10 Wisata Pantai Terdekat dari Karawang yang Lagi Hits (2022)

Karawang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang memiliki beragam pesona alam yang menakjubkan. Karawang berada di pesisir utara pulau Jawa. Wilayah pesisir Karawang memiliki sederet destinasi wisata pantai populer dengan pemandangan yang indah.

Debur ombak yang relatif tenang sehingga bisa bermain dengan nyaman dan aman. Bagi kamu yang sedang mencari destinasi wisata pantai di Karawang, kami punya rekomendasi yang bagus. Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di Karawang:

Penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

1. Pantai Tanjung Pakis

Pantai Karawang Pantai Tanjung Pakis
Pantai Tanjung Pakis, Karawang (sumber: Instagram @dwiyulia20)
LokasiDesa Tanjungpakis, Pakisjaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 32 menit (73.8 km) via Jl. Raya Pakisjaya
Objek wisata menarik dekat Pantai Tanjung Pakis» Jembatan Citarum Tanjung Pakis (4 menit (1,0 km) dari Pantai Tanjung Pakis)
» Muara Serumpun Gemilang (11 menit (3,5 km) melalui Jl. Raya Tj. Pakis)
Penginapan terdekat» Penginapan Pakis Jaya 2 (1 menit (200 m) dari Pantai Tanjung Pakis)
Kuliner terdekat» RM Melati Tanjung Pakis (Ibu Hj.Urih) (2 menit (500 m) dari Pantai Tanjung Pakis)

Menjadi pantai terindah di Karawang, pemandangan Pantai Tanjung Pakis tersaji indah bentangan luas hamparan pasir putih di pinggiran pantai. Biru laut serta ombak yang tenang turut mempercantik keindahannya.

Meski tempat ini tidak memiliki akses kendaraan umum, namun tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan yang ingin menikmatinya. Beragam wahana menarik memanjakan wisatawan betah berlama-lama berwisata di pantai ini.

  • Bermain banana boat.

Gemar olahraga air yang memacu adrenalin? Di sini terdapat wahana banana boat yang bisa disewa bersama. Nikmati serunya berseluncur di atas pelampung berbentuk pisang menuju ke tengah lautan yang di tarik oleh perahu motor.

  • Naik perahu.

Menikmati keindahan pantai bisa dilakukan dengan menyewa perahu nelayan setempat. Ombaknya yang tenang sangat pas buat berkeliling menyusuri pantai .

  • Bermain ATV.

Pantainya yang luas menjadi tempat wahana bermain ATV yang menyenangkan. Kamu bisa menyewa dan mengendarainya berkeliling menyusuri tepian pantai. Asyik, bukan!

  • Spot  foto Dermaga Kayu.

Kamu bisa menambah koleksi feed Instagram dengan berfoto di Dermaga Kayu. Apalagi ketika matahari mulai terbenam dengan panorama langit jingga. Pemandangan yang sangat indah bila di tangkap oleh kamera.

  • Kuliner seafood.

Di sini jajaran warung makan menyajikan santapan aneka olahan makanan laut yang menggoda dan menggugah selera. Mulai dari berbagai jenis ikan bakar, udang, cumi-cumi hingga kepiting.

2. Pantai Sedari

Pantai Karawang Pantai Sedari
Pantai Sedari, Karawang (sumber: Instagram @zonaselfie_sedari)
Lokasi28R4+5QR, Sedari, Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 44 menit (87.2 km) via Jl. Raya Batujaya
Objek wisata menarik dekat Pantai Sedari Karawang » Pantai Pisangan (53 menit (22,2 km) melalui Jl. Raya Cibuaya)
» Pantai Tanjung Sari (59 menit (28,0 km) melalui Jl. Raya Tambak Sumur)
Penginapan terdekat» dRaya Guest House (1 jam 26 menit (48,0 km) lewat Jl. Proklamasi)
Kuliner terdekat» Warung ikan Bakar Hamza (2 menit (650,0 m) lewat Jl. Pulau Putri)

Pantai yang masih alami ini sedang viral sebagai obyek wisata yang menawarkan pesona pantai berpasir putih kecokelatan yang eksotik. Memiliki ombak khas pantai utara yang relatif tenang, pantai Sedari nyaman dan aman untuk dikunjungi. Nah, aktivitas apa saja yang bisa di lakukan di Pantai Sedari:

  • Berkuda.

Kamu bisa berkeliling area pantai dengan menunggangi kuda yang disewakan di sini. Tidak usah khawatir, kudanya telah terlatih dan didampingi oleh seorang pawang. Berfoto saat menunggangi kuda dengan latar pantai menawan akan menjadi kenangan yang indah.

  • Wisata hutan mangrove.

Ini menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Sedari. Suasana asri hutan bakau membuat pemandangan pantai menjadi lebih menarik. Jika beruntung, kamu bisa bertemu satwa yang mendiami hutan mangrove.

  • Susur sungai dengan perahu.

Dengan menyewa perahu penduduk setempat, kamu diajak berkeliling menyusuri sungai yang melintasi kawasan hutan mangrove. Pemandangannya menakjubkan dan berjumpa dengan satwa yang sedang melintas.

  • Bermain air dan pasir.

Kontur pantai Sedari yang landai dan ombak tenang memberikan kenyamanan bermain air dan pasir di tepian pantai. Mau berenang pun bisa, ada banyak penyewaan pelampung di sini.

Bila ingin menghabiskan akhir pekan di pantai Sedari, disarankan datang menggunakan kendaraan pribadi. Lokasinya terbilang jauh sekitar 30 km dari pusat kota dan belum tersedia transportasi umum.

3. Pasir Putih Cilamaya Kulon

Pantai Karawang Pasir Putih Cilamaya Kulon
Pasir Putih Cilamaya Kulon, Karawang (sumber: Instagram @radarkarawang)
LokasiSukayaja, Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 21 menit (113.1 km) via Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed
Objek wisata menarik dekat Pantai Pasir Putih Cilamaya Kulon» Wisata PRPM Mangrove Pasir Putih (3 menit (550 m) dari Pantai Pasir Putih Cilamaya Kulon
» Pantai Tangkolak (9 menit (2,5 km) melalui Jl. Tangkolak Barat)
» Pantai Tanjung Baru (18 menit (3,7 km) melalui Jl. Tj. Baru)
Penginapan terdekat» Front One Akshaya Hotel Karawang (1 jam 20 menit (42,7 km) lewat Jl. Raya Syeh Quro)
Kuliner terdekat

Ekowisata taman mangrove menjadi daya tarik yang dimiliki oleh Desa Pasir Putih di pesisir utara Karawang. Selain dikenal sebagai kampung nelayan dengan hasil perikanan yang sangat potensial seperti udang dan rajungan (kepiting laut).

Desa ini semakin menarik untuk dikunjungi dengan adanya kawasan hutan mangrove yang berdiri di lahan seluas 20 hektar.

Panorama di sekeliling mangrove cukup eksotis dan suasana udara yang segar. Pemandangan hijau dari beragam jenis tanaman bakau yang langsung menghadap ke lautan.

Kamu bisa menikmati hamparan ombak di pesisir utara laut Jawa sekaligus mengamati keanekaragaman satwa di sana. Di antaranya, ada beragam jenis ikan dan burung seperti burung kuntul dan burung blekok.

Membawa anak-anak berwisata ke tempat ini juga sangat tepat untuk mengedukasi tentang kelestarian alam. Di sini dapat dijumpai bapak-bapak yang tengah melakukan pembibitan mangrove.

Pemanfaatan mangrove penting dalam melindungi daratan dari abrasi atau pengikisan yang diakibatkan oleh hempasan ombak laut di tepi pantai. 

Yang gemar mengambil foto, kawasan mangrove Pasir Putih dapat menjadi tempat yang ideal untuk dikunjungi. Banyak spot menarik yang bagus untuk ditangkap kamera dari berbagai sudut.

Beberapa fasilitas di sini sudah cukup memadai. Ada gazebo, aula, menara pantau, dermaga, pembibitan mangrove serta beberapa warung makan.

4. Pantai Samudera Baru

Pantai Karawang Pantai Samdera Baru
Pantai Samdera Baru, Karawang (sumber: Instagaram @pantaisamuderabaru)
LokasiSungaibuntu, Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 21 menit (110.7 km) via Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed
Objek wisata menarik dekat Pantai Samudera Baru » Pantai Jalasena (6 menit (1,6 km) melalui Jl. Cemara Jaya)
» Pantai Pelangi (6 menit (2,1 km) melalui Jl. Cemara Jaya)
Penginapan terdekat» Wisma Gahalta (1 jam 15 menit (41,0 km) lewat Jl. Cilebar)
Kuliner terdekat» Rumah Makan Keluarga (2 menit (350 m) dari Pantai Samudera baru)

Keeksotisan pasir pantainya yang berwarna hitam dan lembut dikatakan mirip dengan pantai di Bali. Pantai yang masih alami dan belum banyak tereksplor ini juga memiliki garis pantai yang sangat panjang.

Sehingga, kebanyakan pengunjung dapat memarkir kendaraannya dekat dengan bibir pantai. Berlokasi sekitar 40 km di utara kota Karawang, akses wisata ke Pantai Samudra Baru cukup mudah. Ada berbagai aktivitas menarik untuk menghabiskan waktu di pantai ini.

  • Berenang di pantai.

Air di pantai sangat dangkal hingga ratusan meter ke tengah lautan. Jadi, bisa leluasa bermain ataupun berenang di pantai. Di sepanjang pesisir pantai banyak disewakan ban atau pelampung berbagai bentuk, seperti donat, lumba-lumba dan lainnya. Harga sewanya mulai dari 10ribu.

  • Wisata perahu.

Menikmati keindahan sampai ke tengah lautan dengan menaiki perahu wisata akan memberikan pengalaman yang berkesan. Tarifnya  murah hanya 10ribu per orang. Ukuran perahunya cukup besar yang dapat mengangkut hingga 10 penumpang. .

  • Naik delman.

Berkeliling menyusuri di sepanjang pinggir pantai hingga ke ujung dengan menggunakan delman, pastinya mengasyikkan!. Untuk sekali jalan perlu merogok kocek kurang lebih 25ribu saja.

  • Oleh-oleh ikan segar.

Selesai kulineran masakan khas laut yang ditawarkan rumah-rumah makan di sini. Jangan lupa mampir berburu oleh-oleh beragam jenis ikan segar di pasar pelelangan ikan Pantai Samudra.

5. Pantai Cibendo

Pantai Karawang Pantai Cibendo
Pantai Cibendo, Karawang (sumber: instagram.com/karawang_kekinian/)
LokasiCiparagejaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 5 menit (105.6 km) via Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed
Objek wisata menarik dekat Pantai Cibendo » Pantai Tanjung Baru (15 menit (3,3 km) melalui Jl. Tj. Baru)
Penginapan terdekat» Raka Residence Syariah (58 menit (35,4 km) lewat Jl. Raya Syeh Quro)
Kuliner terdekat» RM Moro Seneng (4 menit (850 m) dari Pantai Cibendo)

Panorama pantai Cibendo cukup eksotis dan populer sebagai tujuan wisata bahari di Karawang. Pantai ini biasa dikenal dengan Pantai Ciparage. Salah satu obyek wisata pantai paling tertua usianya jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Karawang.

Lokasi pantai ini juga menjadi daya tarik. Berada di desa nelayan Ciparage yang letaknya tidak jauh dari tempat lelang ikan Mina Ciparage Jaya. Aksesnya mudah di jangkau dan jika dari jalan raya Tempuran hanya berjarak sekitar 5 kilometer.

Sebelum memasuki kawasan pantai, pandangan dimanjakan hamparan tambak udang dan ikan milik warga yang membentang di kiri kanan jalan.

Tidak hanya pemandangan pesisir pantainya saja yang indah, tetapi panorama bawah laut di pantai Cibendo. Obyek wisata ini diyakini sangat cocok untuk kegiatan snorkeling dan penyelaman, karena memiliki terumbu-terumbu karang alami di lepas pantai.

Tidak jauh dari pantai Cibedo, pengunjung bisa berwisata bahari ke Pulo Karang dan Pulo Pasir dengan menggunakan perahu-perahu nelayan. Biaya untuk naik bahtera ini mulai dari 20ribu per orang.

Setelahnya, kamu dapat mencoba kulineran hidangan laut yang dijajakan di warung-warung makan sekitar. Sembari menunggu matahari tenggelam, suasana sunset di sini tak kalah syahdunya. Matahari mulai turun ke peraduan dan langit perlahan di dominasi oleh gradasi warna oranye kemerahan.

6. Pantai Pelangi

Pantai Karawang Pantai Pelangi
Pantai Pelangi, Karawang (sumber: Instagram @abellalatas09)
LokasiSungaibuntu, Pedes, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 23 menit (112.0 km) via Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed
Objek wisata menarik dekat Pantai Pelangi » Pantai Samudera Baru (6 menit (2,1 km) melalui Jl. Cemara Jaya)
» Pantai Wisata Alam Baru (6 menit (2,0 km) melalui Jl. Cemara Jaya)
Penginapan terdekat» Swiss-Belinn Karawang (1 jam 14 menit (40,0 km) lewat Jl. Raya Sungai Buntu dan Jl. Proklamasi)
Kuliner terdekat

Jika sedang mengunjungi Panta Samudra Baru, jangan lupa singgah ke Pantai Pelangi. Lokasinya hanya berjarak sekitar 1 kilometer dan masih satu bentangan dengan Pantai Samudra Baru. Pantai Pelangi terbilang obyek wisata baru di Karawang.

Kendati Pantai Pelangi masih dalam tahap berbenah. Fasilitas di pantai ini cukup memadai. Mengusung moto “Murah, Aman, Nyaman”, Pantai Pelangi ingin memberikan pengunjung pengalaman berkesan saat berlibur di sini.

Pantai Pelangi memiliki bentangan bibir pantai sepanjang 1,5 km dengan pesona hamparan pasir hitam yang indah. Menikmati semilir angin sepoi-sepoi sembari menyaksikan di sekitar lokasi jajaran tambak-tambak ikan milik nelayan.

Untuk menghibur pengunjung, pantai ini menyediakan wahana bermain anak-anak serta panggung live music di pesisir pantai. Inilah yang mungkin tidak ditemukan di pantai-pantai lainnya di Karawang.

Jika ingin merasakan melancong ke tengah lautan, dapat menyewa perahu wisata dengan membayar harga tiket mulai dari 20ribu. Pemandu membawa berkeliling sejauh 2 km dari bibir pantai. Mau berenang di pantai, bisa menyewa perahu karet seharga 5ribu dan dapat dipakai sepuasnya.

Perut terasa lapar selepas bermain di pantai. Di sini tersedia  20 warung makan tanpa ada karaoke di setiap tempatnya. Harga menunya pun sama rata dengan warung lainnya. 

Apalagi makan bersama di balai joglo yang menghadap langsung ke pantai. Menyantap hidangan laut sembari memandang lautan luas dan deburan ombak.

7. Pantai Tanjung Baru

Pantai Karawang Pantai Tanjung Baru
Pantai Tanjung Baru, Karawang (sumber: instagram.com/azmitaufan/)
LokasiDesa Pasirjaya, Cilamaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rute menuju tempat wisata2 jam 19 menit (108.5 km) via Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed
Objek wisata menarik dekat Pantai Tanjung Baru » Mangrove Tanjungbaru (5 menit (1,1 km) melalui Jl. Tj. Baru)
» Pantai Cibendo (14 menit (3,3 km) melalui Jl. Tj. Baru)
Penginapan terdekat
Kuliner terdekat

Pesona Pantai Tanjung Baru terbilang cukup populer di Karawang sebagai destinasi wisata keluarga. Berjarak 45 km dari pusat kota Karawang, pantai ini memiliki panorama cukup eksotis dengan hamparan pasir sepanjang bibir pantai.

Sejauh mata memandang, pasir pantai lembut tampak berwarna putih. Ini dikarenakan pasir pantai yang berwarna coklat muda bercampur dengan serpihan-serpihan kulit kerang.

Kawasan pantai juga berdekatan dengan hutan mangrove. Hamparan hijau hutan bakau beserta habitat satwanya seperti burung-burung menambah keasrian di pantai ini.

Banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dinikmati. Seperti berburu foto di spot instagenic, menikmati sunset, memancing, bermain pasir, dan masih banyak lagi. Kontur pantai yang landai serta ombak yang tenang, pantai ini terbilang aman untuk anak-anak bermain wahana air.

Anak-anak yang ingin berenang bisa menyewa pelampung yang banyak disewakan di pinggiran pantai. Di sini juga disewakan perahu nelayan setempat bila ingin berkeliling menikmati keindahan laut dan pemandangan hutan bakau lebih dekat.

Pantai Tanjung Baru ternyata memiliki keistimewaan yang berbeda dengan pantai lainnya di Karawang. Di tengah lautan pantai ini terdapat hamparan Pulau Karang yang luas. Dengan menggunakan perahu sekitar setengah jam perjalanan.

Di pulau ini pengunjung bebas untuk tempat bermain. Airnya bening dan sangat bersih. Kedalaman airnya pun hanya sebatas betis orang dewasa, sehingga pasir dan karang dapat terlihat jelas.

8. Pantai Tangkolak

Pantai Karawang Pantai Tangkolak
Pantai Tangkolak, Karawang (sumber: Instagram @fitri.marsa27)
LokasiRH96+9Q8, Sukakerta, Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata2 jam 33 menit (115.1 km) via Jl. Layang Sheikh Mohammed Bin Zayed
Objek wisata menarik dekat Pantai Tangkolak» Pusat Edukasi Taman Ekowisata Tangkolak Karawang, Indonesia (3 menit (750,0 m) lewat Jl. Tangkolak Barat)
» Pantai Pasir Putih Cilamaya Karawang (11 menit (2,8 km) melalui Jl. Tangkolak Barat)
Penginapan terdekat» Wisma Gahalta (1 jam 21 menit (45,5 km) lewat Jl. Singaperbangsa)
Kuliner terdekat» Kedai barokah (20 menit (8,2 km) lewat Raya Suka Jaya)

Pantai Tangkolak mulai mencuri perhatian sebagai tujuan baru wisata bahari di Karawang yang menawarkan beragam kekayaan alam memukau. Lokasi pantai tidak jauh dari pusat kota, memerlukan waktu perjalanan sekitar 30 menit.

Meski belum setenar seperti pantai-pantai lainnya di Karawang, namun banyak hal bagus yang dapat dinikmati. Mulai dari snorkeling, kawasan mangrove, memancing, tempat pelelangan ikan, dan masih banyak lagi.

Perairan Tangkolak sudah dikenal sebagai museum bawah laut. Tempat ini menyimpan artefak kapal karam VOC zaman Belanda yang tenggelam ratusan tahun lalu. Oleh karenanya, perairan ini sering dijadikan spot diving oleh para penyelam.

Selain keunggulan enam titik snorkeling yang juga memiliki pemandangan bawah laut serta terumbu karang indah.

Bahkan tidak jauh dari pantai terdapat  Pulo Karang yang oleh warga setempat dikatakan mirip dengan wisata snorkeling di Raja Ampat.

Ukuran pulau ini unik hanya 100 meter persegi dan muncul ke permukaan sewaktu-waktu saja. Untuk menaiki kapal ke Pulo Karang, pengunjung bisa membayar 25ribu per orang

Tidak hanya sajian suasana pantainya yang sejuk. Kawasan mangrove melengkapi daya tarik yang dimiliki pantai ini. Hutan mangrove tampak lebat, indah dan tertata rapi. Terlihat burung-burung cerek banyak hidup di sini.

Dari pelataran hutan mangrove terdapat jembatan kayu yang sangat instagenic. Pengunjung dapat meniti jembatan bambu untuk menikmati panorama laut lepas lebih dekat.

9. Pantai Pulau Putri Cikeon

Pantai Karawang Pantai Pulau Putri Cikeong
Pantai Pulau Putri Cikeon, Karawang.
LokasiSegarjaya, Batujaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata2 jam 23 menit (65.3 km) via Jl. Raya Bekasi
Objek wisata menarik dekat Pantai Pulau Putri Cikeon» Pantai Pakis (38 menit (11,7 km) melalui Jl. Pantai Pakis)
» Pantai tanjung Sari (56 menit (18,2 km) melalui Jl. Raya Tambak Sumur)
Penginapan terdekat» Brits Hotel Karawang (1 jam 43 menit (53,7 km) lewat Jl. Raya Batujaya)
Kuliner terdekat

Pesona Pantai Pulau Putri Cikoen sangat indah dan alami. Keberadaan pantai masih sepi pengunjung dan ini belum banyak diketahui dibandingkan wisata pantai lainnya di Karawang. Pantai yang masih sangat bersih ini mempunya keunikan tersendiri.

Yakni berbentuk pulau dengan hamparan pasir hitam yang luas, air laut bening serta dihuni oleh aneka jenis burung. Pulau terbentang memanjang sekitar kurang lebih 5 kilometer. Sedangkan dari daratan dengan bibir pantai hanya 100 meter.

Pemandangan hijau mewarnai keindahan pantai ini. Di sekitar sisi pantai ditumbuhi oleh jajaran pohon-pohon cemara dan hutan bakau. Ini membuat suasana pantai terasa sejuk, teduh dan rindang.

Belum banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini. Sebab masih dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata unggulan. Jadi, biasanya pengunjung hanya bermain pasir dan berenang di sekitar tepian pantai.

Selebihnya duduk santai di bawah pohon rindang menikmati semilir segar angin laut dan pandangan luas ke laut lepas.

Sebenarnya letak Pantai Pulau Putri sangat strategis berada di lintasan jembatan Batujaya yang menghubungkan kabupaten Karawang dan Bekasi.

Sehingga jalurnya tidaklah sulit bagi wisatawan yang berasal dari Jakarta ataupun Bekasi untuk datang ke pantai ini. Akan tetapi, jalan menuju pulau belum bisa dilalui mobil, hanya dapat dilalui dengan sepeda motor.

10. Pantai Sarakan

Pantai Karawang Pantai Sarakan
Pantai Sarakan, Karawang (sumber: instagram.com/sule.n3/).
LokasiTambaksari, Tirtajaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rute menuju tempat wisata2 jam 37 menit (72.1km) via Jl. Raya Cabangbungin.
Objek wisata menarik dekat Pantai Sarakan » Pantai Tanjung Sari (1 menit (280 m) dari Pantai Sarakan)
Penginapan terdekat
Kuliner terdekat

Pantai Sarakan biasa disebut juga Pantai Tanjung Bali oleh masyarakat sekitar. Pantai ini masih sangat alami dan belum banyak terekspos. Meskipun dahulunya pantai ini sempat dikunjungi banyak wisatawan.

Namun sekarang tercemar oleh kerang hijau yang diduga kedatangan kerang hijau ini akibat tumpahan minyak di  laut. Hingga berdampak mengotori pantai dan menjadikan pantai ini sepi pengunjung. Meski demikian, pantai ini menyuguhkan pemandangan alam yang memesona.

Pantainya landai menyajikan bentangan pasir pantai luas memanjang dan ombak yang relatif tenang. Keindahan jernih birunya perairan yang menenangkan. Pemandangan hijau dari pohon-pohon bakau yang berjajar rapi di pinggir pantai.

Tampak burung-burung yang mendiami hutan bakau beterbangan menghiasi cakrawala. Bekas-bekas kolam penangkaran ikan yang hancur terkena abrasi menjadi spot foto yang cukup ciamik.

Fasilitas di pantai ini masih minim. Pengunjung yang datang biasanya hanya bermain air dan pasir, serta berjalan kaki menyusuri bibir pantai. Namun, tak sedikit pengunjung yang memanfaatkan tempat ini sebagai spot memancing dan berburu rajungan.

Lokasi pantai ini juga biasa dijadikan tempat camping bagi anak-anak muda. Menikmati kemegahan alam mulai dari sunset hingga sunrise.

Akses menuju Pantai Sarakan masih belum bisa dilalui oleh mobil. Perjalanan hanya dapat menggunakan kendaraan roda dua. Sepanjang perjalanan menuju pantai akan melewati hamparan pematang tambak di sisi kiri kanan jalan. Jadi, harus ekstra hati-hati!

Itulah rekomendasi 10  wisata pantai terpopuler di Karawang yang sangat layak untuk dikunjungi. Semoga bisa menginspirasi kamu yang saat ini sedang mencari referensi wisata pantai untuk liburan akhir pekan.

Selalu ingat untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga ketika berwisata di pantai. Biasakan menjaga kebersihan sekitar agar tidak merusak dan mengotori keindahan pantai. Selamat berlibur di pantai!

Previous Article

Pulau Manakah di Indonesia yang Tidak Memiliki Gunung Api?

Next Article

10 Rekomendasi Pantai Terbaik di Kalimantan (2022)

Tinggalkan komentar