10 Wisata Pantai Terindah di Gunungkidul yang Lagi Hits (2022)

Gunungkidul menyimpan berbagai pesona alam yang tidak terduga. Salah satu kabupaten di Yogyakarta ini memiliki banyak wisata pantai terkenal. Deretan pantai hits tersebut menjadi destinasi yang sering dikunjungi wisatawan.

Nggak heran karena tempatnya memang seindah itu. Kamu yang pencinta pantai wajib mampir, lho. Di mana saja pantainya? Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Gunungkidul versi Napaktilas:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Gunungkidul? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Drini

Pantai Gunungkidul Pantai Drini
Keindahan Pantai Drini, Gunungkidul (sumber: instagram.com/rismakartikaningrum/)
LokasiDesa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiNaik kano, snorkeling, pemandangan bukit karang, spot foto Jembatan Pelangi dan Pulau Drini
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari46 menit (25,2 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,5/5.0 – 9.927 ulasan Google

Pantai Drini berada dalam satu kawasan dengan pantai-pantai hits lainnya. Di antaranya seperti Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Pantai Drini sangat cocok untuk destinasi bersama keluarga apalagi anak-anak. Di pantainya ada penyewaan ban bebek untuk anak-anak juga.

Selain itu, kamu bisa sewa kano dan snorkeling dengan harga Rp50.000 sepuasnya. Kemudian, untuk tarif sewa ban pelampung bebek adalah Rp20.000 sepuasnya. Seru, bukan. Aktivitas yang paling disukai pengunjung antara lain naik kano, snorkeling, dan berenang.

Kemudian, kamu juga bisa berfoto di spot-spot asyik. Ada spot Jembatan Pelangi dengan tiket masuk Rp5.000 per orang. Lalu, ada Pulau Drini berupa bukit karang dengan tiket masuk Rp3.000 per orang. Selain itu, ada jasa fotografer Rp10.000 untuk 2 file foto. Cocok berfoto di sini.

Di samping itu, pantainya sendiri memiliki pemandangan yang cantik. Ada bukit-bukit karang mengapit pantai ini. Bukit karang tersebut juga terlihat hijau, penuh dengan pepohonan dan semak. Sementara, ada dua sisi berbeda di Pantai Drini.

Di sebelah timur air lautnya tenang sehingga aman untuk anak-anak. Sementara, di sebelah barat, ombak air lautnya lebih kuat, tapi tetap aman untuk pengunjung termasuk anak-anak. Pastikan tetap mengamati si kecil saat bermain air dan pasir, ya.

Selain itu, fasilitas di sini lengkap. Ada gazebo berupa gubuk, toilet, warung, musala. Untuk tarif sewa gubuk Rp100.000 per 2 jam. Sementara, ada juga sewa tenda payung dan tikar dengan tarif Rp30.000 sepuasnya.

2. Pantai Krakal

Pantai Gunungkidul Pantai Krakal
Pantai Krakal, Gunungkidul (sumber: instagram.com/akhliz.m/)
LokasiKampung Krakal, Kelurahan Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiCamping ground, pepohonan cemara, pulau karang
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari44 menit (22,8 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,5/5.0 – 7.469 ulasan Google

Pantai Krakal cocok buat kamu yang ingin berlibur sekaligus camping, karena ada camping ground di sini. Sementara, pemandangan di Pantai Krakal terlihat memesona dengan karakteristik pantai khas Gunungkidul.

Di pantai ini, ada banyak pohon cemara, pasirnya putih, ombaknya cukup besar, air lautnya jernih. Dari kejauhan, airnya terlihat hijau kebiruan dengan batu-batu karang di dasar laut. Selain itu, terdapat sebuah pulau karang kecil yang memisahkan sisi kanan dan kiri pantai.

Kamu bisa naik ke puncak bukit di pulau karang tersebut, untuk melihat pemandangan pantai dari ketinggian. Selain itu, wilayah pantai ini luas. Terdapat terminal serta camping ground yang menjadi favorit campers. Buat kamu yang suka menikmati malam, di sini juga ada tempat hiburan malamnya.

Pantai ini benar-benar indah dengan pasirnya yang putih bersih, sehingga bikin betah. Pengunjung biasanya suka datang saat sudah gelap untuk sekadar menikmati angin malam. Kadang, pengunjung juga senang menikmati kuliner seafood. Camping juga disukai di sini.

Sementara, di sepanjang pantai ini terdapat warung dan tempat ngopi yang pas untuk menghabiskan waktu santai. Oh iya, sejauh mata memandang terlihat lautan luas berwarna biru, dan perbukitan hijau di kejauhan.

Kalau wisata ke sini, paling seru mengajak teman-teman apalagi yang hobi camping. Bisa kemah bareng. Kamu juga bisa pergi bersama pasangan atau keluarga untuk berlibur di pantai ini.

3. Pantai Wediombo

Pantai Gunungkidul Pantai Wediombo
Pantai Wediombo, Gunungkidul (sumber: instagram.com/boejang_ganong/)
LokasiDesa Jepitu, Girisubo, Gunungkidul dekat Pantai Siung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000
Daya tarik pantaiPohon-pohon cemara, pemandangan perbukitan
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari56 menit (34,4 km) lewat Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 – 6.469 ulasan Google

Pantai Wediombo terkenal di Gunungkidul. Untuk ke pantainya, kamu harus menuruni tangga. Jalannya cukup menurun, jadi untuk orang tua mungkin perlu sedikit hati-hati. Saat kembali ke atas, sudah ada ojek. Nah, jadi bisa naik ojek biar tidak capek.

Untuk tarif ojek motor tersebut Rp10.000. Selain itu, di pinggir jalan turun dan naik tersebut ada warung yang menjual suvenir dan makanan serta minuman. Oh iya, untuk menikmati pantai ini, selain tiket masuk, ada biaya parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp5.000.

Pantai Wediombo sendiri sudah dikelola dengan baik. Tempatnya rapi dan bersih dengan berbagai fasilitas. Tersedia aula pertemuan, homestay, penginapan, aneka kuliner mulai dari mie ayam, seafood, sampai bakso. Ada juga toilet, musala, dan toko oleh-oleh yang dikelola warga lokal.

Sementara, Pantai Wediombo juga terkenal tidak lain karena pemandangannya. Ada hamparan pasir putih dengan air laut yang benar-benar biru. Selain itu ada sedikit berbatuan di pinggir pantai. Disediakan juga gazebo-gazebo dengan ukuran kecil dan besar.

Biaya sewa gazebo kecil Rp30.000 dan gazebo besar Rp100.000. Kamu bisa duduk-duduk sembari menaruh barang serta beristirahat di gazebo. Sementara, aktivitas favorit lainnya yaitu bermain air, berfoto dan kuliner. Di sini, kamu juga dapat melihat pemandangan tebing-tebing tinggi yang kokoh.

Ombaknya sangat tenang, setenang suasana pantai yang cukup sepi karena pantainya hidden gem. Anak-anak biasanya betah bermain pasir dan air di sini. Apalagi, hamparan pasirnya luas, dengan lautan dan langit biru, indah sekali. Ajak keluarga atau teman dan orang terkasih kamu ke sini.

4. Pantai Pulang Sawal

Pantai Gunungkidul Pantai Pulang Sawal
Pantai Pulang Sawal, Gunungkidul (sumber: instagram.com/baronstic/)
LokasiKecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiBukit karang, spot foto
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari51 menit (27,2 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,5/5.0 – 5.532 ulasan Google

Seperti pantai Gunungkidul lainnya, Pantai Pulang Sawal juga memiliki pemandangan indah. Pulang Sawal merupakan nama awal pantai ini. Kemudian, berdiri resto Indrayanti yang terkenal di dekat pantainya. Karena penyebutan Indrayanti lebih mudah daripada Pulang Sawal, akhirnya, disebutlah pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti hingga kini.

Pantai ini memiliki pasir putih yang benar-benar bersih. Air lautnya pun biru kehijauan serta jernih. Ombaknya berbuih putih dan bergulung dengan lembut. Ombak di pantai ini cenderung agak besar, pengunjung umumnya tidak berenang di sini.

Namun, ada gazebo-gazebo di pinggir pantai. Pengunjung biasanya suka bersantai di gazebo tersebut. Kemudian, anak-anak biasanya suka bermain pasir. Di pantai ini, kamu bisa sewa payung dan tikar harganya Rp20.000. Ada juga alat mainan anak untuk bermain pasir disewakan seharga Rp10.000.

Kalau karakteristik pantainya khas pantai Gunungkidul dengan bukit karang serta pasir putih. Bukit karang tersebut ada di timur dan barat pantai ini. Kamu bisa naik ke atas bukit kalau mau melihat pemandangan pantai yang sangat cantik dari ketinggian. Benar-benar memukau.

Apalagi, hamparan pasirnya luas serta landai. Tipikal pantai tropis yang eksotis. Saat naik bukit karang mungkin akan sedikit capek. Namun, sesampainya di atas, semua rasa lelah terbayar. Selain semua aktivitas tadi, pengunjung biasanya juga suka berfoto serta menikmati kuliner.

Kalau berlibur ke pantai ini, paling seru mengajak keluarga satu rombongan, bersama anak-anak dan juga orang tua. Selain itu, kamu juga bisa ke pantai ini bersama orang terdekat, seperti pasangan atau teman-teman kamu.

5. Pantai Nglambor

Pantai Gunungkidul Pantai Nglambor
Pantai Nglambor, Gunungkidul (sumber: instagram.com/fajar2455/)
LokasiPantai, Purwodadi, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiSnorkeling, spot foto, perbukitan hijau, pohon-pohon cemara
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari58 menit (32,7 km) lewat Jl. Nasional III
Rating pantai4,5/5.0 – 3.326 ulasan Google

Untuk ke Pantai Nglambor, jalannya menanjak. Kalau menuju pantai, jalan memang naik tapi ketika pulang, jalannya menurun. Perlu berjalan sedikit jauh dari parkiran ke pantainya, terutama untuk yang naik sepeda motor. Jalan kaki tersebut sekitar 10 menit untuk sampai di pantai.

Lalu, selain tiket masuk, ada tarif parkir motor Rp3.000, mobil Rp5.000. Sedangkan, tarif parkir bus medium dan elf Rp20.000, bus besar Rp30.000. Sesampainya di pantai, kamu bisa melihat bukit-bukit hijau di sekitarnya. Ada juga tebing karang di dekat bibir pantai.

Pantai ini berpasir putih, dengan air laut biru jernih serta terlihat karang di dasar lautnya. Pantai ini pun diapit perbukitan sehingga hamparan pasirnya mungkin tidak seluas di pantai yang lainnya. Pemandangannya eksotis, dengan nuansa hidden gem.

Di sini juga disediakan ojek kalau kamu capek berjalan kaki dari dan ke pantai. Ojek ini bisa mengantarkan dari dan ke parkiran. Tarif ojek yaitu Rp5.000. Sementara, untuk aktivitas yang paling disuka pengunjung adalah snorkeling. Sudah ada alat snorkeling yang disewakan.

Selain keindahan bawah lautnya, batu-batu karang besar di dekat bibir pantainya juga mengagumkan. Bibir pantai ini juga penuh berbatuan kecil hingga besar, sehingga menambah kesan estetik tersendiri.

Ada juga atraksi lainnya berupa menara mercusuar tinggi menjulang. Namun, kehidupan bawah airnya menjadi daya tarik utama dan diburu saat snorkeling. Di samping itu, kamu juga dapat berfoto di pantai ini. Kalau liburan ke sini, kamu dapat mengajak teman-teman dekat, atau keluarga juga bisa.

Lanjut baca: 10 Wisata Pantai Terindah di Wonogiri yang Lagi Hits (2022) »

6. Pantai Sepanjang

Pantai Gunungkidul Pantai Sepanjang
Pantai Sepanjang, Gunungkidul (sumber: instagram.com/farrasaprilia_/)
LokasiJl. Nglolang, Saglen, Ngalos, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiPemandangan tebing kapur, pohon-pohon cemara, situs bersejarah Banyusepuh
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari46 menit (24,3 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,4/5.0 – 3.279 ulasan Google

Pantai Sepanjang dekat dengan pantai-pantai lainnya di Gunungkidul. Parkiran pantai ini luas sepanjang pintu masuk sampai ke pantainya. Di kanan-kirinya ada toko oleh-oleh dan suvenir, juga warung makanan dan minuman.

Setelah parkir, kamu perlu berjalan sedikit ke pantainya. Pantai ini memiliki pasir putih bersih. Sementara, ombaknya besar seperti pantai selatan pada umumnya. Kalau air lautnya jernih berwarna biru gelap kehijauan. Ada tebing-tebing karang di sekeliling pantai.

Pantai ini biasa ramai dikunjungi wisatawan. Namun, pengunjung biasanya tidak berenang. Orang-orang sekadar membasahi kaki di bibir pantai, atau berdiri menikmati pemandangan serta berfoto.

Garis pantai ini sangat panjang. Seperti namanya, Sepanjang, pantai ini memiliki garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai Gunungkidul. Selain itu, suasana pantainya masih alami banget. Banyak tumbuhan palem serta gubuk beratap daun kering di bibir pantai.

Di sepanjang pesisir, ada spot-spot foto. Selain itu, juga tersedia layang-layang warna-warni. Di samping itu, juga ada oleh-oleh berupa kerang serta bintang laut di pantai yang alami ini. Di pinggir pantai pun tidak ada bangunan permanen. Masyarakat sangat menjaga kebudayaan setempat.

Di Pantai Sepanjang juga ada situs bersejarah Banyusepuh. Dalam Bahasa Jawa, banyu berarti air dan sepuh artinya basuh. Jadi, seperti namanya, tempat ini tadinya mata air, kemudian dipakai membasuh atau memandikan. Konon digunakan oleh para wali untuk membasuh pusakanya.

Keberadaan situs tersebut juga hanya diketahui penduduk setempat, jadi harus ditanyakan dahulu tempatnya. Menarik, ya. Liburan ke pantai ini paling pas bersama keluarga serta kawan dan sahabat.

7. Pantai Kukup

Pantai Gunungkidul Pantai Kukup
Keindahan Pantai Kukup, Gunungkidul (sumber: instagram.com/vera.lapian/)
LokasiNgepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiBatu-batu karang, pepohonan cemara, pemandangan perbukitan, pemandangan tebing
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari42 menit (22,1 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,6/5.0 – 3.090 ulasan Google

Pantai Kukup populer serta banyak dikunjungi wisatawan. Seperti pantai selatan lainnya, Pantai Kukup memiliki pasir putih dengan air laut biru dan ombak yang cenderung besar. Banyak bukit karang di sekeliling pantainya. Selain itu, ada pepohonan cemara yang menambah keindahannya.

Ketika ombaknya besar atau sedang pasang, kebanyakan pengunjung menikmati pantai sambil duduk-duduk atau sekadar berdiri di tepi. Kemudian, ada juga jembatan menuju sebuah bukit karang di dekat bibir pantai. Di puncak bukit tersebut, kamu bisa melihat panorama dari ketinggian.

Terlihat pantai yang elok dengan dikelilingi bukit serta ada banyak pengunjung memenuhi tepi pantainya. Di pantai ini juga disediakan payung dan tikar apabila kamu ingin duduk santai di bawah tebing sambil berteduh. Selain bersantai, pengunjung biasanya suka berfoto.

Omong-omong, kalau memang ingin main air, bisa di dekat bibir pantai. Pastikan saat sedang surut dan jangan terlalu ke tengah, ya. Selebihnya, pantai ini ramah anak-anak dan keluarga. Sebagian besar pengunjung kemari bersama seluruh keluarga, terutama mengajak serta anak-anak.

Ada spot-spot foto yang menarik di atas tebing dengan tarif masuk Rp5.000 per orang. Selain spot foto menarik, ada yang lebih menjadi sorotan. Nah, percayalah, dari atas tebing barulah kamu bisa melihat air lautnya yang sangat, sangat jernih. Seperti air kolam renang bahkan lebih jernih.

Untuk jalan-jalan di pantai ini, kamu bisa bersama keluarga beramai-ramai. Selain itu, tempatnya juga cocok untuk liburan dengan pasangan atau rombongan teman-teman.

8. Pantai Slili

Pantai Gunungkidul Pantai Slili
Pantai Slili, Gunungkidul (sumber: instagram.com/pantai_slili/)
LokasiJalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiBatu dan tebing karang, pohon-pohon cemara
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari47 menit (25,0 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,5/5.0 – 1.731 ulasan Google

Pantai Slili merupakan pantai selatan dengan air laut hijau kebiruan dan airnya jernih. Pasirnya putih dengan hamparan pasir luas dan garis pantai panjang. Untuk menikmati pantai, selain tiket masuk, ada biaya parkir motor Rp5.000 dan mobil Rp10.000. Di samping itu, fasilitas pantai ini lengkap.

Ada toilet, musala, juga warung makanan. Selain itu, terdapat gazebo berjajar di pinggir pantai. Biasanya, gazebo ini disewakan. Di pantai ini juga terdapat pohon-pohon cemara dengan daunnya yang hijau segar. Ada juga pohon-pohon palem yang indah menjulang tinggi.

Pantai Slili sangat alami dengan ukuran pantai kecil. Pantai ini sekaligus menjadi pembatas antara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan. Pantai cantik ini termasuk hidden gem karena cukup terpencil, belum banyak orang mengenalnya. Akses jalan hanya satu, sama dengan rute menuju Pantai Sadranan.

Biasanya, Pantai Slili juga dijadikan tempat untuk upacara sedekah laut Sadranan atau Nyadran. Dengan panorama eksotis sekaligus suasana nyaman, pengunjung pasti betah berada di sini. Biasanya, pengunjung menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai aktivitas favorit.

Pengunjung suka duduk-duduk di gazebo pinggir pantai, berfoto, atau kulineran. Namun, pengunjung biasanya tidak berenang, karena ombak di pantai ini besar. Nah, kalau mampir ke Pantai Slili, kamu dapat mengajak keluarga atau teman-teman dekat dan orang terkasih.

9. Pantai Ngobaran

Pantai Gunungkidul Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran, Gunungkidul (sumber: instagram.com/dannyputrakaki/)
LokasiDesa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000/orang
Daya tarik pantaiBangunan pura, tebing karang, spot foto, kuliner seafood crispy, banyak spot foto anjungan
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari49 menit (28,0 km) lewat Jl. Raya Panggang Wonosari
Rating pantai4,6/5.0 – 1.635 ulasan Google

Pantai Ngobaran berada di atas tebing. Pantai ini memiliki daya tarik utama yaitu pura di tebing di atas pantai. Kompleks pura tersebut cukup luas serta terbuka untuk umum. Banyak pengunjung yang berfoto di kompleks pura ini.

Kemudian, ada juga patung garuda Wisnu di kompleks pura lainnya. Di samping itu, ada banyak spot foto yang berupa anjungan kayu dengan pagar pengaman menjorok ke laut. Ada anjungan yang besar dan lebar, ada yang kecil. Semuanya menghadap langsung ke laut.

Sementara, Pantai Ngobaran memiliki karakteristik berupa tebing-tebing karang di tepinya. Semua tebing karang tinggi tersebut menghadap langsung ke laut. Jadi, pengunjung biasanya hanya menikmati pemandangan dari atas tebing dan tidak berenang atau bermain air.

Untuk pemandangan pantainya pun sangat indah. Tidak berlebihan kalau menyebut Pantai Ngobaran seindah pantai di Bali. Makin serasa di Bali karena ada pura di pantai ini. Untuk panorama pantainya pun terlihat memesona. Air lautnya sangat biru dan bersih dengan buih ombak berwarna putih.

Ombaknya pun besar seperti halnya pantai selatan pada umumnya. Suara deburan ombak yang menabrak batu karang terdengar keras. Biasanya, aktivitas yang disuka pengunjung pantai ini adalah berfoto, terutama di pura dan spot-spot foto anjungan.

Selain itu, ada kuliner khas seafood yang digoreng crispy, seperti udang goreng salah satunya dan masih banyak lagi. Ada pula fasilitas seperti toilet, musala, dan toko suvenir. Biasanya, pengunjung mampir ke sini bersama seluruh keluarga atau juga dengan teman-teman serta orang terkasih.

10. Pantai Sadranan

Pantai Gunungkidul Pantai Sadranan
Pantai Sadranan, Gunungkidul (sumber: instagram.com/objek_wisata_jogja/)
LokasiPule Gundes II, Tepus, Kec. Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiNaik kano, snorkeling, kuliner seafood crispy
Rute menuju tempat wisata dari kota Wonosari48 menit (25,0 km) lewat Jl. Baron
Rating pantai4,6/5.0 – 1.384 ulasan Google

Pantai Sadranan sangat, sangat populer. Di musim liburan, pantai ini bisa membludak dikunjungi wisatawan, dan parkiran penuh. Dari tempat parkir, kamu perlu berjalan dahulu, sedikit berjarak sampai di pantainya.

Setelah di pantai, kamu akan melihat hamparan pasir putih sedikit kecokelatan. Ombak pantai tenang  dengan warna biru kehijauan dan airnya jernih. Di setiap ujung pinggir pantai, terdapat tebing batu karang dengan ditumbuhi pohon, rumput dan semak hijau.

Selain pemandangan yang memanjakan mata, ada juga atraksi wisata lainnya. Kamu bisa snorkeling dengan tarif Rp25.000. Bisa juga sewa kano. Tarif kano kecil Rp70.000 dan besar Rp100.000. Ada juga gazebo disewakan seharga Rp30.000.

Di samping itu, di tepi pantai terdapat banyak warung makanan dan minuman. Ada kuliner khas berupa seafood yang digoreng crispy, seperti gorengan udang, cumi, dan lainnya. Pengunjung biasanya paling suka duduk-duduk santai di pinggir pantai.

Kamu akan melihat banyak pengunjung duduk di tepi pantai, memenuhi hamparan pasir yang  konturnya sedikit menurun. Oh ya, di pinggir pantai juga ada yang menyediakan mainan anak dan alat bermain pasir.

Di samping itu, ada jasa fotografer dengan tarif Rp10.000 untuk 3 file foto. Kalau cetak foto tarifnya Rp15.000 per 1 file foto. Ada salah satu spot foto keren dekat tebing karang di pinggir laut. Selain berfoto, pengunjung suka bermain air, berenang, naik kano, menikmati kuliner.

Pantai ini nyaman untuk keluarga dan anak-anak. Kamu pun bisa liburan ke sini bersama teman-teman dan sahabat serta orang terdekat.

Demikian wisata pantai terindah di Gunungkidul yang lagi hits. Pantai-pantai tersebut memiliki keindahan sendiri yang menjadi daya tarik khasnya. Terkadang alamnya yang unik dan kadang suasananya yang bikin betah. Menurut kamu, pantai mana yang paling membuatmu jatuh cinta? Share opini kamu di kolom komentar, ya.

Baca lebih lanjut: Pengen lebih banyak rekomendasi pantai cantik di Jogja? Berikut hasil kurasi kami dalam mencari pantai terbaik di Jogja, selengkapnya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar