15 Tempat Camping Terbaik di Indonesia yang Lagi Hits (2022)

Indonesia adalah negeri yang berada di garis khatulistiwa yang memiliki bentang alam yang menakjubkan. Karena keindahan alamnya, di Indonesia memiliki banyak tempat camping yang memukau. Mulai dari area camping di pegunungan, perbukitan, sabana hingga pantai.

Lalu, di manakah tempat camping terbaik di Indonesia? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami telah melakukan kurasi dari ratusan tempat camping terbaik yang tersebar di seluruh Indonesia. Hasilnya? Kami memilih 15 tempat camping terbaik di Indonesia versi napaktilas.net. Tertarik? Berikut 15 rekomendasi tempat camping terbaik di Indonesia:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Grafika Cikole

Tempat Camping Di Indonesia Grafika Cikole
Grafika Cikole, Bandung (sumber: instagram.com/sewa_tenda_familycamp_bandung/)
LokasiJl. Raya Tangkuban Parahu No.Km.8, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 08:00 – 16:00 WIB
Sabtu – Minggu, 08:00 – 18:00 WIB
Harga paket campingPondok Wisata Alam (kapasitas 6 orang) Rp1.265.000/malam (sudah termasuk sarapan pagi). Fasilitas: tempat tidur King Size, kamar mandi dengan akses air panas, TV, air mineral, akses listrik, balkon, api unggun (fasilitas bersama)
Urban Camp (kapasitas 4 orang) Rp1.400.000/malam (sudah termasuk sarapan pagi). Fasilitas: Tempat tidur King Size, kamar mandi dengan akses air panas, TV, air mineral, akses listrik, api unggun (fasilitas bersama)
Camping Keluarga: Sewa Tenda dome VIP, kapasitas 4 orang: Rp460.000/tenda. Fasilitas: 4 buah sleeping bag, akses listrik, api unggun (fasilitas bersama)
Camping massal: Sewa tenda dome kapasitas 4 orang: Rp460.000/tenda. Fasilitas: sleeping bag untuk 4 orang, mie instan, dan api unggun (fasilitas bersama).
Telepon02282782441
Rute menuju lokasi camping dari Bandung46 menit (18.0 km) via Jl. Dago Giri
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingFlying fox, kebun strawberry, interaksi rusa dan domba, Rabbit Farm, Bird Park, paintball, taman  bermain anak-anak, outbond anak, outbond dewasa, panahan, jembatan Burma, jembatan tali dua, rumah pohon, turun tebing

Terminal Wisata Grafika Cikole merupakan tempat camping di Bandung favorit para campers. Berada di kaki Gunung Tangkuban Perahu, Grafika Cikole tawarkan pengalaman “back to nature” yang seru. Lahan wisata seluas 8 hektar dengan ketinggian 1400 mdpl ini merupakan area hutan pinus yang rindang. Udara di sekitar area camping ground juga sangat sejuk khas kawasan pegunungan.

Untuk yang ingin camping, harus check-in di lobi Grafika Cikole. Lokasi lobi ini berada tepat di tepi jalan raya menuju ke arah Lembang. Setelah check in, kamu akan langsung diarahkan menuju rute wisata. Medan menuju lokasi wisata Grafika Cikole ini sangat terawat dan lebar. Sehingga, sepeda motor maupun mobil bisa melintas dengan mudah.

Bagi yang ingin camping, tidak perlu repot-repot membawa tenda. Kamu bisa langsung memesan paket camping Keluarga. Atau, kamu juga bisa memesan paket camping massal untuk keperluan berkemah rombongan besar dari instansi. Tenda akan didirikan di atas platform kayu yang memberikan jarak antara tenda dengan permukaan tanah.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir kedinginan saat berbaring di dalam tenda. Tenda yang disewakan juga terbuat dari material kain tahan air yang sangat kokoh. Jadi, kamu bisa tetap nyaman berkemah walaupun dalam kondisi hujan lebat. Fasilitas toilet, restoran, area api unggun, dan mushola juga tersedia.

Kamu juga bisa menikmati sensasi glamping yang seru. Di lokasi wisata ini juga terdapat fasilitas pondok wisata yang sangat estetik. Pondok wisata ini terbuat dari material kayu yang sangat kokoh. Pemandangan pondok kayu dengan pepohonan pinus dan padang rumput hijau di latar belakangnya tentu membuat kesan keindahan tersendiri.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati glamping dengan menginap di tenda urban. Tenda urban ini memadukan sensasi camping di hutan pinus dengan kenyamanan menginap di pondok kayu yang estetik. Berbagai kegiatan seru bisa dilakukan di sini. Mulai dari flying fox, petik buah strawberry, outbond anak, dan lain-lain.

2. Bukit Klangon

Tempat Camping Di Indonesia Bukit Klangon
Bukit Klangon, Jogja (sumber: instagram.com/inboxtravel/)
LokasiKalitengah Lor, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingHTM: gratis
Sewa tenda: Rp15.000/tenda
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Yogyakarta1 jam 5 menit (31.7 km) via Jl. Kaliurang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan puncak Gunung Merapi, spot berfoto Instagramable

Bukit Klangon merupakan salah satu tempat camping terbaik di Jogja untuk mendapatkan pemandangan Gunung Merapi. Lokasi camping ground ini Desa Glagaharjo. Tepatnya, ada di kaki Gunung Merapi. Sudah pasti, cuaca di bumi perkemahan ini terasa sangat sejuk. Bahkan, temperatur udara bisa turun hingga 15 derajat celcius. Ada baiknya untuk membawa perbekalan jaket, kaos kaki, dan selimut untuk kamu yang berencana camping di sini.

Jika kamu beruntung, kamu bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi yang terlihat perkasa di kejauhan. Pemandangan rimbun hutan yang mengitari bukit ini juga memberikan keindahan tersendiri. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan Gunung Merapi dari bukit ini adalah sebelum jam 09:00 pagi. Di atas jam tersebut, kamu akan kesulitan mendapatkan pemandangan terbaik akibat munculnya kabut.

 Di beberapa titik, terdapat gardu pandang yang menyajikan pemandangan alam yang sangat indah. Jika ingin mendapatkan pemandangan dari seluruh area Bukit Klangon, kamu bisa naik ke Gardu Pandang 2 yang lokasinya berada di puncak bukit. Selain itu, terdapat juga jembatan yang menghubungkan antara area parkir dengan gardu pandang 2. Pemandangan Gunung Merapi dari jembatan ini sudah pasti tak kalah indah.

Dari pos gardu pandang 2, kamu bisa langsung berjalan melewati jalan setapak kecil menuju camping ground. Kamu bisa mendirikan tenda di padang rumput yang hijau dan sangat luas. Area perkemahan ini bahkan bisa muat hingga ratusan tenda ukuran standar. Di sekitar bumi perkemahan terdapat pepohonan rindang yang semakin menambah keasrian. Sewa tenda tersedia dengan  harga terjangkau.

Di dekat camping ground, terdapat gazebo kayu untuk bersantai. Selain, itu ada juga spot cantik untuk berfoto-foto ria. Fasilitas lainnya yang tersedia adalah lahan parkir. Di Bukit Klangon ini, ada 2 jenis lahan parkir, yaitu lapangan parkir utama di dekat pintu masuk dan lahan parkir di dekat camping ground. Fasilitas toilet yang bersih juga tersedia. Di dekat lahan parkir utama, terdapat deretan warung yang menjual aneka hidangan lezat.

3. Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Tempat Camping Di Indonesia Mandalawangi Cibodas Camping Ground
Mandalawangi Cibodas Camping Ground, Cianjur (sumber: instagram.com/mandalawangicibodaspuncak/)
LokasiKomplek Pasar Lapang Mandalawangi Samping Gedung TNGGP, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingCamping umum: Rp24.000/malam (weekdays), Rp29.000/malam (hari libur & tanggal merah)
Camping pelajar: Rp15.000/malam (weekdays), Rp18.000/malam (hari libur & tanggal merah)
Camping mancanegara: Rp315.000/malam (weekdays), Rp465.000/malam (hari libur & tanggal merah)
Telepon+62818430794
Rute menuju lokasi camping dari Bandung2 jam 43 min (88.0 km) via Jl. Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSarana outbond, spot foto Rumah Korea, berperahu di danau, rumah pohon, trekking, flying fox, lintas tali pohon, spider net, lintas danau

Mandalawangi Cibodas Camping Ground merupakan salah satu tempat camping di Jawa Barat yang paling disukai untuk acara camping keluarga. Di sini, kamu bisa menikmati keseruan sensasi camping di alam bebas tanpa harus mendaki Gunung Gede Pangrango. Namun, keindahan alam khas pegunungan yang ditawarkan tak kalah indah. Ditambah lagi, fasilitas yang disediakan juga cukup memuaskan.

Akses menuju bumi perkemahan ini juga sangat mudah dilewati kendaraan mobil maupun sepeda motor. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu bisa langsung masuk ke area bumi perkemahan. Di sekitar area parkir, terdapat kios yang menawarkan persewaan tenda dan perlengkapan camping. Harganya pun sangat beragam dan bisa kamu pilih sesuai dengan budget. Selain itu, kamu juga bisa menemukan deretan warung yang menjual berbagai hidangan lezat.

Untuk mencapai bumi perkemahan dari lahan parkir, kamu harus berjalan selama 10 menit. Memasuki bumi perkemahan, kamu akan melewati terowongan berbentuk mulut komodo yang menganga. Selanjutnya, kamu akan melewati jalan setapak yang dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Area perkemahan ini sangat luas. Kamu bisa pilih sendiri lokasi yang paling nyaman untuk mendirikan tenda.

Salah satu spot mendirikan tenda yang paling populer berada tepat di dekat sungai. Suara gemercik sungai yang melintasi berbatuan besar menjadi irama musik alam tersendiri. Kamu juga bisa turun ke sungai dengan air yang jernih untuk bermain-main. Selain itu, terdapat juga area danau yang sangat luas dengan pemandangan Gunung Gede Pangrango yang megah. Terdapat persewaan perahu canoe yang bisa kamu manfaatkan untuk mengeksplorasi area danau.

Fasilitas yang tersedia juga lumayan lengkap. Terdapat fasilitas toilet dan mushola yang terawat. Akses listrik juga tersedia dengan biaya sebesar Rp150.000. Kamu juga bisa menikmati berbagai kegiatan outbond maupun trekking menuju Curug Cibereum.

Medan menuju curug dari lokasi perkemahan ini lumayan terjal. Tapi, semuanya akan terasa sangat sepadan begitu kamu sampai di wisata air terjun tersebut. Jangan lupa untuk membawa serta jaket yang tebal. Karena, suhu udara jadi sangat dingin di malam  hari.

4. Bedengan

Tempat Camping Di Indonesia Bedengan
Bedengan, Malang (sumber: instagram.com/ericka_adventure.team/)
LokasiJl. Raya Selokerto, Godehan, Selorejo, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp12.000/orang (HTM) Rp25.000/tenda (tarif sewa camping ground)
Rp60.000/tenda (sewa tenda kapasitas 4 orang + 3 unit matras)
Telepon085161191942
Rute menuju lokasi camping dari Surabaya2 jam 2 menit (107.9 km) via Jl. Tol Pandaan – Malang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan tepi sungai, pemandangan hutan pinus, spot berfoto, flying fox

Masyarakat Kota Malang pastinya familier dengan Bedengan. Bedengan dikenal sebagai lokasi camping ground yang menawarkan sensasi camping tepat di pinggir sungai. Lokasi bumi perkemahan juga berada di tengah-tengah area hutan pinus yang sangat asri dan cantik. Untuk mencapai lokasi wisata camping ini, kamu bisa langsung mengikuti panduan dari Google Maps.

Saat sampai di persimpangan, pilihlah rute jalan yang lurus. Hindari memilih rute ke kanan. Kecuali, jika kamu ingin menikmati sensasi offroad akibat medan tanah yang tidak rata. Rute utama sebenarnya tidak terlalu luas. Namun, kondisi jalan yang sudah beraspal membuat kendaraan lebih mudah melintas.

Mendekati bumi perkemahan, medan aspal nantinya akan berganti menjadi medan tanah. Di sisi kanan kiri jalan, terdapat perkebunan jeruk yang sangat asri. Setelah memasuki gapura, kamu harus melintasi aliran sungai kecil berair jernih. Namun, tidak perlu khawatir. Aliran air sungai ini sangat dangkal. Sehingga, mobil matic sekalipun bisa melewatinya dengan mudah. Kamu sekali lagi akan melintasi jalan tanah yang diapit perkebunan jeruk warga.

Sesampainya di bumi perkemahan, kamu akan disambut dengan pepohonan yang lebat dan sangat rimbun. Udara di area bumi perkemahan juga sejuk dan menyegarkan. Ditambah lagi, dengan suara gemercik air sungai jernih yang melintasi area bumi perkemahan. Kamu bisa langsung mendirikan tenda di dekat sungai maupun di antara pepohonan pinus.

Di beberapa titik, terdapat sejumlah gazebo sederhana untuk beristirahat sejenak. Ada juga berbagai spot berfoto menarik yang menawarkan latar belakang pemandangan hutan pinus. Pemandangan alam yang indah berpadu sempurna dengan suasana yang hening dan tenang. Sehingga, Bedengan jadi destinasi terbaik untuk kamu yang ingin self-healing.

Akses toilet dan mushola sangat mudah di sini. Untuk akses listrik, kamu akan ditarik biaya sebesar Rp75.000. Selain itu, kamu juga bisa membeli kayu bakar yang dijual Rp40.000 per ikat untuk api unggun. Kamu juga bisa menikmati aneka hidangan di foodcourt. Bedengan juga jadi spot untuk outbond yang seru!

5. Sunrise Camp Gunung Prau

Tempat Camping Di Indonesia Sunrise Camp Gunung Prau
Sunrise Camp Gunung Prau, Wonosobo (sumber: instagram.com/agus_supriadi2/)
LokasiKalilembu, Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp25.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Semarang2 jam 41 menit (100.4 km) via Jl. Tol Semarang – Batang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan pegunungan, pemandangan Milky Way

Kurang lengkap rasanya mendaki Gunung Prau tanpa bermalam di Sunrise Camp. Sunrise Camp ini menjadi tujuan utama bagi para pemburu golden sunrise. Dari ketinggian 2565 mdpl, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan lautan awan yang indah. Siluet Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi terlihat sangat indah. Dari poling para pendaki dan campers, Sunrise Camp Gunung Prau jadi salah satu tempat camping di Jawa Tengah yang paling recommended.

Idealnya, kamu memiliki peluang besar untuk menikmati sunrise sekitar Bulan April – Oktober. Di Bulan Oktober, kamu juga bisa menyaksikan fenomena alam Milky Way di malam hari. Sedangkan, kamu tidak terlalu disarankan untuk mengunjungi Sunrise Camp di Bulan November maupun saat weekend. Saat akhir pekan, camping ground ini sudah pasti akan dipenuhi orang. Sedangkan, cuaca di Bulan November kurang baik untuk diadakan pendakian. Rute menuju camping ground ini juga akan menjadi lebih sulit di musim hujan.

Dari segi rute pendakian, medan ke Sunrise Camp tergolong cukup ringan. Untuk mencapai Sunrise Camp dibutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam dari basecamp Patakbanteng. Rute pendakian dari Patakbanteng merupakan yang paling populer.

Namun, medannya cukup menantang dan didominasi dengan tanjakan curam. Namun, rute tersebut masih sangat bisa dilalui oleh para pemula. Atau, kamu bisa pilih Rute Dieng dengan medan yang lebih landai. Tapi, waktu pendakian yang dibutuhkan otomatis akan lebih lama. Untuk lebih jelasnya tentang estimasi waktu pendakian dan medan kesulitan pendakian, kami telah merangkum pembahasannya di artikel 6 jalur pendakian Gunung Prau ini.

Terdapat fasilitas mushola bagi kamu yang ingin menjalankan ibadah sholat. Akan tetapi, akses air dan toilet tidak tersedia. Akses toilet hanya tersedia di basecamp saja. Di Sunrise Camp juga tidak tersedia warung atau kedai. Sehingga, pastikan kamu sudah membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup sebelum mendaki. Di malam hari, suhu di Sunrise Camp bisa mencapai 0 – 5 derajat celsius. Jadi, pastikan kamu membawa selimut dan jaket yang tebal.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesadaran untuk membawa turun sampah mereka setelah camping. Akibatnya, keindahan dari Sunrise Camp jadi ternodai dengan adanya sampah-sampah pendaki yang berserakan. Setelah mendaki bawa turun sampahmu, ya.

6. Pantai Viovio

Tempat Camping Di Indonesia Pantai Viovio
Pantai Viovio, Riau (sumber: instagram.com/vioviobeach/)
LokasiSijantung, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingSewa Family Gazebo, Rp350.000/malam (kapasitas 1 – 10 orang)
Sewa Seaside Gazebo, Rp300.000/malam (kapasitas 1 – 4 orang)
Sewa tenda dengan Garden View, Rp200.000/malam (1 – 4 orang). Fasilitas: free breakfast dan barbecue di malam hari
Sewa tenda Sea View, Rp175.000/malam (kapasitas 1 – 3 orang). Fasilitas: free breakfast
Telepon082386023957
Rute menuju lokasi camping dari Tanjung Pinang  103 jam (2,079.3 km) via Bitung – Kijang/Kiijang – Tj. Priok/Kijang – Bitung/Tj. Priok – Kijang and Batam (Sekupang) – Tj. Priok/Belawan – Tj. Priok/Tj. Priok – Batam (Sekupang)/Tj. Priok – Belawan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot berfoto, Rumah Kelinci, Live show, api unggun, fun games

Pantai Viovio adalah salah satu hidden gem di Batam yang wajib untuk dikunjungi. Terutama, untuk kamu yang ingin menyepi dari hiruk-pikuk Kota Batam. Tak hanya hadir dengan keindahan alam, pantai ini juga menawarkan spot berkemah yang menarik. Bahkan area camping Pantai Viovio menduduki peringkat #1 tempat camping di Batam yang paling diminati para campers.

Akses jalan menuju Pantai Viovio tergolong mudah. Area jalan memang masih dalam pembangunan. Sehingga, tak heran jika kondisi jalan masih berbentuk medan tanah dan bergelombang. Kontur tanah yang menanjak dengan turunan curam juga menjadi tantangan tersendiri. Namun, masih cukup nyaman untuk dilalui kendaraan roda empat dan roda dua.

Sesampainya di pantai, kamu bisa langsung mendirikan tenda di lahan yang tersedia. Ada baiknya untuk melakukan reservasi di spot yang kamu inginkan terlebih dulu. Kamu bisa memilih area camping dengan pemandangan pepohonan hijau di dekat pantai.

Atau, kamu juga bisa memilih lokasi dengan pemandangan laut untuk menikmati sunset dari tenda. Di beberapa titik juga terdapat pondok gazebo yang bisa kamu pakai untuk bermalam. Ini bisa jadi alternatif jika kamu tidak terbiasa tidur di tenda.

Di area camping ground terdapat lampu-lampu gantung yang membuat suasana di malam hari semakin meriah. Selain itu, terdapat juga panggung sederhana tempat diadakannya live performance di malam hari. Acara barbecue, fun games, dan api unggun juga diadakan. Rumah Kelinci bisa dikunjungi dengan membayar Rp10.000/orang. Fasilitas mushola, café, toilet dan kamar mandi juga tersedia. Untuk toilet, kamu harus bayar Rp3.000 untuk buang air kecil dan Rp5.000 untuk buang air besar dan mandi.

Di siang hari, kamu bisa mengeksplorasi hamparan pantai dengan pasir putih yang cantik. Sayangnya, air laut di sini cukup keruh. Sehingga, kurang direkomendasikan untuk berenang di sini. Tapi, kamu bisa berfoto ria di selfie spot yang tersedia. Kamu juga bisa menyusuri jembatan platform kayu menuju selfie spot di dekat hutan bakau. Di atas jam 07:00, udara pantai sangatlah terik. Jadi, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen dan mengenakan topi.

7. Tepi Buyan Campfire

Tempat Camping Di Indonesia Tepi Buyan Campfire
Tepi Buyan Campfire, Bali (sumber: instagram.com/tepibuyancampfire/)
LokasiJalan Wisata Danau Buyan, Pancasari, Sukasada, Buleleng Regency, Bali (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang (sewa area camping)
Rp125.000/malam (sewa tenda kapasitas 4 orang). Fasilitas: matras, selimut, bantal, dan set up tenda
Rp80.000/malam (sewa tenda kapasitas 2 orang). Fasilitas: matras, selimut, bantal, dan set up tenda
Telepon0819363601111
Rute menuju lokasi camping dari Denpasar1 jam 25 menit (57.6 km) via Jl. Denpasar-Singaraja
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Danau Buyan, memancing ikan air tawar, menyalakan api unggun, spot berfoto

Siapa bilang Bali hanyalah dikenal dengan pemandangan pantainya? Datanglah ke kawasan Bedugul dan bermalam di Tepi Buyan Campfire. Tepi Buyan Campfire ini merupakan tempat camping di Bali yang paling populer di kalangan pencinta alam di Bali. Hamparan padang rumput yang luas bisa muat hingga ratusan tenda. Selama camping di sini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan Danau Buyan yang sangat luas. Pemandangan hutan pinus yang mengitari kawasan perkemahan juga menambah kesejukan.

Buyan Camp Camping Ground sebenarnya merupakan area konservasi alam. Sehingga, kamu juga diharapkan untuk menjaga kelestarian alam selama berkemah. Misalnya, dengan membawa pulang sampah-sampah saat akan pulang. Kamu juga dilarang untuk mengotori danau dan area sekitarnya. Selain itu, membawa sound system dan memutar lagu dengan volume keras juga tidak diperbolehkan. Karena, hal tersebut dapat mengganggu ketenangan peserta kemah yang lain.

Danau Buyan merupakan habitat dari berbagai ikan-ikan air tawar. Kamu diperbolehkan untuk memancing ikan dengan umpan yang dibawa sendiri dari rumah. Kamu jugabisa menyalakan api unggun dengan membeli kayu bakar di warung terdekat. Di sekitar area camping juga terdapat aneka warung yang menjual makanan. Tersedia juga persewaan tenda lengkap dengan fasilitas dan pemasangan tenda. Fasilitas lain seperti toilet dan mushola juga bisa dijangkau cukup berjalan kaki dari area camping. Area parkir untuk mobil dan sepeda motor juga sangat luas.

Sayangnya, tidak semua orang mematuhi peraturan. Di saat weekend, ketenangan di Danau Buyan jadi terganggu akibat ulah sejumlah pengunjung yang membawa sound system. Suasana yang gaduh akibat suara musik tersebut benar-benar mengurangi kenyamanan saat camping di sini. Ditambah lagi, sampah pengunjung yang berserakan sangat mengotori pemandangan. Saat weekdays jauh direkomendasikan jika Anda ingin menikmati pesona alam sesungguhnya di camping ground ini.

8. Binahal Indah Resort

Tempat Camping Di Indonesia Binahal Indah Resort
Binahal Indah Resort, Sumut (sumber: Binahal Indah Resort)
LokasiUjung Saribu, Pematang Silimahut, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingSewa lahan camping: Rp20.000/orang. Fasilitas: kamar mandi, akses listrik untuk charger HP, dan lahan parkir yang luas
Sewa tenda standar + matras: Rp100.000/tenda kapasitas 3 – 4 orang
Sewa tenda layar depan teras + matras: Rp150.000/tenda kapasitas 3 – 4 orang
Sewa Villa kapasitas 4 – 8 orang: Rp1.000.000/malam. Fasilitas: dapur, toilet dan  kamar mandi dalam, tempat BBQ
Sewa Villa kapasitas 6 -10 orang: Rp1.000.000/malam. Fasilitas: dapur, toilet dan kamar mandi dalam, TV, extra bed, dan dapur
Sewa kabin kapasitas 2 orang: Rp300.000/malam. Fasilitas: kamar mandi luar
Sewa kabin kapasitas 4 orang: Rp350.000/malam. Fasilitas: kamar mandi luar
Sewa kamar/room kapasitas 3 orang: Rp400.000 – Rp450.000/malam. Fasilitas: kamar mandi luar
Telepon08127793636
Rute menuju lokasi camping dari Medan3 jam 19 menit (105.4 km) via Jl. Jamin Ginting
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Danau  Toba, Spot berfoto, BBQ, api unggun

Binahal Indah Resort, atau BIR, merupakan salah satu dari 10 spot camping terbaik di Sumatera Utara. Keindahan Danau Toba yang ikonis terlihat sangat jelas dan memesona. Binahal Indah Resort memang  merupakan lokasi camping  keluarga terbaik. Area camping yang luas berlokasi di atas bukit dengan pemandangan Danau Toba. Selain itu, fasilitas glamping yang tersedia juga menantimu.

Untuk menuju Binahal Indah Resort, kamu memang harus melewati rute yang lumayan menantang. Jalanan yang bergelombang dan berbatu benar-benar menguji kelihaianmu dalam berkendara. Pastikan untuk mengecek kondisi dari kendaraan roda dua dan roda empat sebelum menuju ke tempat wisata ini. Kamu juga harus lebih berhati-hati saat berkendara. Pasalnya, di satu sisi jalan berbatasan langsung dengan tebing. Namun, pemandangan langit biru dan perbukitan hijau sepanjang perjalanan sangat memukau.

Rasa lelah akan langsung terbayar begitu sampai di BIR. Memasuki area wisata, kamu akan langsung disambut dengan pemandangan Danau Toba yang sangat cantik. Danau dengan air berwarna biru tersebut dikelilingi dengan barisan bukit hijau yang sangat elok. Kamu bisa berfoto-foto di selfie spot yang tersedia dengan latar belakang pemandangan danau yang memukau.

Area camping ground yang sangat luas memungkinkanmu untuk memilih sendiri spot mendirikan tenda. Sehingga, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Toba dari tenda. Jika kamu tidak membawa tenda, tak perlu khawatir! Karena, pengelola juga menyediakan jasa penyewaan tenda dengan harga beragam. Lokasi camping ground ini juga berdekatan dengan fasilitas kafe. Jadi, jika kamu merasa lapar bisa langsung membeli aneka hidangan yang disediakan. Di malam  hari, kamu juga bisa menyalakan api unggun untuk menghangatkan tubuh.

Selain camping ground, BIR juga menawarkan berbagai fasilitas glamping. Kamu bisa memilih sendiri paket glamping yang tersedia. Untuk jenis paket glamping tertentu tersedia fasilitas tungku untuk BBQ. Selain itu, fasilitas seperti toilet dan mushola juga cukup terawat di sini. Area parkir yang luas mempermudahmu dalam memarkirkan kendaraan.

9. Salaka Nagara Cihunjuran

Tempat Camping Di Indonesia Salaka Nagara Cihunjuran
Salaka Nagara Cihunjuran, Banten (sumber: Ngabring Family Adv)
LokasiSitus Benda Cagar Budya., Jalan Raya Mandalawangi, Pandat, Mandalawangi, Cikoneng, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp25.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Serang1 jam 4 menit (37.3 km) via Jl. Raya Palka and Jl. Raya Ps. Ciomas
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingBerenang di kolam renang, berenang di pemandian, ziarah makam Wali, menyalakan api unggun, barbecue, mini games

Salaka Nagara Cihunjuran dikenal sebagai lokasi persemayaman terakhir dari Syekh Angling Darma. Tapi, taman yang sangat asri ini juga populer sebagai lokasi salah satu tempat camping terbaik di Banten. Lokasi area perkemahan dikelilingi oleh hutan hijau yang sangat lebat. Suara serangga dan burung liar memberikan ketenangan.

Kamu akan dibuai dengan kesejukan hawa khas pegunungan. Area camping yang luas dapat menampung ratusan tenda dengan mudah. Untuk kamu yang memiliki campervan, juga bisa membawa masuk mobilmu ke dalam area perkemahan. Selama camping, ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan. Kamu bisa mengadakan mini games, api unggun, dan BBQ. Namun, kamu harus membawa sendiri perlengkapannya dari rumah.

Buper ini juga dikenal dengan wisata kolam pemandian dan kolam renang. Untuk menjangkau kolam tersebut, kamu harus berjalan kaki cukup jauh. Untuk berenang, kamu harus membayar biaya retribusi sebesar Rp10.000/orang. Air kolam yang sangat dingin dan bebas kaporit pastinya akan sangat menyegarkan tubuhmu. Tentu saja, kamu juga harus berziarah ke makam sang wali. Lokasi makam berada tak jauh dari kolam pemandian. Sehingga, lokasi ziarah ini sangat mudah dijangkau

Dari segi fasilitas, bumi perkemahan Salaka Nagara Cihunjuran ini sudah lumayan lengkap. Kamu bisa mengakses fasilitas toilet. Sayangnya, lokasi toilet yang cukup jauh dari buper mungkin cukup merepotkanmu. Terdapat juga ruang aula yang sangat luas dan difungsikan sebagai mushola.

Selain itu, terdapat juga fasilitas warung yang menjual berbagai makanan serta minuman. Jadi, kamu tidak perlu khawatir merasa kelaparan. Di dekat lokasi pemandian juga terdapat area bilas untuk kamu yang ingin membilas tubuh setelah puas bermain air.

Akses penerangan di malam hari juga tersedia. Sehingga, kamu tetap bisa mengisi daya handphone. Di malam hari, suhu di bumi perkemahan bisa jadi sangat dingin. Sebaiknya, kamu membawa jaket dan selimut yang tebal supaya tidak kedinginan. Selain itu, jangan lupa untuk membawa obat nyamuk. Karena, jumlah nyamuk di sini cukup banyak. Terutama, di sore dan malam hari.

10. Gunung Embun

Tempat Camping Di Indonesia Gunung Embun
Gunung Embun, Paser (sumber: instagram.com/jagat__/)
LokasiDesa luan, Kec. Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingCamping: gratis
Sewa tenda dome keluarga 1 lengkap meja kursi dan lampu serta peralatan masak dan karpet tebal: Rp 250.000 per 3 hari
Sewa tenda dome keong Rp 35.000 Sewa tenda dome eskimo 6 orang Rp. 60.000
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Samarinda5 jam 37 menit (257.6 km) via Jl. Tol Balikpapan – Samarinda and Jl. Penajam – Kuaro
Objek wisata menarik di sekitar lokasi camping                        Pemandangan gunung berkabut, pemandangan perkebunan sawit dan batubara, spot berfoto instagramable

Berkunjung ke Kalimantan Timur tentunya belum lengkap jika belum mengunjungi Gunung Embun. Gunung ini berada tepat di tengah-tengah kebun sawit PT. AAMU. Lokasi gunung yang terpencil membuatnya menjadi surga tersembunyi yang memancing rasa penasaran. Gunung ini tidak terlalu tinggi. Sehingga, sangat direkomendasikan untuk hikers pemula.

Jika kamu ingin mengunjungi gunung ini, bisa langsung ikuti panduan dari Google Maps. Hingga, kamu sampai di medan tanah. Di sinilah keahlian dan kesabaranmu dalam berkendara diuji. Kontur medan yang menanjak dan terdiri dari tanah dan batu sangat menantang. Jalan yang bergelombang tersebut cukup sulit dilalui oleh mobil kota biasa. Sehingga, lebih aman jika kamu berkendara dengan mobil offroad. Medan ini juga cukup berbahaya untuk jenis sepeda motor matic. Kondisi jalan akan semakin buruk di musim hujan. Jadi, kamu harus sangat berhati-hati selama berkendara.

Semakin dekat dengan puncak gunung, pemandangan yang terlihat semakin indah. Kamu bisa menyaksikan tebing yang hijau dan pepohonan sawit. Pemandangan gunung dengan awan seputih kapas yang menutupi puncaknya juga memberikan keindahan tersendiri.

Setelah memarkirkan kendaraan, kamu hanya perlu sedikit mendaki untuk mencapai puncak gunung. Sepanjang jalan, udara sejuk akan langsung menyapa dan mengurangi rasa lelahmu. Di kejauhan terlihat pemandangan perkebunan sawit dan tambang batu bara. Pemandangan gunung yang menyentuh awan membuat suasana semakin khidmat.

Sesampainya di puncak, kamu bisa langsung mendirikan tenda dan beristirahat. Tidak perlu khawatir kelaparan. Karena, kamu bisa membeli berbagai makanan serta minuman di deretan warung yang tersedia. Fasilitas toilet umum dan persewaan tenda.

Jangan sampai lupa untuk menyaksikan pemandangan sunrise yang sangat cantik. Tak hanya sunrise, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan kabut tebal yang menyelimuti seluruh area pegunungan. Untuk pengalaman terbaik, datanglah sebelum subuh untuk menyaksikan keagungan alam tersebut. Jikalau kamu melewatkannya, jangan berkecil hati! Karena, pemandangan sunset di Gunung Embun ini juga tak kalah indah. Datanglah saat weekdays untuk menghindari keramaian.

11. Hutan Pinus Camping Ground Lembanna

Tempat Camping Di Indonesia Hutan Pinus Camping Ground Lembanna
Hutan Pinus Camping Ground Lembanna, Gowa (sumber: instagram.com/haerilirwan24/)
LokasiPWR4+GRW, Pattapang, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Makassar2 jam 9 menit (73.7 km) via Jl. Malino
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan pinus, pemandangan air terjun Lembanna, bersantai di hammock

Camping ground Lembanna dikenal sebagai area berkemah untuk para pendaki yang akan menuju Gunung Bawakaraeng. Namun, kamu juga bisa datang ke sini dalam rangka camping bersama keluarga. Lokasi area perkemahan ini sangat luas. Kamu bisa merasakan sensasi berkemah di antara hutan pinus yang berusia puluhan tahun. Suhu udara yang sangat sejuk terasa sangat menyegarkan.

Akses jalan untuk menuju camping ground ini tergolong sangat mudah. Rute jalan yang sudah diaspal dan cukup lebar memudahkan kendaraan roda empat dan roda dua melintas. Di beberapa tempat, memang kondisi jalanan kurang baik. Namun, masih cukup nyaman untuk dilewati.

Mendekati area perkemahan, keindahan pemandangan alam mulai terlihat. Kamu akan disambut dengan pemandangan hutan pinus di satu sisi dan lanskap pegunungan di sisi lain. Setelah memarkirkan kendaraan, kamu bisa langsung memilih lokasi mendirikan tenda yang strategis.  

Untuk fasilitas, camping ground ini sudah dilengkapi dengan toilet berbayar. Kamu akan diminta membayar sebesar Rp2.000 untuk buang air kecil dan Rp5.000 untuk buang air besar. Selain itu, halaman parkir yang cukup luas bisa muat mobil dan sepeda motor.

Di sini juga tersedia warung yang menjajakan aneka hidangan. Namun, harga makanan dan minuman yang ditawarkan memang lebih mahal. Jika kamu ingin wisata camping lebih hemat, sebaiknya bawa perbekalan sendiri dari rumah. Di sini juga tersedia tempat persewaan tenda dan perlengkapan camping dengan harga bervariasi.

Jangan lewatkan kesempatan untuk trekking ke air terjun Lembanna. Kamu hanya butuh waktu 25 menit menyusuri area hutan pinus untuk sampai ke air terjun ini. Medan yang akan kamu lalui tergolong mudah. Walaupun, ada beberapa area yang curam. Namun, semuanya akan langsung terbayar begitu kamu sampai di tempat wisata air terjun. Air yang jernih dan sangat dingin sangat menggoda untuk kamu yang suka bermain-main air.

Jika kamu suka ketenangan, lebih baik datang ke camping ground ini di saat weekdays. Hal ini karena hutan pinus camping ground Lembanna merupakan salah satu tempat camping di Sulawesi Selatan yang sangat populer sehingga selalu ramai saat weekend. Terakhir, jangan lupa untuk menjaga kebersihan, ya.

12. Bukit Lamreh

Tempat Camping Di Indonesia Bukit Lamreh
Bukit Lamreh, Aceh (sumber: instagram.com/campsiteindonesia/)
LokasiUjung Kelindu,, Lamreh, Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp15.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Banda Aceh1 jam (38.5 km) via Jl. Laksamana Malahayati
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan tebing, pemandangan laut, akses secret beach, pemandangan bukit teletubbies

Bukit Lamreh jadi salah satu hidden gem yang wajib kamu kunjungi di Aceh. Apalagi, jika kamu menyukai pemandangan lautan lepas dari atas bukit. Lokasi Bukit Lamreh yang tersembunyi membuatnya tidak banyak diketahui orang. Sehingga, sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan suasana camping yang tenang.

Namun, perlu diakui bahwa perjalanan ke Bukit Lamreh tidak mudah. Pertama-tama, Anda akan disambut dengan medan berupa aspal mulus. Akan tetapi, selanjutnya Anda harus mengambil arah ke rute tanah yang tidak rata. Kerikil dan berbatuan yang mendominasi membuat mobil mustahil melintas. Mengendarai sepeda motor trail lebih direkomendasikan agar perjalananmu terasa lebih nyaman. Kamu tidak akan menemui bengkel atau pos pengisian bahan bakar. Jadi, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima dan bahan bakar terisi penuh.

Sepanjang perjalanan, kamu akan dihibur pemandangan bukit teletubbies yang memukau. Namun, pemandangan terbaik baru bisa didapatkan setelah sampai ke puncak bukit. Sesampainya di puncak bukit, kamu akan langsung disambut dengan hamparan tanah berpasir yang sangat luas. Sejumlah pepohonan rimbun yang tumbuh acak memberikan kesan yang sangat alami. Dari puncak Bukit Lamreh, terlihat pemandangan laut berwarna biru kehijauan yang sangat cantik.

Barisan tebing curam menambah keeksotisan dari pemandangan laut tersebut. Kamu bahkan bisa berjalan turun dari bukit menuju pantai tersembunyi berpasir pantai. Tentunya, kamu jadi serasa sedang berada di pantai pribadi. Di sini, kamu bisa bebas berenang, berjemur, dan memancing ikan. Kamu jangan sampai melewatkan pemandangan sunset yang sangat cantik dari atas bukit.

Sayangnya, keindahan pemandangan Bukit Lamreh terasa kurang sempurna. Selain rute menuju puncak bukit yang kurang baik, kondisi pantai juga kurang bersih. Sampah-sampah dari para pengunjung yang tidak bertanggung jawab membuat pantai kelihatan kotor. Ditambah lagi, ada sejumlah oknum pemuda yang kerap menarik biaya pungli. Pungutan biaya tersebut tidak diimbangi dengan kelengkapan fasilitas toilet, mushola, ataupun warung. Untuk perempuan, sebaiknya jangan berwisata sendirian di sini.

13. Bukit Pergasingan

Tempat Camping Di Indonesia Bukit Pergasingan
Bukit Pergasingan, Lombok Timur (sumber: instagram.com/sandekala_lombok/)
LokasiSembalun Lawang, Sembalun, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp20.000/orang
Telepon087777301990
Rute menuju lokasi camping dari Mataram 2 jam 24 menit (90.1 km) via Jl. Raya Mataram – Labuhan Lombok
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sunrise, pemandangan sunset, pemandangan perbukitan, pemandangan Gunung Rinjani

Bukit Pergasingan menjadi destinasi camping paling populer di kalangan pendaki pemula. Bukit ini sering dijadikan sebagai lokasi hiking alternatif bagi yang ingin merasakan pengalaman mendaki. Lintasan trekking di bukit ini juga relatif jauh lebih mudah dibandingkan trek Gunung Rinjani. Namun, rute yang harus kamu lalui memang lumayan menantang. Sehingga, sebaiknya kamu mengenakan perlengkapan hiking yang memadai.

Medan pendakian Bukit Pergasingan terdiri dari tanah, pasir, dan berbatuan besar. Disarankan untuk tidak mendaki sendirian. Terutama, bagi pemula atau bagi kamu yang pertama kali mendaki Bukit Pergasingan. Kamu bisa menyewa jasa guide atau pemandu yang akan menunjukkan rute tercepat dan termudah ke puncak bukit.

Di satu titik terdapat ratusan anak tangga yang mempermudahmu dalam mendaki. Di sisi kanan kirimu adalah rumput ilalang tinggi dan pepohonan dengan dahan menjulur. Jika beruntung, kamu bahkan bisa melihat monyet-monyet liar yang duduk di dahan pohon. Jangan coba-coba memberikan mereka makan, ya.

Rasa lelah setelah mendaki selama 4 jam akan langsung terbayar begitu kamu mencapai puncak. Pemandangan lautan awan yang menyelimuti kawasan pegunungan Lombok Selatan kelihatan memukau. Dari atas bukit, kamu bisa menyaksikan Gunung Rinjani yang perkasa.

Barisan perbukitan di sekitar Bukit Pergasingan dan pemukiman warga kelihatan spektakuler. Pemandangan sunrise dan sunset sama-sama bisa kamu abadikan di sini. Sedangkan, pemandangan lautan bintang di langit bisa kamu nikmati di malam hari.

Bukit Pergasingan jadi lokasi yang ideal untuk menikmati camping di tengah alam. Di puncak bukit, kamu tidak akan menemukan fasilitas warung atau kedai. Jadi, pastikan kamu sudah membawa perbekalan makanan dan minuman yang cukup. Selain itu, fasilitas mushola dan toilet juga tidak tersedia.

Di dekat lokasi camping terdapat sumber mata air yang jernih. Namun, di musim kemarau aliran air dari sumber tersebut sangat minim. Sehingga, kamu harus banyak bersabar saat menampung air di dalam botol. Jika tak ingin repot, pastikan membawa bekal air mineral yang cukup.

14. Puncak Lawang

Tempat Camping Di Indonesia Puncak Lawang
Puncak Lawang, Agam (sumber: Salim)
LokasiJl. Panorama Puncak, Lawang, Kec. Matur, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp30.000/orang
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Padang2 jam 40 menit (110.4 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera/Jl. Raya Padang – Bukittinggi and Jl. Sicincin – Malalak/Jl. Sicincin – Malalak – Balingka
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Danau Maninjau, paralayang

Ingin mendapatkan pengalaman terbaik dari Danau Maninjau? Kamu harus mencoba berkemah di Puncak Lawang. Puncak Lawang merupakan destinasi wisata terbaik untuk kamu yang ingin menikmati pesona alam Sumatera Barat. Di sini juga jadi lokasi tempat bagi yang ingin camping ceria tanpa harus mendaki gunung.

Untuk menuju Puncak Lawang sangat mudah. Akses jalan berupa aspal mulus dan lebar membuat mobil dan sepeda motor bisa melintas dengan mudah. Kontur jalan yang berliku-liku memang membutuhkan konsentrasi lebih. Kamu juga akan melintasi area pemukiman warga yang cukup padat. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati dalam berkendara.

Lokasi Puncak Lawang berada tepat di pinggir jalan utama. Kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan dan mendirikan tenda di bumi perkemahan. Area perkemahan di Puncak Lawang ini terdiri dari padang rumput hijau yang sangat luas. Kamu bisa melihat Danau Maninjau yang membentang luas di depan mata. Perbukitan hijau yang ada di sekitar danau juga menambah keindahan. Kamu bisa mendirikan tenda di spot terbaik untuk menyaksikan keindahan danau tersebut.

Berbagai kegiatan seru bisa kamu lakukan selama camping di sini. Kamu bisa mengadakan mini games untuk menambah kemeriahan. Di beberapa titik terdapat gazebo untuk beristirahat. Dari gazebo sederhana ini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang cantik sambil bersantai. Di sini, fasilitas toilet tersedia dengan gratis. Untuk kamu yang memiliki campervan juga bisa membawa masuk mobil Van milikmu ke area perkemahan.

Kamu juga bisa mencoba olahraga paralayang. Dengan begitu, kamu bisa menyaksikan keindahan Danau Maninjau dan area sekitarnya dari langit. Untuk menuju ke spot paralayang, kamu bisa menyewa mobil odongodong. Kamu akan diantar hingga sampai ke area yang dikelilingi pepohonan pinus dan pohon palem. Kamu bisa mencoba paralayang dengan biaya Rp850.000/menit.

15. Bukit Alebo

Tempat Camping Di Indonesia Bukit Alebo
Bukit Alebo, Konawe Selatan (sumber: instagram.com/like_kendari/)
LokasiVCMX+C22, Alebo, Konda, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kendari 29 menit (18.1 km) via Jl. Poros Punggaluku – Baruga
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan hutan, pemandangan perkebunan, pemandangan sunrise

Bukit Alebo sering disebut sebagai miniatur dari Gunung Bromo. Hal tersebut tentunya bukan hanya sekadar isapan jempol. Bukit hijau ini memang sangat dikenal dengan pemandangan sunrise yang sangat cantik. Untuk menikmati panorama tersebut, kamu harus melakukan pendakian dengan rute cukup landai. Rute trekking ini sangat cocok bagi kamu yang ingin camping namun tak punya pengalaman hiking.

Lokasi bukit ini cukup tersembunyi di antara perkebunan warga. Masih belum banyak orang yang menyadari keberadaan lokasi wisata ini. Sehingga, sangatlah cocok untuk kamu yang ingin berkemah dan menjauh dari keramaian. Selama trekking, kamu akan melintasi jalan setapak kecil dengan tanaman semak berwarna keemasan di sisi kanan dan kiri. Jika kamu mengunjungi bukit ini di musim hujan, semak-semak tersebut akan berwarna hijau zamrud. Namun, tentu saja rute trekking menjadi lebih sulit untuk dilewati.

Mendekati puncak, kamu bisa melihat pemandangan perkebunan buah yang dikelola oleh warga sekitar. Suasana yang sepi dan sejuk memberikan nuansa syahdu. Sesampainya di puncak bukit, kamu bisa langsung mendirikan tenda. Area tanah yang landai mempermudahmu dalam memilih spot untuk tendamu.

Pastikan kamu sampai di puncak bukit sebelum subuh. Sehingga, kamu tidak akan melewatkan pemandangan sunrise yang sangat indah. Panorama matahari terbit di bukit ini kurang lebih memang mengingatkanmu akan sunrise di Gunung Bromo. Suasana hening di malam hari tentunya membuatmu merasa sangat damai. Sayangnya, tidak tersedia fasilitas apa pun di bukit ini. Tidak terdapat fasilitas toilet, mushola, ataupun warung. Sehingga, kamu harus memastikan perbekalan dan perlengkapan camping cukup dan lengkap. Jangan lupa untuk membawa turun sampahmu, ya.

Ternyata, ada banyak sekali tempat camping terbaik di Indonesia, ya? Masing-masing lokasi camping menawarkan keindahan alam yang bermacam-macam. Sudah pasti, pengalaman berkemah yang bisa kamu dapatkan pun akan sangat kaya. Dari rekomendasi di atas, manakah yang sudah pernah kamu kunjungi? Pastinya, ada banyak sekali pengalaman seru yang kamu dapatkan selama camping, kan? Yuk, share pengalaman seru campingmu di sini!

Baca lebih lanjut: 6 Jalur Pendakian Resmi Gunung Prau (Update 2022) »

Tinggalkan komentar