7 Tempat Camping Terbaik di Jambi yang Lagi Hits (2023)

Jambi adalah salah satu daerah di Indonesia yang populer dengan keindahan alamnya. Mulai dari pemandangan pegunungan maupun keindahan danau semuanya ada di kota ini. Selain itu, Jambi juga dikenal sebagai salah satu surga bagi penggemar camping. Hal ini karena, ada banyak sekali spot camping menarik yang cocok untuk acara camping ceria.

Kalau mau camping di sekitar Jambi, ajak serta keluarga dan teman-temanmu ya! Siap? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Jambi versi Napaktilas:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Depati Coffee

Tempat Camping Di Jambi Depati Coffee
Depati Coffee, Jambi (sumber: Depati Coffee)
LokasiJl. Hamparan Besar No.KM 15, Tapan, Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaMinggu, buka 24 Jam Senin – Sabtu, 09:00 – 17:00
Harga paket campingRp10.000/orang
Telepon
Daya tarik wisataPanorama lautan awan dari atas bukit, pemandangan Gunung Kerinci, panorama Kota Sungai Penuh, udara pegunungan yang sejuk, wisata kuliner di atas ketinggian, spot berfoto instagramable
Rute dari kota Jambi10 jam 24 menit (415 km) via Jl. Sarolangun – Muara Tembesi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 13.928 ulasan Google

Depati Coffee tidak hanya menawarkan tempat nongkrong dan ngopi seru untuk anak muda. Penggemar camping juga bisa melakukan camping ceria di sini. Area camping ground lumayan luas, dan bisa kemungkinan bisa memuat hingga puluhan tenda. Jadi, kamu juga bisa menjadikannya sebagai destinasi untuk camping ramai-ramai bersama komunitas.

Dari camping ground ini, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Saat cuaca cerah, Gunung Kerinci bisa terlihat sangat jelas. Selain itu, panorama Kota Sungai Penuh juga sangat memukau. Area camping ground ini juga berdekatan dengan area taman. Kamu bisa berjalan-jalan sambil menikmati keindahan tanaman kopi.

Taman bunga ini juga jadi spot berfoto unik untuk mengisi media sosialmu. Terdapat beberapa spot berfoto unik yang bisa kamu manfaatkan. Kamu juga bisa naik ke rumah pohon untuk mendapatkan panorama alam yang lebih jelas dan indah. Bangunlah di pagi hari untuk mendapatkan pemandangan lautan awan.

Selain itu, ada juga beberapa unit gazebo yang bisa kamu pakai untuk bersantai. Kamu bisa mengunjungi kafe untuk membeli makanan. Tapi, biasanya kafe akan tutup lebih awal saat ramai pengunjung. Jadi, sebaiknya kamu tetap membawa perlengkapan masak portable untuk berjaga-jaga.

Karena lokasinya yang berada di ketinggian, udara di camping ground sangat dingin di malam hari. Untuk menghangatkan tubuh, kamu bisa memesan kopi dan camilan hangat di kafe. Jangan lupa untuk membawa sleeping bag dan pakaian tebal.

Kamu bisa menjangkau Depati Coffee dengan mudah menggunakan sepeda motor dan mobil. Tapi, kamu harus ekstra hati-hati saat berkendara. Karena, medan menuju kafe ini lumayan menanjak dan berkelok-kelok. Area parkir mobil juga terbatas.

2. Taman Hutan Pinus Pal X, Kota Jambi

Tempat Camping Di Jambi Taman Hutan Pinus Pal X Kota Jambi
Taman Hutan Pinus Pal X, Kota Jambi (sumber: Bhima Wibowo)
LokasiJalan Palembang – Jambi, Kenali Asam Bawah, Kec. Kota Baru, Kota Jambi, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 08:00 – 04:00
Harga paket campingRp5.000/orang
Telepon074164299
Daya tarik wisataKeindahan hutan pinus, udara hutan yang sejuk, suasana yang tenang, spot foto prewedding, tempat penyelenggaraan outbound
Rute dari kota Jambi21 menit (8.8 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Raya Palembang – Jambi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5.0 – 13.928 ulasan Google

Taman Hutan Pinus Pal X jadi tujuan camping untuk kamu yang ingin refreshing singkat tanpa mendaki gunung. Area wisata seluas 10,5 hektar ini didominasi oleh pepohonan pinus yang sangat rindang. Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai pohon lainnya yang dirawat dengan baik. Antara lain, pohon gaharu, pohon mahoni, pohon sungkai, dan lain-lain. Di sini juga jadi spot yang sempurna untuk camping.

Lokasi hutan pinus ini berada di pinggiran kota Jambi. Untuk mencapai camping ground ini, kamu bisa menggunakan berbagai transportasi umum maupun pribadi. Walaupun lokasinya tidak terlalu terpencil, hutan pinus ini menawarkan ketenangan alam. Selama camping di sini, kamu tidak akan mendengar suara hiruk-pikuk kendaraan di luar hutan. Udara yang sejuk juga semakin membuatmu merasa betah.

Panorama hutan pinus membuat camping ground ini jadi spot sempurna untuk hunting foto. Lokasi ini memang menjadi tempat favorit untuk pasangan yang menggelar sesi foto prewedding. Di akhir pekan, lumayan banyak pengunjung yang datang untuk camping atau sekadar berjalan-jalan. Kamu juga bisa mendapatkan bibit pohon gratis untuk ditanam di rumah, lho!

Kalau kamu berencana untuk camping di sini, jangan lupa untuk membekali diri dengan lotion anti nyamuk. Pasalnya, banyak pengunjung yang mengeluhkan gigitan nyamuk selama berlibur di tempat ini. Selain itu, fasilitas pendukung di hutan pinus ini juga masih sangat terbatas. Fasilitas yang tersedia hanya toilet dan gazebo saja.

Selain itu, kebersihan hutan juga memprihatinkan. Banyak pengunjung yang tidak membuang sampah sembarangan. Fasilitas gazebo juga terlihat kumuh akibat coretan tangan-tangan nakal. Ingin camping di sini? ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, ya.

3. Danau Kaco

Tempat Camping Di Jambi Danau Kaco
Danau Kaco, Jambi (sumber: instagram.com/baratdaya_/)
LokasiDusun Baru Lempur, Kec. Gn. Raya, Kabupaten Kerinci, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Daya tarik wisataPanorama air danau yang eksotis, suasana hutan yang tenang, udara sejuk dan bersih, rute trekking menembus hutan hujan
Rute dari kota Jambi11 jam (450.5 km) via Jl. Sarolangun – Muara Tembesi ke Kecamatan Gunung Raya. Setelah itu menempuh perjalanan selama 2 jam 36 menit (83.2 km) ke Taman Nasional Kerinci Seblat lewat Jl. Lintas Sungai Penuh – Padang. Lanjutkan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 2 jam hingga sampai ke tempat wisata.
Rating tempat camping4,6/5.0 – 151 ulasan Google

Keindahan Danau Kaco sudah sangat melegenda. Perjalanan yang berat untuk mencapai danau ini pun akan terasa sangat sepadan. Danau ini memiliki air yang sangat biru dan cemerlang layaknya batu safir. Hijaunya pepohonan yang mengelilingi danau ini membuatnya terlihat semakin indah. Tak heran, banyak pengunjung yang ingin menikmati keindahannya lebih lama dengan camping di tepi danau.

Danau Kaco berada di dalam area hutan Taman Nasional Kerinci Seblat. Untuk menjaga kelestarian hutan lindung, kendaraan bermotor dilarang masuk. Satu-satunya cara untuk mencapai danau ini adalah dengan berjalan kaki atau trekking menembus hutan. Total perjalanan dari loket tiket masuk ke danau mencapai 2 jam. Tapi, bisa juga menjadi lebih lama bergantung dari seberapa sering kamu beristirahat.

Rute menuju ke camping ground Danau Kaco ini lumayan menantang. Kamu memang tidak akan menemukan tanjakan ekstrem. Tapi, medan masih berupa tanah becek yang dihuni oleh lintah atau pacet. Jadi, sebaiknya mengenakan sepatu khusus hiking dan trekking dengan sol sepatu yang tebal. Jangan lupa juga untuk memakai jaket tebal dan sedia jas hujan.

Perjalanan yang melelahkan akan langsung terbayar setelah kamu sampai di danau. Panorama air danau yang tenang dengan warna yang sangat indah seakan menghapuskan rasa lelahmu. Di sekitar danau terdapat beberapa lahan datar yang bisa kamu gunakan untuk mendirikan tenda. Suasana hutan yang tenang dan udara yang sejuk membuatmu semakin dekat dengan alam.

Camping di Danau Kaco sangat cocok untuk kamu yang ingin merasakan sensasi camping di alam bebas. Di sini, kamu tidak akan menemukan fasilitas pendukung apa pun. Jadi, pastikan perbekalanmu lengkap sebelum camping di sini.

4. Danau Tangkas

Tempat Camping Di Jambi Danau Tangkas
Danau Tangkas, Jambi (sumber: instagram.com/danautangkas/)
LokasiDesa, Tj. Lanjut, Kec. Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp16.000/orang
Rp50.000/pax (sewa tenda)
Rp300.000 – Rp500.000/malam (sewa homestay)
Telepon
Daya tarik wisataPanorama Danau Tangkas, berkeliling danau dengan perahu, bersantai di atas hammock, menikmati angin sepoi di gazebo
Rute dari kota Jambi1 jam 22 menit (40.6 km) lewat Jl. Lintas Sumatra (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5.0 – 51 ulasan Google

Ingin camping di tepi danau tanpa harus blusukan hingga ke tengah hutan? Kamu bisa berkunjung ke Danau Tangkas. Untuk mencapai danau ini, kamu tidak harus melakukan trekking selama berjam-jam. Kendaraan sepeda motor maupun mobil bisa menjangkau danau dan camping ground ini. Tapi, medan yang sempit dan bergelombang kurang ideal untuk mobil kota dengan ground clearance rendah.

Area camping ground di Danau Tangkas ini sangat luas dan bisa muat hingga puluhan tenda. Area perkemahan ini juga berbatasan langsung dengan area danau. Selagi camping, kamu bisa menikmati panorama danau yang luas dan sangat memukau. Piknik bersama keluarga juga pastinya akan terasa sangat seru,

Kamu bahkan juga bisa menaiki perahu untuk mencapai spot berfoto unik di tengah-tengah danau. Kamu bisa pilih sendiri, ingin menaiki perahu sampan atau speed boat. Harga sewa untuk perahu tersebut adalah sekitar Rp50.000. Ada juga jenis perahu bebek dengan harga sewa Rp40.000 dan akan membawamu mengelilingi danau.

Selama berkemah di sini, tidak perlu khawatir kepanasan. Karena, area camping ditumbuhi oleh pepohonan yang sangat rindang. Udara yang sejuk dengan angin sepoi-sepoi dapat menghapus rasa penat dan lelahmu. Di sini juga tersedia fasilitas gazebo yang sangat luas yang disewakan dengan harga Rp80.000.

Fasilitas toilet dan musala bisa kamu akses secara gratis. Aliran air bersih juga sangat terjamin. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak makanan atau membuat kopi. Untuk yang enggan memasak, tidak perlu khawatir. Kamu bisa membeli aneka camilan ringan di warung yang tersedia. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Untuk yang ingin bersantai, bisa menyewa hammock dengan harga Rp25.000.

5. Panorama Bukit Tirai Embun

Tempat Camping Di Jambi Panorama Bukit Tirai Embun
Panorama Bukit Tirai Embun, Jambi (sumber: instagram.com/panorama_bukit_tirai_embun/)
Lokasi48MG+7G6, Danau Tinggi, Kec. Gn. Kerinci, Kabupaten Kerinci, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp10.000/orang Harga villa glamping bisa menghubungi pengelola
Telepon082371217241
Daya tarik wisataPemandangan laut awan, keindahan pemandangan Gunung Kerinci, pemandangan Rawa Bento dan pegunungan hijau, panorama perkebunan warga, panorama lampu perkotaan di malam hari
Rute dari kota Jambi10 jam 57 menit (430.4 km) lewat Jl. Sarolangun – Muara Tembesi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5.0 – 90 ulasan Google

Panorama Bukit Tirai Embun adalah salah satu tempat dengan view terindah yang ada di Jambi. Pemandangan lautan awan yang menyelimuti kawasan pegunungan dan area perkebunan warga jadi daya tarik utama. Gunung Kerinci juga kelihatan sangat gagah di kejauhan. Keindahan dari bukit ini semakin terasa maksimal dengan camping semalam.

Area camping ground di Panorama Bukit Tirai Embun ini sangat luas. Kamu bahkan juga bisa ber-campervan ceria di sini. Lokasi campground ini berada di atas bukit dengan pemandangan alam yang sangat cantik. Dari sini, kamu bisa menyaksikan pemandangan lautan awan dengan sangat jelas. Panorama ini hanya berlangsung mulai dari pukul 06:00 – 08:00.

Walaupun tidak dapat lautan awan, kamu tidak perlu kecewa. Karena, saat awan mulai tersibak, pemandangan alam yang disajikan tak kalah cantik. Hamparan perbukitan hijau yang sangat asri sangat menyegarkan pandangan. Pemandangan Rawa Bento, Gunung Sangka dan Gunung Tujuh terlihat memukau.

Selain itu, kamu bisa sewa villa untuk glamping seru bersama keluarga. Villa yang ada di sini berupa cottage kayu yang unik. Vibes yang diberikan akan membuatmu merasa betah. Di malam hari, lampu tumblr yang dipasang di area villa akan menyala. Sehingga, membuat suasana jadi semakin romantis.

Untuk kamu yang melewati rute kompleks kantor bupati akan dihadapkan dengan kondisi jalan yang terjal. Rute ini kurang direkomendasikan saat musim hujan. Karena, bisa dipastikan medan akan menjadi sangat licin. Sedangkan, rute melewati Kayu Aro memang memiliki jalan yang lebih datar. Tapi, kondisi jalan yang berlubang dan lebih panjang lumayan membuat tubuh lelah. Tapi, rasa lelah itu akan langsung terbayar begitu sampai ke puncak.

6. Rawa Bento

Tempat Camping Di Jambi Rawa Bento
Rawa Bento, Jambi (sumber: instagram.com/rawabento/)
LokasiJernih Jaya, Kec. Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 06:00 – 18:00
Harga paket campingOne Night Exclusive Camp: Rp525.000/pax (sudah termasuk: sewa perahu, perlengkapan camping, snack dan buah-buahan segar, kopi dan teh, makan, dan guide)
Sewa perahu & camping: Rp700.000 (sewa perahu untuk 8 orang, membawa perlengkapan camping sendiri / bisa sewa di lokasi, mendapatkan fasilitas air galon, hammock, dan kayu bakar)
Sewa tenda kapasitas 2 orang: Rp75.000
Sewa tenda kapasitas 4 orang: Rp125.000
Sewa sleeping bag: Rp25.000
Sewa matras: Rp12.000
Sewa kompor: Rp25.000
Sewa nesting: Rp25.000
Sewa gas portable: Rp22.000
Sewa 1 set meja lipat: Rp75.000
Sewa lazy bag: Rp35.000
Sewa jaket gunung: Rp30.000
Sewa hammock: Rp25.000
Sewa carrier: Rp55.000
Sewa headlamp: Rp20.000
Sewa alat pancing: Rp45.000
Telepon082307036693
Daya tarik wisataPemandangan flora dan fauna rawa-rawa, spot memancing strategis, keseruan berperahu mengelilingi rawa-rawa, bersantai di hammock
Rute dari kota Jambi11 jam 28 menit (453.1 km) lewat Jl. Sarolangun – Muara Tembesi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 53 ulasan Google

Bukan rawa-rawa biasa, Rawa Bento adalah salah satu wisata alam paling populer di Jambi. Tempat ini juga menjadi salah satu spot camping terpopuler dengan pemandangan alam paling keren. Dikenal sebagai tempat camping para sultan, ini informasi menarik yang wajib diketahui sebelum camping di Rawa Bento.

Dibandingkan wisata lainnya, wisata Rawa Bento memang terkesan eksklusif. Untuk one-day trip alias wisata tanpa camping saja, biaya yang dikeluarkan sudah ratusan ribu. Tapi, tentu saja itu ada alasannya. Karena, Rawa Bento memang hanya menarik wisatawan tertentu saja. Selain itu, biaya yang besar tersebut juga ditujukan untuk menjaga kelestarian alam di ekosistem rawa.

Lagi pula, camping di tengah rawa-rawa pastinya jadi suatu hal yang jarang kamu nikmati setiap hari. Untuk mencapai area camping ground, kamu harus menaiki perahu dan didampingi oleh guide. Sepanjang perjalanan, kamu akan disambut dengan pemandangan tumbuhan rawa yang cantik. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa melihat kawanan kerbau liar.

Camping ground di Rawa Bento ini terdiri dari padang rumput yang sangat luas. Kemungkinan, ribuan tenda pun bisa muat di sini. Saat cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan pemandangan Gunung Kerinci. Fasilitas toilet dan musala sudah pasti tidak tersedia di area camping ground. Kamu benar-benar akan camping ceria di tengah-tengah alam bebas. Selain bersantai di hammock, kamu juga bisa menyalakan api unggun di malam hari.

Untuk yang tidak bawa tenda dan perlengkapan camping, jangan khawatir. Kamu bisa menyewa perlengkapan camping dan hammock dengan biaya tambahan. Sesampainya di camping ground, kamu tidak akan menemukan warung makanan. Jadi, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan perbekalan logistik lengkap dari rumah.

7. Taman Alam Sebapo

Tempat Camping Di Jambi Taman Alam Sebapo
Taman Alam Sebapo, Jambi (sumber: instagram.com/alamsebapo/)
LokasiJl. Kontak Palembang Jambi Desa Sebapo Lrg. Panjang Dusun Kenanga RT. 08, Sebapo, Kec. Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 09:00 – 17:00
Harga paket campingRp30.000/orang (sewa area camping)
Rp100.000/orang (sewa tenda dome. Sudah termasuk: matras, bantal, dan selimut)
Rp250.000/malam (sewa villa glamping kapasitas 5 orang)
Telepon081373261866
Daya tarik wisataKeseruan outbound, wahana flying fox, pemandangan dari rumah pohon, mengendarai ATV, taman kelinci, berperahu di kolam perahu, jembatan satu tali, seluncur air, spot berfoto menarik, wisata edukatif agrowisata, bersantai di hammock
Rute dari kota Jambi42 menit (21.6 km) lewat Jl. Lintas Sumatra/Jl. Raya Palembang – Jambi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5.0 – 42 ulasan Google

Taman Alam Sebapo jadi destinasi camping yang cocok untuk mengisi waktu liburan keluarga. Tempat wisata ini juga menawarkan banyak sekali wahana dan kegiatan edukasi yang seru untuk anak-anak. Bagi yang ingin camping, di sini menyediakan area camping ground yang sangat luas.

Camping ground di Taman Alam Sebapo ini ternyata ada di beberapa titik. Kamu bisa mendirikan tenda di spot mana pun yang diinginkan. Masing-masing area camping lumayan luas dengan pemandangan yang cantik. Jadi, cocok juga untuk kamu yang ingin camping seru dengan rombongan komunitas atau teman-teman kantor.

Fasilitas api unggun tersedia untuk rombongan sebanyak 20 orang atau lebih. Selain itu, berbagai aktivitas mini games dan outbound seru juga bisa kamu lakukan di sini. Kamu bisa berkeliling area wisata dengan menggunakan ATV. Wahana flying fox dan jembatan 1 tali, dan kolam perahu sangat digemari anak-anak.

Di dekat camping ground terdapat 10 unit pondok penginapan berwarna-warni bernama Rumah Katumbiri. Pondok ini bisa dijadikan tempat menginap untuk maksimal 5 orang. Selain itu, ada juga rumah pohon yang menawarkan pemandangan alam yang sangat cantik.

Fasilitas pendukung seperti toilet, musala, dan akses air bersih juga tersedia. Sambungan listrik, koneksi wifi gratis, gazebo, dan fasilitas CCTV menjamin aktivitas camping semakin menyenangkan. Untuk yang ingin menggelar pertemuan juga bisa memanfaatkan fasilitas meeting room dengan tarif Rp850.000.

Lokasi camping ground ini berada tak jauh dari pusat kota. Kamu bisa menjangkaunya dengan mengendarai mobil maupun sepeda motor. Kondisi medan didominasi oleh tanah dan hanya muat 1 mobil. Tapi, cukup nyaman untuk dilintasi kendaraan model non-offroad. Nah, tertarik camping di sini?

Jambi memang punya pesona alam yang layak untuk dikagumi dengan camping. Mulai dari kolam surgawi yang tersembunyi hingga area camping ground seru untuk keluarga tersedia di sini. Menikmati pemandangan lautan awan sambil menyeruput kopi hangat dari tenda bisa jadi kenangan yang tak terlupakan. Bahkan, bisa jadi kamu akan jatuh cinta dan ingin kembali lagi suatu saat. Wisata camping di Jambi yang manakah yang ingin kamu kunjungi?

Leave a Comment