14 Tempat Camping Keluarga Terbaik di Bogor (Budget Friendly)

Mendengar kata Bogor tentu akan membuat kamu membayangkan udara yang dingin, cuaca yang selalu teduh, dan makanan-makanan enak. Ya, pikiranmu tidak salah karena Bogor adalah tempat yang ideal untuk berlibur dan untuk camping di alam terbuka.

Udara sejuk, bentang alam yang indah, serta banyak spot camping yang nyaman, cocok sebagai tempat pelarian untuk melepas stres dan penat. Jika liburan ini kamu ingin mencoba camping di Bogor, Napaktilas punya rekomendasi tempat yang bagus khusus untuk kamu. Berikut 10 tempat camping terbaik di Bogor:

Mulai penasaran? Yuk, langsung simak pembahasan lengkapnya. Let’s get right in!

1. Gunung Geulis Camp Area (GGCA)

Tempat Camping Di Bogor Gunung Geulis Camp Area Ggca
Tempat camping di Bogor, Gunung Geulis Camp Area (GGCA).
LokasiJl.Bukit Pelangi, Desa No.2, Gn. Geulis, Kec. Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingCamping Mandiri: Rp300.000 (Tenda bawa sendiri)
Paket Camping: Rp400.000 (Tenda, matras, perlengkapan camping dan penerangan, gratis akses kolam renang dan area playground)
Rumah kerucut: Rp400.000
Telepon(0251) 8294806
Daya tarik wisataCamping ground, kolam renang, arena playground, area outbound, rafting, villa, rumah kerucut
Kuliner enak terdekat» Pasir Angin Pas (10 mnt (3,6 km) lewat Jl. Bukit Pelangi)
» Cimory Riverside – Mega Mendung (35 mnt (9,6 km) lewat Jl. Bukit Pelangi dan Jl. Raya Puncak)
Rute dari Bogor31 mnt (15,3 km) lewat Jl. Tol Jagorawi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 2.045 ulasan Google

Gunung Geuling Camp Area (GGCA) kerap dijuluki “negeri di awan”. Julukan itu agaknya tidak berlebihan mengingat tempat ini menawarkan kombinasi berbagai keindahan. Pemandangan langit begitu cerah, gunung dan pepohonan tertutup kabut, dan lokasi yang begitu hijau membuat kamu serasa di surga. Namun, bukan hanya pemandangan saja, lho, yang ditawarkan oleh lokasi wisata ini.

Dikhususkan untuk wisatawan yang ingin merasakan kedekatan dengan alam, Gunung Geulis Camp Area (GGCA) menyediakan berbagai program. Program-program tersebut antara lain:

  • Program camping edukasi.
  • Program camping rekreasi.
  • Family camp.
  • Outbond team building.
  • Employee gathering.
  • Family gathering.
  • Rafting.
  • Menginap di cottage.

Buat kamu yang ingin merasakan “hidup di alam bebas”, kamu bisa mencoba program camping. Kamu tidak hanya dapat menyewa lahan dan tenda. Di sana, kamu juga bisa mendapatkan pelajaran survival dengan mengikuti program camping. Sangat cocok untuk bekal jika suatu saat, kamu ingin camping di gunung.

Gunung Geulis Camp Area (GGCA) juga cocok untuk merekatkan kedekatan di antara rekan kerja dan keluarga. Program outbond yang ditawarkan sangat menarik, menggembirakan, dan tentu saja sehat. Kamu bisa bergembira bersama dengan keluarga dan rekan sekaligus meningkatkan team work.

Negeri di awan ini juga menyediakan cottage yang nyaman. Bayangkan betapa bahagianya bangun pagi disambut dengan pemandangan pegunungan asri di jendela. Ukuran cottage yang disewa variatif, tergantung dari penghuni. Kamu bisa menyesuaikannya dengan keperluan. Misalnya, untuk bulan madu, untuk menginap sekeluarga, atau untuk program outing kantor.

Selain menawarkan keindahan, tempat ini juga cukup dekat dengan berbagai lokasi wisata menarik. Contohnya, seperti Taman Safari Indonesia Cisarua, Kuntum Farfield, dan Cimory Riverside View.

2. Bumi Perkemahan Sukamantri

Tempat Camping Di Bogor Campgrounds Sukamantri
Bumi Perkemahan Sukamantri (sumber: instagram.com/bumiperkemahansukamantri_tnghs/)
LokasiTaman Nasional Gunung Halimun Salak, Tamansari, Kec. Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp23.500/orang
Telepon0858-8392-3203
Daya tarik wisataCamping ground, pemandangan alam yang hijau, udara sejuk, pepohonan yang rindang
Kuliner enak terdekat» Joglo Resto & Camp Ciapus (29 mnt (6,0 km) melalui Jl. Raya Ciapus)
Rute dari Bogor.56 mnt (13,8 km) lewat Jl. Raya Ciapus (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 1.232 ulasan Google

Jika kamu jenuh dengan suasana kota besar yang padat dan semrawut, wisata camping bisa menjadi jawaban untukmu. Bumi perkemahan di sekitar gunung akan memberikan kesegaran dan obat stres yang mujarab, termasuk Campgrounds Sukamantri.

Masih berada di dalam lokasi Taman Nasional Halimun Gunung Salak, Campgrounds Sukamantri memberikan semua keindahan yang kamu butuhkan. Kami bisa melihat lansekap yang cantik, merasakan udara yang alami, dan menghirup aroma alam yang menyenangkan. Tak heran, jika camping ground Sukamantri menjadi salah satu tempat camping terbaik di Jawa Barat.

Walaupun berada tak jauh dari gunung, lokasi camping ground ini tidak ekstrem. Untuk itu, Campground Sukamantri cocok untuk para campers pemula dan anak-anak. Kamu bisa merasakan sensasi tidur di alam bebas sambil tetap merasa aman dan merasakan fasilitas yang layak.

Fasilitas yang diberikan oleh Campgrounds Sukamantri antara lain adalah:

  • Toilet dan kamar mandi.
  • Lapangan parkir.
  • Aula.
  • Masjid.
  • Beberapa warung dan kios yang menyajikan berbagai makanan.

Dari Kota Bogor, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 14 km jika melewati Jalan Raya Ciapus. Walaupun pintu masuknya harus diakses melalui jalanan berbatu, tetapi tempat ini dapat diakses mobil. Jika kamu tidak menggunakan kendaraan pribadi, kamu dapat menaiki angutan dari terminal angkot Segog.

3. Curug Ciputri Tenjolaya

Tempat Camping Di Bogor Curug Ciputri Tenjolaya
Area camping Curug Ciputri Tenjolaya.
LokasiTapos I, Kec. Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp15.000,00/orang
Telepon
Daya tarik wisataArca Domas Cibalay, Bogor Tenjolaya Park, camping ground, hutan yang asri
Kuliner enak terdekat
Rute dari Bogor54 mnt (18,8 km) lewat Jl. Abdul Fatah (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 973 ulasan Google

Berlokasi di kaki Gunung Salak, tentu tempat wisata yang satu ini menawarkan kesegaran alam yang begitu memanjakan tubuh. Sesuai dengan namanya, Curug Ciputri Tenjolaya menyuguhkan pesona beberapa air terjun. Namun, apa yang disajikan oleh tempat ini bukan hanya itu saja.

Curug Ciputri Tenjolaya juga menyediakan camping ground yang bak nirwana. Tempat berkemah berada di tengah pohon-pohon pinus. Pinus-pinus ini menghalau sinar matahari yang berlebihan sehingga udara pun menjadi sejuk walaupun di siang hari.

Selain bisa berkemah, di Curug Ciputri Tenjolaya, kamu juga bisa trekking. Aktivitas ini dapat dilakukan dari lokasi parkir ke perkemahan atau berkeliling area hutan pinus. Walaupun jalurnya sedikit mendaki, tetapi tidak sulit untuk ditempuh. Kondisi ini cocok untuk kamu yang tidak terbiasa naik gunung, tetapi ingin mencoba trekking yang sehat. Medannya pun cenderung aman, bahkan untuk anak-anak dan remaja.

Jika kamu pergi dari Bogor, kamu bisa menempuh jarak 20,8 km. Sementara itu, apabila kamu bertolak dari Jakarta, jarak yang harus kamu tempuh adalah sekitar 75,6 km. Selain tidak terlalu jauh, lokasi pun dapat dijangkau dengan mudah oleh kendaraan roda empat.

4. Camping Gayatri

Tempat Camping Di Bogor Camping Gayatri
Camping Gayatri, Bogor (sumber: instagram.com/campinggayatri/)
LokasiCiteko, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp25.000/orang
Family camping: Rp135.000 (tenda untuk 6 orang, matras, sleeping bag)
Group camping: Rp250.000 (tenda untuk 6 orang, matras, sleeping bag, snack, makan 3x)
Telepon081385917722
Daya tarik wisataPemandangan alam, udara dingin, view Gunung Gede dan Gunung Salak, offroad, camping ground
Kuliner enak terdekat» Sate PSK (13 mnt (4,6 km) lewat Jl. Alternatif Tapos-Ciawi dan Jl. Labuan – Cianjur/Jl. Raya Ciawi – Cianjur/Jl. Raya Puncak – Cianjur/Jl. Raya Puncak Gadog)
» BM Bumi Nini Cisarua (11 mnt (3,3 km) lewat Jl. Alternatif Tapos-Ciawi)
» Warung Sate H. Kadir 3 (14 mnt (3,3 km) lewat Jl. Alternatif Tapos-Ciawi)
Rute dari Bogor1 jam 32 mnt (24,8 km) lewat Jl. Raya Puncak – Cianjur (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 980 ulasan Google

Rekomendasi tempat camping menarik selanjutnya adalah Camping Gayatri. Berlokasi di dataran tinggi Citeko, Cisarua Bogor, Camping Gayatri menawarkan pengalaman camping dengan alam memesona. Saat cuaca cerah kamu bisa melihat keindahan Gunung Gede dan Gunung Salak dari kejauhan. Nggak hanya itu, udara sejuk dan banyak pepohonan rindang membuat suasana camping menjadi semakin menyenangkan.

Kenapa banyak orang suka camping di Camping Gayatri? Setidaknya ada 5 alasan kenapa Camping Gayatri selalu ramai di datangi campers, di antaranya:

  1. Tempat campingnya nyaman dan pemandangan alamnya bagus. Tentu kenyamanan camping ground menjadi alasan utama para campers betah berkemah di sini. Area Camping Gayatri luas, datar dan bisa muat banyak tenda. Sehingga, kamu nggak perlu takut kehabisan tempat. Dan lagi pemandangan alamnya menawan. Pesona saat sunrise dan sunset cantik, gemerlap bintang di malam hari dan pesona Gunung Gede dan Gunung Salak dari Kejauhan. Indah banget.
  2. Akses menuju tempat camping relatif mudah. Lokasi Camping Gayatri mudah diakses menggunakan motor maupun mobil. Kamu hanya tinggi menuju ke Citeko dan langsung ke tempat registrasinya. Setelah parkir motor/mobil, tinggal jalan sebentar sampai menuju area tempat campingnya.
  3. Fasilitas wisata lengkap. Bagi kamu campers yang menyukai tempat camping yang terawat, Camping Gayatri bisa jadi pilihan. Pihak pengelola selalu merawat berbagai fasilitas camping dengan baik. Toiletnya bersih. Musala nyaman. Pusat informasi dan keamanan selalu stand by 24 jam. Tempat sampah ada. Area camping rutin dirawat dan dibersihkan. Ada juga shelter perlindungan bagi wisatawan saat cuaca memburuk. Area parkir cukup luas dan aman. Terakhir, bagi yang belum memiliki perlengkapan camping, pengelola Camping Gayatri menyediakan persewaan peralatan camping yang bersih dan terawat. Jadi, kamu tinggal datang, sewa dan enjoy your camping.
  4. Cocok untuk camping keluarga. Karena jarak dari gerbang registrasi ke area camping cuma 800m, area Camping Gayatri cocok untuk rombongan keluarga. Buat kamu yang ingin mengenalkan kegiatan outdoor untuk anak-anak, bisa banget camping di sini. Nggak bikin capek, kok! Dan banyak keluarga-keluarga lainnya yang camping di sini.
  5. Suasana tempat camping istimewa banget. Saat malam hari begitu tenang, di pagi hari kamu bisa mendengarkan suara kicau burung yang bersaut-sautan. Suara semilir angin yang membelai dedaunan juga menentramkan hati. Suasana alam ini cocok banget bagi kamu yang lagi pengen healing. Stres akan hilang dan pikiran kembali jernih sepulang camping.

Menarik, bukan?

Biasanya setiap akhir pekan dan liburan Camping Gayatri selalu ramai wisatawan. Tapi, kamu nggak perlu khawatir, area campingnya bisa muat untuk ratusan tenda. Selama pengunjungnya mengikuti peraturan dari pihak pengelola, tempat camping tetap nyaman biarpun kondisinya ramai.

Oia, karena udara di sana cukup dingin. Pastikan membawa jaket tebal, sleeping bag dan minuman penghangat ya. biar kamu nggak menggigil kedinginan saat malam hari. Hehe. Dan lagi, jalur perkebunan menuju area camping tersusun dari berbatuan dan jalan setapak tanah. Pastikan kamu memakai sepatu atau sandal gunung biar nggak licin.

Gimana? Semakin tertarik untuk mencoba berkemah di di sini? Yuk, segera ke Camping Gayatri bareng keluarga atau rombongan kerja. Weekends besok ke sini ya?

5. Curug Cipamingkis

Tempat Camping Di Bogor Curug Cipamingkis
Area camping ground curug Cipamingkis.
LokasiWargajaya, Kec. Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingCamping Mandiri: Rp65.000,00/orang
Glamping: Rp650.000/orang
Sewa tenda: Rp250.000/tenda
Telepon0812-8907-4297
Daya tarik wisataAir terjun, villa, rumah pohon, spot selfie, camping ground, glamping, arena outbound
Kuliner enak terdekat
Rute dari Bogor2 jam 17 mnt (49,1 km) lewat Jl. Tol Lkr. Bogor (Cek rute di Google Maps).
Rating tempat camping4,4/5 dari 4.054 ulasan Google

Buat orang Jakarta yang membutuhkan relaksasi, objek wisata Curug Cipamingkis bisa menjadi pilihan yang tepat. Lokasinya berada di Sukamakmur, hanya berkisar 70,4 km dari DKI Jakarta, membuatnya cukup mudah untuk diraih. Dengan menggunakan mobil, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk pergi ke sana via Tol Cibubur. Sementara itu, jika kamu pergi dari Kota Bogor, kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 49,1 km atau 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Daya tarik utama dari Curug Cipamingkis adalah air terjun. Air terjun ini merupakan pertemuan dari Sungai Cisarua dan Sungai Cipamingkis. Selain segar dan cantik ada urban legend menarik tentang air terjun ini. Kabarnya, jika seseorang yang lajang mandi di sana, dia akan mudah bertemu jodoh.

Namun, kamu tidak hanya bisa melihat keindahan air terjun saja. Di sana, kamu juga dapat melakukan berbagai macam hal. Contohnya, seperti swafoto di spot-spot menarik, outbond bersama teman-teman kantor, atau berkemah di camping ground.

Buat kamu yang ragu untuk berkemah di gunung, camping ground Cipamingkis ini sangat cocok untuk kamu. Medannya mudah untuk dituju, aman, dan terdapat beberapa warung untuk membeli makanan. Mengingat udara segar dan pemandangan yang asri, tidak mengherankan jika camping ground ini banyak didatangi oleh keluarga dan anak muda.

6. Hutan Pinus Gunung Pancar Camp Outbound

Tempat Camping Di Bogor Sentul Pine Forest
Camping ground Sentul Pine Forest.
LokasiJl. Ke Karang Tengah, Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp10.000/orang
Camping: Rp25.000
Telepon085780331638
Daya tarik wisataCamping ground, wisata alam, hutan pinus, pepohonan yang rindang, area outbound, spot selfie
Kuliner enak terdekat» Ayam Kampung Simbok (9 mnt (2,3 km) lewat Jl. Gn. Pancar)
» Ritzeky Bistro Cafe & Resto (9 mnt (2,3 km) lewat Jl. Gn. Pancar)
» Serai Love iVe Story Resto Sentul City Bogor (6 mnt (1,5 km) lewat Jl. Ui)
Rute dari Bogor31 mnt (18,6 km) lewat Jl. MH. Thamrin (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,1/5 dari 950 ulasan Google

Berada di dekat Sentul City, Hutan Pinus Gunung Pancar Camp Outbound hanya berjarak sekitar 1,5 jam perjalanan dari Jakarta. DI lokasi, kamu akan disambut oleh pohon-pohon pinus yang berjajar di sepanjang lereng yang landai. Kamu juga dapat menemukan tempat berkemah keluarga di hutan ini. Hal tersebut membuat anak-anak memahami pesona alam sejak dini.

Ada beberapa hal yang ditawarkan oleh Hutan Pinus Gunung Pancar Camp Outbound. Hal-hal ini dapat merekatkan hubungan antar keluarga dan menjadi relaksasi bagimu:

  • Camping ground di antara pohon-pohon pinus.
  • Kolam renang.
  • Lokasi swafoto yang menarik.
  • Gim paint ball.

Selain untuk camping dan bersenang-senang, biasanya orang-orang sekitar mampir ke sini untuk berolahraga pagi. Medan yang tidak berat, suasana asri, dan udara segar mendukung kamu untuk menjaga kesehatan.

Baca terus: 10 Rekomendasi Tempat Camping Keluarga Terbaik di Cianjur (Low Budget) »

7. Eagle Hill Camp

Tempat Camping Di Sekitar Depok Eagle Hill Camp
Eagle Hill Camp (sumber: instagram.com/hemat.liburan/)
LokasiJl Al Barokah, Megamendung, Kec. Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Minggu, 24 Jam
Harga paket campingRp100.000/malam (sewa lahan/campervan)
Rp200.000/tenda (sewa tenda dome kapasitas 4 – 5 orang untuk 2 hari 1 malam). Sudah termasuk: matras, sleeping bag, lampu penerangan, akses listrik
Paket Camping Standar: Rp225.000/pax
Paket Campervan 2 hari 1 malam: mulai dari Rp300.000
Barak Melati: Rp1.200.000/malam (kapasitas 40 orang)
Room Anggrek: Rp700.000/malam (kapasitas 5 orang)
Room VIP: Rp1.700.000/malam (kapasitas 2 orang)
Telepon081908290020
Daya tarik wisataPemandangan hutan pinus, panorama pegunungan indah, aktivitas outbound, trekking, kolam renang
Rute dari kota Bogor41 min (21.5 km) via Jl. Raya Puncak – Cianjur (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5.0 – 414 ulasan Google

Camping ceria bersama teman-teman atau keluarga dalam rombongan besar memberikan keseruan tersendiri. Tidak perlu jauh-jauh keluar dari Depok. Karena, kamu bisa mampir ke Eagle Hill camping ground yang ada di Bogor. Tempat camping ini menawarkan area camping ground yang luas dan cocok untuk aktivitas berkemah beramai-ramai.

Untuk mencapai Eagle Hill, kamu harus melewati medan dengan kontur tanah bergelombang dan hanya bisa dilalui satu mobil. Tapi, keindahan panorama pegunungan dan hutan pinus yang menantimu akan membuat rasa lelah terbayar lunas.

Eagle Hill Camp memiliki luas sekitar 12 hektar dengan 4 area camping. Masing-masing lahan camping memiliki kapasitas hingga ratusan tenda. Tak hanya itu, beberapa area tersebut juga bisa digunakan untuk pengguna campervan. Di sini juga menyediakan persewaan tenda lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Kamu juga bisa menyewa penginapan untuk bermalam.

Selain menikmati kesejukan udara dan panorama perbukitan pinus, ada banyak kegiatan seru yang dilakukan. Camping ground ini kerap menjadi lokasi outbound yang sangat seru. Selain itu, kamu juga bisa berenang santai di kolam renang sumber. Berbaring di hammock sambil menikmati angin sepoi juga terdengar menyenangkan.

Di dekat camping ground terdapat sungai kecil dengan air yang sangat jernih. Untuk mencapainya, kamu akan dibimbing oleh ranger melintasi rute trekking menembus pegunungan. Kamu bisa mencicipi hidangan lezat di restoran yang menampilkan view pegunungan yang indah. Fasilitas toilet, penerangan, dan listrik juga tersedia.

8. Lingkung Gunung Adventure Camp

Tempat Camping Di Bogor Lingkung Gunung Adventure Camp
Lingkung Gunung Adventure Camp.
LokasiDaong, Masuk dari Pasar Cikereteg – Kopi, Jl. Akses Lingkung Gn. Jl. Caringin-Cilengsi, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 09.00-20.00 WIB
Harga paket campingHTM: Rp5.000,00
Camping: Rp35.000
Glamping: Rp350.000
Telepon02518291453
Daya tarik wisataBSP Farm, camping ground, vila, glamping
Kuliner enak terdekat» Pendopo Tentrem & Kopi dari Hati Pancawati (1 mnt (300,0 m) lewat Jl. Caringin-Cilengsi)
Rute dari Bogor1 jam 16 mnt (40,3 km) lewat Jl. Tangkil – Agrabinta/Jl. Tol Jagorawi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 721 ulasan Google

Lingkung Gunung Adventure Camp memberikanmu dua pilihan gaya liburan.

  • Yang pertama, berkemah seperti layaknya anak gunung.
  • Yang kedua, merasakan kemah mewah dengan fasilitas menawan.

Mana yang lebih baik? Di sana, keduanya sama-sama menawarkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Ada tiga jenis fasilitas menginap yang ditawarkan oleh Lingkung Gunung Adventure Camp, antara lain:

  • Villa Sunset, yang dapat disewa mulai dari Rp400.000,00 per pax
  • Camping tent, dengan lahan yang dapat disewa mulai dari Rp75.000,00 per pax
  • Glamping, yang dapat disewa mulai dari Rp500.000,00 per pax.

Selain memilih penginapan yang sesuai dengan selera, kamu juga dapat mengikuti berbagai macam kegiatan seperti:

  • Outbond.
  • Rafting.
  • Tracking.
  • Paintball.
  • Flying Fox.
  • Team Building.
  • Mountain Bike.
  • Hammock.
  • Horse ride.
  • Campsfire.

Kabar baiknya, adventure camp ini cukup mudah untuk diakses dari Jakarta. Jarak antara adventure camp ke ibukota adalah sekitar 72,9 km. Sementara itu, dari kota Bogor, jaraknya adalah 25,3 km dari Cimande.

9. Pondok Kapilih Camp

Tempat Camping Di Bogor Pondok Kapilih Camp
Pondok Kapilih Camp, Bogor (sumber: instagram.com/keluargapinus8/)
LokasiPancawati, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 07.30-17.00 WIB
Harga paket campingCamping Ground: Rp50.000/orang
Campervan: Rp70.000/orang
Telepon02518293951
Daya tarik wisataKolam renang, cafe, pemandangan alam, view Gunung Salak, udara sejuk, live musik, kopi langitan, penginapan, pendopo
Kuliner enak terdekat» Pendopo Tentrem & Kopi dari Hati Pancawati (6 mnt (1,2 km) lewat Jl. Caringin-Cilengsi)
» Kopi Daong (5 mnt (1,0 km) lewat Jl. Caringin-Cilengsi)
Rute dari Bogor1 jam 12 mnt (35,7 km) lewat Jl. Tangkil – Agrabinta (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 314 ulasan Google

Satu lagi tempat camping yang lagi hits di Bogor, yaitu Pondok Kapilih Camp. Pondok Kapilih merupakan tempat yang berlokasi di Pancawati, Caringin, Bogor. Akses transportasi menuju Pondok Kapilih Camp cukup mudah. Jalanan lebar dan halus, namun mendekati area Pondok Kapilih, jalanan mulai menyempit dan jalan tersusun dari berbatuan. Jadi, saat musim hujan, wisatawan harus berhati-hati saat melintas.

Ada dua jenis wisata camping yang bisa kamu lakukan di Pondok Kapilih Camp, di antaranya:

  1. Area Campervan. Campervan adalah istilah untuk camping menggunakan mobil van. Jadi, mobil bisa masuk langsung di area camping. Dan kamu bisa mendirikan tenda tepat di samping mobil van milikmu. Lokasi campervan di Pondok Kapilih ada 2, yaitu di block C dan block D.
  2. Area camping ground. Camping ground adalah area tanah lapang yang disewakan untuk kegiatan camping ceria. Pada area ini, kamu hanya boleh mendirikan tenda. Motor dan mobil tidak boleh masuk lokasi camping. Jadi, lokasi camping bersih dari motor dan mobil.

Catatan: Dari pengalaman kami camping di Pondok Kapilih Camp, block C adalah spot camping yang paling bagus bagi pencinta campervan. Pemandangannya indah, lokasinya luas dan suasananya nyaman.

Wow, ada banyak pilihan jenis camping ya. Lalu, apakah fasilitas wisatanya lengkap?

Fasilitas wisata di Pondok Kapilih Camp cukup lengkap, di antaranya:

  1. Kolam renang
  2. Wastafel
  3. Listik
  4. MCK 30 unit
  5. Restoran
  6. Camping ground
  7. Area campervan
  8. Pendopo
  9. Penginapan
  10. Kafe
  11. Tempat nongkrong
  12. Colokan listrik buat ngecharge

Dengan fasilitas selengkap itu, kami pikir sangat worth it untuk camping di sini. Terlebih untuk camping keluarga yang butuh tempat aman, nyaman dan menyenangkan.

Hal terbaik yang ada di Pondok Kapilih adalah suasana camping yang nyaman, view city night yang indah dan pelayanan wisata yang memuaskan. Jadi, bagi kamu yang ingin melepas penat di area bogor, kamu bisa mampir ke Pondok Kapilih Camp.

Jangan berhenti dulu, masih ada satu spot camping menarik lagi di Bogor. Yuk, lanjut baca.

10. Puncak Halimun Camp Bogor

Tempat Camping Di Bogor Puncak Halimun Camp
Puncak Halimun Camp, Bogor (sumber: instagram.com/puncak_halimuncamp/)
LokasiPancawati, Kec. Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingHTM: Rp35.000
Camping 2 orang: Rp250.000 (tiket masuk, tenda, sleeping bag, matras, alat masak, i kaleng gas dan gratis parkir)
Camping
Camping 3 orang: Rp300.000 ((tiket masuk, tenda, sleeping bag, matras, alat masak, i kaleng gas dan gratis parkir)
Campervan: Rp75.000 (tiket masuk + sewa area parkir mobil)
Telepon081218384002
Daya tarik wisataUdara sejuk, view Gunung Gede dan Gunung Salak, pemandangan alam memesona, camping ground, campervan, trekking, ATV, cafe, cottage, ada persewaan alat camping
Kuliner enak terdekat» Kopi Daong (20 mnt (3,6 km) lewat Jl. Caringin-Cilengsi)
Rute dari Bogor1 jam 21 mnt (41,4 km) lewat Jl. Tangkil – Agrabinta/Jl. Tol Jagorawi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 309 ulasan Google

Rekomendasi tempat camping asyik di Bogor yang terakhir adalah Puncak Halimun Camp Bogor. Puncak Halimun Camp merupakan area perbukitan yang disulap menjadi tempat camping dan campervan yang menyenangkan. Berlokasi di atas bukit di Pancawati, Puncak Halimun Camp Bogor menawarkan suasana camping yang asri dengan udara yang sejuk.

Ada beberapa spot camping yang bisa kamu pilih saat camping di sana. Ada spot salak, spot halimun dan spot afrika. Di mana setiap spot memiliki view pemandangan yang berbeda-beda. Biar kamu nggak bingung, kami kasih sedikit ringkasan:

  • Spot camping Salak banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang dengan pemandangan Gunung Salak. Biasanya, wisatawan yang ngecamp di area ini adalah pencinta campervan. Di mana, mobil wisatawan bisa masuk area camping dan mendirikan tenda di samping mobil. Kelebihan lainnya, kamu bisa memasang flysheet dan hammock dengan adanya pepohonan di sekitarmu.
  • Spot halimun merupakan spot camping yang lokasinya di atas spot salak. Area camping berupa tanah lapang dengan area terbuka. View pemandangan dari sini adalah view Gunung Gede dan Gunung Salak. Karena area camping terbuka, kebanyakan orang yang ngecamp di sini adalah camping mandiri. Jadi, di lokasi camping hanya ada tenda saja. Nggak ada hammock maupun mobil campervan.
  • Spot terakhir adalah spot camping Afrika. Spot Afrika berada di atas spot halimun. Area ini memiliki sedikit pohon di pinggir area camping. Jadi, beberapa campervan yang ingin camping sambil memasang hammock, mereka memiliki area ini. Pemandangan di sini bagus. Namun, kalau musim hujan, mobil yang naik ke sini, pasti kotor dan ban mobilnya akan penuh dengan tanah basah.

Sampai di sini, kamu sudah punya gambaran, kan? Jika penasaran, langsung meluncur ke Puncak Halimun Camp Bogor saja. Hehe.

Apa saja kelebihan Puncak Halimun Camp Bogor daripada tempat camping lainnya? Ada 3 kelebihan tempat camping Puncak Halimun, di antaranya:

  1. Tempat camping nyaman dan banyak pilihan spot camping. Puncak Halimun Camp Bogor menyediakan beragam tempat camping bagi wisatawan. Ada spot camping mandiri, ada area campervan, ada penginapan cottage hingga ada cafe bagi yang hanya pengen nongkrong dan healing sesaat.
  2. Ada beragam jenis wisata outdoor yang menarik. Selain tempat camping, pengelola Puncak Halimun Camp juga menawarkan campervan, trekking, offroad, ATV, adventure, hingga outbound. Jadi, kamu nggak akan bosan jika berwisata ke sana.
  3. View Gunung Gede dan Gunung Salak yang memesona. Jika cuaca cerah kamu bisa melihat hamparan perbukitan hijau di area Puncak Halimun. Dan saat pagi dan sore hari, pemandangan Gunung Gede dan Gunung Salak sangat elok dari lokasi camping ini. Sangat sempurna untuk membuat momen bahagia bersama keluarga.

Menarik, ya?

Jikalau belum punya perlengkapan camping, pihak pengelola wisata juga menyewakan tenda dan perlengkapan camping yang memadai. Namun, pastikan kamu memesannya sejak jauh-jauh hari, karena banyak juga wisatawan yang ingin menyewanya. Yuk, ajak teman-teman dan keluarga tercintamu untuk camping di sana.

11. Bumi Perkemahan Suaka Elang

Tempat Camping Di Bogor Suaka Elang
Area camping ground Suaka Elang.
LokasiCiburayut, Kec. Cigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 08.00-17.00 WIB
Harga paket campingRp20.000,00
Telepon
Daya tarik wisataCurug, udara sejuk, hutan pihus, konservasi elang, jembatan gantung, pemandangan alamnya cantik
Kuliner enak terdekat» Warung Sate Gunung Salak Teteh Katineung (16 mnt (4,2 km) lewat Jl. Raya Cijeruk)
Rute dari Bogor1 jam 15 mnt (39,8 km) lewat Jl. Tangkil – Agrabinta/Jl. Tol Jagorawi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,0/5 dari 744 ulasan Google

Lagi-lagi, Bogor kembali menawarkan sensasi camping di tengah pohon pinus. Nah, selain tempat-tempat yang sudah kami ulas sebelumnya, ini ada rekomendasi tempat menarik, yaitu Suaka Elang. Sesuai dengan namanya, Suaka Elang adalah wana wisata alam yang menjadi satu dengan tempat penangkaran dan rehabilitasi elang.

Di sana, kamu bisa melihat berbagai burung elang yang dilindungi. Di Suaka Elang, burung-burung elang dilindungi dan dirawat sebelum pada akhirnya dilepaskan ke alam liar.

Selain menawarkan wisata untuk melihat elas, kamu juga bisa melakukan camping di sana. Betapa nikmatnya berkemah di tengah-tengah hutan pinus sambil mendengar kepakan sayap-sayap elang. Selain itu, kamu juga bisa berfoto di jembatan gantung yang memang menjadi salah satu ikon terkenal dari Suaka Elang.

Di dekat Suaka Elang, terdapat Curug Cibadak. Curug yang satu ini hanya berjarak sekitar 800 km dari hutan pinus di Suaka Elang. Jadi, wisatawan bisa mendatanginya hanya dengan berjalan kaki dari camping ground.

Jika kamu tertarik untuk menyewa camping ground, menikmati suara elang, dan keindahan pinus, inilah jawaban untukmu. Apabila kamu wisatawan dari Jakarta, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 72,9 km untuk sampai ke Suaka Elang. Kalau kamu di Bogor, kamu hanya perlu menempuh jarak sejauh 25.4 km untuk sampai ke tampat camping Suaka Elang, sekitar 50 menit motoran.

12. Bukit Alesano Campground

Tempat Camping Di Bogor Bukit Alesano Campground
Bukit Alesano Campground.
LokasiCijeruk, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000,00 per orang
Telepon
Daya tarik wisataEmbrio Hill, Cijeruk Farm, Camping Ground, City View
Kuliner enak terdekat.» Kedai D’Bago Bogor (13 mnt (2,6 km) dari Bukit Alesano Campground)
.» Warung Sate Gunung Salak Teteh Katineung (17 mnt (5,2 km) lewat Jl. K.H. Halimi)
Rute dari Bogor1 jam 15 mnt (41,4 km) lewat Jl. Tangkil – Agrabinta/Jl. Tol Jagorawi (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5 dari 681 ulasan Google

Gemerlap Kota Bogor di malam hari bak mutiara. Tidak percaya? Cobalah untuk bertolak ke Bukit Alesano Campground. Terletak di dataran tinggi, kamu dapat melihat hamparan Kota Bogor dari atas. Nah, jika kamu ingin merasakan sensasi bermalam di antara bintang, cobalah untuk mendirikan tenda. Nggak malah kok, kalau wisatawan mau camping di sini. Karena pengelola Bukit Alesano menawarkan fasilitas persewaan lahan untuk berkemah dengan harga bersahabat.

Selain menikmati camping ground, kamu juga bisa selfie di sana. Tempat ini menyediakan spot foto yang khusus dibuat dengan latar belakang Kota Bogor dari atas. Sungguh sebuah pengalaman yang tidak terlupakan! Nah, dari Balai Penelitian Embrio Cijeruk, kamu hanya perlu melewati beberapa portal sebelum akhirnya sampai ke Bukit Alesano.

Dari Jakarta, jarak campground ini sekitar 74,6 km. Sementara itu, dari Bogor, jaraknya hanya 18 km. Untuk itu, jika kamu adalah warga Bogor, tempat ini mudah dijangkau dan tidak membutuhkan waktu lama.

13. Citra Alam Riverside

Tempat Camping Di Bogor Citra Alam Riverside
Area camping ground Citra Alam Riverside.
LokasiDesa Jogjogan RT03/RW01 Cilember, Jogjogan, Cisarua, Bogor Regency, West Java (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingMulai dari Rp300.000,00 per orang
Telepon(021) 7321394
Daya tarik wisata.Camping ground, arena outbound, pemandangan alam, persawahan, rafting, udara sejuk
Kuliner enak terdekat.» RM Bumi Nini Cisarua (13 mnt (4,2 km) lewat Jl. Labuan – Cianjur/Jl. Raya Ciawi – Cianjur/Jl. Raya Puncak Gadog)
.» Warung Sate Pak H. Kadir 1 (9 mnt (2,1 km) lewat Jl. Hankam)
.» Cimory Riverside – Mega Mendung (17 mnt (4,4 km) lewat Jl. Jogjogan dan Jl. Cilember)
Rute dari Bogor1 jam 10 mnt (37,0 km) lewat Jl. Labuan – Cianjur/Jl. Tangkil – Agrabinta/Jl. Tol Jagorawi dan Jl. Raya Puncak – Cianjur (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 561 ulasan Google

Citra Alam Riverside terkenal sebagai tempat untuk camping, outbond, serta untuk MOS dan OSPEK. Lokasinya cukup strategis, mudah diakses, dan terdapat berbagai paket yang cocok untuk kelompok. Paket-paket yang ditawarkan oleh Citra Alam Riverside antara lain adalah:

  • Camping dan outbond.
  • Camping saja.
  • Outbond saja.
  • Camping, outbond, dan pelatihan.
  • Pelatihan membatik/keramik dan outbond.
  • Pelatihan membatik/keramik dan agrowisata.

Dengan lengkapnya paket yang ditawarkan oleh pengelola, tidak mengherankan tempat ini selalu ramai di akhir minggu.

Selain aktivitas yang kaya, kamu juga dapat memilih beberapa fasilitas menginap seperti:

  • Tenda dome: Tenda biasa yang dapat ditempati hingga empat orang dengan matras dan sleeping bag.
  • Vila tenda: Konsepnya seperti glamping dengan dua kamar tidur, ruang berkumpul, dan televisi.
  • Room serta bungalow.

Dari Jakarta, Citra Alam Riverside berjarak 70,1 km via tol Jagorawi. Sementara itu, dari Bogor, jaraknya 22,6 km via Jalan Raya Puncak-Cianjur.

14. Griya Sawah Lega

Tempat Camping Di Bogor Griya Sawah Lega
Tempat camping di area Griya Sawah Lega, Bogor.
LokasiKopo, Cisarua, Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam BukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingTergantung dari jenis penginapan. Harga mulai dari Rp150.000
Telepon
Daya tarik wisataTaman Wisata Matahari, Taman Safari Cibodas, Indonesia, Kebun Raya Bogor
Kuliner enak terdekat» Cimory Mountain View (11 mnt (3,2 km) lewat Jl. Alternatif Cisarua/Jl. Lembah Nyiur/Jl. Megamendung – Ciawi dan Jl. Labuan – Cianjur/Jl. Raya Ciawi – Cianjur/Jl. Raya Puncak Gadog)
» The Ranch Cisarua Puncak (12 mnt (3,6 km) lewat Jl. Alternatif Cisarua/Jl. Lembah Nyiur/Jl. Megamendung – Ciawi dan Jl. Labuan – Cianjur/Jl. Raya Ciawi – Cianjur/Jl. Raya Puncak Gadog)
Rute dari Bogor1 jam 9 mnt (36,5 km) lewat Jl. Labuan – Cianjur/Jl. Tangkil – Agrabinta/Jl. Tol Jagorawi dan Jl. Raya Puncak – Cianjur (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,3/5 dari 453 ulasan Google

Griya Sawah Lega memberikan hamparan kebun yang melegakan dan penginapan yang nyaman. Hamparan kebun indah dan pepohonan begitu memanjakan mata, membuat wisatawan ingin berlama-lama di sana. Griya Sawah Lega menawarkan berbagai macam paket sebagai berikut:

  • Paket menginap dan outbond di vila, bungalow, dan resort.
  • Paket camping
  • Pemancingan

Kamar yang ditawarkan sangat bersih. Pelayanannya bagus, sajian makanannya cukup lezat, dan terdapat meeting venue. Selain itu, lokasinya mudah untuk dituju dan memiliki konsep yang cantik. Begitu datang, Anda akan langsung disambut dengan pemandangan pagar kayu dan tanaman yang begitu manis. Seolah, seperti rumah-rumah di dalam dongeng.

Dari Jakarta, jaraknya hanya sekitar 69,7 km. Sementara itu, dari Kota Bogor jaraknya adalah sekitar 24 km. Tidak perlu khawatir menginap di sini karena Griya Sawah Lega berada di dekat restoran dan pom bensin.

Demikian 10 rekomendasi tempat camping di Bogor yang seru dan menyenangkan. Jika kamu ingin memulihkan pikiranmu atau sekedar melepas penat, kamu bisa camping di area Bogor. Segera pilih lokasi berkemah yang kamu sukai dan rehatlah sejenak. Kamu akan takjub dengan cara alam menghiburmu dan membantumu menemukan kepingan jiwamu yang layu.

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Keluarga Terbaik di Bandung (Budget Friendly) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar