10 Wisata Pantai Terindah di Tasikmalaya yang Lagi Hits (2023)

Dilihat dari letak geografisnya, tidak mengherankan apabila Tasikmalaya menyimpan banyak potensi wisata bahari. Garis pantainya bahkan membentang dari batas Pangandaran hingga Garut. Untuk itu jika kamu menyukai wisata pantai, Tasikmalaya bisa menjadi destinasi wisata yang tepat.

Kamu akan dimanjakan dengan pantai-pantai yang cantik, alam yang asri dan juga udara Jawa Barat yang sejuk. Bagaimana? Sudah siap untuk menyegarkan pikiranmu di kota santri kaya pesona bahari ini? Sederet pantai-pantai ini akan sangat memikat hatimu. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di  Tasikmalaya dan sekitarnya:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di sekitar Tasikmalaya? Yuk, lanjut baca rangkuman dari Napaktilas di bawah ini.

1. Pantai Cipatujah

Pantai Tasikmalaya Pantai Cipatujah
Pantai Cipatujah, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/saputramulyana21/).
LokasiCipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Sabtu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 5 menit (70,9 km) melalui Jl. Raya Karangnunggal dan Jl. Raya Cipatujah
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTanding kerbau, warung makanan, penginapan

Garis pantai yang memanjang membuat pantai Cipatujah terlihat luas dan juga megah. Kemegahan ini seolah diperkuat oleh pesona air laut yang jernih. Dari permukaan, kamu bisa dengan mudah melihat terumbu karang yang ada di dasar laut.

Tak jauh dari sana, pengunjung dapat menikmati makanan yang disajikan oleh orang-orang lokal serta kebudayaan adu kerbau.

Ya, kamu tidak salah baca!

Masyarakat sekitar memang suka memelihara kerbau. Kerbau-kerbau ini biasa ditandingkan oleh sesama warga atau bahkan para wisatawan.

Apabila kamu masih ingin menikmati malam di Pantai Cipatujah, sewalah penginapan di sana. Harganya variatif, mulai dari Rp200.000,00 per malam.

Selain cantik, lokasinya cukup mudah dijangkau oleh berbagai macam kendaraan. Tak mengherankan apabila Pantai Cipatujah banyak diburu oleh sastrawan pada akhir minggu.

2. Pantai Sindangkerta

Pantai Tasikmalaya Pantai Sindangkerta
Pantai Sindangkerta, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/nitacanitta/).
LokasiSindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 07.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.500,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 14 menit (76,4 km) melalui Jl. Raya Cipatujah
Fasilitas wisata di sekitar pantaiTaman laut, camping ground, penginapan.

Lautnya biru. Ombaknya berbuih di pinggir pantai jadinya bening kecokelatan. Saat air pantai surut, kamu bisa melihat keindahan taman  di dasar laut.

Melihat hal-hal di atas, tentu kamu tak butuh banyak alasan lagi untuk menyambangi Pantai Sindangkerta. Terlebih, jenis pantai ini adalah pantai landai. Sehingga, ka sangat ideal dijadikan sebagai tempat bermain bagi siapa saja.

Tak jauh dari Pantai Sindangkerta, terdapat berbagai macam fasilitas. Misalnya, seperti musala, toilet, camping ground, hingga penginapan.

Beberapa toilet mungkin sudah rusak karena perawatan yang kurang. Namun fasilitas-fasilitas lainnya tetap layak untuk dinikmati. Lagi pula, tidak sulit, kok, menjangkau Pantai Sindangkerta dari pusat Kota Tasikmalaya.

3. Pantai Pamayangsari

Pantai Tasikmalaya Pantai Pamayangsari
Pantai Pamayangsari, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/syilvafauziah15/).
LokasiSindangkerta, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 17 menit (79,5 km) melalui Jl. Raya Cipatujah
Fasilitas wisata di sekitar pantaiLarung jampana, pentas musiman, kemah

Pantai Pamayangsari tidak sekadar menyimpan keindahan laut. Pantai ini juga sarat akan keindahan budaya.

Setiap awal bulan Muharram, pantai ini akan selalu ramai oleh pengunjung. Biasanya, penduduk lokal akan melarungkan jampana ke tengah laut. Tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas hasil laut yang mereka dapatkan.

Dalam ritual ini terselip juga doa agar mereka selalu dilimpahi oleh berkah dari yang Maha Kuasa. Selain adanya proses pelarungan jampana, pada saat itu biasanya juga digelar pentas-pentas seni.

Pengelola pantai menyediakan beberapa fasilitas dasar. Misalnya, seperti area parkir, musala, dan juga toilet. Fasilitas-fasilitas itu dapat menjadi sarana yang tepat ketika kamu ingin mendirikan kemah di pantai. Pada akhir minggu, nelayan biasanya akan menyewakan perahu dengan harga yang terjangkau. Dengan perahu itu, kamu bisa lebih dekat dengan keindahan laut.

4. Pantai Karang Tawulan

Pantai Tasikmalaya Pantai Karang Tawulan
Pantai Karang Tawulan, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/asep_virdaus/).
LokasiCimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.500,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 39 mnt (70,2 km) melalui Jl. Setiawargi
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung makan, gazebo, gardu pandang

Saat ombak-ombak pecah di bibir Pantai Karang Tawulan, ia akan mengalir di sela-sela batuan karang hitam.

Pemandangan ini sangat cantik dan memanjakan mata. Maka dari itu, apabila yang kamu inginkan adalah wisata yang menyenangkan hati, pantai Karang Tawulan bisa menjadi jawabannya.

Tak jauh dari bibir pantai terdapat gundukan bukit hijau. Di sana, biasanya para wisatawan bisa duduk santai sambil melihat deburan ombak dan langit teduh yang menaungi pantai.

Para penduduk lokal juga membuka warung di sana. Kamu bisa mencicipi es kelapa muda atau makan seafood sambil duduk di gazebo atau bangku berpayung.

Baca terus: Pengen tau lebih banyak rekomendasi pantai menarik lainnya? Kami telah mengulasnya banyak pantai terindah di Jawa Barat di sini. 

5. Pantai Bubujung

Pantai Tasikmalaya Pantai Bubujung
Pantai Bubujung, Tasikmalaya.
LokasiCiheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Jumat, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 16 menit (81,3 km) melalui Jl. Raya Cipatujah
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung makan

Nuansanya masih alami. Selain itu belum banyak bangunan yang didirikan di sana. Itulah dua hal yang sebetulnya menjadi daya tarik dari Pantai Bubujung.

Pantai ini memiliki ombak yang besar, pepohonan yang rimbun, dan juga pasir pantai yang bersih. Kendati pantai ini tidak memiliki batu karang, tetapi kamu tidak disarankan berenang di sana. Ombaknya terlalu ganas untuk aktivitas berenang.

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan di sana?

Tenang saja. Ada hal menarik yang bisa kamu temukan di Pantai Bubujung.

Kamu dapat membeli makanan dari warung sekitar, lalu duduk di bawah pohon sambil menikmati gulungan ombak. Jika kamu ingin mengabadikan kenangan, kamu juga bisa berfoto dengan latar belakang ombak yang gagah.

6. Pantai Cimanuk

Pantai Tasikmalaya Pantai Cimanuk
Pantai Cimanuk, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/dadanwardana99/).
LokasiCimanuk, Kalapagenep, Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.500,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 42 menit (72,4 km) melalui Jl. Setiawargi
Fasilitas wisata di sekitar pantaiArea memancing

Karena belum banyak fasilitas yang dibangun, kesan lestari begitu kuat terasa di pantai Cimanuk. Pasir-pasir pantainya eksotis dan pantainya landai. Sehingga, ia ideal sebagai tempat bersantai. Sambil rebahan, kamu dapat merasakan sisa-sisa ombak menerpa kulitmu.

Di pantai ini, terdapat pula batu-batu karang gagah yang berdiri di pinggir pantai. Batuan Karang ini bisa menjadi objek foto yang menarik buatmu.

Minimnya fasilitas juga tidak membuat pantai ini jadi membosankan. Nyatanya, banyak pengunjung yang pergi ke sini untuk memancing.

Hasil tangkapan laut yang mereka dapatkan dari pantai ini cukup menggiurkan. Nah, kamu juga bisa membawa alat memancing dan mencoba untuk mencari ikan di sana. Pastinya akan sangat memuaskan mengolah ikan-ikan hasil tangkapanmu sendiri.

7. Pantai Karang Kakapa

Pantai Tasikmalaya Pantai Karang Kakapa
Pantai Karang Kakapa, Tasikmalaya (sumber: instagram.com/risyebarbara/).
LokasiPantai Karang Kakapa, Ciheras, Cipatujah, Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.500,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 16 menit (82,2 km) melalui Jl. Raya Cipatujah
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, camping ground

Beberapa waktu belakangan ini, Pantai Karang Kakapa mulai banyak diminati pengunjung.

Di pantai ini, mulai dibangun beberapa fasilitas penunjang. Contohnya seperti area kamar mandi, area bilas, tempat bermain, dan tentu saja camping ground.

Ya, pantai ini memiliki pasir yang putih sehingga sangat enak dipandang mata. Jika memutuskan untuk berkemah, kamu juga tidak perlu mengkhawatirkan masalah makanan.

Penduduk lokal mendirikan beberapa warung makanan yang menyediakan camilan serta makanan-makanan hangat yang lezat. Namun, pengelola memang tidak menyediakan persewaan alat berkemah. Sehingga, kamu harus membawanya sendiri dari rumah

8. Pantai Karapyak Pangandaran

Pantai Tasikmalaya Pantai Karapyak Pangandaran
Pantai Karapyak Pangandaran (sumber: instagram.com/fennyfeifei/).
LokasiBagolo, Kec. Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 (perorangan), Rp54.000,00 (minibus)
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 20 menit (105 km) melalui Jl. Nasional III dan Jl. Raya Banjar – Pangandaran
Fasilitas wisata di sekitar pantaiWarung, camping ground., gardu pandang

Apa yang menarik dari Pantai Karapyak Pangandaran?

Batu-batu karang kecil yang ada di bibir pantai dan pemandangan perbukitan berkabut memanjakan matamu. Selain itu, di sana kamu juga bisa memancing atau mendirikan kemah di bawah pohon kelapa yang begitu teduh.

Atau, ingin sekadar berfoto dan bersantai dari jauh? Terdapat gardu pandang dengan lantai kaca yang elegan. Di sini, kamu bisa melihat hamparan pantai dan laut lepas.

Lantaran cukup banyak wisatawan yang tertarik untuk pergi ke sana, di area sekitar pantai juga dibangun beberapa penginapan dan warung. Kamu bisa menemukan penginapan berupa losmen atau kamar-kamar warga yang disewakan. Harganya pun sangat bersahabat, fasilitas cukup, dan udaranya sejuk.

9. Pantai Madasari

Pantai Tasikmalaya Pantai Madasari
Pantai Madasari (sumber: instagram.com/jeniijejee/).
LokasiJl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.500,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya2 jam 48 menit (84,9 km) melalui Jl. Sindangsari
Fasilitas wisata di sekitar pantaiCamping ground, area selancar

Garis pantai Tasikmalaya memanjang sampai ke Garut dan Pangandaran. Itulah sebabnya mengapa warga Tasikmalaya juga suka bermain di pantai-pantai Garut dan Pangandaran. Salah satu pantai favorit di luar kota bagi warga Tasikmalaya adalah Pantai Madasari Pangandaran.

Gugusan bukit karang adalah hal yang menarik dari pantai ini. Bahkan, karang-karang itu memiliki namanya masing-masing: Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit, Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampe.

Kamu dapat berfoto di atas karang-karang itu untuk mendapatkan hasil foto yang cantik. Namun, berhati-hatilah saat menaiki karang. Pasalnya, permukaannya sedikit licin.

Karena keberadaan batu-batu karang itu, Madasari mengingatkan kita pada Tanah Lot. Sayangnya, tidak terlalu banyak fasilitas wisata yang dibangun di sana.

Namun, kamu masih dapat melakukan beberapa aktivitas rekreasional, lho. Contohnya seperti mendirikan tenda dan berselancar. Ombaknya cukup aman dan bersahabat.

10. Pantai Santolo

Pantai Tasikmalaya Pantai Santolo
Pantai Santolo (sumber: instagram.com/ahal/).
LokasiCikelek, Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000,00
Rute menuju tempat wisata dari kota Tasikmalaya3 jam 4 menit (118 km) melalui Jl. Raya Cipatujah
Fasilitas wisata di sekitar pantaiPenginapan, jembatan, warung, kampung nelayan.

Popularitas pantai ini tidak hanya berhenti di Garut, lho. Pantai Santolo juga disukai oleh wisatawan dari kota sekitar, termasuk Tasikmalaya.

Apa, sih, yang membuat pantai ini menjadi tenar?

Garis pantainya panjang, menciptakan kesan lapang dan luas. Selain itu, pantai ini ramai karena dekat dengan kampung nelayan. Penduduk lokal membuka warung-warung, mengolah hasil tangkapan menjadi seafood lezat. Terdapat pula jembatan tua yang membuat kamu dapat melihat pantai dari segala arah.

Ingin bermalam? Tak perlu khawatir. Di pantai ini tersedia beberapa penginapan. Kendati sederhana, tetapi sangat nyaman. Terlebih, pantai-pantai di Garut tidak berhawa panas.

Pantai ini mudah diakses. Untuk menuju ke sana, kamu dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Rute yang dilewati adalah Garut-Cikajang-Cikelet-Pameungpeuk.

Ada begitu banyak kemungkinan wisata bahari yang dapat kamu nikmati di Tasikmalaya dan sekitarnya. Persiapkan barang-barang bawaanmu, tentukan rencana wisata, dan jelajahi garis pantai Tasikmalaya yang panjang dan menawan. Kamu juga bisa sekalian berlibur ke kota-kota tetangga seperti Garut dan Pangandaran. Keduanya juga menyimpan banyak potensi wisata menarik!

Leave a Comment