5 Wisata Pantai Terbaik di Lampung Timur yang Lagi Hits (2022)

Bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Lampung Timur, kamu mungkin bertanya-tanya, ada wisata apa sih di sana? Jadi, Lampung Timur ternyata punya banyak wisata pantai yang memesona. Pantai-pantai di sini bisa dibilang belum banyak yang tahu. Kamu bisa jadi salah satu traveler yang explore keindahan pantainya untuk pertama kalinya. Maka dari itu, langsung simak pantai hits mana saja yang wajib dikunjungi saat di Lampung Timur. Berikut 5 rekomendasi pantai terbaik di Lampung Timur:

Ingin tahu lebih detail tentang keindahan pantai-pantai di Lampung Timur? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Kerang Mas

Pantai Di Lampung Timur Pantai Kerang Mas
Pantai Kerang Mas, Lampung Timur (sumber: instagram.com/pantaikerangmasofficial/)
LokasiKampung Sero, Muara Gading MAS, Kec. Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiPemandangan sunset, penyewaan ban, kuliner pinggir pantai, naik dokar, ATV (all terrain vehicle)
Rute menuju pantai dari Kota Sukadana, Lampung Timur1 jam 20 menit (54,4 km) lewat Jl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera
Rating pantai4,0/5.0 dari 1.344 ulasan Google

Pantai Kerang Mas sangat, sangat populer. Untuk akses jalan masuk dan keluar mungkin perlu perbaikan. Namun, pantai ini tetap menjadi favorit wisatawan. Apalagi, kamu bisa bawa kendaraan pribadi seperti motor dan mobil kemudian parkir tepat di pinggir pantai.

Di pantainya, kamu akan menikmati pemandangan pantai dengan pasir putih. Air lautnya kebiruan dan ombaknya tenang. Makanya, banyak pengunjung yang suka berenang dan bermain air karena aman, untuk anak-anak juga. Selain itu, ada penyewaan ban untuk dewasa dan juga anak-anak.

Sementara, di pinggir pantai, di sepanjang garis pantainya ramai kendaraan parkir, terutama mobil. Kemudian, juga ada banyak penjual makanan dan minuman. Adapun fasilitas lainnya yaitu gazebo untuk tempat beristirahat serta menaruh barang. Ada biaya sewa per gazebo Rp150.000.

Terkadang, pengunjung menawar harga sewa gazebo tersebut agar menjadi lebih murah. Kalau kamu pandai menawar, mungkin boleh dicoba. Selain itu, sudah tersedia toilet serta tempat bilas. Kalau mau bilas, ada tarif untuk air satu ember Rp5.000. Sedikit pricey memang.

Sementara, di sepanjang pinggir pantai ini juga terdapat pepohonan berdaun hijau. Adanya pohon-pohon tersebut menjadikan suasana lebih asri. Apalagi, saat akhir pekan atau musim liburan, pantai ini sangat-sangat ramai. Banyak sekali wisatawan memadati Pantai Kerang Mas.

Biasanya, para pengunjung datang beramai-ramai dengan keluarga dan ada juga yang bersama teman-teman. Kebanyakan pengunjung main ke pantai ini rame-rame dengan orang terdekat.

Sementara, aktivitas seru di pantai ini antara lain berenang, bermain air dan pasir, berfoto, naik ATV, menikmati kuliner. Idealnya, datanglah ketika pagi atau sore saat matahari tidak terik.

2. Pantai Mutiara Baru

Pantai Di Lampung Timur Pantai Mutiara Baru
Pantai Mutiara Baru, Lampung Timur (sumber: instagram.com/endrusoedahlan/)
LokasiJln Condong, Jl. Lintas Sumatra No.Desa, Karya Makmur, Kec. Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 06.00-18.00
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiHamparan pasir putih, garis pantai panjang
Rute menuju pantai dari Kota Sukadana, Lampung Timur1 jam 20 menit (59,7 km) lewat Jl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera
Rating pantai4,1/5.0 dari 122 ulasan Google

Pantai Mutiara Baru merupakan pantai yang estetik di Lampung Timur. Pantai ini memiliki pasir yang putih, sedikit bercampur hitam. Garis pantai cukup panjang dari ujung ke ujung. Saat menuju pantainya, di kanan-kiri jalan terlihat tambak udang. Kamu bisa naik motor dan mobil ke pantai.

Begitu sampai, pengunjung biasanya parkir persis di pinggir pantai, menghadap ke laut. Kamu mungkin akan melihat mobil-mobil pengunjung berjajar rapi di sepanjang pinggir pantai. Terutama, apabila pantai sedang dikunjungi lebih banyak wisatawan, sehingga ramai di sana.

Di pantai ini daratannya tidak hanya berupa hamparan pasir putih, tapi juga ada sebagiannya yang ditumbuhi rumput hijau. Selain itu, ada pohon-pohon yang tumbuh sedikit jauh dari bibir pantai. Pepohonan tersebut membuat suasana terasa rindang.

Pantai yang luas ini tidak hanya dikunjungi wisatawan. Di sini kadang dijadikan lokasi untuk acara seperti gathering komunitas dan sebagainya. Tidak heran karena nuansa di pantai ini terasa asyik.

Kamu bisa melihat pasir putih menghampar luas. Kadang ada berbatuan halus dan ranting-ranting pohon kering di atas pasir. Sementara, air lautnya mungkin tidak sebening kristal, tapi ombaknya begitu tenang. Kamu bisa berenang dan bermain air dengan aman.

Biasanya, anak-anak suka bermain air dan berenang. Selain itu, aktivitas kesukaan lainnya yaitu berfoto, berjalan di tepi pantai, bersantai dan menikmati pemandangan. Oh iya, kamu juga bisa camping di sini. Kamu juga dapat menikmati pantai sambil naik ATV.

Sementara, fasilitas umum yang tersedia yaitu lahan parkir, toilet, gazebo, warung. Mampir ke sini paling seru bersama keluarga, teman-teman, serta komunitas kamu.

3. Pantai Baru Lampung Timur

Pantai Di Lampung Timur Pantai Baru Lampung Timur
Pantai Baru, Lampung Timur (sumber: instagram.com/chorysefrika/)
LokasiKarya Makmur, Labuhan Maringgai, Karya Makmur, Lampung Tenggara, Kabupaten Lampung Timur, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiPemandangan sunset
Rute menuju pantai dari Kota Sukadana, Lampung Timur1 jam 28 menit (62,0 km) lewat Jl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera
Rating pantai4,1/5.0 dari 25 ulasan Google

Pantai Baru lokasinya berdekatan dengan Pantai Mutiara Baru. Bahkan jaraknya sangat dekat, kurang lebih 170 meter saja. Maka dari itu, karakteristik Pantai Baru juga mirip dengan Pantai Mutiara Baru. Ciri khas pantainya yaitu berpasir putih dan memiliki ombak yang tenang.

Kedua pantai ini berada di dalam satu garis pantai yang panjang. Untuk kondisi pantainya dapat dikatakan, sebenarnya bisa lebih bersih lagi. Namun, hal tersebut tidak mengurangi keseruan pantainya. Pantai Baru juga cukup ramai dikunjungi wisatawan, terutama di hari libur.

Para pengunjung suka mampir di pantai ini sambil menikmati pemandangannya. Terlihat hamparan pasir putih yang luas, ombak tenang, dan ada pepohonan berderet berwarna hijau di pinggir pantai.

Sama seperti pantai-pantai lainnya di Lampung Timur, kendaraan bisa parkir di tepi pantai persis. Kamu akan melihat deretan kendaraan yang berbaris dengan rapi. Biasanya, ada tempat parkir sendiri untuk masing-masing kendaraan roda dua dan roda empat.

Sementara, pengunjung biasanya suka menikmati waktu sambil menyaksikan panorama pantai, sembari duduk atau jalan-jalan. Lalu, ada juga yang berfoto-foto serta menikmati kuliner.

Suasana di pantai ini santai juga tenang, tapi menjadi sangat ramai ketika dipadati pengunjung di hari libur. Biasanya, pengunjung datang kemari bersama keluarga atau teman-teman. Pengunjung suka datang beramai-ramai dengan rombongan.

4. Pantai Cemara Lampung Timur

Pantai Di Lampung Timur Pantai Cemara Lampung Timur
Pantai Cemara, Lampung Timur (sumber: instagram.com/dandy.ka/)
LokasiE Shore Trans Sumatera Hwy, Bandar Negeri, Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000/orang
Daya tarik pantaiSpot foto, pohon-pohon cemara, tambak udang
Rute menuju pantai dari Kota Sukadana, Lampung Timur1 jam 27 menit (61,4 km) lewat Jl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera
Rating pantai4,3/5.0 dari 13 ulasan Google

Pantai Cemara terasa begitu fun dan seru. Pantai ini dikelola dengan cukup baik sehingga terasa menyenangkan. Di jalan menuju pantainya, kamu akan melihat tambak udang di kanan-kirinya. Setelah sampai di tepi pantai, kamu bisa parkir motor atau mobil kamu.

Biasanya, pengunjung parkir kendaraan agak jauh dari bibir pantai. Namun, jarak area parkir ke air laut tetaplah dekat. Di sini, kamu akan melihat pemandangan yang sebenarnya tidak jauh berbeda dari pantai-pantai lainnya di Lampung Timur.

Terdapat hamparan pasir putih yang sedikit bercampur dengan pecahan kulit kerang. Lalu, sebagian pasirnya berumput hijau. Selain itu, ada pepohonan di pinggir pantai yang memberi keteduhan, suasana jadi rindang serta sejuk. Air lautnya pun tenang dengan ombak yang tidak terlalu besar.

Sementara, untuk kenyamanan pengunjung, tersedia fasilitas toilet, warung, gazebo. Selain itu, ada berbagai spot foto, seperti tulisan Pantai Cemara warna-warni dengan background laut. Ada juga ban-ban bekas yang dicat warna-warni lalu disusun dengan artistik.

Selain berfoto, pengunjung biasanya suka duduk-duduk di gazebo, atau berjalan menelusuri pantai. Aktivitas favorit lainnya adalah berendam dan bermain air, ada juga pengunjung yang berenang. Di sini juga cukup aman untuk anak-anak yang ingin bermain di bibir pantai.

Oh iya, kamu juga bisa mengumpulkan kulit kerang yang ada di hamparan pasir untuk dijadikan koleksi. Kamu pun nyaman melakukan kegiatan di pantai ini dengan adanya fasilitas, seperti toilet, gazebo, dan warung.

Idealnya, datanglah ke pantai saat sore menjelang sunset. Kamu dapat mengajak teman-teman atau keluarga, seperti kebanyakan pengunjung yang datang ke sini.

5. Pantai Keruju

Pantai Di Lampung Timur Pantai Keruju
Pantai Keruju, Lampung Timur (sumber: Pantai Keruju Official)
LokasiMuara Gading MAS, Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000/orang
Daya tarik pantaiSpot foto, pemandangan sunset, bermain air di bibir pantai
Rute menuju pantai dari Kota Sukadana, Lampung Timur1 jam 24 menit (55,5 km) lewat Jl. Raya Lintas Pantai Timur Sumatera
Rating pantai4,1/5.0 dari 14 ulasan Google

Pantai Keruju kepanjangannya adalah Pantai Kerang Mas Ujung. Jadi, pantai ini masih menjadi bagian dari Pantai Kerang Mas, tapi lokasi pantainya berada di ujung. Suasana di Pantai Keruju cenderung lebih sepi sekaligus tenang. Sementara, pemandangan pantainya pun menyenangkan.

Kamu bisa melihat hamparan pasir putih yang butiran-butirannya agak besar dan sedikit bercampur pecahan kulit kerang. Sementara, air laut di sini bukan yang paling jernih. Namun, ombak pantainya tenang sehingga aman untuk bermain air serta berenang di pinggir.

Bahkan, salah satu aktivitas kesukaan pengunjung adalah duduk di kursi yang dilengkapi payung tepat di bibir pantai. Benar, pengunjung bisa duduk persis di garis bibir pantai. Duduk sembari menikmati pemandangan sambil memijakkan kaki di pasir dengan sapuan ombak yang terus datang dan pergi.

Di pantai ini sebagian pasirnya juga ditumbuhi rerumputan yang berwarna hijau. Selain itu, ada pepohonan hijau yang juga membuat suasana rindang. Kemudian, juga tersedia spot-spot foto yang menarik di pinggir pantai. Pengunjung juga suka berfoto-foto di pantai ini.

Ada lagi aktivitas yang disuka yaitu duduk sambil menikmati kuliner. Terutama, menikmati menu populer, seperti pop mie dan minuman es serta air kelapa muda. Oh iya, di pantai ini juga ada fasilitas gazebo yang biasanya digunakan pengunjung untuk tempat beristirahat.

Selain itu, ada ATV atau all terrain vehicle di sini. Pengunjung suka keliling naik ATV atau sekadar berfoto sambil duduk di atas ATV. Sementara, untuk fasilitas lainnya tersedia lahan parkir luas serta toilet dan warung. Biasanya, pengunjung liburan kemari bersama seluruh keluarga atau dengan teman-teman.

Demikian pantai-pantai terbaik di Lampung yang lagi hits. Pada dasarnya, setiap pantai di Lampung memiliki karakteristik yang mirip antara satu dan lainnya. Kamu pasti melihat pantai dengan pasir putih dan ombak tenang. Garis pantainya pada umumnya juga panjang. Oke, jadi mau ke pantai mana dulu? Yuk, menjelajah pesisir Lampung Timur.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar