Review Pantai Nihiwatu: Lokasi, HTM, Foto & Kelebihannya

Artikel ini membahas secara lengkap tentang pantai Nihiwatu.

Jika kamu ingin tahu:

  • Rute menuju pantai Nihiwatu.
  • Harga tiket masuk ke pantai Nihiwatu.
  • Fasilitas wisata yang ada di pantai Nihiwatu.
  • Spot foto menarik di pantai Nihiwatu.
  • Kelebihan pantai Nihiwatu.

Maka kamu pasti menyukai pembahasan dari artikel review pantai Nihiwatu ini.

Penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

Sekilas tentang pantai Nihiwatu

Sekilas Tentang Keindahan Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur (sumber: instagram.com/nihi/)
Nama taman wisataPantai Nihiwatu
LokasiKota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
TeleponKantor di Sumba (+628113978550)
Kantor di Bali (+6281138212910)
Waktu wisata terfavoritSabtu dan Minggu, mulai dari pukul 08.00-10.00 dan pukul 14.00-16.00
Daya tarik Pantai NihiwatuSpot foto, surfing, snorkeling dan diving, pemandangan tebing karang, pemandangan sunset, aktivitas berkuda
Rating ulasan4,7/5.0 – 119 ulasan Google

Kalau sedang mencari hidden beach, kamu bisa meluncur ke Pantai Nihiwatu. Jadi, Pantai Nihiwatu merupakan pantai tertutup / private yang dikelola oleh pihak hotel NIHI Sumba. Jadi, kalau kamu ingin ke pantai Nihiwatu harus menyewa salah satu vila dari pengelola pantai. Di samping kecantikan dari pantai ini terdapat sebuah cerita menarik dari pengelola pantai.

Pertama kali, pasangan suami istri Claude dan Petra Graves, sampai di Sumba pada tahun 1988. Graves sendiri merupakan surfer (Peselancar). Pada saat itu, kedua orang tersebut sedang mencari pantai dengan ombak legendaris bernama God’s Left.

Setelah bertualang hingga menemukan pantai tersebut, keduanya jatuh cinta pada Sumba dan orang-orang di sana. Hingga muncul keinginan untuk membangun resort di Sumba. Inginnya, resort tersebut bisa mengenalkan keindahan Sumba kepada semua orang.

Pantai Nihiwatu berarti “batu mortar”, diberi nama tersebut setelah pantai ini pertama kali ditemukan. Saat itu, terdapat susunan berbatuan di sepanjang pantainya.

Di tahun 2012, cerita tentang keindahan Nihi tersebut terdengar oleh entrepreneur Amerika, Christopher Burch. Dia juga mendengar kalau Claude sedang mencari bantuan untuk memperluas resort di sana.

Burch lalu menghubungi seorang teman dari Hotel Carlyle New York, yang bernama James McBride. Dia adalah president Hotel YTL di Singapura pada saat itu. Burch mengajak McBride untuk mengunjungi Sumba. Kemudian, masih di tahun yang sama, Burch akhirnya melakukan perjalanan tersebut, dia juga mengajak ketiga anak laki-lakinya.

Dalam perjalanan inilah, Burch mengakuisisi NIHI sekaligus bermitra dengan McBride. Akuisisi tersebut merupakan investasi yang berhasil mengembangkan NIHI menjadi salah satu resort terbaik di dunia.

Nah, sekilas tentang Christopher Burch yang merupakan owner alias pemilik NIHI. Chris Burch, founder dan CEO Burch Creative Capital, merupakan seorang pengusaha dan investor. Selama hampir empat puluh tahun, Burch aktif di berbagai bidang industri.

Burch juga memberikan kontribusinya untuk menghidupkan kembali berbagai brand mewah dan teknologi. Brand-brand tersebut antara lain Faena Hotel + Universe, Jawbone, Tory Burch, Poppin dan Voss Water. Burch juga merupakan mantan anggota jajaran komisaris Tory Burch, Guggenheim Capital dan The Continuum Group.

Nah, juga ada sekilas tentang mitra dan CEO NIHI, James McBride. McBride diakui sebagai “One to Watch” oleh Bloomberg Businessweek’s Bloomberg 50. Dia juga mendapat penghargaan Independent Hotelier of the World oleh majalah Hotels.

James McBride merupakan hotelier global yang mengelola sejumlah hotel terkemuka di dunia. Semua berlangsung selama dua puluh lima tahun dalam perjalanan karier profesionalnya. McBride memiliki kreativitas yang tidak terbatas, juga punya pengalaman luar biasa seputar hotel.

McBride meningkatkan standar industri perhotelan, melalui ide-ide inovasi dan semangat kompetitifnya. McBride beralih menjadi entrepeneur hotel pada tahun 2012 saat dirinya bermitra dengan teman lama sekaligus investor, Chris Burch.

Kemudian, Nihiwatu diakuisisi pada tahun 2012 dan berganti nama jadi NIHI Sumba hingga kini. Setelah diakuisisi, resort ini mendapat penghargaan hotel nomor satu di dunia dalam World’s Best Awards majalah Travel + Leisure. Penghargaan ini didapat dalam dua tahun berturut-turut.

Lalu seperti apa akomodasi di resort terbaik ini? Jadi, menurut website resmi NIHI Sumba, ada 27 kamar dan vila pribadi dengan kolam renang di sini. Tipe kamar vila standar yaitu One Bedroom, Two Bedroom, Three Bedroom dan Four Bedroom. Selain itu, ada Secret Villa seluas 73,5 meter persegi dan Owner’s Estate seluas 5.233 meter persegi.

Kalau mau menginap di vila NIHI Sumba, tarifnya terbilang cukup fantastis. Vila ini lebih ideal untuk kalangan atas. Sedangkan, tarifnya dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu Green Season, Shoulder Season, dan High Season.

Green season adalah periode tertentu di Afrika, yaitu ketika musim hujan dan cuacanya hangat. Periode ini pun diterapkan di NIHI Sumba. Periode Green Season NIHI Sumba terkini yaitu:

  • 8 Januari – 31 Maret 2022
  • 9 Januari – 31 Maret 2023

Shoulder Season adalah periode di antara masa puncak liburan dan musim sepi kembali. Periode Shoulder Season NIHI Sumba terkini yaitu:

  • 25 April – 31 Mei 2022
  • 1 September – 15 Desember 2022

High Season adalah masa puncak liburan dalam setahun. Di periode ini, wisatawan paling ramai berkunjung ke resort, hotel, dan atraksi turis. Tarif pun paling tinggi pada periode ini. Periode High Season NIHI Sumba terkini yaitu:

  • 1 Juni – 31 Agustus 2022
  • 16 Desember 2022 – 8 Januari 2023

Sementara, kisaran tarif juga bergantung pada jumlah kamar pada vila. Berikut tarif untuk vila di beberapa season.

PeriodeJumlah kamarTarif
Green Season High Season1Rp12 juta – Rp41 juta
Green Season High Season2Rp19 juta – Rp136juta
Green Season High Season3Rp85 juta – Rp103juta
Green Season High Season4Rp54juta – Rp182juta
Green Season High Season5Rp170juta – Rp223juta
Green Season High SeasonOwner’s EstateRp199juta – Rp275juta

Bukan hanya vila di resort yang fantastis, tapi pemandangan pantainya pun menawan. Pantai Nihiwatu memiliki pasir putih dengan ombak yang sangat tenang. Kamu pun bisa melihat air lautnya yang sebening kristal. Warna air lautnya bergradasi biru terang ke gelap semakin ke tengah laut.

Selain itu, kamu juga bisa berfoto di berbagai tempat yang ada di Pantai Nihiwatu. Setiap sudutnya menyajikan panorama yang menarik. Jadi, kamu bisa mengajak keluarga berlibur di sini, karena seru banget tempatnya. Kamu juga dapat menikmati liburan romantis bersama pasangan. NIHI Sumba juga menyediakan paket wedding untuk yang ingin mengadakan pesta pernikahan.

Jadi, Pantai Nihiwatu merupakan tempat wisata alam terbuka. Namun, wisata ini tersedia sebagai pantai private. Lokasinya pun jauh dari keramaian kota serta menyimpan keindahan yang masih alami. Pantai ini sendiri merupakan bagian dari resort kelas dunia, NIHI Sumba.

Pantai Nihiwatu dikelola oleh NIHI Sumba dan tidak sembarang orang bisa mengunjunginya. Hanya tamu yang menginap di resort yang bisa mengunjungi pantai memesona ini. Jadi, kamu perlu reservasi terlebih dahulu, dengan kisaran tarif vila seperti yang tercantum. Perlu diingat bahwa tarif dapat berubah sewaktu-waktu.

Daya Tarik Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu menawarkan sejuta pesona. Pantai ini memiliki daya tarik yang berbeda dari yang lain. Ketika mengunjunginya, kamu akan dibuat terpukau olehnya. Berikut daya tariknya yang bikin kamu betah berkunjung ke sana:

1. Mempertahankan kearifan lokal setempat

Pantai Nihiwatu Mempertahankan Kearifan Lokal Setempat
Resort dekat pantai di Nihiwatu (sumber: instagram.com/schorschal/)

Resort NIHI Sumba selalu berupaya untuk melestarikan alam dan budaya setempat. Hal tersebut juga terlihat dari arsitektur yang ada pada resort-nya, dengan dominasi kayu khas Sumba. Desainnya autentik sekaligus artistik. Di sekeliling resort, kamu pun bisa melihat kearifan lokal Sumba yang sangat alami.

2. Pantai dengan konsep ekoturisme

Pantai Nihiwatu Pantai Dengan Konsep Ekoturisme
Pantai Nihiwatu mengusung konsep ekoturisme (sumber: instagram.com/childsphotos/)

Pantai Nihiwatu yang dikelola NIHI Sumba adalah tempat wisata ekoturisme. Jadi, wisata ini memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai objeknya. Konservasi alam pun menjadi aspek utamanya. Nihiwatu juga memanfaatkan sumber daya manusia dari warga lokal, termasuk aspek budaya, sosial, dan ekonominya. Menarik, ya.

3. Lokasi resort Nihi Sumba di atas tebing

Pantai Nihiwatu Lokasi Resort Nihi Sumba Di Atas Tebing
Lokasi resort Nihi Sumba di atas tebing (sumber: instagram.com/a.unique.view/)

Tidak ada yang lebih baik dari lokasi wisata yang fenomenal. Pantai Nihiwatu begitu indah dengan tebing di kawasan pantainya. Di atas tebing inilah berdiri resort NIHI Sumba. Jadi, kamu bisa menyaksikan langsung keindahan Samudra Hindia dari kamar vila di ketinggian. Apalagi, tersedia vila-vila dengan kolam renang pribadi. Begitu nyaman sekaligus mengesankan.

4. Atraksi wisata sangat lengkap sekali

Atraksi Kuda Di Pantai Nihiwatu
Atraksi kuda di Pantai Nihiwatu (sumber: instagram.com/nihi/)

Jika disebutkan satu per satu, atraksi wisata di NIHI Sumba ada begitu banyak. Pantai Nihiwatu sendiri merupakan bagian dari resort NIHI Sumba. Sementara, tersedia atraksi mulai dari trekking, naik sepeda, berkuda, menikmati air terjun, hingga diving dan snorkeling. Kamu pun bisa jalan-jalan ke desa budaya setempat, serta menikmati kuliner khas daerah dengan minuman kelapa muda segar.

5. Membantu perekonomian warga lokal

Pantai Nihiwatu Membantu Perekonomian Warga Lokal
Pengelola Pantai Nihiwatu membantu perekonomian warga lokal (sumber: instagram.com/nihi/)

NIHI Sumba merupakan resort mewah yang bukan cuma sekadar tempat wisata. Resort di tepi pantai ini menyediakan lapangan kerja bagi warga lokal, sehingga membantu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan. Kawasan wisata ini juga berkontribusi dalam penyediaan layanan kesehatan. Juga menyediakan makan siang bergizi untuk anak sekolah, serta akses untuk air bersih.

Spot foto cantik di Pantai Nihiwatu

Nggak lengkap liburan mewahmu tanpa ada foto-foto kenangan tersebut. Ada sekitar lima spot foto menarik yang merupakan bagian dari NIHI Sumba. Ada spot foto berbayar, salah satunya surfing dengan biaya $100 USD atau sekitar Rp1.500.000 per hari. Berikut foto-foto cantik di Pantai Nihiwatu:

Spot Foto Cantik Di Pantai Nihiwatu
Berjalan santai setelah surfing di Pantai Nihiwatu (sumber: instagram.com/nihi/)
Foto Di Tepi Bibir Pantai Nihiwatu Menjelang Sunset
Foto di tepi bibir Pantai Nihiwatu menjelang sunset (sumber: instagram.com/mariefeandjakesnow/)
Pantai Nihiwatu Kolam Renang Di Resort Nihi
Kolam renang cantik di resort Nihiwatu (sumber: instagram.com/chrisliveinoz/)
Foto Bersama Kuda Cantik Dari Sumbawa
Berfoto di bibir Pantai Nihiwatu bersama kuda dari Sumba (sumber: instagram.com/dickyhere_kemahphotography/)
Berselancar Di Pantai Nihiwatu
Berselancar di Pantai Nihiwatu (sumber: instagram.com/childsphotos/)

Rute ke Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu merupakan pantai private sehingga penting sekali untuk memerhatikan rute menuju lokasi. Perlu diperhatikan, jika memilih jalur udara, kamu harus berangkat dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Denpasar, Bali. Sementara, ada juga rute lainnya melalui darat dan laut.

Berikut rute menuju Pantai Nihiwatu:

  • Jalur udara #1: Bali (Bandara Internasional Ngurah Rai) – Sumba (Bandara Tambolaka) dan sebaliknya.
  • Jalur udara #2: Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) – Sumba (Bandara Tambolaka) via Kupang dan berlaku untuk sebaliknya.
  • Jalur udara #3: Surabaya (Bandara Internasional Juanda) – Sumba (Bandara Tambolaka) via Kupang dan berlaku untuk sebaliknya.

Catatan:

Untuk jalur udara pertama dan kedua terdapat 2 maskapai yang mendukung yaitu Wings Air dan Nam Air. Kemudian untuk jalur udara ketiga terdapat 2 maskapai yaitu Lion Air dan Citilink. Namun, jika kamu tidak ingin ribet maka pihak Nihi memberikan sebuah pilihan menarik.

NIHI Sumba dapat memesankan tiket penerbangan pulang pergi sesuai maskapai pilihanmu seharga USD605 atau sekitar Rp8,8 jutaan. Harga sudah termasuk layanan penjemputan VIP di Bali, fasilitas kursi tunggu VIP di bandara Bali dan Tambolaka.

Lalu, ada jatah bagasi sampai 25kg di maskapai Nam Air, dan 20kg di Wings Air. Tiket tersebut juga termasuk pengurusan bagasi, pajak bandara, serta antar jemput bersama penumpang lain ke resort dari Bandara Tambolaka.

Sementara, pihak NIHI Sumba juga memberikan pilihan layanan antar jemput dari bandara Tambaloka ke resort. Tarif antar jemput tersedia untuk perorangan dan pasangan. Tarifnya USD182 atau Rp2,6 jutaan per orang, atau USD333 atau Rp4,8 jutaan per pasangan dalam satu mobil. Juga ada alternatif untuk tamu yang menggunakan mobil pribadi, tarifnya USD569 atau Rp8,3 jutaan, maksimal 4 orang.

Namun, kalau dari bandara ingin naik kendaraan umum ke lokasi, satu-satunya cara yaitu dengan menyewa oto. Oto adalah sebutan untuk mobil oleh penduduk lokal. Untuk sewa mobil tersebut, kisaran tarifnya Rp400 ribuan sampai Rp650 ribuan per hari. Tarif tersebut sudah termasuk bensin dan driver.

Ada sedikit catatan untuk turis mancanegara. Apabila wisatawan asing berlibur ke Pantai Nihiwatu Indonesia, harus pakai paspor minimal enam bulan masih aktif. Juga wajib ada satu halaman kosong di visa pada cap kedatangan. Tanpa memenuhi persyaratan tersebut, wisatawan tidak akan diizinkan untuk naik pesawat.

  • Jalur darat dan laut: Banyuwangi (Pelabuhan Ketapang) – Bali (Pelabuhan Gilimanuk) – Bali (Pelabuhan Padang Bai) – Lombok Barat (Pelabuhan Lembar) – Lombok Timur (Pelabuhan Kayangan) – Sumbawa (Pelabuhan Poto Tano) – Bima (Pelabuhan Sape) – Sumba Barat Daya (Pelabuhan Waikelo)

Fasilitas wisata di pantai Nihiwatu

Di Pantai Nihiwatu, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas wisata yang disediakan resort NIHI Sumba.

Fasilitas untuk atraksi di laut:

  • Surfing
  • Kite surfing
  • Hydrofoiling
  • Memancing dan spearfishing (berburu ikan dengan tombak)
  • Berenang dengan kuda
  • Survival apnea
  • Naik kapal
  • Stand-up-paddle
  • Snorkeling
  • Jet-ski

Fasilitas untuk atraksi di darat:

  • Sumba expedition
  • Trekking di Blue Waterfall
  • Petualangan di Sungai Wanukaka
  • Rice island trek & brunch
  • Nihioka trek & breakfast
  • Lamboya highlands trek
  • Bersepeda di gunung
  • Spa safari Nihioka
  • Menunggang kuda
  • Golfish

Fasilitas untuk atraksi kebudayaan lokal:

  • Sumba foundation tour
  • Mengajar Bahasa Inggris
  • Natural remedies workshop
  • Tenun ikat
  • Tur market & art shop
  • NIHI Pasola

Fasilitas untuk atraksi pengalaman kuliner:

  • Mixology class
  • Kelas memasak masakan Indonesia
  • Kelas memasak masakan Jepang
  • Chris and Charly’s Chocolate Factory

Fasilitas kapal untuk keliling pulau-pulau di sekitar pantai:

  • Rascal Voyage
  • Aqua Blu

Fasilitas untuk atraksi anak-anak:

  • Kids pony club
  • Kids’ Spa-tacular
  • NIHI Wildlings

Fasilitas yoga untuk relaksasi:

  • Hatha Yoga
  • Vinyasa Flow
  • Yin Yoga
  • Katonah Vinyasa
  • Restorative Yoga
  • Kundalini Yoga
  • Moon Yoga
  • Meditation & Breath-work
  • Sumba Warrior
  • Private lessons
  • Special workshops

Fasilitas spa untuk relaksasi:

  • Journeys
  • Pijat
  • Body treatments
  • Enhancement & facial
  • Kids’ Spa-tacular (spa untuk anak)

Fasilitas di vila paling standar tipe One Bedroom (harga mulai dari USD818 atau Rp12 jutaan per malam):

  • Tempat tidur king size
  • Round bathtub indoor untuk 2 orang
  • Kolam renang private
  • Area makan dan hiburan outdoor
  • Beach bag
  • Sandal
  • Jubah mandi
  • Brankas
  • AC
  • Pembasmi serangga
  • Cermin dengan lampu
  • Lemari besar bisa untuk menggantung pakaian
  • Hair dryer
  • Minibar
  • Koneksi Wi-Fi
  • Matras yoga
  • Guest Kapten

Fasilitas di vila paling luas tipe The Owner’s Estate (harga mulai dari USD14.030 atau Rp205 jutaan per malam):

  • Tempat tidur king size
  • Outdoor shower (kamar mandi shower outdoor)
  • Kolam renang private
  • Area makan dan hiburan indoor dan outdoor
  • Walking-in closet (lemari pakaian terbuka dalam satu ruangan sendiri)
  • Balkon dengan view laut dan bathtub
  • Meja kerja
  • Beach bag
  • Sandal
  • Jubah mandi
  • Brankas
  • AC
  • Pembasmi serangga
  • Kipas angin gantung
  • Cermin dengan lampu
  • Lemari besar bisa untuk menggantung pakaian
  • Hair dryer
  • Minibar
  • Koneksi Wi-Fi
  • Matras yoga
  • Guest Kapten

5 kelebihan pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu punya kelebihan yang membuat kamu betah di sana, yaitu:

1. Pemandangan eksotis memanjakan mata

Pantai Nihiwatu menghadap langsung ke Samudra Hindia. Selain itu, ada resort NIHI Sumba yang berada di atas tebing. Setiap sudut area pantai ini memiliki pemandangan menakjubkan.

2. Pantai benar-benar bersih dan terawat

Tidak hanya indah tapi Pantai Nihiwatu juga bersih. Pantai ini pun memiliki suasana tenang sehingga terasa seperti pantai pribadi.

3. Sangat ideal untuk tempat surfing

Untuk yang suka surfing atau berselancar, Pantai Nihiwatu menawarkan ombak yang sempurna. Kamu bisa menikmati pengalaman surfing mewah di pantai kelas dunia ini.

4. Tersedia resort mewah nihi sumba

Seperti yang kita tahu bahwa Pantai Nihiwatu adalah pantai private bagian dari resort NIHI Sumba. Resort-nya juga menawarkan akomodasi mewah yang sekaligus menyatu dengan alam.

5. Ada paket untuk acara pernikahan

Apabila ingin mengadakan acara pernikahan, ada layanan paket wedding dari NIHI Sumba. Jadi, tidak perlu pusing lagi, karena semua dipersiapkan oleh pihak resort.

5 kekurangan pantai Nihiwatu

Di Pantai Nihiwatu juga ada kekurangan yang mungkin bikin nggak nyaman, yaitu:

1. Lokasi dapat dikatakan terpencil

Lokasi Pantai Nihiwatu begitu terpencil. Jadi, aksesnya jauh juga dari kota. Pantai ini tidak cocok untuk yang ingin wisata alam santai dan dekat dari kota.

2. Tarif menginap terbilang sangat tinggi

Boleh dibilang kalangan yang dapat menginap di NIHI Sumba hanyalah crazy rich. Kamu perlu merogoh kocek minimal dua belas jutaan hanya untuk biaya akomodasi menginap semalam.

3. Batas minimum menginap 3 malam

Menginap semalam saja sudah mikir-mikir, ternyata malah ada batas minimum menginap di NIHI Sumba. Berdasarkan website resminya, minimum menginap di NIHI Sumba adalah 3 malam. Sementara, saat High Season dan libur Imlek, minimum menginap jadi 5 malam.

4. Sulitnya sarana transportasi umum

Transportasi umum ada di kota, tapi tidak sampai ke lokasi pantai. Jadi, harus menyewa oto atau mobil seharga empat ratus ribuan sampai tujuh ratus ribuan per hari.

5. Jalur darat dan laut cukup makan waktu

Kalau melalui jalur darat dan laut terbilang lebih murah. Namun, waktu yang dibutuhkan mungkin lebih lama daripada jalur udara dengan penerbangan. Kamu pun harus pergi dari pelabuhan ke pelabuhan melalui jalur darat dan menyeberang di laut.

Perkiraan biaya pengeluaran saat berwisata di pantai Nihiwatu

Untuk berwisata di Pantai Nihiwatu, biaya yang perlu dikeluarkan per orang mulai dari Rp16.500.000. Biaya tersebut untuk perjalanan jalur udara dan termasuk sewa mobil menuju pantai. Kalau mau bawa kendaraan sendiri juga boleh, kok. Ada penjelasan biaya lebih rinci di bawah.

Berikut perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di pantai Nihiwatu jika menggunakan jalur udara dan memesan vila terendah:

Biaya pesawat Jakarta – Bali (Denpasar)Rp782.000
Biaya pesawat Bali (Denpasar) – Sumba (Tambolaka)Rp1.730.000
Biaya sewa mobil untuk sampai di resortRp450.000
Biaya vila One Bedroom per malam (mulai dari)Rp12.000.000
Biaya berselancar per hari untuk satu orangRp1.500.000

Kesimpulan

Demikian ulasan tentang Pantai Nihiwatu yang merupakan bagian dari resort NIHI Sumba. Gimana, menarik ya, pantai ini. Apabila kamu pencinta pantai yang tidak memikirkan soal biaya, Pantai Nihiwatu layak menjadi tujuan liburanmu selanjutnya. Nikmati keindahan pantai dengan kemewahan tak terlupakan di Nihiwatu.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar