10 Pantai Terindah di Garut yang Lagi Hits (2021)

Garut merupakan sebuah kota di Jawa Barat yang ideal untuk berwisata. Udaranya sejuk, pilihan wisatanya banyak, dan oleh-oleh khasnya pun sangat enak. Kalau kamu tertarik untuk berlibur ke kota ini, mungkin pertama-tama kamu bisa menjajal wisata baharinya.

Pantai-pantai di Garut berada di bagian selatan Jawa Barat. Pemandangan pantai di Garut sangat cantik. Dengan alam yang begitu memikat dan penduduk yang sangat ramah, tak ayal banyak wisatawan betah di berwisata di pantai Garut.

Mulai tertarik? Khusus untuk kamu, kami punya pilihan pantai yang bagus. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Garut yang wajib kamu kunjungi:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Garut? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Santolo

Pantai Garut Pantai Santolo
Pantai Santolo, Garut (sumber: instagram.com/infogarut/).
LokasiKecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 5 menit (28,5 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiKios makanan, penginapan.

Gemuruh ombak Pantai Selatan terdengar begitu jelas di Pantai Santolo. Sementara itu, perbukitan menjulang tinggi di samping kiri dan kanannya.

Pantai Santolo memang sebuah destinasi wisata di Pameungpeuk, Garut yang layak untuk dikunjungi. Pantai ini keindahannya cukup sederhana, tetapi sangat menyenangkan hati. Sejauh mata memandang hanyalah lautan luas yang berbatasan dengan Samudra Hindia.

Ada beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana. Misalnya, menggelar tikar di pinggir pantai sambil melihat debur ombak yang besar dan makan di kios-kios makanan. Kamu juga bisa menginap di losmen yang sederhana, masih di area pantai. Udaranya begitu sejuk di sana. Jadi, kamu tidak perlu takut kepanasan pada saat menginap.

Aksesibilitas pantai ini juga cukup baik. Dari Bandung misalnya, kamu bisa masuk melalui jalur Pangalengan. Jalur ini memiliki banyak kawasan wisata dengan pemandangan yang indah dan udara yang segar.

2. Pantai Ranca Buaya

Pantai Garut Pantai Ranca Buaya
Pantai Ranca Buaya, Garut.
LokasiKecamatan Caringin, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 42 menit (59,0 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiPenginapan, kios makanan, gazebo

Pantai Ranca Buaya adalah pantai dengan tipe batuan karang. Ombaknya pun juga cukup besar. Untuk itu, tidak direkomendasikan sama sekali bagi para wisatawan untuk berenang di sini.

Namun, jangan khawatir. Pantai Ranca Buaya tetap menawarkan beberapa aktivitas yang menarik, lho. Misalnya, kamu bisa duduk-duduk di Gazebo sambil makan makanan khas Garut. Kemudian, kamu juga bisa, lho, membeli langsung ikan-ikan dari para nelayan yang bersandar di sana.

Dan, jika kamu masih ingin tinggal lama di sana, kamu bisa menyewa penginapan atau vila. Banyak akomodasi yang dibangun di area pantai ini.

Ada satu objek menarik yang terdapat di Pantai Ranca Buaya, yakni Goa Lalai. Goa Lalai merupakan gua yang menjorok ke laut. Bagian bawahnya adalah sarang kelelawar. Goa ini memang terdengar menarik. Meski begitu, pengunjung sama sekali dilarang untuk memasuki gua ini. Pasalnya, jika jatuh, bisa-bisa kamu tidak akan kembali. Jadi, cukup nikmati pemandangan gua ini dari luar, ya!

3. Pantai Sayang Heulang

Pantai Garut Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang, Garut (sumber: instagram.com/rayghipary/).
LokasiCijambe, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 6 menit (29,4 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiWarung, musala, toilet, penginapan, gumuk pasir

Tahukah kamu asal nama dari Pantai Sayang Heulang? Dulunya, pantai ini dihinggapi oleh banyak burung elang. Namun karena populasinya yang semakin sedikit, maka semakin sulit untuk menemukan orang-orang di pantai tersebut.

Sekarang, pantai ini biasa menjadi tempat bagi para wisatawan untuk berfoto di atas batuan karang dan pasir-pasir pantai. Hasil fotonya sangat cantik.

Terdapat beberapa hal yang ditawarkan oleh Pantai Sayang Heulang. Apa saja?

  • Musala.
  • Toilet.
  • Penginapan.
  • Warung makanan.
  • Warung air kelapa muda.

Masih di area pantai terdapat area gumuk pasir bernama Gumuk Pasir Tanjung Karang Sayang Heulang. Oleh karena areanya yang begitu luas, gumuk pasir ini kerap disebut sebagai Sahara van Garut. Dari sana, para pengunjung bisa melihat matahari terbenam atau menikmati ombak pantai yang berwarna biru. Nuansanya begitu cantik sekali sehingga banyak pengunjung yang menghampiri lokasi tersebut.

4. Pantai Puncak Guha

Pantai Garut Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha, Garut (sumber: instagram.com/sekitargarut/).
LokasiSinarjaya, Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 37 menit (56,1 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiGazebo, penginapan

Sekitar dua kilometer dari Pantai Ranca Buaya, terdapat pantai lain yang tak kalah unik. Pantai itu bernama Pantai Puncak Guha.

Saat mendengar nama itu, jangan bayangkan pantai dengan garis yang panjang dan pasir putih yang landai. Pantai Puncak Guha adalah pantai dengan konsep tebing yang menjorok ke lautan lepas.

Jadi, kamu memang tidak bisa berenang di sana. Kamu hanya dapat menikmati keindahan lautan lepas dari tebing sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Dan jika kita bicara soal fasilitas, memang belum banyak hal yang disediakan di pantai Puncak Guha. Bahkan, musala dan toilet pun tidak ada. Hanya terdapat dua gazebo yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan laut.

Pantai Puncak Guha bisa dijadikan tempat mampir sejenak pada saat kamu menikmati pantai-pantai lain yang tak jauh dari sana. Kamu juga dapat menyewa penginapan sederhana atau vila yang jaraknya tak lebih dari dua kilometer dari Pantai Puncak Guha.

5. Pantai Karang Papak

Pantai Garut Pantai Karang Papak
Pantai Karang Papak, Garut (sumber: instagram.com/melli9906/).
LokasiPantai Karang Papak, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 6 menit (29,1 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiKebun jagung, area berkemah, penginapan

Pantai ini cocok untuk dikunjungi apabila kamu ingin berkenalan lebih dekat dengan aktivitas masyarakat Garut.

Pantai Karang Papak memang tidak memiliki fasilitas sebanyak Pantai Santolo atau Sayang Heulang. Namun, pantai ini adalah tempat bagi para nelayan untuk melaut dan menggembala. Jadi, saat menepi di sana, kamu bisa melihat aktivitas masyarakat asli dan menyelami kehidupan mereka.

Di area pantai juga terdapat kebun jagung. Jika musim tanam tiba, kamu dapat melihat proses penanaman jagung.

Pantai Karang Papak juga menyediakan  penginapan panggung dan area berkemah cocok. Ini tentu cocok untuk kamu yang ingin merasakan tinggal di dekat pantai.

Walaupun pantai ini masih asri dan alami, kamu tidak disarankan untuk berenang di sana. Pasalnya, ombaknya cukup besar dan berbahaya.

6. Pantai Taman Manalusu

Pantai Garut Pantai Taman Manalusu
Pantai Taman Manalusu, Garut (sumber: instagram.com/queenmayaaa/).
LokasiKabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 17 menit (38,8 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiTaman karang

Pantai Taman Manalusu memiliki nuansa yang cukup eksotis. Kapal-kapal nelayan bersandar di sana untuk mencari ikan. Dari atas air lautnya yang jernih, kamu juga bisa melihat kekayaan biota laut.

Pantai Taman Manalusu adalah rumah bagi lebih dari 100 jenis ikan dan juga 400 tanaman laut. Maka dari itu, tak mengherankan bahwa para nelayan suka melaut di sana.

Objek wisata bahari ini memang tidak memiliki banyak fasilitas. Lokasinya bahkan cukup tersembunyi. Untuk itu  diperlukan promosi yang lebih untuk bisa membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal dari Garut.

7. Pantai Karang Paranje

Pantai Garut Pantai Karang Paranje
Pantai Karang Paranje, garut (sumber: instagram.com/imad_muhamadd/).
LokasiKaryasari, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 11 menit (33,1 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiWarung-warung

Karang Paranje kerap disebut sebagai Tanah Lot-nya Bali. Sebutan itu tidak berlebihan karena saat kamu berfoto di tebing-tebingnya, kamu seolah seperti berada di Tanah Lot.

Ombak yang cukup besar kerap memecah karang-karang yang membentuk tebing tinggi. Hal ini menciptakan keindahan dalam rekaman kamera. Percik air ini bercampur dengan udara yang sejuk, begitu menenangkan.

Pantai Karanje memberikan beberapa fasilitas sederhana. Contohnya seperti toilet dan warung makan di jalanan menuju ke tebing. Oh, ya, karena buka 24 jam, kamu dapat pergi ke Pantai Karanje kapan saja kamu mau.

8. Pantai Cijeruk Indah

Pantai Garut Pantai Cijeruk Indah
Pantai Cijeruk Indah, Garut (sumber: instagram.com/visit_garut_/).
LokasiSagara, Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 18 menit (39,1 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiArea berkemah, warung makan, tempat swafoto

Berada di pedalaman, Pantai Cijeruk Indah merupakan pantai yang masih perawan. Udaranya segar dan aroma lautan begitu khas di sana. Deburan ombak yang kencang pun terdengar dengan lebih jelas.

Jika kamu ingin menyepi dari keramaian, inilah tempat yang tepat buatmu. Pantai ini memberikanmu kesunyian dan privasi. Membutuhkan waktu lebih lama? Kamu bisa menyewa camping ground, lho. Rasakan sensasi menginap di pinggir laut, diiringi suara ombak dan angin di malam hari.

Jika kamu lapar, terdapat beberapa warung makan di area pantai. Kamu bisa membeli makanan-makanan itu dan menikmatinya di pinggir pantai.

9. Pantai Cidora

Pantai Garut Pantai Cidora
Pantai Cidora, Garut (sumber: instagram.com/nahyudindudun10/).
LokasiPurbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 43 menit (59,3 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiWarung, area main pasir

Fasilitas Pantai Cidora memang tidak terlalu banyak. Hal itu disebabkan oleh lokasinya yang berada tak jauh dari Pantai Ranca Buaya. Sehingga, pengunjung mungkin diharapkan bisa ke Pantai Ranca Buaya untuk menikmati fasilitas.

Namun, kamu dapat menikmati sejumlah fasilitas dasar di sana. Misalnya, area main pasir dan warung. Oh ya, bicara soal pasir, karakter pasir di Pantai Cidora memang cukup unik. Pasirnya kasar, sehingga cocok untuk terapi kaki. Dan, dengan karakter pasir ink, air lautnya pun menjadi lebih jernih.

Tidak ada salahnya mampir ke Cidora jika bermain di deretan pantai-pantai di Garut. Kamu akan merasa bahagia merasakan sensasi pasir pantainya.

10. Pantai Sancang

Pantai Garut Pantai Sancang
Pantai Sancang, Garut.
LokasiSancang, Cibalong, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Garut1 jam 44 menit (52,1 km) lewat Jl. Raya Cisompet
Spot wisata menarik di sekitar pantaiKawasan hutan lindung

Pantai Sancang masuk ke dalam kawasan hutan lindung Sancang. Dengan luas hampir 3 hektar, itulah alasan mengapa pantai ini begitu alami dengan pepohonan yang cukup rimbun. Pantai ini sangat cocok didatangi oleh kamu yang mencintai keindahan alam.

Selain keindahan alamnya, pantai ini memiliki legenda yang cukup mistis. Konon arwah Prabu Siliwangi dan pasukannya masih bersemayam di sana. Kabarnya, inilah tempat terakhir yang didatangi Prabu Siliwangi usai berseteru dengan anaknya, Raden Kian Santang.

Perseteruan itu terjadi karena perbedaan pendapat mengenai keyakinan yang dianut. Prabu Siliwangi enggan mengikuti keinginan anaknya untuk masuk Islam. Selain itu, Prabu Siliwangi dan pasukannya juga enggan melakukan sunat atau khitan sesuai dengan syariat Islam.

Selain menikmati air laut, kamu juga bisa menikmati suasana hutan yang rindang. Ya, hutan inilah yang kabarnya menjadi tempat bersemayamnya Prabu Siliwangi. Terlepas dari mitos tersebut, hutan ini cukup indah dan sangat cocok untuk  kamu yang doyan hunting foto. Namun, mengotori pantai ini dan kawasan hutan lindung di sekitarnya, ya.

Ketika kamu berada di Garut, ada begitu banyak objek wisata yang kamu pilih. Pantai-pantainya pun jaraknya berdekatan dan mudah untuk diakses. Jadi, tidak ada salahnya mampir dan merasakan sensasi pantai-pantai berombak besar di pesisir selatan Kota Garut.

Setelahnya, kamu bisa bersantai menikmati udara di Garut yang sejuk dan membeli oleh-oleh khas yang terkenal dari zat. Enak sekali, bukan? Jadi, kapan mau ke Garut?

Previous Article

10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Tangerang (2021)

Next Article

Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah

Tinggalkan komentar