10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Subang (2022)

Layaknya kota-kota di bagian utara dan tengah Jawa Barat, Subang juga memiliki suhu yang sejuk. Sehingga, Subang begitu nyaman untuk kamu yang ingin bersantai sambil melepaskan rasa penat.

Namun, jangan bayangkan wisata di Subang hanya tentang dataran-dataran tinggi saja. Nyatanya, Subang menawarkan berbagai macam pantai yang cantik dan cocok dijadikan opsi untuk liburan keluarga. Ingin coba liburan asik di pantai sekitar Subang? Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Subang:

Ingin tahu lebih detail tentang pantai indah di sekitar Subang? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Pondok Bali

Pantai Subang Pantai Pondok Bali
Pantai Pondok Bali, Subang (sumber: instagram.com/exploresubang/).
LokasiMayangan, Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 5 menit (24,8 km) lewat Jl. Raya Husen Kertadibrata
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPemancingan, warung makan, camping ground.

Terletak di daerah pertemuan antara Subang, Indramayu dan Karawang, Pantai Tanjung Bali memiliki keanekaragaman hayati yang menarik. Dan Pantai Tanjung Bali juga memiliki garis pantai yang panjang.

Walaupun jalan untuk menuju ke sana sedikit sulit untuk kendaraan roda empat, tetapi pantai ini tetap banyak dikunjungi keluarga.

Terdapat sebuah jalan dengan gardu pandang yang menjorok hingga ke laut. Di gardu pandang tersebut, para wisatawan biasa berdiri sambil melihat keindahan pantai. Terkadang mereka juga mengambil foto di sana dengan latar laut yang luas dan indah.

Ada dua aktivitas favorit yang disukai oleh wisatawan di Pantai Pondok Bali.

  • Pertama, bermain voli di hamparan pasirnya yang bersih.
  • Kedua, memancing. Ya, ada begitu banyak hasil tangkapan laut segar yang bisa kamu dapatkan di sana.

Selain itu, pengunjung juga bisa berkemah di sana. Bermalam di Pondok Bali cukup menyenangkan. Apalagi, area camping ground cukup luas dengan fasilitas kamar mandi dan warung makan sebagai penunjang.

2. Pantai Kalapa Patimban

Pantai Subang Pantai Kalapa Patimban
Pantai Kelapa Patimban, Subang (sumber: instagram.com/mmhrasya/).
LokasiDusun Patimban, Patimban, Pusakanagara, Patimban, Kec. Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 19 menit (49,7 km) lewat Jl. Subang Pamanukan
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTempat menginap, warung makan, sewa perahu

Sesuai dengan namanya, nyiur melambai begitu cantiknya di Pantai Kalapa Patimban. Nyiur ini kerap dijadikan latar belakang berfoto yang cantik. Namun, bukan itu saja daya tarik Pantai Patimban.

Di pantai ini telah dibangun jalan dengan paving block yang rapi. Sehingga, pengunjung pun bisa dengan bebas jalan-jalan atau jogging di sana. Pantainya pun cukup landai dengan ombak yang tidak besar.

Kelebihan lain dari Pantai Patimbang adalah fasilitas yang lengkap. Terdapat area penginapan yang bisa kamu sewa untuk bermalam di sana. Ada pula warung-warung makan dan juga fasilitas beribadah.

Karena sejuk dan mudah dijangkau, Pantai Patimban adalah lokasi favorit untuk bersenang-senang. Kamu bisa berswafoto, makan, berenang dan tentu saja menyewa perahu. Asyik sekali, bukan?

3. Pantai Cirewang

Pantai Subang Pantai Cirewang
Pantai Cirewang, Subang (sumber: instagram.com/wahyudegraeziia/).
LokasiPangarengan, Legonkulon, Pangarengan, Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 15 menit (26,1 km) lewat Jl. Raya Husen Kertadibrata
Fasilitas wisata di sekitar pantaiHutan bakau, pondok-pondok

Pantai Cirewang terkenal akan pesona bakaunya. Awalnya, bakau-bakau ini ditanam untuk menanggulangi abrasi. Namun lama-kelamaan ia tumbuh menjadi tempat wisata menarik. Di hutan bakau Pantai Cirewang,  pengunjung senang berfoto dan duduk-duduk. Sementara itu, semilir angin pantai menerpa.

Selain hutan bakau, pengunjung juga bisa menikmati beberapa fasilitas lain. Misalnya seperti Dermaga Pantai Cirewang atau pondok-pondok yang ada di bibir pantai. Di sana, kamu bisa melihat laut lepas yang begitu menenangkan jiwa. Selain itu, terdapat pula fasilitas toilet umum dan juga musala.

Di pantai yang kerap disebut dengan Pantai Cipta Malam ini, para nelayan suka melaut. Pemandangan siluet perahu-perahu nelayan pada sore hari begitu cantik dalam rekaman kamera.

4. Pantai Pondok Putri

Pantai Subang Pantai Pondok Putri
Pantai Pondok Putri, Subang.
LokasiLegonwetan, Legonkulon, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 1 menit (23,9 km) lewat Jl. Raya Husen Kertadibrata
Fasilitas wisata di sekitar pantaiJembatan bambu

Pantai Pondok Putri berada tak jauh dari Pantai Pondok Bali. Nuansanya juga cukup tenang. Tidak terlalu banyak wisatawan yang berkerumun di sana.

Jadi, untuk kamu yang ingin menepi dari keramaian, Pantai Pondok Putri bisa kamu pilih. Fasilitas di Pantai Pondok Putri memang tidak terlalu banyak. Hanya ada toilet dan area parkir. Namun, ombaknya cukup tenang dan airnya bersih. Jadi, kamu bisa berenang di sana dengan tenang.

Terdapat pula jembatan dari bambu yang memanjang hingga ke bagian tengah laut. Di sana kamu bisa berfoto-foto atau sekedar berjalan-jalan menikmati alam sekitar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Pondok Putri adalah saat pagi hari atau sore hari. Pada kedua waktu tersebut, kamu bisa mendapatkan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk di pantai ini.

5. Pantai Plentong Subang

Pantai Subang Pantai Plentong Subang
Pantai Plentong, Subang (sumber: instagram.com/el_ahya_/).
LokasiUnnamed Road, Patimban, Kec. Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 20 menit (55,9 km) lewat Jl. Raya Pantura
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSpot swafoto, ATV, camping ground, wahana air

Pantai Plentong Subang adalah pantai yang bersih dengan laut yang tenang . Lantaran tidak terlalu banyak polusi, langitnya pun biru cerah cantik sekali dalam rekaman mata. Kecantikan ini membuat para wisatawan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Dari Kota Subang kamu juga hanya perlu menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam. Lokasinya pun tidak sulit untuk dijangkau bahkan oleh mobil roda empat. Uniknya, pantai ini terletak di perbatasan Subang-Indramayu, lho. Jadi, terkadang orang-orang juga menyebutnya Pantai Plentong Indramayu.

Fasilitas wisata di pantai ini terbilang cukup lengkap. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  • Area parkir.
  • Toilet.
  • Tempat beribadah.
  • Wahana air.
  • Spot foto.
  • ATV.
  • Area berkemah.

Ada begitu banyak hal menyenangkan yang akan kamu temui di Pantai Plentong. Apalagi, pantai ini buka 24 jam puasa. Puaskan dirimu bermain di sana.

6. Pantai Gegara Menyan

Pantai Subang Pantai Gegara Menyan
Pantai Gegara Menyan, Subang (sumber: instagram.com/pamanukan_pantura/).
LokasiAnggasari, Kec. Sukasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 12 menit (46,0 km) lewat Jl. Subang Pamanukan
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPulau Gegara Menyan, susur pantai dengan perahu

Lebih dikenal sebagai sebuah pulau tersembunyi, Gegara Menyan memberikan pesona keindahan yang menentramkan pikiran.

Untuk menuju ke Pantai atau Pulau Gegara Menyan, kamu harus menempuh jarak sekitar satu setengah jam dari Kota Subang. Setelah mencapai Balai Desa Anggasari, tidak jauh dari sana kamu akan menemukan Sungai langsung itulah satu-satunya jalan untuk menuju ke Pantai Gegara Menyan.

Saat perjalanan menyusuri sungai, kamu dapat melihat pemandangan hutan bakau indah di kiri dan kananmu. Arus sungai juga cukup tenang membuatmu merasa nyaman. Pada saat perjalanan berlangsung, tidak berapa lama terdapat sebuah tempat persinggahan bernama Candrawulan. Di sana, kamu bisa makan atau sekadar berswafoto.

Setelah singgah sejenak, kamu akan meneruskan perjalanan menuju lautan lepas. Nah, di sinilah tantangannya. Ombak di lautan dan angin laut sesekali menggoyangkan perahu ke kanan dan ke kiri.

Tidak lama kemudian kamu akan sampai ke Pantai Gegara Menyan. Pemandangan di sana begitu alami asri dan indah. Udaranya begitu sejuk, menenangkan untuk dihirup.

Perlu kamu ketahui bahwa tidak setiap saat kamu bisa pergi ke Pantai Gegara Menyan. Apabila musim hujan tiba, Pantai Gegara Menyan akan digenangi oleh air rob sehingga akan “tenggelam”

7. Pantai Karangsong

Pantai Subang Pantai Karangsong
Pantai Karangsong, Indramayu (sumber: instagram.com/sahellaa__/).
LokasiJl. Wanasari, Karangsong, Kec. Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00 (motor), Rp10.000,00 (mobil)
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang2 jam 8 mnt (116,8 km) lewat Jl. Tol Cikopo – Palimanan dan Jl. Jatibarang – Kadipaten
Fasilitas wisata di sekitar pantaiHutan bakau, penyewaan perahu, gazebo, ban, warung makan

Walaupun terletak di daerah Indramayu, tetapi warga Subang senang pergi ke Karangsong. Ia menampilkan pesona ekowisata bakau yang begitu cantik dan teduh.

Lagi pula, Pantai Karangsong adalah pantai yang sangat mudah untuk dijangkau. Dari Masjid Agung, kamu hanya perlu mengemudi sebentar untuk sampai ke Gapura Desa Karangsong. Tiga kilometer dari gapura, kamu akan menemukan pantai yang cantik ini.

Terdapat beberapa fasilitas di Pantai Karangsong yang akan menunjang liburan keluarga. Fasilitas-fasilitas itu antara lain adalah:

  • Penyewaan ban
  • Penyewaan gazebo untuk bersantai
  • Warung makanan
  • Penyewaan perahu
  • Toilet
  • Musala

Ada satu hal unik yang hanya bisa ditemukan di Pantai Karangsong. Pada sore hari, ombak bisa surut hingga 60 sampai 70 meter dari bibir pantai. Saat ombak surut, kamu bisa melihat batu-batuan besar dengan jelas. Batuan itu sangat indah dijadikan latar belakang untuk berfoto.

Jika kamu berkesempatan pergi ke Subang, tidak ada salahnya untuk mampir Indramayu dan pergi ke Pantai Karangsong. Selain jaraknya tidak jauh, pantai-pantai di Indramayu juga terkenal indah dengan ombak yang tenang.

Baca terus: 10 Rekomendasi Pantai Terpopuler di Sekitar Cirebon (2022) »

 8. Pantai Sedari

Pantai Subang Pantai Sedari
Pantai Sedari (sumber: instagram.com/pwikarawang/).
LokasiSedari, Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang3 jam 10 menit (118,4 km) lewat Jl. Tol Cikopo – Palimanan
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPayung-payung gazebo, voli, berkuda

Kendati lebih terkenal sebagai kawasan industri, tetapi Kota Karawang menyimpan berbagai keindahan alam. Salah satunya adalah Pantai Sedari.

Pantai Sedari adalah pantai yang terkenal di Karawang. Pantai ini cukup ternama dan menjadi magnet dari para penduduk di sekitar Karawang, termasuk Subang.

Pantai Sedari ideal untuk berbagai macam kegiatan rekreasional. Contohnya, seperti bermain voli, berenang, bahkan berkuda. Kamu juga bisa menyewa kuda untuk menyusuri garis Pantai Sedari.

Di Pantai Sedari, ada banyak pula payung-payung gazebo yang dapat dijadikan tempat untuk bersantai. Kios-kios makanan pun menyajikan berbagai ragam makanan dan minuman yang siap untuk disantap.

9. Pantai Tirtamaya

Pantai Di Sekitar Subang Pantai Tirtamaya
Pantai Tirtamaya (sumber: instagram.com/nda_bee14/).
LokasiJuntikedokan, Juntinyuat, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000,00 (anak-anak), Rp15.000, 00 (orang dewasa)
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang2 jam 4 menit (130,3 km) lewat Jl. Tol Cikopo – Palimanan
Fasilitas wisata di sekitar pantaiSaung, sewa perahu, panggung selfie

Terletak di Indramayu, Pantai Tirtamaya menarik perhatian banyak orang, termasuk yang tinggal di Subang. Pantai Tirtamaya adalah pantai favorit untuk wisata keluarga. Selain ombaknya yang tidak tinggi dan pantai yang landai, terdapat beberapa fasilitas rekreasional yang menarik. Yuk, nikmati beberapa hal ini di Pantai Tirtamaya!

Saung-Saung

Di Pantai Tirtamaya, terdapat saung-saung tradisional. Kawasan ini biasa disewakan kepada wisatawan sebagai tempat untuk menikmati laut lepas sambil meneguk segelas air kelapa muda.

Jembatan

Jembatan yang menjorok ke laut memberikan kesan estetik pada Pantai Tirtamaya. Jembatan ini merupakan tempat selfie favorit para pengunjung.

Warung-Warung Makanan

Warung-warung makanan di Pantai Tirtamaya menjajakan berbagai sajian lezat. Di sana, kamu bisa membeli air kelapa muda, nasi rames, hingga masakan laut.

Perahu Kayu

Di Pantai Tirtamaya, kamu juga bisa menyewa perahu. Perahu ini akan digunakan untuk mengarungi lautan sambil duduk di atas perahu. Kamu bisa menikmati angin sepoi-sepoi dan kecantikan air laut Pantai Tirtamaya.

Pantai Tirtamaya semakin cantik dengan adanya hiasan lampu-lampu. Hiasan ini memberikan kesan dramatis sekaligus romantis di malam hari.

Fasilitas-fasilitasnya terbilang cukup sederhana. Namun, berwisata ke Pantai Tirtamaya akan selalu menghangatkan hati.

10. Pantai Putih Cilamaya Kulon

Pantai Di Sekitar Subang Pantai Putih Cilamaya Kulon
Pantai Putih Cilamaya Kulon (sumber: instagram.com/explorekrw/).
LokasiSukajaya, Cilamaya Kulon, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000
Estimasi waktu tempuh dari kota Subang1 jam 55 menit (69,6 km) lewat Jl. Tol Cikopo – Palimanan
Fasilitas wisata di sekitar pantaiHutan bakau

Pada dasarnya, Pantai Putih Cilamaya Kulon merupakan kawasan konservasi bakau. Pembangunan hutan bakau diproyeksikan sebagai persiapan untuk menghadapi abrasi pantai. Apalagi, pantai ini juga merupakan kawasan perkampungan nelayan.

Fasilitasnya memang belum terlalu banyak. Selain hutan bakau, hanya terdapat track jogging serta gazebo-gazebo. Namun, ke depannya pemerintah berencana menambahkan banyak fasilitas. Misalnya, seperti nursery room, area pujasera, aula, menara pantau, bahkan pembibitan bakau, lho!

Terletak di Karawang, pantai ini cukup mudah dikunjungi baik oleh warga Subang dan sekitarnya mau pun Jakarta. Jadi, yuk, liburan ke Pantai Putih Cilamaya Kulon.

Akhir kata, sebagai kota yang menjorok ke arah laut utara, tentu menemukan pantai cantik di sekitar Subang bukan hal yang sulit. Kini, tinggal kamu yang pilih, wisata pantai seperti apa yang kamu inginkan? Kamu bisa memilih pantai yang penuh dengan wahana atau pantai yang masih sunyi dan asri. Semua keindahan itu bisa kamu dapatkan di Subang!

Previous Article

10 Pantai Terindah di Lombok yang Lagi Hits (2022)

Next Article

Cara Packing Carrier

Tinggalkan komentar