10 Rekomendasi Pantai Terindah di Pacitan yang Memesona

Pacitan merupakan salah satu kabupaten paling barat di Jawa Timur yang terkenal dengan keindahan alamnya. Pacitan memiliki kawasan karst yang indah dengan begitu banyak gua dan pantai yang memesona. Secara geografis, letaknya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Jadi, tidak heran Pacitan memiliki gugusan pantai selatan yang cantik.

Pesona pantai-pantainya punya keunikan. Hamparan pasir putih, pemandangan laut lepas, dan beberapa bahkan memiliki air terjun. Jika kamu ingin liburan ke sana, kami punya rekomendasi bagus. Berikut 10 rekomendasi pantai di Pacitan yang memesona:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Klayar

Pantai Pacitan Pantai Klayar
Pantai Pacitan, Jawa Timur (kredit gambar: @pantaiklayar24jam).
 LokasiKendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp15.000 (dewasa), Rp10.000 (anak-anak).
Telepon
Rating ulasan4,5/5.0 – 11.584 ulasan Google.

Pantai Klayar menjadi destinasi andalan di Pacitan yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai eksotis dengan laguna yang indah dan formasi batuan berupa sphinx, suling laut dan karang bolong.

Pantai yang landai dan memiliki keindahan mirip Tanah Lot di Bali ini terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Akses menuju lokasi sangat mudah. Berjarak 35 kilometer dengan waktu perjalanan satu jam dari pusat kota Pacitan.

Hamparan pasir putih yang indah menyambut wisatawan yang datang. Di sisi timur pantai terlihat struktur berbatuan yang sangat unik dan menawan. Formasi ini disebabkan oleh abrasi air laut dan angin dalam waktu yang lama, sehingga terbentuklah karang-karang bolong.

Pantai Klayar diapit oleh tebing-tebing tinggi dan terdapat menara pandang yang ingin menikmati leluasa pemandangan. Salah satu tebingnya jika dari kejauhan bahkan terlihat seperti sphinx di Mesir,

Kamu juga dapat menikmati fenomena alam bernama seruling laut. Begitu ombak menerjang berbatuan, air laut yang masuk akan menyembur keluar melalui lubang-lubang dan mengeluarkan suara mirip seruling bambu. Air mancur alami ini tingginya bisa mencapai 10 meter.

Klayar juga masuk dalam deretan surga wisata selancar. Identitas pantai selatan dengan ombak yang tinggi adalah keuntungan bagi pantai ini menjadi surga peselancar untuk menaklukkannya.

Pantainya juga tidak terlalu dalam, jadi memungkinkan untuk pemula. Jika tidak memiliki peralatan berselancar, tempat ini menyewakan alat dan mengadakan kursus bagi yang ingin belajar.

2. Pantai Watu Karung

Pantai Pacitan Pantai Watu Karung
Pantai Watu Karung, Pacitan, Jawa Timur (kredit gambar: @gerypasirputih_surfcamp).
LokasiPringkuku, Ketro, Watukarung, Kec. Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp10.000 (dewasa), Rp5.000 (anak-anak).
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 4.537 ulasan Google.

Pantai Watu Karung memesona dengan bukit karang, air biru kehijauan, pasir putih lembut membentang, dan tempat favorit berselancar. Pantai yang masih perawan ini terletak tidak jauh dari Srau.

Hanya berjarak 30 kilometer dari pusat kota, menempuh perjalanan sekitar 45 menit. Jalan menuju pantai ini berkelok-kelok dan mendaki. Tetapi, pemandangan kawasan karst Gunung Sewunya sangat indah.

Pantai yang berlokasi di Dusun Watu adalah surga bagi peselancar yang lebih populer di kalangan turis asing daripada lokal. Meski lokasinya cukup terpencil namun asri, bersih dan tenang. Ini membuat banyak peselancar profesional betah berlama-lama tinggal di sini selama berbulan-bulan.

Posisi pantai yang menghadap ke Samudra Hindia, menjadi alasan mengapa Watu Karung memiliki ombak besar menantang mencapai 5 meter. Yang paling menarik adalah sensasi reef break dan ombak besar yang membuat banyak peselancar jatuh hati.

Apalagi semenjak tenar oleh foto-foto keren peselancar Bruce Irons, Juara Rip Curl Pro Search 2008 berselancar di pantai ini. Membuktikan bahwa Watu Karung memiliki ombak kelas dunia.

Waktu terbaik untuk berselancar di Watu Karung sekitar bulan April-Oktober. Tidak ada penyewaan papan selancar di sini, jadi harus membawa papan sendiri.

Tidak jauh dari pantai, terdapat pasar ikan yang menjual berbagai jenis ikan segar. Nikmati barbeque ikan ala lokal di pantai setelah seharian berselancar. Bagi yang ingin menginap, ada banyak homestay dan resort di depan pantai sehingga bisa menikmati matahari terbenam.

3. Pantai Soge Pacitan

Pantai Pacitan Pantai Soge Pacitan
Pantai Soge Pacitan, Jawa Timur (sumber: @exploredolan.id).
LokasiDondong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp10.000/orang.
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 3.549 ulasan Google.

Surga di kawasan pesisir selatan Pacitan ini menjadi obyek wisata baru yang tengah populer. Ini di mulai sejak pemerintah membangun jalan tol selatan sepanjang 70 km di kawasan itu. Pantai Soge, sangat menarik karena letaknya tepat di pinggir jalan raya.

Pantai ini berada di sisi selatan Jalur Lintas Timur kota Pacitan. Jaraknya dari pusat kota sekitar 24 km, dibutuhkan 30 menit waktu berkendara. Belum ada transportasi umum, pilihannya menggunakan mobil atau motor.

Banyak wisatawan lokal menyempatkan singgah ke pantai Soge. Untuk sekedar menikmati sejuknya angin laut, bermain di muara pantai yang airnya jernih dan berpasir putih. Berselfie foto dengan panorama latar yang menawan, dikeliling perbukitan serta barisan nyiur hijau pohon kelapa.

Di sini juga terdapat kolam air tawar alami yang bisa dikunjungi wisatawan menggunakan perahu wisata. Dengan biaya sewa 15ribu per orang bisa menikmati mengelilingi danau ini.

Suguhan pemandangan menakjubkan lainnya, seperti Jembatan Soge yang terletak di sepanjang jalan selatan dekat pantai. Bergaya futuristik terbuat dari pipa melengkung di bagian atasnya sehingga terlihat seperti kubah besar.

Tempat ini menggoda banyak wisatawan berswafoto dan mengagumi keindahan pantai dari jembatan sepanjang 50 meter ini. Jembatan Soge menjadi salah satu ikon jalan selatan Pacitan karena desainnya berbeda dengan jembatan lainnya.

Menghabiskan waktu dua jam di Pantai Soge tidak akan cukup. Pengunjung pasti akan menghabiskan waktu mereka dari senja hingga fajar untuk melihat matahari terbit dan tenggelam.

4. Pantai Kasap

Pantai Pacitan Pantai Kasap
Pantai Kasap, Jawa Timur (sumber: @pantaikasapwatukarung).
LokasiGumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari, 06.00 – 17.30 WIB.
Harga Tiket MasukRp7.000/orang.
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 3.308 ulasan Google.

Pantai Kasap adalah salah satu pantai favorit di Pacitan. Pantai ini tergolong masih sangat alami. Orang sering menyebutnya sebagai Raja Ampat Pacitan, mengacu pada jumlah enam pulau kecil yang ada di lepas pantai ini. 

Terletak di Desa Jlubang, Kecamatan Pringkuku, pantai Kasap berada berdekatan dengan pantai Watu Karung. Pantai ini memiliki ciri khas umumnya pantai selatan, yaitu pasir putih, koral, dan berombak.

Pantai Kasap memiliki dua lokasi keindahan pantai dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Untuk menjelajahi pantai Kasap yang mirip dengan Raja Ampat di Papua, harus melewati jalan setapak di tepi tebing. Kurang lebih 1 kilometer dengan berjalan kaki ke bukit.

Sesampainya di atas bukit, akan dimanjakan panorama pulau-pulau kecil di tengah laut. Banyak pengunjung mengabadikan momen dengan berfoto latar belakang keindahan pantai Kasap yang dijuluki Raja Ampat Pacitan.

Sepanjang berwisata di sini, kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat memesona. Mulai deburan ombak yang menggulung ke arah bibir pantai hingga hamparan birunya laut. Meskipun matahari sangat terik tetapi tidak terasa panas karena semilir sepoi-sepoi angin laut membuat tempat ini sejuk.

Ingin sensasi berbeda? Bisa mendaki bukit berumput hijau di sisi kiri pantai dan nikmati keindahan pantai dari atas bukit. Di tempat ini juga spot terbaik menyaksikan matahari terbenam dari atas bukit. Tidak hanya itu, menaiki tebing-tebing di atas pantai ini dapat melihat panorama di sebelah barat pulau-pulau Watu Karung.

5. Pantai Banyu Tibo

Pantai Pacitan Pantai Banyu Tibo
Pantai Banyu Tibo, Jawa Timur (sumber: @pantaipacitan).
LokasiDesa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp10.000/orang.
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.595 ulasan Google.

Jika kamu penggemar berat pantai dan air terjun, pesona Banyu Tibo adalah destinasi yang sangat bagus. Daya tarik mengunjungi pantai dan air terjun dalam satu waktu, menawarkan petualangan seru. Pantai ini terletak di Desa Widoro Kecamatan Donorojo, kira-kira 30 menit di sebelah barat pantai Klayar.

Banyu Tibo memiliki nuansa pemandangan alam sangat berberda bila dibandingkan dengan pantai lainnya. Pasalnya, pantai ini punya keunikan dan ciri khas tersendiri. Sesuai dengan nama yang dalam bahasa Jawa, (banyu=air); (tibo=jatuh), diartikan sebagai “air jatuh”.

Fenomena unik pantai berpasir putih ini yaitu adanya air terjun yang jatuh langsung bermuara ke pantai. Sumber air terjun berasal dari air tawar di bawah tanah perbukitan karst di sekitar pantai. Mengalir seperti sungai kecil dengan airnya jernih naik di bibir pantai lalu turun ke pantai sebagai air terjun.

Wilayah pantai Bayu Tibo tidak terlalu luas. Saat air laut sedang pasang, kamu bisa menikmati pemandangan pantai indah dari atas tebing. Ketika bahari sedang surut, kamu bisa bermain di area pantai lengkap dengan air terjunnya.

Bermain di air terjun pastinya mengasyikkan apalagi jika volume air terjunnya cukup tinggi. Tapi jangan berenang di laut, karena ombaknya besar.

Fitur alam Banyu Tibo semakin memesona dengan berbatuan serta gugusan bukit yang menambah keindahan pemandangan alam. Kamu dapat menikmati kecantikan panorama BanyuTibo. Yang biasanya pada malam hari akan dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk mencari ikan atau memancing.

6. Pantai Srau

Pantai Pacitan Pantai Srau
Pantai Srau, Pacitan, Jawa Timur (sumber: @pantaisrau).
LokasiCandi Pringkuku, Area Peswahan, Candi, Kecamatan Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp10.000 (dewasa), Rp5.000 (anak)
Telepon 
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.089 ulasan Google.

Pantai ini dijuluki palm beach karena dikelilingi oleh banyak pohon kelapa. Pasir putih lembut serta batu karang menghiasi pantai adalah pemandangan menakjubkan di tempat ini. Pantai ini tersembunyi di balik perbukitan di bagian barat Pulau Jawa.

Inilah Pantai Srau yang terletak di Candi Pringkuku, Kecamatan Pacitan. Perlu waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari pusat kota. Jalur yang dilalui relatif sempit, berbukit dan belum ada angkutan umum menuju ke sini.

Saking luasnya, Srau terbagi menjadi tiga kawasan pantai. Pantai pertama tersaji pemandangan pasir putih yang tak terbatas. Airnya berwarna biru kristal dengan ombak besar berbusa putih. Di sekeliling pantai dihiasi berbatuan karang yang kokoh.

Kawasan pantai kedua lebih luas dan spot favorit pengunjung. Pasir putih dengan ombaknya yang tidak besar, sehingga memungkinkan pengunjung bisa bermain air di tepi pantai. Sedangkan pantai ketiga berbeda dari keduanya.

Di sini tidak memiliki pasir, hanya ada batu-batuan karang saja. Keindaha pantai menggoda pengunjung untuk hunting foto sebanyak-banyaknya. Paling sering adalah spot batu karang yang eksotis.

Tak hanya itu, ombak besar Srau sering dijadikan tempat unjuk gigi para peselancar lokal dan asing mencoba sensasi reef break. Perlu diketahui tidak ada akomodasi di Srau. Namun, kamu dapat mendirikan tenda di pantai indah ini.

Berkemah di dekat pantai menikmati rasi bintang malam hari dan menyaksikan sunrise di keesokan harinya. Srau menjadi surga para petualang yang menginginkan ketenangan.

7. Pantai Pidakan

Pantai Pacitan Pantai Pidakan
Pantai Pidakan, Pacitan, Jawa Timur (kredit gambar: @pantaipacitan).
LokasiGodeg Wetan, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp10.000/orang.
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 1.155 ulasan Google.

Pantai Pidakan tak kalah uniknya dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan. Pantai ini terkenal dengan hamparan kerikil yang membentang menyelimuti pasir di sepanjang pantai. Mungkin satu-satunya pantai dengan panorama kerikil memukau di Indonesia.

Berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, sekitar 50 kilometer dari kota Pacitan. Aksesnya mudah dijangkau, bisa melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) hanya 2 kilometer dari jalan raya.

Kerikil-kerikil di pantai ini berwarna putih bersih, sehingga menambah pesona kecantikannya. Hal unik dari Pidakan dibandingkan pantai lainnya adalah 70% material pantai berupa berbatuan alam yang bervariasi bentuk maupun ukuran. Sedangkan sisanya merupakan pasir putih.

Wisatawan bebas bermain dengan kerikil pantainya. Bagi yang punya hobi rock stacking atau menyusun batu dengan keseimbangan posisi tertentu. Bisa sepuasnya berkarya di pantai ini. Namun, wisatawan di larang untuk mengambil ataupun membawa pulang kerikil dan berbatuan pantai.

Selain itu, kerikil pantai di sini juga banyak dimanfaatkan wisatawan untuk terapi refleksi. Bermain di pantai bisa melihat bintang laut dan biota lainnya, seperti kepiting bakau, bulu babi, serta banyak cangkang kerang. Dengan pemandangan hamparan kerikil alam yang memesona.

Adanya mercusuar di dekat pantai semakin menambah daya tarik pantai ini. Deretan pohon kelapa bertebaran membuat sejuk suasana. Ingin lebih dekat dengan alam, bisa mendirikan tenda di camping ground yang disediakan. Pastinya seru berkemah dekat pantai ditemani deburan suara ombak malam hari.

8. Pantai Ngiroboyo

Pantai Pacitan Pantai Ngiroboyo
Pantai Ngiroboyo, Pacitan, Jawa Timur (kredit gambar: @wisatajatim.id).
LokasiKalak, Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp5.000/orang.
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 790 ulasan Google.

Menyusuri arus pesona Sungai Maron bermuara ke pantai indah dengan airnya yang jernih berwarna kebiruan. Pantai Ngiroboyo adalah akhir dari perjalanan susur Sungai Maron. Disinilah tempat pertemuan aliran arus sungai dan air laut. Suasana di pantai bak di private beach, begitu sepi berpadu pemandangan alam yang eksotis.

Pantai Ngiroboyo terletak di Dusun Sambi, Desa Sandang, Kecamatan Donorojo. Pantai ini memiliki keunikan tersendiri di antara pantai selatan lainnya. Biasanya pantai selatan selalu menyuguhkan pemandangan indah ditemani pasir putih yang menjadi ciri khas.

Namun berbeda dengan pantai Ngiroboyo. Mungkin ini satu-satunya pantai yang menawarkan pasir hitam di antara pantai selatan lainnya.  Sangat menakjubkan. Ketika terkena sinar matahari, pasir hitam terlihat berkilauan, terutama setelah ombak menyapu daratan pasir.

Pantai ini memang tidak berlebihan meski sering dijuluki sebagai mutiara hitam. Tidak setenar pantai lainnya di Pacitan, namun menyimpan pesona yang luar biasa. Kini, pantai Ngiriboyo juga tengah dikembangkan sebagai kawasan konservasi penyu.

Jarak dari kota Pacitan ke pantai Ngiroboyo hanya sekitar 29,4 km atau sekitar 57 menit dengan mobil.  Untuk menuju pantai Ngiroboyo tidaklah sulit.  Akses yang tersedia cukup mudah untuk ditempuh.  Ini bisa menjadi salah satu destinasi pantai yang paling direkomendasikan bagi para traveler.  Sebelum sampai di pantai Ngiroboyo akan disuguhkan dengan pemandangan pantai selatan lainnya.

9. Pantai Watu Bale Pacitan

Pantai Pacitan Pantai Watu Bale Pacitan
Pantai Watu Bale Pacitan, Jawa Timur (kredit gambar: @pantaipacitan).
LokasiJl. Pacitan-Trenggalek, Desa Jetak, Tulakan, Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari selama 24 jam.
Harga Tiket MasukRp5.000/orang.
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 492 ulasan Google.

Sejak di buka kembali Februari 2021, Pantai Watu Bale tidak sekedar menawarkan pemandangan alam yang memesona. Namun, adanya wahana baru yang menantang yaitu jembatan gantung. Wahana ini sukses menarik minat pengunjung lokal dari berbagai kota di luar Pacitan.

Yang penasaran ingin menguji adrenalin melewati jembatan gantung ekstrem ini. Jembatan sepanjang 100 meter yang menghubungkan pesisir karang pantai ke suatu pulau. Sensasi ketika melewatinya mungkin membuat jantung kamu berdebar-debar.

Tapi tidak perlu khawatir, pengamanan wahana ini sudah dipersiapkan dengan baik dan memenuhi standar. Mau menguji nyali di jembatan ini? Biaya yang dikeluarkan adalah Rp50.000/orang. Ini sudah termasuk foto selfi dengan latar pulau Watu Bale hingga momen deburan ombak.

Pantai Watu Bale berada di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan. Jaraknya masih dekat dengan pusat kota, hanya butuh waktu 45 menit dan aksesnya sangatlah mudah. Sesuai dengan namanya, pantai ini khas dengan ikon batu karang yang dikatakan mirip dengan bale atau balai dalam bahasa Indonesia.

Pantai ini juga terkenal sebagai salah satu pantai yang tidak berpasir di Indonesia. Panorama Watu Bale yang berada di antara tebing-tebing tinggi dan perbukitan, sungguh indah di pandang mata. Pemandangan pantai lepas, birunya lautan, karang-karang kokoh, elok deburan ombak, indahnya rimbun pohon pandan.

Semua kelebihan tersebut membuat wisata bahari ini kian eksotis dan menawarkan pilihan landscape berfoto yang memesona. Di pantai ini juga menyajikan sunset yang menakjubkan. Jadi, jangan sampai terlewatkan!

10. Pantai TAMAN Ngadirojo Pacitan

Pantai Pacitan Pantai Taman Ngadirojo Pacitan
Pantai TAMAN Ngadirojo Pacitan, Jawa Timur (kredit gambar: @mbolangjatim).
LokasiDesa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.
Jam BukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga Tiket MasukRp10.000 (dewasa), Rp5.000 (anak-anak).
Telepon
Rating ulasan4,6/5.0 – 464 ulasan Google.

Pantai Taman adalah salah satu obyek wisata di Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo. Pantai ini tak kalah cantik dengan pantai-pantai di Pacitan lainnya. Panorama birunya laut, lembutnya pasir putih, deburan ombak memecah karang, dan lambaian pohon kelapa. Apalagi menyuguhkan atraksi menarik yang menjadi daya tarik tersendiri.

Membentang dari ujung timur sampai ujung barat, Pantai Taman memiliki garis pantai yang panjang. Seperti pantai selatan lainnya, ombak di sini cukup besar. Sehingga perlu waspada saat bermain di tepian pantai. Menariknya, pengelola wisata menyediakan kolam renang yang berada di samping bibir pantai.

Airnya jernih, disuguhkan pemandangan laut dan sejuk angin pantai. Pengunjung bisa bebas dan aman untuk bermain ataupun berenang di kolam ini. Jika ingin menikmati keindahan pantai dari ketinggian, wahana Flying Fox patut dicoba.

Merogoh kocek Rp45.000/orang, kamu bisa menikmati sajian alam dengan menaiki flying fox sepanjang 415 meter di ketinggian 74 meter. Waktu tempuh meluncur kurang lebih selama 50 detik. Flying fox di sini sempat dinobatkan sebagai yang terpanjang di Indonesia.

Masih ada atraksi seru di pantai ini, yaitu melihat konservasi penyu. Kawasan pesisir Pantai Taman sering digunakan penyu untuk bertelur. Lalu meninggalkan telurnya dan kembali ke perairan Australia. Oleh warga setempat, telur yang ditinggalkan dipindahkan ke lokasi penetasan. Anak penyu (tukik) dipelihara sebelum akhirnya dilepaskan kembali ke lautan.  Kamu bisa ikutan memberi makan hingga berfoto dengan penyu di sini.

Demikian 10 rekomendasi pantai Pacitan yang memesona. Berbicara tentang pantai-pantai di Pacitan memang tiada habisnya. Menikmati pantai di Pacitan pun tidak terlalu sulit karena jumlahnya banyak dan lokasinya yang masih berdekatan. Semua pantainya cantik dan indah. Jadi, jika kamu berkunjung ke Pacitan, luangkan waktu untuk mengunjungi pantai di Pacitan.

Previous Article

Cara Menghilangkan Bau Sepatu Gunung

Next Article

Gunung Tertinggi di Dunia

Tinggalkan komentar