Sleeping Bag

Sleeping bag (kantung tidur) merupakan satu barang penting yang tidak boleh kamu lupa saat mendaki gunung. Hal ini karena kantung tidur akan menjaga tubuh kamu tetap hangat saat beristirahat di dalam tenda. Khususnya, saat tidur di malam hari. Jadi, keesokan paginya, kamu bisa summit attack dengan kondisi tubuh terbaik karena semalam kamu tidur dengan nyenyak. Bagi kamu yang sedang mencari sleeping bag untuk ekspedisi gunung kamu berikutnya, kami punya rekomendasi menarik. Berikut 10 rekomendasi sleeping bag terbaik 2021:

Yuk, mulai cari tahu.

1. Naturehike M Series (M180, M300, M400)

Rekomendasi Sleeping Bag Terbaik Naturehike M Series
Sleeping bag – Naturehike M Series.

Sleeping bag (SB) pertama yang bisa jadi pilihan saat kamu mendaki gunung adalah Naturehike M Series. Naturehike adalah pemain lama di sektor ini. Sudah banyak produk outdoor yang ditawarkan oleh Naturehike. Salah satunya adalah Naturehike M Series. Ada beberapa pilihan sleeping bag yang bisa kamu pilih dari seri ini.

Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
M180220 x 80cm.Rp480.000.
M300220 x 80cm.Rp520.000.
M400220 x 80cm.Rp560.000.

Walaupun ketiganya memiliki ukuran yang berbeda, panjang dan lebar ketiga sleeping bag ini sama, yaitu 220×80. Satu hal yang membuat ukuran ketiganya berbeda adalah isinya. M400 memiliki isi yang paling padat sedangkan M180 memiliki isi yang paling sedikit. Dengan perbedaan tersebut, maka ukuran ketika dilipat juga akan berbeda. Padat atau tidaknya isi sleeping bag juga mempengaruhi tingkat kenyamanan. Semakin padat isi sleeping bag, maka semakin nyaman pula SB tersebut. Ini karena isi sleeping bag yang tebal menjaga tubuh kamu tetap hangat saat mendaki gunung.

Selain itu, bahan yang digunakan pada Naturehike M series juga cukup nyaman. Di bagian luar sleeping bag ini menggunakan poliester yang bisa menahan dingin. Sedangkan di bagian dalam, ada bahan katun lembut untuk menjaga badan Anda tetap hangat. Untuk batas kenyamanannya sendiri, M Series dari Naturehike mempunyai batas nyaman antara -4 sampai 4 derajat Celsius. Dengan begitu, sleeping bag ini tentu bisa jadi teman baik saat mendaki gunung di Indonesia.

Untuk harganya sendiri, Naturehike M180 dibanderol dengan harga mulai 480.000 rupiah. Untuk Naturehike M300, harganya mulai dari 520.000 rupiah. Sedangkan untuk Naturehike M400, harganya mulai dari 560.000 rupiah. Untuk kenyamanan kelas atas, harga tersebut bukanlah suatu hal yang mahal.

2. Dhaulagiri Dreamoz 800

Sleeping Bag Dhaulagiri Dreamoz 800
Sleeping bag – Dhaulagiri Dreamoz 800.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Dhaulagiri Dreamoz 800190 x 70 cmRp.230.000.

Sleeping bag berikutnya yang bisa kamu coba adalah Dhaulagiri Dreamoz 800. Dhaulagiri sudah menjadi salah satu merek perlengkapan outdoor yang cukup terkenal karena harganya yang terjangkau. Begitu pula untuk Dhaulagiri Dreamoz 800 yang dibanderol dengan harga mulai dari 230.000 rupiah.

Kamu mungkin kaget kalau membandingkan harga Dhaulagiri Dreamoz 800 dengan Naturehike M Series. Dengan selisih harga mencapai 100%, banyak yang berpikir kalau sleeping bag ini tidak berkualitas. Tapi, jangan khawatir, kami menjamin kalau Dreamoz 800 cukup nyaman untuk menjadi kawan mendaki gunung-gunung di Indonesia. Apalagi, karena bagian dalamnya menggunakan dakron yang cukup tebal. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan suhu dingin ketika mendaki gunung.

Dhaulagiri Dreamoz 800 memang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para pendaki di Indonesia. Itu sebabnya ukuran sleeping bag ini relatif kecil, yaitu hanya 190×70. Selain itu, sleeping bag ini juga menggunakan bentuk mumi sehingga hanya bisa digunakan oleh satu orang. Ini supaya kamu bisa mendapatkan kehangatan maksimal saat beristirahat menggunakan Dreamoz 800. Walaupun batas nyaman sleeping bag ini hanya 10 derajat Celsius, itu cukup untuk melawan gunung-gunung di Indonesia. Kamu tidak akan merasa kedinginan, kecuali kamu mendaki Jaya Wijaya.

3. Eiger Sleep Sack 1000

Eiger Sleep Sack 1000
Eiger Sleep Sack 1000.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Eiger Sleep Sack 1000215 x 75cm.Rp550.000.

Sebagai salah satu merek outdoor ternama di Indonesia, Eiger tentu memiliki beberapa koleksi sleeping bag. Salah satu yang masuk dalam daftar rekomendasi kami adalah Eiger Sleep Sack 1000. Sleeping bag Eiger ini menjadi favorit banyak pendaki. Alasan utamanya adalah kenyamanan yang ditawarkan. Tidak banyak sleeping bag yang menggunakan teknologi insulasi khusus. Dengan teknologi ini, kamu bisa tetap merasa nyaman walaupun berada di area yang sangat dingin.

Untuk ukurannya, sleeping bag ini mempunyai ukuran 215×75. Ukuran ini cukup besar karena pangsa pasar Eiger bukan Cuma di dalam negeri, tetapi juga keluar negeri. Jadi, kalau tubuh kamu tergolong tinggi atau besar, Eiger Sleep Sack 1000 tetap bisa jadi pilihan yang nyaman. Untuk batas suhu, sleeping bag ini menawarkan batas suhu nyaman di angka 5 derajat Celsius. Tetapi, banyak pendaki yang masih merasa nyaman menggunakan sleeping bag ini di suhu 0 derajat Celsius.

Untuk harga sleeping bag ini, Eiger membanderolnya dengan harga mulai dari 550.000 rupiah. Kamu mungkin beranggapan bahwa sleeping bag ini sedikit mahal. Akan tetapi, ini adalah harga yang sangat wajar. Eiger adalah perusahaan besar dan mereka memberikan produk berkualitas. Jadi, wajar saja harganya menembus angka 550.000 rupiah.

4. Eiger Lake Side

Sleeping Bag Eiger Lake Side
Sleeping bag – Eiger Lake Side.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Eiger Lake Side220 x 75 x 30cm.Rp450.000.

Sleeping bag lain dari Eiger yang masuk dalam daftar rekomendasi kami adalah Eiger Lake Side. Eiger Lake Side bisa jadi alternatif kalau kamu mempunyai dana yang terbatas. Ini karena harga Eiger Lake Side lebih murah daripada Eiger Sleep Sack. Ya, sleeping bag ini dibanderol dengan harga mulai dari 450.000 rupiah. untuk kualitas, jangan khawatir. Eiger selalu memberikan yang terbaik dari semua produknya.

Dari segi model, sleeping bag ini sedikit berbeda dengan Sleep Sack 1000. Eiger Lake Side memiliki model semi-tikar. Jadi, sleeping bag ini bisa digunakan sebagai selimut oleh kamu dan temanmu. Untuk kenyamanan sendiri, SB ini memang sedikit di bawah Sleep Sack 1000. Karena batas suhu nyaman dari sleeping bag ini adalah 15 derajat Celsius. Jadi, kamu mungkin harus mengenakan jaket tambahan supaya tetap hangat saat mendaki gunung.

Untungnya, sleeping bag ini sudah menggunakan bahan yang lembut di bagian dalam. Untuk bagian luarnya, Eiger menggunakan poliester tahan air supaya air tidak masuk ke dalam sleeping bag. Dari segi ukuran, SB ini lebih cocok untuk postur tubuh orang Indonesia. Dengan ukuran 190×80, tentu sleeping bag ini akan terasa nyaman untuk orang Indonesia dengan tinggi rata-rata 175cm.

5. Makalu Alpine Lite 1200

Makalu Alpine Lite 1200
Makalu Alpine Lite 1200.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Makalu Alpine Lite 1200210 x 80cm.Rp150.000.

Makalu terkenal sebagai salah satu merek peralatan outdoor dengan harga yang terjangkau. Kalau merek lain dijual dengan harga 200.000, maka Makalu bisa menawarkan produk yang serupa dengan harga 100.000. Hal ini juga berlaku untuk Makalu Alpine Lite 1200.

Tidak banyak orang yang sadar bahwa Makalu mengeluarkan sleeping bag dengan nama Alpine Lite 1200. Harga yang ditawarkan juga relatif murah, yaitu sekitar 150.000 rupiah. Jadi, kamu tidak perlu pusing kalau mencari sleeping bag dengan harga yang murah.

Untuk kualitas sendiri, produk dari Makalu memang tidak bisa dibilang sebagai produk kelas atas. Ini karena pasar mereka memang pendaki dengan dana terbatas. Untungnya, dengan dana yang terbatas, kamu masih bisa mendapatkan sleeping bag yang nyaman dari Makalu. Itu sebabnya sleeping bag ini kami masukkan dalam daftar rekomendasi.

Sleeping bag dengan model tikar ini berukuran cukup besar, yaitu 210×80. Jika digelar sebagai alas atau selimut, sleeping bag ini bisa mencapai ukuran 210×160. Di bagian luar, sleeping bag ini menggunakan bahan poliester standar. Bahan ini cukup untuk menahan angin, tapi kurang cocok untuk menahan air. Di bagian dalam, ada bahan fleece polar yang cukup lembut. Sayangnya, bahan ini mudah bisa rusak kalau tidak dirawat dengan baik. untuk batas kenyamanan, Alpine Lite 1200 masih nyaman digunakan pada suhu 15 derajat Celsius. Untuk suhu yang lebih rendah, ada baiknya kamu menggunakan jaket tambahan.

6. Consina Extreme Comfort Lite

Consina Extreme Comfort Lite
Consina Extreme Comfort Lite.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Consina Extreme Comfort Lite.210 x 72 cm.Rp900.000.

Sleeping bag berikutnya yang mungkin bisa jadi pilihan kamu adalah Consina Extreme Comfort Lite. Consina adalah salah satu produsen peralatan outdoor terbaik di Indonesia. Selain itu, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau bagi semua kalangan pendaki. Sayangnya, sleeping bag Extreme Comfort Lite dari Consina merusak semua pendapat itu. Itu karena sleeping bag ini dijual dengan harga mulai dari 900.000 rupiah. kamu pasti terkejut mendengarnya.

Melihat pasar pendaki di Indonesia, harga tersebut tentu tergolong sangat tinggi. Banyak sleeping bag dengan harga yang lebih terjangkau mulai dari 300.000 sampai 600.000 rupiah. Tapi kamu tidak perlu mempermasalahkan harga jika memang kamu mau mendapatkan yang terbaik. Paling tidak, itu yang ditawarkan oleh sleeping bag buatan Consina ini.

Sesuai dengan namanya, sleeping bag ini bisa dipakai di suhu yang cukup ekstrem. Batas nyaman yang ditawarkan oleh sleeping bag ini mencapai 0 derajat Celsius. Jadi, kamu tidak akan merasa dingin ketika kamu mendaki gunung. Selain itu, walaupun sleeping bag ini berbentuk tikar, kenyamanannya tidak berkurang sama sekali.

Di banyak kasus, sleeping bag bentuk mumi biasanya lebih hangat daripada bentuk tikar. Hal ini karena ada udara dingin yang masuk dari sela resleting. Di produk SB ini, Consina menambahkan lapisan khusus di area tersebut. Jadi, udara dingin yang masuk ke dalam sleeping bag akan lebih sedikit. Selain itu, Extreme Comfort Lite juga menggunakan isian dari bulu angsa. Bulu angsa terkenal dengan kenyamanan dan kehangatannya. Jadi, wajar saja kalau pendaki gunung-gunung tinggi memilih sleeping bag ini.

Selain itu, ukuran sleeping bag ini juga relatif besar, yaitu 210×75. Dengan ukuran yang besar dan kenyamanan kelas wahid, harga 900.000 tentu harga yang wajar. Sleeping bag ini tentu bisa memberikan kehangatan untuk dua orang. Bukankah itu sesuatu yang efisien saat mendaki gunung?

7. Quechua Camping Arpenaz 10

Quechua Camping Arpenaz 10
Quechua Camping Arpenaz 10.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Quechua Camping Arpenaz 10.200 x 80 cm.Rp350.000.

Merek Quechua bisa dikatakan sebagai pendatang baru di dunia peralatan outdoor. Hal ini karena merek ini baru mulai dikenal beberapa tahun belakangan. Harga yang terjangkau membuat merek ini dilirik oleh banyak pendaki. Itu juga salah satu alasan mengapa Quechua Camping Arpenaz10 masuk dalam daftar kami.

Desain yang sederhana menjadi salah satu faktor utama Quechua Camping Arpenaz 10 dalam daftar ini. Dengan desain yang sederhana, kamu tidak perlu bersusah payah ketika melipat sleeping bag ini. Selain itu, sleeping bag memiliki model tikar sehingga melipat akan jauh lebih mudah. Untuk ukurannya sendiri, Quechua Camping Arpenaz 10 bisa dikatakan sesuai dengan tubuh orang Indonesia. Sleeping bag ini mempunyai panjang 190 dan lebar 70.

Sayangnya, material yang ditawarkan hanya sebatas poliester. Untuk beberapa pendaki, materi ini cukup dingin, terutama saat digunakan untuk bagian dalam sleeping bag. Untungnya, hal tersebut sudah diantisipasi oleh Quechua. Quechua menggunakan isian yang cukup tebal. Dengan begitu, kamu bisa tetap hangat walaupun bersentuhan langsung dengan bahan poliester. Bahkan, batas kenyamanan sleeping bag ini berada pada suhu 5 derajat Celsius.

Untuk harga, Quechua Camping Arpenaz 10 tergolong dalam sleeping bag dengan harga sedang. Hal itu karena sleeping bag ini dibanderol dengan harga mulai dari 350.000 rupiah. Masih cukup terjangkau untuk pendaki di Indonesia.

8. Desert Fox Sleeping bag

Desert Fox Sleeping Bag
Desert Fox Sleeping bag.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Desert Fox Sleeping bag.(190cm + 30cm) x 75cm.Rp450.000.

Tidak banyak pendaki Indonesia yang menggunakan Desert Fox Sleeping bag. Salah satu alasannya adalah merek yang terdengar cukup asing. Percaya atau tidak, pendaki Indonesia akan takut membeli produk outdoor buatan luar negeri. Alasan utamanya adalah harga yang mahal. Sayangnya, belum banyak yang tahu bahwa Desert Fox Sleeping bag ini dijual dengan harga yang cukup murah. Kamu bisa mendapatkan sleeping bag ini mulai dari 450.000 rupiah.

Kalau kamu bertanya, apakah harga tersebut sebanding dengan kualitas yang ditawarkan sleeping bag ini? Tentu saja sangat sebanding. Karena Desert Fox merupakan produk luar, kualitas yang ditawarkan tentu sesuatu yang tidak perlu diragukan lagi. Bagian luar sleeping bag ini menggunakan bahan oxford yang bisa menghadang angin dan suhu dingin. Di bagian dalam, Desert Fox menggunakan bahan kain yang sangat lembut. Selain itu, isian sleeping bag ini menggunakan bahan katun hollow. Bahan ini adalah bahan yang mudah mengembang tetapi bisa dengan mudah dikompres.

Satu hal yang menarik dari sleeping bag ini adalah modelnya. Secara keseluruhan, Desert Fox Sleeping bag mengadopsi model mumi. Akan tetapi, bagian kaki dibuat lebih luas sehingga kaki kamu bisa bergerak lebih leluasa. Dengan ukuran 190×75, kamu tentu bisa merasa nyaman ketika menggunakan sleeping bag ini.

9. Consina Sleep Warmer

Consina Sleep Warmer
Sleeping Bag – Consina Sleep Warmer.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Consina Sleep Warmer.200 x 70 cm.Rp175.000.

Sleeping bag berikutnya dalam daftar rekomendasi kami adalah Consina Sleep Warmer. Jika melihat secara keseluruhan, tidak ada yang spesial dari SB ini. Bahkan, beberapa pendaki tidak akan menggunakan sleeping bag ini semisal ada pilihan sleeping bag lainnya. Meskipun demikian, ada beberapa poin yang membuat Consina Sleep Warmer masuk dalam daftar kami.

Yang pertama adalah harga yang sangat bersahabat. Jika memperhatikan beberapa sleeping bag di atas, kamu tentu bisa mendapatkan kisaran harganya. Rentang harga yang ditawarkan berkisar antara 350.000 sampai 600.000. Untuk kamu yang benar-benar ingin berhemat, Consina Sleep Warmer adalah pilihan yang tepat. Sleeping bag ini dijual dengan harga mulai dari 175.000 rupiah. Jadi, sleeping bag ini adalah pilihan yang paling murah.

Selain harga yang relatif murah, bahan yang digunakan juga cukup menjanjikan. Di bagian dalam, kamu bisa menemukan bahan polar yang lembut. Di bagian luar, sleeping bag ini menggunakan bahan parasut. Jadi, angin ataupun air tidak akan masuk ke dalam SB ini dengan mudah. Dari segi ukuran, sleeping bag ini mempunyai ukuran standar, yaitu 200×85. Akan tetapi, sleeping bag ini hanya berbobot 650gram. Beban pendakian kamu tentu terasa lebih ringan kalau kamu membawa SB ini.

10. Eiger Kid Zoo 250

Sleeping Bag Eiger Kid Zoo 250
Sleeping Bag – Eiger Kid Zoo 250.
Nama ProdukDimensi ProdukHarga Produk
Eiger Kid Zoo 250.150 x 60 cm.Rp350.000.

Sleeping bag terakhir yang ada dalam daftar kami adalah Eiger Kid Zoo 250. Kamu tidak salah, sleeping bag ini memang dibuat untuk anak-anak. Itu sebabnya ukuran SB ini hanya 150×60. Jadi, kalau kamu mau mengajak anak atau saudara pergi mendaki, sleeping bag ini bisa jadi pilihan yang pas.

Dari segi kenyamanan, sleeping bag ini sudah melolos uji kenyamanan dari Eiger. Dengan kata lain, bagian dalam tentu terbuat dari bahan lembut yang nyaman untuk anak-anak. Sedangkan di bagian luar, tentu menggunakan bahan anti angin supaya anak-anak tetap nyaman saat menggunakannya. Sayangnya, tidak disebutkan berapa batas bawah suhu nyaman yang ditawarkan oleh sleeping bag ini. Akan tetapi, banyak ulasan mengatakan bahwa sleeping bag ini masih nyaman di suhu 15 derajat Celsius.

Karena sleeping bag ini buatan Eiger, kamu tentu tahu bahwa harganya tidak akan murah. Meskipun demikian, harga untuk Eiger Kid Zoo 250 ini masih masuk akal. Kamu harus membayar sekitar 350.000 untuk sleeping bag ini.

Mendaki gunung bukanlah perkara mudah, terutama jika kamu menghadapi suhu gunung yang sangat dingin. Itu sebabnya, kamu perlu mempersiapkan peralatan yang bisa membuat kamu beristirahat dengan nyaman. Jadi, pastikan kamu memilih sleeping bag yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jika ada informasi yang belum jelas, silakan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah.

Baca lebih lanjut: Perlengkapan Mendaki Gunung »

Previous Article

Jalur Pendakian Gunung Lawu

Next Article

Cara Menggunakan Kompas di Gunung

Tinggalkan komentar