Tempat Camping di Sukabumi

Dinginnya udara Sukabumi tentu sudah kamu kenal, tetapi bagaimana dengan keindahan wisatanya? Nah, salah satu cara favorit wisatawan untuk berlibur di Sukabumi adalah camping alias berkemah di dekat alam. Kalau kebetulan kamu sedang mencari destinasi semacam ini untuk mengisi waktu liburan, simak rekomendasinya di bawah ini, ya. Berikut 10 tempat camping terbaik di Sukabumi:

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkapnya. Let’s get right in!

1. Situ Gunung

Jembatan Gantung Di Tempat Camping Situ Gunung Sukabumi
Jembatan Situ Gunung yang ada di area camping Situ Gunung.
LokasiTaman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sukabumi.
Jam BukaSetiap hari, 06.00 WIB-16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00 (anak-anak).
Rp50.000,00 (dewasa).
Telepon0857-5960-3463.
Rating ulasan4,6/5 dari 1.669 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingCamping ground di dataran tinggi, wisata air terjun, trekking.

Destinasi camping yang terletak di kawasan Sukamanis, Sukabumi ini berjarak sekitar 16,2 km dari pusat Kota Sukabumi. Dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit menggunakan kendaraan. Untuk menuju destinasi ini, kamu bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi, seperti mobil atau motor. Dan juga kendaraan umum, seperti angkot atau ojek yang pangkalannya bisa kamu temui di sekitar Stasiun Cisaat.

Akses menuju camping ground ini sudah terbilang mudah dilintasi oleh pengunjung. Sebagian jalanan telah dibangun dengan susunan berbatuan yang rapi dan sebagian jalan lainnya terdiri dari susunan paving sehingga tidak becek ketika hujan turun.

Situ Gunung menyediakan sejumlah lokasi untuk camping. Mulai dari yang paling dekat dengan akses keluar kawasan sampai yang terjauh yang terletak di sekitar Curug Sawer. Setiap lokasi perkemahan menawarkan daya tarik yang berbeda satu sama lain.

Kamu bebas menentukan lokasi yang mana saja untuk dipesan, tetapi tak jarang kamu harus berebut dengan orang lain. Namun tak perlu khawatir, di sepanjang perjalanan menuju camping ground akan ada petugas yang siap membantumu memilih lokasi. Jadi, kamu tetap akan kebagian selama lokasi camping belum dipesan semua.

Adapun yang menjadi pusat aktivitas berkemah di kawasan ini adalah Highland Camp. Highland camp merupakan area yang telah didesain sedemikian rupa untuk memenuhi keperluan camping. Ada beragam aktivitas seru yang bisa kamu coba, seperti wisata air terjun, jelajah curug, menyusuri sungai, trekking hutan, dan lain sebagainya.

Destinasi ini memang sudah dipugar beberapa kali demi kenyamanan pengunjung. Tetapi, kamu masih bisa merasakan nuansa asri dengan udara yang sejuk dan menikmati pemandangan alam yang memanjakan mata. Satu hal menarik yang dimiliki Situ Gunung adalah pengunjung bisa merasakan sensasi menyeberang jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Nama jembatan terpanjang tersebut adalah Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung.

2. Pondok Halimun

Tempat Camping Di Sukabumi Pondok Halimun
Tempat camping di Pondok Halimun, Sukabumi.
LokasiJl. Selabintana, Perbawati, Kec. Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp2.500,00/orang.
Telepon(021) 6302039.
Rating ulasan4,5/5 dari 1.202 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingCurug Cibeureum, Kebun Teh, Sungai Cipelang.

Rekomendasi tempat kemah selanjutnya yang bisa menjadi alternatif adalah Pondok Halimun. Destinasi satu ini memiliki area yang sangat luas. Kamu bisa memilih lokasi yang sekiranya paling sesuai untuk mendirikan tenda.

Pondok Halimun terletak di kaki Gunung Gede Pangrango, tepatnya ada di perbatasan Desa Perbawati dan Sudajaya Girang. Jarak dari pusat kota Sukabumi adalah sekitar 12 km.

Dari gerbang masuk Pondok Halimun, kamu harus menyusuri jalan yang tidak terlalu lebar untuk sampai ke lokasi perkemahan. Wisatawan disarankan berjalan kaki atau mengendarai motor karena keadaan jalan tidak memungkinkan untuk menggunakan mobil.

Tempat camping yang satu ini tergolong menjadi favorit banyak orang karena berbagai daya tarik yang ditawarkan. Lokasi ini akan sangat cocok buat kamu yang memang sedang mencari nuansa alam yang kental untuk melepas penat.

Ada beragam aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di sini, seperti bermain air sambil duduk-duduk santai di atas batu sungai. Atau bisa menyewa tikar dari para penjual di sekitar lokasi untuk sekadar menikmati keindahan alamnya.

Kalau suka tantangan, kamu bisa mencoba untuk mengikuti rangkaian wisata River Tubing. Tak perlu khawatir karena kamu akan dibimbing oleh pemandu profesional.

Ada pula aktivitas seru untuk anak-anak supaya mereka tidak bosan dengan wisata alam. Karena tempat ini menyediakan arena playground dan juga outbound untuk melatih keberanian anak-anak.

3. Tanakita 5 Star Camp

Tempat Camping Di Sukabumi Tanakita 5 Star Camp
Tempat Camping di Sukabumi, Tanakita 5 Star Camp.
LokasiJl. Kadudampit KM 09, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSenin–Jumat, jam 09.00–17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp550.000,00/orang/malam.
Telepon0878-2063-1452.
Rating ulasan4,6/5 dari 989 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingSitu Gunung, Pondok Halimun, Curug Sawer, Glamping.

Tanakita 5 Star Camp atau Tanakita Camping Ground masih berada di dalam kawasan Situ Gunung. Lokasinya dekat dengan Curug Sawer dan Callianda Camping Ground.

Destinasi perkemahan satu ini menawarkan konsep Glamour Camping atau sering dikenal dengan istilah glamping. Dari namanya saja, sudah bisa dibayangkan jika kegiatan yang bisa kamu lakukan di sini tidak seperti kegiatan kemah biasa.

Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai fasilitas premium. Jadi, wisatawan tidak akan bersusah-susah mengurusi perkemahan ketika berada di tengah alam. Karena semua fasilitas camping premium sudah disediakan oleh pengelola wisata.

Begitu memasuki area camping ini, kamu akan disambut dengan deretan tenda lengkap dengan kasur yang nyaman dan colokan listrik. Kondisi seperti ini akan membuat pengunjung serasa sedang berada dalam kamar hotel, padahal sedang berkemah.

Masing-masing tenda bisa menampung hingga empat orang. Masalah kebersihan sudah jangan ditanya lagi. Kalau ingin mandi atau menggunakan toilet, kamu tidak perlu bingung. Karena sudah tersedia kamar mandi umum yang dikelola dengan baik dan sudah ada petugas kebersihannya.

Tanakita menawarkan berbagai fasilitas liburan yang membuat pengunjungnya nyaman dan merasa dilayani dengan baik. Mulai dari kegiatan seru yang bisa dilakukan saat berkemah hingga pemenuhan kebutuhan makan dan minum pengunjung.

Kalau kamu tidak kuat dingin, meskipun sedang berkemah kamu masih bisa mendapatkan fasilitas water heater shower. Kamu juga tak perlu khawatir dengan barang bawaan. Karena di bagian depan tenda sudah disediakan tempat untuk meletakkan alas kaki dan barang-barang lainnya.

Semakin memanjakan pengunjungnya, Tanakita menyediakan wahana flying fox yang bisa dicoba secara gratis. Ada pula wahana high rope, jika ingin mencobanya kamu akan dikenakan biaya Rp50.000. Kamu juga bisa menguji adrenalin dengan menikmati kegiatan river tubing dengan tambahan biaya Rp150.000,00/45 menit.

4. Wisata Bukit Baros

Tempat Camping Di Sukabumi Wisata Bukit Baros
Area camping Bukit Baros.
LokasiKampung Cihuis, RT.11/RW.04, Sasagaran, Kebon Pedes, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari jam 08.00–16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00 (weekday), Rp25.000,00(weekend).
Telepon(0266) 6244335.
Rating ulasan 4,3/5 dari 830 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat camping​​Taman Aspirasi, Kampung Lisung Uyut, Pemandian Air Panas Cikundul.

Kawasan perbukitan hutan pinus memang tak pernah salah untuk dijadikan sebagai tempat camping, seperti Wisata Bukit Baros ini. Sebelum dijadikan sebagai destinasi wisata, tahukah kamu kalau dulunya tempat tersebut difungsikan sebagai pabrik keju?

Baru pada tahun 2017, tempat ini resmi diubah menjadi destinasi wisata dan bisa dikunjungi wisatawan. Area ini menyediakan spot untuk camping dan kamu bisa menginap di sini dengan mendirikan tenda.

Tak perlu repot-repot menyediakan tenda sendiri karena pihak pengelola sudah menyediakannya untuk pengunjung. Tenda tersebut bisa muat untuk tiga hingga empat orang. Fasilitas tendanya juga cukup untuk membuatnya nyaman karena dilengkapi dengan matras yang cukup empuk. Tentunya kamu bisa beristirahat dengan enak dan tidak kedinginan.

Selain tenda, ada alternatif lain untuk bermalam di sini yaitu penginapan berupa kontainer. Tentu saja, kontainer bisa lebih muat banyak orang dan lebih hangat dibandingkan dengan tenda.

Semakin memanjakan wisatawan, di area Bukit Baros juga terdapat perkebunan teh dan kopi. Pemandangannya cukup bagus dan tak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai latar fotomu agar lebih estetik.

Wisata Bukit Baros terletak tak terlalu jauh dari pusat kota Sukabumi, yaitu hanya 7 km. Dan bisa ditempuh dengan kendaraan dalam waktu sekitar 20 menit.

5. Cidahu Camping Ground

Tempat Camping Di Sukabumi Cidahu Camping Ground
Cidahu Camping Ground.
LokasiJl. Raya Cidahu, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSabtu–Kamis jam 08.00–16.00 WIB, Jumat jam 13.00–16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp30.000,00/orang.
Telepon0856-2432-6964.
Rating ulasan​ 4,7/5 dari 731 ulasan Google.  
Wana wisata di sekitar tempat camping​​Kawah Ratu, pohon pinus.

Memiliki rencana camping bersama keluarga atau teman-teman? Kamu bisa menjatuhkan pilihan ke Cidahu Camping Ground. Lokasi ini juga dikenal sebagai track pendakian Gunung Halimun Salak dan Kawah Ratu.

Jalan menuju lokasi camping ini cukup menanjak dan memiliki beberapa belokan. Tak jarang, mobil tidak kuat menanjak karena saking curamnya. Sebagai solusi, kamu bisa naik ojek untuk sampai ke lokasi.

Setelah sampai di gerbang masuk, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Setelahnya, kamu akan menjumpai beberapa pos yang bisa menjadi tempat camping.

Kegiatan berkemah sepertinya akan lebih lengkap dengan api unggun. Namun, kamu tak perlu menyiapkan semua peralatannya dari rumah karena ada banyak pedagang yang menjual kayu bakar di sana.

Memiliki area yang sangat luas, di tempat ini juga terdapat banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Konturnya juga rapi dan berundak-undak sehingga menambah keindahan camping ground ini.

Selain camping, ada kegiatan lain yang tak kalah seru untuk kamu lakukan. Salah satunya adalah mengunjungi Kawah Ratu dengan berjalan kaki. Meskipun lelah, tetapi semua akan terbayang setelah melihat indahnya pemandangan alam dari kawah tersebut.

6. Camping Ground Batu Tapak

Tempat Camping Di Sukabumi Camping Ground Batu Tapak
Camping Ground Batu Tapak, Sukabumi.
LokasiJl. Cangkuang Km 12, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSenin–Jumat 08.00–17.00 WIB, Sabtu–Minggu 06.00–22.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Biaya lokasi Rp20.000–Rp50.000/orang/malam.
Telepon0877-8072-5576.
Rating ulasan​ 4,5/5 dari 688 ulasan Google.  
Wana wisata di sekitar tempat camping​​​Curug Cangkuang, Javana Spa, Cidahu Camping Ground, Camp Bravo Cidahu.

Memiliki rencana camping bersama keluarga atau teman-teman? Kamu bisa menjatuhkan pilihan ke Cidahu Camping Ground. Lokasi ini juga dikenal sebagai track pendakian Gunung Halimun Salak dan Kawah Ratu.

Jalan menuju lokasi camping ini cukup menanjak dan memiliki beberapa belokan. Tak jarang, mobil tidak kuat menanjak karena saking curamnya. Sebagai solusi, kamu bisa naik ojek untuk sampai ke lokasi.

Setelah sampai di gerbang masuk, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 300 meter. Setelahnya, kamu akan menjumpai beberapa pos yang bisa menjadi tempat camping.

Kegiatan berkemah sepertinya akan lebih lengkap dengan api unggun. Namun, kamu tak perlu menyiapkan semua peralatannya dari rumah karena ada banyak pedagang yang menjual kayu bakar di sana.

Memiliki area yang sangat luas, di tempat ini juga terdapat banyak pohon pinus yang menjulang tinggi. Konturnya juga rapi dan berundak-undak sehingga menambah keindahan camping ground ini.

Selain camping, ada kegiatan lain yang tak kalah seru untuk kamu lakukan. Salah satunya adalah mengunjungi Kawah Ratu dengan berjalan kaki. Meskipun lelah, tetapi semua akan terbayang setelah melihat indahnya pemandangan alam dari kawah tersebut.

7. Caldera Adventure – River Resort Citarik

Caldera Adventure River Resort Citarik
Caldera Adventure – River Resort Citarik.
LokasiJl. Alternatif Cikidang – Pelabuhan Ratu RT. 5 RW. 3, Kampung Lebak Wangi, Cijambe, Cikidang, Cikiray, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam Buka24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Mulai dari Rp100.000 sesuai paket wisata yang dipilih.
Telepon(021) 28541771.
Rating ulasan​ 4,5/5 dari 655 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingArung Jeram Citarik, Kaki Langit Adventure Camp.

Sudah penat dengan hiruk pikuk perkotaan? Segarkan pikiranmu dengan merasakan suasana alam yang ditawarkan oleh Caldera Adventure – River Resort Citarik. Caldera Adventure berada di kawasan Cikidang, Sukabumi.

Tak ada salahnya memutuskan menginap di sini karena destinasi ini menyediakan 14 villa keluarga dengan kapasitas 3-5 orang. Jika ingin lebih dekat dengan alam, kamu bisa berkemah di sini karena tempat ini menawarkan 50 buah tenda dome berkapasitas tiga orang. Dan 10 buah tenda eksklusif besar dengan kapasitas lima orang. Dengan menyewa tenda, kamu juga sudah mendapatkan kelengkapan lainnya seperti matras dan sleeping bag.

Beberapa fasilitas lain yang siap memanjakanmu, di antaranya:

  1. Rafter Cafe 2 lantai.
  2. 1 buah saung Rangon yang cukup luas dengan kapasitas 35–45 orang.
  3. 48 fasilitas toilet.
  4. Restoran dua lantai dengan suasana nyaman dan pemandangan yang indah.
  5. Beberapa lahan permainan yang bisa menampung sekitar lima hingga enam group.

Untuk kegiatan yang lebih menantang, cobalah permainan high ropes yang sudah terpasang secara permanen. Dan juga flying fox dengan panjang 130 m yang melintasi Sungai Citarik. Ada pula kegiatan seru lain yang bisa kamu lakukan secara berkelompok, yaitu rafting, paintball, trekking, dan lain sebagainya.

8. Javana Spa

Tempat Camping Di Sukabumi Javana Spa
Area camping di Javana Spa, Sukabumi.
LokasiCangkuang, Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari jam 06.00–22.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000/orang (camping).
Telepon(021) 7260416.
Rating ulasan​ 4,4/5 dan 517 ulasan Google.  
Wana wisata di sekitar tempat campingKawah Ratu, Gunung Salak, Javana Spa, restoran kecil.

Javana Spa terletak pada ketinggian 1.200 mdpl dan dikelilingi oleh hutan pinus. Tempat ini memiliki 7 air terjun pribadi yang aksesnya tidak jauh dari Kawah Ratu, Gunung Salak.

Javana Spa Highland Camp memiliki lokasi perkemahan eksklusif dengan banyak kelebihan alam dibandingkan dengan lokasi sejenis lainnya. Meskipun sedang berkemah, kamu masih bisa mendapatkan fasilitas water heater agar tidak kedinginan jika ingin mandi. Karena kawasan ini terkenal dengan hawa dingin.

Dengan berkemah di Javana Spa, Highland Camp, kamu dan rombongan akan dimanjakan dengan layanan standar hotel bintang lima. Tempat ini menyediakan fasilitas tenda besar dengan kapasitas empat orang lengkap dengan kasur, bantal, dan selimut dalam satu paket.

Semakin menambah kemewahannya, di depan tenda juga dilengkapi dengan teras depan. Kamu bisa menggunakannya untuk berkumpul dan bercengkerama dengan kelompokmu untuk menambah keakraban.

Untuk urusan konsumsi, di sini sudah tersedia mini resto yang berada tepat di area perkemahan. Di mini resto ini, kamu dapat menikmati hidangan istimewa sembari melihat pemandangan lepas di sekitarnya. Pemandangan akan tampak lebih indah pada malam dengan gemerlap lampu-lampu kota.

Ingin melakukan kegiatan yang menantang selain berkemah? Kamu bisa mencoba trekking trip menuju Kawah Gunung Ratu yang berjarak sekitar 2 jam dari Javana Spa Highland Camp. Tak perlu khawatir dengan keamanannya karena kamu akan didampingi oleh pemandu yang ahli. Lintasan trekking sudah diatur rapi oleh Tim Javana Spa.

9. Griya Sawah Lega

Tempat Camping Di Sukabumi Griya Sawah Lega
Griya Sawah Lega, Sukabumi.
LokasiKp. Cidokom, Ds. Kopo Kecamatan Cisarua, Jawa Barat, Cisarua, Puncak, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp30.000 (Berkemah).
Telepon 0857-7145-8088.
Rating ulasan​ 4,2/5 dari 456 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingWaterpark Taman Wisata Matahari, The Ranch Cisarua, Curug Cilember.

Griya Sawah Lega menawarkan area perkemahan yang unik karena berada di komplek resort. Pengunjung bisa merasakan camping seperti di taman.

Di sini tersedia dua buah lapangan yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan luar ruangan. Untuk mendirikan tenda, sudah tersedia area yang terdiri dari tiga lapangan besar dan beberapa lapangan kecil. Kapasitas tempat camping sekitar 100 tenda.

Selain camping, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di kawasan ini. Mulai dari yang cukup santai hingga menantang. Griya Sawah Lega menawarkan wahana outbound, paintball, hingga gathering perusahaan.

Bagi yang punya hobi memancing, tempat ini juga cocok dikunjungi karena menawarkan kolam pancing yang disediakan untuk pengunjung. Tempatnya sangat bersih dan suasananya sangat dekat dengan alam.

Untuk menuju lokasinya sendiri tidaklah terlalu sulit. Kamu bisa masuk dari Cisarua yang berjarak sekitar 3,4 km dari lokasi.

10. Bravo Adventure

Tempat Camping Di Sukabumi Bravo Adventure
Bravo Adventure, Sukabumi.
LokasiBantarselang, Cikidang, Sungai Citarik, Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat.
Jam BukaSetiap hari 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000.
Telepon0812-8020-8020
Rating ulasan​4,3/5 dari 306 ulasan Google.
Wana wisata di sekitar tempat campingSitu Cisuba, Waterpark Anak Raja Cikidang, Cikidang Lauik, Cikidang Animal Kingdom.

Sedang mencari perkemahan dengan konsep glamping? Bravo Adventure mungkin bisa menarik perhatianmu.

Menikmati perkemahan dengan fasilitas serba mewah di tengah hutan sepertinya bukan hal yang mustahil. Karena Bravo Adventure akan mewujudkannya untukmu. Pihak pengelola telah menyediakan beberapa tenda dengan fasilitas eksklusif, seperti twin bed hingga AC yang sama seperti hotel.

Selain glamping, ada aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan di sini daripada hanya duduk-duduk saja di dalam tenda. Cobalah untuk mengikuti tour dengan Jeep, menyalakan api unggun dan bercengkerama bersama rombongan, rafting, paintball, memanah, dan lain sebagainya.

Untuk harga per malam menginap di glamping ini beragam, mulai dari Rp209.000/pax hingga Rp589.000/dua orang.

Nah, itulah tadi rekomendasi tempat camping yang ada di Sukabumi. Bagi kamu yang sudah merencanakan liburan dengan berkemah, tempat-tempat tadi bisa menjadi pilihan. Tinggal pilih saja kira-kira mana tempat yang paling sesuai dengan seleramu.

Kegiatan camping tidak pernah membosankan. Karena dilakukan dengan banyak orang, kamu bisa semakin menjalin keakraban dan menambah keseruan bersama mereka. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera rencanakan kedatanganmu di camping ground atau glamping di atas ini!

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Terbaik di Bogor »

Previous Article

Tempat Camping di Bogor

Next Article

Tips Merawat Tas Gunung

Tinggalkan komentar