10 Rekomendasi Pantai Terindah di Jawa Tengah (2021)

Jawa Tengah adalah rumah bagi pantai-pantai yang indah. Baik di pesisir utara maupun pesisir selatan, terdapat wisata pantai yang cantik dan memesona. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang mengesankan.

Selain bentang alamnya yang indah, pantai di Jawa Tengah juga kental dengan sentuhan budaya lokal yang filosofis. Penduduk di sekitar pantai juga ramah-ramah.

Tertarik untuk berwisata ke pantai-pantai di Jawa Tengah? Biar kamu nggak salah pilih pantai, kami sudah buatkan rekomendasi pantai terbaik untuk kamu. Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Jawa Tengah:

Ingin tahu lebih lanjut? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Karang Jahe, Rembang

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Karang Jahe Rembang
Pantai Karang Jahe, Rembang (sumber: instagram.com/wisata_rembang/).
LokasiJl. Pantai Karang Jahe, Jetakbelah, Punjulharjo, Kec. Rembang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Selasa, Kamis-Jumat, Minggu: 08.00-15.00 WIB Rabu: 08.00-15.09 WIB Sabtu: 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp5.000,00
Parkir mobil: Rp10.000,00
Parkir Elf: Rp15.000,00
Parkir bus sedang: Rp25.000,00
Parkir bus besar: Rp50.000,00
Rute menuju tempat wisataDari pusat kota Rembang, 15 min (9.8 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang
Obyek wisata di sekitar pantaiATV, kolam renang bola

Pantai Karang jahe Rembang adalah salah satu spot wisata yang cocok untuk keluarga. Ada begitu banyak aktivitas rekreasional yang bisa kamu lakukan di sana, lho. Apa saja? Ini dia:

  • Berenang dengan pelampung.
  • Naik ATV menyusuri bibir pantai.
  • Menyelam sambil melihat terumbu karang.
  • Main di kolam renang bola.

Terdapat pohon-pohon rindang yang berjejer di pinggir pantai. Wisatawan suka menggelar tikar dan duduk di bawah rindang pepohonan tersebut sambil menikmati pemandangan laut lepas. Sering kali terdapat kapal-kapal nelayan yang melaut di sana, sehingga suasana pantai semakin hidup dan ramai.

2. Pantai Marina, Semarang

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Marina Semarang
Pantai Marina, Semarang (sumber: instagram.com/iketialarasati/).
LokasiTawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaHari Senin (tutup kecuali pada tanggal merah)
Hari Selasa sampai Sabtu – 06.00 – 18.00 WIB ·
Hari Minggu/Besar – 05.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisataDari pusat Semarang, 30 menit (15.6 km) via Jl. Tol Tanjungmas-Srondol and Jl. Raya Pantura
Obyek wisata di sekitar pantaiTempat makan, payung-payung.

Daerah pinggir laut di Semarang bukan hanya dimanfaatkan untuk aktivitas pelabuhan, lho. Di sana, Semarang juga menyediakan destinasi wisata bernama Pantai Marina.

Kendati suhu udara di sana cukup tinggi, tetapi bukan berarti pantainya tidak nyaman untuk berwisata. Bagian pinggir pantai cukup rapi dengan paving block dan payung-payung yang dapat digunakan untuk duduk-duduk santai.

Aktivitas rekreasional yang disediakan oleh partai ini memang tidak terlalu banyak. Namun, kelebihan dari Pantai Marina adalah lokasi yang strategis. Pantai Marina berlokasi tidak jauh dari pusat kota Semarang dan restoran-restoran yang menarik.

Salah satu restoran seafood terkenal yang berada di kawasan Pantai Marina adalah Pondok Daun. Restoran mewah ini memiliki konsep gazebo dengan pilihan makanan laut yang begitu beragam dan lengkap.

Biasanya, restoran ini dipakai untuk jamuan makan resmi, dinner romantis ,atau untuk pesta kecil-kecilan. Tertarik untuk berwisata ke pantai Marina Semarang? Yuk, segera agendakan pada liburan mendatang.

3. Pantai Kartini, Jepara

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Kartini Jepara
Pantai Kartini, Jepara (sumber: instagram.com/jeparauptodate/).
LokasiRw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Hari biasa: Rp5.000,00
Hari libur: Rp7.000,00 (Harga tiket masuk Kura-Kura Ocean Park Rp12.500 pada hari biasa dan Rp17.500,00 pada hari libur),
Rute menuju tempat wisataDari pusat Jepara, 12 menit (5 km) melalui Jl. Gudang Sawo
Obyek wisata di sekitar pantaiKura-kura Ocean Park, waterboom, komedi putar, taman catur

Apabila kamu berkesempatan pergi ke Jepara, wajib buatmu menyambangi Pantai Kartini. Pantai ini merupakan salah satu bentuk penghargaan pemerintah kota terhadap pahlawan emansipasi Indonesia, Ibu Kita Kartini, yang berasal dari Jepara.

Namun, bukan hanya namanya saja yang indah. Pantai ini memang memiliki sarana wisata yang begitu lengkap, lho.

Dari bibir pantai menuju ke laut, terdapat jembatan yang terhubung dengan gazebo. Dari gazebo tersebut, kamu bisa langsung melihat keindahan lautan dan ikan-ikan yang berenang di permukaan.

Masih ada begitu banyak sarana rekreasional yang disediakan Pantai Kartini. Misalnya, seperti panggung hiburan, waterboom, komedi putar, taman catur, dan tentu saja Kura-Kura Ocean Park.

Gedung yang berbentuk seperti kura-kura raksasa ini merupakan museum tempat di mana pengunjung bisa belajar mengenai keberagaman ekosistem lautan yang ada di Indonesia.

Di dalamnya, terdapat toko oleh-oleh dan juga lorong akuarium raksasa yang membuatmu seperti berada di bawah laut.

Menaiki lantai 2, kamu dapat menemukan Jepara Sains Park. Tempat ini pastinya bakal bikin anak-anak betah dan tidak mau pulang.

Soalnya, ada begitu banyak wahana edukasi ajaib seperti simulator pesawat terbang dan tentu saja IMAX DEEP SEA 3D! Wahana ini membuat pengunjung merasa bertualang di laut!

Wisata keluarga di Jepara tentunya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi Pantai Kartini. Baik anak-anak mau pun orang dewasa pastinya akan merasa senang di sana. Karena, Pantai Kartini memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan dan juga menambah khazanah pengetahuan kelautan.

4. Pantai Alam Indah, Tegal

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Alam Indah Tegal
Pantai Alam Indah, Tegal (sumber: instagram.com/lifatul_/).
LokasiMintaragen, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 06.00-10.00 WIB (tutup dan buka lagi pada jam 16.00 WIB – 20.00 WIB)
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisataDari Tegal 15 menit (5,3 km) melalui Jl. Kapten Sudibyo
Obyek wisata di sekitar pantaiTempat makan, waterboom

Banyak yang bilang bahwa belum benar-benar ke Tegal kalau tidak mengunjungi Pantai Alam Indah.

Namanya memang merepresentasikan apa yang akan kamu lihat di pantai ini. Bentang alamnya memang indah dan juga menawan. Lautnya pun relatif aman untuk berenang. Hiasan buih ombak memecah batuan di bibir pantai –memberikan sebuah pemandangan yang menyejukkan hati.

Pantai Alam Indah begitu cantik ketika senja tiba. Cahaya matahari terbenam menyulap lautan menjadi berwarna oranye kemerahan. Warna itu membuat lautan terlihat temaram sekaligus mewah.

Memasuki malam hari, di bagian pantai kelap-kelip lampu warung mulai terlihat. Di sanalah tempat di mana para penjual menjajakan hasil tangkapan laut yang segar.

Oleh para nelayan, sebagian hasil tangkapan laut dijual langsung ke pasar dan sebagian yang lainnya diolah khusus untuk para wisatawan.

Jika kamu berwisata ke sana sambil membawa anak-anak, kamu bisa mampir ke destinasi wisata waterboom yang berada tak jauh dari sana.

Waterboom menyediakan kolam ember tumpah yang seru dan juga memberikan kenangan liburan tak terlupakan untuk anak-anak.

Bagaimana? Apakah kamu ingin penasaran dengan keindahan Pantai Alam Indah? Datang sendiri dan rasakan keelokannya.

5. Pantai Sodong, Cilacap

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Sodong Cilacap
Pantai Sodong, Cilacap (sumber: instagram.com/jessicaaraa_/).
LokasiJl. Laut, Sawah,Ladang, Karangbenda, Kec. Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.500,00
Rute menuju tempat wisataDari Cilacap, 1 jam 18 menit (45,8 km) melalui Jl. Raya Kawunganten
Obyek wisata di sekitar pantaiPemandangan tebing, pohon rindang, warung

Pada bagian selatan, kota Cilacap berbatasan dengan langsung dengan Samudra Hindia. Itulah alasan mengapa ada banyak pantai yang menarik di sini, salah satunya adalah Pantai Sodong Cilacap.

Pantai Sodong Cilacap dikelilingi oleh tebing-tebing Gunung Selok yang membuatnya terlihat megah. Kemegahan itu disempurnakan dengan suara gemuruh dan  gulungan ombak yang besar.

Mengingat pantai ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, ombaknya pun besar. Sehingga, Pantai Sodong memang tidak cocok digunakan untuk berenang atau melakukan aktivitas rekreasional.

Untuk itu, di pantai ini pengunjung lebih suka duduk-duduk di bawah rindangnya pohon sambil menggelar tikar.

Walaupun tidak terlalu banyak aktivitas rekreasional yang bisa dilakukan oleh pengunjung, tetapi pantai ini tetap menjadi salah satu pantai favorit wisatawan. Nuansa alami dan juga udara yang sejuk membuat pantai ini ideal dijadikan tempat untuk bersantai.

6. Pantai Jatimalang, Purworejo

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Jatimalang Purworejo
Pantai Jatimalang, Purworejo (sumber: instagram.com/dytaputris/).
LokasiDesa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisataDari pusat Purworejo, 36 menit (23,1 km) melalui Jl. Nasional III
Obyek wisata di sekitar pantaiPemancingan Pondok Ndeso, Warung Seafood Yu War, kolam terpal, ATV, taman Dewa Ruci

Pantai-pantai yang ada di Purworejo memang masih satu deretan dengan pantai-pantai yang ada di Yogyakarta. Sehingga, apabila kamu sedang merencanakan wisata pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta, tidak ada salahnya mengunjungi Purworejo.

Salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi adalah Pantai Jatimalang. Pantai Jatimalang merupakan pantai yang paling terkenal di Purworejo. Walaupun ombaknya besar dan tidak bisa dipakai untuk berenang, tetapi ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana.

Pengelola menyiapkan kolam terpal yang bisa dipakai oleh anak-anak untuk berenang. Ada pula warung-warung yang menjajakan ikan-ikan laut segar.

Serunya lagi, pengunjung dapat menyewa ATV atau menaiki kuda menyusuri pantai. Di  bagian depan panrao, wisatawan juga bisa berfoto di depan patung Dewa Ruci besar. Patung ini dikelilingi oleh taman dengan alas paving berbentuk bulat.

Tempat wisata yang satu ini memang sangat cocok didatangi untuk liburan akhir minggu. Karena, ada banyak hal tak terlupakan yang bisa kamu lakukan di sana. Selain itu, harga tiket masuknya juga sangat terjangkau, lho!

7. Pantai Widuri, Pemalang

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Widuri Pemalang
Pantai Widuri, Pemalang (sumber: instagram.com/disparporapemalang/).
LokasiJl. Yos Sudarso, Widuri, Kec. Pemalang, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rute menuju tempat wisataDari Pemalang, 9 menit (3,4 km) melalui Jl. R.E. Martadinata dan Jl. Laksda Yos Sudarso
Obyek wisata di sekitar pantaiBanana boat, waterboom, panggung hiburan

Pemerintah Pemalang memang betul-betul mempersiapkan pantai yang satu ini sebagai destinasi wisata dengan baik.

Dari pantai menuju ke laut, terdapat jembatan panjang yang berkonsep pathway to the sea. Setelah sampai ke ujung, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang lautan dan matahari terbenam yang indah.

Bagian pinggir pantai dipenuhi oleh pohon-pohon rindang yang  berusia tua. Keberadaan pohon-pohon itu membuat udara di Pantai Widuri Pemalang menjadi sejuk.

Para pengunjung senang berpiknik di bawahnya sambil menikmati berbagai makanan yang mereka bawa dari rumah  dari warung sekitar.

Bagi kamu yang menginginkan petualangan tak terlupakan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di pantai Pemalang, lho. Contohnya seperti menyewa banana boat, bermain tenis berenang di waterboom hingga menikmati hiburan di panggung. Asyik sekali, bukan?

8. Pantai Menganti, Kebumen

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Menganti Kebumen
Pantai Menganti, Kebumen
LokasiDesa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rute menuju tempat wisataDari Kebumen, 1 jam 15 menit (42,5 km) melalui Jl. Ayah – Karangbolong
Obyek wisata di sekitar pantaiWarung makan, bukit, pohon rindang, jembatan

Tahukah kamu? Terdapat Selandia Baru ala Kebumen. Ya, kamu tidak salah baca, kok! Selandia itu ada di Pantai Menganti.

Pantai yang satu ini memang memiliki keindahan seperti negara yang subur dan makmur tersebut. Keindahan itu terpancar dari bukit-bukit menjulang yang seolah memeluk pantai. Warna lautnya pun biru, kemilau seperti pualam.

Buih-buih ombak dari laut yang biru itu sesekali menghantam bibir pantai yang dipenuhi oleh pasir putih. Kemudian, tak jauh dari sana terdapat sekumpulan pohon-pohon rindang. Di bawahnya, kamu bisa berteduh sambil menikmati keindahan alam.

Dari parkiran pantai, kamu bisa menaiki tangga untuk kemudian sampai ke Pantai Menganti. Nah, tak jauh dari sana terdapat Tanjung Karangbata. Semenanjung ini mengingatkan kamu pada destinasi wisata di Bali seperti Nusa Penida karena ia menjorok ke lautan.

Tidak jauh dari sana, kamu juga bisa menemukan deretan warung-warung yang berjajar. Nikmatilah beragam makanan laut yang segar hasil tanggapan dari para nelayan: rasanya sangat lezat. Sembari makan, kamu juga bisa melihat perahu-perahu nelayan yang berlabuh ke atau pergi ke lautan lepas.

Pantai Menganti dengan segala kesederhanaan dan juga keindahan yang masih alami memberikan kedamaian di dalam hatimu. Tentu pantai ini wajib kamu datangi ketika berkesempatan pergi ke Kebumen.

9. Pantai Cahaya, Kendal

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Cahaya Kendal
Pantai Cahaya, Kendal (sumber: instagram.com/asfa_id/).
LokasiKlampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp40.000,00
Rute menuju tempat wisataDari Kendal, 1 jam 9 menit (29, 4 km) melalui  Jl. Bahari  
Obyek wisata di sekitar pantaiDolphin experience, animal show, water king

Pantai Cahaya bukan sekadar pantai. Bahkan  bisa dibilang, ia merupakan wahana wisata terbesar di Kendal.

Di Pantai Cahaya, pengelola memberikan berbagai macam fasilitas yang tak terlupakan, baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak.

Apa saja sih, wahana rekreasi menarik yang bisa kamu nikmati di Pantai Cahaya? Berikut daftarnya:

  • Animal Show

Animal show  menampilkan pertunjukan linsang dan burung kakatua yang dikemas secara menarik dan juga edukatif. Pertunjukan ini sangat cocok untuk anak-anak yang ingin lebih dekat mengenal satwa.

  • Water King

Water King memiliki konsep seperti Waterbom pada umumnya. Ia merupakan kolam renang raksasa yang dibuat untuk orang dewasa dan anak-anak. Terdapat beberapa pilihan wahana luncuran seru.

  • Dolphin Experience

Pantai Cahaya juga  terkenal akan edukasi lumba-lumbanya. Ada berbagai macam pertunjukan lumba-lumba yang digelar pada waktu-waktu tertentu. Contohnya, seperti dolphin feeding time dan tentu saja menyelam bersama lumba-lumba. Anak-anak mau pun orang dewasa dapat menikmati fasilitas ini.

Keindahan Pantai Cahaya membuatnya tidak hanya laris sebagai tempat wisata saja. Ada banyak orang yang merayakan pernikahan di sana. Ya, pengelola Pantai Cahaya menyediakan  wedding packages yang intim dan juga romantis di pinggir pantai.

Jika kamu berkesempatan pergi ke Kendal, jangan lupa main ke sini, ya! Atau, mau merayakan momen penting? Kamu bisa memilih Pantai Cahaya untuk menjadi saksi bagi momen pentingmu.

10. Pantai Nampu, Wonogiri

Pantai Di Jawa Tengah Pantai Nampu Wonogiri
Pantai Nampu, Wonogiri (sumber: instagram.com/thiozard).
LokasiGunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah  (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisataDari Wonogiri, 1 jam 42 menit (68,3 km) melalui Jl. Raya Pracimantoro-Wonogiri
Obyek wisata di sekitar pantaiWarung-warung, semak-semak cantik, pegunungan karst

Seperti beberapa pantai di bagian selatan Jawa, Pantai Nampu dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi dan berwarna putih keemasan. Deretan pegunungan Karst inilah yang menambah kecantikan pantai. Membuatnya tepat sebagai latar belakang untuk koleksi fotomu.

Selain itu, di bibir pantai berjajar semak-semak yang cantik dan rapi. Hal ini  membuat aktivitas berliburmu semakin menyenangkan dan juga menentramkan hati.

Pemandangan pantainya indah dengan karang-karang yang kadang muncul saat laut surut. Namun,  kamu tidak diperbolehkan berenang di sana. Ombaknya cukup ganas. Lagi pula, terdapat karang-karang yang tajam dan dapat melukaimu.

Nah, opsi aktivitas terbaik yang bisa kamu lakukan adalah, bersantai! Di pinggir pantai, berjejer warung-warung penjaja es kelapa muda. Kamu dapat mewujudkan tropical dream dengan duduk di sini: menyeruput es kelapa muda sambil memandang lautan lepas!

Manjakan dirimu sekarang juga!

Jelajahi Jawa Tengah dengan segala kebudayaannya yang kaya dan dalam, temui pantai-pantai yang cantik dan asri di wilayah pesisirnya. 10 rekomendasi pantai terindah di Jawa Tengah di atas bisa menjadi tempat rekreasi favorit yang menyenangkan. Sudah siap liburan? Let’s Adventure!

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Jawa Timur (2021) »

Previous Article

10 Pantai Terindah di Probolinggo yang Lagi Hits (2021)

Next Article

Di mana Tempat Reparasi Sepatu Gunung yang Terpercaya?

Tinggalkan komentar