10 Wisata Pantai Terbaik di Sulawesi yang Lagi Hits (2022)

Pulau Sulawesi memiliki banyak pantai indah dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya pemandangannya yang eksotis, beberapa pantai bahkan memiliki kekayaan bawah laut yang menawan. Kalau kamu sedang mengunjung Sulawesi, pastikan untuk mampir ke salah satu pantainya ya. Pesonanya dijamin akan membuat pengalaman liburanmu menjadi lebih berkesan! Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Sulawesi:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Sulawesi? Yuk, lanjut baca.

1. Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Pantai Di Sulawesi Taman Nasional Bunaken Sulawesi Utara
Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/adventureindonesia/)
LokasiMantehage I, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00 (wisatawan domestik)
Rp150.000,00 (wisatawan mancanegara)
Rute menuju tempat wisata dari Kota Manado» 40 menit dengan perahu motor lewat Pelabuhan Manado.
» 20 menit dengan perahu motor lewat Pelabuhan Marina Blue Banter.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiGazebo, hotel, persewaan alat selam, café, restoran, persewaan perahu.

Kalau kamu mencari pantai terbaik di Sulawesi, maka salah satu yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara. Taman Nasional Bunaken adalah situs warisan dunia UNESCO yang populer di kalangan wisatawan. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik di sini. Mulai dari berjalan santai di pinggir pantai, berjemur, berenang, kulineran, menikmati matahari terbenam, snorkeling, bahkan diving.

Taman Nasional Bunaken memiliki pantai-pantai berpasir putih yang cantik dan air laut yang jernih. Selain itu, kamu juga akan disuguhkan kekayaan alam bawah laut yang memesona. Ada sekitar 20 titik penyelaman yang bisa kamu kunjungi untuk melihat lebih dekat beragam jenis ikan, spesies terumbu karang, dan rumput laut di Taman Nasional Bunaken ini. Belum lagi pesona terowongan mungil dan dinding karang raksasa berbentuk melengkung vertikal yang semakin mempercantik suasana bawah lautnya.  

2. Pantai Akkarena, Sulawesi Selatan

Pantai Di Sulawesi Pantai Akkarena Sulawesi Selatan
Pantai Akkarena, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/pantaiakkarena/)
LokasiJalan Tanjung Bunga, Tj. Merdeka, Kec. Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Makasssar» 30 menit (8,1 km) lewat Jalan Manunggal 22
» 31 menit (9,4 km) lewat Jalan Danau Tanjung Bunga
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, gazebo, ruang bilas, area parkir, camping area, café, banana boat.

Apakah kamu berencana camping di pantai yang lokasinya tidak jauh dari pusat kota? Jika iya, maka Pantai Akkarena di Makassar cocok menjadi tujuan berliburmu! Pantai ini lokasinya berada dekat dengan pusat kota Makassar. Lokasinya mudah dicapai dengan kendaraan pribadi, baik itu mobil maupun sepeda motor. Akses jalannya pun sudah bagus dan beraspal. Pantai Akkarena memiliki pemandangan yang cantik dan fasilitas yang memadai.

Walaupun tidak memiliki pasir putih, tetapi Pantai Akkarena tetap menarik. Pantai ini memiliki area yang luas untuk berwisata dengan banyak pilihan aktivitas seru. Tidak hanya menikmati suasana khas pantai, kamu juga bisa bermain pasir, berenang, memancing, hingga menjajal berbagai wahana water sport. Ada juga persewaan perahu untuk kamu yang ingin berkeliling di area sekitar pantai.

Fasilitas menarik lain di Pantai Akkarena adalah taman dan dermaga cinta. Pengelola pantai menyediakan taman cantik yang berukuran sekitar 450 m2 dengan nuansa Mediterania. Setelah puas di taman, kunjungilah dermaga cinta yang bentuknya dibuat sedikit menjorok ke arah laut. Dermaga ini dicat dengan warna-warna mencolok sehingga menarik untuk dijadikan tempat berfoto.

3. Pantai Losari, Sulawesi Selatan

Pantai Di Sulawesi Pantai Losari Sulawesi Selatan
Pantai Losari, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/masjid99kubahmakassar/)
LokasiJl. Somba OPU, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari Kota Makassar» 12 menit (3,4 km) lewat Jalan Sungai Saddang Lama
» 13 menit (4,2 km) lewat Jalan Monginsidi
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, spot foto, warung makan.

Kalau kamu berkunjung ke Kota Makassar, pastikan tidak melewatkan kunjungan ke Pantai Losari. Pantai Losari adalah pantai terbaik dan lokasinya tidak jauh dari pusat kota Makassar. Pantai ini tidak memiliki hamparan pasir yang luas, tetapi hanya dibuat berupa anjungan-anjungan di tepi laut yang bentuknya memanjang. Pengelola menata anjungan Pantai Losari ini dengan beberapa taman, area duduk, hingga spot foto yang instagrammable.

Kamu bisa jalan-jalan santai di anjungan Pantai Losari sambil menikmati pemandangan laut lepas. Di kejauhan terlihat Masjid 99 Kubah yang sangat artistik. Biasanya pengunjung akan berfoto dengan latar belakang laut dan Masjid 99 Kubah ini. Di sisi lain, lalu lintas pelayaran kapal-kapal kecil hingga yang berukuran besar akan menambah suasana khas Pantai Losari.

Saat matahari terbenam adalah momen yang sangat disukai oleh pengunjung. Pemandangan akan terlihat semakin cantik dan romantis di Pantai Losari. Kamu bisa duduk santai di sekitar anjungan untuk menikmati suasana matahari terbenam ini. Pilihan lainnya, mampirlah di warung-warung makan yang ada persis di pinggir pantai. Nikmati secangkir teh panas atau kopi panas ditemani pisang Epe khas Makassar.

4. Pantai Malalayang, Sulawesi Utara

Pantai Di Sulawesi Pantai Malalayang Sulawesi Utara
Pantai Malalayang, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/aiska.klappertaart/
LokasiJalan Laut Sulawesi, Malalayang Dua, Kec. Malalayang, Kota Manado, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Manado24 menit (8,0 km) lewat Jalan Wolter Monginsidi
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung makan, toilet

Penggemar aktivitas diving wajib berkunjung ke Pantai Malalayang yang ada di Kota Manado. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Pantai ini sering menjadi tujuan berlibur warga lokal, terutama saat akhir pekan.

Pantai Malalayang tidak hanya menyuguhkan panorama pantai yang menawan, tetapi juga taman laut yang memesona. Kamu bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang masih sangat alami. Ada berbagai jenis koral dengan warna-warna yang cantik dan beragam spesies ikan. Bahkan, kamu bisa menemukan spesies ikan khas perairan Sulawesi yang sudah mulai langka di sekitar spot diving Pantai Malalayang.

Aktivitas menarik lainnya tentu bermain air atau sekadar bersantai di tepi pantai. Kamu bisa menikmati pemandangan laut lepas dan pulau-pulau di kejauhan. Ada juga beberapa tempat makan yang bisa kamu tuju untuk menikmati hidangan khas Manado.  

5. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Pantai Di Sulawesi Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara
Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara (sumber: instagram.com/travelgo60/)
LokasiLentea, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp160.000
Rute menuju tempat wisata» 10 jam dengan kapal biasa dari Kendari ke Pulau Wangi-Wangi
» 12 jam dengan kapal biasa dari Baubau ke Pulau Tomia.
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPenginapan, tempat makan, persewaan alat diving dan snorkeling, guide.

Taman Nasional Wakatobi layak masuk dalam list liburanmu, nih! Apalagi kalau kamu mencari pantai terbaik di Sulawesi yang cocok untuk diving dan snorkeling.Selain panorama pantainya yang cantik, Taman Nasional Wakatobi memang memiliki banyak sekali spesies terumbu karang dan spesies ikan yang memesona. Kalau waktunya tepat, kamu bahkan bisa melihat lumba-lumba berenang di sekitar perahumu!

Di Taman Nasional Wakatobi, ada 4 pulau besar yang bisa kamu kunjungi, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Masing-masing pulau tersebut akan memberikan pengalaman tidak terlupakan. Mulai dari pemandangan pantai, keindahan alam bawah lautnya, peninggalan sejarah, hingga budaya warga lokalnya.

Untuk menuju ke Taman Nasional Wakatobi, akses paling mudah adalah melalui Kendari atau Baubau. Kamu bisa menggunakan kapal biasa atau kapal cepat untuk menyeberang ke pulau yang ingin kamu tuju. Perjalanannya memang memakan waktu yang agak lama, tetapi lelahmu akan terbayar dengan segala keindahan yang tersaji di Taman Nasional Wakatobi.

6. Pantai Paal, Sulawesi Utara

Pantai Di Sulawesi Pantai Paal Sulawesi Utara
Pantai Paal, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/arkyilaafood/)
LokasiLikupang Tim., Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00/motor
Rp40.000,00/mobil
Rute menuju tempat wisata dari Kabupaten Minahasa» 2 jam 31 menit (88,7 km) lewat Jalan Sukur Likupang
» 2 jam 47 menit (93,5 km) lewat Jalan Raya Manado Tomohon dan Jalan Sukur Likupang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, warung makan, banana boat, gazebo, penginapan, tempat persewaan ban pelampung.

Pesona Pantai Likupang di Minahasa Utara membuat pantai ini selalu ramai dengan kunjungan wisatawan. Pantai Likupang memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 1 kilometer. Air lautnya bergradasi biru kehijauan dan jernih. Saking jernihnya, kamu bahkan bisa melihat keindahan alam bawah lautnya hanya dari atas perahu saja.

Selain berenang dan bermain air, kamu juga bisa bersantai atau berjemur di atas pasir pantainya yang lembut. Bagi yang suka memacu adrenalin tersedia wahana banana boat dan UFO boat. Tarif sewanya cukup murah, yaitu Rp25.000,00/orang. Jangan lupa menikmati aneka kuliner dari warung-warung yang buka di sekitar pantai. Pastinya menyenangkan sekali bersantap ditemani dengan suasana Pantai Paal yang akan membuatmu rileks. Kalau ingin lebih nyaman, kamu bisa menyewa gazebo dengan tarif Rp50.000,00 untuk seharian penuh.   

7. Pantai Pohon Cinta, Gorontalo

Pantai Di Sulawesi Pantai Pohon Cinta Gorontalo
Pantai Pohon Cinta, Gorontalo (sumber: instagram.com/bayu_takarai/)
LokasiPohuwato Timur, Marisa, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari Gorontalo3 jam 37 menit (161 km) lewat Jalan Trans Sulawesi
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, warung makan, spot foto, area parkir.

Tujulah Pantai Pohon Cinta di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, jika kamu mencari pantai yang memiliki sunset menawan. Lokasinya memang agak jauh dari pusat kota Gorontalo. Namun, kamu pasti tidak akan kecewa setibanya di sana.

Di Pantai Pohon Cinta, matahari terbenam terlihat sangat jelas dengan semburat jingga yang memesona. Selain berfoto siluet dengan latar laut lepas, kamu juga bisa menemukan beberapa spot foto keren lainnya yang disediakan oleh pengelola. Di pantai ini juga terdapat kawasan Hutan Mangrove. Ada jalur khusus yang dibuat agar para pengunjung bisa melintasi kawasan hutan dengan mudah dan nyaman. Jadi, sekali berkunjung kamu bisa mendapatkan dua suasana sekaligus, yaitu keindahan pantai dan segarnya hutan mangrove.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Pohon Cinta sudah cukup memadai. Ada toilet, area parkir, hingga beberapa tempat makan. Setelah puas bermain di pantai maupun area mangrove, kamu bisa mampir untuk mencicipi ikan bakar, aneka jajanan, hingga Ilabulo khas Gorontalo yang melegenda.

8. Pantai Dato Majene, Sulawesi Barat

Pantai Di Sulawesi Pantai Dato Majene Sulawesi Barat
Pantai Dato Majene, Sulawesi Barat (sumber: instagram.com/apriani_syamsuddin/)
LokasiDusun Pangale, Baurung, Banggae Tim., Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30 – 17.30 WITA
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000,00/orang (anak-anak)
Rp5.000,00/orang (dewasa)
Rute menuju tempat wisata dari Kabupaten Majene7 – 15 menit (2,5 km) lewat Jalan AP Pettarani dan Jalan Poros Majene – Mamuju
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, ruang bilas, warung makan, gazebo.

Kamu tidak boleh melewatkan kunjungan ke Pantai Dato saat berada di Kabupaten Majene. Lokasi Pantai Dato Majene berada tidak jauh dari pusat kota. Akses jalannya sudah bagus untuk dilalui oleh mobil dan sepeda motor. Selain kendaraan pribadi, kamu juga bisa menggunakan pete-pete (kendaraan umum lokal di Majene).

Pantai Dato menawarkan pemandangan alam yang sangat memanjakan mata. Pantainya memiliki hamparan pasir yang cukup luas dan cocok untuk menjadi tempat bermain. Air lautnya juga tenang sehingga aman untuk kamu yang ingin berenang. Jika ingin melihat lebih jauh ke bagian bawah perairan Pantai Dato, kamu juga bisa snorkling, lho!

Di sisi lain, ada bagian pantai yang cukup berkarang. Nah, di bagian pantai tersebut, ada sebuah karang besar yang menjadi spot favorit pengunjung. Dari atas karang, pemandangan ke arah laut bisa dinikmati dengan lebih leluasa. Gradasi warna air laut di Pantai Dato yang biru kehijauan akan terlihat lebih jelas saat berada di atas karang besar ini. Tenang saja! Untuk naik ke atas karang, pengelola sudah menyediakan tangga khusus yang terjamin aman untuk semua pengunjung.

9. Pantai Nirwana, Sulawesi Tenggara

Pantai Di Sulawesi Pantai Nirwana Sulawesi Tenggara
Pantai Nirwana, Sulawesi Tenggara (sumber: instagram.com/pr.yuliaditta/)
LokasiJl. Hayam Wuruk, Sulaa, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kota Bau-Bau» 17 menit (10,6 km) lewat Jalan Labelawo
» 24 menit (13,9 km) lewat Jalan Dayanu Ikhsanuddin
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, warung makan, gazebo, tempat sewa ban pelampung, persewaan perahu, penginapan.

Di Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara terdapat sebuah pantai yang sangat eksotis, yaitu Pantai Nirwana. Lokasinya hanya berjarak sekitar 15-17 menit perjalanan dari pusat kota Bau-Bau. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun ojek motor untuk menuju ke Pantai Nirwana.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas berhiaskan deretan pohon kelapa di tepiannya. Air laut di sekitar Pantai Nirwana memiliki gradasi tiga warna, yaitu biru kehijauan, putih, dan biru muda. Saat sedang sunrise atau sunset, keindahan Pantai Nirwana akan semakin sempurna. Tentunya sayang jika kamu lewatkan! Sudah banyak lho pengunjung yang jatuh cinta pada panorama di Pantai Nirwana ini.

Tidak hanya berjalan di pantai untuk menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru lainnya di Pantai Nirwana. Pantai ini tidak memiliki batu karang yang tajam dan air lautnya cenderung tenang sehingga aman untuk berenang, bermain air, maupun diving. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling di perairan sekitar Pantai Nirwana. Untuk kamu yang ingin bersantai tanpa kepanasan, ada banyak gode-gode (semacam gazebo) yang disewakan untuk pengunjung. Tarif sewanya hanya Rp50.000,00 saja.

10. Pantai Kaluku, Sulawesi Tengah

Pantai Di Sulawesi Pantai Kaluku Sulawesi Tengah
Pantai Kaluku, Sulawesi Tengah (sumber: instagram.com/ishakmalewa2/)
LokasiLimboro, Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari Kabupaten Donggala1 jam 51 menit (117 km) lewat Jalan Tolitoli – Palu
Fasilitas wisata di sekitar pantaiToilet, gazebo, area camping, cottage, spot foto, warung makan.

Pantai terbaik di Sulawesi juga ada di Kabupaten Donggala, yaitu Pantai Kaluku. Dari pengalaman orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke pantai ini, senja di Pantai Kaluku sangatlah romantis. Pantai Kaluku memang terkenal dengan pesona matahari terbenamnya. Untuk menuju ke pantai ini akses jalannya sudah teraspal bagus dan bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Sembari menunggu sore di Pantai Kaluku, kamu bisa berenang, berfoto, atau bermain voli. Sekadar berjalan santai di sepanjang garis pantainya yang berpasir putih pun tidak kalah menyenangkan. Suasana di Pantai Kaluku masih sangat alami dan tenang. Cocok sekali untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Deretan pohon kelapa di pinggir pantai menambah nuansa asri dan teduh.

Khusus untuk kamu yang ingin lebih lama bersantai di Pantai Kaluku, maka kamu bisa berkemah di sini. Banyak pengunjung yang juga menghabiskan malam di pantai ini sembari berkemah. Tentunya kamu harus mempersiapkan perlengkapannya sendiri karena tidak ada persewaan perlengkapan berkemah dari pengelola setempat.

Itulah 10 pantai terbaik di Sulawesi yang bisa menjadi alternatif tempat liburanmu. Semuanya menawarkan pesona khas yang siap membuatmu terpukau. Baik itu panorama di sekitar pantai maupun kekayaan alam bawah lautnya. Kira-kira pantai mana nih yang ingin kamu kunjungi terlebih dahulu bersama teman atau keluargamu? Jangan lupa bagikan ceritanya kepada kami selepas kunjunganmu ke salah satu pantai tersebut, ya. Selamat berlibur!

Tinggalkan komentar