membayar biaya masuk Rp5.000 untuk setiap orang.

Dengan daya tarik berupa hutan yang berdaun lebat, pantai ini mampu memberikan panorama yang cocok untuk kamu kunjungi. Kamu bisa berfoto dengan menggunakan latar belakang pantai agar terlihat lebih keren.

Selain itu, bermain di tepi pantai juga bisa kamu jadikan pilihan. Pesisir di Pantai Kemiren memiliki butir pasir berwarna cerah dengan dilengkapi bentang air laut yang jernih.

Selain itu, banyak wisatawan yang tidak tahan jika tidak berenang di sana. Sebab, air laut bersih dan jernih yang bebas dari sampah menjadi daya tarik tersendiri.

9. Pantai Kalipat

Pantai Cilacap Pantai Kalipat
Pantai Kalipat, Cilacap (sumber: instagram.com/poetrawibowo/).
LokasiPulau Nusa Kambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Tambakreja, Kec. Cilacap Sel., Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSpot foto, pantai yang asri, camping ground (masih minim fasilitas).

Pantai Kalipat termasuk ke dalam kawasan Pulau Nusa Kambangan yang berlokasi di Tambakreja, Cilacap Selatan. Untuk sampai ke Pantai Kalipat, maka kamu harus menggunakan perahu sebagai media transportasi.

Meskipun buka pantai 24 jam, lain halnya dengan perahu yang akan memiliki jam operasional tertentu. Jadi pastikan untuk mengunjunginya sesuai jam operasional perahu.

Pantai berhadapan secara langsung dengan samudera Hindia, memiliki paduan biru laut dan pasir berwarna putih yang jernih. Pantai Kalipat memiliki tekstur yang berbeda dengan pantai lainnya, hal ini karena memiliki paduan pasir putih dan pasir besi.

Selain itu, di Pantai Kalipat juga ada terumbu karang yang masih sangat terjaga. Ketika air laut sedang surut, maka kamu bisa mendekati terumbu karang tersebut secara langsung. Di samping itu, kamu juga bisa melihat kepiting dan udang tersembunyi yang ada di balik terumbu karang.

10. Pantai Ketapang Indah

Pantai Cilacap Pantai Ketapang Indah
Pantai Ketapang Indah, Cilacap (sumber: instagram.com/imutpriyatin09/).
LokasiJl. Silumbu No.10, Sidaurip Kulon, Sidaurip, Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata dari kota Cilacap51 menit (35,2 km) lewat Jalur Gumilir – Purwokerto dan Jl. Diponegoro.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSpot foto, area parkir, toilet umum, dan warung makan.

Lokasi pantai ini terletak di Sidaurip, Binangun, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Kamu bisa mengaksesnya secara mudah untuk dapat menuju ke lokasi Pantai Ketapang Indah ini. Dengan biaya masuk Rp5.000 saja, maka kamu sudah bisa menikmati segala fasilitas yang tersedia.

Sepanjang tepi pantai dilengkapi pagar pohon kelapa dan berbagai tumbuhan lainnya, sehingga membuat kawasan pantai semakin terlihat memukau. Dengan gelombang ombak yang menawan, wilayah Pantai Ketapang Indah memiliki luas hingga 10 hektar.

Selain itu, di pantai ini juga terdapat aneka jajan dan kerajinan dari keran. Penduduk lokal biasanya akan berjualan kuliner seperti mendoan, urap, rempeyek, dan juga gembus. Menikmati jajan sambil berteduh di gazebo dapat membuat wisatawan menjadi semakin betah di Pantai Ketapang Indah.

Bagaimana, apakah kamu sudah menambahkan beberapa pantai di atas ke daftar kunjungan? Kamu bisa bermain air di tepi pantai dengan suasana yang penuh kenyamanan.

Jika ingin berkunjung, sesuaikan dengan waktu senggang kamu. Jadi, kamu pun bisa mengajak orang terdekat untuk melakukan quality time bersama.

Itulah beberapa destinasi wisata pantai yang indah di daerah Cilacap, kamu bisa menjadikan rekomendasi tersebut sebagai referensi tempat wisata di Cilacap. Selamat berlibur!

Previous Article

10 Wisata Pantai Terindah di Lamongan yang Lagi Hits (2022)

Next Article

Film Pendakian Gunung Terbaik

Tinggalkan komentar