5 Wisata Pantai Terbaik di Bengkulu Selatan yang Lagi Hits (2023)

Bengkulu Selatan memiliki pesona wisata pantai yang tidak kalah dengan daerah lain di Provinsi Bengkulu. Deretan pantainya rata-rata berada di jalur yang cukup strategis dan mudah ditemukan.

Sebagai panduan liburanmu, Napaktilas akan memberikan rekomendasi wisata pantai terbaik di Bengkulu Selatan yang lagi hits. Kelima pantai ini memiliki view yang indah, dengan suasana yang menyenangkan untuk berlibur. Bahkan, ada pantai yang cocok untuk surfing dan camping, lho! Berikut 5 rekomendasi pantai terbaik di Bengkulu Selatan:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Pasar Bawah

Pantai Di Bengkulu Selatan Pantai Pasar Bawah
Pantai Pasar Bawah, Bengkulu Selatan (sumber: instagram.com/gilangperkasaalamandusti/)
LokasiPs. Bawah, Kec. Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Daya tarik pantai» Dekat dengan tempat pelelangan ikan
» Ada area untuk jogging
» Tersedia area bermain untuk anak
Rute menuju tempat wisata dari kota Manna10 menit (5,2 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Lintas Bar. Bengkulu – Lampung dan Jl. Pangeran Duayu
Rating pantai4,3/5.0 – 310 ulasan Google

Pantai Pasar Bawah adalah salah satu pantai terindah di Bengkulu, khususnya wisata pantai andalan dari Bengkulu Selatan. Pantai ini cocok sekali dikunjungi bersama teman maupun keluarga. Pantai Pasar Bawah tidak memiliki bibir pantai yang lebar. Selain itu, sebagian besar area bibir pantai dipenuhi berbatuan berukuran kecil hingga sedang. Oleh karena itu, pengunjung biasanya hanya bermain air saja dan tidak banyak yang berenang.

Namun, jangan khawatir! Kamu tetap bisa melepas penat dengan nyaman di pantai ini. Rata-rata pengunjung yang datang ke Pantai Pasar Bawah memang menghabiskan waktunya untuk bersantai. Ada dua area favorit yang bisa kamu tuju.

  • Pertama, di jalur khusus yang berada persis di tepian pantai. Jalur ini dibuat memanjang dan sudah tersemen dengan bagus.
  • Kedua, di area taman yang tidak jauh dari tepi pantai. Di area sekitar taman ini suasananya lebih teduh dan sejuk karena masih banyak pepohonan rindang.

Selain itu, banyak penjual makanan dan minuman. Para penjual ini menyediakan kursi-kursi dan payung besar. Menu favorit yang wajib kamu coba tentunya kelapa muda segar seharga Rp15.000,00/buah.

Pantai Pasar Besar terkenal dengan pemandangan sunset-nya yang sangat indah. Jadi, jangan lewatkan momen sunset ini kalau berkunjung ke Pantai Pasar Bawah. Untuk penggemar ikan, di dekat pantai ini terdapat tempat pelelangan ikan. Sebelum pulang, kamu bisa berkunjung ke sana untuk membeli berbagai jenis ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

2. Pantai Duayu Sekundang

Pantai Di Bengkulu Selatan Pantai Duayu Sekundang
Pantai Duayu Sekundang, Bengkulu Selatan (sumber: instagram.com/kurnianoen)
LokasiDuayu Sekundang,, Ps. Bawah, Kec. Ps. Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Daya tarik pantai» Tersedia spot foto eye-catching
» Ada spot mancing yang cukup populer
» View sunset-nya sangat cantik
Rute menuju tempat wisata dari kota Manna12 menit (5,8 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Lintas Bar. Bengkulu – Lampung dan Jl. Pangeran Duayu
Rating pantai4,2/5.0 – 99 ulasan Google

Pantai Duayu Sekundang yang juga populer sebagai destinasi wisata di Bengkulu Selatan. Lokasinya masih berdampingan tanpa pembatas dengan Pantai Pasar Bawah. Kondisi pantainya juga tidak jauh berbeda dengan Pantai Pasar Bawah. Pantainya tidak terlalu lebar dan banyak berbatuan berukuran kecil hingga sedang.

Pengunjung yang datang memang lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersantai saja di pantai ini. Ada beberapa yang turun ke tepi pantai, tetapi hanya sekadar untuk bermain air. Tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Selain banyak berbatuan, ombaknya juga cukup besar.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Duayu Sekundang adalah menjelang sore hari. Udaranya sudah tidak terlalu panas. Selain itu, kamu bisa menikmati sunset yang terkenal cantik di pantai ini. Siapkan kamera untuk mengabadikan momen sunset terbaik di Pantai Duayu Sekundang.

Nah, sembari menunggu sunset, kamu bisa kulineran di tepi pantai. Pastinya lebih asyik duduk menikmati angin laut sembari kulineran. Ada banyak sekali penjual makanan dan minuman yang menggelar lapak di Pantai Duayu Sekundang.

Mereka menyediakan kursi-kursi dan payung untuk tempat bersantai para pengunjung. Bagi yang suka memancing, ada spot yang populer di kalangan para ‘mancing mania’. Kamu bisa menguji kemampuan memancingmu di sana. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan memancing sendiri, ya.

3. Pantai Sekunyit Bengkulu Selatan

Pantai Di Bengkulu Selatan Pantai Sekunyit
Pantai Sekunyit, Bengkulu Selatan (sumber: instagram.com/atiikaanwar)
LokasiPagar Dewa, Kec. Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/motor
Rp50.000/mobil
Daya tarik pantai» Ombaknya cocok untuk surfing
» Ada spot Benteng Romawi yang keren untuk berfoto
» Ada area camping
Rute menuju tempat wisata dari kota Manna14 menit (9,1 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Lintas Bar. Bengkulu – Lampung dan Jl. Lintas Barat Sumatera
Rating pantai4,2/5.0 – 202 ulasan Google

Pantai Sekunyit memiliki hamparan pasir putih kecokelatan yang halus. Air laut di sekitar pantai pun tergolong jernih. Saking jernihnya, kamu bisa melihat rumput laut dan ikan karang di sekitar pantai. Banyak pengunjung, terutama anak-anak, yang senang bermain air dan berenang di pantai ini. Kalau air sedang surut, kamu bahkan bisa berburu kepiting kecil dan kerang.

Di sekitar pantai masih banyak deretan pohon kelapa sehingga suasananya sangat khas dan teduh. Ada juga beberapa tempat duduk dan pondokan sederhana. Kamu bisa bersantai di sana untuk menikmati pemandangan dan embusan angin laut. Khusus untuk penggemar surfing, kamu bisa menyalurkan hobimu di sini. Ombak di sekitar Pantai Sekunyit sangat cocok dan aman untuk aktivitas berselancar.

Hal lain yang tidak kalah menarik, di Pantai Sekunyit terdapat wahana Benteng Romawi. Seperti namanya, wahana ini dibuat dengan desain menyerupai benteng romawi. Karena unik, Benteng Romawi ini menjadi tempatyang tidak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi, di beberapa spot bentengnya, kamu bisa berfoto dengan latar laut lepas yang indah.

Kalau ingin lebih lama menikmati suasana di Pantai Sekunyit, kamu bisa camping dengan membawa perlengkapannya dari rumah. Saat malam, kamu bisa bakar-bakar ikan bersama teman atau keluarga. Ikan segarnya bisa kamu dapatkan di tempat pelelangan ikan yang ada di Pantai Sekunyit. Ada berbagai jenis ikan laut segar hasil tangkapan nelayan setempat. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa membeli cumi-cumi dan lobster, lho! Untuk fasilitas, Pantai Sekunyit sudah memiliki toilet, ruang bilas, musala, warung jajanan, dan area parkir yang memadai.

4. Pantai Muara Kedurang

Pantai Di Bengkulu Selatan Pantai Muara Kedurang
Pantai Muara Kedurang, Bengkulu Selatan (sumber: instagram.com/rigatryharanza/)
LokasiTj. Aur, Kec. Bunga Mas, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/kendaraan
Daya tarik pantai» Dekat dengan muara Sungai Kedurang
» Tepi pantainya sangat teduh karena banyak pepohonan
» View sunset sangat bagus
Rute menuju tempat wisata dari kota Manna25 menit (18,7 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Lintas Bar. Bengkulu – Lampung
Rating pantai4,3/5.0 – 47 ulasan Google

Pantai Muara Kedurang adalah pantai yang terbilang unik di Bengkulu Selatan. Seperti namanya, pantai ini berada di dekat muara Sungai Kedurang. Banyak yang kemudian menyebutnya sebagai pantai dengan perpaduan air tawar dan air asin. Pantai Muara Kedurang menawarkan view laut lepas dan muara sungai yang menawan.

Di sekitar pantai banyak sekali pepohonan besar yang tumbuh cukup rapat sehingga teduh untuk bersantai. Cocok untuk kamu yang sedang ingin liburan dengan suasana yang tenang. Kalau ingin lebih nyaman, kamu bisa membawa tikar sendiri untuk digelar di bawah pepohonan. Selain itu, momen sunset juga tidak boleh kamu lewatkan. Banyak pengunjung yang memuji keindahan sunset yang terlihat dari Pantai Muara Kedurang ini.

Kondisi Pantai Muara Kedurang lumayan berbatu dan ombaknya agak besar. Pengunjung boleh bermain air, tetapi tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Kalau ingin puas bermain air, kamu bisa mengunjungi area muara Sungai Kedurang yang berada tidak jauh dari pantai. Di sana, kondisi airnya lebih tenang dan jernih. Kedalaman sungainya pun aman untuk berenang.

5. Pantai Tumbuk Tebing

Pantai Di Bengkulu Selatan Pantai Tumbuk Tebing
Pantai Tumbuk Tebing, Bengkulu Selatan (sumber: Muhammad Veven)
LokasiTumbuk Tebing, Kec. Bunga Mas, Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Daya tarik pantai» Suasananya tenang dan masih sangat alami
» Ada area persawahan warga di dekat pantai sehingga view-nya variatif
» Ada area untuk camping
Rute menuju tempat wisata dari kota Manna9 menit (6,6 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Lintas Bar. Bengkulu – Lampung
Rating pantai4,4/5.0 – 7 ulasan Google

Pantai Tumbuk Tebing adalah destinasi wisata pantai terbaik di Bengkulu Selatan yang lagi hits. Sebabnya, pantai ini masuk dalam jajaran 10 besar lomba desa wisata se-Provinsi Bengkulu. Berlibur ke pantai dengan suasana yang tenang bisa kamu dapatkan saat mengunjungi Pantai Tumbuk Tebing. Walaupun akses jalannya sempit, tetapi segala lelah akan terbayar setibanya di sana.

Pantai ini masih sangat alami. Sepanjang perjalanan, matamu akan dimanjakan dengan view yang memesona. Sebab, di jalan menuju ke area pantai masih terdapat beberapa area persawahan milik warga setempat. Saat musim padi tumbuh, nuansa serba hijau terlihat menyegarkan mata. Kemudian, di area pantainya masih banyak tumbuh pepohonan dan tanaman pandan.

Pantai Tumbuk Tebing memiliki keunikan tersendiri. Di area pantainya terdapat banyak batu-batu putih berukuran kecil hingga sedang sebesar telapak tangan. Namun, berbatuan tersebut tidak terlalu mengganggu kalau kamu ingin berjalan di sepanjang bibir pantai. Malahan, pantai dengan berbatuan putih ini sangat cantik untuk menjadi latar berfoto.

Berenang dan bermain air menjadi aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di pantai ini. Ombak di sekitar Pantai Tumbuk Tebing tidak terlalu besar. Kondisinya cukup aman untuk bermain air maupun berenang. Kalau tidak ingin basah-basahan, kamu cukup bersantai saja di pinggir pantai. Nikmati view ke arah laut lepas yang berpadu dengan birunya langit.

Bahkan, saat senja pun suasana di pantai ini akan terasa semakin menyenangkan. Banyak pengunjung yang sampai mendirikan tenda untuk bisa lebih lama menikmati ketenangan di Pantai Tumbuk Tebing. Namun, kalau kamu ingin camping di sini, maka wajib membawa perbekalan dan perlengkapan yang memadai.

Itulah 5 wisata pantai terbaik di Bengkulu Selatan yang lagi hits.Semuanya memiliki view yang cantik dan suasana yang menyenangkan. Cocok sekali menjadi alternatif pilihan tempat berlibur di Bengkulu Selatan bersama teman, keluarga, maupun rombongan komunitas.

Kira-kira, dari kelima pantai tersebut, pantai mana yang sudah mulai membuatmu penasaran? Jangan lupa mempersiapkan bekal dan perlengkapan secukupnya kalau pantai pilihanmu masih bernuansa alami dan fasilitasnya belum begitu memadai, ya. Selamat berlibur!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar