10 Tempat Camping Terindah di Jogja yang Lagi Hits (2021)

Camping adalah salah satu cara untuk menikmati pesona alam Jogja. Ada banyak sekali pilihan tempat wisata di Jogja yang sudah menyediakan area untuk camping. Kalau kamu sedang merencanakan untuk camping, maka baca artikel ini sampai selesai, ya. Saya akan membagikan rekomendasi 10 tempat camping terbaik di Jogja. Tentunya semua tempat ini menawarkan pesona alam khas yang akan membuat acara campingmu semakin berkesan. Cek daftarnya berikut ini. Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Jogja:

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkapnya. Let’s dive in!

1. Bukit Klangon

Pemandangan Cantik Di Bukit Klangon Yogyakarta
Pesona alam Bukit Klangon, Yogyakarta.
LokasiKalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, pukul 07.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00 – Rp10.000,00 per orang.
Telepon081334940725.
Rating ulasan4,6/5 dari 5688 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingLereng Gunung Merapi.

Bukit Klangon yang berada di Cangkringan, Sleman ini merupakan salah satu tempat camping terbaik di Jogja. Berdasarkan ulasan dari para pengunjung sebelumnya, rata-rata mereka sangat puas dengan pengalaman camping di Bukit Klangon.

Kawasan Bukit Klangon berhawa sejuk karena lokasinya berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut. Pemandangan alamnya juga sangat indah. Kamu bisa menikmati hijaunya perkebunan milik warga desa, pepohonan yang masih rimbun di sekitar area camping, serta lembah. Kalau cuaca sedang cerah (terutama di pagi hari), kamu bisa melihat gagahnya Gunung Merapi. Pemandangan yang sangat memukau dari Bukit Klangon!

Tempat Camping Di Jogja Bukit Klangon
Camping ground di Bukit Klangon (Sumber: Instagram.com/pesona_klangon/).

Untuk camping di Bukit Klangon kamu cukup membayar Rp15.000,00 per orang. Bukit Klangon sudah memiliki banyak fasilitas untuk pengunjungnya. Mulai dari gazebo, musala, toilet, jeep adventure, warung makan, area parkir, spot foto, hingga porter sepeda.

Aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat camping di Bukit Klangon, antara lain:

  • bersantai menikmati panorama alam.
  • trekking dan mendaki bukit.
  • bersepeda downhill.
  • mengunjungi puncak Gunung Merapi yang berjarak sekitar 4 km.
  • berburu foto dari gardu pandang yang menjadi spot paling instagrammable.
  • wisata petik strawberry.

Tertarik camping di Bukit Klangon? Kamu bisa menuju ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Akses jalannya sudah cukup bagus dan terdapat petunjuk arah yang cukup jelas. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 34 km dengan lama perjalanan kurang lebih 60 menit.

2. Ledok Sambi

Tempat Camping Di Jogja Ledok Sambi
Camping ground Ledok Sambi, Yogyakarta.
LokasiKm 19, Jl. Kaliurang No. 2, Area Sawah, Pakembinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, pukul 09.00 – 16.30 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Telepon081904262581 / 081392322529.
Rating ulasan4,6/5 dari 4.907 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingFlying fox, river tubing.

Apakah kamu pernah merasakan pengalaman camping di desa wisata? Kalau belum, cobalah mengunjungi Ledok Sambi. Ledok Sambi adalah salah satu desa wisata yang cukup populer di daerah Pakem, Sleman. Dari pusat kota Jogja jaraknya sekitar 19 km.

Ledok Sambi menyuguhkan pemandangan pedesaan, hamparan sawah, sungai, dan pesona Gunung Merapi. Begitu pula dengan udaranya yang sangat sejuk khas pegunungan. Cocok sekali untuk kamu yang ingin liburan melepas penat di tengah alam yang asri.

Untuk camping di Ledok Sambi, kamu bisa membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Harga sewa tempatnya sebesar Rp35.000,00 per orang per malam. Kamu juga bisa menyewa tenda di Ledok Sambi kalau tidak ingin repot membawa perlengkapan sendiri.

Harga sewa tenda kapasitas 4 orang sebesar Rp120.000,00 per malamnya. Nah, kalau kamu pergi dengan rombongan, kamu bisa langsung memesan paket camping.Pengelola Ledok Sambi menyediakan pilihan paket camping. Mulai dari paket camping untuk perusahaan, kegiatan keluarga, hingga kegiatan sekolah. Semuanya sudah termasuk wisata edukasi dan aktivitas outdoor yang dijamin seru!

Berikut ini beberapa wisata edukasi dan aktivitas outdoor yang tersedia di Ledok Sambi:

  • outbound.
  • naik perahu kayak.
  • melukis gerabah, kaos, atau batik.
  • river tubing.
  • membajak sawah dan menanam padi.
  • Paintball.
  • flying fox.
  • menangkap ikan.

Menarik sekali, ‘kan? Kamu tidak perlu khawatir soal kenyamanan selama camping . Di Ledok Sambi sudah tersedia fasilitas pendukung. Mulai dari masjid, area parkir yang luas, toilet, kamar mandi, instalasi outbound, dan tempat makan.

3. Embung Nglanggeran

Sunset Di Embung Nglanggeran Yogyakarta
Sunset cantik di Embung Nglanggeran, Yogyakarta (Sumber: Instagram.com/banyumaskeren_/).
LokasiNglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 per orang.
Telepon081802606050 / 081804138610.
Rating ulasan4,5/5 dari 4.518 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingGunung Api Purba, Kampung Pitu, Desa Bobung.

Ingin sensasi camping yang berbeda? Kamu bisa mencoba camping di Embung Nglanggeran yang berada di Kawasan Ekowisata Gunung Api Purba. Jaraknya sekitar 27 km dari pusat kota Jogja, dengan waktu tempuh kurang lebih 50 menit perjalanan.

Embung Nglanggeran merupakan danau buatan. Kamu bisa camping di dekat danau ini dengan tambahan view yang tidak kalah menawan. Kamu bisa melihat ke arah perkebunan, perbukitan, dan tebing Gunung Api Purba.

Pada malam hari juga terlihat kerlap kerlip lampu kota di kejauhan. Pemandangan semakin cantik saat matahari terbit dan matahari terbenam. Cahaya matahari yang memantul di permukaan air danau terlihat berkilauan. Dijamin bikin kamu terpesona!

Tempat Camping Di Jogja Embung Nglanggeran
(Sumber: Instagram.com/mohammadagus1973/).

Untuk camping di Embung Nglanggeran kamu bisa membawa tenda sendiri. Kalau ingin praktis, kamu juga bisa menyewa tenda dari pengelola setempat. Namun, disarankan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu karena jumlah tendanya terbatas.

Adapun fasilitas yang tersedia antara lain: area parkir, toilet, gazebo, musala, rumah pohon, lampu penerangan, dan warung makan. Akses jalan menuju Embung Nglanggeran sudah cukup bagus. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun ojek online. Bahkan, beberapa bus Damri sudah memiliki rute yang langsung menuju ke Embung Nglanggeran ini.

4. Puncak Kosakora

Tempat Camping Di Jogja Puncak Kosakora
Tempat camping di Jogja – Puncak Kosakora.
LokasiBanjarejo, Area Hutan, Ngestirejo, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00 per orang.
Telepon0859138571315.
Rating ulasan4,6/5 dari 1.276 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingPantai Ngrumput, Pantai Drini.

Apakah kamu suka camping dengan suasana pantai? Kalau iya, maka wajib berkunjung ke Puncak Kosakora! Puncak Kosakora berada di ketinggian 50 mdpl. Di bagian bawahnya langsung terlihat pemandangan garis Pantai Ngrumput.

Pantai Ngrumput terbentang luas dengan tebing-tebing karst cantik di beberapa titiknya. Kamu bahkan bisa melihat deretan pantai lainnya seperti Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, dan Pantai Kukup. Mercusuar di Pantai Baron juga terlihat jelas dari Puncak Kosakora ini.

Untuk camping di Puncak Kosakora, kamu bisa membawa tenda sendiri. Namun, kalau mau lebih praktis, maka kamu bisa menyewa dari pengelola. Harganya mulai dari Rp60.000,00 untuk tenda ukuran kecil. Sementara tenda dengan ukuran lebih besar harganya sekitar Rp100.000,00. Fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola adalah toilet, warung makan, tempat penjual kayu bakar, dan area parkir.

Untuk mencapai Puncak Kosakora, kamu masih harus berjalan kaki dari area parkir kurang lebih 2 km. Akses jalannya lumayan sempit, menanjak, dan berbatu karang tajam. Kamu harus ekstra hati-hati saat melewati jalur ini. Namun, lelahnya akan terbayar dengan pengalaman camping dan pemandangan yang menawan dari Puncak Kosakora.

5. Puncak Gunung Api Purba (Nglanggeran)

Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran Yogyakarta
Puncak Gunung Api Purba (Nglanggeran), Yogyakarta.
LokasiNglanggeran Wetan, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00 per orang.
Telepon081802606050.
Rating ulasan4,7/5 dari 753 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingEmbung Nglanggeran, Kampung Pitu, Air Terjun Kedung Kandang.

Rekomendasi tempat camping terbaik di Jogja berikutnya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran. Namanya cukup unik, ya? Dinamai Gunung Api Purba karena sekitar 60-70 juta tahun yang lalu gunung ini merupakan gunung api yang sangat aktif. Namun, sudah sejak lama pula gunung ini statusnya sudah tidak aktif lagi.

Tempat Camping Di Jogja Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
Lokasi camping di gunung Api Purba (Nglanggeran).

Tampilan Gunung Api Purba sangat khas dengan tebing-tebing bebatuan besar yang dibalut dengan hijaunya pepohonan. Di bagian puncaknya yang disebut dengan Gunung Gedhe terdapat area lapang yang dikelola menjadi tempat camping.

Dari area parkir, untuk menuju ke area camping ini, kamu harus mendaki kurang lebih 50-60 menit. Aksesnya berupa jalan setapak menanjak dengan bebatuan. Pastinya cukup menantang untuk kamu yang memang menyukai aktivitas outdoor dan pendakian.

Nah, lalu apa nih yang menarik dari camping di Puncak Gunung Api Purba? Tentu suasananya yang tenang dan udaranya yang sejuk. Momen saat sunrise dan sunset paling diburu oleh pengunjung yang datang ke Puncak Gunung Api Purba.

Selain itu, kamu bisa melihat pesona Embung Nglanggeran, area persawahan dan perkebunan buah warga, serta gagahnya Gunung Lima Jari. Di malam hari, cantiknya kerlap kerlip lampu kota akan terlihat di kejauhan. Selama camping kamu juga bisa sembari melakukan aktivitas hiking dan rock climbing.

Pengelola kawasan wisata Gunung Api Purba sudah menyediakan fasilitas seperti:

  • Toilet.
  • Tempat untuk ibadah.
  • Balai pertemuan.
  • Pusat kuliner.
  • Pusat informasi.
  • Posko kesehatan.

Tertarik camping di Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran? Dari kota Jogja jaraknya sekitar 25 km. Kamu bisa menuju ke kawasan ini dengan menggunakan kendaraan pribadi, ojek online, atau bus Damri.

6. Desa Wisata Tinalah

Tempat Camping Di Jogja Desa Wisata Tinalah
Area camping Desa Wisata Tinalah, Yogyakarta (Sumber: Instagram.com/galangbede/).
LokasiJl. Persandian KM 5, Sendang Sari, Purwoharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSenin – Rabu, pukul 08.00 – 16.00 WIB. Kamis, pukul 08.30 – 16.00 WIB. Jumat, pukul 08.30 – 11.00 WIB dan 13.00 – 15.30 WIB. Sabtu, pukul 08.30 – 15.30 WIB. Minggu, pukul 08.30 – 16.00 WIB.
Harga paket campingMulai dari Rp40.000,00 per orang.
Telepon085200552054.
Rating ulasan4,4/5 dari 733 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingSungai Tinalah, Puncak Kleco, Gua Sriti, Situs Rumah Sandi Negara.

Desa Wisata Tinalah merupakan desa wisata yang berada di dekat Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh. Desa ini cocok untuk camping acara komunitas, sekolah, perusahaan, hingga family gathering. Harga paket campingnya sangat bersahabat di kantong, yaitu mulai dari Rp40.000,00 – Rp115.000,00 per orang (3 hari 2 malam).

Panorama alam yang ditawarkan Desa Wisata Tinalah sangat memanjakan mata. Ada aliran Sungai Tinalah, deretan pegunungan nan hijau, dan area persawahan warga. Udaranya pun sangat sejuk dan segar. Kamu bisa refreshing sekaligus mendapatkan experimental learning saat camping di Desa Wisata Tinalah. Pengelola menawarkan konsep camping yang tidak hanya sekadar fun, tetapi juga menyatu dengan alam dan nilai-nilai budaya.

Berikut ini aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan saat camping di Desa Wisata Tinalah:

  • Jungle trekking.
  • River tubbing.
  • Outbound.
  • Susur sungai tinalah.
  • Wisata ke puncak kleco, gua sriti, dan situs rumah sandi negara.

Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola sudah menyediakan fasilitas seperti:

  • Toilet.
  • Kamar mandi.
  • Musala.
  • Gazebo.
  • Area bermain di alam terbuka.
  • Tempat kuliner.
  • Wifi area.
  • Kios cinderamata.
  • Gardu pandang.

Jarak Desa Wisata Tinalah dari Kota Jogja sekitar 25 km dengan waktu tempuh 1 jam 30 menit. Kamu bisa menuju ke desa ini dengan menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun bus. Akses jalannya sudah cukup bagus dan lebar, serta dilengkapi petunjuk arah yang jelas.

7. Bumi Perkemahan Ambarbinangun

Tempat Camping Di Jogja Bumi Perkemahan Ambarbinangun
Campgrounds Ambarbinangun Jogja (Credit: Danto Rahardian).
LokasiJl. Ambarbinangun No. 5C, Kalipakis, Tirtonirmolo. Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Telepon(0274) 373159.
Rating ulasan4,1/5 dari 406 ulasan.
Wana wisata di sekitar tempat camping

Kalau kamu akan camping dengan komunitas atau rombongan, maka Campgrounds Ambarbinangun ini bisa jadi pilihan. Campgrounds Ambarbinganun (Bumi Perkemahan Ambarbinangun) adalah salah satu tempat camping terbaik di Jogja.

Lokasinya mudah dijangkau karena masih berada di dalam kota. Dari pusat kota Jogja jaraknya hanya sekitar 5,3 km. Kalau kondisi lalu lintas lancar, kamu bisa tiba di sana dalam waktu 10-15 menit saja. Akses jalannya pun sudah bagus menggunakan paving.

Bumi Perkemahan Ambarbinangun memiliki area camping yang luas dan lapang, serta terbagi dalam beberapa area. Di sekitar area camping juga ada banyak pepohonan sehingga suasananya lebih teduh. Pengelola Bumi Perkemahan Ambarbinangun sudah menyediakan fasilitas pendopo, aula, toilet, kamar mandi, hingga area parkir yang luas. Di bagian belakang tempat camping juga tersedia area untuk outbound.

Untuk masuk ke Campgrounds Ambarbinangun tidak dikenakan harga tiket masuk khusus. Namun, pengelola menerapkan harga untuk paket camping. Kamu bisa langsung menghubungi pengelola untuk info lebih lanjut tentang harga paket camping di Campgrounds Ambarbinangun ini.

8. Lembah Bendo Camping Ground

Tempat Camping Di Jogja Lembah Bendo Camping Ground
Lembah Bendo Camping Ground Jogja || Foto: Instagram @girikaton_lembahbendo.
LokasiJl. Kaliurang Jl. Bendosari km 22, Berolosari, Umbulharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaRabu – Senin, pukul 09.00 – 17.00 WIB. Selasa tutup.
Harga tiket masuk (HTM)Gratis.
Telepon085743374344.
Rating ulasan4,3/5 dari 404 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingGunung Merapi, Kali Kuning, Bunker Kali Adem.

Lembah Bendo Camping Ground bisa menjadi pilihan tempat camping di Jogja. Lokasinya berada kaki Gunung Merapi. Suasananya sangat tenang dan pemandangannya sangat asri. Di sekitar area camping masih banyak pepohonan rimbun sehingga lebih teduh dan sejuk. Saat senja suasana di Lembah Bendo ini juga akan terlihat semakin cantik.

Saat camping di Lembah Bendo, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas menarik ini supaya makin seru:

  • Berjalan-jalan ke sekitar pemukiman warga. Di sana kamu bisa ngobrol santai dengan penduduk desa, sekaligus belajar tentang pertanian lokal.
  • Outbound dan bermain paintball.
  • Untuk kamu yang suka petualangan yang menguji adrenalin, maka kamu bisa mencoba jeep adventure atau Landrover Off Road. Kamu akan diajak untuk mengunjungi beberapa tempat menarik di lereng Gunung Merapi dengan naik Jeep. Rute yang dilalui lumayan menantang karena melewati jalanan berbatu dan melintasi aliran sungai.
  • Di malam hari kamu bisa menyalakan api unggun dan BBQ dinner bersama teman atau keluarga.

Pengelola menyediakan fasilitas seperti aula, dapur umum, kamar mandi, area parkir, listrik, musala, dan private outbound area. Kamu tidak perlu membayar tiket khusus untuk masuk ke Lembah Bendo. Kamu cukup membayar harga paket campingnya saja. Langsung hubungi pengelola untuk menegosiasikan harga paket camping pilihanmu, ya.

Untuk menuju ke Lembah Bendo Camping Ground akses jalannya sudah bagus. Kamu bisa menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Namun, untuk menuju ke area camping, dari tempat parkirnya, kamu masih harus berjalan turun. Aksesnya melalui tangga yang lumayan curam sehingga perlu sangat berhati-hati.

9. Sinolewah Camping Ground

Tempat Camping Di Jogja Sinolewah Camping Ground
Sinolewah Camping Ground, Yogyakarta.
LokasiDusun Sinolewah, Cangkringan, Tangkisan, Umbulharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00 per orang.
Telepon085729330099 / 085700039390 / 081329155708.
Rating ulasan4,3/5 dari 385 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingGunung Merapi, outbound area.

Sinolewah Camping Ground berada di kaki Gunung Merapi. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit untuk camping di Jogja. Tentu bukan tanpa alasan, ya. Bumi perkemahan Sinolewah memiliki ruang terbuka yang sangat asri dan udaranya sejuk. Kontur lahannya berbukit dan dikelilingi oleh pohon-pohon rimbun. Di titik tertentu, kamu juga bisa melihat hamparan sawah dan kegagahan Gunung Merapi di kejauhan.

Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan saat camping di Sinolewah Camping Ground antara lain trekking di area hutan dan outbound. Saat malam hari kamu bisa menyalakan api unggun dan bersantai bersama teman atau keluarga. Untuk fasilitas, pengelola sudah menyediakan toilet, aula, area parkir, joglo, warung, musala, dan pusat informasi.

Akses jalan menuju ke Sinolewah Camping Ground sudah cukup bagus. Kamu bisa menggunakan mobil, sepeda motor, atau angkutan umum. Jaraknya sekitar 24 km dari pusat kota Jogja. Kalau lalu lintas lancar, kamu sudah bisa tiba di sana dalam waktu kurang lebih 40-45 menit perjalanan.

10. Bumi Perkemahan Lembah Merapi

Tempat Camping Di Jogja Bumi Perkemahan Lembah Merapi
Bumi Perkemahan Lembah Merapi | Foto: Google Maps (Yekti Widyawati).
LokasiSidorejo, Nganggring, Girikerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)
Telepon087739971976 / 08195634607.
Rating ulasan4,3/5 dari 309 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingGunung Merapi, Gardu Pandang dan Bunker Tunggularum, Lembah Kali Boyong.

Bumi Perkemahan Lembah Merapi merupakan salah satu potensi wisata di lereng selatan Gunung Merapi. Tempat ini sering menjadi tujuan untuk camping rombongan karena areanya sangat luas. Rata-rata dari ulasan pengunjung yang pernah camping di sini, mereka merasa sangat puas. Selain pemandangan, soal fasilitas dan kebersihan tempat menjadi hal yang paling disukai.

Lokasinya yang tepat di bawah kaki Gunung Merapi membuat udara di bumi perkemahan ini terasa sangat sejuk dan segar. Selain Gunung Merapi, kamu juga bisa melihat pemandangan hamparan sawah dan sungai yang indah.

Nuansa pedesaannya yang tenang sangat terasa. Asyik sekali untuk refreshing melepas penat di tengah alam. Nantinya di sela-sela waktu camping, kamu bisa melakukan aktivitas outdoor seperti outbound dan trekking.

Kalau kamu tertarik camping di sini, silakan langsung menghubungi pengelola untuk mendapatkan penawaran harganya. Soal fasilitas, kamu tidak perlu khawatir. Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas umum. Fasilitas yang tersedia antara lain, toilet, musala, kantin, pendopo, genset untuk listrik, dan area parkir.

Nah, itulah 10 tempat camping terbaik di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi waktu liburan. Masing-masing menawarkan pesona alam yang berbeda. Mulai dari suasana pedesaan, pegunungan, pantai, hingga hutan di area bumi perkemahan. Kira-kira tempat camping mana nih yang berhasil menarik perhatianmu? Kalau kamu punya rekomendasi lain seputar tempat camping terbaik di Jogja, langsung bagikan infonya melalui kolom komentar, ya!

Baca lebih lanjut: 10 Camping Ground Terbaik di Jawa Tengah »

Previous Article

Cara Memilih Ukuran Sepatu Gunung

Next Article

10 Tempat Camping Terindah di Bandung (Budget Friendly)

Tinggalkan komentar