5 Tempat Camping Terindah di Pangandaran yang Lagi Hits (2022)

Pangandaran di Jawa Barat memiliki banyak sekali objek wisata alam yang menawan. Beberapa di antaranya bahkan dilengkapi dengan spot camping yang asyik. Sebagai referensi untuk kamu yang ingin camping, kami bagikan 5 rekomendasi tempat camping terbaik di Pangandaran. Lokasinya tidak hanya di pantai, tetapi ada juga yang berada di area perbukitan. Kamu bisa camping dengan konsep yang sederhana hingga glamping ala hotel berbintang. Berikut 5 rekomendasi tempat camping terbaik di Pangandaran:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Pantai Madasari

Tempat Camping Di Pangandaran Pantai Madasari
Pantai Madasari, Pangandaran (sumber: instagram.com/pantaimadasaripangandaran)
LokasiJl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp125.000,00/orang (paket camping all in)
Telepon081312181770
Daya tarik wisaztaPemandangan pantai, ombak, lobster, batu karang, green canyon, camping ground, pacuan kuda
Kuliner enak terdekat» Ocean View Warung (1 mnt (98,0 m) lewat Jl. Pantai Wisata)
» Dapoer Kampoeng Kuliner Pangandaran (36 mnt (18,3 km) lewat Jl. Masawah dan Jl. Raya Cijulang)
Rute dari Pangandaran1 jam 28 mnt (42,6 km) lewat Jl. Raya Cijulang (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,6/5 dari 3.605 ulasan Google

Salah satu tempat camping terbaik di Pangandaran dengan view laut adalah Pantai Madasari. Pantai Madasari sangat cocok untuk tempat camping bersama teman, keluarga, maupun acara komunitas. Suasana di pantai ini cukup tenang, dengan suara debur ombak yang sangat khas.

Kamu bisa bersantai di tenda sembari menikmati birunya laut dan langit yang cerah. Ada beberapa karang besar yang eksotis di sekitar pantai. Tidak perlu khawatir dengan terik matahari saat siang. Di Pantai Madasari banyak pepohonan yang nyaman untuk berteduh.

Tersedia beberapa spot untuk mendirikan tenda. Ada yang alasnya langsung di atas pasir dan menghadap ke Karang Segeuh. Spot lain berada di area dengan alas rerumputan dan persis di bawah teduhnya pepohonan. Di spot khusus, mobil bahkan bisa masuk sampai ke area camping.

Harga paket camping di Pantai Madasari berkisar antara Rp100.000,00 – Rp500.000,00 per pax. Ada juga paket camping all in seharga Rp125.000,00/orang (minimal 4 orang). Harga tersebut sudah termasuk:

  • Htm
  • Tenda dome + tikar
  • Sewa lahan + parkir
  • Api unggun + kopi/teh
  • Dokumentasi foto
  • Guide ke spot-spot di sekitar pantai
  • 1x makan nasi liwet ikan bakar

Harga paket camping di Pantai Madasari bisa berubah sewaktu-waktu. Pastikan kamu konfirmasi terlebih dahulu ke pengelola.

Saat camping di Pantai Madasari, jangan lupa kulineran juga, ya. Kuliner paling favorit di pantai ini adalah olahan lobsternya. Kalau cuaca sedang bagus, kamu bisa mencicipi lobster yang baru dibawa oleh para nelayan dari laut.

2. Pantai Karapyak Pasir Putih

Tempat Camping Di Pangandaran Pantai Karapyak Pangandaran
Pantai Karapyak, Pangandaran (sumber: instagram.com/ajay_dien)
LokasiBagolo, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukSepeda motor: Rp11.500,00
Mobil: Rp50.000,00 – Rp70.000,00
Bus: Rp240.000,00
Telepon081903190346
Daya tarik wisaztaPemandangan pantai, ombak, penginapan, kerang, terumbu karang, camping ground pantai, sunset
Kuliner enak terdekat» Karapyak Valley Resto N Bar (2 mnt (1,1 km) dari Pantai Karapyak Pasir Putih)
Rute dari Pangandaran1 jam 32 mnt (51,6 km) lewat Jl. Raya Cijulang (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 3.373 ulasan Google

Pantai Karapyak sering menjadi tujuan favorit untuk camping di kawasan Pangandaran. Akses jalan menuju ke pantai ini sudah cukup bagus untuk dilalui oleh mobil dan sepeda motor. Untuk bus juga bisa, tetapi harus berhati-hati karena ruas jalannya tidak terlalu lebar.

Pantai ini relatif sepi dan tenang dibandingkan pantai lainnya. Cocok sekali untuk kamu yang ingin healing ataupun bersantai bersama keluarga. Selain itu, pasir pantainya yang putih menjadi daya tarik tersendiri. Air laut di sekitar Pantai Karapyak ini juga memiliki gradasi warna yang unik. Kamu bebas memilih lokasi untuk mendirikan tenda. Tenda dan perlengkapan camping harus kamu bawa sendiri. Tidak ada tempat persewaan alat camping di pantai ini. Untuk fasilitas, pengelola menyediakan toilet, musala, gazebo, warung makan, spot ayunan, dan area parkir.

Rata-rata pengunjung yang camping menghabiskan waktunya untuk bersantai menikmati pemandangan. Ada juga yang menggelar tikar dan menyantap bekal bersama. Biasanya anak-anak suka sekali bermain air di area yang dangkal sembari mencari ikan atau kepiting kecil. Namun, pastikan tidak berenang di pantai ini karena ombaknya cukup besar dan banyak karang.

Jangan lupa mampir ke spot foto paling favorit di Pantai Karapyak, yaitu Teras Kaca Karapyak Valley. Teras ini adalah anjungan sepanjang kurang lebih 6 meter dengan alas yang terbuat dari kaca. Lokasinya berada di bagian atas pantai. Kamu bisa berfoto dengan latar laut yang menawan, sekaligus menyaksikan pemandangan lainnya dari ketinggian.  

3. Karapyak Glamping & Lodges

Tempat Camping Di Pangandaran Karapyak Glamping Dan Lodges
Karapyak Glamping & Lodges, Pangandaran (sumber: instagram.com/karapyak.glamping)
LokasiBagolo, Kec. Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Check in mulai pukul 14.00 WIB
Harga paket campingMulai dari Rp300.000,00 – Rp1.500.000,00/orang
Telepon08112192900
Daya tarik wisaztaPantai cantik, pemandangan alam indah, sunset, glamping, suasana nyaman
Kuliner enak terdekat» Karapyak Valley Resto N Bar (2 mnt (900 m) dari Karapyak Glamping & Lodges)
Rute dari Pangandaran1 jam 31 mnt (51,3 km) lewat Jl. Raya Cijulang (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,5/5 dari 592 ulasan Google

Khusus untuk kamu yang ingin refreshing tanpa mempermasalahkan budget, maka Karapyak Glamping & Lodges bisa menjadi pilihan. Camping dengan suasana romantis bisa kamu dapatkan di Karapyak Glamping & Lodges ini. Tempatnya nyaman, bersih, dan panoramanya sangat indah.

Karapyak Glamping & Lodges memiliki konsep yang unik. Beberapa bangunan kamarnya dibuat dengan konsep heritage yang cukup kental, tetapi tetap menyatu dengan alam sekitar. Bagian depannya sangat eye-catching untuk latar berfoto. Ada juga area pertemuan yang dibuat dengan desain rumah joglo yang ikonis.

Karapyak Glamping & Lodges memiliki beberapa pilihan tenda dan kamar untuk camping dengan suasana yang glamour. Kamu tidak perlu repot mempersiapkan tenda maupun perlengkapan camping sendiri. Semua sudah tersedia di sini.

Harga glamping­-nyamulai dari Rp300.000,00 – Rp1.500.000,00. Dengan harga ini, kamu akan mendapatkan fasilitas tenda/room, selimut, tempat tidur, bantal, toilet, dan penerangan. Semuanya makin terasa lengkap dengan fasilitas lain yang tersedia di area publik, seperti:

  • Restoran
  • Kedai kopi
  • Ruang pertemuan
  • Musala
  • Kolam renang
  • Spot foto
  • Pemancingan
  • Bbq area
  • Tempat parkir

Lokasi Karapyak Glamping & Lodges ini berada di atas bukit sekitar Pantai Karapyak. Karena berada di ketinggian, maka kamu bisa menikmati view dengan lebih leluasa. Kamu bisa melihat pesona Pantai Karapyak dengan warna air lautnya yang bergradasi biru kehijauan. Tampak juga Pulau Nusakambangan dan mercusuarnya yang khas di kejauhan.

4. Pepedan Hills

Tempat Camping Di Pangandaran Pepedan Hills
Pepedan Hills, Pangandaran (sumber: instagram.com/pepedanhills)
LokasiSelasari, Parigi, Selasari, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp10.000,00/orang (HTM)
Telepon085795368884
Daya tarik wisaztaBanyak spot foto bagus, pemandangan alam cantik, sunset, udara sejuk, camping ground nyaman
Kuliner enak terdekat
Rute dari Pangandaran34 mnt (13,7 km) lewat Jl. Raya Selasari (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,2/5 dari 201 ulasan Google

Di Pangandaran, kamu juga bisa camping dengan view perbukitan, yaitu di Pepedan Hills. Tempat ini terkenal dengan panorama alam perbukitan dan area persawahan yang memanjakan mata. Akses jalan menuju ke Pepedan Hills sudah teraspal bagus dan bisa dilewati sepeda motor maupun mobil. Namun, saat semakin ke atas, kamu perlu lebih berhati-hati. Ruas jalan akan semakin sempit dan menanjak.

Area camping di Pepedan Hills berupa tanah lapang yang cukup luas. View-nya langsung menghadap ke perbukitan. Suasananya tenang dan udaranya sejuk. Kamu bisa mendengar merdunya kicau burung dari pohon-pohon yang banyak tumbuh di sekitar bukit. Untuk camping di Pepedan Hills, kamu boleh membawa tenda sendiri ataupun menyewa ke pengelola setempat. Fasilitas yang tersedia di Pepedan Hills sudah cukup memadai. Ada toilet, tempat ibadah, warung jajanan, dan area parkir.

Ada 3 aktivitas menarik yang biasanya dilakukan oleh pengunjung yang camping di Pepedan Hills, yaitu:

  • Berfoto di spot yang ikonis, seperti rumah pohon dan anjungan berbentuk ‘I LOVE YOU’.
  • Caving di Goa Nyiruan. Goa Nyiruan memiliki stalaktit dan stalagmit yang cantik. Kamu bisa menjelajahi keindahan gua ini bersama pemandu khusus.
  • Tubing di Sungai Goa Lanang melewati lintasan sepanjang 2 kilometer. Nantinya yang paling menarik adalah saat melintasi gua sepanjang 366 meter.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pepedan Hills adalah menjelang sore. Kamu bisa mulai mendirikan tenda sembari menunggu matahari terbenam. Jangan lupa siapkan bekal untuk bersantap di tengah suasana malam yang tenang ala Pepedan Hills.

5. Camping Ground Batuhiu

Tempat Camping Di Pangandaran Camping Ground Batuhiu
Camping Ground Batuhiu, Pangandaran (sumber: instagram.com/wahyurf__official/)
LokasiJl. Batu Hiu, Desa Ciliang, Parigi, Ciliang, Kec. Parigi, Kab. Pangandaran, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp6.000,00/orang (tanpa kendaraan)
Rp14.000,00 (sepeda motor)
Rp65.000,00 (mobil)
Rp126.000,00 (Elf)
Rp188.000,00 – Rp310.000,00 (bus)
Telepon085324399412
Daya tarik wisaztaTempat konservasi penyu, banyak spot foto keren, udara sejuk, pemandangan lautnya cantik
Kuliner enak terdekat» RM Saung Balong (10 mnt (5,5 km) lewat Jl. Raya Parigi)
» RM Lesehan Bahari Seafood (8 mnt (4,7 km) lewat Jl. Raya Parigi)
» Rumah Makan Sari Asih Abah (9 mnt (4,5 km) lewat Jl. KE Bukit)
Rute dari Pangandaran47 mnt (21,8 km) lewat Jl. Cintaratu (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4,4/5 dari 118 ulasan Google

Camping ground Batuhiu adalah tempat camping terbaik di Pangandaran yang juga bisa menjadi alternatif liburanmu. Lokasinya berada di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi. Untuk menuju ke Camping Ground Batuhiu, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Batuhiu merupakan pantai dengan tebing terjal yang pemandangannya sangat indah. Banyak yang menyebut Pantai Batuhiu ini mirip dengan Tanah Lot di Bali. Area camping di Batuhiu cukup lapang untuk memuat beberapa tenda sekaligus.

View yang bisa kamu nikmati dari spot camping ini langsung menghadap ke arah Samudera Hindia. Kamu bisa menyaksikan ombak yang bergulung, birunya laut, dan karang-karang besar yang eksotis. Segarnya angin laut dan suara debur ombak juga akan memberikan sensasi tersendiri saat camping di Batuhiu.

Kalau ingin lebih leluasa menikmati pemandangan, kamu bisa naik ke atas bukit yang berada tidak jauh dari pantai. Dari bukit kecil ini bentang alam di sekitar Batuhiu terlihat sangat jelas. Bahkan, kamu bisa melihat batu karang unik yang bentuknya menyerupai sirip ikan hiu. Batu inilah yang menjadi asal usul munculnya nama Pantai Batuhiu.

Untuk camping di Batuhiu, persiapkan tenda dan peralatan camping sendiri. Pengelola hanya menyediakan fasilitas berupa toilet, musala, warung makan, gazebo, area parkir, dan toko cinderamata. Supaya tidak bosan hanya sekadar bersantai menikmati pemandangan, cobalah berkunjung ke tempat penangkaran penyu. Di tempat ini kamu bisa melihat berbagai jenis penyu, seperti penyu hijau, penyu tempayan, hingga penyu pipih.

Itulah 5 rekomendasi tempat camping terbaik di Pangandaran. Tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, semua tempat camping tersebut sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau. Asyik banget ‘kan untuk menjadi tempat berliburmu selanjutnya? Yuk, refreshing sejenak! Rencanakan liburanmu untuk camping ceria di Pangandaran. Ajak keluarga atau teman terdekatmu supaya makin seru, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar