10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Semarang (2021)

Ketika mendengar tentang Semarang, pikiranmu mungkin akan melayang pada Lawang Sewu. Namun, tahukah kamu? Masih ada banyak tempat wisata menarik di Semarang, termasuk wisata bahari. Berada di tepian Laut Jawa, Semarang kaya akan pantai menarik. Apalagi, pantai-pantai ini juga tidak sulit untuk diakses. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Semarang:

Ingin tahu lebih detail tentang pantai indah di sekitar Semarang? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Marina

Pantai Semarang Pantai Marina
Pantai Marina, Semarang (sumber: instagram.com/dotsemarang).
LokasiTawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin (tutup) Selasa-Sabtu (06.00-18.00 WIB) Minggu (05.00-18.00 WIB)
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang22 menit (11,6 km) lewat Jl. MT. Haryono dan Jl. Raya Pantura
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPondok Daun, paving block, bangku, jajanan

Inilah pantai paling terkenal di Semarang. Sebetulnya, pantainya sudah tidak alami lagi. Ada banyak pembangunan di sekitarnya. Bahkan, sulit untuk berenang di pantai Marina. Soalnya, pantai yang satu ini menjadi tempat bersandar kapal-kapal dan memiliki banyak batu karang.

Namun, kalau kamu mencari tempat bersantai dengan pemandangan lautan lepas, pantai ini cocok buatmu.

Di sepanjang bibir Pantai Marina telah dibangun paving block, pembatas dari batu, dan bangku-bangku yang rapi. Masyarakat kota Semarang senang menghabiskan waktu di sana untuk berolahraga.

Memang sih, di pantai ini jarang terlihat pepohonan rimbun. Sehingga, pada siang bolong, udaranya panas. Untuk itu, pantai ini lebih ramai pengunjung pada pagi hari dan malam hari. Di pagi hari, selain berolahraga, pengunjung gemar berjemur. Sementara itu, pada malam hari, mereka kerap menikmati waktu untuk duduk sambil menikmati jajanan dari pedagang lokal.

Kamu juga bisa makan malam mewah di dekat Pantai Marina. Terdapat sebuah restoran mewah dengan konsep lesehan bernama Pondok Daun.

Suasana di Pondok Daun sangat romantis dengan akuarium-akuarium besar yang menampilkan hasil tangkapan laut. Tempat-tempat duduknya lebar, cocok untuk makan malam mewah bersama keluarga dan kolega. Pendar lampu temaram membuat Pondok Daun menjadi terlihat begitu cantik dan menenangkan pada malam hari.

2. Pantai Tirang

Pantai Semarang Pantai Tirang
Pantai Tirang, Semarang (sumber: instagram.com/luthfiadipradana/).
LokasiTugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang28 menit (14,4 km) lewat Jl. Sriwijaya
Fasilitas wisata di sekitar pantaiMemancing, area bakau, gazebo, penjaja makanan

Pantai Tirang adalah surga bagi para pemancing dan penikmat hasil tangkapan laut. Jika kamu berkesempatan pergi ke Pantai Tirang Semarang, kamu akan menemui banyak pehobi mancing.

Ada banyak ikan lezat yang dapat kamu temukan di Pantai Tirang, misalnya seperti ikan kakap putih, ikan belanak dan juga mujair. Ikan-ikan tersebut bisa kamu bawa pulang gratis dan diolah sesuai keinginan.

Apalagi yang bisa kamu lakukan di sana? Banyak!

Kamu bisa duduk di gazebo sambil menikmati suasana pantai dan makan. Ya, banyak pedagang lokal yang menjajakan makanan murah di sana, lho.

Selain itu, kamu juga bisa mengambil banyak foto menarik di area mangrove-nya. Dulunya, Pantai Tirang adalah pulau kecil yang kemudian terkena abrasi. Untuk mengurangi risiko abrasi di masa depan, pohon-pohon mangrove ditanam di sepanjang bibir pantai.

3. Pantai Cipta

Pantai Semarang Pantai Cipta
Pantai Cipta, Semarang (sumber: instagram.com/aripin/).
LokasiJl. Kw. Cipta, Bandarharjo, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang19 menit (9,3 km) lewat Jl. MT. Haryono
Fasilitas wisata di sekitar pantaiMemancing, penjaja makanan

Untuk menjangkau Pantai Cipta, kamu hanya perlu berjalan ke belakang terminal peti kemas Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Pada malam hari, di sana kamu dapat melihat keindahan kelap kelip lampu kapal dan kegiatan pengangkutan peti kemas.

Walaupun letaknya di belakang pelabuhan, tetapi pantai ini tidak kehilangan keindahannya, kok. Kamu masih bisa menikmati alunan ombak kecil dan angin pantai di atas batuannya. Lebih spesial lagi, kamu juga bisa ditemani oleh kuliner yang kamu beli dari pedagang sekitar.

Ombak pantai ini juga tidak ganas, sehingga tidak berbahaya. Dan, seperti Pantai Tirang, Pantai Cipta juga menjadi destinasi favorit para pemancing. Mereka bisa mendapatkan banyak sikut segar di sana

4. Pantai Baruna

Pantai Semarang Pantai Baruna
Pantai Baruna, Semarang (sumber: instagram.com/rizky...__/).
LokasiBandarharjo, Kota Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 05.00-22.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang20 menit (10,3 km) lewat Jl. MT. Haryono dan Jl. Raya Pantura
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSabana, area memancing.

Ada begitu banyak anak muda yang berfoto di Pantai Baruna Semarang. Pantai yang satu ini terkenal akan padang sabananya. Sabana ini biasa dimanfaatkan sebagai spot selfie atau tempat untuk bersantai menikmati angin pantai.

Sama seperti beberapa pantai di Semarang, Pantai Baruna juga menyediakan area memancing yang ideal. Ya, ikan-ikan yang ada di tepian Laut Jawa memang sudah segar dan lezat. Tidak mengherankan apabila ada banyak orang dari sekitar Semarang yang memarkir kendaraan mereka untuk kemudian memancing di sana.

Pantai Baruna terletak di belakang kawasan Pelabuhan Semarang tidak sulit untuk menuju ke sana. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan roda empat dan memarkir di lahan yang tak jauh dari sabana. Walaupun area berpasir tidak banyak di sana, tetapi, kamu akan mendapatkan pengalaman baru berpantai yang sama uniknya.

5. Pantai Kartini

Pantai Semarang Pantai Kartini
Pantai Kartini (sumber: instagram.com/jeparauptodate/).
LokasiRw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Hari biasa: Rp5.000,00
Hari libur: Rp7.000,00 (Harga tiket masuk Kura-Kura Ocean Park Rp12.500 pada hari biasa dan Rp17.500,00 pada hari libur),
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang2 jam 13 menit (78,2 km) lewat Jl. Kudus – Semarang/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiKura-kura Ocean Park, area permainan, area panggung

Pantai Kartini terletak di Jepara. Namun ada banyak warga Semarang yang pergi ke sana. Pasalnya, pantai ini memiliki banyak area rekreasional.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di sana?

Selain bisa menikmati pantai berpasir dan angin yang segar, kamu juga bisa pergi ke Kura-Kura Ocean Park. Di sanalah pusat kawasan rekreasional dari spot wisata tersohor di Jepara ini.

Di Kura-Kura Ocean Park terdapat akuarium raksasa yang menampilkan berbagai macam biota laut yang cantik. Berada di lorong akuarium tersebut membuatmu merasa seperti merasa masuk ke dalam samudra yang luas.

Di lantai atas terdapat, Jepara Sains Park yang menampilkan berbagai macam keajaiban. Kamu bisa menikmati sensasi menyelam di lautan melalui IMAX DEEP SEA 3D. Atau, kamu juga bisa menaiki simulator pesawat terbang.

Pada waktu-waktu tertentu, terdapat juga panggung hiburan. Ada berbagai macam atraksi hiburan yang disajikan, mulai dari nyanyian sampai tarian. Baik anak-anak mau pun orang dewasa, semuanya suka berlibur ke Pantai Kartini.

6. Pantai Teluk Awur Jepara

Pantai Teluk Awur Jepara
Pantai Teluk Awur (sumber: instagram.com/putra_putri_jepara/).
LokasiJl. Tlk. Awur, Telukawur, Kec. Tahunan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang2 jam 7 menit (75,6 km) lewat Jl. Kudus – Semarang/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPemandangan kapal, restoran, hotel

Pantai Teluk awur Jepara terletak di desa tempat ibu dari R.A. Kartini lahir. Selain sejarah penting, pantai ini juga menyimpan legenda cinta segitiga Syeikh Abdul Aziz, Raja Joko Wongso, dan Den Ayu Roro Kuning.

Raja Joko Wongso jatuh cinta dengan Den Ayu Roro Kuning semenjak melihat lukisannya. Padahal perempuan itu telah bersuami. Ia pun menyuruh prajuritnya untuk membawa Den Ayu Roro Kuning. Cinta itu pada akhirnya berbuah kematiannya sendiri.

Terlepas dari sejarahnya yang cukup rumit dan tragis, Pantai Teluk awur memiliki keindahan yang begitu sederhana. Pada sore hari, siluet kapal nelayan terlihat dari kejauhan,  diterpa oleh sinar matahari temaram.

Kamu bisa menikmatinya di pinggir pantai dengan menyewa tikar. Jika kamu masih ingin menikmati keindahan itu di pagi hari, kamu bisa menginap di hotel atau restoran terdekat.

Dan karena ombak pantai ini cukup ramah, anak-anak pun bisa berenang. Di sana, tersedia pula penyewaan pelampung untuk anak

7. Pantai Cahaya

Pantai Di Sekitar Semarang Pantai Cahaya
Pantai Cahaya, Kendal.
LokasiKlampok, Sendang Sikucing, Kec. Rowosari, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp40.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang1 jam 10 menit (57,9 km) lewat Jl. Tol Semarang – Batang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPengalaman bersama lumba-lumba, animal show, water king

Kendal merupakan sebuah kabupaten yang begitu menjanjikan. Bahkan, Kendal kini tengah dipromosikan sebagai kawasan industri yang setara dengan kawasan seperti  Cikarang dan Karawang.

Namun, yang menarik di Kendal bukan hanya kawasan industrinya saja, lho. Kamu juga bisa menemukan beberapa tempat yang menarik, misalnya seperti Pantai Cahaya. Pantai Cahaya memberikan berbagai macam fasilitas rekreasional yang begitu menyenangkan. Jadi, Pantai Cahaya bukan pantai biasa. Ia adalah destinasi liburan terbesar di Kendal.

Ada banyak hal menarik yang ditawarkan oleh Pantai Cahaya untuk para wisatawan. Apa saja? Ini dia bocorannya buat kamu.

  • Penginapan.
  • Animal show.
  • Pengalaman menonton/bermain dengan dolphin.
  • Waterking, wahana air.
  • Restoran.

Pantai Cahaya tidak hanya dikunjungi untuk liburan keluarga. Beberapa pasangan yang baru menikah juga kerap berbulan madu di sana, lho. Bahkan, tak jarang kamu akan menemukan pasangan calon pengantin yang sedang melakukan prewedding di dekat Pantai Cahaya. Jadi, sekarang kamu bisa membayangkan betapa indahnya pantai ini, bukan?

8. Wisata Pantai Jodo

Pantai Di Sekitar Semarang Wisata Pantai Jodo
Wisata Pantai Jodo, Batang (sumber: instagram.com/aapun09/).
LokasiBuntu, Jl. Sidorejo, Sikluyu, Sidorejo, Kec. Gringsing, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 05.00-18.30 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang1 jam 12 menit (61,8 km) lewat Jl. Tol Semarang – Batang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung makan, tempat bermain anak, hammock

Batang adalah sebuah kabupaten yang terletak di bagian barat Kabupaten Kendal. Karena terletak di pesisir laut Jawa, ada begitu banyak wisata pantai yang bisa kamu nikmati di sana. Salah satunya adalah Pantai Jodo.

Penasaran mengapa pantai ini didatangi oleh banyak wisatawan?

Sesuai dengan namanya, Pantai Jodo dipercaya memberikan jodoh kepada setiap wisatawan jomlo yang datang ke sana. Bahkan, ada mitos bahwa jika seorang pria berfoto diapit dua wanita, maka salah satunya akan menjadi jodoh pria itu. Wah, unik, ya?

Atau, apabila kamu adalah seorang jomlo yang berswafoto di sini, katanya, tidak lama kemudian kamu akan mendapatkan jodoh. Percaya ataupun tidak ,yang jelas Pantai Jodo tetap menarik untuk didatangi karena pemandangan yang indah. Selain itu, kamu juga bisa menemukan banyak fasilitas seperti:

  • Tempat bermain anak.
  • Warung-warung makan rujak, soto, tauco, dsb.
  • Musala.
  • Toilet.
  • Hammock.

Bila kamu tidak mendapatkan jodoh setelah berwisata sana, setidaknya kamu mendapatkan kebahagiaan. Setuju?

9. Pantai Glagah Wangi Istanbul

Pantai Di Sekitar Semarang Pantai Glagah Wangi Istanbul
Pantai Glagah Wangi Istanbul, Demak (sumber: instagram.com/yulianikumudaswari/).
LokasiDesa Tambakbulusan, Dukuh, Bongsari, Kec. Karangtengah, Kabupaten Demak, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang55 menit (32,3 km) lewat Jl. Kudus – Semarang/Jl. Pengapon/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang/Jl. Semarang – Demak
Fasilitas wisata di sekitar pantaiLaboratorium bakau, jembatan

Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar tentang kota Demak? Ada beberapa hal yang akan mengingatkan kamu kepadanya.

Yang pertama adalah nuansa Islam. Ya, Demak dikenal sebagai kota wali. Terdapat Masjid Agung Jawa Tengah yang dengan arsitektur yang menarik dan jejak-jejak para wali.

Selain terkenal sebagai Kota Wali, Demak juga terkenal sebagai kota yang panas sekali. Maklum, Demak terletak di bagian timur Semarang.

Meskipun terkenal dengan udaranya yang panas, bukan berarti tidak ada hal yang bisa kamu nikmati di Demak. Selain bisa berwisata di Masjid Agung, kamu juga bisa berwisata ke Pantai Glagah Wangi Istambul. Pantai ini memiliki garis pantai panjang, terlihat megah.

Di Pantai Glagah Wangi Istanbul Demak, mungkin kamu tidak dapat melakukan bisa melakukan beberapa aktivitas seperti menyelam atau snorkeling. Tidak ada pula waterbom park.

Namun ada hal unik lainnya yang ditawarkan oleh pantai ini. Ya, Glagah Wangi memang terkenal dengan kawasan wisata mangrove. Bakau-bakau  ini berjajar dengan rapi dan dipisahkan oleh jembatan kayu yang cantik di sanalah tempat orang-orang berswafoto. Selain itu, bakau-bakau ini bukan sekadar hiasan saja, lho. Pemerintah memang menjadikan bakau-bakau ini sebagai laboratorium mangrove. DI sana, para wisatawan dapat belajar lebih lanjut mengenai mangrove dan manfaatnya untuk pantai.

10. Pantai Indah Kemangi

Pantai Di Sekitar Semarang Pantai Indah Kemangi
Pantai Indah Kemangi, Kendal (sumber: instagram.com/explorekendal/).
LokasiJl. Kemangi, Srandu, Jungsemi, Kec. Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Semarang1 jam 14 menit (54,6 km) lewat Jl. Tol Semarang – Batang
Fasilitas wisata di sekitar pantaiRTV, penjaja makanan, banana boat.

Kendal memang kabupaten yang potensial. Geliat industri di Kendal sangat tinggi. Selain itu, kota ini juga memiliki banyak coffee shop menarik dan tentu saja pantai.

Selain Pantai Cahaya, kamu juga bisa ,menikmati keindahan Pantai Indah Kemangi. Dibandingkan dengan Pantai Cahaya, Pantai Indah Kemangi memang tidak memiliki banyak fasilitas rekreasional. Namun, pantai ini memiliki keistimewaannya tersendiri.

Apa yang istimewa dari pantai ini? Beberapa waktu yang lalu Bupati Kendal, Dico M. Ganinduto pernah melakukan uji coba olahraga ski di pantai ini. Pantai Indah Kemangi dianggap ideal untuk event olahraga ski. Lautnya cukup tenang dan pantainya pun rapi.

Untuk sementara ini, di Pantai Indah Kemangi, kamu bisa menikmati beberapa fasilitas seperti misalnya kedai makanan,  berenang di tepi laut, dan juga RTV. Ke depannya, pemerintah memang serius untuk menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata internasional di Kendal.

Setelah puas menikmati kuliner lezat di Semarang, kini saatnya bersantai di tepi pantai pantai-pantai utara yang tenang ini akan mengusir rasa resah dari dalam hatimu. Jadi, kapan mau ke Semarang? Rencanakan  tour pantaimu dengan matang karena ini akan menjadi sebuah pengalaman wisata tak terlupakan!

Previous Article

10 Pantai Terindah di Bantul yang Lagi Hits (2021)

Next Article

10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Tangerang (2021)

Tinggalkan komentar