Review Pantai Klara: Lokasi, HTM, Foto & Kelebihannya

Pantai Klara Lampung adalah salah satu wisata terpopuler yang ada di Lampung. Pantai cantik ini sangat terkenal dengan keindahan laut dan airnya yang tenang. Tak heran, banyak pengunjung yang mengajak anak-anak untuk bermain air maupun berenang di sini. Selain itu, fasilitas yang lengkap membuatmu merasa semakin betah menghabiskan waktu berlibur di sini. Untuk memaksimalkan waktu liburanmu, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui.

Jika kamu ingin tahu:

  • Rute menuju Pantai Klara.
  • Harga tiket masuk ke Pantai Klara.
  • Fasilitas wisata yang ada di Pantai Klara.
  • Spot foto menarik di Pantai Klara.
  • Kelebihan Pantai Klara.

Maka kamu pasti menyukai pembahasan dari artikel review Pantai Klara ini.

Penasaran? Yuk, mulai cari tahu.

Sekilas tentang Pantai Klara

Sekilas Tentang Keindahan Pantai Klara Lampung
Pantai Klara, Lampung (sumber: instagram.com/wishfree_/)
Nama PantaiPantai Klara
LokasiGebang, Kec. Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 07:00 – 19:00
Harga tiket masuk (HTM)Sepeda motor: Rp25.000/unit
Mobil: Rp50.000/unit
Mobil pick up: Rp60.000/unit
Truk elf: Rp100.000/unit
Mobil angkot: Rp60.000/unit
Bus/truk: Rp200.000/unit
Bus/fuso: Rp300.000/unit
Telepon08991271957
Waktu wisata terfavoritBulan Oktober-November. Waktu wisata terbaik di Pantai Klara adalah saat pagi dan sore hari
Daya tarik Pantai KlaraSpot berfoto di Pantai Klara 1 dan Pantai Klara 2, berlayar ke Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang, aktivitas watersport (banana boat dan canoe)
Objek wisata menarik dekat Pantai Klara(segera dilengkapi)
Kuliner lezat terdekat(segera dilengkapi)
Rating ulasan4.4/5.0 – 2,584 ulasan Google

Pantai Klara adalah pantai cantik yang berada di Kabupaten Pesawaran Lampung. Lokasi pantai ini cukup unik, yaitu berada di dalam kompleks markas TNI AL. Selain itu, keunikan juga berasal dari nama dari pantai ini. Nama Pantai Klara diambil dari kata “Kelapa Rapat”. Hal itu merujuk pada banyaknya pepohonan kelapa yang tumbuh di area pantai.

Dulu, area pantai ini memang merupakan perkebunan kelapa yang sangat lebat. Seiring waktu, perkebunan tersebut dialihfungsikan menjadi wanawisata pantai. Pepohonan kelapa yang ada pun tidak selebat dulu. Walaupun, masih ada deretan pohon kelapa yang cukup rindang dan menaungi area pantai. Pantai ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari Pantai Ketapang. Pantai Bensam juga terletak tak jauh dari lokasi pantai cantik ini.

Pantai Klara ini terbagi menjadi 2 area, yaitu Klara 1 dan Klara 2. Keduanya menawarkan panorama dan fasilitas yang kurang lebih sama. Namun, Pantai Klara 2 memang lebih luas dan lebih banyak dipadati oleh pengunjung. Spot berfoto di Pantai Klara 2 juga lebih banyak dibandingkan Pantai Klara 1. Pantai Klara 1 maupun 2 menjadi titik keberangkatan bagi kamu yang ingin pergi ke Pulau Kelagian dan Pulau Pahawang.

Setelah memasuki area pantai, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan lautan lepas. Parkir kendaraan berada sangat dekat dengan area pantai dan cukup luas. Di dekatnya terdapat deretan gazebo berwarna-warni yang bisa kamu sewa seharian penuh. Deretan warung yang menyajikan hidangan seafood dan masakan Padang juga tersedia tak jauh dari area pantai. Begitu pula dengan beberapa unit fasilitas toilet, ruang bilas, dan mushola yang tersedia dan dalam kondisi terawat.

Pantai Klara ini memiliki pemandangan yang berbeda dari pantai pada umumnya. Hampir sebagian besar tubuh pantai ditutupi oleh dinding yang cukup tinggi. Kamu harus menuruni anak tangga untuk mencapai area pantai yang langsung bersentuhan dengan air laut. Tekstur pasir di pantai ini tidak terlalu halus dan cenderung berkerikil. Akan tetapi, anak-anak akan sangat suka bermain pasir di sini. Di kejauhan, kamu bisa melihat keindahan deretan gunung dan pulau terdekat dari Pantai Klara.

Selain itu, air laut di Pantai Klara ini memiliki ombak yang sangat tenang. Jadi, sangat aman bagi kamu yang ingin berenang bersama anak-anak. Pengelola menyediakan persewaan pelampung. Kamu bisa menyewa ban renang berbagai ukuran dan harga. Fasilitas banana boat yang memicu adrenalin juga bisa kamu coba. Banyak keluarga yang datang ke pantai ini untuk menikmati piknik.

Tapi, wahana utama yang ada di pantai ini adalah spot berfotonya. Pengelola pantai ini menyulap dermaga pantai menjadi spot berfoto kekinian yang menarik. Kamu bisa menyeberangi dermaga yang dicat dengan warna pelangi yang sangat unik. Terdapat area berfoto seperti gerbang melengkung yang terbuat dari kawat dan dihiasi dengan ornamen bunga. Spot berfoto berupa platform dengan latar belakang bentuk yang beragam bisa kamu coba di sini. Kamu juga bisa mengunjungi area aula yang berlokasi tepat di tengah-tengah lautan.

Rute menuju Pantai Klara tidaklah sulit. Kamu memang harus menempuh jalan yang cukup berkelok-kelok tajam. Selain itu, kondisi jalan di beberapa area juga kurang bagus dan sempit. Sehingga, tak jarang kamu harus ekstra sabar dan berhati-hati. Sepanjang perjalanan, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang sangat hijau. Semakin dekat dengan pantai, kamu bisa menyaksikan keindahan pemandangan lautan lepas di sisi jalan. Tapi, di area ini cukup sering terjadi kecelakaan. Jadi, kamu harus tetap berhati-hati.

Rute ke Pantai Klara

Untuk mencapai Pantai Klara, kamu bisa menggunakan berbagai alat transportasi. Banyak pengunjung yang berkendara menggunakan kendaraan pribadi. Namun, kamu juga bisa mencapai wisata pantai ini dengan menggunakan alat transportasi umum offline maupun online. Pantai ini juga cukup mudah untuk dijangkau dari berbagai daerah di Lampung.

Berikut rute ke Pantai Klara dari kota terdekat:

Daya Tarik Pantai Klara

Pantai Kiara kerap kali menjadi tempat wisata pilihan bagi keluarga yang ingin berlibur. Daya tarik pantai ini menjadi buah bibir yang membuat semakin banyak orang ingin datang dan bersenang-senang di sini. Daya tarik yang dimiliki oleh pantai cantik ini antara lain:

1. Pantai Klara 1

Daya Tarik Pantai Klara 1
Pantai Klara 1 (sumber: instagram.com/ ekabagas24/)

Pantai Klara 1 sering menjadi destinasi wisata bagi kamu yang ingin menikmati sensasi berlibur yang tenang. Pasalnya, area pantai ini memang tergolong lebih sepi jika dibandingkan dengan Pantai Klara 2. Pantai ini sempat mengalami kerusakan akibat terjangan puting beliung Februari tahun 2021 silam. Namun, pemerintah yang bekerja sama dengan TNI AL dengan sigap melakukan perbaikan. Sekarang, Pantai Klara 1 kembali beroperasi dengan tambahan berbagai macam fasilitas.  

Di Pantai Klara 1, kamu bisa mengunjungi Dermaga Pelangi yang menawarkan beragam spot berfoto unik. Bangku dan ayunan juga tersedia bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati panorama bersama pasangan. Dermaga yang menjorok ke arah laut ini dicat dengan menggunakan warna-warni pelangi yang sangat cantik. Sejumlah ornamen juga ditambahkan untuk membuat dermaga ini terlihat instagramable.

Sejumlah gazebo yang berwarna-warni juga didirikan sebagai tempat beristirahat. Kamu bisa menyewa gazebo tersebut untuk beristirahat atau menikmati ikan bakar. Harga gazebo tersebut juga cukup terjangkau. Apalagi, mengingat kamu bisa menggunakannya mulai dari pagi hingga sore. Selain berenang, kamu juga bisa menggunakan fasilitas watersport yang tersedia. Kebanyakan pengunjung tak akan melewatkan kesempatan untuk mencoba banana boat atau donuts yang menegangkan.

2. Pantai Klara 2

Daya Tarik Pantai Klara 2
Pantai Klara 2 (sumber: instagram.com/ lampungable/)

Tak jauh dari Pantai Klara 1 adalah Pantai Klara 2. Pantai ini memiliki keindahan laut yang tenang yang aman untuk kegiatan berenang. Secara garis besar, Pantai Klara ini tidak jauh berbeda dari saudara kembarnya. Namun, area Pantai Klara 2 memang lebih luas. Kamu juga akan menemukan lebih banyak spot berfoto unik di sini. Tak heran, hampir setiap weekend tempat ini akan dipenuhi oleh para pengunjung.

Pantai Klara 2 juga memiliki dermaga yang disulap menjadi spot berfoto ikonis bernama Kemilau Pesawaran. Di sini, terdapat banyak sekali photo spots dengan berbagai tema yang menarik. Kamu bisa berfoto sepuasnya dengan latar belakang pemandangan laut. Pemandangan sunset di sini juga tak kalah indah dan wajib kamu abadikan.

Di pantai ini juga terdapat gazebo atau saung kayu yang menghadap ke arah pantai. Kamu bisa menyewa gazebo tersebut untuk beristirahat sambil menikmati keindahan lautan. Fasilitas waterboat dan donuts juga tersedia di sini. Kamu juga bisa menyewa perahu untuk berkeliling area perairan di sini dengan harga terjangkau. Saat gelombang pasang, kedalaman air biasanya akan bertambah. Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Terdapat persewaan ban renang untuk anak-anak agar bisa lebih aman saat berenang.

3. Pulau Kelagian

Daya Tarik Pulau Kelagian
Pulau Kelagian (sumber: instagram.com/pulaukelagianlunik/)

Kamu memiliki waktu ekstra? Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Kelagian. Pulau ini berada tak jauh dari Pantai Klara. Untuk mencapainya, kamu bisa menyewa perahu motor dari Pantai Klaran. Di pulau ini, keindahan laut yang tenang semakin bisa kamu nikmati dengan maksimal. Di sini, kamu juga bisa berenang sepuasnya dengan aman. Pulau Kelagian juga dikenal sebagai spot terbaik untuk snorkling. Kamu dijamin semakin puas menyaksikan keindahan terumbu karang dan ikan berwarna-warni yang hidup di area perairan pulau ini.

4. Pulau Pahawang

Daya Tarik Pulau Pahawang
Pulau Pahawang (sumber: instagram.com/pulaupahawang.id/)

Pulau Pahawang juga menjadi daya tarik utama dari Pantai Klara. Pengunjung Pantai Klara sudah pasti akan mencoba untuk menyeberang ke Pulau Pahawang. Pulau ini memang memiliki pesona laut yang tak kalah cantik. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan laut berwarna biru kehijauan yang sangat cantik. Pasir putih dan deretan pohon kelapa menambah keindahan pulau tropis ini. Air laut yang tenang dan sebening kristal membuat pantai pulau ini ideal untuk aktivitas snorkling. Bagi yang ingin bermalam, terdapat sejumlah penginapan dengan harga yang beragam.  

Fasilitas wisata di Pantai Klara

Sebagai salah satu tempat wisata terbaik di Lampung, Pantai Klara memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Kamu bisa membasuh badan setelah bermain-main air di kamar mandi yang tersedia. Toilet juga tersedia dan dalam kondisi yang terawat. Untuk mengisi perut, terdapat deretan stand dan warung yang menjual aneka makanan dan minuman. Selain itu, fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati di Pantai Klara adalah:

  • Area parkir luas
  • Persewaan ban renang
  • Persewaan perahu canoe
  • Persewaan banana boat
  • Gazebo (disewakan)
  • Persewaan perahu motor

Sayangnya, fasilitas pengisian daya kamera dan powerbank masih belum tersedia di sini. Jadi, kamu harus pastikan daya kamera dan smartphone milikmu dalam kondisi penuh. Jangan lupa untuk membawa powerbank yang terisi penuh untuk antisipasi.

Spot foto cantik di Pantai Klara

Pantai Klara memang jadi surga bagi pemburu foto instagramable. Berikut adalah inspirasi spot foto cantik yang ada di Pantai Klara yang bisa kamu jadikan inspirasi:

Spot Foto Cantik Di Dermaga Pantai Klara
Spot foto cantik di dermaga Pantai Klara (sumber: instagram.com/putrishintaaprilias/)
Spot Foto Cantik Di Anjungan Pantai Klara
Spot foto cantik di anjungan Pantai Klara (sumber: instagram.com/putridwimurtivia/)
Spot Foto Cantik Di Pantai Klara Lampung
Atribut foto cantik di Pantai Klara, Lampung (sumber: instagram.com/indahpusparyryy/)
Keindahan Sunset Di Pantai Klara Lampung
Keindahan sunset di Pantai Klara (sumber: instagram.com/tanniase/)
Permainan Banana Boat Di Pantai Klara
Wahana permainan air “banana boat” di Pantai Klara (sumber: instagram.com/alifishastory)

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Seberapa besar pengeluaran yang harus dilakukan saat berkunjung ke Pantai Klara? Sebenarnya, semuanya bergantung dari seberapa banyak fasilitas yang kamu pakai. Rata-rata pengunjung menghabiskan biaya sekitar Rp200.000 saat berwisata ke pantai ini. Tentu saja, biaya ini bisa berubah jika kamu berencana untuk menikmati pesona pulau yang ada di sekitar pantai. Yang jelas, kamu harus mengetahui gambaran dari pengeluaran yang akan dilakukan di tempat wisata nanti.

Berikut perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Pantai Klara:

Harga tiket masukSepeda motor: Rp25.000/unit Mobil: Rp50.000/unit Mobil pick up: Rp60.000/unit Truk elf: Rp100.000/unit Mobil angkot: Rp60.000/unit Bus/truk: Rp200.000/unit Bus/fuso: Rp300.000/unit
Biaya parkir(termasuk di dalam harga tiket masuk)
Biaya makanMulai dari Rp20.000
Biaya minumMulai dari Rp10.000
Biaya foto di spot premium (jika ada)Gratis
Biaya berkemah
Biaya sewa tikar
Biaya sewa gazeboRp50.000/unit
Biaya sewa banana boatRp10.000/orang
Biaya sewa perahu canoeRp15.000/jam
Biaya sewa ban renangRp10.000 – Rp20.000
Biaya sewa perahu lintas pulauRp450.000 – Rp500.000/10 orang
Biaya ke toilet

5 kelebihan Pantai Klara

Pantai Klara jadi salah satu lokasi wisata terfavorit yang ada di Lampung. Pantai ini tetap populer terlepas dari banyaknya pantai-pantai baru yang buka di sekitarnya. Berikut adalah hal-hal yang akan membuatmu jatuh cinta dengan Pantai Klara:

1. Kondisi air laut yang sangat tenang

Pantai Klara adalah salah satu dari beberapa pantai dengan air laut yang sangat tenang. Riak ombak juga relatif sangat kecil. Sehingga, kamu bisa mengajak anak-anak untuk berenang dengan aman di sini. Cukup banyak juga pengunjung yang sedikit berenang sedikit ke tengah laut dengan menggunakan ban renang. Saat kondisi pasang sekalipun, air laut di sini masih tetap tergolong aman untuk aktivitas berenang.

2. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan

Spot foto Instagramable memang jadi daya tarik utama dari Pantai Klara. Baik Pantai Klara 1 dan 2 sama-sama memiliki area berfoto yang ikonik. Buat kamu yang tidak suka berfoto-foto pun bisa menemukan aktivitas hiburan lainnya. Mulai dari kegiatan berenang, mencoba banana boat, menaiki perahu canoe, dan lain sebagainya.

3. Lingkungan pantai yang aman

Pantai Klara juga sangat disukai karena keamanan area yang terjamin. Apalagi, pantai ini memang berlokasi di depan markas TNI AL. Sejumlah prajurit TNI tak jarang juga terlihat mengamankan area wisata ini. Sehingga, potensi terjadinya tindakan kriminal seperti curanmor, pencopetan, dan lain sebagainya sangatlah minim. Namun, tetap saja kamu harus menjaga barang bawaanmu sendiri, ya.

4. Lingkungan pantai yang sejuk

Di Pantai Klara, kamu tak akan mengenal istilah gerah. Di area pantai ini ditumbuhi dengan pohon kelapa yang cukup lebat. Sehingga, hal tersebut membuat pantai ini terasa sangat sejuk. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan gazebo atau saung yang ada di tepi pantai untuk berteduh. Hawa udara yang nyaman pastinya membuatmu merasa sangat betah di sini.

5. Kebersihan pantai yang terjaga

Dibandingkan pantai pada umumnya, Pantai Klara terbilang cukup bersih. Apalagi, saat pengunjung yang datang tidak terlalu ramai. Kamu bisa menikmati kondisi pantai yang sangat bersih dan minim sampah. Suasana pantai yang tenang juga pastinya ideal bagi kamu yang ingin self healing di pantai ini.

5 kekurangan Pantai Klara

Pantai Klara memang memesona. Tapi, pantai ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Antara lain:

1. Pantai sangat ramai di saat weekend

Jika ingin benar-benar menikmati keindahan Pantai Klara, hindari datang saat akhir pekan. Akhir pekan dan hari libur adalah saat dimana pantai ini berubah menjadi lautan manusia. Kamu tidak akan bisa berfoto dengan puas karena panjangnya antrian. Untuk menikmati wahana banana boat pun, kamu harus memiliki kesabaran ekstra. Suasana di pantai pun akan menjadi sangat ramai dan berisik. Sehingga, kurang ideal bagi kamu yang ingin berwisata dengan tenang.

2. Tidak banyak yang bisa dilakukan saat air surut

Saat air surut, kedalaman air laut di Pantai Klara akan sangat berkurang. Sehingga, kamu tidak bisa berenang maupun bermain air dengan maksimal. Kondisi surut membuat air lebih mudah keruh karena tercampur oleh pasir pantai. Hal tersebut membuat pesona sesungguhnya dari Pantai Klara ini jadi tidak terlihat.

3. Harga sewa gazebo yang terlalu mahal

Hal lainnya yang cukup disayangkan adalah biaya sewa gazebo yang cukup mahal. Kamu harus siap-siap merogoh kocek sekitar Rp50.000 untuk bisa menikmati fasilitas ini. Padahal, ada banyak pantai dengan fasilitas serupa yang tersedia dengan gratis. Jika kamu ingin menikmati pemandangan laut dari gazebo, maka harus mempersiapkan dana tambahan.

4. Harga makanan yang relatif mahal

Faktor lainnya yang menjadi keluhan dari beberapa pengunjung adalah harga makanan yang mahal. Apalagi, mengingat bentuk kedai makanan yang berupa deretan warung sederhana. Tak mengherankan jika kamu berekspektasi akan mendapatkan harga makanan yang lebih terjangkau. Tapi, kamu tetap bisa berhemat dengan membawa bekal makanan sendiri dari rumah.

5. Harga tiket masuk yang mahal

Hal lain yang cukup memberatkan wisatawan adalah harga tiket masuk. Untuk masuk ke area wisata, kamu akan diminta membayar tiket masuk berdasarkan jenis kendaraan yang digunakan. Biaya tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir. Bagi kamu yang menggunakan mobil, maka harus siap-siap merogoh kocek sekitar Rp50.000. Sedangkan, untuk sepeda motor adalah Rp25.000. Dibandingkan tiket masuk ke pantai lain, harga tiket di Pantai Klara pastinya terlihat jauh lebih mahal.

Kesimpulan

Semoga ulasan informasi di atas membantumu saat merencanakan kepergian ke Pantai Klara, ya. Terlepas dari plus minusnya, Pantai Klara memang menawarkan keindahan alam pantai yang menarik. Dengan atraksi utama berupa spot berfoto, tak heran kalau jumlah muda-mudi yang datang ke pantai ini sangat banyak. Untuk yang tidak gemar berfoto pun masih bisa menikmati fasilitas hiburan lainnya yang tersedia. Kapan liburan ke Pantai Klara?

Tinggalkan komentar