7 Tempat Camping Terbaik di Aceh yang Lagi Hits (2022)

Aceh populer karena lokasinya yang berada di ujung barat Indonesia. Provinsi yang berada paling utara di Pulau Sumatra ini juga memiliki wisata alam yang memesona. Objek wisata tersebut memiliki spot camping yang keren. Cocok untuk kamu yang suka kegiatan outdoor sekaligus ingin mengenal Aceh dari sisi yang berbeda. Yuk, segera packing dan bawa tenda kamu ke tempat camping terbaik di Aceh. Mau? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Aceh:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu melalui pembahasan Napaktilas berikut ini.

1. Bukit Lamreh

Tempat Camping Di Aceh Bukit Lamreh
Bukit Lamreh, Aceh (sumber: instagram.com/travelmatesiantar/)
LokasiUjung Kelindu,, Lamreh, Kec. Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan bukit Teletubbies, pemandangan laut lepas, spot selfie, pemandangan tebing dan teluk
Rute dari Banda Aceh1 jam 3 menit (38,5 km) lewat Jl. Laksamana Malahayati
Rating tempat campingMisalnya, 4,4/5 dari 343 ulasan Google

Bukit Lamreh merupakan bukit di atas tebing yang berada di pinggir laut lepas. Pemandangan di sini begitu eksotis. Untuk ke lokasi, aksesnya cukup menantang dengan kondisi jalan kurang bagus.

Khususnya, mendekati puncak bukit, jalannya menanjak dengan kondisi jalan tanah bercampur batu. Persiapkan kendaraan kamu dalam kondisi prima agar nyaman dan aman di perjalanan.

Akan tetapi, kamu dapat membawa kendaraan khususnya motor sampai di area camping di atas bukit tersebut. Area camping-nya berupa lahan berumput luas di atas tebing di tepi pantai. Jadi, bukit tebing ini langsung menghadap ke laut lepas yang airnya benar-benar biru.

Di sekeliling tempat camping terlihat perbukitan di kejauhan. Selain itu, tempat camping bernuansa hijau dengan ditumbuhi rerumputan dan pohon-pohon yang jaraknya berjauhan.

Namun, di sini masih berupa alam bebas yang belum dikelola secara maksimal. Jadi, belum ada fasilitas seperti toilet, tempat makan dan musala. Kamu dapat membawa tenda dan perlengkapan camping serta bekal makanan dan minuman sendiri.

Saat camping kamu bisa menikmati aktivitas seru seperti melihat panorama pantai yang indah. Terdapat pantai berpasir putih dan airnya biru jernih di bawah tebing. Kemudian, sejauh mata memandang kamu bisa melihat lautan luas yang membentang di hadapan kamu.

Ada juga sejumlah spot selfie yang cocok untuk kamu yang suka berfoto. Sementara, ketika malam, campers kadang membuat api unggun kecil untuk memasak sekaligus menghangatkan badan.

Kalau camping ke sini paling cocok bersama teman-teman pencinta alam. Akan lebih baik mengajak teman atau kerabat yang berpengalaman camping di alam bebas.

2. Lhok Mata Ie Beach

Tempat Camping Di Aceh Lhok Mata Ie Beach
Lhok Mata Ie Beach, Aceh (sumber: instagram.com/moment.aceh/)
LokasiUjung Pancu, Lam Pageu, Kec. Peukan Bada, Kabupaten Aceh Besar, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/kendaraan roda dua
Rp20.000/kendaraan roda empat
Telepon
Daya tarik wisataCamping ground, snorkeling, trekking, perahu nelayan pencari ikan, spot memancing, pemandangan sunset
Rute dari Banda Aceh29 menit (14,2 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Soekarno – Hatta dan Jl. Ujung Pancu
Rating tempat camping4,7/5 dari 260 ulasan Google

Lhok Mata Ie Beach merupakan pantai tersembunyi yang menjadi tempat camping populer. Untuk akses ke lokasi bisa dibilang menantang. Dari tempat parkir, kamu perlu berjalan dahulu selama kurang lebih 1 jam. Jadi, kamu akan trekking melintasi hutan untuk sampai di pantainya.

Omong-omong, kalau camping di sini disarankan kamu menggunakan jasa guide. Jadi, supaya ada pemandu berpengalaman yang sudah mengenal medan. Sementara, tempat camping ini meskipun hidden beach tapi ramai dikunjungi saat Sabtu dan Minggu serta hari libur.

Selain berkemah, kamu bisa snorkeling dan memancing. Untuk perlengkapan camping seperti tenda dan bekal makanan serta minuman, kamu dapat membawanya sendiri. Untuk area camping-nya cukup luas di pinggir pantai yang airnya sangat tenang dan jernih.

Area camping tersebut berupa tanah lapang berumput yang juga ditumbuhi pepohonan dan semak. Suasana hijau asri dan masih sangat alami. Kamu dapat melihat pemandangan pantai sekaligus perbukitan di kejauhan. Jangan lupa nikmati pemandangan sunset yang terkenal indah di sini.

Selain itu, karena tempatnya yang masih alami, di sini belum ada fasilitas umum lengkap, seperti toilet dan warung. Listrik pun belum tersedia. Jadi, ngecamp di sini cocok untuk kamu yang memang hobi beraktivitas di alam bebas.

Nah, di sini ramai, kok, apalagi saat liburan. Kamu mungkin akan camping bersama banyak campers lainnya. Saat camping, kegiatan yang disuka adalah membakar ikan, berenang, serta jalan-jalan di sekitar area camping.

Tempat camping di pantaiini paling ideal untuk kamu dan para sahabat yang hobi berkemah. Bisa juga mengajak pasangan dan keluarga yang sama-sama suka alam bebas.

3. Ujoeng Pancu Beach

Tempat Camping Di Aceh Ujoeng Pancu Beach
Ujoeng Pancu Beach, Aceh (sumber: instagram.com/moment.aceh/)
LokasiUnnamed Road, Lam Pageu, Lam Pageu, Peukan Bada, Aceh Besar Regency, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataTrekking, spot memancing, tempat piknik, tanamn bakau, pemandangan perbukitan, pemandangan gunung, tambak udang
Rute dari Banda Aceh29 menit (14,0 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Soekarno – Hatta dan Jl. Ujung Pancu
Rating tempat camping4,5/5 dari 255 ulasan Google

Ujoeng Pancu Beach merupakan pantai yang sangat berdekatan dengan Lhok Mata le Beach. Di sini terdapat center point untuk pergi ke Lhok Mata le. Selebihnya, pantai Ujoeng Pancu memiliki daya tariknya juga. Untuk sampai di pinggir pantai yaitu area camping, kamu juga perlu trekking.

Kamu akan mendaki dan turun melewati hutan dan ladang cabai. Kurang lebih perjalanan tersebut memerlukan waktu 40 menit sampai 1 jam. Kalau camping di sini kamu juga harus pakai pemandu, terutama untuk campers perempuan. Selain itu, kondisi tempat camping berupa alam bebas.

Tidak ada fasilitas seperti warung dan toilet. Namun, di pinggir pantai terdapat sumber mata air tawar yang bersih dan segar, airnya bisa langsung diminum. Selain itu, untuk perlengkapan seperti tenda, bekal makanan dan minuman, kamu bisa membawanya sendiri.

Untuk area camping di sini luas di pinggir pantai. Tempatnya muat cukup banyak tenda. Area camping berupa lahan berumput hijau dengan banyak pohon yang rindang. Sementara, ketika kamu memandang ke pantainya, terlihat batu-batu besar di tepi pantai.

Selain itu, campers juga suka menikmati aktivitas berendam maupun berenang, karena air lautnya yang begitu jernih. Pantai tempat camping ini juga biasa dijadikan untuk memancing. Jadi, kalau kamu campers yang hobi mancing, kamu dapat mencari ikan di sini.

Kalau camping di sini, kamu bisa mengajak keluarga dan anak-anak juga. Paling seru jika bersama teman-teman dan sahabat yang juga hobi camping.

4. Ujung Nunang

Tempat Camping Di Aceh Ujung Nunang
Ujung Nunang, Aceh (sumber: instagram.com/wisata_gayo/)
LokasiGn. Suku, Kec. Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-20.00
Harga paket campingRp40.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataDermaga kecil, pemandangan Danau Lut Tawar, ikan-ikan di danau, pemandangan bukit dan pegunungan
Rute dari Banda Aceh6 jam 59 menit (326,3 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh dan Jl. Raya Bireuen – Takengon
Rating tempat camping4,4/5 dari 130 ulasan Google

Ujung Nunang adalah tempat camping yang berada di tepi Danau Laut Tawar. Danau tersebut berada di kawasan wisata Dataran Tinggi Gayo. Suku Gayo biasa menyebut danau ini Danau Lut Tawar. Nah, Ujung Nunang merupakan tempat camping yang dikelola secara pribadi.

Untuk harga tiket masuk adalah Rp5.000 per orang. Kemudian, untuk parkir mobil Rp10.000. Kalau ingin bermalam bisa sewa tempat seharga Rp40.000 per orang, biaya tersebut untuk parkir tapi tidak termasuk tenda. Jadi, untuk tenda, kamu bisa sewa atau membawanya sendiri.

Tempat camping ini family-friendly sehingga cocok untuk camping bersama keluarga atau teman. Di sini tersedia fasilitas toilet, musala, pondokan, warung kecil yang menjual makanan ringan. Selain itu, juga ada sejumlah wahana permainan anak. Lengkap, bukan.

Sementara, pemandangan di sini berbeda dari yang lain. Ada keindahan tersendiri karena tempat camping-nya berada di tepi danau yang begitu luas. Area camping berupa lahan luas berumput hijau di pinggir danau. Ada pepohonan yang rindang sekaligus menambah kesegaran.

Kemudian, ada dermaga kecil yang mengarah ke tengah danau tapi tidak terlalu jauh. Sedangkan, di sekeliling tempat camping di seberang danau, terlihat perbukitan dengan lereng-lerengnya yang hijau. Tempatnya yang sejuk dengan suasana jauh dari keramaian kota cocok untuk healing.

Campers biasanya suka menikmati pemandangan, berfoto, memasak makan malam, membakar ikan, membuat api unggun. Omong-omong di sini tidak hanya sejuk tapi biasanya dingin sehingga pastikan membawa jaket tebal.

Kalau camping di sini paling seru bersama seluruh keluarga atau teman-teman dekat. Bisa untuk rombongan karena tempatnya sangat luas.

5. Mepar Camping Tekengon

Tempat Camping Di Aceh Mepar Camping Tekengon
Mepar Camping Tekengon, Aceh (sumber: instagram.com/meparcamping/)
LokasiJl. Lintas Sumatra, Mendale, Kec. Kebayakan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingMulai dari Rp135.000/orang
Telepon0853-7116-4313
Daya tarik wisataPemandangan danau, pemandangan gunung, pondok di tepi danau, bukit Bur Birah Panyang
Rute dari Banda Aceh6 jam 57 menit (323,0 km) lewat Jl. Raya Bireuen – Takengon dan Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh
Rating tempat campingMisalnya, 4,4/5 dari 13.928 ulasan Google

Mepar Camping Tekengon merupakan tempat camping yang nyaman di tepi danau. Tempat camping ini juga berada di pinggir Danau Lut Tawar. Tempatnya luas bisa menampung sampai 20 tenda. Selain itu, semua perlengkapan camping sudah disediakan lengkap.

Kamu tidak perlu ribet membawa tenda dan perlengkapannya, termasuk konsumsi juga sudah tersedia. Sementara, harga paket camping di sini bervariasi mulai dari seratus tiga puluh ribuan.

Tersedia Paket Barbeque Jagung, Sosis dan Bakso minimal 8 orang seharga Rp135.000 per orang. Selanjutnya, ada Paket Ayam Bakar minimal 8 orang seharga Rp165.000 per orang.

Kemudian, ada Paket Camping dan Arung Jeram minimal 10 orang seharga Rp300.000 per orang. Lalu, ada Paket VIP minimal 10 orang seharga Rp400.000 per orang. Selain paket tersebut, juga tersedia fasilitas seperti lahan parkir, toilet, musala, listrik.

Nah, kalau camping di sini, pemandangannya menyenangkan hati. Kamu akan berkemah tepat di tepi danau yang luas. Area camping berupa lahan yang berumput hijau dengan banyak pohon yang rindang.

View yang terlihat adalah panorama danau dan gunung di sekitarnya. Kamu dapat melihat lereng gunung dan bukit yang hijau di sekeliling danau. Danaunya juga aman untuk tempat bermain air termasuk bagi anak-anak. Asalkan di dekat bibir danau saja dan selalu ada pengawasan.

Suasana masih sangat alami, tempatnya juga bersih. Pengunjung suka membuat barbeque saat malam, juga bikin api unggun. Saat siang hingga sore, kamu bisa bermain di danau atau sekadar duduk-duduk beralaskan tikar.

Camping di sini paling cocok untuk keluarga. Bisa juga kamu camping dengan teman-teman dan orang terkasih.

6. Gunung Siron

Tempat Camping Di Aceh Gunung Siron
Gunung Siron, Aceh (sumber: instagram.com/teukuiwan34/)
LokasiBak Sukon, Kec. Kuta Cot Glie, Kabupaten Aceh Besar, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 4 jam
Harga paket campingRp200.000-Rp300.000/malam (khusus sewa peralatan camping)
Telepon
Daya tarik wisataPemandangan bukit, pemandangan sungai, padang ilalang, pemandangan pegunungan
Rute dari Banda Aceh1 jam 22 menit (49,4 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh
Rating tempat camping4,8/5 dari 43 ulasan Google

Gunung Siron lebih populer dengan sebutan nama Bukit Siron. Bukit ini begitu indah membuatmu serasa berada di luar negeri. Akses jalan ke lokasi pun bagus dengan kondisi mulus. Namun, untuk sampai di lokasi camping yang berada di puncak bukit, kamu perlu mendaki terlebih dahulu.

Bukit ini berupa alam bebas yang benar-benar alami. Belum ada listrik dan tidak terjangkau sinyal ponsel di sini. Di kawasan ini juga terdapat air terjun yang populer.

Selain itu, ada perlengkapan camping yang disewakan seharga Rp200.000 sampai Rp300.000 per malam. Jadi, kamu dapat menyewa atau membawa perlengkapan camping sendiri.

Begitu sampai, kamu bisa parkir kendaraan kemudian mendaki ke atas bukit. Bukit Siron sangat, sangat menakjubkan. Kamu akan menjumpai perbukitan yang benar-benar hijau, berpadu kontras dengan langit yang biru cerah. Perbukitan ini juga mirip dengan Bukit Teletubbies.

Di puncak bukitnya di area camping, kamu dapat mendirikan tenda. Seperti diketahui, karena masih alami, di area camping belum terdapat fasilitas seperti kamar mandi dan warung. Jadi, kamu benar-benar menyatu dengan alam.

Saat memandang ke sekeliling, semuanya adalah perbukitan hijau dan terlihat lereng-lerengnya yang memukau. Sementara, area camping cukup luas, bisa untuk sekitar belasan tenda.

Terkadang, ada campers yang mendirikan tenda di kaki bukit. Jadi, puncak bukitnya cukup menjadi tujuan singgah dan jalan-jalan. Kamu juga bisa mampir ke air terjun di dekat bukit.

Omong-omong, Bukit Siron juga bisa menjadi tempat foto pre-wedding, memang terasa romantis di sini. Nah, kalau mau camping ke sini, paling asyik bersama keluarga ataupun teman dan sahabat.

7. Kampung Wisata Ujung Pasir

Tempat Camping Di Aceh Kampung Wisata Ujung Pasir
Kampung Wisata Ujung Pasir, Aceh (sumber: Mina ie)
LokasiJl. Bintang – Takengon, Danau, Kec. Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 08.00-22.00
Harga paket campingMulai dari Rp80.000/tenda camping
Mulai dari Rp550.000/tenda keong
Telepon0819-0505-8405
Daya tarik wisataTenda berbentuk keong, pemandangan pegunungan, pemandangan perbukitan, danau air tawar
Rute dari Banda Aceh7 jam 9 menit (333,0 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Medan B. Aceh/Jl. Medan – Banda Aceh dan Jl. Raya Bireuen – Takengon
Rating tempat camping5,0/5 dari 39 ulasan Google

Kampung Wisata Ujung Pasir merupakan tempat favorit untuk glamping. Tempat camping ini juga biasa dikenal dengan sebutan Glamping Tenda Keong. Nama tersebut diberikan karena tenda-tenda di sini bentuknya menyerupai cangkang keong. Unik, ya.

Kamu dapat menikmati camping yang benar-benar nyaman di sini. Terutama karena fasilitasnya lengkap. Ada lahan parkir yang luas. Kendaraan seperti mobil bisa parkir di samping tenda.

Selain itu, tersedia restoran di pinggir danau. Tersaji menu favorit seperti nasi goreng lobster, ayam geprek, serta minuman kopi. Lalu ada juga fasilitas kamar mandi dan musala. Selain itu, sudah tersedia tenda dalam jumlah banyak di sini.

Kamu dapat menyewa tenda camping biasa atau tenda keong untuk glamping. Harga sewa tenda biasa mulai dari Rp80.000 per tenda. Sementara, harga sewa tenda keong mulai dari Rp550.000 per tenda. Camping di sini family-friendly sehingga cocok untuk keluarga.

Di samping itu, tempat camping ini juga recommended untuk rombongan backpacker atau komunitas. Kamu dapat mengadakan acara pertemuan dengan rombongan komunitas karena tersedia halaman yang luas. Nyaman untuk camping serta membuat api unggun di malam hari.

Sementara, pemandangannya memanjakan mata sekali. Tenda kamu langsung menghadap ke danau yang berada dekat dari area camping. Di sekeliling danau terlihat perbukitan dan pegunungan yang hijau dengan ditumbuhi rumput dan pepohonan.

Untuk cuaca di sini sejuk cenderung dingin sehingga disarankan membawa jaket yang tebal. Kamu dapat mengenakannya setiap saat apabila tidak tahan udara dingin.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Aceh. Secara pribadi, Gunung Siron paling menarik perhatian kami. Tempatnya sangat hijau dan alami, sekaligus mengesankan sekali dengan panorama seindah itu. Kalau kamu, kira-kira paling suka tempat camping yang mana? Atau mungkin kamu pernah mampir ke tempat-tempat camping tadi? Share opinimu melalui kolom komentar di bawah ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar