10 Wisata Pantai Terindah di Jember yang Lagi Hits (2023)

Lagi perlu refreshing? Tidak mengherankan apabila kamu merasa ingin pergi ke pantai. Menurut penelitian, berada di alam bebas bahkan meskipun cuma sebentar, bisa meningkatkan mood serta mengurangi stres. Makanya kamu pasti merasa segar kembali saat kembali dari wisata pantai.

Terlebih jika kamu mengunjungi pesisir Jember. Pasti liburanmu makin mengasyikan. Nah, bagi kamu yang ingin mengexplore pesisir Jember, Jawa Timur. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Jember yang wajib kamu kunjungi:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Jember? Yuk, baca ulasan singkat dari Napaktilas di bawah ini.

1. Pantai Papuma

Pantai Jember Pantai Papuma
Pantai Papuma, Jember (sumber: instagram.com/mampirjember/)
LokasiDesa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/orang.
Rating4,4/5.0 dari 4.490 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 15 menit (39,5 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiTujuh karang besar, perahu-perahu nelayan, Pantai Watu Ulo di sebelah persis.

Lagi nyari rekomendasi wisata pantai di Jawa Timur yang bagus? Coba main ke Pantai Papuma. Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Jalan menuju pantai ini sudah bagus dan beraspal. Kamu bisa naik mobil maupun motor. Setelah pos tempat membayar tiket masuk, jalannya naik menanjak ke bukit. Kemudian turun hingga sampai di pantai.

Tempat parkirnya luas. Selain itu, parkir di pinggir pantai juga bisa. Pantai Papuma memiliki garis pantai yang panjang. Pantai ini sangat luas. Pasirnya putih sedikit kecokelatan. Ombaknya cenderung tenang. Air lautnya biru jernih dengan ombak berbuih putih lembut. Terdapat batu-batu karang yang menarik.

Pantai ini aman untuk bermain air dan berenang. Anak-anak juga bisa basah-basahan di sini. Di perairan pesisir pantai, ada banyak perahu nelayan menepi. Sementara, di sisi agak ke kanan, tepi pantainya berbatu-batu dan biasanya sepi pengunjung. Ombaknya juga lebih besar.

Di pantai ini, pengunjung paling suka aktivitas melihat pemandangan dari atas bukit. Kamu tinggal naik saja dengan berjalan kaki. Di sepanjang tepi atas bukit sudah ada pagar yang menambah keamanan dan kenyamanan para pengunjung. Spot di bukit ini juga cocok untuk berfoto.

Selain itu, pengunjung juga suka menikmati waktu dengan minum minuman kelapa muda. Nah, pantai ini memang paling pas untuk liburan bersama keluarga. Fasilitasnya sangat lengkap. Bahkan ada masjid, musala, dan banyak penginapan.

Untuk ke pantai, waktu terbaik adalah saat sore. Pemandangan menjelang matahari terbenam sangat bagus. Apalagi, ada awan berarak terlihat berada dekat dengan cakrawala. Berlatar langit sore yang berwarna jingga keemasan.

2. Pantai Payangan

Pantai Jember Pantai Payangan
Pantai Payangan, Jember (sumber: instagram.com/ferdian_h_k/).
LokasiJl. Sidomulyo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating4,3/5.0 dari 3.298 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 8 menit (37,4 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSpot foto cantik, Teluk Cinta, Pantai Watu Ulo, lokasi berkemah, perbukitan di sekeliling pantai.

Pantai Payangan sangat unik. Pantai ini cadas sekaligus eksotis. Namun, juga ramah untuk pengunjung dewasa sampai anak-anak. Dikarenakan ombak yang besar dengan kondisi berbatu di pinggir pantai, pengunjung tidak berenang di sini.

Untuk akses menuju pantai nyaman dan mudah. Jalannya pun beraspal. Bisa dilalui mobil maupun motor. Di samping itu, hingga Oktober 2022 belum diberlakukan tiket masuk untuk pengunjung. Kalau sudah tiba di lokasi dan parkir, kamu bisa langsung menuju pinggir pantai.

Jadi, kondisi pantai ini diapit tebing-tebing batu yang berbatuannya besar-besar. Di pinggir pantainya sendiri terdapat berbatuan besar. Juga ada karang-karang yang terlihat eksotis. Air lautnya biru dengan deburan ombak cukup besar. Pantai ini memiliki pasir hitam yang menambah daya tariknya.

Kondisi pantai bersih, menyenangkan. Ada banyak penjual jajanan. Fasilitas lengkap, ada musala dan kamar mandi. Ada juga ikan segar yang dijual. Juga ada tempat kuliner makanan laut dari hasil tangkapan nelayan. Oh iya, terlihat banyak perahu nelayan sedikit ke tengah laut.

Di pantai ini, pengunjung paling suka berfoto-foto. Banyak spot keren untuk mengambil foto. Kalau mampir ke sini paling bagus saat sore. Pemandangan senja terasa syahdu di sini. Pantai ini pun ideal untuk liburan bersama keluarga tercinta.

3. Pantai Watu Ulo

Pantai Jember Pantai Watu Ulo
Pantai Watu Ulo (sumber: instagram.com/infojember/)
LokasiDesa Sumberejo, kecamatan Ambulu, Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang.
Rating4,2/5.0 dari 2.533 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 11 menit (38,2 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPerahu-perahu nelayan, kuliner es kelapa muda, spot foto.

Pantai Watu Ulo berada tepat di sebelah Pantai Papuma. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas. Pantainya landai dengan garis pantai panjang. Warna pasir cokelat gelap kehitaman. Air lautnya biru gelap serta tidak terlalu jernih. Namun, ombaknya tenang. Pemandangan pantainya juga cantik.

Aman bagi semua pengunjung, termasuk anak-anak, untuk bermain air serta berenang. Kalau akses menuju pantai sudah bagus. Jalannya beraspal halus serta bisa dilewati mobil maupun motor. Pantai ini memiliki kisah menarik di balik namanya.

Nama Watu Ulo berasal dari Bahasa Jawa. “Watu” artinya batu, dan “ulo” artinya ular. Jika digabungkan artinya Batu Ular. Ini karena di pantai terdapat berbatuan yang memanjang ke arah laut. Ukuran panjang batu tersebut 100 meter dan lebar 4 meter. Batu ini bentuknya menyerupai ular.

Konon, batu tersebut merupakan jelmaan ular raksasa yang dikutuk. Ada juga kisah yang menyebutkan kalau ular raksasa tersebut bernama Nogo Rojo. Ular tersebut bertarung dengan penduduk setempat untuk memperebutkan wilayah. Ular Nogo pun dikalahkan dan tubuhnya dipotong menjadi tiga bagian.

Ada lagi cerita yang menyebutkan kalau sosok ular Nogo merupakan utusan Aji Saka. Hingga saat ini masih berada di pantai tersebut untuk bertapa. Terlepas dari apa pun kisahnya, Pantai Watu Ulo kini menjadi salah satu pantai terpopuler.

Liburan ke sini paling pas bersama keluarga atau teman. Mampirlah saat pagi atau sore hari yang merupakan waktu terbaik. Sebab, kamu bisa melihat sunset yang memesona.

4. Pantai Pancer

Pantai Jember Pantai Pancer
Pantai Pancer, Jember (sumber: instagram.com/abdulhasan_96/).
LokasiManderan II, Puger Kulon, Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 05.00-22.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating4,2/5.0 dari 1.559 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember3 jam 11 menit (110,7 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSpot batu pemecah ombak, spot memancing, pusat pelelangan ikan, perahu-perahu nelayan, Jembatan Cinta di Desa Puger.

Pantai Pancer memiliki ombak besar karena anginnya sangat kencang. Jika ingin berenang boleh saja asalkan berhati-hati. Ombaknya juga bersifat menyeret. Cukup jarang juga pengunjung bermain air di sini. Sementara, pemandangan pantainya memesona.

Akses menuju pantai berupa jalan beraspal yang mulus. Kamu bisa ke lokasi naik kendaraan roda dua maupun roda empat. Sesekali sejumlah pengunjung bersepeda menuju pantai. Di pantai, terdapat banyak perahu nelayan yang beraktivitas setiap hari.

Pantai ini memiliki pasir hitam yang menarik. Air lautnya biru gelap dengan ombak yang berbuih putih. Terdapat bukit dengan pepohonan hijau di dekat pantai. Dari pantai, pemandangan bukit tersebut terlihat di kejauhan. Di pantai juga terdapat batu pemecah ombak yang menjadi daya tarik tersendiri.

Pantai ini lebih cocok untuk dikunjungi bersama teman atau pasangan. Tidak sering terlihat pengunjung liburan bersama keluarga dan anak-anak. Waktu terbaik untuk ke Pantai Pancer adalah saat pagi dan sore hari. Matahari sedang tidak bersinar terik. Selain itu, saat sore, kamu bisa melihat senja yang indah.

5. Teluk Love

Pantai Jember Teluk Love
Teluk Love, Jember (sumber: instagram.com/kikikiboo/).
LokasiJl. Ambulu – Watu Ulo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 05.00-19.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp7.500/orang.
Rating4,3/5.0 dari 790 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 11 menit (37,9 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiTrekking ke atas bukit, spot foto, pasir hitam, batu-batu karang.

Teluk Love merupakan tempat wisata yang populer sekali. Akses ke lokasi sangat mudah. Jalannya sudah mulus beraspal. Juga bisa dilalui mobil dan motor. Sesampainya di pantai, tempat parkirnya cukup luas. Kamu juga bisa melihat banyak perahu nelayan di pinggir pantai.

Pengunjung tidak berenang di sini, melainkan melihat-lihat pemandangan teluk. Untuk ke Teluk Love, kamu harus jalan kaki mendaki bukit terlebih dahulu. Bukit yang didaki bernama Bukit Suroyo atau Bukit Suryo.

Jalur pendakian di bukit nggak sulit, jalannya sudah ditata. Namun, tetap harus hati-hati agar tidak terpeleset dan jatuh dari tebing di bukit. Kalau mengajak anak-anak tidak apa-apa, asalkan ekstra hati-hati. Terutama, saat naik dan turun bukit.

Sesampainya di atas bukit, pemandangannya indah. Ada teluk berbentuk seperti hati dengan bukit-bukit dan batu karang tersebar. Di sebelah barat bukit terlihat Pantai Payangan dari atas. Dari atas tebing bukit juga bisa terlihat Pulau Nusa Barong. Di timur bukit terlihat Taman Nasional Meru Betiri.

By the way, bukit tersebut Suroyo atau Suryo dari kata Bahasa Jawa, artinya “matahari”. Karena terlihat sunrise dan sunset dari atas bukit. Di bukit juga ada gua Jepang. Kamu bisa masuk gua yang berada sedikit di bawah tanah. Seru, lho.

Untuk fasilitas Teluk Love cukup lengkap. Ada lahan parkir, kamar mandi dan warung. Di bukit ada gazebo untuk duduk-duduk. Kalau waktu terbaik ke Teluk Love adalah saat musim kemarau. Agar tidak becek saat naik turun bukit.

Baca terus: 10 Wisata Pantai Terindah di Probolinggo yang Lagi Hits (2022) »

6. Pantai Cemara Jember

Pantai Jember Pantai Cemara Jember
Pantai Cemara, Jember (sumber: instagram.com/son1_rmd/).
LokasiJl. Lintas Selatan, Kalimalang, Mojomulyo, Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang.
Rating4,3/5.0 dari 553 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember2 jam 49 menit (102,9 km) lewat Jl. Nasional III.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPepohonan cemara indah.

Pantai Cemara Jember menghadirkan suasana santai. Nyaman berada di sini. Akses menuju pantai mudah. Jalan beraspal dan dapat dilalui motor dan mobil. Pemandangan pantai indah dengan banyak pohon cemara yang kehijauan. Banyak warung juga di sekitar pinggir pantai.

Pasirnya berwarna cokelat. Air lautnya biru gelap. Hamparan pasirnya landai dan sangat, sangat luas. Garis pantainya panjang. Ada sejumlah perahu nelayan di tepi pantai. Oh iya, Ombaknya sangat tenang, aman juga untuk bermain air dan berenang.

Pengunjung suka jalan-jalan menyusuri tepi Pantai Cemara. Selain itu, aktivitas seru lainnya adalah minum air kelapa muda langsung dari buahnya. Piknik juga sangat seru di sini. Menikmati pantai sembari makan bekal dengan duduk di atas tikar.

Pantai Cemara sangat ideal untuk liburan bersama keluarga. Sambil mengajak anak-anak ke pantai. Kalau ke sini, waktu terbaik adalah saat pagi atau sore. Untuk menghindari cuaca yang panas terik. Serta bisa melihat senja yang indah di pantai.

7. Pantai Puger

Pantai Jember Pantai Puger
Pantai Puger, Jember (sumber: instagram.com/mampirjember/).
LokasiJl. Pelabuhan, Mandaran, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.500/orang.
Rating4,1/5.0 dari 291 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 15 menit (41,5 km) lewat Jl. Nasional III dan Jl. Lumajang – Jember.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiPerahu wisata, spot foto, area berkemah, wahana menarik.

Pantai Puger memiliki nama lengkap Pantai Pancer Puger. Akses ke lokasi sangat mudah dan nyaman. Jalannya mulus beraspal. Kamu bisa naik mobil, motor, bis, hingga travel.

Sampai di pantai, ada pos tiket masuk. Harga tiket Rp5.000 per orang ditambah asuransi Rp500. Jadi, totalnya Rp5.500. Setelah itu, kamu bisa menuju area parkir.

Memasuki area pantai, ada banyak pohon cemara. Pasir pantai gelap cenderung hitam. Anginnya sangat kencang. Air lautnya berwarna biru kehijauan gelap. Pantai ini terkenal memiliki ombak cukup besar. Pengunjung jarang berenang di pantai ini. Namun, terkadang ada pengunjung yang bermain air.

Sementara, di sisi kiri pantai terdapat bukit hijau nan indah. Selain itu, terlihat perahu-perahu nelayan berlayar di kejauhan. Pantai Puger memiliki garis pantai cukup panjang. Hamparan pasirnya luas. Kamu juga dapat menyewa perahu nelayan untuk menyeberang ke Pulau Nusa Barong.

Pantai ini pun cocok untuk tempat liburan bersama keluarga dan anak-anak. Untuk fasilitas di pantai cukup lengkap. Ada lahan parkir, kamar mandi, serta banyak warung makan untuk kuliner dan mengisi perut.

8. Pantai Bandealit

Pantai Jember Pantai Bandealit
Pantai Bandealit, Jember (sumber: instagram.com/explorejember/).
LokasiArea Hutan, Andongrejo, Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating4,2/5.0 dari 233 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember2-3,5 jam (64 km), dari kota Jember ke Kecamatan Temurejo. Lalu, ke Desa Andongrejo. Hingga sampai di Taman Nasional Meru Betiri.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiTempat berkemah, spot memancing di teluk dan muara sungai di kawasan pantai, wisata hutan lindung, trekking ke puncak tebing Gunung Sodung, gua Jepang dan benteng pertahanan Jepang.

Untuk ke Pantai Bandealit dari pusat kota Jember memerlukan waktu sekitar 3-4 jam. Kalau dari kota, jalannya beraspal dan mulus. Mendekati pantai, jalannya cukup tidak rata serta kadang berbatu. Hati-hati saat berkendara.

Lokasi pantai tersebut masuk dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Kamu bisa naik mobil dan motor menuju pantai. Sampai di pantai, pemandangannya sangat menarik.

Pasirnya putih kecokelatan. Ombaknya tenang. Air lautnya berwarna biru kehijauan gelap. Selain itu, terdapat berbatuan di sejumlah sisi pinggir pantai.

Di sebelah barat dan timur, terdapat muara tempat bertemunya sungai dan pantai. Ada juga tebing karang seperti bukit yang mengapit pantai. Bukit tersebut hijau dipenuhi pepohonan.

Lalu, di pinggir pantai terdapat sejumlah kursi untuk tempat duduk-duduk. Di kejauhan, terlihat perahu-perahu nelayan berlayar mencari ikan. Namun, pengunjung dilarang mandi di pantai ini. Karena ombak pantai selatan di sini bisa berbahaya untuk berenang.

Akan tetapi, kamu bisa camping di sini. Sudah ada camping ground. Juga ada fasilitas berupa warung-warung dan toilet. Bisa kamu gunakan saat camping. Nah, pantai ini pas buat liburan bersama keluarga dan teman maupun pasangan.

Kalau ke sini, waktu terbaik adalah saat pagi dan sore, untuk melihat sunrise dan sunset. Sinar mataharinya memang sedikit terhalang bukit. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keindahan suasananya.

9. Pantai Nanggelan

Pantai Jember Pantai Nanggelan
Pantai Nanggelan, Jember (sumber: instagram.com/amazingjember_/).
LokasiJalan Cangak Indah, Curahnongko, Tempurejo, Area Hutan, Curahnongko, Tempurejo, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Rating4,5/5.0 dari 222 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 22 menit (36,5 km) lewat Jl. Kota Blater.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSpot foto, tempat berkemah.

Pantai Nanggelan berada dalam kawasan Taman Nasional Meru Betiri. Pantai ini sangat tersembunyi. Banyak yang belum mengenalnya. Padahal, pantainya sangat, sangat indah. Akses ke lokasi melintasi alam. Disarankan kamu naik kendaraan sepeda motor.

Sudah ada Pos Perizinan sekaligus tempat penitipan motor di desa terdekat. Setelah menitipkan motor, kamu harus mendaki bukit untuk sampai di pantai. Perjalanan menanjak hingga puncak bukit, sehingga perlu mempersiapkan kondisi fisik yang baik. Setelah itu turun bukit sampai ke pantai.

Perjalanan dari Pos Perizinan ke pantai memerlukan waktu sekitar 40 menit. Tenang saja, keindahan pantainya sangat sepadan dengan perjalanan kamu. Sampai di pantai, kamu akan melihat garis pantai yang panjang. Hamparan pasir pantai begitu luas. Di pantai ini, pasir berwarna putih kecokelatan.

Kondisinya bersih. Suasana sepi sekali. Semuanya masih hijau dan asri. Ombaknya tenang, jadi cukup aman untuk bermain air dan basah-basahan. Air lautnya berwarna hijau kebiruan gelap. Di sisi pantai terdapat muara tempat sungai dan laut bertemu.

Biasanya, pengunjung suka berkemah di Pantai Nanggelan. Namun, fasilitas umum masih sangat minim. Belum ada kamar mandi dan toilet di pantai.

Karena perjalanan yang sedikit ekstrem, sebaiknya kalau ke sini kamu berkemah saja. Berangkat saat pagi agar bisa sampai di pantai saat sedikit siang. Lalu, mendirikan tenda dan berkemah semalam.

Pantai ini paling pas dikunjungi bersama teman. Mungkin kurang ideal untuk tempat liburan keluarga dan anak-anak. Waktu terbaik untuk ke pantai yaitu saat musim kemarau. Sebab, medan menuju pantai mungkin menjadi licin serta berbahaya saat musim hujan.

10. Pantai Paseban

Pantai Jember Pantai Paseban
Pantai Paseban, Jember (sumber: instagram.com/cholifa_khasanah15/).
LokasiPaseban, Kencong, Kabupaten Jember, Jawa Timur (Cek di Google Maps).
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-18.00.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang.
Rating4,2/5.0 dari 135 ulasan Google.
Rute menuju tempat wisata dari kota Jember1 jam 39 menit (54,7 km) lewat Jl. Lumajang – Jember.
Obyek wisata menarik di sekitar pantaiSpot foto berlatar pantai.

Pantai Paseban merupakan salah satu pantai yang eksotis dengan pasir hitam. Di samping itu, pantai ini memiliki ombak yang besar. Bahkan ombaknya sangat tinggi. Pengunjung dilarang keras untuk berenang di pantai ini. Jadi, kamu cukup menikmati pemandangan dari tepi pantai saja.

Selain itu, aktivitas yang disukai pengunjung yaitu bermain pasir. Biasanya, anak-anak yang paling suka bermain pasir di pinggir pantai. Pastikan selalu mengawasi anak-anak, ya, jika kamu mengajak mereka. Di pantai ini juga terlihat pemandangan perahu-perahu nelayan parkir di pinggir pantainya.

Sementara, akses ke pantai mudah. Jalannya juga beraspal, dapat dilalui motor dan mobil. Selain itu, fasilitas di Pantai Paseban juga lengkap. Ada area parkir, banyak warung makan, serta terdapat kamar mandi dan tempat bilas. Tidak perlu khawatir untuk fasilitasnya.

Pantai ini ideal untuk liburan bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Untuk mampir ke pantai, waktu terbaik adalah saat sore hari. Paling keren melihat pemandangan sunset di sini.

Demikian rekomendasi pantai terindah di Jember. Buat kamu yang belum pernah ke Jember, pantai-pantai tersebut bisa menjadi destinasi liburan kamu. Jadi, kamu menjelajahi Jember mulai dari daratan hingga lautannya. Yuk, ajak keluarga dan teman kamu untuk liburan bareng ke pantai!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar