10 Wisata Pantai Terbaik di Lebak yang Lagi Hits (2022)

Banten memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang potensial, seperti deretan pantai di daerah Lebak. Masing-masing pantai memiliki pesonanya tersendiri. Beberapa di antaranya juga tidak banyak diketahui orang sehingga kawasannya cukup sepi dan suasananya masih asri. Kalau memiliki kesempatan untuk berlibur ke provinsi yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini, jangan lupa untuk mampir ke wisata pantainya, khususnya di Kabupaten Lebak. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Lebak:

Mulai penasaran? Yuk, simak uraian dari Napaktilas berikut ini.

1. Pantai Sawarna

Pantai Di Lebak Pantai Sawarna
Pantai Sawarna, Lebak, Banten (sumber: instagram.com/nurymn20/)
LokasiSawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiHutan, ombak besar, arena berselancar
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 13 menit (124.0 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 dari 6.103 ulasan Google.

Pantai Sawarna adalah salah satu pantai terindah di Banten yang menjadi surganya para surfer. Dengan ombaknya yang besar, pantai ini sangat cocok untuk olahraga selancar. Akses menuju lokasi terbilang mudah, dari Rangkasbitung, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna.

Pantai Sawarna sebenarnya terdiri dari tujuh pantai dan satu gua. Jika ingin mengeksplor semuanya, kemungkinan tidak cukup jika hanya dilakukan dalam satu hari saja. Pantai-pantai tersebut kondisinya masih sangat alami dan tak terlalu ramai pengunjung.

Namun, di hari libur atau akhir pekan, jumlah wisatawan biasanya akan meningkat. Jadi kalau ingin menikmati deburan ombak dan melihat pemandangan yang memanjakan mata dengan tenang, kamu bisa datang di hari kerja.

Pemandangan sunset dan sunrise di sini tidak kalah dengan pantai-pantai populer yang ada di Bali atau Lombok. Jadi, tunggu apa lagi? Segera rencanakan liburanmu ke Pantai Sawarna di Lebak, Banten ini, ya!

2. Pantai Tanjung Layar

Pantai Di Lebak Pantai Tanjung Layar
Pantai Tanjung Layar, Lebak (sumber: instagram.com/roy_turmantara91/)
LokasiPesona Sawarna Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir, Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiBatu karang besar, camping ground, selancar
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 17 menit (125.0 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 dari 4.831 ulasan Google

Pantai Tanjung Layar masih satu komplek dengan Pantai Sawarna. Salah satu daya tarik yang dimiliki pantai ini adalah dua batu karang berukuran besar yang bentuknya mirip layar. Konon, kedua batu karang raksasa ini adalah jelmaan dari dua kekuatan yang selanjutnya dijadikan kapal oleh Sangkuriang.

Kalau ingin berfoto di batu karang tersebut, datanglah pada waktu pagi atau sore hari ketika air laut sedang surut. Setiap akhir pekan atau hari libur, pantai ini selalu ramai wisatawan. Perpaduan pasir putih dan air laut berwarna biru bersih sangat memikat.

Sembari menikmati keindahan pantai, ada aktivitas menarik lain yang bisa kamu lakukan di sini. Di antaranya:

  • Camping

Dengan keindahan yang dimilikinya, rasanya akan kurang jika hanya menghabiskan waktu singkat di sini. Sebagai opsi, kamu bisa berkemah untuk menikmati pemandangan malam di pantai dan bisa mengejar waktu sunrise. Kalau tidak ingin mendirikan tenda sendiri, kamu juga bisa menyewa penginapan yang ada di sekitar pantai.

  • Berselancar

Berselancar adalah salah satu kegiatan favorit bagi para wisatawan karena Pantai Tanjung Layar memiliki ombak yang cukup besar. Tentunya sangat cocok dijadikan sebagai arena surfing.

3. Pantai Bagedur

Pantai Di Lebak Pantai Bagedur
Pantai Bagedur, Lebak (sumber: instagram.com/wisatahitsbanten/)
LokasiSukamanah, Kec. Malingping, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiSpot sunset, camping, wisata kuliner
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung2 jam 12 menit (82.2 km) via Jl. Raya Kaduagung – Cileles
Rating pantai4,2/5.0 dari 1.914 ulasan Google.

Banten memang memiliki potensi wisata yang luar biasa. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan adalah objek wisata pantainya. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah pantai yang berada di Kabupaten Lebak, Banten, yaitu Pantai Bagedur. Destinasi ini memiliki bibir pantai yang panjang, yakni 1 km lebih dengan lebar sekitar 50 m.

Pantai Bagedur memiliki pasir dengan karakteristik yang padat berwarna kecoklatan yang bersih. Meski suasananya masih sangat asri, beberapa fasilitas telah disediakan demi menunjang kenyamanan wisatawan, seperti didirikannya lifeguard untuk memantau aktivitas pengunjung, area untuk mengadakan acara, dan gerbang masuk yang sudah diperbarui.

Selain menikmati pemandangan, ada hal menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Bagedur ini, seperti:

  • Berenang

Dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Lebak, Pantai Bagedur memiliki ombak yang relatif tak terlalu besar. Untuk itu, pantai ini masih tergolong aman untuk berenang. Namun, jika membawa anak-anak, jangan sampai luput dari pengawasan, ya.

  • Menikmati sunset

Berlibur ke pantai tentunya akan terasa kurang jika tidak menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam. Pemandangan sunset terbaik biasanya datang di musim kemarau atau ketika cuaca sedang cerah.

  • Camping

Kalau satu hari dirasa kurang, kamu bisa bermalam di pantai ini dengan mendirikan tenda di sekitar pantai. Kamu bisa membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah atau menyewanya kepada pihak pengelola pantai.

Camping bisa menjadi alternatif bagi kamu untuk menikmati pemandangan pantai ketika malam hari. Selain itu, kamu juga tidak akan ketinggalan untuk melihat momen matahari terbit pada pagi harinya.

4. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Dekat Dari Lebak Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung (sumber: instagram.com/dinny.azka/)
LokasiTanjungjaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSabtu-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Hari biasa: Rp25.000/orang Akhir pekan: Rp40.000/orang
Daya tarik pantaiSpot sunset dan sunrise, water sport, snorkeling dan diving
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung2 jam 31 menit (91.1 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,4/5.0 dari 1.860 ulasan Google

Pantai Tanjung Lesung adalah salah satu pantai yang menjadi kebanggaan warga Banten. Destinasi ini sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun yang berasal dari luar daerah. Meski berada di daerah Pandeglang, warga Lebak pun sering menghabiskan waktu liburannya di pantai ini.

Tanjung Lesung memiliki hamparan pasir putih dengan kerang-kerang kecil dan berbatuan tumpul khas pantai. Pantai ini menjadi spot sunset dan sunrise yang sangat memukau. Pemandangan matahari terbit maupun terbenam yang berbaur dengan keindahan laut memang tidak bisa ditolak.

Agar tidak bosan, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan di sini, seperti:

  • Berolahraga

Melakukan olahraga di pantai bisa menjadi alternatif. Terdapat beragam jenis olahraga air yang bisa pengunjung lakukan, seperti kano atau jet ski. Kalau ingin berolahraga dengan tim, ada voli pantai yang bisa dimainkan.

  • Snorkeling dan diving

Tanjung Lesung juga memiliki pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa. Kalau tertarik untuk melihatnya secara langsung, kamu bisa snorkeling atau diving. Tak perlu khawatir jika tidak memiliki peralatan menyelam sendiri sebab kamu bisa menyewanya.

  • Naik banana boat

Untuk menambah keakraban dengan rombongan liburanmu, kamu bisa mencoba banana boat. Saat naik perahu karet berbentuk pisang ini, kamu akan ditarik menggunakan jet ski dengan kecepatan penuh. Tak jarang, di tengah laut pengemudi jet ski dengan sengaja akan menjatuhkan banana boat. Di sinilah keseruannya muncul.

5. Pantai Karang Taraje

Pantai Di Lebak Pantai Karang Taraje
Pantai Karang Taraje, Lebak (sumber: instagram.com/serangkeren_/)
LokasiSawarna, Bayah, Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiCamping ground, batu karang Taraje, memancing
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 25 menit (127.0 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,6/5.0 dari 865 ulasan Google

Pantai Karang Taraje menyuguhkan pemandangan luar biasa yang berbeda dengan pantai lain. Pantai ini memiliki batu karang yang bentuknya menyerupai anak tangga. Air yang mengalir dari atas batu karang menuju ke pantai ini terlihat seperti air terjun. Tak heran jika wisatawan sering menjadikan tempat ini sebagai spot foto wajib.

Di pinggiran pantai juga terdapat batuan karang berukuran besar yang diselimuti pepohonan di atasnya. Di pantainya, kamu akan mendapati beberapa karang yang berlubang. Di kubangan tersebut, tak jarang terlihat ikan-ikan berukuran kecil yang berenang dan terlihat seperti akuarium terbuka.

Beberapa wisatawan juga tak segan untuk berkemah di sekitar pantai ini. Kalau tertarik, kamu bisa membawa perlengkapan kemah atau menyewanya kepada pihak pengelola pantai. Berkemah bisa menjadi alternatif jika kamu merasa tidak bisa menghabiskan waktu yang sebentar di pantai ini. Pagi harinya, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan tentunya suasana pantai masih sepi.

Biasanya ketika air sedang surut, banyak orang yang akan memancing di pantai ini. Karena pada saat itu, ikan-ikan akan mudah terlihat keberadaannya.

6. Pantai Pulo Manuk

Pantai Di Lebak Pantai Pulo Manuk
Pantai Pulo Manuk, Lebak (sumber: instagram.com/picturebanten/)
LokasiSawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiCamping ground, monyet berkeliaran
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 2 menit (117.0 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/5.0 dari 775 ulasan Google

Banten selalu menjadi tujuan favorit masyarakat yang tinggal di Jabodetabek atau sekitarnya untuk berlibur, seperti Pantai Pulo Manuk ini. Di pantai yang masih satu komplek dengan Pantai Sawarna ini, kamu bisa mendapati hamparan pasir putih yang luas dan air laut berwarna biru yang sangat jernih.

Di sini banyak dijumpai monyet-monyet berkeliaran. Kesempatan ini sering digunakan oleh wisatawan untuk memberi makan monyet-monyet tersebut. Kamu juga bakal menemui beberapa pedagang yang menjual kacang di lokasi.

Sama seperti pantai di Sawarna lainnya, di sini juga tersedia area camping ground bagi wisatawan yang berencana bermalam. Jika ingin sekadar menikmati pemandangan laut, di sini sudah tersedia gazebo atau kursi pantai yang bisa kamu gunakan. Duduk bersantai sembari mendengar suara deburan ombak akan memberikan ketenangan dan rasa nyaman tersendiri.

Untuk menuju ke Pantai Pulo Manuk tidaklah sulit karena lokasinya yang cukup strategis. Pantai ini hanya berjarak sekitar 10 menit dari Pasar Bayah. Biasanya, daerah pantai dikenal panas, tetapi dengan banyaknya pepohonan yang ada di pantai ini mampu menciptakan suasana yang teduh dan sejuk.

7. Pantai Pasir Putih Cihara

Pantai Di Lebak Pantai Pasir Putih Cihara
Pantai Pasir Putih Cihara, Lebak (sumber: instagram.com/sendairawan/)
LokasiCiparahu, Kec. Cihara, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp5.000 Parkir mobil: Rp10.000
Daya tarik pantaiGazebo, batu karang, wisata kuliner
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung2 jam 19 menit (86.5 km) via Jl. Raya Kaduagung – Cileles
Rating pantai4,4/5.0 dari 690 ulasan Google

Pantai Pasir Putih Cihara memiliki keunikan tersendiri, yakni pesona pada sisi kanan dan kirinya sangat berbeda. Di sisi kanan, hempasan ombaknya terbilang besar seperti pantai laut selatan pada umumnya. Ombak tersebut berbenturan langsung dengan karang dan batu cadas yang menjadi daya tarik dari tempat ini.

Adapun pada sisi kiri pantai dihiasi dengan hamparan pasir putih kecokelatan. Area inilah yang sering dimanfaatkan pengunjung untuk bermain dengan ombak atau pasir pantai. Meskipun pantai ini didominasi oleh karang, tetapi di bagian-bagian tertentu masih bisa digunakan untuk berenang. Ombak di sisi ini juga tidak sebesar sisi kanan pantai dan terbilang cukup aman bagi pengunjung.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan yang indah, pantai ini juga bisa jadi tempat untuk berburu kuliner. Ada beberapa warung makan yang menyediakan hidangan khas laut yang tentunya sangat menggugah selera. Mulai dari aneka ikan laut, udang, cumi, dan masih banyak lainnya.

Kalau ingin sekadar bersantai menikmati pemandangan pantai, kamu bisa memanfaatkan gazebo bergaya etnik yang telah disediakan. Di sini, kamu bisa menikmati pesona pantai sembari bercengkerama dengan orang-orang tercinta.

8. Pantai Goa Langir

Pantai Di Lebak Pantai Goa Langir
Pantai Goa Langir, Lebak (sumber: instagram.com/infogadingserpong1/)
LokasiSawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiPanjat tebing, camping ground, mengunjungi Goa Langir
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 13 menit (121.0 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,6/5.0 dari 665 ulasan Google

Pantai Goa Langir adalah salah satu pantai di Sawarna yang terbilang masih sepi pengunjung. Hal ini dikarenakan lokasinya yang tersembunyi padahal pemandangannya tidak kalah indah dengan Pantai Sawarna lainnya.

Begitu masuk ke pantai ini, kamu akan disambut dengan pemandangan memukau perpaduan hamparan pasir putih dengan bukit batu yang tinggi menjulang. Pantai ini dinamakan Pantai Goa Langir karena terdapat banyak gua. Salah satu yang besar adalah Goa Langir. Jadi, selain mengunjungi pantai, kamu juga bisa mengunjungi gua yang ada di pantai ini.

Goa langir memiliki tinggi mencapai 10 meter dan lebar 3 meter. Keadaan di dalam gua ini cukup lembap. Kamu bisa menemukan banyak batuan stalaktit dan stalagmit di setiap sudut gua. Karena gelap, disarankan membawa senter saat memasukinya. Jangan lupa kenakan helm supaya aman.

Pantai ini juga sering dijadikan sebagai area panjat tebing karena terdapat batang kars dengan tinggi sekitar 30 hingga 70 meter. Tebing ini cocok bagi pemanjat pemula karena tidak terlalu tinggi dan terbilang aman.

Di sini juga terdapat camping ground. Jika berencana menginap, tak ada salahnya untuk mendirikan tenda di sekitar pantai.

9. Pantai Karang Songsong

Pantai Di Lebak Pantai Karang Songsong
Pantai Karang Songsong, Lebak (sumber: instagram.com/uglio_odio/)
LokasiJl. Kp. Cibobos, Karangkamulyan, Kec. Cihara, Kabupaten Lebak, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiSpot foto, memancing, camping
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung2 jam 28 menit (94.0 km) via Jl. Raya Kaduagung – Cileles
Rating pantai4,5/5.0 dari 309 ulasan Google.\

Destinasi wisata Pantai Karang Songsong merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan yang ingin mengunjungi pantai di Banten. Pantai ini menawarkan banyak sekali pesona yang sulit untuk ditolak begitu saja.

Banyak pencinta fotografi yang mendatangi tempat ini demi memburu foto yang memukau dan estetik. Batu karang yang menjorok ke lautan bertebaran di tepi pantai tentunya akan menjadi spot foto yang sangat menarik. Di lokasi ini, kamu jika bisa mendapati panorama sunrise dan sunset terbaik dan tentunya berbeda dari tempat lain.

Ingin menghabiskan waktu yang lama di sini? Cobalah untuk camping bersama keluarga atau sahabat. Kamu bisa menikmati pemandangan pantai di kala malam yang menawarkan pesonanya tersendiri. Di waktu ini juga terbilang sepi dan sangat tenang. Cocok sekali untuk healing dan melepaskan penat setelah lelah beraktivitas. Namun, karena tidak ada persewaan tenda, kamu harus membawa perlengkapan camping sendiri dari rumah.

Buat yang hobi mancing pun mengunjungi tempat ini adalah pilihan terbaik. Ketika air laut sedang surut, ikan-ikan akan mudah ditemukan keberadaannya.

10. Pantai Karang Hawu

Pantai Dekat Dari Lebak Pantai Karang Hawu
Pantai Karang Hawu (sumber: instagram.com/hitspelabuhanratu/)
LokasiPelabuhanratu, Kec. Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiArena berselancar, spot foto, tempat memancing
Rute menuju tempat wisata dari kota Rangkasbitung3 jam 55 menit (157.0 km) via Jl. Nasional III
Rating pantai4,4/5.0 dari 6.182 ulasan Google

Meski berada di Sukabumi, Pantai Karang Hawung merupakan destinasi favorit bagi warga Banten, lho. Dari arah Banten, kamu bisa menempuh perjalanan melalui Jalan Raya Pantura, Tol Merak.

Dengan ombak besar yang dimilikinya, pantai ini menjadi tempat favorit bagi para peselancar. Namun, bagi pengunjung yang bukan merupakan peselancar profesional tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

Meski demikian, masih ada aktivitas menarik lain yang bisa kamu lakukan, kok. Kamu bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan laut dan deburan suara ombak yang menenangkan.

Sekilas, pantai ini memiliki nuansa seperti pantai di Bali. Tak heran jika ada beberapa spot yang bisa jadi background foto estetik. Burung-burung pun sering kedapatan terbang di atas laut dan jika berhasil tertangkap kamera tentunya akan menghasilkan sebuah foto yang mengesankan.

Punya hobi mancing? Kamu bisa, nih, melakukannya di sini. Biasanya orang-orang akan memancing ikan di pinggir pantai. Kegiatan ini bisa kamu lakukan sambil menunggu waktunya matahari terbenam.

Di balik keindahannya, Pantai Karang Hawu rupanya menyimpan cerita mistis. Batu karang yang berbentuk seperti gerbang yang ada di pantai ini dipercaya sebagai singgasana dari Nyi Roro Kidul. Pantai ini sendiri masih dalam satu kesatuan dengan Pantai Parangtritis di Yogyakarta.

Dari 10 rekomendasi pantai yang ada di Lebak, Banten ini, adakah yang berhasil menarik minatmu untuk mengunjunginya? Jika ada waktu untuk liburan, tak ada salahnya memasukkan rekomendasi ini ke dalam daftar rencana pantai yang ingin kamu kunjungi. Saat sudah berada di lokasi, tetaplah jaga kebersihan dan hindari melakukan tindakan yang berpotensi merusak alam, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar