10 Wisata Pantai Terbaik di Serang yang Lagi Hits (2022)

Serang dikenal memiliki banyak sekali destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya adalah wisata pantai. Ada banyak sekali pantai yang sangat memanjakan mata dan cocok sekali dijadikan sebagai tempat untuk melepaskan penat dan mengurangi stres. Jadi, tak ada salahnya untuk memasukkan wisata pantai terbaik di Serang dalam daftar rencana liburanmu. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi pantai terbaik di Serang versi Napaktilas:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Sambolo 2

Pantai Di Serang Pantai Sambolo 2
Pantai Sambolo 2, Serang (sumber: instagram.com/fatimuda/)
LokasiJl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyar, Kabupaten Serang (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaispot snorkeling, spot foto, olahraga air
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam (41.4 km) via Jl. Raya Pantura  dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,2/5.0 – 4.835 ulasan Google

Di Serang, ada satu pantai yang menjadi favorit wisatawan, yaitu Pantai Sambolo 2. Dengan harga tiket yang terbilang terjangkau, pengunjung bisa menikmati keindahan pantai dan beragam fasilitas yang tersedia.

Pantai ini memiliki pasir putih yang jika terkena sinar matahari akan terlihat sangat berkilau. Jadi, buat kamu yang tinggal di sekitar Jabodetabek atau Banten, tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk menikmati pemandangan pasir putih. Selain itu, pasirnya juga lembut dan bersih, sangat cocok bagi kamu yang ingin berlibur mengajak anak-anak karena mereka pasti akan suka bermain pasir.

Tak hanya menikmati deburan ombak dan pasir putihnya saja, masih ada banyak kegiatan seru yang bisa kamu lakukan di salah satu pantai yang terletak di Serang ini, seperti:

  • Snorkeling

Karena air di pantai ini sangat jernih, tak heran jika olahraga air seperti snorkeling menjadi salah satu kegiatan favorit pengunjung dan sangat layak dicoba. Pemandangan bawah  lautnya dijamin akan memanjakan matamu.

  • Mencoba wahana yang memacu adrenalin

Kalau kamu suka dengan kegiatan yang menantang dan memacu adrenalin, mengunjungi Pantai Sambolo 2 adalah pilihan tepat. Di sini, kamu bisa mencoba aneka wahana ekstrem, mulai dari banana boat, jet ski, donat boat, hingga parasailing.

  • Menyewa ATV

Ingin menelusuri pantai dengan cara yang tidak biasa? Coba saja berkeliling dengan mengendarai ATV yang disewakan oleh pihak pengelola. Rasakan keseruan dan pengalaman yang tak terlupakan dengan mengendarai ATV di tepi Pantai Sambolo 2.

Catatan: Bagi kamu nyari rekomendasi wisata pantai di Banten lainnya, kami juga telah mengulas berbagai pantai di Banten yang Bagus. Penasaran? Baca ulasan lengkapnya Pantai Banten di sini.

2. Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer

Pantai Di Serang Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer
Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer, Serang (sumber: instagram.com/mjmi_laa/)
LokasiJalan Raya Karang Bolong, Sindanglaya, Cinangka, Sindanglaya, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaispot foto, wahana permainan air, wisata kuliner
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 16 menit (41.4 km) via Jl. Raya Pantura  dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,2/5.0 – 4.416 ulasan Google

Banten merupakan kawasan yang cocok dijadikan sebagai tempat alternatif untuk berlibur, salah satunya Pantai Pasir Putih Florida Indah Anyer. Pantai  yang terletak di daerah Sindanglaya ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat memukau.

Di pantai yang selalu ramai pengunjung ini, ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, seperti:

  • Berfoto

Tak perlu khawatir jika stok foto untuk diunggah di Instagram sudah menipis. Di sini, kamu bisa mengambil berbagai foto dengan latar belakang pemandangan pantai yang sangat memesona. Tak dipungkiri jika pemandangan laut di sini adalah daya tarik utama yang dimiliki oleh Pantai Pasir Putih Florida Anyer ini.

  • Mencoba wahana permainan air

Dengan adanya berbagai permainan air, tentunya pengunjung tak akan merasa bosan ketika menghabiskan waktu di sini. Bagi yang suka tantangan, tak ada salahnya untuk mencoba selancar atau banana boat. Kalau kamu suka menikmati pemandangan bawah laut, snorkeling bisa menjadi pilihan tepat.

  • Wisata kuliner

Setelah puas bermain di pantai, biasanya rasa lapar akan melanda. Kalau tak membawa bekal, tak perlu khawatir. Di pantai ini sudah tersedia warung-warung yang menyajikan berbagai menu makanan khas laut yang bakal memanjakan lidahmu.

Untuk menuju lokasi pantai ini tak terlalu sulit, apalagi jika kamu menggunakan kendaraan pribadi. Kalau datang dari arah Merak, kamu bisa mengambil jalan ke Anyer dan Desa Ciparay. Di desa ini nantinya kamu akan melihat papan petunjuk ke lokasi Pantai Florida.

3. Pantai Pasir Putih Sirih

Pantai Di Serang Pantai Pasir Putih Sirih
Pantai Pasir Putih Sirih, Serang (sumber: instagram.com/eko.dna/)
LokasiJl. Raya Karang Bolong, Kamasan, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Banten. (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Daya tarik pantaiPermainan air, sewa perahu, selancar
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 10 menit (45.6 km) via Jl. Raya Pantura  dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/5.0 – 3.715 ulasan Google

Pantai Pasir Putih Sirih adalah pantai yang lokasinya terhubung dengan Pantai Karang Meong. Di sekitar pantai juga terdapat beberapa penginapan yang bisa kamu booking kalau memutuskan untuk bermalam di sini.

Dari jalan raya, pantai ini memang tidak terlihat karena lokasinya cukup masuk ke dalam. Namun, tak perlu khawatir karena ada spanduk besar yang menginfokan posisi pintu masuknya. Pantai Pasir Putih Sirih diketahui tidak memiliki karang. Untuk itu, cukup aman jika mengajak anak-anak karena tak perlu khawatir mereka tersandung atau terbentuk karang ketika berlarian di sekitar pantai.

Sama seperti pantai di Anyer lainnya, di sini juga tersedia berbagai wahana permainan air, seperti rolling donut, jet ski, hingga ATV. Dengan ombak yang cukup besar, tak jarang pantai ini sering digunakan juga untuk berselancar.

Kalau ingin melakukan kegiatan yang tak terlalu ekstrem, tak ada salahnya untuk mengelilingi pantai dengan menaiki perahu yang bisa kamu sewa. Di Pantai Pasir Putih Sirih ini juga terdapat sejumlah pedagang yang menjajakan beragam oleh-oleh. Kamu bisa membelinya sebagai buah tangan untuk orang-orang tersayang.

Buat yang ingin mendapatkan suasana yang berbeda saat berkunjung di pantai, kamu bisa datang pada malam hari. Tentunya akan lebih sepi dibandingkan siang hari dan kamu bisa mendapatkan ketenangan terutama jika sedang suntuk karena rutinitas sehari-hari.

4. Pantai Batu Saung

Pantai Di Serang Pantai Batu Saung
Pantai Batu Saung, Serang (sumber: instagram.com/alfaaasnh/)
LokasiJl. Raya Karang Bolong No.Km, Cinangka, Kec. Anyar, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Parkir motor: Rp20.000 Parkir mobil: Rp70.000
Daya tarik pantaiWisata kuliner, spot sunset, bukit karang
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 5 menit (48.4 km) via Jl. Raya Palka
Rating pantai4,3/5.0 – 1.875 ulasan Google

Banten memiliki potensi wisata yang sangat bagus, terutama objek wisata pantainya. Anyer, yang merupakan kawasan pantai menjadi destinasi favorit wisatawan yang mendambakan keindahan pantai yang unik dan memiliki keistimewaannya tersendiri. Nah, kalau kamu berencana berkunjung ke pantai di kawasan Anyer, tak ada salahnya untuk menjadikan Pantai Batu Saung sebagai alternatif.

Yang menjadi daya tarik utama dari pantai ini adalah pemandangan sunset yang memukau berpadu dengan hamparan pasir putih yang terlihat berkilau ketika terkena sinar matahari senja. Pantai ini memiliki batu besar dengan lubang di bagian bawahnya yang terdapat di bibir pantai dan menjadikannya cukup ikonis. Tak heran jika tempat ini sering dijadikan sebagai spot foto oleh wisatawan.

Pantai ini memiliki Bukit Karang yang bisa kamu jadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan Pantai Batu Saung dari ketinggian. Hanya saja, bukit tersebut lumayan curam sehingga kamu perlu berhati-hati saat mendakinya.

Kalau ingin melakukan kegiatan lain supaya tidak bosan, cobalah untuk menaiki beberapa wahana permainan air yang telah disediakan, seperti banana boat atau donat boat. Kalau lapar melanda, kamu bisa mampir ke warung-warung di sekitar pantai yang menawarkan aneka hidangan seafood yang tentunya sangat menggugah selera.

5. Pantai Sambolo 1 Anyer Serang Banten

Pantai Di Serang Pantai Sambolo 1 Anyer Serang Banten
Pantai Sambolo 1 Anyer, Serang, Banten (sumber: instagram.com/_fbrdira/)
LokasiJl. Raya Anyer-Sirih, Bandulu, Kec. Anyar, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiJembatan, spot foto, spot sunset
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 9 menit (42.6 km) via Jl. Raya Pantura dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,3/5.0 – 1.220 ulasan Google

Berbeda dengan Pantai  Sambolo 2, Pantai Sambolo 1 terbilang lebih sepi pengunjung. Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang benar-benar ingin mencari ketenangan karena tidak banyak orang yang mengunjunginya.

Pantai Sambolo 1 memiliki perpaduan pasir putih dan coklat yang cukup bersih. Ciri khas yang dimiliki oleh pantai ini adalah adanya sebuah jembatan yang berdiri menjorok ke arah laut. Di ujungnya terdapat gazebo yang bisa kamu manfaatkan untuk menikmati indahnya pemandangan laut. Tak jarang, pengunjung melakukan foto di jembatan ini karena bentuknya yang cukup unik. Jembatan ini dihiasi dengan beragam ornamen yang membuatnya terlihat menarik.

Di sekitar pantai juga terdapat banyak penginapan, sangat cocok dijadikan sebagai destinasi liburan untuk keluarga maupun bersama sahabat atau rekan kerja. Kalau kamu memiliki waktu yang cukup banyak untuk mengeksplor keindahan pantai, tak ada salahnya untuk booking penginapan di sini. Selain di Pantai Sambolo 1, barangkali kamu ingin mencoba wahana permainan air yang ada di Pantai Sambolo 2 karena letaknya juga berdekatan.

Kalau tertarik untuk mengunjungi pantai ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi karena lebih praktis. Lokasinya relatif mudah dijangkau. Jika datang dari arah Jakarta, masuklah ke tol Tangerang–Merak. Setelah keluar dari tol Cilegon Barat, arahkan kendaraanmu menuju Anyer. Sesampainya di Anyer, kamu akan mendapati papan petunjuk jalan yang menginfokan arah Pantai Sambolo.

Untuk yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan tarif parkir di luar tiket masuk. Untuk kendaraan roda dua akan ditarik biaya Rp20.000 dan mobil sebesar Rp75.000.

6. Pantai Bandulu Anyer

Pantai Di Serang Pantai Bandulu Anyer
Pantai Bandulu Anyer, Serang (sumber: instagram.com/ilham_b.p/)
LokasiSirih Lor, Bandulu, Kec. Anyar, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Daya tarik pantaiWahana permainan air, jet ski, papan seluncur
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 20 menit (44.2 km) via Jl. Raya Pantura dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,2/5.0 – 1.152 ulasan Google

Bukan cuma Bali yang memiliki wahana air yang seru, di Anyer  pun kamu bisa menikmatinya. Salah satu pantai yang menyediakan permainan penuh tantangan adalah Pantai Bandulu. Wahana yang terbilang favorit dari pantai ini adalah banana boat. Kamu akan diajak untuk menelusuri laut dengan perahu karet berbentuk pisang yang diseret dengan jet ski berkecepatan tinggi. Bagi yang suka dengan sesuatu yang menantang, wahana ini patut dicoba.

Dengan ombak yang lumayan besar, pantai ini juga sering digunakan untuk mengendarai jet ski. Pantai ini juga menyediakan persewaan papan selancar kecil dan ban pelampung untuk pengunjung. Jadi, kamu bisa mengapung di atas air dan merasakan sensasi tertabrak ombak yang pastinya akan sangat seru.

Untuk sekadar menikmati panorama pantai, biasanya pengunjung akan menggelar tikar di sekitar pantai. Namun, kamu juga bisa menyewa pendopo atau rumah kecil jika ingin lebih nyaman. Warga setempat juga ada yang menawarkan jasa pijat dan tato temporer untuk para pengunjung.

7. Pantai Karang Bolong

Pantai Di Serang Pantai Karang Bolong
Pantai Karang Bolong, Serang (sumber: instagram.com/ahmdznislm/)
LokasiKarang Suraga, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Daya tarik pantaiBatu karang, wahana air, spot pemancingan
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 33 menit (52.0 km) via Jl. Raya Palka
Rating pantai4,3/5.0 – 974 ulasan Google

Pantai Karang Bolong adalah salah satu pantai di kawasan Anyer yang memiliki pemandangan batu karang yang sangat memesona. Itulah yang menjadi alasan mengapa pantai ini tak pernah sepi pengunjung.

Batuan karang ini memiliki lubang di bagian tengahnya yang menurut mitosnya merupakan gerbang dimensi menuju kerajaan gaib yang masih berada di bawah kekuasaan kerajaan pantai selatan. Pepohonan lebat yang berada di bagian atasnya diyakini masih satu garis lurus dengan Gunung Krakatau.

Karena tergolong pantai yang memiliki ombak cukup besar, pengunjung tidak disarankan untuk bermain air ataupun berenang hingga ke tengah lautan. Meski begitu, masih ada aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di Pantai Karang Bolong ini, seperti:

  • Memancing

Pantai Karang Bolong memiliki spot pemancingan menjadi favorit bapak-bapak atau anak muda yang punya hobi memancing. Untuk menuju ke spot ini, kamu perlu menuruni anak tangga dari puncak batu karang. Namun, perlu berhati-hati karena tangga yang dilalui cukup sempit dan curam.

  • Mengunjungi Karang Bolong

Karang Bolong adalah nama batu karang yang ada di pantai ini. Adanya lubang yang terbentuk di karang ini juga memiliki penjelasan ilmiahnya. Lubang tersebut terbentuk akibat dari abrasi yang telah berlangsung sejak lama. Dari proses ini, lubang yang dihasilkan itu memiliki diameter sekitar 50 m dan tinggi sekitar 30 m.

  • Menikmati pemandangan dari gardu pandang

Kalau ingin menikmati pemandangan pantai secara lebih luas sejauh mata memandang, memandangnya dari ketinggian adalah pilihan tepat. Kamu bisa naik ke gardu pandang yang lokasinya langsung mengarah ke laut.

8. Pantai Cibeureum 1

Pantai Di Serang Pantai Cibeureum 1
Pantai Cibeureum 1, Serang (sumber: instagram.com/pantai_cibeureum1/)
LokasiJalan Raya Karang Bolong No.137, Kamasan, Cinangka, Kamasan, Kec. Cinangka, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp50.000/mobil
Daya tarik pantaiPondok atau gazebo, wahana permainan air, kolam renang
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 11 menit (45.2 km) via Jl. Raya Pantura dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,2/5.0 – 854 ulasan Google

Pantai biasanya terkenal dengan matahari yang terik dan suasananya panas. Namun, berbeda dengan Pantai Cibeureum 1. Pantai ini memiliki deretan pepohonan rindang di area bibir pantai sehingga mampu menciptakan suasana yang sangat teduh.

Sama seperti pantai di Anyer lainnya, Pantai Cibeureum 1 juga memiliki wahana permainan air yang layak dicoba, seperti banana boat, jet ski, hingga parasailing. Kalau ingin menyusuri pantai tidak dengan berjalan kaki, kamu bisa menyewa ATV.

Karena tak jarang ombak di sini cukup besar, tak disarankan untuk berenang hingga sampai ke tengah lautan. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati, terlebih jika mengajak anak kecil. Sebagai alternatif, pengunjung bisa menikmati fasilitas kolam renang yang telah disediakan. Adanya kolam renang ini menjadikan Pantai Cibeureum 1 cukup berbeda dari pantai-pantai lain yang ada di kawasan Anyer.

Kalau tidak membawa bekal, kamu tak perlu khawatir sebab ada beberapa warung yang menyediakan beragam menu hidangan yang menggugah selera. Para penjual makanan tersebut tersebar di area sekitar pantai, mulai dari yang terletak dipojokan hingga dekat dengan kamar bilas.

Pihak pengelola juga telah menyediakan berbagai fasilitas demi kenyamanan pengunjung, di antaranya:

  1. Kamar mandi dan toilet
  2. Penyewaan tikar dan tenda
  3. Tempat parkir yang luas
  4. Pondok atau gazebo
  5. Rumah makan dan kafe
  6. Musala

9. Pantai Zero Point

Pantai Di Serang Pantai Zero Point
Pantai Zero Point, Serang (sumber: instagram.com/imushahidshah/)
LokasiJl. Raya Karang Bolong No.123, Cikoneng, Kec. Anyar, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/motor Rp50.000/mobil
Daya tarik pantaiMercusuar Cikoneng, dermaga
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam (39.4 km) via Jl. Raya Pantura dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 – 690 ulasan Google

Banten memang tidak bisa dilepaskan dari wisata pantainya, khususnya di kawasan Kabupaten Serang. Ada banyak sekali pantai indah yang siap memanjakan pengunjung, seperti Pantai Zero Point ini. Lokasinya sendiri sangat dekat dengan monumen Nol Kilometer, Panarukan, Anyer, Serang.

Daya tarik dari pantai ini yang paling menonjol adalah adanya mercusuar tua yang lokasinya tidak jauh dari bibir pantai. Diketahui, mercusuar yang dikenal dengan nama Mercusuar Cikoneng ini mulai dibangun sejak tahun 1885 dan masih berdiri kokoh hingga saat ini. Dengan arsitektur kuno khas Belanda, mercusuar ini terlihat antik. Tak heran jika banyak yang menjadikannya sebagai spot foto yang instagramable.

Saking banyaknya yang ingin berfoto dengan mercusuar ini, pengunjung harus rela antre untuk mendapatkan gilirannya. Menurut sejarah, mercusuar ini merupakan simbol titik awal dari pembangunan jalan Anyer–Panarukan di bawah komando Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels. Selain berfoto di mercusuar, dermaga yang ada di pantai ini juga menjadi spot foto favorit para pengunjung.

10. Pantai Anyer

Pantai Di Serang Pantai Anyer
Pantai Anyer, Serang (sumber: instagram.com/visit_banten/)
LokasiJl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Kabupaten Serang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiSnorkeling, surfing, wahana permainan air, Gunung Anak Krakatau
Rute menuju tempat wisata dari kota Serang1 jam 1 menit (41,4 km) via Jl. Raya Pantura dan Jl. Nasional III
Rating pantai4,4/5.0 – 533 ulasan Google

Satu lagi wisata pantai yang menjadi favorit di Banten, yaitu Pantai Anyer. Tak seperti pantai lainnya, di sini, kamu bisa mendapati pemandangan laut dengan gunung sekaligus, yaitu Gunung Anak Krakatau. Pemandangan yang sangat langka ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk mengunjunginya.

Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan tampak berkilau ketika terkena cahaya matahari. Ada pula  mercusuar yang menjadi ikon dari pantai ini. Mercusuar tersebut memiliki ketinggian sekitar 75,5 meter. Jika ingin naik ke puncaknya, kamu harus menaklukkan anak tangga sebanyak 280 buah. Dari atas, kamu akan mendapatkan panorama laut yang sangat eksotis sejauh mata memandang.

Sama seperti pantai lain di Anyer, pantai ini juga bisa dijadikan sebagai arena untuk snorkeling maupun surfing. Kalau datang bersama rombongan, tak ada salahnya mencoba menaiki wahana banana boat. Kamu juga bisa menguji nyalimu dengan mengendarai jet ski yang disewakan oleh pihak pengelola.

Lokasi Pantai Anyer terletak di titik paling ujung Pulau Jawa bagian barat. Jika ditempuh dari arah Serang, disarankan untuk melewati jalur alternatif. Meski sedikit memutar jalan dan lebih jauh, tetapi kondisinya tidak terlalu macet dibandingkan dengan melewati jalanan Kota Serang.

Itulah tadi 10 rekomendasi wisata pantai terbaik di Serang. Dari semua rekomendasi yang sudah diulas di atas, adakah yang menarik perhatian untuk kamu kunjungi. Banten memang memiliki banyak sekali wisata pantai yang memiliki keunikannya tersendiri. Jadi, jangan ragu untuk merencanakan liburan ke sini, ya. Yang terpenting, selalu jaga keindahan dan kebersihan objek wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan dan melakukan hal-hal yang berpotensi merusak lingkungan.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar