10 Wisata Pantai Terindah di Batam yang Lagi Hits (2022)

Berada di wilayah kepulauan, Batam memiliki kekayaan wisata bahari dengan beragam pilihan pantai yang memesona. Rata-rata pantainya berpasir putih dengan air laut yang jernih. Sayang sekali kalau kamu sampai melewatkan keindahannya!

Untuk kamu yang sedang merencanakan berwisata ke pantai di Batam, simak artikel ini sampai selesai, ya. Saya akan membagikan 10 rekomendasi pantai terindah di Batam yang bisa menjadi referensi liburanmu nanti. Berikut 10 rekomendasi pantai terindah di Batam:

Penasaran dengan keindahan pantai-pantai di Batam? Yuk, mulai cari tahu.

1. Pantai Viovio

Pantai Di Batam Pantai Viovio
Pantai Viovio, Batam (sumber: instagram.com/vioviobeach/)
LokasiSijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 8 menit (57,9 km) via Jl. Trans Barelang
Objek wisata menarik di dekat Pantai Viovio» Galang Refugee Camp (8 menit (3,8 km) lewat Jl. Trans Barelang)
» Pantai Jembatan 5 (9 menit (5,5 km) lewat Jl. Trans Barelang)
» Jembatan 6 Barelang (9 menit (6,0 km) lewat Jl. Trans Barelang)
Kuliner terdekat» Cita Rasa Seafood Restaurant (50 menit (47,7 km) lewat Jl. Trans Barelang)

Pantai Viovio merupakan salah satu pantai terbaik di Batam. Lokasinya berada di Pulau Galang. Rute termudah bisa melalui Jalan Trans Barelang dan Jembatan 5 Barelang.

Kamu bisa menggunakan mobil dan sepeda motor untuk menuju ke pantai ini. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima karena akses jalannya curam, masih berpasir, dan lumayan berbatu.

Namun, setibanya di sana, usahamu untuk menuju ke pantai ini tidak akan sia-sia. Pantai Viovio akan membuatmu terpesona dengan keindahannya. Pantai ini menawarkan pesona pasir putih yang membentang luas.

Air lautnya pun tergolong jernih sehingga kamu bisa melihat terumbu karang dengan jelas di bagian perairan dangkalnya. Ombak di pantai ini cenderung tenang sehingga aman untuk aktivitas berenang dan naik perahu kecil.

Untuk bersantai menikmati suasana pantai cantik ini, kamu bisa menyewa gazebo dengan harga Rp200.000,00 per unitnya. Kamu juga bisa mengambil paket camping seharga Rp175.000,00/orangkalau ingin lebih lama berada di pantai.

Selain itu, pengelola Pantai Viovio menyediakan banyak sekali spot foto yang sangat instagrammable. Mulai dari ayunan di atas air, gardu pandang, jembatan, dan spot payung warna-warni. Dijamin kece banget buat foto-foto!

2. Pantai Tanjung Pinggir

Pantai Di Batam Pantai Tanjung Pinggir
Pantai Tanjung Pinggir, Batam (sumber: instagram.com/jejak_galara/).
LokasiTanjung Pinggir, Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam28 menit (19,8 km) via Jl. Gajah Mada
Objek wisata menarik di dekat Pantai Tanjung Pinggir» Taman Rusa Sekupang (10 menit (3,7 km) lewat Jl. RE Martadinata)
» Tebing Langit Bukit Dangas Sekupang (13 menit (6,2 km) lewat Jl. RE Martadinata)
» Kwan Im Temple (2 menit (500 m) dari Pantai Tanjung Pinggir)
Kuliner terdekat» Tsania Seafood (22 menit (10,0 km) lewat Jl. RE Martadinata dan Jl. KH Ahmad Dahlan)

Pantai Tanjung Pinggir bisa menjadi pilihan tempat liburan di Batam. Pantai terbaik di Batam ini cocok untuk destinasi wisata bersama keluarga. Lokasinya berada kawasan Sekupang. Dari pelabuhan Sekupang Batam jaraknya hanya sekitar 10 menit saja.

Untuk menuju ke Pantai Tanjung Pinggir, kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Tersedia juga Bus Trans Batam yang rutenya menuju ke Sekupang. Nantinya dari Sekupang, kamu tinggal melanjutkan perjalanan dengan ojek.

Di Pantai Tanjung Pinggir, kamu akan menikmati suguhan pesona pantai berpasir coklat yang membentang kurang lebih sejauh 250 meter.

Saat air laut sedang surut, kamu bisa melihat tekstur pantai berbatu yang sangat cantik. Di sisi kanan pantai, ada deretan hutan bakau yang memberi nuansa hijau segar.

Selain pemandangan alamnya, kamu juga bisa melihat pesona Singapura di kejauhan, lho! Deretan gedung-gedung pencakar langit, Giant Wheel, dan gedung kembar tiga Marina Bay terlihat sangat jelas dari Pantai Tanjung Pinggir ini.

Terutama saat sunset, kamu bisa mengabadikan indahnya semburat langit senja dengan latar laut dan gedung-gedung pencakar langit.

Untuk menambah keseruan, tersedia banyak pilihan aktivitas menarik di pantai ini. Mulai dari berenang, snorkeling, banana boat, naik perahu kano, outbound, hingga paint ball.

3. Pantai Melayu

Pantai Di Batam Pantai Melayu
Pantai Melayu, Batam (sumber: instagram.com/darminto_mh/).
LokasiJl. Trans Barelang, Bulang, Rempang Cate, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 1 menit (43,8 km) via Jl. Trans Barelang
Objek wisata menarik di dekat Pantai Melayu» Pantai Tiga Putri (5 menit (800 m) dari Pantai Menanti)
» Pantai Air Menanti (2 menit (450 m) dari Pantai Menanti)
» Bukit Gendang Paralayang FASI BATAM (8 menit (5,8 km)
melalui Jl. Trans Barelang)
Kuliner terdekat

Apakah kamu suka dengan suasana pantai yang tenang dan tidak terlalu ramai? Jika iya, maka Pantai Melayu adalah pilihan yang cocok untukmu. Pantai Melayu berada di Pulau Rempang yang jaraknya 43 km dari Kota Batam.

Rutenya melalui Jalan Trans Barelang hingga sampai ke Jembatan 4 Barelang. Akses jalannya sudah cukup bagus. Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor untuk menuju ke pantai ini.

Pantai Melayu menyuguhkan panorama pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru jernih. Alamnya masih terasa sangat asri. Ada deretan pohon-pohon di pinggir pantai yang bisa dijadikan tempat berteduh.

Di kejauhan kamu juga bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar Pantai Melayu. Sunrise dan sunset menjadi momen yang paling disukai karena suasana di pantai akan terasa semakin syahdu.

Untuk bersantai menikmati pemandangan ini, kamu bisa menyewa gazebo yang banyak tersedia di pinggir pantai. Pemandangan pantainya sangat cantik dan memesona.

Selain itu, ada banyak warung makan yang menyediakan beragam pilihan menu seafood dengan harga yang terjangkau. Pastinya nikmat sekali kulineran di pinggir pantai seperti ini, ya! Ingin lebih seru? Kamu juga bisa berenang di pantai, snorkeling, ataubermain banana boat.

4. Pantai Payung

Pantai Di Batam Pantai Payung
Pantai Payung, Batam.
LokasiRT. 2 RW. 2, Kampung Melayu, Batu Besar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 21.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam23 menit (14,4 km) via Jl. Hang Tuah. 26 menit (18,8 km) via Jl. Sudirman dan Jl. Hang Tuah
Objek wisata menarik di dekat Pantai Payung » Wisata Pantai Sekilak (5 menit (1,0 km) dari Pantai Payung)
» Pantai Lagorap (2 menit (250 m) dari Pantai Payung)
» Pantai Ma’ Dara Batu Besar (4 menit (1,0 km) dari Pantai Payung)
Kuliner terdekat» Rezeki Seafood Restaurant (14 menit (1,1 km) dari Pantai Payung)

Pantai Payung berada di kawasan Kampung Melayu, Batam. Rute paling mudah untuk menuju ke pantai ini adalah dengan berpatokan pada Bandara Internasional Hang Nadim. Jaraknya hanya sekitar 6 km saja.

Dari bandara, lewati dulu Jalan Hang Tuah, kemudian kamu tinggal mengikuti petunjuk arah yang menuju ke Pantai Payung. Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Belum ada transportasi umum yang rutenya langsung menuju ke pantai ini.

Di Pantai Payung kamu bisa menikmati pemandangan laut yang airnya biru jernih. Selain menarik dipandang mata, air laut yang jernih ini juga nyaman untuk dipakai berenang.

Banyak pengunjung yang tidak melewatkan kesempatan untuk berenang di sini. Bahkan tidak sedikit pengunjung, terutama anak-anak, berenang santai dengan menggunakan ban pelampung.

Tidak seperti pantai pada umumnya yang panas, di Pantai Payung suasananya terbilang cukup teduh. Ada banyak pepohonan rimbun yang tumbuh rapi di pinggir pantai. Biasanya pengunjung akan menggelar tikar untuk bersantai dan menikmati suasana di bawah pepohonan.

Kalau mau yang lebih nyaman, ada beberapa gazebo yang bisa disewa dengan tarif Rp50.000,00. Soal fasilitas, pengelola Pantai Payung sudah menyediakan toilet, kamar bilas, serta area parkir. Ada juga beberapa warung makan yang menyediakan kelapa muda, aneka camilan, hingga makanan berat.

5. Pantai Dangas Patam Lestari

Pantai Di Batam Pantai Dangas Patam Lestari
Pantai Dangas Patam Lestari, Batam (sumber: instagram.com/firman_piet/)
LokasiTj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 – Rp20.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam29 menit (19,7 km) via Jl. Gajah Mada
Objek wisata menarik di dekat Pantai Dangas » Tangga 1000 Taman Habibie (4 menit (1,1 km) dari Pantai Dangas)
» Teluk Angin (4 menit (1,2 km) dari Pantai Dangas)
Kuliner terdekat

Pantai Dangas yang berlokasi di Patam Lestari Kecamatan Sekupang adalah salah satu pantai terbaik di Batam. Akses jalan menuju ke pantai ini sudah cukup bagus. Kamu bisa menggunakan mobil dan sepeda motor pribadi. Belum ada transportasi umum yang rutenya langsung menuju ke Pantai Dangas.

Pantai Dangas menawarkan pesona pantai karang dengan pasir merah bata yang masih sangat alami. Karang-karang kecil di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri.

Saking cantiknya, karang-karang ini sering dijadikan spot foto favorit oleh para pengunjung. Selain itu, pepohonan besar yang tumbuh rimbun di sekitar pantai memberi kesan teduh.

Nah, kalau kamu ingin menikmati pemandangan dengan lebih santai, ada beberapa gazebo yang bisa kamu sewa. Harga sewa gazebo di Pantai Dangas berkisar antara Rp100.000,00 – Rp200.000,00. Kamu bisa duduk santai di gazebo ini sambil menikmati pemandangan ke arah laut lepas.

Biasanya akan ada beberapa kapal besar yang melintas sehingga menambah pesona pemandangan di Pantai Dangas. Keberaan kapal-kapal besar juga bisa menjadi background foto yang keren di sini.

Untuk yang ingin lebih dari sekadar bersantai, kamu bisa mencoba aktivitas berenang. Ombak di Pantai Dangas tidak terlalu besar sehingga lebih aman.

Menariknya lagi, saat air laut sedang surut, kamu bisa menemukan banyak ikan kecil dan kepiting kecil yang bertebaran di sepanjang pantai. Terutama anak-anak pasti suka sekali nih kalau diajak melihat hewan-hewan laut ini.

6. Pantai Elyora

Pantai Di Batam Pantai Elyora
Pantai Elyora, Batam (sumber: instagram.com/handikaadasputra/)
LokasiGalang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 18.30 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 22 menit (76,3 km) via Jl. Trans Barelang
Objek wisata menarik di dekat Pantai Elyora» Tegar Putri Beach (15 menit (5,8 km) lewat Jl. Trans Barelang)
» Barelang Ujung (5 menit (1,3 km) dari Pantai Elyora)
» Reviola Beach (14 menit (5,4 km) lewat Jl. Trans Barelang)
Kuliner terdekat» Rumah Makan Selera Masa Kini (1 menit (230 m) dari Pantai Elyora)

Pantai Elyora berada di Pulau Galang yang berjarak sekitar 75 km dari pusat Kota Batam. Dengan kendaraan pribadi kamu bisa mencapai Pantai Elyora dalam waktu sekitar 1 jam 22 menit hingga 2 jam perjalanan.

Tidak perlu takut tersesat karena sudah tersedia banyak petunjuk arah yang jelas untuk menuju ke Pantai Elyora. Jalanan menuju ke pantai juga cukup bagus. Jadi, nggak perlu khawatir lagi, kalau mau ke pantai Elyora.

Pantai Elyora memiliki pesisir pantai yang sangat luas. Pasirnya berwarna putih bersih yang nampak cantik sekali saat berpadu dengan birunya air laut. Saat air laut sedang surut, pantai akan terlihat semakin luas.

Pengunjung biasanya akan memanfaatkan pantai yang luas ini untuk beragam aktivitas seru. Mulai dari bermain pasir, voli pantai, sepakbola, bahkan jogging.

Untuk berenang di Pantai Elyora juga aman, kok. Ombaknya cukup tenang dan tidak bergelombang besar. Tersedia fasilitas banana boat dan perahu yang bisa disewa untuk menuju ke pulau kecil di seberang pantai.

Pantai Elyora memiliki beberapa spot foto yang sangat cantik. Spot yang paling menarik adalah ayunan di pesisir pantai dan di sekitar pohon-pohon bakau. Penggemar swafoto jangan sampai melewatkannya, ya!

7. Pantai Mirota

Pantai Di Batam Pantai Mirota
Pantai Mirota, Batam (sumber: instagram.com/bahtiar.setiawan/)
LokasiDesa Sijantung, Kelurahan Galang Barelang, Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 19.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam (53,4 km) via Jl. Trans Barelang
Objek wisata menarik di dekat Pantai Mirota» Galang Refugee Camp (3 menit (1,9 km) lewat Jl. Trans Barelang)
» Pantai Melur Barelang (6 menit (3,0 km) lewat Jl. Trans Barelang)
» Pantai Viovio (7 menit (4,4 km) lewat Jl. Trans Barelang)
Kuliner terdekat

Lokasi Pantai Mirota berada di Desa Sijantung, dekat dengan Jembatan 5 Barelang. Untuk menuju ke pantai ini butuh waktu sekitar 45-60 menit perjalanan dari pusat kota Batam. Transportasi yang memungkinkan adalah menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau sepeda motor).

Pantai Mirota merupakan salah satu pantai terbaik di Batam. Pantai ini selalu ramai dengan pengunjung, baik itu di hari biasa maupun saat akhir pekan. Tentunya bukan tanpa sebab, ya. Kondisi Pantai Mirota sangat terawat dan bersih.

Walaupun pantainya tidak begitu luas, tetapi pasir putih yang bertekstur lembut menjadi daya tariknya. Ditambah lagi air lautnya sangat jernih dengan perpaduan warna biru dan hijau tosca.

Nuansa segar juga terasa di pantai ini karena masih banyak pohon-pohon rindang yang tumbuh di sekitar pantai. Biasanya banyak pengunjung yang menggelar tikar untuk bersantai di bawah pohon-pohon ini.

Pengelola juga menyediakan beberapa gazebo yang bisa disewa dengan harga Rp50.000,00/jam. Fasilitas gazebo ini bisa menjadi tempat alternatifmu kalau ingin bersantai.

Tersedia juga beberapa wahana permainan lainnya untuk menambah keseruan selama berwisata di Pantai Mirota. Mulai dari banana boat dan perahu canoe. Tarif sewanya sekitar Rp20.000,00/orang (banana boat) dan Rp70.000,00/orang/30 menit untuk canoe.

8. Pantai Palm Spring, Nongsa

Pantai Di Batam Pantai Palm Spring Nongsa
Pantai Palm Spring, Nongsa, Batam (sumber: instagram.com/mubarok.jr14/)
LokasiSambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp35.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam29 menit (20,9 km) via Jl. Hang Tuah. 32 menit (25,3 km) via Jl. Sudirman dan Jl. Hang Tuah
Objek wisata menarik di dekat Pantai Palm Spring » Aqua Adventure Track (3 menit (950,0 m) lewat Jl. Hang Lekiu)
» Palm Springs Golf & Country Club (2 menit (550 m) dari Pantai Palm Spring, Nongsa)
» Nongsa Beach (4 menit (1,3 km) lewat Jl. Hang Lekiu)
Kuliner terdekat» Amazon Seafood (3 menit (1,6 km) lewat Jl. Hang Lekiu)

Rekomendasi pantai terbaik di Batam yang berikutnya adalah Pantai Palm Spring yang berada di Kecamatan Nongsa. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan mobil ataupun sepeda motor.

Jarak tempuhnya sekitar 30 menit dari pusat kota Batam. Tidak sulit menemukan pantai ini karena lokasinya berada di dalam kawasan Palm Springs Golf & Beach Resort.

Air laut di sekitar Pantai Palm Spring masih terlihat biru dan jernih. Cantik sekali saat berpadu dengan hamparan pasir putih dan deretan pohon kelapa yang tumbuh di sekitar pantai.

Ciri khas Pantai Palm Spring memang terletak pada banyaknya deretan pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantainya. Selain menjadi objek foto yang cantik, pohon-pohon ini juga menjadi tempat berteduh para pengunjung.

Kalau bosan bermain di pasir, kamu bisa bersantai di area lapang yang ditumbuhi rerumputan pendek. Area lapang ini berada tidak jauh dari pantai sehingga kamu masih bisa menikmati pemandangan laut lepas dari kejauhan.

Untuk kamu yang ingin lebih lama menikmati suasana liburan di Pantai Palm Spring, maka kamu bisa menginap di Palm Spring Resort. Palm Spring Resort menawarkan berbagai fasilitas lengkap dengan view pantai yang memesona!

9. Pantai Reviola

Pantai Di Batam Pantai Reviola
Pantai Reviola, Batam (sumber: instagram.com/jejak_galara/).
LokasiGalang Baru, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 25 menit (75,6 km) via Jl. Trans Barelang
Objek wisata menarik di dekat Pantai Reviola » Pantai Tegar Bahari (1 menit (400 m) dari Pantai Reviola)
» Pantai Elyora (13 menit (5,4 km) lewat Jl. Trans Barelang)
» Nirwana Beach (1 menit (110 m) dari Pantai Reviola)
Kuliner terdekat» Veranta Cafe (11 menit (5,7 km) lewat Jl. Trans Barelang)

Pantai Reviola berada di Kecamatan Galang. Untuk menuju ke pantai ini kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 25 menit.

Akses jalannya masih berupa tanah dan berbatu. Jadi, pastikan kamu berhati-hati terutama selepas hujan karena jalannya menjadi licin.

Namun, setibanya di Pantai Reviola ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan yang sangat memesona! Ada hamparan pasir putih di garis pantai sepanjang kurang lebih 700 meter.

Di pinggir pantainya juga berjejer pohon cemara dan pohon bakau yang memberikan kesan asri dan teduh. Beberapa gazebo bisa kamu sewa untuk bersantai dengan lebih nyaman. Harga sewanya antara Rp70.000,00-Rp150.000,00 tergantung berapa lama waktu sewa yang diinginkan.

Nah, untuk menambah keseruan, kamu bisa mencoba bermain banana boat atau berenang di pantai juga, lho! Kalau ingin lebih puas, cobalah untuk camping di Pantai Reviola. Suasana camping di Pantai Reviola sangat nyaman dan pemandangannya memesona. Tak heran, wisatawan menjuluki Pantai Reviola sebagai tempat camping di Batam yang paling recommended!

Catatan: Harga camping di Pantai Reviola adalah Rp20.000,00/orang. Tenda dan perlengkapannya harus kamu bawa sendiri karena pengelola tidak menyediakannya. Saat camping, pastikan kamu tidak melewatkan momen sunrise yang terkenal sangat indah di pantai ini.

10. Pantai Setokok

Pantai Di Batam Pantai Setokok
Pantai Setokok, Batam (sumber: instagram.com/mussabahtiar32/).
LokasiPulau Setokok, Bulang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam40 menit (29,3 km) via Jl. Trans Barelang
Objek wisata menarik di dekat Pantai Setokok » Embung Setokok Kota Batam (6 menit (1,8 km) dari Pantai Setokok)
Kuliner terdekat» Restoran Kelong Rindu Alam (3 menit (1,0 km) dari Pantai Setokok)

Penggemar wisata pantai jangan sampai melewatkan untuk berlibur ke Pantai Setokok Batam. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota, tepatnya di Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang. Kamu cukup melewati Jembatan 3 Barelang, kemudian 2 km setelahnya kamu akan tiba di Pantai Setokok.

Pantai Setokok menawarkan pesona pasir putih yang menawan. Hamparan pasir putih ini akan terlihat semakin luas saat air laut sedang surut. Kamu bisa puas bermain ataupun berfoto di sana.

Selain itu, kamu bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil di kejauhan. Saat sunset, pemandangan laut lepas dan pulau-pulau kecil ini akan semakin cantik untuk latar berfoto.

Pengelola Pantai Setokok sudah menyediakan berbagai fasilitas untuk pengunjung. Mulai dari area parkir, toilet, ruang bilas, warung makan, dan gazebo.

Kamu juga bisa mengisi waktu dengan aktivitas menarik lainnya. Misalnya seperti berenang, bermain banana boat, menaiki kano, hingga snorkeling.

Itulah 10 rekomendasi pantai terbaik di Batam yang indah dan memesona. Semuanya menawarkan pesona keindahan pantai yang sangat khas.

Lokasi pantai-pantai tersebut juga terbilang mudah dicapai dari pusat kota. Jadi, sayang sekali kalau kamu sampai melewatkan berwisata ke pantai terbaik di Batam ini.

Kira-kira pantai mana yang sudah masuk dalam bucket list dan ingin kamu kunjungi terlebih dahulu? Beritahukan kepada saya melalui kolom komentar, ya!

Baca lebih lanjut: 7 Rekomendasi Pantai Terbaik di Dumai, Riau (2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar