10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Cirebon (2021)

Lagi nyari pantai yang cantik di sekitar Cirebon buat rekreasi di akhir pekan? Kami punya rekomendasi menarik untuk kamu. Pantai-pantai yang kami rekomendasikan punya berbagai kelebihan dari lokasi, keindahan pantai dan fasilitasnya. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Cirebon:

Ingin tahu lebih detail tentang pantai indah di sekitar Cirebon? Yuk, lanjut baca.

1. Cirebon Waterland

Pantai Cirebon Cirebon Waterland
Cirebon Waterland (sumber: instagram.com/cirebon.banget/).
LokasiJl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Jumat, 09.00-18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp50.000,00 (hari biasa). Rp65.000,00 (weekend).
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon14 menit (4,8 km) via Jl. Kesambi.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiKolam renang, penginapan, restoran kapal.

Cirebon Waterland sebetulnya berada di dekat pantai. Namun, kualitas pantai tersebut kurang bersih. Wajar saja, pantai itu memang tidak dipersiapkan sebagai objek wisata.

Namun, kamu tak perlu khawatir! Di dalam area Cirebon Waterland Ade Irma Suryani, ada begitu banyak fasilitas khas pantai yang menyenangkan. Apa saja?

Fasilitas utamanya tentu adalah kolam renang. Bukan kolam renang biasa, lho. Kolam renang yang disediakan memiliki berbagai wahana menarik. Contohnya seperti air mancur, kolam arus, ember tumpah, dan seluncuran raksasa.

Setelah berenang, paling enak memang makan. Nah, Cirebon Waterland memanjakanmu lewat restoran Cheng Ho. Apa yang menarik dari restoran ini?

Dengan bentuk yang seperti kapal, kamu dapat merasakan sensasi makan di kapal pesiar. Pemandangan yang kamu dapatkan saat makan di sana adalah pantai lepas laut Jawa. Menikmati masakan khas Indonesia sembari dibelai oleh angin pantai menciptakan sensasi yang menenangkan.

Kamu juga bisa menginap di cottage yang telah disediakan oleh Cirebon Waterland. Cottage-cottage ini menghadap ke laut dan bisa disewa mulai harga Rp500ribuan saja.

Cirebon Waterland merupakan sebuah tempat wisata lengkap yang cocok buat siapa saja. Dekat dengan mal, jalan utama, sekaligus pantai, ia memenuhi keinginan liburan bagi semua orang.

2. Pantai Kejawanan

Pantai Cirebon Pantai Kejawanan
Pantai Kejawanan, Cirebon, Jawa Barat.
LokasiPegambiran, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000,00.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon15 menit (5,9  km) via Jl. Ahmad Yani/Jl. Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiMemancing, menyewa perahu, warung makan.

Kabarnya, air di Pantai Kejawanan adalah air ajaib. Masyarakat mempercayai bahwa dengan berendam di sana, banyak penyakit bisa diobati. Selain itu, di pinggir pantai terdapat area lumpur yang dipercaya baik untuk kesehatan kulit. tulah alasan mengapa pantai ini kerap dijadikan destinasi pengobatan.

Percaya atau tidak, Pantai Kejawanan memang layak dijadikan sebagai destinasi liburan. Dibandingkan dengan beberapa pantai di Cirebon, Kejawanan jauh lebih bersih. Sehingga, banyak orang yang merasa nyaman berendam dan berenang di sana.

Sunset di Pantai Kejawanan juga sangat indah untuk dinikmati. Pemandangan matahari terbenam begitu jelas. Biasanya, wisatawan menikmati panorama tersebut sambil mencicipi makanan yang disediakan para pemilik warung.

Nah, apa lagi aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sana?

Pantai Kejawanan juga bisa dijadikan spot memancing! Biaya untuk memancing di sana juga gratis, lho. Namun, karena minimnya penyewaan, diharapkan kamu membawa alat memancing sendiri.

Di Pantai Kejawanan, kamu juga dapat menyewa perahu seharga Rp10.000,00. Betapa indahnya menikmati pemandangan di cakrawala sambil menyusuri laut utara yang tenang. Tertarik mampir?

3. Pantai Baro Gebang

Pantai Cirebon Pantai Baro Gebang
Pantai Baro Gebang, Cirebon, Jawa Barat.
LokasiGebang Mekar, Kec. Gebang, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon40 menit (25,4  km) via Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiMenyewa perahu, warung makan.

Pada tahun 2003-2004, Baro Gebang difungsikan sebagai pelabuhan. Namun, lama-kelamaan banyak orang yang datang ke sana untuk sekadar bersantai dan menikmati lautan. Akhirnya, pantai ini pun dikenal sebagai salah satu destinasi wisata.

Pemandangannya indah. Angin pantai khas Jawa sepoi-sepoi menyapu, memberikan kesejukan. Selain itu, banyak pedagang yang menjajakan makanan. Sajian ini menjadi peneman untuk menikmati cantiknya sunset.

Harga tiket masuk ke Pantai Baro Gebang sangat terjangkau. Pengunjung cukup membayar Rp1.000,00 (motor) dan Rp3.000,00 (mobil).

Atau, mau pengalaman yang lebih menarik?

Dengan merogoh kocek sebesar Rp5.000,00, per orang, kamu sudah dapat menyewa perahu. Laut jawa yang tenang sangat ideal menjadi tempat untuk berlayar dengan perahu sederhana.

4. Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang

Pantai Cirebon Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang
Wisata Zona Mangrove Kasih Sayang (sumber: kompas.id).
LokasiMundupesisir, Mundu, Cirebon, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000.00.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon16 menit (7,4  km) via Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiJembatan, spot foto.

Kasih sayang Cirebon terhadap alam ditunjukkan lewat Wisata Zona Cirebon Mangrove Kasih Sayang. Digarap sejak tahun 2010, wisata alam ini baru dibuka untuk umum pada tahun 2018.

Di kawasan wisata ini, dibangun jalan yang terbuat dari papan kayu. Tempat ini dikelilingi oleh bakau, sehingga teduh dan menjadi spot foto yang indah.

Selain ideal untuk berjalan-jalan, banyak wisatawan yang membawa sepeda mereka ke sini. Jika kamu berjalan lurus sampai ke ujung dermaga, kamu akan menemukan lautan lepas yang indah.

Duduk di pojok dermaga sambil menikmati sore adalah hal yang disenangi oleh wisatawan. Udaranya pun cukup sejuk. Sayangnya, fasilitas di sana belum matang.

Dilansir dari Radar Cirebon, per tahun 2021, pemerintah akan membenahi kawasan ini. Hmm, jika fasilitasnya sudah lengkap, pengunjung pasti akan lebih tertarik untuk pergi ke sana, bukan?

5. Pantai Randusanga

Pantai Cirebon Pantai Randusanga
Pantai Randusanga, Brebes.
LokasiRandusanga Kulon, Brebes, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.000.00.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 17 menit (80,4  km) via Jl. Margasari – Jatibarang and Jl. Tol Pejagan – Pemalang.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiBalap motor, kafe, rumah makan, pusat oleh-oleh,waterboom, kantor, gazebo.

Walaupun terletak di Brebes, tetapi banyak orang Cirebon yang datang ke Pantai Randusanga. Pasalnya, pantai ini jernih dan dapat ditempuh dalam waktu singkat. Bahkan, orang Cirebon tidak selalu harus menginap jika ingin pergi ke Brebes.

Panorama pantai begitu alami. Selain itu, fasilitas pantai ini juga lengkap, lho. Apa saja yang bisa kamu temui di sana? Ini dia:

  • Permainan anak.
  • Arena balap motor.
  • Kafe.
  • Rumah makan seafood.
  • Pusat oleh-oleh khas Brebes.
  • Kolam becak air.
  • Waterboom.
  • Pendopo.
  • Kantor.

Dari total 30 hektar lahan, sudah 10 hektar yang dikembangkan sebagai objek wisata pantai. Jadi, kamu tidak hanya bisa menikmati keindahan senja saja. Anak-anak bisa bermain dengan senang hati di sana.

Oh ya, ada satu lagi, nih, fasilitas yang bakal membuatmu lebih excited: camping ground. Kamu bisa menyewa area berkemah dan mendirikan tenda.

Berkemah di pantai ini adalah opsi terbaik untuk kamu yang tetap mau berkemah dengan aman. Apalagi, kamu juga bisa menjumpai fasilitas pendukung untuk menginap seperti musala dan toilet.

Sepanjang jalan menuju pantai dipenuhi dengan pemandangan perkebunan bawang merah yang asli. Selain telur asin, Brebes juga terkenal akan produksi bawang merah yang melimpah. Setelah sampai, kamu akan disambut dengan lahan wisata yang rapi, bersih, dengan garis pantai panjang. Wisata yang sempurna, bukan?

6. Pantai Tirtamaya

Pantai Cirebon Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya, Indramayu.
LokasiDesa Juntikedokan, Kecamatan Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Anak-anak: Rp6.000,00. Dewasa: Rp10.000,00.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 4 menit (41,5  km) via Desa Juntikedokan, Kecamatan Juntiyuat, Kabupaten Indramayu.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPerahu karet, penginapan, tempat makan.

Selain Brebes, Indramayu juga kerap menjadi destinasi wisata pilihan bagi penduduk Cirebon. Indramayu merupakan kota pesisir yang terkenal akan pantai-pantainya yang indah termasuk Pantai Tirtamaya.

Terletak sekitar 20 km dari pusat Kota Indramayu, Pantai Tirtamaya adalah destinasi favorit warga kota-kota pesisir Jawa. Dulunya, Pantai Tirtamaya memang kerap mengalami abrasi. Namun, pemerintah membangun tanggul penahan untuk mengurangi abrasi. Pantai ini pun menjadi pantai yang aman dan banyak dikunjungi orang sampai sekarang.

Ada banyak aktivitas yang disukai oleh orang-orang saat berada di sana. Yang pertama adalah berenang di pinggir pantai. Kemudian, menikmati keindahan pantai dengan perahu karet. Ada juga orang-orang yang memutuskan untuk menginap di sana, lho.

Jauh dari pantai terdapat banyak penginapan sederhana yang nyaman. Begitu senangnya para wisatawan menginap di sana. Apa alasannya?

Pada malam hari, mereka dapat mendengarkan deburan ombak. Selain itu mereka juga akan ditemani dengan langit malam Pantai Tirtamaya yang terkenal cerah dan indah. Langitnya penuh taburan bintang.

Jika kamu menginginkan liburan yang terjangkau dan juga memuaskan Pantai Tirtamaya adalah salah satu jawabannya.

7. Pantai Balongan Indah

Pantai Cirebon Pantai Balongan Indah
Pantai Balongan Indah, Indramayu (sumber: instagram.com/baachull_/).
LokasiJalan Raya Balongan, Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.00.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 18 menit (51,2  km) via Jalur Lohbener-Cirebon/Jl. Raya Cirebon – Indramayu.  
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPenginapan, tempat foto, warung makan.

Lagi-lagi, kota Indramayu menyajikan wisata pantai yang dapat melepaskan rasa penat. Jaraknya pun dekat dari pusat kota: hanya 10 km, lho!

Pantai Balongan Indah terkenal akan deburan ombaknya yang cantik. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ombak di pantai ini tidak sebesar ombak-ombak di pantai selatan pulau Jawa. Ombaknya kecil, sehingga cenderung aman bagi wisatawan untuk berenang.

Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa kamu dapatkan di sana:

  • Area parkir.
  • Toilet.
  • Tempat makan.
  • Penginapan.
  • Musala.
  • Spot foto.

Waktu terbaik untuk mengunjungi pantai Balongan indah adalah pada pagi hari dan juga sore hari. Pada dua waktu itu ombak tidak terlalu besar. Udaranya pun sejuk, pemandangan langitnya juga indah sebagai latar belakang foto.

Bagi kamu yang ingin menginap, ada beberapa pilihan penginapan pinggir pantai dengan harga terjangkau. Harga sewa per malamnya sekitar Rp150.000,00 hingga Rp250.000,00 saja

8. Pantai Junti

Pantai Cirebon Pantai Junti
Pantai Junti, Indramayu (sumber: instagram.com/cincinung/).
LokasiJuntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 20 menit (40,7  km) via Jalur Lohbener-Cirebon/Jl. Raya Cirebon – Indramayu.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiIkan bakar, tempat foto.

Pantai Junti merupakan pantai favorit anak muda di Indramayu dan sekitarnya. Apa yang menarik dari pantai ini?

Rupanya, Pantai Junti memiliki banyak spot foto menarik. Terdapat jembatan yang dihiasi oleh bunga, simbol hati yang besar, serta ayunan di pinggir pantai.

Ada banyak anak muda yang bermain di sana pada akhir minggu. Mereka kerap berenang, duduk-duduk, atau mengambil foto. Salah satu waktu berfoto terbaik adalah pada saat senja. Kecantikan langit merah merona dan hiasan bunga-bunga membuatmu seperti berada di tempat wisata yang mewah.

Pantai Junti sendiri diurus oleh karang taruna desa setempat. Dengan biaya yang minim, sebetulnya fasilitas di Pantai Junti ini sudah sangat lumayan. Kondisi pantai pun rapi dan minim sampah. Kamu akan senang pergi ke sana bersama teman-teman.

9. Pantai Pasir Putih Losari

Pantai Cirebon Pantai Pasir Putih Losari
Pantai Pasir Putih Losari, Brebes.
LokasiSawah,Ladang,Tamak, Karangdempel, Kec. Losari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.(Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon1 jam 14 menit (42,8 km) via Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWisata bakau.

Kembali lagi ke Brebes, terdapat satu lagi wisata pantai yang layak kamu kunjungi. Seperti beberapa pantai di Brebes lainnya, di pantai ini juga terdapat bakau.

Fasilitas di pantai pasir putih Losari memang tidak sebanyak pantai-pantai lainnya. Namun, itu tidak menjadi alasan bagimu untuk tidak mendatangi pantai ini.

Tidak semua orang ingin menikmati fasilitas buatan di pantai, bukan? Jika kamu hanya ingin bersantai di pantai yang bersih dengan pasir putih,  tempat inilah jawabannya.

Debur ombak begitu nyata terdengar di sini. Kamu pun juga bisa berenang di lautnya yang tenang. Selain itu kamu juga dapat berfoto-foto di dekat bakau. Sederhana, tetapi indah.

10. Pulau Biawak (Pulau Rakit)

Pantai Cirebon Pulau Biawak Pulau Rakit
Pulau Biawak, Indramayu.
LokasiKepulauan Biawak, Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000.00.
Estimasi waktu tempuh dari kota Cirebon16 menit (7,4  km) via Jl. Raya Pantura.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiJembatan, spot foto.

Pulau Biawak awalnya dikenal dengan nama Pulau Rakit. Namun, karena banyaknya biawak yang mencari makan di tepi pantai, pulau ini akhirnya dinamakan sebagai Pulau Biawak.

Untuk mencapai pulau ini, dari Pelabuhan Karangsong kamu bisa menggunakan perahu. Waktu tempuhnya selama 3 sampai 4 jam.

Ingin lebih cepat? Kamu bisa menggunakan perahu dari dinas pemerintah setempat melalui Pantai Tirtamaya. Waktu tempuhnya hanya sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Pulau Biawak memberikan keindahan pemandangan dan keasrian alam yang tiada duanya. Di sana, ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan. Para wisatawan biasanya senang berenang di airnya yang jernih. Terumbu-terumbu karang pun juga tampak di sana.

Hal-hal lain yang disukai wisatawan di sana adalah memancing dan berfoto dekat hutan bakau. Pergi liburan di Pantai Biawak akan asyik jika dilakukan bersama teman atau keluarga dalam jumlah besar. Bersenang-senanglah di pulau yang tenang, makan ikan bakar di pinggir pantai, dan rekam memori terindah.

Itulah beberapa wisata pantai di sekitar Cirebon yang layak menjadi destinasi wisata. Nah, apakah kamu sedang merasa jenuh dengan aktivitasmu? Ingin menyegarkan pikiran dan kembali ke alam luas? Segera pergi ke Cirebon dan sekitarnya. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, dan temukan petualangan air yang menyenangkan dan membuat semangatmu kembali!

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Indramayu (2021) »

Previous Article

10 Pantai Terindah di Bengkulu yang Lagi Hits (2021)

Next Article

Cara BAB di Gunung

Tinggalkan komentar