15 Wisata Pantai Terindah di Indonesia yang Lagi Hits (2022)

Keindahan pantai Indonesia berbeda dari yang lain. Dari banyak pantai di seluruh nusantara, ada beberapa yang punya daya tarik tersendiri. Pantai-pantai tersebut indah sekaligus bersih, hingga membuatmu serasa di luar negeri. Nah, karena pariwisata kita mulai kembali normal, waktunya kamu jalan-jalan lagi. Kan, sekarang juga mau memasuki musim kemarau yang cerah. Yuk, ke pantai! Berikut 15 rekomendasi pantai terindah di Indonesia:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Indonesia? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Kuta

Keindahan Pantai Kuta Bali
Pantai Kuta, Bali (sumber: instagram.com/mutiara_smnj/)
LokasiKecamatan Kuta, Kota Denpasar, Bali, Indonesia (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,5/5.0 – 36.684 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Denpasar24 menit (8,3 km) lewat Jl. Imam Bonjol dan Jl. Raya Kuta
Daya tarik pantaiPemandangan sunset, spot surfing

Pantai Kuta merupakan salah satu ikon wisata di Bali. Pantai ini memiliki pasir putih dengan ombak bersahabat. Ombaknya tenang tapi juga cukup tinggi sehingga ideal untuk surfing. Oh iya, banyak wisatawan asing juga di sini.

Sementara, fasilitasnya lengkap. Ada lahan parkir, toilet, warung, penginapan, mall, restoran, kafe, semua tersedia. Kamu bisa naik motor, mobil, bus, dan parkir di pinggir pantai.

Di tepi pantai, ada pohon-pohon kelapa dan pepohonan hijau lainnya. Suasana pun bertambah segar karenanya. Aktivitas favorit selain surfing adalah menikmati sunset yang cantik di Kuta.

Kamu juga bisa mampir ke Poppies Lane, sebuah gang kecil yang sangat terkenal, namanya tersohor di seluruh dunia. Idealnya, datanglah ke Kuta saat sore menjelang senja, agar tidak panas terik.

Terakhir, Pantai Kuta cocok untuk segala jenis rombongan wisata. Mulai dari rombongan keluarga, teman sekantor, teman kuliah hingga liburan bareng pasangan. So, next holiday, mampir ke Pantai Kuta ya. Biar terpesona akan indahnya Bali. Hehe.

2. Pantai Kartini

Keindahan Pantai Kartini Jepara Jawa Tengah
Suasana Pantai Kartini saat senja (sumber: instagram.com/jeparaupdate.id/)
LokasiRT.01/RW.04, Rw. IV, Bulu, Kec. Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-19.00
Harga tiket masuk (HTM)Senin-Kamis, Rp5.000/orang
Jumat-Minggu, Rp7.500/orang
Rating ulasan4,2/5.0 – 11.881 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Semarang2 jam 9 menit (73,5 km) lewat Jl. Kudus – Semarang/Jl. Pengapon/Jl. Raya Pantura/Jl. Raya Tuban – Semarang/Jl. Semarang – Demak
Daya tarik pantaiKura-Kura Ocean Park, pemandangan sunset, spot foto menarik, patung replika pesawat

Ceritanya, dahulu, kawasan pantai ini merupakan tempat bermain R.A. Kartini bersama saudara-saudaranya ketika masih kecil. Karena itulah, akhirnya diberi nama Pantai Kartini.

Pantai ikonis ini merupakan wisata populer di Jepara. Pantai ini memiliki ombak tenang kehijauan. Namun, biasanya pengunjung tidak berenang di pantai ini. Disediakan dermaga untuk yang ingin jalan-jalan ke tengah laut.

Oh iya, ada salah satu atraksi utama, yaitu Kura-Kura Ocean Park. Di dalamnya, terdapat terowongan akuarium raksasa berisi aneka macam biota laut. Selain itu, Jepara memang terkenal sebagai tempat pemberdayaan penyu sisik. Jadi, Pantai Kartini merupakan tempat wisata bahari sekaligus edukasi.

Pengunjung suka aktivitas jalan-jalan keliling pantai, mampir Ocean Park, berfoto, kuliner. Fasilitas pun tersedia, ada area parkir, toilet, musala, warung. Wisata pantai ini cocok untuk keluarga, anak-anak, teman dan pasangan, komunitas, hingga rombongan kantor dan sekolah.

3. Pantai Klayar

Keindahan Pantai Klayar Jawa Timur
Keindahan Pantai Klayar, Jawa Timur (sumber: instagram.com/pantaiklayarpacitan/)
LokasiJl. Pantai Klayar, Kendal, Sendang, Kec. Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Orang dewasa: Rp15.000/orang
Anak-anak: Rp10.000/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 11.690 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Surabaya5 jam 45 menit (298,1 km) lewat Jl. Tol Ngawi – Kertosono/Jl. Tol Salatiga – Kertosono/Jl. Tol Solo – Kertosono
Daya tarik pantaiPemandangan sunset, naik ATV (all terrain vehicle)

Pantai Klayar sangat, sangat populer. Lokasinya cukup unik karena jalan ke lokasi pantai sangat menurun. Pantainya berada di bawah. Pantai ini memiliki pasir putih dengan air laut biru gelap yang jernih. Di Pantai Klayar juga terdapat tebing-tebing karang yang membuatnya eksotis.

Pantai ini pun ramai dikunjungi wisatawan apalagi saat akhir pekan. Pantai Klayar juga luas dengan garis pantai cukup panjang. Di pinggir pantai terdapat pohon-pohon kelapa dan cemara yang memberikan nuansa hijau asri. Banyak juga penjual makanan, minuman dan jajan di pinggir pantai.

Fasilitas pun lengkap, ada lahan parkir luas, toilet, musala, warung, gazebo, penyewaan ATV. Naik ATV menjadi aktivitas paling favorit di sini. Sementara, kondisi pantai sebagian berbatu di tepi pantainya. Pengunjung suka mencari ikan dan kerang di sela berbatuan tersebut.

Aktivitas favorit lainnya adalah berfoto serta menikmati pemandangan khususnya sunset. Kadang pengunjung juga berkemah di sini.

So, kapan ngajak pasanganmu main ke sini? Week end besok? Keputusan yang bagus.

4. Pantai Santolo

Keindahan Pantai Santolo Jawa Barat
Pantai Santolo, Jawa Barat (sumber: instagram.com/rahmattio_/)
LokasiJl. Pantai Santolo, Pamalayan, Kec. Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 – 10.535 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Bandung4 jam 52 menit (159,6 km) lewat Jl. Raya Cidaun
Daya tarik pantaiPemandangan tepi pantai berbatu, jual ikan segar

Pantai Santolo merupakan salah satu pantai yang paling terkenal di Jawa Barat. Hal ini karena Pantai Santolo memiliki pemandangan pantai yang cantik dan fasilitas wisata yang lengkap.

Jika kamu pengagum senja, kamu bisa mendapatkan pemandangan sunset yang cantik di Pantai Santolo. Kilau cahaya keemasan dan warna lembayung di langit Pantai Santolo sangat indah.

Hanya itu saja?

Tidak, setidaknya ada 5 hal yang bikin wisatawan betah di Pantai Santolo:

  • Pertama, pantainya berpasir putih nan bersih.
  • Kedua, panorama alamnya bagus.
  • Ketiga, wisatawan bisa melakukan camping. Jadi, bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan sunrise dan sunset Pantai Santolo, mereka bisa berkemah.
  • Keempat, fasilitas wisata lengkap dan nyaman. Terlebih adanya perahu untuk nyeberang ke pulau di seberang.
  • Terakhir, ada banyak warung makan yang menjajakan masakan laut yang lezat.

Coba deh main ke Pantai Santolo dan nikmati keindahan pantainya. Kami yakin, kamu pasti akan suka. So, kapan nih ngajak keluargamu main ke Pantai Santolo? Hehe.

Catatan: untuk bisa menikmati keindahan dan kesegaran di Pantai Santolo, sebaiknya jangan ke sini saat libut tahun baru atau liburan sekolah. Karena pada waktu tersebut, Pantai Santolo sangat penuh sesak oleh rombongan anak-anak dan remaja yang main ke Pantai Santolo.

5. Pantai Panjang Bengkulu

Keindahan Pantai Panjang Bengkulu
Pantai Panjang, Bengkulu (sumber: instagram.com/novitasarii_vi/)
LokasiJl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Kec. Ratu Agung, Kota Bengkulu, Bengkulu (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,4/5.0 – 8.053 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Bengkulu6 menit (2,9 km) lewat Jl. Pariwisata
Daya tarik pantaiPemandangan pohon cemara, duduk santai di kursi dengan payung, area jogging track dan voli pantai, pemandangan sunset

Pantai Panjang memiliki garis pantai terpanjang di Indonesia, yaitu sekitar 7 km dengan lebar 500 m. Fantastis, ya. Pantainya luas, lengang, juga bersih sehingga membuat kamu nyaman. Di pinggir pantai ada banyak pohon cemara hijau nan rindang.

Pantai ini humble, suasana tenang tapi justru hal tersebut menjadi daya tariknya. Ada banyak tempat duduk yang dilengkapi payung, cocok untuk tempat beristirahat sekaligus berteduh. Kemudian, juga ada dokar yang bisa kamu sewa seharga Rp10.000.

Sementara, untuk fasilitas, ada lahan parkir luas, toilet, musala, warung. Juga ada jogging track dan area voli pantai. Aktivitas yang disuka adalah berfoto serta menikmati sunset. Pantai Panjang memang terkenal akan sunset-nya.

Idealnya, datanglah saat pagi atau sore. Saat pagi, cuaca masih sejuk. Sementara, saat sore juga sama, ditambah lagi akan ada sunset. Pantai Panjang cocok buat wisata keluarga, juga tempat untuk jalan-jalan dengan teman, pasangan, maupun rombongan sekolah dan instansi.

6. Pantai Indrayanti

Keindahan Pantai Pulang Sawal Atau Lebih Dikenal Dengan Nama Pantai Indrayanti
Keindahan Pantai Pulang Sawal atau lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti (sumber: instagram.com/wisatadiyogyakarta/)
LokasiNgasem, Sidoharjo, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 6.381 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Yogyakarta1 jam 50 menit (66,1 km) lewat Jl. Pantai Sel. Jawa
Daya tarik pantaiDekat Pantai Sadranan, Bukit Karang di kanan kiri pantai, pemandangan sunset

Pantai Pulang Sawal atau lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti merupakan salah satu pantai paling indah di kawasan Yogyakarta. Indrayanti merupakan nama pemilik kafe atau resto yang ada di pantai. Di gerbang masuk pantai, ada tulisan Indrayanti yang langsung terlihat. Akhirnya, pantai ini lebih tenar dengan nama tersebut.

Di sini, pemandangannya menawan. Terlihat pasir berwarna putih dengan ombak tenang, air lautnya biru kehijauan jernih. Pantai ini pun diapit dua bukit karang di kanan dan kirinya. Sementara, di langit yang biru cerah, terlihat awan putih mengapung seakan sangat dekat jaraknya.

Pantai yang cantik ini biasa ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi, fasilitas juga lengkap. Ada lahan parkir luas, toilet, musala, penginapan, restoran, toko oleh-oleh dan suvenir. Selain itu, ada penyewaan payung + tikar Rp20.000.

Aktivitas yang disuka pengunjung yaitu bermain air, berenang, duduk-duduk, kuliner, berfoto. Oh iya, di bukit dan pinggir pantai banyak pepohonan hijau yang menambah suasana asri.

Pantai ini cocok untuk tempat wisata bersama keluarga, pasangan, teman, juga rombongan sekolah dan kantor.

7. Pantai Mutun

Keindahan Pantai Mutun
Pantai Mutun, Lampung (sumber: instagram.com/selampung/)
LokasiJl. Pantai Mutun, Sukajaya Lempasing, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/orang
Rating ulasan4,2/5.0 – 4.807 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Bandar Lampung29 menit (10,9 km) lewat Jl. Laksamana R.E.Martadinata
Daya tarik pantaiNaik perahu, pemandangan bukit, spot foto, dermaga kayu, banana boat

Pantai Mutun ramai dikunjungi wisatawan. Aksesnya mudah dengan tempat parkir luas, bisa untuk motor, mobil dan bus. Pantai ini sangat terkenal di Lampung. Selain tiket masuk, ada biaya parkir kendaraan di sini.

Tarif parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp30.000. Sementara, angkutan kota Rp100.000, truk Rp250.000, bus kecil Rp350.000, dan bus besar Rp400.000. Kamu juga bisa sewa tempat atau pondok. Untuk pondok besar Rp200.000, pondok sedang Rp100.000, dan pondok kecil Rp50.000.

Sementara, fasilitas selengkapnya adalah toilet, kamar bilas, musala, tempat makan, gazebo, toko oleh-oleh dan suvenir. Setelah masuk, kamu bisa melihat pantai langsung. Terlihat pasir putih dengan air laut jernih kehijauan. Ombaknya sangat tenang sehingga aman untuk bermain air dan berenang.

Aktivitas favorit antara lain berfoto, memancing, jalan-jalan di tepi pantai, naik perahu. Pantai ini memiliki suasana menyenangkan, juga cocok untuk acara seperti family gathering. Wisata di sini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan, rombongan kantor dan juga sekolah.

8. Pantai Tikus Emas

Keindahan Pantai Tikus Emas Bangka Belitung
Pantai Tikus Emas, Bangka Belitung (sumber: instagram.com/annisagal_/)
LokasiParit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 3.110 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Pangkalpinang49 menit (38,2 km) lewat Jl. Ir. H. Eko Maulana Ali
Daya tarik pantaiDekat Pantai Tanjung Pesona, camping ground, taman, spot foto, naik ATV, kolam penyu, jetski, patung tikus emas, patung Nemo dan Dory

Pantai Tikus Emas sangat menarik. Untuk ke lokasi juga mudah dengan jalan sedikit berkelok-kelok. Di kawasan dekat tempat parkir, ada taman-taman dengan patung hewan dan karakter kartun. Sementara, di pinggir pantai penuh dengan pepohonan cemara yang menambah keelokan pantainya.

Selain tiket masuk, ada biaya parkir motor Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp10.000. Di pantai, ada patung tikus emas yang menjadi ikonnya. Juga ada patung ikan Nemo dan Dory yang populer. Pantai ini sendiri memiliki pasir putih bersih, ombak sangat tenang dengan air laut jernih kebiruan.

Selain itu, ada sebagian tepi pantai dengan berbatuan besar. Oh iya, di Pantai Tikus Emas juga ada beragam fasilitas. Ada area parkir luas, toilet, warung, kafe, camping ground. Jadi, pantai ini juga cocok buat tempat camping.

Pengunjung suka aktivitas bersantai, duduk di bawah pohon cemara, jalan-jalan keliling pantai, naik ATV, berfoto, bermain air. Pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga, teman-teman, pasangan, juga rombongan sekolah, kantor, hingga instansi.

9. Pantai Natsepa

Keindahan Pantai Natsepa Maluku
Keindahan Pantai Natsepa, Maluku (sumber: instagram.com/pungkiwaluyo/)
LokasiSuli, Kec. Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp1.000/orang
Rating ulasan4,4/5.0 – 2.056 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Ambon32 menit (17,8 km) lewat Jl. Laksdya Leo Wattimena
Daya tarik pantaiKuliner khas rujak Natsepa, pemandangan perbukitan, naik perahu, banana boat

Pantai Natsepa merupakan pantai yang berada tidak jauh dari kota Ambon. Perjalanannya sekitar 20-25 menit atau sampai 30 menitan. Pantai ini memiliki suasana tenang. Karakteristik pantai tropis sangat terasa, seperti memiliki pasir putih bersih, dengan air laut yang sangat jernih.

Air lautnya bening bergradasi menjadi biru semakin ke tengah laut. Ombaknya juga tidak terlalu besar. Di kejauhan terlihat pemandangan perbukitan yang hijau. Nah, selain tiket masuk sangat murah Rp1.000 per orang, ada biaya Rp2.500 untuk sekali parkir.

Selain memiliki panorama indah, daya tarik utama lainnya adalah kuliner rujak Natsepa. Kuliner khas ini tidak boleh kamu lewatkan. Kemudian, aktivitas lain favorit pengunjung yaitu berjalan di tepi pantai, bermain air, berenang, berfoto.

Di samping itu, sudah ada fasilitas lengkap di sini. Ada area parkir cukup luas dan nyaman, toilet, musala, warung. Toiletnya tidak hanya bersih tapi juga unik. Setiap toilet didesain seperti rumah kecil warna-warni dan beratap. Pantai Natsepa cocok untuk liburan keluarga, teman, serta pasangan.

10. Pantai Pink

Keindahan Pantai Pink Nusa Tenggara Barat
Keindahan Pantai Pink, Nusa Tenggara Barat (sumber: instagram.com/gnfi/)
LokasiSekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.802 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Mataram2 jam 1 menit (81,8 km) lewat Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok
Daya tarik pantaiSpot foto, pasir pantai berwarna pink,

Pantai Pink di Lombok sangat ikonis. Seperti namanya, pantai ini memiliki pasir yang halus lembut dengan warna pink. Pasir pink tersebut berada di bibir pantainya. Asal warna pink tersebut dari koral yang pecah menjadi butiran halus, kemudian terbawa ombak ke tepi pantai.

Garis pantai juga cukup panjang. Sementara, pasir yang berada di luar bibir pantai berwarna putih. Kemudian, di pinggir pantai juga ada banyak pohon yang hijau dengan daun lebat. Suasana rindang serta sejuk. Selain itu, di dekat pantai terdapat perbukitan hijau yang indah.

Pantai Pink juga memiliki air laut yang sangat jernih, berwarna hijau kebiruan. Ombaknya sangat tenang, hampir tidak ada ombak. Jadi, aman untuk berenang dan bermain air, bagi anak-anak juga. Untuk fasilitas yang tersedia, ada lahan parkir, toilet, gazebo, warung.

Pengunjung biasanya menyukai aktivitas bermain air, berenang, duduk-duduk santai, berjalan di tepi pantai. Pantai yang memikat ini cocok untuk tempat liburan bersama keluarga, teman, pasangan, maupun rombongan komunitas.

11. Pantai Tanjung Bira

Keindahan Pantai Tanjung Bira Sulawesi Selatan
Pantai Tanjung Bira, Sulawesi Selatan (sumber: instagram.com/jwb_sulsel/)
LokasiTanjung, Bira, Kec. Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,6/5.0 – 1.773 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Makassar5 jam 10 menit (192,8 km) lewat Jl. Poros Takalar – Jeneponto
Daya tarik pantaiPemandangan sunset, dermaga dengan desain kapal, spot foto, pemandangan dari atas tebing karang

Pantai Tanjung Bira merupakan tempat titik nol Bulukumba. Jadi, lokasinya ada di tengah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Pantai ini sangat, sangat menarik. Pantainya berada di atas tebing karang. Sementara, dinding tebing dipenuhi semak dan pepohonan hijau.

Di pinggir keliling atas tebing, sudah disediakan jalan setapak dengan paving untuk pengunjung. Dilengkapi juga dengan pagar pembatas di pinggir tebingnya supaya aman. Kemudian, juga ada banyak pohon yang menambah hijau dan segar suasana.

Selain itu, di tebing bawah ada dermaga kayu dengan desain kapal yang ikonis. Di sini, pengunjung biasanya paling suka berfoto. Pantainya sendiri merupakan tebing-tebing karang tinggi, sehingga pengunjung biasanya tidak berenang. Hanya menikmati keindahan pantai dari tebing.

Air lautnya biru sangat jernih, sekilas terlihat terumbu karang di bawah permukaan airnya. Sementara, fasilitas juga lengkap. Ada toilet, musala, banyak warung dan toko oleh-oleh serta suvenir. Pantai ini cocok buat liburan dengan keluarga, teman-teman, serta pasangan.

12. Pantai Jikomalamo

Keindahan Pantai Jikomalamo Maluku Utara
Keindahan Pantai Jikomalamo, Maluku Utara (sumber: instagram.com/doppo_andrew/)
LokasiJl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Sulamadaha, Kec. Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,6/5.0 – 1.541 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Ternate44 menit (18,9 km) lewat Jl. Batu Angus
Daya tarik pantaiSpot diving, banana boat, kuliner khas Ternate pisang goreng dabu-dabu roa

Pantai Jikomalamo berada di sebelah utara Ternate. Pantai ini dibuka secara resmi pada tahun 2017. Ajaib, air laut di pantai ini sangat, sangat bening, sebening kristal. Airnya yang bening berwarna kehijauan serta terlihat karang di dasar lautnya.

Pantai ini juga memiliki ombak yang sangat tenang. Selain itu, terlihat pemandangan perbukitan hijau di kejauhan. Tidak heran jika Pantai Jikomalamo menjadi kebanggaan masyarakat Ternate.

Untuk tiket masuk kendaraan roda dua Rp5.000 dan roda empat Rp10.000. Banyak yang suka diving di pantai hidden gem ini. Makanya, pantai ini terkenal sebagai tempat diving.

Aktivitas favorit lainnya yaitu berenang, bermain air, berfoto, serta naik banana boat. Kamu juga wajib mencicipi kuliner khas pisang goreng dabu-dabu roa. Jadi, ini pisang goreng yang dimakan dengan cocolan sambal ikan roa. Unik, ya. Ada juga menu lain seperti air jahe dan es kelapa muda.

Harga makanan dan minuman mulai dari Rp5.000-Rp25.000. Lalu, sewa banana boat Rp30.000 sudah termasuk pelampung. Untuk snorkeling dan diving Rp250.000.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di hari kerja agar tidak terlalu ramai wisatawan. Pantai ini cocok untuk liburan dengan siapa saja, mulai dari keluarga, pasangan, hingga teman-teman.

13. Pantai Hamadi Jayapura

Keindahan Pantai Hamadi Jayapura Papua
Pantai Hamadi Jayapura, Papua (sumber: instagram.com/rogijho/)
LokasiTobati, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Papua (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Roda dua Rp10.000
Roda empat Rp20.000
Rating ulasan4,1/5.0 – 1.419 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Jayapura16 menit (8,1 km) lewat Jl. Ring Road Jayapura
Daya tarik pantaiSpot foto, wahana bermain anak, perosotan, tembok pemecah gelombang, gardu pandang

Pantai Hamadi berjarak sekitar 5-10 menit dari kota Jayapura. Dahulu, Pantai Hamadi bernama Hollandia. Sekarang, pantai ini dikenal dengan nama Hamadi. Pantai ini memiliki pemandangan yang begitu memesona.

Di sekeliling pantai terdapat pohon cemara yang hijau serta rindang. Garis pantai ini pun panjang membentang. Pasirnya putih dengan air laut sangat jernih berwarna hijau kebiruan. Terdapat tembok pemecah gelombang sehingga pengunjung aman bermain air dan berenang.

Suasana tenang di pantai ini, ditambah lagi pantainya luas. Sementara, untuk fasilitasnya, ada lahan parkir, toilet, musala, kafe, warung, gazebo, banyak spot foto. Oh iya, kalau hari libur, pantai ini jadi lebih ramai dikunjungi wisatawan.

Biasanya, aktivitas favorit di sini adalah menikmati pemandangan, berfoto, bermain air, serta berenang. Apalagi, ombak yang tenang menjadikannya seperti kolam renang di dekat bibir pantai.

Liburan di pantai ini cocok untuk keluarga, teman, pasangan, hingga rombongan sekolah maupun instansi.

14. Pantai Viovio

Keindahan Pantai Viovio Riau
Keindahan Pantai Viovio, Riau (sumber: instagram.com/mudamudi.batam/)
LokasiSijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.212 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 5 menit (57,8 km) lewat Jl. Trans Barelang
Daya tarik pantaiSpot camping, diving dan snorkeling, naik perahu, pemandangan sunset, campground

Untuk menuju Pantai Viovio, pengunjung biasanya melewati Jembatan Barelang. Kamu bisa sekalian jalan-jalan dengan melintasi jembatan ikon Batam ini. Begitu sampai di pantai, kamu akan disambut panorama yang memanjakan mata.

Pantai Viovio dikelilingi perbukitan hijau. Pantai ini pun memiliki pasir putih bersih dengan ombak yang sangat tenang. Air lautnya jernih, serta aman untuk bermain air dan berenang. Di pinggir pantai, ada pohon-pohon kelapa dan pepohonan lainnya dengan jarak berjauhan.

Jadi, suasana di pinggir pantai lengang dengan hamparan pasir putih yang sangat luas. Selain itu, ada banyak gazebo, dan terdapat kafe di pinggir pantai. Aktivitas favorit pengunjung antara lain bermain pasir, main air, dan juga berenang. Ada juga ayunan untuk tempat bersantai dan spot foto.

Oh iya, pengunjung juga suka melihat sunset yang sangat indah di sini. Kamu juga bisa camping di pantai ini. Kalau untuk fasilitas, terdapat lahan parkir, toilet, tempat makan, spot foto. Wisata Pantai Viovio cocok untuk keluarga dan teman-teman, juga buat pasangan karena tempatnya romantis.

15. Gulf of Tomini

Keindahan Gulf Of Tomini Sulawesi Utara
Keindahan Gulf of Tomini, Sulawesi Utara (sumber: instagram.com/alkahfi_ismhail/)
LokasiSulawesi Tengah, Gorontalo dan Sulawesi Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.022 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Gorontalo6 menit (1,7 km) lewat Jl. Ahmad Yani/Jl. Nani Wartabone
Daya tarik pantaiSnorkeling dan diving

Gulf of Tomini biasa disebut Teluk Tomini, merupakan teluk paling luas di Indonesia, luasnya sekitar 6 juta hektare. Saking luasnya, teluk ini membentang di sepanjang tiga provinsi, yaitu Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Gorontalo.

Mungkin belum banyak yang kenal Teluk Tomini. Namun, teluk ini sebenarnya sangat indah. Untuk menikmati pantai di Teluk Tomini, tidak ada biaya masuk. Akan tetapi, kamu perlu bayar biaya sewa kapal atau perahu jika ingin menyeberang antar pulau.

Biaya kapal atau perahu sekitar Rp250.000. Ada juga biaya sewa alat selam sekitar Rp50.000. Menyelam adalah aktivitas paling disuka di sini. Selain itu, menikmati pemandangan saja, juga terasa seru.

Di sepanjang garis pantai Teluk Tomini, pasirnya putih, airnya sangat jernih kehijauan. Terlihat karang di dasar lautnya. Selain itu, ada beragam biota laut di perairan Teluk Tomini. Maka dari itu, Teluk Tomini adalah surganya para penyelam alias kamu yang hobi diving dan snorkeling.

Selain itu, kamu juga bisa liburan dengan bermalam di penginapan di sekitar Teluk Tomini. Wisata ini cocok untuk liburan keluarga, teman, dan pasangan. Bisa juga untuk bulan madu yang berkesan.

Demikian pantai terindah di Indonesia yang lagi hits. Mungkin saja ada pantai yang belum pernah kamu kunjungi. Atau, malah ada pantai yang baru pertama kali kamu tahu keberadaannya? Setelah baca list barusan, kamu kira-kira paling suka pantai yang mana, share di kolom komentar, ya!

Tinggalkan komentar