10 Wisata Pantai Terbaik di Sekitar Gresik (Update 2022)

Gresik memang dikenal sebagai Kota Industri karena banyak pabrik di kota ini. Biarpun terkenal sebagai kota industri, sebenarnya ada banyak destinasi wisata menarik di sini. Salah satunya, wisata Pantai.

Pantai di Gresik memang tidak sama dengan pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang notabene jauh dari kawasan industri. Tapi, pantai-pantai di Gresik tetap memesona untuk dijadikan tujuan wisata. Pengen mengeksplorasi pantai-pantai di sekitar Gresik untuk mengisi liburan akhir pekan? Berikut 10 rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Gresik:

Ingin tahu lebih detail tentang pantai-pantai cantik di sekitar Gresik? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Delegan

Pantai Gresik Pantai Delegan
Pantai Delegan, Gresik (sumber: instagram.com/gresikgaleri/).
LokasiRejodadi, Campurejo, Kec. Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,1/5.0 dari 7.783 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik1 jam 19 menit (43,3 km) lewat Jl. Raya Deandles
Daya tarik wisataBanana boat, donat boat, naik perahu bebek, area pemancingan, permainan layang-layang
Objek wisata menarik dekat Pantai Delegan» Bukit Larangan (13 menit (4.4 km) via Jl. Raya Campurejo)
» Banyuurip Mangrove Center (21 menit (8.7 km) via Jl. Raya Campurejo and Jl. Bangsalsari Banyuurip)
» Wisata Bahari Lamongan (WBL) (24 menit (13.6 km) via Jl. Raya Gresik and Jl. Raya Dandeles)
Kuliner lezat terdekat» Warung Ketupat Pantura Bu Hj. Maning (5 menit (1.7 km) via Jl. Raya Campurejo)
Rating4,1/5 dari 7.870 ulasan Google

Pantai Delegan menjadi salah satu ikon wisata di Gresik. Ombak pantai tenang sehingga cocok untuk tempat anak-anak bermain. Di samping itu, akses menuju pantai cukup baik. Kamu bisa naik kendaraan roda dua dan roda empat. Dari pusat kota Gresik, jalannya melewati Hutan Jati Panceng.

Pantai ini memiliki air yang memang tidak begitu jernih. Akan tetapi, pantainya memiliki pasir putih yang lembut. Ombak yang tenang juga membuat semua pengunjung bebas menikmati aktivitas. Kamu bisa bermain pasir, berenang, atau sekadar duduk-duduk santai di pinggir pantai.

Aktivitas seru yang disukai pengunjung salah satunya yakni naik banana boat. Di samping itu, pantai yang ramah untuk anak-anak ini, sangat cocok buat liburan keluarga. By the way, saat musim liburan, pantai ini sangat ramai. Pantai padat pengunjung mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sementara, waktu terbaik untuk menikmati pantai adalah saat sore. Terlihat matahari yang bersiap kembali ke peraduannya. Langit terlihat semburat biru dan jingga. Sinar mataharinya pun berkilau emas di permukaan air laut dan pesisir pantai.

2. Pantai Karang Kering

Pantai Gresik Pantai Karang Kering
Pantai Karang Kering, Gresik (sumber: instagram.com/gresiktourism/).
LokasiJl. Kapten Darmo Sugondo, Karang Kering, Karangkering, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,0/5.0 dari 381 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik16 menit (4,2 km) lewat Jl. Kapten Dulasim dan Jl. Kapten Darmo Sugondo
Daya tarik wisataJembatan kayu, tumbuhan mangrove, anjungan, spot foto, spot nongkrong
Objek wisata menarik dekat Pantai Karang Kering» Telaga Ngipik (18 menit (6.6 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. R.A. Kartini)
» Dynasty Water World Gresik (25 menit (10.0 km) via Jl. Kragan – Rembang – Surabaya)
Kuliner lezat terdekat» Warung Lesehan Segoro Madu (14 menit (4.9 km) via Jl. Kapten Darmo Sugondo and Jl. Kragan – Rembang – Surabaya/Jl. Veteran)
» Bakso Jemblong (14 menit (4.3 km) via Jl. Kapten Darmo Sugondo and Jl. Kapten Dulasim)
Rating4,1/5 dari 399 ulasan Google

Pantai Karang Kering tidak digunakan untuk berenang. Pantai ini merupakan tempat hutan mangrove. Akses menuju lokasi tidaklah sulit. Kamu bisa naik kendaraan roda dua maupun roda empat. Nah, setelah parkir, kamu perlu berjalan kaki melewati gang-gang rumah warga setempat.

Setelah itu, sampailah di pantai. Jadi, pantai ini memiliki air yang tidak jernih. Namun, pemandangan tetap keren. Ditambah adanya anjungan kayu dengan cat warna-warni. Kamu juga bisa melihat tumbuhan mangrove hijau di pinggir pantai. Ada pula perahu-perahu nelayan yang bersandar di pinggir pantai.

Di sini, pengunjung paling suka berjalan-jalan di anjungan. Apalagi, anjungan tersebut sampai ke tengah laut. Banyak yang suka datang pagi-pagi saat subuh. Karena sunrise di sini memang indah, jadi banyak yang memburunya. Biasanya pengunjung suka memotret pemandangan matahari terbit tersebut.

Pantai ini lebih cocok dikunjungi kamu dan pasangan atau teman. Kalau untuk anak-anak, belum ada terlalu banyak hiburan menarik. Akan tetapi, pengunjung para remaja biasanya suka duduk-duduk di tepi anjungan ketika sore. Pemandangan senja di sini juga bagus.

3. Pantai Pulau Noko

Pantai Gresik Pulau Noko
Pulau Noko, Gresik (sumber: instagram.com/baweantrip/).
LokasiPamona, Sidogedungbatu, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,7/5.0 dari 336 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik3-4 jam dengan menggunakan kapal
Daya tarik wisataSnorkeling, diving, jelajah pantai pasir putih
Objek wisata menarik dekat Pantai Pulau Noko» Pulau Bawean (20 menit dari Pulau Noko)
» Pantai Mombhul (15 menit dari Pulau Noko)
Kuliner lezat terdekat
Rating4,7/5 dari 339 ulasan Google

Pulau Noko tidak berpenghuni. Hanya berupa hamparan pasir putih dan pepohonan cemara. Maka dari itu pantainya sangat indah. Akses ke lokasi tidak sulit, kok. Kamu bisa naik kendaraan roda dua atau roda empat ke Pelabuhan Gresik. Dari pelabuhan, kamu menyeberang ke pulau Bawean dahulu.

Pengunjung harus naik kapal laut ke Pulau Bawean dengan tarif Rp59.000-Rp162.500 per orang. Lalu di Pulau Bawean, kamu perlu ke Dermaga Pamona untuk menyeberang. Tenang saja, karena jalan utama di Pulau Bawean sudah beraspal serta berupa paving blok.

Nah, dari Dermaga Pamona Bawean ke Pulau Noko, kamu perlu naik perahu motor dengan dua pilihan. Perahu motor berkapasitas 10 orang tarifnya Rp250.000. Sedangkan, perahu motor berkapasitas 30 orang tarifnya Rp350.000-Rp400.000.

Pantai di Pulau Noko sepi, dengan kondisi bersih, serta memiliki pemandangan memesona. Ombaknya sangat tenang, cocok untuk bermain air. Selain itu, Pulau Noko sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, dengan anak-anak juga. Waktu terbaik menuju pantainya adalah pagi menjelang siang. Jadi, kamu bisa punya banyak waktu untuk menjelajah Pulau Noko.

4. Pantai Ayang-ayang Benteng Pulau Mengare

Pantai Gresik Pantai Ayang Ayang Benteng Pulau Mengare
Exotic Mengare, Gresik (sumber: instagram.com/titantok/).
LokasiTajung Widoro, Tj. Widoro, Kec. Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp35.000/orang
Rating ulasan4,2/5.0 dari 141 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik56 menit (27,9 km) lewat Jl. Raya Dandeles
Daya tarik wisataHutan mangrove, reruntuhan Benteng Lodewijk, Pantai Benteng, wilayah Exotic Mengare
Objek wisata menarik dekat Pantai Ayang-Ayang» Exotic Mengare (5 menit (1 km) dari Pantai Ayang-Ayang)
» Bukit Jamur (38 menit (15.3 km) via Jl. Raya Dandeles)
Kuliner lezat terdekat» Warung Pak Kasan Sembilang (23 menit (8.2 km) dari Pantai Ayang-Ayang)
Rating4,2/5 dari 147 ulasan Google

Pantai ini juga biasa disebut dengan Pantai Ayang-Ayang. Kalau kamu mencari kesunyian, juga kesendirian, di sini tempatnya. Untuk menuju pantai, kamu bisa berangkat dari Gresik naik perahu ke Pulau Mengare. Harga tiket masuk Rp20.000, ditambah Rp15.000 untuk biaya perahu pulang pergi.

Ada sejumlah spot di lokasi wisata ini. Pertama, ada hutan mangrove hampir di semua pinggir pantai. Kemudian, ada reruntuhan Benteng Lodewijk peninggalan zaman Belanda. Ada juga dua sumur tua dengan lokasi berbeda dekat kawasan benteng. Setelah melihat-lihat benteng, kamu bisa lanjut ke Exotic Mengare.

Di dekat pintu masuk, ada papan tulisan “Exotic Mengare”. Spot ini jadi ikon lokasi wisata. Tidak lengkap kalau kamu tidak berfoto di dekat papan tulisan tersebut. Kemudian, sedikit ke sebelahnya ada Pantai Ayang-Ayang. Pantai ini tidak berombak. Pasirnya juga unik dengan banyak pecahan kulit kerang yang sudah lama hancur.

Kondisi pantai bersih. Airnya kebiruan. Suasana juga tenang sekali. Ada kursi-kursi rotan untuk pengunjung. Kamu bisa duduk-duduk di bawah pepohonan rindang. Pantai Ayang-Ayang tidak digunakan untuk berenang, melainkan pengunjung lebih suka jalan-jalan saja.

Oh iya, pantai ini lebih cocok dikunjungi bersama pasangan atau teman. Tempatnya cenderung terlalu sepi dan minim hiburan untuk anak-anak. Akan tetapi, pantai ini surga banget buat kamu yang suka menyendiri.

5. Pantai Ria Gresik

Pantai Gresik Pantai Ria
Pantai Ria, Gresik (sumber: instagram.com/gresiktourism/).
LokasiDekatagung, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,2/5.0 dari 80 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik42 menit (25,7 km) lewat Jl. Tol Surabaya – Gresik
Daya tarik wisataSpot foto ayunan, perahu nelayan, pusat pengolahan ikan dan rumput laut
Objek wisata menarik dekat Pantai Ria Gresik» Tajung Ge’en (30 menit (12.3 km) via Jl. Raya Bangsal)
» Air Terjun Talamon (17 menit (8.3 km) via Jl. Raya Bangsal)
Kuliner lezat terdekat
Rating4,2/5 dari 77 ulasan Google

Pantai Ria berada di kawasan Sangkapura. Jadi, pantai ini masuk wilayah Pulau Bawean. Ombak di pantai ini sangat tenang. Jadi, pantai ini menjadi tempat untuk pengolahan ikan serta rumput laut. Mudah untuk mencari ikan di sini.

Kalau akses ke pantai, kamu perlu menyeberang dari Gresik ke Pulau Bawean dahulu. Kamu dapat menggunakan kapal feri untuk menyeberang. Setibanya di Bawean, kamu dapat menyewa motor untuk menuju Pantai Ria. Pantai ini tidak mengenakan biaya masuk. Pantainya juga buka 24 jam.

Pemandangan pantai sendiri unik sekaligus indah. Terdapat tebing dan berbatuan karang hitam yang tinggi menjulang. Kemudian, tidak ada pasir maupun debur ombak. Sementara, air laut di sini jernih serta biru kehijauan warnanya. Kamu juga dapat melihat kapal-kapal nelayan di pinggir pantai.

Karena wilayahnya yang cadas, pantai ini cukup jarang dikunjungi anak-anak. Paling seru liburan ke sini bersama teman-teman atau pasangan. Waktu terbaik ke pantai saat pagi atau sore, biar tidak terlalu panas.

Omong-omong, ada sedikit cerita tentang nama pantai ini. Dahulu, pantai ini menjadi tempat kapal nelayan bersandar sepulang menangkap ikan. Karena mendapat hasil jaringan ikan begitu banyak, para nelayan merasa gembira ria. Dari sinilah asal mula nama Pantai Ria.

6. Pantai Tanjung Ghe’en

Pantai Gresik Pantai Tanjung Gheen
Pantai Tanjung Ghe’en, Gresik (sumber: disparbud.gresikkab.go.id).
LokasiKumalasa, Sangkapura, Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Gratis
Rating ulasan4,6/5.0 – 65 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik
Daya tarik wisataPantai yang masih asri, kapal bahari, tebing karang
Objek wisata menarik dekat Pantai Tanjung Ghe’en» Pantai Ria (30 menit (12.3 km) via Jl. Raya Bangsal)
» Pemandian Air Panas Sangkapura (30 menit (11.2 km) via Jl. Dermaga)
Kuliner lezat terdekat
Rating4,6/5 dari 66 ulasan Google

Kalau kamu suka pantai eksotis yang sedikit menantang, mampirlah ke sini. Pantai Tanjung Ghe’en berada di Pulau Bawean. Untuk menuju Bawean, ada sejumlah alternatif penyeberangan.

Ada kapal Bahari Ekspress SE yang berangkat hari Minggu-Kamis pukul 09.00. Harga tiket VIP Rp220.000 dan eksekutif Rp170.000. Kapal berangkat dari Kantor Bahari Ekspress Cabang Gresik. Ada juga kapal Gili Iyang Paciran-Bawean, berangkat Senin pukul 21.00 dan Rabu pukul 09.00.

Sementara, kapal Gili Iyang Gresik-Bawean berangkat Jumat pukul 21.00. Harga tiket kapal Gili Iyang untuk dewasa Rp80.000, anak-anak Rp61.000, dan 1 penumpang + motor Rp83.500. Kemudian, ada kapal Natuna Ekspres Gresik-Bawean, berangkat Senin-Rabu pukul 09.00. Harga tiket VIP Rp162.500.

Dari Pelabuhan Bawean ke Pantai Tanjung Ghe’en jaraknya sekitar 10 km. Akses menuju lokasi merupakan jalan perbukitan dengan pepohonan jati. Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Pantai ini unik dengan dikelilingi tebing karang tinggi. Ada hamparan pasir dengan garis pantai pendek. Ombaknya sangat tenang dengan warna hijau bening. Kamu bahkan bisa melihat jelas terumbu karang di bawah permukaan air.

Sering kali pengunjung hanya menikmati pemandangan. Jarang ada yang berenang. Terkadang para pengunjung naik ke atas tebing karang untuk melihat panorama lautan. Dari atas, terlihat laut biru membentang dengan luasnya.

Liburan ke sini paling cocok bersama teman-teman. Pantai ini mungkin bukan yang paling ideal untuk anak-anak. Karena kondisi pantai yang cukup terpencil dengan banyak tebing karang. Kalau ke sini, waktu terbaik yaitu saat pagi. Agar kamu bisa punya banyak waktu di pantai sampai sore hari.

7. Pantai Lorena

Pantai Di Sekitar Gresik Pantai Lorena
Pantai Lorena (sumber: instagram.com/fendy_lavigne/).
LokasiJalan Raya Paciran, Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 dari 1.489 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik1 jam 14 menit (54,8 km) lewat Jl. Raya Deandles dan Jl. Raya Dandeles
Daya tarik wisataTerumbu karang yang lebar, spot foto
Objek wisata menarik dekat Pantai Lorena» Wisata Bahari Lamongan (WBL) (3 menit (1.2 km) via Jl. Raya Dandeles/Jl. Raya Paciran)
» Mahari Zoo & Cave (3 menit (1.4 km) via Jl. Raya Dandeles/Jl. Raya Paciran)
» Pantai Watu Payung (6 menit (3.9 km) via Jl. Raya Paciran and Jl. Raya Dandeles)
Kuliner lezat terdekat» Taman Kuliner Paciran (1 menit (450.0 m) via Jl. Raya Dandeles/Jl. Raya Paciran)
» Kepo Cafe (1 menit (270.0 m) via Jl. Raya Dandeles/Jl. Raya Paciran)
» Golden Restaurant By Mbak Husna (5 menit (2.5 km) via Jl. Raya Dandeles)
Rating4,3/5 dari 1.570 ulasan Google

Pantai Lorena adalah pantai yang sangat nyaman. Pantai ini santai dan berada di pinggir jalan raya. Biasanya banyak juga pengendara yang singgah di tepi jalan dekat pantai. Banyak warung di tepi pantai yang menjual kuliner khas pantai utara, yaitu dawet dan rujak.

Akses ke pantai sangat mudah. Jalannya mulus beraspal dan bisa dilalui kendaraan apa saja, motor hingga mobil. Pemandangan pantai indah sekaligus tenang. Ada batu-batu karang halus di pinggir pantai. Pengunjung biasanya suka menapaki berbatuan tersebut untuk menikmati pantai.

Hati-hati saat melangkah, karena batu-batunya berlumut dan sedikit licin. Ada juga sisi lain tepi pantai yang berupa pasir nan lembut. Sementara, ombak di sini cukup tenang, sehingga aman untuk anak-anak bermain air dan berenang. Maka dari itu, Pantai Lorena sangat cocok untuk destinasi liburan keluarga.

Waktu yang terbaik untuk mampir ke Pantai Lorena adalah saat sore. Cuaca sudah tidak panas terik. Kemudian, saat matahari semakin turun, pantulan sinarnya terlihat indah di permukaan air laut. Tidak lupa ada awan putih berarak yang menambah keindahan langit senja.

8. Pantai Kutang

Pantai Di Sekitar Gresik Pantai Kutang
Pantai Kutang (sumber: instagram.com/lamongan_terkini/).
LokasiKentong, Labuhan, Kec. Brondong, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.00-17.30
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 dari 329 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik1 jam 42 menit (76,0 km) lewat Jl. Raya Dandeles
Daya tarik wisataJembatan kayu, Café Apung, tumbuhan mangrove
Objek wisata menarik dekat Pantai Kutang» Pantai Labuhan Ya’ang (8 menit (2.1 km) via Jl. Lkr. Utara)
» Pantai Lohgung Brondong (14 menit (6.1 km) via Jl. Ypp Mamba`ul Ulum and Jl. Raya Dandeles)
» Pantai Moersodo (13 menit (6.1 km) via Jl. Ypp Mamba`ul Ulum and Jl. Raya Dandeles)
Kuliner lezat terdekat» Aola Pantura (27 menit (16.8 km) via Jl. Raya Dandeles)
Rating4,3/5 dari 455 ulasan Google

Pantai Kutang merupakan destinasi yang sangat cocok untuk keluarga. Pantai ini khas dengan hutan mangrove-nya. Sementara, debur ombak tenang sehingga aman untuk berenang. Anak-anak juga biasanya bermain air dan pasir, serta berenang di pantai ini.

Kalau untuk akses ke Pantai Kutang, jalannya sudah bagus. Jalanan beraspal seluruhnya dan bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat. Akan lebih efektif waktu perjalanannya kalau kamu pakai kendaraan pribadi.

Di pantai Kutang, pemandangannya begitu menyegarkan.

Ada jembatan kayu panjang untuk tempat pengunjung berjalan kaki. Jembatan kayu ini dicat warna-warni, seru banget. Saat berjalan di atas jembatan, kamu dapat menyaksikan panorama pantai serta hutan mangrove. Air lautnya jernih kehijauan terlihat segar.

Lalu, ada juga ayunan sedikit ke tengah dari tepi pantai. Ada dua ayunan yang asyik untuk spot foto. Di pantai ini fasilitas umum sudah lengkap. Untuk aktivitas, pengunjung paling suka berenang dan jalan-jalan di atas jembatan kayu.

Kalau waktu terbaik untuk mengunjungi pantai adalah saat pagi atau sore. Selain biar tidak panas, ketika sore, pemandangan senja bagus di sini.

9. Pantai Boom

Pantai Di Sekitar Gresik Pantai Boom
Pantai Boom (sumber: instagram.com/tuban.hits/).
LokasiKutorejo, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp6.000/orang (Hari biasa). Rp8.000/orang (Akhir pekan)
Rating ulasan4,1/5.0 dari 3.712 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik1 jam 58 menit (90,9 km) lewat Jl. Raya Dandeles
Daya tarik wisataGerbang pantai dengan arsitektur indah bersejarah, penyewaan kapal keliling pantai, anjungan, sumur dengan arsitektur Jawa, wahana permainan ayunan, komedi putar, bianglala, perosotan, kolam renang anak, area khusus memancing, spot foto
Objek wisata dekat Pantai Boom» Goa Akbar (11 menit (5.4 km) via Jl. Raya Pantura)
» Pantai Kelapa Tuban (4 menit (2.6 km) via Jl. Panglima Sudirman/Jl. Raya Pantura and Jl. Raya Dandeles)
Kuliner lezat terdekat» Kuliner Tuban Rajungan Ndorobei.com (13 menit (6.3 km) via Jl. Raya Pantura)
» Mie Judes – Kuliner Pedas (6 menit (3.3 km) via Jl. Raya Pantura and Jl. Gedongombo)
Rating4,1/5 dari 3.751 ulasan Google

Pantai Boom sudah dikelola dengan sangat baik. Lokasi pantai strategis. Akses jalan beraspal. Pantai ini mudah dijangkau kendaraan dari arah mana saja. Di samping itu, Pantai Boom juga terkenal dengan jogging track-nya. Banyak pengunjung yang suka berolahraga sembari menyaksikan keindahan pantai.

Selain itu, Pantai Boom memiliki nuansa bersejarah yang kental. Salah satunya seperti arsitektur dengan relief indah di pintu gerbang masuk. Ceritanya, pada masa Kerajaan Majapahit, Pantai Boom menjadi pelabuhan penting.

Kemudian, di pantai ini juga terdapat anjungan yang menjorok hingga 800 meter ke laut. Pantai Boom sendiri pada dasarnya merupakan tanjung. Jadi, pantainya tidak berpasir. Namun, di tepi pantai penuh dengan berbatuan. Jadi, di sini kamu tidak dapat bermain air.

Akan tetapi, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan pantai dari tepian. Pantai ini juga memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Kamu pun bisa menyewa kapal milik warga setempat untuk berkeliling di perairan sekitar. Di samping itu, sudah ada wahana permainan anak lengkap. Bahkan, ada kolam renang anak-anak juga.

Lalu, terdapat area khusus memancing buat kamu yang ingin menangkap ikan sendiri. Pantai Boom ideal sekali untuk liburan bersama keluarga. Waktu terbaik ke pantai ini adalah ketika matahari terbit dan tenggelam. Nggak sedikit pengunjung yang datang hanya untuk melihat sunrise dan sunset yang cantik.

10. Pantai Kelapa

Pantai Di Sekitar Gresik Pantai Kelapa
Pantai Kelapa (sumber: instagram.com/sherlymonika09/).
LokasiJl. Gresik No.KM, RW.1, Kepoh, Panyuran, Kec. Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 07.30-17.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Rating ulasan4,3/5.0 dari 2.990 ulasan Google
Estimasi waktu tempuh dari kota Gresik1 jam 46 menit (85,9 km) lewat Jl. Raya Dandeles
Daya tarik wisataWahana permainan balon anak, penyewaan kuda, flying fox, kolam renang, panggung musik, anjungan, penyewaan kuda, hammock
Objek wisata menarik dekat Pantai Kelapa» Pantai Boom (10 menit (5.1 km) via Jl. Raya Dandeles)
» Goa Akbar (10 menit (4.9 km) via Jl. Raya Dandeles)
Kuliner lezat terdekat» Seafood Pantai Kelapa (2 menit (450.0 m) via Jl. Raya Dandeles and Gg. Pantai Indah)
» RM Rajungan Manunggal Jaya (3 menit (2.0 km) via Jl. Raya Dandeles)
» Mie Judes Tuban Kuliner Pedas (5 menit (2.7 km) via Jl. Raya Dandeles and Jl. Gedongombo)
Rating4,3/5 dari 3.618 ulasan Google

Pantai Kelapa Tuban memiliki tagline Wonderful Beach Pantai Kelapa”. Pantai ini pun menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Selain pantai, ada banyak wahana permainan khususnya untuk anak. Ada banyak spot foto juga.

Pantai Kelapa sendiri memiliki pasir putih kecokelatan dengan air laut kehijauan. Air lautnya tidak terlalu jernih tapi pantai ini memiliki ombak yang cukup tenang. Aman untuk berenang dan bermain air bagi anak-anak juga. Kamu pun akan melihat perahu-perahu nelayan menepi di perairan pinggir pantai.

Selain itu, terdapat anjungan yang menjorok ke tengah laut. Para pengunjung suka berjalan-jalan sekaligus berfoto di anjungan ini. Kemudian, aktivitas lainnya yang disukai pengunjung yaitu duduk-duduk di area khusus yang sudah disediakan. Terdapat banyak alas duduk berwarna biru untuk pengunjung duduk di atas pasir.

Waktu terbaik ke pantai adalah saat pagi dan sore hari. Paling asyik menyaksikan pemandangan menjelang matahari terbenam. Untuk akses ke pantai juga mudah. Kamu bisa naik motor, mobil, bahkan bis. Tinggal menyusuri jalan raya Tuban-Lamongan dan sampailah di lokasi.

Itulah rekomendasi pantai terpopuler di sekitar Gresik. Secara pribadi, kami paling suka Pulau Noko. Karena tempatnya begitu eksotis. Pantainya serasa milik pribadi. Serasa kamu sedang berada di surga tropis. Kalau kamu paling suka pantai yang mana? Atau mungkin adakah pantai yang sudah pernah kamu kunjungi. Share di kolom komentar, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar