Sepatu Gunung

Sedang mencari sepatu gunung, tapi belum menemukan sepatu gunung yang cocok? Ada banyak model bagus di pasaran, tapi apakah itu sepatu gunung yang terbaik? Jika kamu sampai salah beli, uang ratusan ribu atau bahkan jutaan bakal melayang, lho! Terlebih jika ternyata sepatu tidak nyaman dan mudah rusak, itu bikin menyesal seumur hidup.

Udah nggak usak khawatir atau gelisah begitu. Kami akan membantumu. Spesial untuk hari ini, kami akan membagikan 10 rekomendasi sepatu gunung terbaik di tahun 2021. Produk yang kami pilih sudah melalui kurasi yang ketat terkait kenyamanan, kualitas, ketahanan sepatu dan safety. Jadi, kamu akan mendapatkan produk terbaik dari yang terbaik yang ada di pasaran. Mulai tertarik? Berikut 10 rekomendasi sepatu gunung terbaik:

Ingin tahu lebih detail tentang produk sepatu gunung tersebut? Yuk, simak pembahasannya sampai selesai.

1. Eiger Eagle Plum 2.0 – sepatu gunung dengan teknologi tropic waterproof

Sepatu Gunung - Eiger Eagle Plum 2
Eiger Eagle Plum 2.0 || Pic: eigeradventure.com

Spesifikasi:

Tipe: mid-cut shoes.

Bahan: Nubuck and Suede Leather (upper), Vibram 564k Skeleton Trek Compound Rubber (outsole) .

Kisaran harga: Rp1.299.000,00.

Sepatu gunung keluaran Eiger tentu sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Dari sekian banyak produk sepatu gunung Eiger, kami merekomendasikan seri Eagle Plum 2.0 tipe mid-cut. Menurut kami, dari segi tampilan, Eagle Plum 2.0 tidak memiliki banyak detail. Namun, tetap terkesan kuat dan elegan dengan warna hitam dominan.

Keunggulan utama Eagle Plum 2.0 ada pada teknologi tropic waterproof yang sesuai dengan banyak tipe pegunungan di Indonesia. Fungsinya untuk mencegah masuknya air dari permukaan atas sepatu. Jadi, saat melewati medan yang cukup berair maupun cuaca ekstrim, sepatu ini memiliki ketahanan yang dapat diandalkan. Cukup amanlah untuk mengurangi risiko basah di bagian dalam sepatu.

Untuk bahannya sendiri, Eagle Plum 2.0 sudah menggunakan pilihan material dengan kualitas terbaik. Pada bagian upper, sepatu ini menggunakan nubuck dan suede leather. Kedua bahan kulit ini mampu menahan penyerapan air dan lumpur. Kemudian, ada adhesive print pada bagian samping dan tengah sepatu. Di bagian depan sepatu dilengkapi dengan rubber sheet toe cap untuk melindungi ujung kaki dari tekanan atau benturan. Menariknya, kalau kami amati, sepatu ini punya fitur quarter punch hole di kedua sisi sampingnya. Fungsinya agar sirkulasi udara di dalam sepatu dapat bekerja maksimal.

Di bagian insole, ada teknologi ortholite untuk menjaga sirkulasi udara sehingga kaki tidak mudah berkeringat. Kalaupun bagian dalam lembab karena keringat, insole ortholite dapat kering dengan cepat. Insole ortholite juga dikenal memiliki tingkat kenyamanan yang baik sehingga kaki tidak mudah lelah walaupun melalui pendakian panjang. Di bagian outsole sudah menggunakan Vibram yang berdaya cengkram sangat baik. Vibram dapat diandalkan untuk melalui berbagai medan seperti tanah, lumpur, kerikil, hingga bebatuan. Gimana, keren banget, kan? Segera beli, Eiger seri Eagle Plum 2.0 di outlet terdekat.

2. Consina Mustang – desain khusus untuk perlindungan ekstra pada kaki

Sepatu Gunung - Consina Mustang
Consina Mustang || Pic: shop.consina-adventure.com

Spesifikasi:

Tipe: mid-cut shoes.

Bahan: Suede leather & uneebtex membran (upper) , komodo sol rubber (outsole), EVA (midsole).

Kisaran harga: Rp925.000,00.

Sepatu gunung berikutnya yang kami rekomendasikan adalah produk dari Consina. Merek lokal yang satu ini juga memiliki berbagai seri sepatu gunung yang tidak kalah menarik. Salah satunya adalah Consina Mustang. Sepatu ini sangat cocok digunakan untuk hiking.

Consina Mustang dibuat dengan suede leather dan bahan oxford di bagian atasnya. Masih pula dilengkapi dengan uneebtex membran untuk ketahanan pada air, sehingga kaki tetap kering dan nyaman. Sepatu ini menggunakan EVA midsole, serta Komodo sol karet untuk anti slip. Kontur pada tapak sepatunya dibuat anti licin sehingga aman untuk melewati medan berbatu dan tanah basah. Pilihan sol pada seri Mustang sekaligus membantu mengontrol pijakan kaki di posisi yang aman.

Ada rubber toe cap di bagian depan untuk meredam benturan. Jadi, saat menggunakan sepatu ini, kamu dapat menapak dengan nyaman dan aman selama pendakian. Terbukti dari beberapa review pendaki yang pernah menggunakan Consina Mustang, sebagian besar memberikan penilaian baik untuk kenyamanan sepatu ini.

Tertarik membeli Consina Mustang? Ada 3 pilihan warna yang bisa kamu sesuaikan dengan stylemu, yaitu hitam, abu-abu, dan coklat.

3. Arei Endurus – tetap stabil dan terlindungi dengan grip system rubber sole

Sepatu Gunung Arei Endurus
Arei Endurus || Pic: areioutdoorgear.co.id

Spesifikasi:

Tipe: low-cut shoes.

Bahan: genuine leather & polyster mesh membrane (upper) , rubber (outsole), EVA (midsole).

Kisaran harga: Rp649.000,00.

Untuk kamu yang sedang mencari sepatu untuk hiking dan trekking, kami rekomendasikan Arei seri Endurus. Potongan low-cut pada sepatu ini akan memudahkan pergerakan saat melalui jalur-jalur menantang. Pada bagian upper, Arei menyematkan bahan genuine leather dan polyster mesh membran. Perpaduan kedua bahan ini mampu melindungi kaki dari air dengan intensitas ringan.

Bagian midsole menggunakan EVA yang dikenal memiliki kenyamanan dan ketahanan yang baik. Di bagian outsole terdapat grip system rubber sole. Ini akan menjaga kaki tetap pada posisi yang stabil. Sepatu tidak mudah slip walaupun melalui jalur yang licin. Arei Endurus juga dilengkapi dengan rubber toe bumper untuk meredam benturan di kaki bagian depan. Dari segi tampilan, kami suka dengan warnanya yang tidak terlalu mencolok. Desainnya sederhana, tanpa banyak detail. Namun, tetap terlihat keren. Tidak bakal malu-maluin deh kalau kamu menggunakan sepatu ini.

4. Salomon X Ultra Trek – ringan dan nyaman untuk pendakian panjang

Sepatu Gunung - Salomon X Ultra Trek
Salomon X Ultra Trek || Pic: salomon.com

Spesifikasi:

Tipe: high-cut shoes.

Bahan: Suede leather (upper) , rubber (outsole), EVA (midsole).

Kisaran harga: Rp3.000.000,00.

Merencanakan pendakian berdurasi panjang? Kamu bisa coba menggunakan sepatu keluaran dari Salomon yang satu ini. X Ultra Trek adalah salah satu sepatu gunung dari seri X Ultra. Fitur-fitur yang dimiliki sebenarnya hampir sama dengan Gore-Tex X-Ultra dan X-Ultra 2. Namun, seri ini lebih ditujukan untuk menunjang aktivitas penjelajahan dengan durasi panjang. Desain leher sepatu dibuat tinggi (high-cut). Desain tinggi ini akan melindungi mata kaki dan pergelangan kaki dari risiko kecelakaan di jalur pendakian. Misalnya, terkilir, lecet hingga nyeri engkel. Bahannya juga ringan sehingga tetap nyaman dan tidak mudah lelah.

Bagian upper X Ultra Trek dilapisi full dengan bahan suede leather yang berkualitas tinggi. Menurut kami, penggunaan full suede leather memberikan tampilan yang menarik pada seri X Ultra Trek ini. Untuk keamanan, bagian depan sepatu dilengkapi dengan cree protection. Fungsinya untuk melindungi ujung-ujung jari kaki dari benturan. Di bagian outsole sudah berbahan rubber dan disematkan teknologi contagrip untuk menjaga fleksibilitas serta kenyamanan selama pendakian. Untuk insole sudah didukung teknologi ortholite yang terjamin nyaman untuk kaki penggunanya.

5. Merrell Moab 2 Vent – cegah bau sepatu dengan teknologi breathable mesh

Sepatu Gunung - Merrell Moab 2 Vent

Spesifikasi:

Tipe: low-cut shoes.

Bahan: Suede leather & mesh (upper), rubber (outsole), EVA (midsole).

Kisaran harga: Rp1.400.000,00.

Kami merekomendasikan sepatu ini karena dari beberapa seri Merrell, Moab 2 Vent lumayan banyak penggemarnya. Di situs jual beli Amazon, sepatu ini menjadi #1 best seller untuk kategori Men’s Hiking Shoes. Rating dari para pembelinya pun mendapat nilai 4,6 dari 5 bintang. Kamu juga dapat melihat ulasan pembeli di official website Merrell. Nilainya sangat bagus, yaitu 4,5 dari 5 bintang.

Merrell Moab 2 Vent terbuat dari suede leather yang dikombinasikan dengan mesh pada bagian upper. Sementara pada bagian outsole sudah tersemat Vibram TC5 + sole anti slip sehingga aman untuk jalur yang licin. EVA midsole yang lentur melengkapi kenyamanan pada sepatu gunung tipe low-cut ini. Di bagian tumit terdapat bantalan udara khusus untuk meredam guncangan. Stabilitas kaki terjaga dan tetap nyaman saat melalui jalur yang tidak rata.

Keunggulan yang paling disukai dari sepatu ini adalah fitur teknologi breathable mesh lining. Teknologi ini mampu menghantarkan keringat ke bagian luar sepatu. Keringat tidak menempel pada kaus kaki maupun bagian dalam sepatu. Sepatu tidak lembab dan terhindar dari bau keringat.

6. Hoka Women’s Challenger ATR 6 Gore-Tex – bobot ringan untuk gerak lebih cepat

Sepatu Gunung - Hoka Womens Challenger Atr 6 Gore Tex
Hoka Women’s Challenger ATR 6 Gore-Tex || Pic: hokaoneone.com

Spesifikasi:

Tipe: trail running shoes.

Bahan: podular (outsole), CMEVA (midsole).

Kisaran harga: Rp1.350.000,00.

Rekomendasi kami untuk para perempuan penggemar trail running, nih. Ada seri Women’s Challenger ATR 6 Gore-Tex. Penampilannya kece dengan perpaduan warna black & cascade. Sepatu ini cocok sekali dipakai saat cuaca cerah atau hujan sekalipun.

Sesuai namanya, Gore-Tex premium disematkan pada bagian upper untuk ketahanan pada air. Bahan ini juga ringan dan dirancang sedemikian rupa agar menjaga kaki tetap kering di segala cuaca. Di bagian midsole menggunakan EVA sol yang ringan dan berukuran besar. Kelenturannya membuat kaki semakin nyaman bergerak. Bagian outsole didesain berupa pod untuk memberikan stabilitas di jalur dengan permukaan yang tidak rata atau berbatu.

Para pria juga tertarik dengan sepatu Hoka seri Challenger ATR 6 Gore-Tex ini? Tenang! Ada kok yang khusus pria. Bahan, fitur, dan kisaran harganya tidak jauh berbeda.

7. La Sportiva Tx4 mid GTx – ringan, nyaman, dan tahan air

Sepatu Gunung - La Sportiva Tx4 Mid Gtx
La Sportiva Tx4 mid GTx || Pic: lasportiva.com

Spesifikasi:

Tipe: mid-cut shoes.

Bahan: leather & Gore-Tex (upper), Vibram (outsole).

Kisaran harga: Rp3.650.000,00.

Kalau kamu penggemar sepatu dengan desain minimalis dan fitur maksimal, silakan mencoba seri Tx4 mid GTx dari La Sportiva. Pilihan bahan dan fitur yang disematkan pada La Sportiva Tx4 mid GTx tidak perlu diragukan kualitasnya. Secara harga, sepatu ini memang mahal, tetapi sebanding dengan fitur dan kenyamanan yang akan kamu dapatkan.

Desain leher sepatu dibuat khusus untuk melindungi mata kaki dan pergelangan kaki. Cocok digunakan pada pendakian dengan medan mudah hingga sedang. Bagian upper menggunakan bahan kulit, manset lembut, dan waterproof membran dari Gore-Tex. Soal ketahanan air, Gore-Tex selalu dapat diandalkan. Di ujung sepatu ada toe cap untuk meredam benturan di ujung jari-jari kaki.

Pada bagian outsole diaplikasikan Vibram Mega-Grip with impact brake system untuk daya cengkram terbaik. Tidak ketinggalan Ortholite disematkan pada insole sepatu sehingga memberikan kenyamanan berpijak.

8. Karrimor Summit Leather – dilengkapi dynagrip untuk kenyamanan kaki

Sepatu Gunung - Karrimor Summit Leather
Karrimor Summit || Pic: karrimor.com

Spesifikasi:

Tipe: low-cut shoes.

Bahan: dynagrip (outsole), leather & synthetic (upper).

Kisaran harga: 500.000,00.

Karrimor Summit sangat cocok untuk menunjang aktivitas outdoor. Tampilannya sederhana, tetapi tetap terlihat keren. Bahkan, untuk pemakaian harian pun masih terlihat stylish.

Penggunaan dynagrip di bagian outsole memberi jaminan kenyamanan pada kaki penggunanya. Ini dikombinasikan dengan bantalan insole yang cukup empuk. Terdapat bumper karet di bagian depan untuk mencegah cedera saat ada benturan. Leher sepatu bertipe low-cut ini dibuat empuk sehingga nyaman untuk mata kaki.

9. Asics GEL Sonoma 3 – desain modern dan fungsional untuk lintas alam

Sepatu Gunung - Asics Gel Sonoma 3
Asics Gel Sonoma 3 || Pic: asics.com

Spesifikasi:

Tipe: trail running shoes.

Bahan: trail spesific (outsole), SpEVA Foam (midsole).

Kisaran harga: Rp1.099.000,00.

Secara visual, Asics Gel Sonoma 3 memiliki tampilan modern dengan pilihan warna yang menarik. Dari berbagai sumber yang kami himpun, sepatu ini banyak digemari oleh pemula trail running. Selain karena tampilannya yang keren, fungsinya juga sudah sangat mencukupi untuk kenyamanan dan keamanan saat berlari.

Asics Gel Sonoma 3 memang dirancang khusus untuk aktivitas berlari di jalur yang berbatu dan tidak rata. Ada teknologi GEL yang diaplikasikan pada bagian tumit. Fungsinya untuk mengurangi guncangan pada saat berlari. Bagian outsole menggunakan bahan khusus trail dengan desain grip yang berdaya cengkram kuat.

10. Scarpa Zodiac GTX – fitur unggul untuk medan pendakian bercuaca ekstrim

Sepatu Gunung - Scarpa Zodiac Gtx
Scarpa Zodiac GTX || Pic: scarpa.com

Spesifikasi:

Tipe: mid-cut shoes.

Bahan: suede perwanger (upper), Pro-Fiber 20 (insole), PU + 3D EVA-MP (midsole).

Kisaran harga: Rp3.000.000,00.

Sepatu gunung asal Italia ini memang terkenal dengan harganya yang mahal. Namun, berbagai fitur yang disematkan memang sebanding dengan harganya. Dibandingkan seri lainnya, Zodiac GTX lebih lembut dan fleksibel. Sistem konstruksi sepatu dibuat dengan teknologi Sock-Fit Xt yang membungkus kaki dengan lebih erat. Pada bagian upper disematkan juga Gore-Tex waterproof membran untuk memberikan ketahanan air tingkat tinggi. Untuk outsolenya sudah menggunakan Vibram Mont yang memiliki stabilitas dan daya tahan terbaik.

Secara keseluruhan, Scarpa Zodiac GTX sangat cocok untuk digunakan pada medan pendakian dengan tingkat kesulitan sedang. Begitu juga pada cuaca yang cukup ekstrim, sepatu ini dapat diandalkan.

Nah, dari 10 rekomendasi sepatu gunung yang sudah kami bahas tadi, kira-kira mana yang menjadi incaranmu? Jangan lupa, pilihlah sepatu gunung dengan mempertimbangkan karakteristik jalur pendakian yang akan kamu lewati. Pastikan sepatu yang kamu gunakan bisa menunjang kenyamanan dan keamananmu selama mendaki. Kalau kamu punya model dan seri favorit yang belum disebutkan di sini, beritahukan kepada kami melalui kolom komentar, ya.

Baca lebih lanjut:

» Manfaat Sepatu Gunung

» Cara Memilih Sepatu Gunung

» Cara Memilih Ukuran Sepatu Gunung

» Cara Mencuci Sepatu Gunung

» Tips Merawat Sepatu Gunung

Previous Article

Di mana Tempat Reparasi Sepatu Gunung yang Terpercaya?

Next Article

Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah

Tinggalkan komentar