10 Wisata Pantai Terbaik di Banten yang Lagi Hits (2023)

Beberapa waktu terakhir ini, Banten tengah berbenah. Tempat-tempat wisata dipugar, dirapikan, dan dipromosikan dengan masif. Ini merupakan kabar baik bagi para pencandu wisata pantai, karena semakin banyak tempat menarik untuk dikunjungi!

Wisata yang digalakkan di Banten kebanyakan adalah wisata pantai. Terletak di perbatasan Jawa-Sumatera dan laut utara, Banten memang memiliki potensi pantai yang menarik. Beberapa pantai memiliki pasir alami yang bersih, lainnya lagi memiliki lanskap unik. Berikut ini 10 rekomendasi pantai terbaik di Banten versi Napaktilas:

Penasaran? Sebelum mengemas barang bawaanmu, cari tahu lebih dalam mengenai pantai-pantai ini!

1. Pantai Tanjung Pasir

Pantai Di Banten Pantai Tanjung Pasir
Pantai Tanjung Pasir, Tangerang (submer: instagram.com/dinifitri2212/)
LokasiTj. Pasir, Kec. Teluknaga, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Daya tarik pantaiPulau Untung Jawa, ornamen selfie, snorkelling, diving
Rute menuju tempat wisata dari kota Tigaraksa1 jam 37 min (46.2 km) via Jl. Raya Pantura dari Tigaraksa
Rating pantai4,0/5 dari 6.150 ulasan Google

Terletak tak terlalu jauh dari Tigaraksa dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Pantai Tanjung Pasir termasuk Pantai Tangerang yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan. Selain menikmati keindahan pantai, wisatawan juga dapat melihat pesawat terbang yang akan landing dan baru take-off dari bandar udara, lho.

Di sepanjang jalan menuju pantai, kamu akan menemukan banyak tambak udang dan juga penjual udang dari hasil tambak tersebut. Udangnya segar, layak untuk dibawa pulang. Harganya pun terjangkau karena langsung dihasilkan dari area tambak.

Pada musim liburan, Pantai Tanjung Pasir memang sangat ramai. Pasalnya, ada begitu banyak hal yang dapat kamu lakukan di sana. Apa saja? Ini dia:

  • Memancing
  • Olahraga air seperti banana boat
  • Bermain pasir dan mandi air
  • Menikmati sunset
  • Menikmati makanan olahan laut
  • Menaiki perahu
  • Ke pulau Untung Jawa

Di dermaga pantai, banyak perahu yang siap untuk mengantarkan kamu menikmati keindahan pantai hingga pergi ke Pulau Untung Jawa.

Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu. Di Pulau Untung Jawa, terdapat hutan bakau yang indah. Pemandangan bakau yang asri merupakan sebuah latar selfie yang disukai oleh banyak wisatawan.

Di lautnya, pengunjung juga dapat menelisik keindahan laut lewat aktivitas snorkelling dan diving.

Tanjung Pasir tak akan membosankan untuk siapa saja. Kamu yang suka dengan tantangan bisa melakukan diving dan snorkelling. Pencinta swafoto bisa mengambil foto terbaik. Penyuka hiburan bisa bermain banana boat dan juga naik perahu. Penyuka kuliner bisa menyempatkan ke kios-kios. Kapan lagi dan di mana lagi bisa ke tempat wisata pantai serbaada seperti ini?

Tanjung Pasir bisa diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi atau pun dengan mobil sewa daring. Jaraknya hanya 5 km dari bandara, sehingga mudah mendapatkan kendaraan daring menuju ke sana.

2. Pantai Sawarna

Pantai Di Banten Pantai Sawarna
Pantai Sawarna, Lebak (sumber: instagram.com/silvakhanzaa)
LokasiJl. Sawarna Km. 12 No.1, Sawarna, Bayah, Lebak, Banten (Cek Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Daya tarik pantaiGua-gua, karang, Desa Sawarna
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 11 min (123.2 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/ 5 dari 6.103 ulasan Google

Begitu lengkap pemandangan alam yang disajikan oleh Desa Sawarna, tempat bagi Pantai Sawarna yang tersohor. Maka, saat berwisata ke sana, kamu pun akan mendapati tidak hanya pemandangan pantai dan laut. Di sana, kamu bisa melihat pegunungan, laut, hingga gua-gua.

Pemandangan gua-gua dan pegunungan ini seolah menjadi pigura bagi laut biru dan pasir yang putih. Ya, pasir di Pantai Sawarna memang warnanya cerah. Ini memberikan kesan homy dan bersih pada pantai. Karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, maka ombaknya sangat besar. Ombak Pantai Sawarna adalah favorit dari para peselancar.

Selain menikmati keindahan pantai dan juga berselancar, kamu juga dapat menikmati hal-hal ini di Pantai Sawarna:

  • Makam Jean Louis van Gogh: sepupu pelukis Vincent van Gogh yang datang menjelajah tempat ini pada masa lalu. Ia memiliki keinginan menjadikannya desa wisata.
  • Gua Seribu  Wajah: Keindahan hiasan alam di dinding-dinding gua adalah alasan mengapa ia disebut seribu wajah. Kamu juga dapat melihat batuan stalagmit yang unik.
  • Karang Taraje: Kumpulan karang-karang yang berjajar dan bertumpuk, membentuk air terjun cantik.
  • Karang beureum: Kumpulan karang besar seperti Karang Taraje yang terletak di tengah laut.
  • Karang bokor: Karang raksasa yang ada di tengah laut, menimbulkan ombak besar.

Jika kamu mencari pantai indah di Lebak Banten, memang Pantai Sawarna sayang untuk dilewatkan. Apalagi, dari Stasiun Rangkasbitung, disediakan bus DAMRI nyaman yang langsung menuju ke pantai.

3. Pantai Sambolo 2

Pantai Di Banten Pantai Sambolo 2
Pantai Sambolo 2, Serang (sumber: instagram.com/vita_meilanni/)
LokasiJl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyar, Serang, Banten  (Cek Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Daya tarik pantaiTempat makan, gazebo, pijat, donat boat, ATV, snorkelling
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 7 min (41.4 km) via Jl. Raya Pantura and Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/ 5 dari 6.103 ulasan Google

Pantai Sambolo termasuk jajaran Pantai Serang yang terbagi menjadi dua kawasan dalam satu garis pantai, yaitu: Sambolo dan Sambolo 2. Kendati letaknya tidak berjauhan, tetapi Sambolo 2 lebih banyak dijadikan opsi wisata.

Hal tersebut terjadi lantaran Sambolo 2 lebih rapi dan memiliki lebih banyak fasilitas. Nah, apa saja sih, fasilitas yang dapat kamu nikmati di sana? Ini dia:

  • Penginapan yang nyaman
  • Tempat-tempat makan
  • Gazebo
  • Olahraga air
  • Donat boat
  • ATV
  • Fasilitas pijat

Gazebo dapat kamu sewa dengan membayar jumlah tertentu. Gazebo-gazebo ini sangat nyaman digunakan untuk kumpul keluarga besar. Sembari bercengkerama, kamu bisa menikmati garis pantai luas, ombak-ombak pecah, dan minuman segar.

Beberapa olahraga air yang dapat kamu nikmati di Pantai Sambolo 2 antara lain donat boat dan snorkeling. Keindahan bawah laut Sambolo 2 memang memukau sehingga olahraga ini layak kamu jajal.

Oh ya, kamu juga dapat menyewa tukang pijat selama beberapa waktu. Setelah lelah berlarian dan menjajal wahana air, tentu menyenangkan merasakan pijatan punggung yang kuat.

Pasirnya yang bersih dan rapi, serta garis pantai panjang membuatnya ideal sebagai tempat bermain voli. Untuk selfie, waktu terbaiknya adalah pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Musim paling ideal mengunjungi Pantai Sambolo 2 adalah saat kemarau atau saat hujan tidak terlalu deras. Saat hujan berangin, ombak pantai menjadi besar dan aktivitas pun sangat tidak nyaman.

Pantai Sambolo 2 ramai akan pedagang serta aparat yang ditugaskan menjaga pantai. Maklum, ia merupakan salah satu destinasi favorit di Anyer. Sehingga, saat berlibur ke sana, pengunjung pun merasa aman, hangat, dan tenteram.

Dari Jakarta, tol ini mudah diakses. Kamu hanya perlu melewati Tol Tangerang-Merak, menuju ke arah Anyer setelah keluar Gerbang Cilegon Barat.

Baca terus: Lagi nyari rekomendasi pantai cantik di sekitar Serang, Banten? Kami punya referensi bagus di sini.

4. Pantai Tanjung Layar

Pantai Di Banten Pantai Tanjung Layar
Pantai Tanjung Layar, Lebak (sumber: instagram.com/syahrul_azam/)
LokasiPesona Sawarna Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (Cek Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Daya tarik pantaiKarang layar, selancar, area berkemah
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 15 min (124.3 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/ 5 dari 6.103 ulasan Google

Tahukah kamu mengapa pantai ini diberi Tanjung Layar? Ini ada hubungannya dengan legenda di baliknya.

Ingatkah kamu dengan kisah Sangkuriang? Setelah Dayang Sumbi menolak lamarannya dan setelah ia mengetahui bahwa perempuan itu adalah ibunya, Sangkuriang marah. Badan perahu menjadi Gunung Tangkuban Perahu, dan layarnya menjadi karang di Pantai Tanjung Layar.

Terlepas dari kisah yang cuma mitos, karang di tengah laut Tanjung Karang memang bentuknya unik. Karang ini sangat ideal sebagai latar belakang selfie yang menyenangkan.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di pantai ini? Cukup banyak! Berikut beberapa hiburannya.

  • Berenang
  • Pergi ke karang dan berfoto-foto di dekat sana
  • Bermain pasir
  • Berselancar
  • Berkemah

Di area pantai, terdapat lokasi berkemah yang cukup lapang. Bawa peralatan kemahmu dan dirikan tenda dengan harga terjangkau.

Di dekat Pantai Tanjung Layar, terdapat banyak opsi tempat bermalam yang sederhana. Ada penginapan yang menyediakan pendingin ruangan, ada pula yang sekadar menyediakan kipas angin.

Ombak yang besar membuat pantai ini kurang ideal disambangi saat musim hujan yang deras. Berkunjunglah saat kemarau atau saat hujan tak terlalu deras.

5. Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer

Pantai Di Banten Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer
Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer, Serang (sumber: instagram.com/sintiya_040/)
LokasiJl. Raya Anyer-Sirih, Sindanglaya, Serang, Banten  (Cek Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Daya tarik pantaiResorts, pantai berpasir putih, matahari terbenam, warung
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 15 min (47.0 km) via Jl. Raya Pantura and Jl. Nasional III
Rating pantai4,2/ 5 dari 4.432 ulasan Google

Banten membawa indahnya pantai Amerika Serikat melalui Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer!

Sesuai dengan julukannya, pasir pantai di Florida Anyer memang berwarna putih bersih. Hal itu memunculkan kesan estetik dan cerah di pantai. Terlebih, pada saat siang atau sore hari.

Satu hal istimewa dari Florida Anyer yang sulit kamu dapatkan di pantai lain adalah matahari terbenamnya. Karena letaknya, matahari terbenam di Florida Anyer tepat berada di tengah-tengah. Maka, pemandangan ini terlihat cantik dan simetris. Mengambil foto dengan latar matahari terbenam yang seimbang ini wajib kamu lakukan saat pergi ke sana.

Untuk kamu yang suka dengan sedikit tantangan, pantai menyediakan hiburan seperti banana boat. Namun, kalau kamu sekadar ingin bersantai, ada beberapa opsi aktivitas yang bisa kamu pilih:

  • Menggelar Tikar

Pasir putih, camar-camar yang terbang lewat, dan beberapa pohon rindang adalah alasan mengapa pantai ini romantis. Pada sore hari, suasananya sangat tenang. Debur ombak terdengar dari kejauhan, begitu pula sepoi-sepoi angin. Wisatawan sangat suka menggelar tikar di bawah pohon, sembari menyantap bekal yang mereka bawa.

  • Susur Pantai

Pasir Pantai Florida berwarna putih bersih, membuatnya menyenangkan untuk aktivitas susur pantai. Tatap cakrawala nun jauh di sana dan aktivitas nelayan, seraya menikmati sensasi pasir putih yang menyelusup ke sela-sela jari.

  • Makan Sambil Memandang Pantai

Makan memang aktivitas yang sulit dilepaskan dari liburan. Maka dari itu, ada beberapa warung makan yang dibuka tak jauh dari bibir pantai. Kamu bisa makan di sana, menikmati sajian berat hingga minuman ringan, sambil melihat keindahan laut lepas.

  • Menginap

Terletak di area wisata Anyer, tak mengherankan ada begitu banyak pilihan tempat menginap. Ada losmen sederhana, tetapi juga ada resort. Resort bisa kamu pilih apabila kamu ingin menikmati kenyamanan dan kemewahan maksimal.

Resort seperti Marbella Hotel misalnya, memiliki nuansa bak hotel mewah Miami. Dengan gedung yang tinggi dan pohon-pohon palem, nuansa musim panas terasa sekali di sana. Kamu bisa berenang di kolam renang dengan pemandangan pantai, atau duduk-duduk di tempat duduk panjang.

Beberapa resorts juga menyediakan fasilitas spa keluarga, sehingga kamu bisa tetap prima saat berlibur.

Seperti pantai-pantai lain di Anyer, waktu terbaik mengunjungi Pantai Pasir Putih Florida adalah di luar musim hujan. Kamu bisa maksimal berenang, berjemur, dan menyusuri pantai.

Dari Serang, jaraknya sangat dekat. Sehingga, pantai ini ideal untuk kamu yang hanya memiliki waktu liburan singkat.

6. Pantai Pasir Putih Sirih

Pantai Di Banten Pantai Pasir Putih Sirih
Pantai Pasir Putih Sirih, Serang (sumber: instagram.com/wafa_kamill/)
LokasiJl. Raya Karang Bolong, Kamasan, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Banten (Cek Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Daya tarik pantaiPantai berpasir tanpa karang, warung makan, perahu, banana boat
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 13 menit  (45,6 km) lewat Jl. Raya Pantura dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/ 5 dari 3.721 ulasan Google

Ingin mencari pantai yang aman, bersih, dan menyenangkan untuk berenang? Datang saja ke Pantai Pasir Putih Sirih.

Dengan slogan “Landai tanpa karang”, pantai ini benar-benar aman untuk siapa saja yang ingin mandi dan berenang di laut dengan maksimal. Tidak ada karang-karang yang akan melukai bagian tubuhmu. Maka, anak-anak pun banyak yang bersenang-senang di sana. Kesan pantai pun menjadi lapang.

Selain bermain pasir, masih ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sana! Beberapa di antaranya adalah:

  • Menaiki perahu bersama-sama
  • Naik banana boat
  • Makan di warung pinggir pantai

Karena lokasinya strategis dan tanpa karang, maka saat liburan, pantai ini sangat ramai orang. Jika kamu ingin menghindari kerumunan, hindari musim liburan. Pantai ini memang bakal diserbu wisatawan dalam jumlah besar saat liburan tiba.

Selain itu, guna menikmati wahana secara maksimal, jangan datang saat musim hujan, ya.

7. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Di Banten Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang (sumber: instagram.com/infowisatapandeglang/)
LokasiDesa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00 (hari biasa) Rp40.000,00 (hari libur)
Daya tarik pantaiResorts, lokasi swafoto, ATV (khusus beach club), ayunan, kolam renang
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 15 menit (47.0 km) via Jl. Raya Pantura and Jl. Nasional III
Rating pantai4,4/ 5 dari 1.861 ulasan Google

Kamu tidak harus pergi ke Bali atau Lombok untuk menikmati wisata pantai yang cantik dan mewah. Banten, dengan Pantai Tanjung Lesung, memberikan pesona pantai tropis yang mengesankan. Pantai Tanjung Lesung termasuk Pantai Pandeglang yang bagus dan populer di kalangan masyarakat Jawa Barat.

Hal pertama yang menjadi daya tarik bagi anak muda adalah spot selfie. Ada beberapa tempat swafoto yang mengesankan di Tanjung Lesung, antara lain:

  • Dermaga panjang
  • Ayunan-ayunan
  • Gazebo
  • Latar Gunung Krakatau

Latar Gunung Krakatau ini terlihat jelas menjelang matahari terbenam. Sinarnya membuat bayangan gunung terlihat begitu berseni sekaligus mistis. Apalagi, saat cuaca tidak mendung.

Selain fasilitas dasar, kamu juga dapat menikmati fasilitas lebih dengan pergi ke beach clubs.  Nikmati berbagai macam fasilitas liburan tak terlupakan bak Bali dan Lombok! Terdapat tempat makan yang berhadapan dengan laut, kolam renang infinity yang seolah tersambung ke samudera, hingga area berkemah!

Area perkemahan yang disediakan oleh salah satu beach club berdiri di lahan yang lapang dan rapi. Cocok untuk siapa saja yang ingin menginap dengan latar suasana pantai dan debur ombak!

Untuk kamu yang mengutamakan kenyamanan di atas segalanya, disediakan kamar-kamar dengan berbagai tipe. Ada tipe standar dan juga tipe yang lebih besar dan mewah.

Pantai Tanjung Lesung adalah pengalaman tak terlupakan di Banten untuk siapa saja. Baik untuk keluarga, petualang solo, mau pun pasangan yang berbulan madu, semua bisa bersenang-senang di sana.

Buat kamu yang menggantungkan diri pada transportasi umum, tak perlu khawatir. Kiwari, tersedia bus menuju ke sana. Contohnya, seperti bus jurusan Kalideres-Balaraja. Kemudian, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan transportasi daring untuk memangkas biaya.

8. Pantai Tanjung Kait

Pantai Di Banten Pantai Tanjung Kait
Pantai Tanjung Kait, Tangerang (sumber: instagram.com/tiara.lestari/)
LokasiJl. Raya Tanjung Kait, Tj. Anom, Kec. Mauk, Tangerang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Daya tarik pantaiPemancingan, jual-beli ikan segar, saung, wisata agama
Rute menuju tempat wisata dari kota Tangerang59 menit  (29,0 km) lewat Jl. Marsekal Suryadarma
Rating pantai4,4/ 5 dari 1.861 ulasan Google

Tanjung Kait merupakan pantai yang cukup dekat dari Jakarta. Bahkan, kamu bisa mengaksesnya setelah keluar dari Tol Cikupa, tol yang notabene memiliki akses tanpa hambatan dari Jakarta Barat.

Tanjung Kait memiliki beberapa hal yang cukup memuaskan wisatawan. Misalnya, seperti pondok-pondok yang seolah menjorok ke bagian laut. Dalam rekaman kamera, pondok-pondok ini terasa estetik dan menarik.

Fungsinya bukan sekadar pemanis saja. Ia memiliki manfaat yang lebih penting: tempat nelayan melepas penat. Ya, aktivitas melaut dan menjaring ikan memang cukup ramai di sana.

Kamu pun juga bisa duduk-duduk di sana. Berinteraksi dengan nelayan, melihat cakrawala dari kejauhan, bahkan membeli ikan dari mereka! Ya, para nelayan menjual ikan-ikan hasil tangkapan yang segar.

Masih ada yang bisa kamu nikmati di Tanjung Kait, lho.

Terdapat jembatan dari kayu yang memanjang sampai ke tengah laut. Ia memunculkan kesan yang tradisional, terlebih pada senja. Siluetnya sangat cantik. Meski begitu, jembatan ini kurang aman untuk banyak orang. Berhati-hatilah saat berjalan di atasnya.

Selain wisata pantai di Tanjung Kait kamu juga dapat menjajal jenis wisata lain. Salah satunya adalah wisata keagamaan.

Di dekat pantai, terdapat kelenteng Tjoe Soe Kong dan Masjid Pintu Seribu. Keduanya tak hanya memberikan kamu pengetahuan akan dua agama yang berharga. Di depannya, kamu bisa mengambil swafoto unik yang seolah membawamu ke negara lain.

Memang pantai ini tidak lavish layaknya Tanjung Lesung. Namun, selain mudah diakses, pantai ini cocok disambangi penyuka makanan laut segar.

9. Pantai Caringin

Pantai Di Banten Pantai Caringin
Pantai Caringin, Pandeglang (sumber: instagram.com/smariah25/)
LokasiCaringin, Kec. Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Daya tarik pantaiPemancingan, wisata ziarah, masjid, warung makan
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 6 menit  (37,7 km) lewat Jl. Raya Mandalawangi dan Jl. Raya Jiput Caringin
Rating pantai4,2/ 5 dari 1.367 ulasan Google

Pantai Caringin di Pandeglang memang favorit banyak orang. Harga masuknya terjangkau. Selain itu, penduduk asli pun sangat ramah dan terbuka terhadap wisatawan.

Selain pemandangan cantik dan pantai yang rapi, begitu banyak opsi hiburan yang bisa kamu dapatkan di sana. Misalnya, seperti memancing. Suasana yang tenang membuat orang-orang lebih fokus saat memancing. Apalagi, udaranya juga sejuk, banyak pepohonan rimbun, sehingga hati pun terasa bahagia dan damai.

Jika dibandingkan pantai-pantai di sekitar Anyer, Caringin memang tidak memiliki banyak fasilitas yang modern. Namun, kedamaian seperti ini memang tak mudah ditemukan di pantai-pantai modern. Yang dicari oleh pengunjung adalah perasaan tenang dan sensasi menikmati pantai yang sebenar-benarnya.

Kendati sederhana, fasilitas-fasilitas yang ditawarkan cukup layak, antara lain:

  • Kamar mandi
  • Parkir kendaraan
  • Warung makan
  • Tempat istirahat

Selain pantai, pengunjung juga banyak yang tertarik dengan wisata ziarah. Masih di area pantai, terdapat makam K.H Syeh Asnawi bin H. Abdurrohman. Pahlawan dan ulama Banten ini dimakamkan di dekat Masjid Caringin, masjid yang ia bangun. Pada saat beliau masih hidup, banyak orang yang berguru kepadanya karena ilmunya dan kesederhanannya.

Ada mitos pula bahwa mandi di Pantai Caringin menghilangkan banyak penyakit. Percayakah kamu dengan mitos ini? Percaya atau tidak, yang jelas air lautnya sangat segar.

10. Pantai Carita

Pantai Di Banten Pantai Carita
Pantai Carita, Pandeglang (sumber: instagram.com/mang.mbong/)
LokasiSukarame, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Daya tarik pantaiWahana air, snorkelling, toko cendera mata, tempat makan, penginapan
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 17 menit (41.9 km) via Jl. Raya Mandalawangi dan Jl. Raya Jiput Caringin  
Rating pantai4,3/5.0 dari 1.337 ulasan Google

Jika bicara tentang pantai di area Banten, tentu tidak dapat melupakan nama Carita. Sejak dulu, pantai ini memang tersohor sebagai salah satu tempat wisata favorit warga Jabodetabek. Bahkan, ia sudah ditetapkan sebagai taman wisata alam sejak tahun 1978.

Kecantikan Pantai Carita memang ada di segala aspek –luar dan dalam–. Pantainya cantik dengan pasir putih dan senja yang oranye merekah. Warna putih pada pasir ini membuat banyak orang betah duduk-duduk di atasnya atau bahkan bermain voli dan membuat istana pasir. Nah, bagian dalam lautnya juga tak kalah cantik. Kekayaan berbagai biota laut dengan terumbu karang yang elok bisa kamu lihat saat snorkelling di sana. Harga sewa peralatan pun terjangkau, cuma sekitar Rp50.000,00.

Untuk kamu yang sekadar ingin “main-main” di permukaan, ada banyak wahana air yang bisa kamu pilih. Misalnya, menaiki banana boat atau kalau mau yang lebih seru, cobalah jet ski. Kamu akan merasakan sensasi dijatuhkan di bawah laut atau sensasi berkendara, jika kamu duduk dan mengendarainya.

Aktivitas yang paling menyenangkan pada pagi hari dan sore hari adalah menyusuri pantai…dengan ATV. Ya, Carita juga menyediakan ATV yang bisa disewa dengan harga Rp25.000,00 selama 15 menit. Nikmati belaian angin pantai dan suara ombak sembari menyusuri pantai tanpa rasa lelah.

Tak jauh dari pantai, juga terdapat berbagai penginapan. Sehingga, kamu bisa lebih menikmati Carita dengan maksimal, tanpa diburu oleh waktu.

Untuk kamu yang mau merasakan sebenar-benarnya wisata pantai Banten, Carita-lah jawabannya. Begitu banyak cerita yang akan kamu bawa pulang dari Carita. Namun, pastikan kamu tidak datang saat musim penghujan deras, ya, agar liburanmu tidak sia-sia.

Banten memberikanmu banyak memori menarik lewat deretan pantai-pantainya yang elok, senjanya yang merona, dan juga berbagai aktivitas air yang tak pernah membosankan! Liburan ke pantai-pantai Banten bisa menjadi opsi baik untuk anak-anak, para lajang, mau pun pasangan yang menginginkan romantisme!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar