10 Wisata Pantai Terbaik di Pandeglang yang Lagi Hits (2023)

Pandeglang merupakan kabupaten di Banten yang memiliki banyak sekali objek wisata unggulan. Dengan letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia, membuat Pandeglang memiliki banyak sekali objek wisata pantai yang bisa dikunjungi.

Pantai-pantai di Pandeglang dikenal menyuguhkan keindahan sunset yang sangat memukau. Tidak heran jika Pandeglang memiliki julukan “Kota Matahari Terbenam” atau “The Sunset of Java”. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Pandeglang:

Mulai penasaran? Yuk, baca ulasan Napaktilas sampai selesai.

1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Di Pandeglang Pantai Tanjung Lesung
Pantai Tanjung Lesung, Pandeglang (sumber: instagram.com/laisahardyn/)
LokasiTanjungjaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSabtu-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Hari biasa: Rp25.000/orang Akhir pekan: Rp40.000/orang
Daya tarik pantaiSpot sunset dan sunrise, water sport, snorkeling dan diving
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang2 jam 3 menit (73.1 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,4/5.0 dari 1.860 ulasan Google

Kalau sedang mencari pantai dengan pasir putih untuk berlibur, tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok karena ada pantai pasir putih di Banten. Salah satunya ada di daerah Pandeglang, yaitu Pantai Tanjung Lesung. Semakin menambah keindahannya, di antara hamparan pasir putih tersebut juga terdapat kerang-kerang kecil dan berbatuan tumpul.

Waktu favorit wisatawan untuk datang ke pantai ini adalah menjelang petang demi mendapatkan momen matahari terbenam yang menciptakan pemandangan menakjubkan. Terlebih ketika sinar matahari berwarna oranye tersebut berbaur dengan pasir putih yang membuatnya tampak berkilau.

Kalau sunset saja tidak cukup, kamu bisa memutuskan untuk bermalam di sini. Ada banyak sekali penginapan yang bisa kamu booking di sekitar pantai. Di pagi harinya, kamu bisa menikmati panorama sunrise yang tak kalah indahnya dengan sunset.

Selain menikmati keindahan pantai, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, misalnya:

  • Olahraga air

Agar tidak bosan, melakukan olahraga di pantai bisa menjadi alternatif. Ada banyak sekali jenis olahraga air yang bisa kamu lakukan di sini. Mulai dari banana boat, kano, hingga jet ski. Kalau ingin bermain olahraga bersama keluarga atau rombongan, voli pantai bisa jadi pilihan cerdas.

  • Snorkeling dan diving

Buat yang menyukai pemandangan laut, dua kegiatan menarik ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi Pantai Tanjung Lesung dikenal memiliki air laut yang sangat jernih dan bersih sehingga beragam biota laut dan terumbu karang bisa terlihat dengan jelas.

Di pantai ini juga tersedia beberapa pedagang makanan yang menawarkan menu seafood lengkap dengan harga terjangkau. Kamu juga bisa berburu oleh-oleh di sini untuk orang-orang tercinta.

2. Pantai Caringin

Pantai Di Pandeglang Pantai Caringin
Pantai Caringin, Pandeglang (sumber: instagram.com/makiki_cakeandcookies/)
LokasiCaringin, Kec. Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/orang
Daya tarik pantaiWisata ziarah, memancing
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 13 menit (37.7 km) via Jl. Mandalawangi dan Jl. Raya Jiput Caringin
Rating pantai4,2/5.0 dari 1.364 ulasan Google

Pantai Caringin biasanya menjadi tujuan piknik orang-orang yang berziarah di makam K.H. Syekh Asnawi bin H. Abdurohman atau Syekh Asnawi Caringin. Sebab, lokasi makam tersebut memang berada di dekat Pantai Caringin.

Tak heran jika setiap harinya, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi pada waktu-waktu tertentu, seperti menjelang maulid nabi. Banyak peziarah dari berbagai daerah yang datang berkunjung.

Dibanding dengan pantai lain yang ada di Banten, Pantai Caringin terbilang memiliki harga tiket masuk yang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp2.000 saja per orang. Tak heran jika pada hari libur, banyak anak sekolah yang berlibur ke pantai ini.

Tak jarang, ada beberapa wisatawan yang terlihat sedang memancing di area pantai. Tentunya hal ini bisa menjadi alternatif kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan. Di sekitar pantai, banyak warga setempat yang menjual gorengan, sampai-sampai banyak yang menjuluki Pantai Caringin sebagai Pantai Gorengan. Ada juga penjual yang menjajakan oleh-oleh khas Labuan, seperti emping, dodol, ikan asin, otak-otak, dan masih banyak lagi.

3. Pantai Carita

Pantai Di Pandeglang Pantai Carita
Pantai Carita, Pandeglang (sumber: instagram.com/bantenview/)
LokasiSukarame, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Daya tarik pantaiSnorkeling, wahana permainan air, ATV
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 17 menit (41.9 km) via Jl. Raya Mandalawangi dan Jl. Raya Jiput Caringin
Rating pantai4,3/5.0 dari 935 ulasan Google

Pantai Carita terbilang cukup populer dan banyak diminati wisatawan. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000, kamu sudah bisa menikmati keindahan pantai berpasir putih. Kalau butuh istirahat sejenak dari penatnya rutinitas sehari-hari, tak ada salahnya untuk berlibur ke pantai ini.

Banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di salah satu pantai yang berada di Pandeglang, Banten ini, di antaranya adalah:

  • Snorkeling

Snorkeling merupakan salah satu kegiatan favorit wisatawan di pantai ini. Kalau tertarik untuk melihat keindahan bawah laut, kamu bisa menyewa peralatan snorkeling sebesar Rp50.000.

  • Bermain wahana air

Berlibur ke pantai tidak hanya sekadar melihat pemandangan saja. Ada hal seru lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Salah satunya adalah mencoba wahana permainan air yang telah disediakan.

Rasakan keseruan menaiki banana boat, yaitu perahu karet berbentuk pisang yang ditarik dengan jet ski di atas air laut. Terkadang, pengemudi jet ski akan sengaja menjatuhkan para penumpangnya di tengah laut. Namun, kamu tak perlu khawatir karena setiap penumpang diwajibkan memakai pelampung. Kalaupun tak ingin dijatuhkan, kamu bisa meminta kepada pengemudi sebelum menaikinya. Biaya sewa banana boat dibanderol sebesar Rp25.000/orang.

  • Mengendarai jet ski

Ingin menyusuri lautan dengan sensasi tersendiri? Kalau mau, kamu bisa menyewa jet ski. Kendaraan ini disewakan dengan tarif Rp30.000dariRp50.000. Selain jet ski, disewakan juga ATV yang bisa kamu sewa untuk berkeliling di tepi pantai dengan tarif Rp25.000 untuk 15 menit.

4. Pantai Matahari

Pantai Di Pandeglang Pantai Matahari
Pantai Matahari, Pandeglang (sumber: Hasan Bisri)
LokasiSukanagara, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiSpot sunset, wisata kuliner
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 20 menit (49.8 km) via Jl. Raya Mandalawangi, Jl. Raya Jiput Caringin, dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,2/5.0 dari 560 ulasan Google

Pantai Matahari di Pandeglang ini memiliki pesona yang sulit ditolak. Tidak heran jika pantai ini menjadi salah satu kebanggaan warga Banten. Kalau berencana berlibur ke pantai di Banten, kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai alternatif.

Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, apalagi ketika akhir pekan atau hari libur tiba. Tidak hanya warga Banten saja, tetapi juga wisatawan dari luar kota tak pernah absen untuk berlibur ke sini.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah menjelang petang. Kamu bisa menyaksikan momen matahari tenggelam yang sangat menakjubkan. Terlebih dengan pasirnya yang berwarna putih semakin menambah keeksotisan tempat ini.

Saat berkunjung ke sini, kamu tak perlu khawatir kelaparan jika tidak membawa bekal sendiri. Ada banyak penjual makanan di sekitar pantai. Mereka menawarkan berbagai menu yang menggugah selera, salah satunya adalah aneka hidangan seafood.

5. Pantai Batu Hideung Pandeglang Banten

Pantai Di Pandeglang Pantai Batu Hideung
Pantai Batu Hideung, Pandeglang, Banten (sumber: instagram.com/blackcliff.tanjunglesung/)
LokasiPanimbang-Tj Jaya, Mekarsari, Panimbang, Mekarsari, Panimbang, Tanjungjaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiBerbatuan besar di garis pantai, gradasi air laut, spot memancing
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 46 menit (76.5 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4.4/5.0 dari 323 ulasan Google

Lokasi Pantai Batu Hideung memang terbilang jauh dari pusat Kota Pandeglang. Namun, pesona pantai yang bertetangga dengan Tanjung Lesung ini sungguh tidak bisa ditampik.

Keunikan dari destinasi ini adalah di sekitar garis pantainya dipenuhi dengan berbatuan besar. Banyak wisatawan yang memanfaatkan berbatuan ini sebagai tempat duduk-duduk santai sembari memandangi panorama lautan yang luas. Hideung sendiri berasal dari bahasa Sunda yang artinya adalah batu hitam.

Pemandangan yang didapat di sini tentunya berbeda dari pantai lain. Sebab, pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia. Semakin menambah pesonanya, air laut di sini terlihat sangat menakjubkan dengan gradasi warna yang dimilikinya. Kombinasi warna tersebut di antaranya adalah warna bening, tosca, biru cerah, dan biru gelap di kejauhan.

Di pantai yang memiliki ombak besar ini, ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan. Buat yang punya hobi memancing, pas banget kalau menjadikan tempat ini sebagai destinasi tujuan untuk liburan. Dengan lingkungan yang masih alami, ada banyak ikan yang berenang hingga ke pantai ini.

Sementara itu, sering kedapatan pula warga setempat yang mendirikan bagan apung. Bagan apung sendiri adalah alat yang digunakan untuk memancing udang, cuma, dan berbagai jenis ikan laut. Kamu juga bisa mendapati kapal laut dan perahu nelayan mondar-mandir di lautan.

6. Pantai Bugel Mega Camara

Pantai Di Pandeglang Pantai Bugel Mega Camara
Pantai Bugel Mega Camara, Pandeglang (sumber: instagram.com/wandaepi15/)
LokasiBanyuasih, Kec. Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiCamping ground, hamparan rumput hijau
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang2 jam (84.2 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 dari 326 ulasan Google

Buat yang sedang mencari tempat untuk camping di pantai, Pantai Bugel Mega Camara bisa kamu masukkan daftar rencana. Lokasi pantai ini cukup tersembunyi dan jauh dari jalan raya serta keramaian. Karena itu, destinasi ini tak terlalu ramai pengunjung sehingga sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan.

Pantai ini menyimpan pesona yang luar biasa. Pasir putih dengan karang-karang serta terdapat area dengan hamparan rumput hijau semakin menambah keindahannya.

Jauh dari kesan panas, Pantai Bugel Mega Camara ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang teduh dan menciptakan suasana yang sejuk. Tak heran jika tempat ini menjadi favorit wisatawan untuk melakukan camping bersama orang-orang tersayang.

Untuk menuju ke objek wisata ini disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada akses transportasi umum.

7. Pantai Cikaroeng

Pantai Di Pandeglang Pantai Cikaroeng
Pantai Cikaroeng, Pandeglang (sumber: Faqihudin AD)
LokasiJl. Kepenimbangan, Margagiri, Kec. Pagelaran, Kabupaten Pandeglang, Banten. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiWisata kuliner, penyewaan saung
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 3 menit (42.2 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang
Rating pantai4.0/5.0 dari 126 ulasan Google

Berbicara tentang destinasi wisata pantai di Banten memang tidak ada habisnya. Nah, yang akan dibahas sekarang adalah pantai yang berada di daerah Margagiri, Pandeglang, yaitu Pantai Cikaroeng.

Pantai ini menjadi tujuan favorit untuk liburan bersama keluarga. Di akhir pekan atau hari libur, biasanya tempat ini selalu ramai wisatawan, baik warga lokal maupun wisatawan dari luar kota.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini adalah piknik dengan menggunakan tikar dan membawa bekal dari rumah. Jadi, buat yang bosan dengan suasana piknik di taman, kali ini bisa melakukannya di pantai.

Kalau tidak membawa tikar sendiri, kamu bisa menyewa saung dengan tarif Rp15.000. Di saung ini, kamu bisa menyantap bekal dan menikmati deburan ombak serta pemandangan pantai tanpa takut kepanasan.

8. Pantai Bodur

Pantai Di Pandeglang Pantai Bodur
Pantai Bodur, Pandeglang (sumber: instagram.com/imamturmudzi02/)
LokasiJl. Raya Tj. Lesung, Tanjungjaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiSpot sunset, padang savana
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 50 menit (73.1 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,0/5.0 dari 117 ulasan Google

Pantai Bodur sering dianggap sebagai surga terpencil karena lokasinya yang belum diketahui banyak orang, tetapi menyimpan keindahan yang luar biasa. Perpaduan pasir putih dan birunya laut siap menyambut kedatangan para pengunjung.

Selain itu, kamu juga akan mendapati suguhan pemandangan berupa padang savana hijau yang luas berpadu dengan semak dan pepohonan di sepanjang pantai. Pada musim kemarau, savana tersebut akan mengering sehingga warnanya menjadi kecokelatan. Namun, hal ini tetap tidak mengurangi keindahan Pantai Bodur.

Karena tidak ramai pengunjung, pantai ini terlihat masih alami dan sangat bersih. Sangat cocok dijadikan sebagai tempat healing buat kamu yang sudah penat dengan rutinitas sehari-hari. Ketika masuk ke pantai ini, pasti kamu akan merasa menjadi tamu eksklusif. Sebab, jalan masuk menuju ke lokasi merupakan kompleks mewah yang gerbangnya dijaga oleh security. Kamu akan diberi kartu masuk setelah melaporkan kedatangan kepada petugas.

Kalau sudah ada di sini, ada baiknya jangan pulang sebelum waktu matahari terbenam tiba. Tunggulah momen sunset yang menyuguhkan pemandangan menakjubkan yang tidak akan kamu dapati di tempat lain.

9. Pantai Cipenyu

Pantai Di Pandeglang Pantai Cipenyu
Pantai Cipenyu, Pandeglang (sumber: Roso Suroso)
LokasiCipenyu Beach, Tanjungjaya, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiArena offroad, spot sunset
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 45 menit (72.7 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,6/5.0 dari 106 ulasan Google

Mungkin masih banyak yang menganggap bahwa destinasi wisata pantai yang paling populer karena keindahannya adalah Bali. Padahal, di Banten pun ada. Seperti Pantai Cipenyu yang berada di Desa Tanjungjaya, Pandeglang.

Salah satu daya tarik dari pantai ini yang tidak dimiliki oleh pantai lain di luar Banten adalah perpaduan pemandangan laut sekaligus gunung yang sangat unik dan menawan. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah tersendiri, bukan?

Ketika mengunjungi pantai, sudah pasti hal pertama yang dicari adalah pemandangannya. Namun, di sini kamu juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya, tak terkecuali hal-hal yang menantang. Pantai Cipenyu memiliki jalanan berbatu yang seru sekali jika ditaklukkan dengan mobil offroad. Pengunjung bisa membawa mobil sampai ke jurang pantai.

Dibandingkan dengan pantai lain yang berada di kawasan Tanjungjaya, Pantai Cipenyu memiliki lokasi yang lebih jauh dan belum banyak diketahui orang. Oleh karena itu, pantai ini terbilang sepi pengunjung. Sangat cocok buat kamu yang memang sedang mencari ketenangan.

Pantai Cipenyu adalah lokasi yang tepat untuk menghabiskan waktu liburanmu bersama orang-orang tersayang. Kalau sudah sampai sini, lebih baik tunggulah waktu matahari terbenam untuk menikmati suguhan pemandangan sunset yang luar biasa indahnya.

10. Pulau Liwungan

Pantai Di Pandeglang Pulau Liwungan
Pulau Liwungan, Pandeglang (sumber: instagram.com/visitpandeglang/)
LokasiCiteureup, Kec. Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiSewa kapal, snorkeling, feeding burung camar
Rute menuju tempat wisata dari kota Pandeglang1 jam 27 menit (59.7 km) via Jl. Raya Labuan – Pandeglang dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/5.0 dari 84 ulasan Google

Satu lagi rekomendasi wisata pantai terbaik yang ada di Pandeglang, yaitu Pulau Liwungan. Di sini ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Tempat ini bisa menjadi alternatif tujuan setelah mengunjungi pantai Tanjung Lesung. Kalau kamu merasa kurang melakukan kegiatan yang menarik di pantai tersebut, mampirlah ke Pulau Liwungan untuk melakukan beragam kegiatan seru yang tak bisa dilakukan sebelumnya. Tentunya, hal ini akan menambah pengalaman tak terlupakan bersama orang-orang tersayang.

Pulau Liwungan sendiri merupakan sebuah pulau tak berpenghuni yang memiliki luas sekitar 49 hektar yang menawarkan pemandangan indah dan suasana yang masih alami. Untuk menuju ke Pulau Liwungan, kamu bisa menyewa kapal dari Dermaga Cipanon yang berjarak sekitar 5 km dari Pantai Tanjung Lesung. Waktu tempuh yang diperlukan untuk sampai ke lokasi kurang lebih hanya 30 menit.

Biasanya ada jasa travel yang menawarkan paket tur sehingga kamu tak perlu repot mencari perahu sendiri. Begitu memasuki Pulau Liwungan, kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan pepohonan rimbun.

Ada pun berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini di antaranya:

  • Snorkeling

Dengan lingkungannya yang masih alami, pemandangan bawah laut di pulau ini tentunya sangat menakjubkan. Kalau tidak memiliki peralatan snorkeling, kamu bisa menyewanya dengan tarif Rp80.000/orang.

  • Memancing

Di Pulau ini kamu bisa menyewa kapal untuk memancing. Tarif yang dikenakan untuk sewa kapal sebesar Rp1.000.000/kapal.

  • Feeding burung camar

Di pulau tak berpenghuni ini, kamu akan mendapat banyak sekali burung camar. Nah, kegiatan favorit yang bisa dibilang primadona di sini adalah memberi makan burung camar. Tertarik mencobanya?

Nah, demikian informasi mengenai 10 wisata pantai terbaik di Pandeglang. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk berlibur ke Pandeglang? Berlibur ke pantai-pantai di Pandeglang bisa menjadi alternatif terbaik untuk dilakukan bersama keluarga, sahabat, atau rekan kerja. Saat berkunjung ke sini, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan jangan melakukan hal-hal yang bisa berpotensi merusak lingkungan, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar