10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Banten (2021)

Apakah kamu sedang mencari tempat camping di Banten? Jika iya, kamu wajib menyimak artikel ini sampai selesai. Saya akan membagikan 10 tempat camping terbaik di Banten yang bisa kamu tuju. Tempat-tempat ini memiliki pemandangan alam yang menawan. Mulai dari kawasan hutan, pegunungan, danau, hingga pantai. Harga tiket masuk dan paket campingnya juga cukup terjangkau. Berikut 10 tempat camping terbaik di Banten:

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkapnya. Let’s dive in!

1. Salaka Nagara Cihunjuran

Tempat Camping Di Banten Salaka Nagara Cihunjuran Mandalawangi Pandeglang Banten
Camping ground Salaka Nagara Cihunjuran, Pandeglang, Banten.
LokasiSitus Benda Cagar Budaya, Jalan Raya Mandalawangi, Pandat, Mandalawangi, Cikoneng, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM) area campingRp25.000,00 per orang.
Telepon
Rating ulasan4,4/5 dari 697 ulasan.
Wana wisata di sekitar tempat camping– Pemandian mata air Gunung Pulosari.
– Wisata religi makam Wali Syekh Angling Darmo.

Salaka Nagara Cihunjuran berada sekitar 18 km dari pusat Kabupaten Pandeglang. Dengan kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor), tempat ini bisa dituju dalam waktu kurang lebih 35 menit. Akses jalan utama sudah cukup baik. Namun, saat akan memasuki wilayah wisata Salaka Nagara Cihunjuran, akses jalan cukup sempit sehingga kamu perlu sangat berhati-hati.

Tempat ini cukup populer di kalangan pencinta aktivitas outdoor karena area campingnya cukup luas dan lapang. Cocok sekali untuk kamu yang ingin camping bersama dengan rombongan. Selain itu, suasana tempatnya sangat tenang dan udaranya sejuk. Saat camping di sini, kamu bisa bersantai sembari menikmati pemandangan gunung dan area persawahan yang sangat asri. Di sekitar area camping juga masih banyak pohon-pohon besar sehingga menambah nuansa teduh dan segar.

Untuk fasilitasnya sudah tersedia toilet, ruang ganti, dan beberapa warung makan milik warga setempat. Pengelola juga menyediakan sewa akses instalasi listrik kalau kamu butuh penerangan atau koneksi untuk sound system. Untuk area parkir tersedia di dekat kolam pemandian dengan tarif Rp5.000,00 per kendaraan. Kalau kamu ingin membawa kendaraan sampai ke area camping juga bisa, kok. Akses masuknya melalui gang di dekat SDN 3 Cikoneng.

Wisata Alam Salaka Nagara Cihunjuran Banten
Pemandian di Salaka Nagara Cihunjuran, Pandeglang, Banten.

Tidak jauh dari area camping terdapat wisata kolam pemandian dan wisata religi makam Syekh Angling Darmo yang sangat populer. Kedua tempat wisata tersebut selalu ramai dengan pengunjung, terutama saat akhir pekan. Kamu bisa mampir sekalian untuk berwisata ke sana. Harga tiket masuknya hanya Rp10.000,00 per orang.

2. Pantai Cibeureum 1

Pemandangan Alam Di Pantai Cibeureum 1
Foto pemandangan pantai cantik di pantai Cibeureum 1.
LokasiJalan Raya Karang Bolong Km. 131, Kamasan, Cinangka, Kec. Cinangka, Serang, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Dihitung per kendaraan. Sepeda motor: Rp25.000,00. Mobil: Rp50.000,00.
Telepon08170871632 / 081906119898.
Rating ulasan4,2/5 dari 674 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingATV, banana boat, kolam renang.

Untuk kamu yang senang dengan suasana laut, tempat camping di Pantai Cibeureum 1 mungkin bisa jadi pilihan. Pantai ini berada di daerah Kamasan, Serang, Banten. Perjalanan dari pusat kota Serang bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan durasi sekitar 1 jam 30 menit. Akses jalan sudah sangat bagus dengan banyak petunjuk arah yang sangat jelas.

Tempat Camping Di Pantai Cibeureum 1 Banten
Camping di Pantai Cibeureum 1 || Foto: Google Maps (Baharudin Yusuf R).

Kawasan Pantai Cibeureum 1 sangat lapang dengan hamparan pasir putih kecokelatan. Ada banyak sekali pohon kelapa di sekitar pantai yang membuat suasana cukup teduh. Kamu bisa mendirikan tenda di area lapang yang berumput pendek.

Bahkan kendaraanmu juga bisa kamu parkirkan dekat dengan tenda, lho! Wah, terbayang ‘kan asyiknya camping di pinggir pantai dengan ditemani suara debur ombak dan pemandangan laut lepas? Apalagi saat sunrise atau sunset pemandangannya akan semakin cantik!

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat camping di Pantai Cibeureum 1 ini, yaitu:

  • Bersantai sembari menikmati jajanan, membaca buku, mendengarkan musik, dan lain sebagainya.
  • Bermain air di pantai.
  • Mencoba permainan ATV hingga banana boat.

Untuk fasilitas, kamu tidak perlu khawatir. Pengelola menyediakan beberapa fasilitas seperti toilet, kamar mandi, dan musala. Kalau kamu tidak membawa cukup bekal, ada beberapa warung yang bisa dituju. Di sana tersedia aneka makanan, jajanan, kelapa muda, hingga rujak pedas.

Ada juga beberapa pondok yang disewakan untuk pengunjung dengan tarif sebesar Rp50.000,00. Pengelola tidak menyediakan layanan sewa perlengkapan camping, ya. Jadi, kamu harus membawa perlengkapan sendiri kalau ingin camping di Pantai Cibeureum ini.

3. Bumi Perkemahan Kitri Bhakti

Tempat Camping Di Banten Bumi Perkemahan Kitri Bhakti
Bumi Perkemahan Kitri Bhakti || Foto: id.worldorgs.com.
LokasiJl. Diklat Pemda No. 34, Curug Wetan, Kec. Curug, Tangerang, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga paket campingLangsung kontak pengelola.
Telepon08161300229 / 089663895227.
Rating ulasan4,4/5 dari 635 ulasan.
Wana wisata di sekitar tempat campingJalur trekking, taman, wall climbing, playground area.

Bumi Perkemahan Kitri Bhakti adalah salah satu tempat camping yang cukup populer di Banten. Tempat ini sering digunakan untuk acara camping bersama rombongan atau komunitas. Lokasinya berada di dekat Balai Diklat Pemda Tangerang. Akses jalan ke Bumi Perkemahan Kitri Bhakti ini sudah bagus dan bisa dilewati sepeda motor dan mobil.

Bumi Perkemahan Kitri Bhakti memiliki area camping yang sangat luas. Tanahnya sudah ditumbuhi rerumputan pendek sehingga cukup nyaman untuk camping. Di bagian pinggir area camping ada banyak pepohonan rindang yang memberikan nuansa sejuk.

Beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan ketika camping di Bumi Perkemahan Kitri Bhakti antara lain:

  • Trekking melalui hutan bambu dan kebun milik warga sekitar.
  • Bermain di playground area.
  • Mencoba ketangkasan di wall climbing.
  • Bersantai di area perkemahan dan taman.

Untuk camping di tempat ini kamu harus membawa perlengkapan camping sendiri. Pengelola tidak menyediakan tempat sewa perlengkapannya. Kamu bisa langsung menghubungi pengelola mengenai harga dan pilihan paket camping yang disesuaikan dengan jumlah rombongan.

Dari berbagai ulasan pengunjung sebelumnya, harga paket camping di Bumi Perkemahan Kitri Bhakti tidak akan menguras isi dompet, kok. Selain itu, pengelola sudah menyediakan berbagai fasilitas pendukung seperti toilet, kamar mandi, aula, dan instalasi listrik. Ada juga warung kecil yang menjual aneka camilan dan minuman.

4. Bumi Perkemahan Situ Cipondoh

Tempat Camping Di Banten Bumi Perkemahan Situ Cipondoh
Area camping Situ Cipondoh, Tangerang, Banten.
LokasiRT.004 / RW.003, Kunciran Jaya, Kec. Pinang, Cipondoh, Kota Tangerang, Banten.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.000,00 (weekday) dan Rp3.000,00 (weekend).
Telepon
Rating ulasan4,3/5 dari 270 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingDanau Situ Cipondoh, taman bermain, flying fox, sepeda air, kolam pemancingan.

Alternatif tempat camping terbaik di Banten yang selanjutnya adalah Bumi Perkemahan Situ Cipondoh. Lokasinya berada sekitar 6 km saja dari pusat kota Tangerang. Karena lokasinya yang dekat dan mudah dijangkau, tempat ini sering ramai dengan pengunjung. Keunggulan dari Bumi Perkemahan Situ Cipondoh ini tentu bukan hanya lokasi yang strategis. Namun, keindahan pemandangan dan keseruan yang ditawarkan juga menjadi daya tarik tersendiri.

Wisata Air Di Danau Situ Cipondoh Tangerang Banten
Wisata Air di Danau Situ Cipondoh.

Bumi Perkemahan Situ Cipondoh berada di dekat Danau Situ Cipondoh. Kamu bisa camping dengan view danau yang sangat cantik, terutama pada sore hari saat matahari terbenam. Udara di sana juga sangat segar. Pepohonan yang masih rimbun membuat udara tetap terasa sejuk walaupun sudah siang hari. Pengelola Bumi Perkemahan Situ Cipondoh sudah menyediakan fasilitas standar seperti toilet, kamar mandi, musala, dan warung makan.

Bumi Perkemahan Situ Cipondoh cocok sekali untuk camping bersama keluarga. Ada banyak fasilitas wisata yang cocok untuk anak-anak. Selain camping, berikut ini beberapa aktivitas seru lainnya:

  • Menyusuri Danau Situ Cipondoh dengan menggunakan sepeda air atau perahu.
  • Bermain di playground area.
  • Menguji ketangkasan di area flying fox.
  • Memancing.
  • Berkeliling di sekitar danau dengan menggunakan sepeda.

Kalau tertarik camping di Bumi Perkemahan Situ Cipondoh, pastikan kamu datang saat cuaca sedang bagus, ya. Sebabnya, ada beberapa titik camping yang akan tergenang saat hujan. Tanah di sekitar area camping serta akses jalan masuk menjadi becek dan lebih licin.

5. Pantai Carita Perhutani Banten

Tempat Camping Di Banten Pantai Carita Perhutani Banten
Pantai Carita Perhutani, Banten.
LokasiDesa Sukarame, Kec. Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00 per orang. (belum termasuk biaya parkir kendaraan).
Telepon(0254) 205810.
Rating ulasan4,1/5 dari 269 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingBanana boat, jetski, snorkeling, surfing.

Pantai Carita Perhutani Banten bisa kamu tuju kalau ingin camping di kawasan pantai yang berpasir putih. Pantai ini berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Dari pusat Pandeglang, kamu tinggal menuju ke daerah Labuhan. Kemudian, sekitar 20 menit kamu sudah akan tiba di Pantai Carita Perhutani. Akses jalan menuju ke sana sudah sangat memadai untuk mobil maupun sepeda motor.

Tempat Camping Di Pantai Carita Perhutani Banten
Area camping di pantai Carita, Banten.

Apa sih asyiknya camping di Pantai Carita Perhutani ini? Nah, kalau biasanya daerah pantai identik dengan cuaca yang panas, berbeda dengan Pantai Carita. Karena dikelola oleh Perhutani, di pinggiran pantai terdapat banyak sekali pohon-pohon besar dan rindang.

Ini membuat suasana menjadi teduh dan sejuk. Para pengunjung yang camping biasanya akan mendirikan tenda di bawah pepohonan ini. Viewnya langsung menghadap ke arah laut lepas. Untuk fasilitas, pengelola sudah menyediakan toilet, kamar mandi, musala, pondok lesehan, warung makan, dan area parkir yang luas.

Selain itu, ada berbagai pilihan wisata menarik lainnya yang bisa kamu coba untuk menambah keseruan saat camping di Pantai Carita. Mulai dari menjajal olahraga air seperti jetski, surfing, dan banana boat. Yang lebih santai, kamu bisa snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya.

Sekadar bermain air di pantai pun tetap menarik, lho. Di malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun dan bakar-bakar ikan ditemani suara deburan ombak di kejauhan. Wah, asyik sekali, ‘kan?

6. Gunung Luhur Ciusul

Tempat Camping Di Banten Gunung Luhur Ciusul
Gunung Luhur Ciusul, Banten.
LokasiKp. Ciusul Ds. Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kab. Lebak, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp12.000,00 per orang. Weekend: 14.500,00 per orang.
Telepon085155337006 / 085770900049.
Rating ulasan4,6/5 dari 949 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingCurug Ciporolak, Kebun Teh Cipuya, Kampung Ciusul.

Ingin camping dengan suasana negeri di atas awan? Coba deh ke Gunung Luhur Ciusul. Lokasinya di Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten. Dari Jakarta jaraknya sekitar 140 km dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam. Akses jalan sudah lebar sehingga bisa dilalui oleh mobil atau sepeda motor. Namun, pastikan kendaraan dalam kondisi bagus karena jalannya cukup menanjak dan berkelok-kelok tajam.

Area Camping Di Gunung Luhur Ciusul
Area camping di Gunung Luhur Ciusul.

Apa sih yang membuat camping di Gunung Luhur Ciusul ini menarik? Tentu pemandangannya, dong! Saat camping di sini, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan kawasan pegunungan dan hamparan sawah. Yang paling menarik, di keesokan paginya sekitar pukul 05.00 – 08.00 WIB kamu bisa melihat samudera awan yang menyelimuti kawasan pegunungan.

Pemandangan yang belum tentu kamu dapatkan di tempat camping lainnya, nih! Jangan lupa membawa pakaian dan jaket yang tebal saat camping di sini, ya. Udaranya segar, tetapi akan sangat dingin terutama di malam hari.

Harga untuk sewa area camping di Gunung Luhur Ciusul sebesar Rp30.000,00 per tenda. Namun, kalau kamu tidak membawa tenda sendiri, maka kamu bisa menyewanya dengan harga Rp80.000,00. Harga tersebut sudah termasuk tenda ukuran 200×200 cm, camp area, tikar, kebersihan, dan jasa bongkar pasang. Pengelola sudah menyediakan fasilitas umum seperti toilet, kamar mandi, musala, warung makan, spot foto, dan area parkir.

7. Forest Park (Tahura)

Keindahan Forest Park Tahura Banten
Forest Park (Tahura) Banten.
LokasiSukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Telepon
Rating ulasan4,2/5 dari 225 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingCurug Putri Carita, Curug Gendang.

Apakah kamu suka camping di kawasan hutan yang teduh? Jika iya, maka Forest Park Tahura cocok untuk kamu, nih. Forest Park Tahura menjadi salah satu tempat camping terbaik di Banten. Lokasinya berada di Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Camping Ground Di Forest Park Tahura
Camping ground Taman Hutan Raya Tahura, Banten.

Area camping di Forest Park (Tahura) dikelilingi oleh pohon-pohon besar yang rimbun. Udaranya sangat sejuk dan tidak panas. Nyaman sekali untuk camping di tengah alam terbuka. Kamu bisa sekalian melihat beraneka ragam jenis tanaman dan satwa liar di hutan ini. View menarik lainnya adalah kamu bisa melihat laut dari ketinggian.

Potensi wisata alam seperti Curug Gendang dan Curug Putri Carita juga bisa kamu kunjungi saat camping di Tahura. Jaraknya sekitar 1,5 km dengan berjalan kaki dari area camping. Pengelola menyediakan jasa guide kalau kamu tertarik berkunjung ke curugcurug tersebut.

Untuk berkemahdi area camping ground Tahura, kamu harus membawa sendiri tenda dan perlengkapannya. Tidak ada tempat persewaan tenda untuk pengunjung. Pengelola hanya menyediakan fasilitas sepertikamar mandi, musala, spot foto, warung makan, playground, dan area parkir.

Kalau kamu tertarik camping di Forest Park (Tahura), maka ada beberapa akses untuk menuju ke sana. Semua rute ini bisa kamu tempuh dengan menggunakan mobil dan sepeda motor.

8. Citra Alam Lakeside

Tempat Camping Di Banten Citra Alam Lakeside
Camping ground Citra Alam Lakeside, Banten.
LokasiJalan Kertamukti, Jalan Cirendeu Raya, Jl. Pisangan Raya No. 121, Cirendeu, Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Banten.
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket campingSesuai dengan paket camping yang dipilih.
Telepon(021) 7310249 / (021) 7313896 / 081383210355.
Rating ulasan4,4/5 dari 193 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingFlying fox, permainan air, playground,

Tempat camping terbaik di Banten salah satunya adalah Citra Alam Lakeside. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kota Tangerang. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh keluar kota kalau ingin camping di alam terbuka.

Citra Alam Lakeside sangat cocok untuk acara camping sekolah, komunitas, family gathering, ataupun camping perusahaan. Ada banyak pilihan paket camping, lengkap dengan beragam aktivitas outbound yang menantang. Selain itu, kamu juga bisa memilih paket camping dengan aktivitas edukasi, seperti:

  • Pelatihan membatik.
  • Pelatihan membuat keramik.
  • Pelatihan melukis gerabah dan melukis kaos.
  • Pengenalan wayang.
  • Pengenalan alat musik tradisional (angklung dan gamelan).

Untuk harga paket camping, kamu bisa langsung menghubungi pengelola. Biasanya harga akan disesuaikan dengan jumlah rombongan dan aktivitas yang akan dilakukan.

Citra Alam Lakeside juga memiliki view unggulan, lho, yaitu panorama rindangnya pepohonan hutan kota dan Danau Situ Gintung. Citra Alam Lakeside sudah dilengkapi dengan fasilitas saung (aula bersama), area parkir, free wifi, kolam renang, dan dapur umum. Dari berbagai ulasan pengunjung sebelumnya, rata-rata mereka puas dengan pengalaman camping di Citra Alam Lakeside ini.

9. Wisata Alam Gunung Cibaja

Tempat Camping Di Banten Wisata Alam Gunung Cibaja
Camping ground Puncak Cibaja, Banten.
LokasiKp. Kondang Amis, Cikolelet, Kec. Cinangka, Serang, Banten.
Jam BukaSabtu – Kamis, pukul 06.00 – 17.00 WIB. Jumat tutup.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00.
Telepon
Rating ulasan4,3/5 dari 154 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat camping

Satu lagi tempat camping terbaik di Banten yang menawarkan pesona pemandangan kawasan pegunungan, yaitu wisata alam Gunung Cibaja. Wisata Alam Gunung Cibaja berada di Kecamatan Cinangka, Serang, Banten.

Dari pusat kota Serang, kamu bisa tiba di tempat ini dalam waktu sekitar 1 jam 30 menit hingga 2 jam. Akses jalan besarnya sudah cukup bagus. Namun, saat akan memasuki kawasan wisata alamnya, akses jalan cukup sulit. Jalan masuknya kecil, banyak tanjakan, dan masih berupa tanah merah. Terutama saat hujan, akses jalan masuk ini akan sangat licin dan sulit dilalui. Jadi, pastikan kamu camping ke sini saat cuaca sedang bagus saja.

Walaupun perlu sedikiti perjuangan untuk menuju ke Gunung Cibaja, tetapi lelahmu akan terbayarkan. Selama camping di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan bentang kawasan pegunungan dan Laut Anyer di kejauhan. Ditambah lagi dengan suasana yang tenang dan udara yang sejuk sepanjang hari.

Untuk camping di sini, kamu harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri, ya. Tidak ada persewaan tenda dari pengelola setempat. Pengelola hanya menyediakan fasilitas seperti saung, spot foto, toilet, ruang pertemuan, listrik, dan musala.

10. Bukit Waruwangi

Tempat Camping Di Banten Bukit Waruwangi
Camping ground Bukit Waruwangi, Banten.
LokasiJalan Pasta, Bantarwaru, Kec. Cinangka, Serang, Banten.
Jam BukaRabu – Senin, pukul 08.00 – 17.00 WIB. Selasa, pukul 13.30 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp3.000,00 per orang.
Telepon
Rating ulasan4,4/5 dari 1.319 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingKolam renang, Pondok Kopi Rangkong.

Bukit Waruwangi adalah salah satu tempat camping terbaik di Banten. Lokasinya berada di Cinangka, Serang, Banten. Dari pusat kota Serang jaraknya sekitar 40 km. Bukit Waruwangi bisa dicapai dalam 1-2 jam perjalanan dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Area camping di Bukit Waruwangi ini cukup luas. Lahannya sudah ditumbuhi rumput-rumput pendek sehingga nyaman untuk camping. Saat camping di Bukit Waruwangi, kamu akan dimanjakan dengan pesona pemandangan alamnya.

Pemandangan Alam Yang Cantik Di Bukit Waruwangi
Pemandangan alam yang cantik di Bukit Waruwangi.

Sejauh mata memandang akan terlihat bentangan kawasan pegunungan dan perbukitan. Hutan-hutannya pun masih sangat lebat sehingga menyejukkan mata. Ditambah lagi udaranya super sejuk dan segar, lho! Bikin semakin betah!

Tidak hanya sekadar camping, pengelola Bukit Waruwangi sudah menyediakan banyak sekali fasilitas wisata yang menarik. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat camping di Bukit Waruwangi:

  • Bersantai di hamparan rerumputan sembari mendengarkan musik, membaca, atau sekadar mengobrol dengan teman dan keluarga.
  • Hunting foto di spot-spot instagrammable.
  • Berenang di kolam renang Waruwangi.
  • Menikmati sajian kuliner di Pondok Kopi Rangkong.
  • Berinteraksi dengan rusa.

Untuk menambah kenyamanan pengunjung, pengelola sudah menyediakan fasilitas pendukung seperti musala, toilet, dan area parkir kendaraan yang memadai.

Itulah 10 tempat camping terbaik di Banten. Semuanya menawarkan pengalaman seru dan pemandangan alam terbuka yang sangat menawan. Ditambah lagi berbagai fasilitas yang tersedia juga sudah cukup memadai. Nah, apakah sudah ada tempat yang mulai menarik perhatianmu? Yuk, mulai jadwalkan rencana liburanmu bersama teman atau keluarga di salah satu tempat camping terbaik di Banten tadi.

Baca lebih lanjut: 10 Camping Ground Terbaik di Jawa Barat »

Previous Article

Perbedaan Gunung Bromo dan Semeru

Next Article

Cara Memasak Nasi di Gunung

Satu pemikiran pada “10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Banten (2021)”

Tinggalkan komentar