7 Tempat Camping Terbaik di Sumedang yang Lagi Hits (2022)

Selain Bandung, Kabupaten Sumedang adalah wilayah lain di Jawa Barat yang bisa kamu tuju untuk camping. Ada banyak pilihan tempat yang pemandangan alamnya sangat indah. Sebagai referensi, kami akan bagikan 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Sumedang.

Selain fasilitas yang memadai, beberapa tempat camping ini juga dilengkapi dengan wahana permainan yang seru dan menantang. Asyik banget untuk menjadi alternatif tempat liburan bersama teman atau keluargamu. Tertarik? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Sumedang:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Wana Wisata Kampoeng Ciherang

Tempat Camping Di Sumedang Wana Wisata Kampoeng Ciherang
Wana Wisata Kampoeng Ciherang, Sumedang (sumber: instagram.com/sumedangcity.id)
LokasiCijambu, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masukRp20.000,00/orang
Telepon082318475071 / 081224577980
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang54 menit (22,1 km) via Jl. Raya Rancakalong
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingFlying fox, hutan pinus, arena panahan, sepeda gantung, kolam renang, spot foto, arena mini cross.

Wana Wisata Kampoeng Ciherang adalah salah satu tempat wisata hits di Sumedang. Tempatnya mudah diakses dari pusat kota dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Camping di Kampoeng Ciherang ini cocok untuk keluarga ataupun bersama teman-teman terdekatmu.

Area camping­-nyaluas dan dikelilingi oleh hutan pinus yang asri. Ada juga sebuah sungai kecil yang jaraknya tidak terlalu jauh dari area camping. Cukup membawa tenda dan perlengkapan sendiri, kamu sudah bisa camping di spot-spot yang tersedia. Udara yang sejuk dan suasana yang tenang dijamin bakal bikin kamu makin betah camping di sini.

Pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Mulai dari toilet, area parkir, musala, warung makan, penyewaan hammock, hingga spot selfie. Yang paling menarik adalah fasilitas kolam renangnya. Kolam renang di sini menggunakan sumber air alami dari pegunungan. Bentuk kolamnya dibuat bundar dan berundak sehingga terlihat unik dan eye-catching.

Selain itu, berbagai wahana yang tersedia juga akan menambah keseruan aktivitasmu saat camping di Kampoeng Ciherang. Untuk yang suka aktivitas menantang, ada wahana flying fox, arung jeram mini, dan sepeda gantung. Khusus untuk anak-anak, ada area outbound yang bisa digunakan untuk menguji ketangkasan dan melatih motoriknya.

2. Campgrounds Kiara Payung

Tempat Camping Di Sumedang Campgrounds Kiara Payung
Campgrounds Kiara Payung, Sumedang (sumber: Redi TS)
LokasiKiarapayung, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp100.000,00/orang (paket gathering motor) Rp200.000,00/orang (paket gathering mobil)
Telepon082133358770 / 081291102804
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang59 menit (36,4 km) via Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung (rute melewati tol).
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPaintball, arena panahan, arena panjat tebing

Campgrounds Kiara Payung adalah salah satu tempat camping terbaik di Sumedang. Berbagai aktivitas camping dari sekolah dan komunitas sering diselenggarakan di Kiara Payung. Bumi perkemahan ini sudah berstandar nasional dan memiliki luas mencapai 66 hektar.

Selain mampu menampung hingga puluhan tenda sekaligus, ada juga area untuk api unggun dan outbound. Di beberapa spot khusus, mobil dan sepeda motor bisa masuk hingga ke area camping. Pengelola bahkan menyediakan paket camping khusus untuk gathering komunitas motor atau mobil.

Untuk kenyamanan pengunjung, ada beberapa fasilitas yang sudah disediakan oleh pengelola, antara lain:

  • Training center
  • Toilet
  • Area outbound
  • Saung lesehan
  • Aula
  • Warung makan
  • Area parkir
  • Arena panjat tebing

Selama camping di Kiara Payung, kamu bisa menikmati suasana alam yang menenangkan. Berada di ketinggian 900 mdpl, sejuknya udara terasa sepanjang hari. Lingkungan yang asri dan serba hijau juga akan sangat memanjakan mata.

Akses menuju Campgrounds Kiara Payung sudah teraspal bagus. Walaupun jalannya menanjak dan turunan curam, tapi kamu tidak akan kesulitan mencapai lokasinya. Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Ada juga pilihan transportasi umum seperti angkot dan bus kota. Nantinya kamu bisa turun di dekat gerbang Kampus ITB II. Dari sana, kamu tinggal melanjutkan perjalanan dengan ojek sekitar 10-15 menit saja.

3. Nangorak Camp

Tempat Camping Di Sumedang Nangorak Camp
Nangorak Camp, Sumedang (sumber: instagram.com/_perdiansyah)
LokasiMargamekar, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp15.000,00/orang
Telepon0811831975 / 082119158765
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang32 menit (10,7 km) via Gunung Puyuh Nangorak
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingView perbukitan dan area persawahan, city light view.

Untuk kamu yang ingin camping di ketinggian dengan view pegunungan, maka Nangorak Camp adalah salah satu pilihan terbaik. Nangorak Camp berada di Desa Margamekar, sekitar 10 kilometer di arah selatan Kabupaten Sumedang. Lokasinya tidak jauh dari pusat kota dan bisa dicapai dengan mudah menggunakan mobil atau sepeda motor.

Nangorak Camp menawarkan area camping yang dikeliling panorama alam memikat. Dari ketinggian kurang lebih 830 – 1060 mdpl, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Tampomas, area perbukitan, hingga sebagian wilayah Kota Sumedang. Pemandangan kota akan semakin menarik saat malam hari karena kerlip lampu kota terlihat memesona di kejauhan. Udara sejuk khas pegunungan bisa kamu nikmati sepanjang hari. Terasa menyegarkan dan bebas dari polusi.

Momen sunrise dan sunset di Nangorak Camp juga sangat indah. Kamu bisa menikmati keduanya sembari bersantai di dekat tenda. Untuk kenyamanan pengunjung, pengelola menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Fasilitas di Nangorak Camp antara lain, toilet, spot foto, area parkir, warung jajanan, dan listrik.

Biaya camping di Nangorak Camp cukup bersahabat, yaitu Rp15.000,00 per orang. Untuk kamu yang tidak ingin repot membawa perlengkapan camping, ada tempat persewaan yang bisa dimanfaatkan. Tersedia berbagai pilihan tenda, matras, sleeping bag, lampu tenda, kayu bakar, hingga kompor.Harganya mulai dari Rp10.000,00 – Rp100.000,00 per item. 

4. Baru Beureum (Camp & Track Mt. Manglayang)

Tempat Camping Di Sumedang Baru Beureum Camp And Track Mt Manglayang
Baru Beureum (Camp & Track Mt. Manglayang), Sumedang (sumber: instagram.com/mtmanglayang)
LokasiCiloa, Sindangsari, Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00/orang
Telepon085624412206/082123202900
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang1 jam 17 menit (27,6 km) via Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai, view perbukitan dan pemukiman.

Camping di Baru Beureum cocok untuk kamu yang suka dengan aktivitas pendakian. Baru Bereum memang merupakan salah satu jalur pendakian untuk menuju ke puncak Gunung Manglayang. Di ketinggian 1881 mdpl, ada area camping yang cukup luas dan bersih untuk mendirikan tenda. Dari area camping Baru Beureum ini kamu bisa menikmati view perbukitan, hutan, dan sebagian wilayah Kabupaten Bandung. Suasananya juga tenang, dengan suara serangga hutan yang khas. Cocok sekali untuk kamu yang butuh healing dan melepas kepenatan.

Kamu harus membawa sendiri segala perlengkapan camping. Siapkan juga perbekalan dan obat-obatan yang memadai. Untuk menuju ke area camp Baru Beureum, jalur pendakiannya terbilang lumayan terjal. Jalannya licin dan berbatu di beberapa titik. Ada juga akar-akar pohon besar yang menonjol sehingga perlu sangat berhati-hati. Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan terik matahari selama pendakian. Ada banyak pohon-pohon besar yang teduh di sepanjang jalur pendakian. Udaranya juga masih sangat alami dan segar, bebas dari polusi.

Untuk fasilitas yang persis di area camping Baru Beureum ini terbilang masih belum begitu banyak. Namun, di basecamp fasilitasnya sudah cukup memadai, misalnya seperti:

  • Tempat persewaan alat camping dan pendakian
  • Cinderamata
  • Tempat penitipan helm
  • Toilet
  • Musala
  • Area parkir

Jadi, sebaiknya kamu mengecek ulang dan mempersiapkan segala yang masih perlu dilengkapi saat di area basecamp.

5. Cisoka Eco Green Park

Tempat Camping Di Sumedang Cisoka Eco Green Park
Cisoka Eco Green Park, Sumedang (sumber: instagram.com/cisokaecogreenpark)
LokasiCitengah Cisoka, Citengah, Kec. Sumedang Sel., Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 08.00 – 16.30 WIB Sabtu – Minggu, 08.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masukRp5.000,00/orang
Telepon082240777456
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang42 menit (16,2 km) via Citengah Cisoka
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingDanau, perkebunan teh, Wahangan Cisoka

Cisoka Eco Green Park adalah tempat wisata yang sedang hits di Sumedang. Lokasinya berada di Citengah Cisoka yang berjarak sekitar 16 km dari pusat kota. Area camping Cisoka Eco Green Parkberada di tengah alam terbuka yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan perbukitan. Ada juga view ke arah danau yang menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Sepanjang hari, kamu bisa menikmati udara sejuk dan suasana yang tenang. Pada pagi hari, kabut tipis akan terlihat menyelimuti kawasan di sekitar Cisoka Eco Green Park.

Bawalah perlengkapan sendiri untuk camping.Begitu juga dengan perbekalan yang memadai. Pengelola sudah menyediakan fasilitas seperti toilet, gazebo, warung makan, villa, musala, dan area parkir. Camping di Cisoka Eco Green Park dijamin tidak membosankan. Kamu bisa menggelar tikar untuk piknik di dekat danau atau di sekitar pohon-pohon yang teduh. Ada juga beberapa perahu yang disediakan oleh pengelola untuk pengunjung yang ingin berkeliling danau.

Selain itu, menjelajahi kawasan Cisoka Eco Green Park juga akan menjadi aktivitas yang menyenangkan. Ada banyak spot-spot menarik yang bisa dijadikan latar berfoto. Termasuk di hidden gem terbarunya, yaitu Wahangan Cisoka. Wahangan Cisoka ini adalah sebuah sungai kecil yang area sekitarnya sudah ditata dengan estetik oleh pengelola. Kamu bisa bermain ayunan atau berenang di sungainya.

Akses menuju Cisoka Eco Green Park bisa dilalui mobil atau sepeda motor. Namun, kamu perlu hati-hati saat berkendara. Akses jalannya lumayan menanjak, sempit, dan berkelok. Pastikan juga kendaraan dalam kondisi prima, ya.

6. Camping Ground Samalengoh Camp

Tempat Camping Di Sumedang Camping Ground Samalengoh Camp
Camping Ground Samalengoh Camp, Sumedang (sumber: instagram.com/samalengohcamp)
Lokasi5VQP+FWM, Gunturmekar, Kec. Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp10.000,00/orang
Telepon08112444570
087719795946
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang19 menit (7,1 km) via Jl. Prabu Gajah Agung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot selfie, view Gunung Tampomas dan Gunung Ciremai, city light.

Kalau kamu mencari lokasi camping terbaik di Sumedang dengan pesona sunrise dan sunset yang memikat, maka Samalengoh Camp adalah jawabannya. Samalengoh Camp berada di Desa Guntur, tidak jauh dari pusat Kota Sumedang. Untuk menuju ke Samalengoh Camp kamu bisa menggunakan mobil, sepeda motor, atau sepeda biasa. Akses jalannya sudah cukup bagus, tetapi cukup menanjak. Perlu sedikit berhati-hati untuk yang menggunakan mobil karena ruas jalannya sempit.

Area camping di Samalengoh Camp ini berada di atas sebuah bukit yang ketinggiannya 804 mdpl. View­-nya langsung menghadap ke Gunung Tampomas, Gunung Ciremai, dan pemukiman penduduk. Saat siang cuaca cukup terik di area camping karena tidak banyak pohon untuk berteduh. Jadi, waktu terbaik untuk datang camping ke Samalengoh Camp adalah menjelang sore hari.

Kamu bisa mendirikan tenda sembari menunggu momen sunset. Sunset dari Samalengoh Camp terkenal sangat cantik dan romantis. Selanjutnya, saat malam, pesona citylight dari pemukiman penduduk dan pusat Kota Sumedang menambah syahdunya suasana camping di Samalengoh. Tidak hanya itu, keesokan harinya kamu masih akan menikmati sunrise yang memesona. Ditambah lagi saat cuaca cerah, gumpalan awan akan menutupi wilayah di sekitar Samalengoh Camp. Nampak semakin eksotis.

Untuk camping di Samalengoh Camp, kamu cukup membayar Rp10.000,00 per orang. Tenda dan perlengkapannya bisa kamu bawa sendiri, atau menyewanya ke pengelola setempat. Samalengoh Camp juga bisa digunakan untuk kamu yang ingin campervan. Cukup hubungi pengelola untuk booking lokasinya. Untuk fasilitas di Samalengoh Camp masih sangat terbatas. Baru tersedia toilet, area parkir, dan beberapa spot selfie saja.  

7. Camp Area Puncak Gunung Tampomas

Tempat Camping Di Sumedang Camp Area Puncak Gunung Tampomas
Camp Area Puncak Gunung Tampomas, Sumedang (Sumber: instagram.com/dry061202)
LokasiCibeureum Kulon, Kec. Cimalaka, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00/orang (HTM)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Sumedang33 menit (14,5 km) via Jl. Raya Cimalaka Cipadung/Jl. Tanjungkerta-Cimalaka
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingView pegunungan, pemukiman penduduk, mata air Cikandung.

Puncak Gunung Tampomas menjadi tempat camping terbaik di Sumedang. Puncak dari gunung tertinggi di Sumedang ini memiliki area lapangyang cukup luas untuk mendirikan tenda. Berada di ketinggian 1.684 mdpl, kamu bisa refreshing sembari menikmati pemandangan kawasan pegunungan.

Di kejauhan juga terlihat sebagian wilayah Kabupaten Sumedang. Di malam hari, city view ini semakin memikat dengan kerlip lampu yang terlihat cantik. Suasana yang sangat tenang akan melengkapi malam yang berkesan di Puncak Gunung Tampomas.

Untuk camping di Puncak Gunung Tampomas, kamu harus melakukan pendakian terlebih dahulu. Jalurnya lumayan menantang, tetapi masih bisa dilalui oleh pendaki pemula. Ada beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui untuk mencapai puncak, salah satunya adalah melalui Cibereum.

Pendakian melalui Cibereum ini paling disukai karena medannya cukup jelas dan tidak banyak percabangan jalur. Di beberapa titik sebelum masuk ke kawasan hutan, kamu bahkan bisa menumpang truk pasir yang menuju ke tempat penambangan. Lama pendakian menuju puncak melalui Cibereum memakan waktu kurang lebih 4-6 jam, tergantung kecepatanmu.

Untuk camping di Puncak Gunung Tampomas sangat disarankan untuk membawa perbekalan dan peralatan camping yang lengkap. Area camping Puncak Gunung Tampomas masih sangat alami sehingga fasilitasnya belum begitu memadai.

Nah, itulah 7 tempat camping terbaik di Sumedang. Semua menawarkan pemandangan yang memikat. Cocok untuk refreshing sejenak di alam terbuka. Beberapa di antaranya bahkan berada di lokasi yang mudah dijangkau dari pusat kota. Asyik banget ‘kan untuk menjadi alternatif tempat liburan bersama teman atau keluargamu. Kira-kiraadakah tempat camping yang sudah ingin segera kamu kunjungi dalam waktu dekat? Masukkan dalam list liburanmu dan persiapkan rencana camping-nya dengan matang, ya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar