10 Rekomendasi Pantai Terindah di Jawa Barat (2022)

Jawa Barat merupakan provinsi di Indonesia yang memiliki segudang potensi wisata. Salah satunya wisata pantai yang tak kalah menarik dari pantai-pantai di pulau Bali. Beberapa di antaranya adalah tempat cukup populer.

Berbagai aktivitas juga bisa kamu lakukan di pantai Jawa Barat, mulai dari berenang, berselancar hingga kulineran. Lalu, di mana saja pantai terindah di Jawa Barat yang bisa dijelajahi? Kami telah merangkumnya, khusus untuk kamu. Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Jawa Barat:

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Santolo, Garut

Pantai Di Jawa Barat Pantai Santolo Garut
Pantai Santolo, Garut (sumber: instagram.com/hwgvnte/).
LokasiPamalayan, Cikelet, Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang
Rute menuju tempat wisata dari Garut3 jam 29 menit (104.2 km) via Jl. Raya Cisompet
Obyek wisata di sekitar pantaiJembatan gantung

Pantai ini primadona dan sering disebut sebagai hidden paradise di selatan kota Garut. Lokasinya berjarak sekitar 100 kilometer dari pusat kota. Daya tarik pantai menawarkan panorama menakjubkan dan biota laut yang indah.

Keindahan Santolo terlihat dari air laut tampak biru dari atas perbukitan dan kumpulan batu-batu besar. Pantai yang landai menawan dengan hamparan pasir putih lembut. Sebagai tujuan wisata, Santolo menghadirkan beragam aktivitas yang bisa dilakukan.

  • Wisata perahu

Saat cuaca cerah dan ombak yang tenang, kamu bisa berkeliling pulau dengan menaiki perahu sewaan. Pemilik perahu akan menemani menjelajahi perairan, menikmati keindahan panorama lautan dari atas perahu.

  • Bermain banana boat

Pasir putih dan air yang jernih pastinya menyenangkan bermain air dan pasir. Ingin yang lebih menantang, kamu bisa mencoba banana boat. Wahana ini disewakan dan bisa digunakan hingga 5 orang. Jadi, bisa menambah keseruan bermain bersama keluarga maupun sahabat.

  • Berfoto di jembatan gantung

Wahana jembatan gantung yang menghubungkan Pulau Santolo dengan Pulau Curugan sangat populer di kalangan wisatawan. Selain cukup menantang ketika melewatinya, berfoto di jembatan gantung ini juga sangat menarik.

  • Wisata kuliner

Karena menjadi pelabuhan perikanan, di Santolo menjamur tempat makan seafood dengan harga murah. Kamu bisa menikmati hidangan seafood seperti ikan, cumi-cumi, udang hingga gurita yang segar dengan sajian yang sederhana.

2. Pantai Karang Hawu, Sukabumi

Pantai Di Jawa Barat Pantai Karang Hawu Sukabumi
Pantai Karang Hawu, Sukabumi: instagram.com/tofa_ibrohim76/).
LokasiDesa Caringin, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 30 menit (83.2 km) via Jl. Raya Cikidang – Pamuruyan
Obyek wisata di sekitar pantaiBatuan karang yang indah

Bila sedang mengunjungi Pelabuhan Ratu, sempatkan mampir ke Karang Hawu. Salah satu pantai favorit bagi wisatawan di Sukabumi. Pantai ini punya keistimewaan yang membedakan dengan pantai lainnya yakni panorama tebing karang yang menjorok ke laut lepas.

Banyak cekungan di bagian bawah karang yang membentuk seperti tungku atau hawu dalam bahasa Sunda. Air pantainya jernih, udaranya sejuk, serta hamparan pasir lembut di sepanjang 4 km garis pantainya. Deburan suara ombak menghantam tebing menjadi alunan indah pemecah kesunyian.

Sama seperti pantai lainnya yang terletak di Laut Selatan Jawa, Karang Hawu juga menyimpan cerita mistis melegenda. Konon, lokasi pantai Karang Hawu adalah tempat singgasana Nyi Roro Kidul. Namun, panorama yang indah di sini tetap menarik banyak orang untuk datang meskipun memiliki cerita mistis.

Suasananya yang nyaman bikin betah melakukan aktivitas di sini. Bersantai menghirup udara segar ditemani es kelapa muda, berjalan-jalan tanpa alas kaki menyusuri pantai, berenang di tepian dan memancing. Ombak di pantai ini juga cukup tinggi, jadi sangat mendukung bagi yang hobi berselancar.

Tertarik berkunjung ke sini? Akses menuju lokasi sangat mudah. Berjarak sekitar 73 km dari pusat kota yang dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika menggunakan angkutan umum berangkat dari terminal Pelabuhan Ratu sejauh 14 km dengan waktu perjalanan sekitar 20 menit.

3. Pantai Pangandaran, Pangandaran

Pantai Di Jawa Barat Pantai Pangandaran Pangandaran
Pantai Pangandaran, Pangandaran (sumber: instagram.com/jabargram/).
LokasiPananjung, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00-21.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang
Rute menuju tempat wisata4 jam 56 menit (190.5 km) via Jl. Nanggeleng – Cirahayu
Obyek wisata di sekitar pantaiCagar alam Pangandaran

Pangandaran adalah salah satu destinasi terbaik di Jawa Barat yang populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Obyek wisata di pantai selatan Jawa ini memiliki pesona keindahan pantai pasir hitam dan pantai pasir putih. Panorama ombak tenang serta pemandangan spektakuler matahari tenggelam di sore hari.

Pergi ke pantai Pangandaran cukup mudah. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum dari luar kota, seperti Jakarta dan Bandung. Ada banyak wahana menarik di pantai Pangandaran yang membuat kamu nyaman untuk menghabiskan waktu liburan.

  • Bermain wahana air

Kamu bisa seru-seruan bersama teman-teman dengan menyewa banana boat (perahu pisang) atau donut boat (perahu donut). Keduanya sama di tarik oleh perahu motor dengan kecepatan tinggi. Bedanya, kalau perahu pisang ada sensasi di buat jatuh ke laut, sedangkan perahu donut tidak akan di buat terjatuh.

  • Snorkeling

Menyenangkan bisa melihat terumbu karang dan berenang dengan ikan. Siapkan remah-remah roti sebelum mulai snorkeling.  Sebab ikan-ikan tidak akan datang jika tidak ada makanan.

  • Bersepeda

Berbagai jenis sepeda ditawarkan buat kamu yang ingin berkeliling kawasan pantai. Mulai dari sepeda standar hingga sepeda tandem yang bisa muat 2-3 orang.

  • Cagar alam Pangandaran

Di dalam cagar alam ini dapat dijumpai beragam flora dan fauna. Terdapat juga beberapa gua alam dan gua buatan Jepang (bunker) pada masa perang dunia kedua.

4. Pantai Sayang Heulang, Garut

Pantai Di Jawa Barat Pantai Sayang Heulang Garut
Pantai Sayang Heulang, Garut (sumber: instagram.com/berkelanagarut/).
LokasiCijambe, Cikelet, Garut. Jawa Barat. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata4 jam 16 menit (125.8 km) via Jl. Raya Cisompet
Obyek wisata di sekitar pantaiJembatan gantung

Pantai ini tidak hanya memiliki keindahan yang memukau, tetapi juga memberikan pengalaman tersendiri bagi pengunjung karena rutenya yang menantang. Pasalnya, wisatawan harus melewati perbukitan dan jalan yang berkelok-kelok untuk sampai di lokasi.

Terletak di pedesaan Mancagahar yang berjarak 88 km dari pusat kota Garut, pantai Sayang Heulang mudah diakses transportasi. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk sampai ke pantai tersebut.

Pantai Sayang Heulang memiliki pemandangan yang sangat megah. Pasir putih kecokelatan dan lautan luas berpadu dengan perbukitan hijau yang luar biasa memikat setiap orang. Yang unik dari Sayang Heulang adalah memiliki 2 jenis pantai.

Di sini akan menemukan pantai karang dan pantai tanpa karang. Saat air surut, kamu bisa bermain dan melihat makhluk laut di karang. Air lautnya sangat bersih sehingga bisa melihat banyak karang yang indah.

Satu hal yang menjadi fitur unik di sini yaitu adanya jembatan gantung yang menjadi spot fotografi wisatawan. Jangan khawatir. Meski angin kencang, jembatan ini aman untuk diseberangi. Di sini juga salah satu tempat terbaik melihat matahari terbit dan terbenam. Mengambil foto adalah keharusan! Ada banyak fotografer yang mengabadikan momen sunrise dan sunset yang menakjubkan di sini.

Bagi para petualang, pantai Sayang Heulang juga menyediakan camping ground dan fishing site. Namun, kamu perlu membawa sendiri tenda dan peralatan lainnya, karena tidak ada fasilitas terdekat yang menyediakannya.

5. Pantai Madasari, Pangandaran

Pantai Di Jawa Barat Pantai Madasari Pangandaran
Pantai Madasari, Pangandaran (sumber: instagram.com/pantaimadasaripangandaran/).
LokasiJln. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.500/pejalan kaki, Rp7.000/motor, Rp25.000/mobil
Rute menuju tempat wisata2 jam 46 menit (85.5km) via Jl. Sidangsari
Obyek wisata di sekitar pantaiPantai Batukara, body rafting Green Canyon, Wisata Citumang. Pantai Batu Hiu

Pantai Madasari di Jawa Barat mungkin tidak sepopuler pantai Pangandaran. Namun pantai yang terletak di Desa Masawah ini memiliki keindahan tersendiri. Pantai ini begitu eksotis sehingga wisatawan dan penduduk lokal menyebutnya “Pantai Kuta dari Jawa Barat”.

Terletak sekitar 30 km atau satu jam dari pantai Pangandaran dan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi. Pantai ini tidak dilalui oleh angkutan umum, sehingga jika ingin mengunjungi pantai harus membawa kendaraan pribadi.

Pantai Madasari memiliki panorama pantai sangat indah. Hamparan pasir terbentang luas di tambah dengan keberadaan terumbu karang besar yang mempercantik pesonanya. Ada 6 batu karang besar yang jadi fitur uniknya. Semua batunya ditumbuhi beberapa pohon dan semak-semak di atasnya.

Suasana pantai Madasari yang tenang dan damai seolah mengajak kamu melupakan segala rutinitas sehari-hari. Selain bersantai menikmati indahnya pemandangan pantai, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas di pantai ini seperti:

  • Bermain air di tepi pantai.
  • Berburu fotografi.
  • Menikmati sunrise dan sunset Samudera Hindia.
  • Berselancar.
  • Berkemah di camping ground.

Meski bentuk pantainya landai, namun laut di sekitar pantai memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga di larang untuk berenang di laut. Begitu pun jika kamu ingin melihat panorama pantai Mandasari dari atas bukit. Sangat disarankan menggunakan sepatu yang nyaman saat mendaki bukit.

6. Pantai Jayanti, Cianjur

Pantai Di Jawa Barat Pantai Jayanti Cianjur
Pantai Jayanti, Cianjur (sumber: instagram.com/explore_cianjurselatan/).
LokasiJl. Pantai Jayanti, Cidamar, Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/motor, Rp15.000/mobil
Rute menuju tempat wisata3 jam 32 menit (110.1 km) via Jl. Ciwidey-Cidaun
Obyek wisata di sekitar pantaiBatu pemecah ombak

Pantai indah di Cianjur ini punya pesona alam yang masih alami menyatu dengan kearifan lokal. Membentang dari Cisela di sebelah timur hingga Cipakis di sebelah barat. Uniknya, di bagian timur merupakan pantai berbatu. Sedangkan, pantai bagian barat berpasir dan landai.

Hamparan pasirnya indah berwarna hitam. Berbatuan karang menghiasi pantai. Jayanti juga memiliki ombak besar khas pantai selatan. Sehingga tidak aman untuk berenang di laut. Meski begitu, ada berbagai aktivitas asyik yang bisa kamu lakukan untuk menghabiskan waktu tamasya di pantai ini.

  • Jelajahi lautan.

Sebagai dermaga berlabuhnya kapal nelayan lokal. Ada banyak perahu yang bisa di sewa untuk berlayar ke tengah laut, bagi kamu yang ingin menjelajahi lautan pantai selatan.

  • Memancing.

Paling asyik mancing ikan di pantai. Belum puas dengan hasil pancingan, bisa sewa kapal untuk ke spot memancing yang lebih jauh.

  • Belanja ikan segar.

Menariknya di sini ada tempat pelelangan ikan dan kios-kios eceran. Kamu bisa pilih dan beli langsung beragam ikan segar untuk oleh-oleh pulang.

  • Wisata kuliner.

Banyak lapak jajanan nasi yang menyediakan ikan bakar sesuai pesanan. Makanannya sangat enak, karena ikannya fresh yang di bawa langsung dari nelayan.

  • Berburu foto.

Ada sebuah menara yang menjadi spot foto favorit. Pengunjung yang datang kebanyakan ingin naik ke  atas menara untuk berfoto pemandangan luas lautan. 

7. Pantai Sedari, Karawang

Pantai Di Jawa Barat Pantai Sedari Karawang
Pantai Sedari, Karawang.
LokasiSedari, Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 46 menit (87.2 km) via Jl. Raya Batujaya
Obyek wisata di sekitar pantaiHutan mangrove

Sejauh mata memandang hamparan pantai Sedari berpasir coklat yang lembut. Pantainya bersih dan landai, air lautnya jernih, serta ombak cukup tenang. Menjadi area bermain nyaman dan aman bagi pengunjung. Wisatawan leluasa bermain karena tiada berbatuan karang di sepanjang pantai.  Ada banyak kegiatan di pantai ini yang bikin betah berlama-lama.

  • Berkuda.

Menikmati pemandangan dengan menunggangi kuda sewaan menyusuri sepanjang tepian pantai yang di tuntun oleh seorang pawang kuda.

  • Berenang dan bermain pasir.

Anak-anak paling senang bermain air di pantai. Tersedia pelampung berbagai bentuk yang disewakan untuk wisatawan. Diselingi dengan membuat bangunan dari pasir jadi tambah asyik bermain.

  • Kuliner khas laut.

Wajib rasanya ke pantai mencicipi masakan khas laut yang ada. Di sini berjajar warung-warung makan dengan beragam olahan laut, dan yang paling banyak diminati adalah menu ikan bakar.

  • Naik perahu susuri sungai.

Mengarungi sungai di sepanjang hutan mangrove dengan menyewa perahu nelayan setempat. Pesona pepohonan lebat dan jika beruntung dapat bertemu dengan satwa khas bakau yang melintas.

Pantai Sedari adalah destinasi wisata eksotis yang ada di Karawang. Tidak hanya panoramanya yang masih alami, tetapi juga daya tarik hutan mangrove yang dimiliki. Untuk menuju lokasi harus ditempuh dengan kendaraan pribadi, belum ada layanan angkutan umum. Berjarak 54 km dari pusat kota Karawang dengan waktu sekitar 2 jam berkendara.

8. Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya

Pantai Di Jawa Barat Pantai Karang Tawulan Tasikmalaya
Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/asep_virdaus/).
LokasiCimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 40 menit (93.0 km) via Jl. Setiawangi
Obyek wisata di sekitar pantaiGoa Parat

Jika mengunjungi pantai Pangadaran, tidak ada salahnya mampir untuk beristirahat di Karang Tawulan. Lokasinya tidak jauh, sekitar 71 km dengan menempuh perjalanan 1,5 jam. Obyek wisata kebanggaan Tasikmalaya ini tergolong masih perawan dan belum banyak diketahui oleh masyarakat umum. 

Eksotis dan alami menggambarkan panorama Karang Tawulan. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan pulau karang menjulang tinggi di hempas ombak laut selatan diiringi suara gemuruhnya.

Pantai ini belum banyak dieksplorasi, sehingga ada banyak kesempatan untuk menjelajahi keindahannya. Inilah daya tarik Karang Tawulan yang dapat kamu temukan.

  • Pesona tebing unik.

Karang Tawulan memiliki tebing yang menjorok ke tengah laut dengan pasir pantai di kiri dan kanan tebing. Pantainya cenderung landai sehingga pengunjung bisa turun bermain pasir pantai.

  • Pulau Nusa Manuk.

Di pantai ini terdapat pulau kecil bernama Nusa Manuk. Letaknya agak jauh ke laut. Pulau ini biasanya dijadikan sebagai sarang burung camar pada waktu-waktu tertentu.

  • Sunset menawan.

Keindahan sunset di pantai ini dihiasi oleh sekawanan burung camar yang terbang kembali ke sarangnya di pulau. Jika udara cerah, bisa melihat matahari tenggelam di balik punggung pulau Nusa Manuk.

  • Spot foto instagramable

Setiap sudut dan kejadian alam di pantai ini seolah tak ingin lepas dari jepretan kamera. Spot foto paling menarik adalah panorama sunset Karang Tawulan. Spot paling hits adalah gardu pandang dan bukit hijau tak jauh dari pantai.

9. Pantai Tirtamaya, Indramayu

Pantai Di Jawa Barat Pantai Tirtamaya Indramayu
Pantai Tirtamaya, Indramayu (sumber: instagram.com/15yuhana/).
LokasiJuntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp12.000/orang
Rute menuju tempat wisata1 jam 1 menit (41.8 km) via Jalur Lohbener-Cirebon
Obyek wisata di sekitar pantaiMuseum perahu kuno

Jika berkunjung ke pantai utara Pulau Jawa, pantai Tirtamaya bisa menjadi pilihan berekreasi. Dengan deburan ombak yang khas, obyek wisata pantai di Indramayu ini banyak dikunjungi wisatawan. Berjarak 14 km dari pusat kota yang bisa dicapai dalam waktu 15 menit berkendara.

Pantai Tirtamaya menawarkan keindahan tiada duanya. Suara deburan ombak tenang dan semilir angin yang hangat. Bentangan pasir pantainya berwarna coklat tua bahkan cenderung hitam. Pepohonan berjejer di tepian memberikan kesejukan dan peneduh dari teriknya matahari.

Tiada karang menghalangi garis pantainya yang panjang, menjadi area bermain luas bagi wisatawan. Kamu dapat membawa perlengkapan piknik untuk mendapatkan lebih pengalaman wisata di sini. Melakukan kegiatan menyenangkan di pantai guna menghilangkan stres dari rutinitas.

  • Rebahan di bawah pohon

Menggelar tikar rebahan di atas pasir. Bersantai di bawah pohon mendengarkan ombak dan merasakan embusan angin membuat tubuh menjadi rileks dan tenang.

  • Berenang di pantai

Dengan ombak yang tidak tinggi dan air lautnya jernih, pantai ini aman untuk bermain dan berenang, khususnya bagi anak-anak.

  • Berlayar di lautan

Di sini tersedia perahu sewaan yang siap mengantarkan wisatawan mengarungi lautan.

  • Hunting foto.

Keindahan pantai ini menjadi tempat yang sempurna bagi para fotografer untuk mengambil photo. Apalagi berbagai spot instagramable dihadirkan di sini. Di antaranya, spot ikon bertuliskan “Tirtamaya” berlatar panorama lautan luas dan spot tempat duduk bambu.

10. Pantai Patimban, Subang

Pantai Di Jawa Barat Pantai Patimban Subang
Pantai Patimban, Subang (sumber: instagram.com/jeniwellma/).
LokasiDusun Patimban, Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata2 jam 24 menit (117.0 km) via Jl. Raya Pantura
Obyek wisata di sekitar pantaiSky boat, spot memancing

Bila datang ke Kabupaten Subang, jangan lupa mengunjungi pantai indah bernama Kelapa Patimban. Karena popularitasnya, pantai ini selalu mendapat pengunjung tanpa memandang waktu termasuk hari kerja dan hari libur. Berjarak sekitar 57 km atau 1.5 jam perjalanan dari pusat kota Subang.

Pantai ini menawarkan pemandangan laut yang megah dan ombak yang sedang. Angin bertiup dengan nyaman dan pasirnya berwarna merah. Warna pasirnya yang eksotis membuat Kelapa Patimban lebih unik dari yang lain tentunya. Pasir pantainya pun lembut, sehingga tidak khawatir akan merusak kulit.

Seperti namanya, pantai ini memiliki pohon kelapa yang indah dan tumbuh di dekat garis pantai. Keberadaan pepohonan yang rimbun, kamu bisa duduk santai di bawah pohon sambil menyaksikan pemandangan laut yang menakjubkan.

Nuansa Pantai Patimban menenangkan. Satu kekurangannya adalah pantai ini belum memiliki fasilitas wahana yang lengkap. Sehingga wisatawan tidak dapat menyewa alat snorkeling, pancing, pelampung, dan lainnya. Meski fasilitasnya kurang, banyak kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Menikmati jalan-jalan pantai
  • Bermain pasir-pasiran di bibir pantai
  • Bermain voli pantai
  • Berkeliling pantai dengan sky boat sewaan.
  • Memancing ikan
  • Barbeque ikan di pantai plus minumannya air kelapa segar.
  • Hunting fotografi sunrise dan sunset

Pantai Patimban memang cocok untuk menghilangkan stres dari rutinitas sehari-hari. Meski datang sendirian, kamu tetap bisa menjelajahi pantai ini dengan nyaman.

Itulah 10 pantai terindah di Jawa Barat yang populer di kalangan wisatawan. Ke semuanya merupakan rekomendasi destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat hari libur tiba. Jangan lupa untuk mengajak semua keluarga agar liburan yang kamu lakukan semakin berkesan. Selamat berlibur.

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Pantai Terindah di Jawa Tengah (2022) »

Previous Article

10 Pantai Terindah di Cianjur yang Lagi Hits (2022)

Next Article

Gunung Paling Indah di Indonesia

Tinggalkan komentar