7 Tempat Camping Terbaik di Boyolali yang Lagi Hits (2022)

Boyolali merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal akan olahan susu segar dan daging sapinya. Namun, tidak hanya itu saja. Boyolali juga memiliki daya tarik alam yang memesona. Kamu sedang ingin jalan-jalan ke Boyolali? Pas sekali, karena di sini ada tempat-tempat camping yang menarik. Agar kamu bisa mengenal Boyolali lebih jauh lagi, camping saja di sini. Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Boyolali:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Embung Manajar

Tempat Camping Di Boyolali Embung Manajar
Embung Manajar, Boyolali (sumber: instagram.com/tukang_galon10/)
LokasiDusun IV, Samiran, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang, hanya Jumat malam dan Sabtu malam
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Boyolali43 menit (20,3 km) lewat Jl. Blabak – Boyolali/Jl. Magelang – Boyolali
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro; persewaan kuda

Embung Manajar adalah waduk di lereng Gunung Merbabu. Akses menuju lokasi berupa jalan yang menanjak dan curam, juga sempit tapi kondisinya cukup baik. Jalan ke lokasi tersebut cukup untuk dilalui motor yang kondisinya prima. Kadang, pengunjung yang camping naik kendaraan sampai pos retribusi Embung Manajar. Dari sini, pengunjung akan naik ojek sampai ke lokasi camping di atas bukit.

Selain tiket masuk Rp5.000, ada biaya parkir mobil Rp10.000 dan motor Rp3.000. Kemudian, untuk sewa kuda tarifnya Rp30.000. Selain itu, tarif ojek dari bawah Rp15.000 dan dari atas Rp10.000. Kamu juga bisa menyewa jasa fotografer dengan biaya Rp2.500 per foto. Oh iya, untuk tempat camping di sini buka di akhir pekan saja, tepatnya Jumat dan Sabtu malam.

Nah, kalau kamu sudah sampai di area camping, kamu bisa mendirikan tenda. Area camping cukup luas dan bisa muat sejumlah tenda. Area camping-nya berada di lahan yang posisinya lebih tinggi dari waduk. Jadi, tempat camping-nya tidak begitu jauh dari waduknya.

Pemandangannya indah di sini. Tempatnya dikelilingi banyak gunung. Terlihat lereng-lereng pegunungan dengan permukiman di kejauhan.  Lalu, di sekitar tempat camping, ada rerumputan dan pepohonan.

Sementara, untuk perlengkapan camping dan tenda, kamu bisa bawa sendiri. Saat camping, pengunjung paling suka menikmati senja. Selain itu, campers juga suka melihat golden sunrise yang terlihat di balik Gunung Lawu.

Untuk fasilitas, tersedia kamar mandi, toilet, dan warung. Embung Manajar cocok untuk camping bersama teman-teman serta pasangan, keluarga dan juga anak-anak.

2. Bumi Perkemahan Indra Prastha

Tempat Camping Di Boyolali Bumi Perkemahan Indra Prastha
Bumi Perkemahan Indra Prastha, Boyolali (sumber: instagram.com/muhtaufik_37/)
LokasiLedoksari, Candisari, Kec. Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingSesuai jumlah peserta camping
Telepon–                                               
Daya tarik wisataPemandangan Gunung Merbabu, udara sejuk, pegunungan, camping ground, pendopo, penginapan
Wisata menarik terdekat» Waduk Cengklik Park (51 mnt (30,4 km) dari Buper Indra Prastha)
Rute dari Boyolali24 menit (14,8 km) lewat Jl. Raya Boyolali-Semarang/Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Wonosari – Pakis
Rating tempat camping4.2/5 dari 296 ulasan Google

Bumi Perkemahan Indra Prastha merupakan tempat camping yang sangat luas. Untuk ke lokasi, bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Tempat ini sering dijadikan lokasi camping rombongan. Selain luas, sangat lengkap fasilitasnya. Ada lahan parkir, kamar mandi dan toilet, serta warung-warung kecil yang menjual makanan seperti pop mie dan minuman.

Kamu bisa bawa tenda dan perlengkapan camping atau sewa. Selain itu, ada fasilitas ruang pertemuan, ruang kesehatan, listrik, pendopo. Lalu, ada juga bangunan rumah untuk evakuasi. Di samping itu, lokasi camping ini dekat dari permukiman warga.

Keunggulan tempat ini adalah ukurannya yang benar-benar luas serta pemandangannya yang asri. Terlihat view Gunung Merbabu dan Gunung Merapi di kejauhan. Udara sejuk juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat campers terkesan. Karena tempatnya lapang, suasana terasa nyaman di sini.

Biasanya, tempat camping ini digunakan untuk kegiatan pramuka. Juga untuk aktivitas rombongan sekolah, kampus, maupun instansi lainnya. Tempat camping ini juga ideal untuk kegiatan outdoor. Oh iya, karena dingin, kadang saat malam di sini muncul kabut. Secara keseluruhan, tempat camping ini paling cocok untuk rombongan yang akan melakukan camping sekaligus aktivitas outdoor lainnya.

3. Pos 3 Pendakian Selo

Tempat Camping Di Boyolali Pos 3 Pendakian
Pos 3 Pendakian Selo, Boyolali (sumber: instagram.com/arthurahman_/)
LokasiSuroteleng, Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang per hari untuk tiket mendaki
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Boyolali40 menit (22,2 km) lewat Jl. Magelang – Boyolali
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan sabana dan pegunungan

Tempat camping ini nyaman, serta bisa dikatakan cocok untuk pendaki pemula. Pertama, kamu perlu menuju basecamp, bisa naik motor dan mobil. Di basecamp, kamu parkir sekaligus menitipkan kendaraan. Untuk motor tarifnya Rp3.000 dan mobil Rp10.000. Lalu, ada juga tiket masuk Rp10.000 per orang per hari.

Untuk fasilitas, ada di basecamp ini juga. Terdapat warung, kamar mandi dan toilet. Kalau di sini, ada dua basecamp paling terkenal, yaitu basecamp Pak Parman dan basecamp Pak Bari. Nah, setelah semuanya siap, kamu bisa mulai mendaki. Kamu akan terus mendaki sampai di Pos 3 yang merupakan lokasi camping. Oh iya, untuk tenda dan perlengkapan camping, biasanya pengunjung membawa sendiri.

Begitu kamu sudah sampai di area camping maka bisa langsung mencari tempat untuk mendirikan tenda. Area camping sangat luas, bisa muat puluhan bahkan sampai seratus tenda. Kamu pun hampir pasti akan camping bersama sejumlah pendaki dan campers lainnya.

Akan terlihat tenda-tenda campers yang warna-warni di tengah area camping yang berpasir sekaligus berumput hijau. Di sekeliling, terlihat lereng gunung yang hijau dengan banyak pohon dan tanaman. Ini sangat indah.

Kamu juga bisa menemukan edelweiss di sini. Lalu, posisi pos 3 ini sudah cukup tinggi, di atas awan. Bisa terlihat lautan awan dari area camping. Selain itu, sunrise di sini tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, aktivitas yang disuka para campers antara lain menyaksikan sunrise, menikmati pemandangan, serta berfoto. Camping di sini cocok untuk kamu dan teman-teman, pasangan, maupun keluarga.

Baca juga: 10 Tempat Camping Terbaik di Magelang yang Lagi Hits (2022) »

4. Wisata Gunung Nganten

Tempat Camping Di Boyolali Wisata Gunung Nganten
Wisata Gunung Nganten, Boyolali (sumber: instagram.com/wisataboyolali_/)
LokasiJl. Magelang – Boyolali No.km 22, Dusun I, Lencoh, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp10.000/orang untuk tiket masuk dan parkir
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Boyolali40 menit (23,6 km) lewat Jl. Magelang – Boyolali
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, aktivitas petani

Wisata Gunung Nganten merupakan tempat camping yang sangat, sangat nyaman. Tempatnya berada di pinggir jalan besar dengan view menghadap gunung. Akses jalan sudah baik, kamu pun bisa naik motor dan mobil ke sini. Lahan parkirnya luas, bisa untuk sejumlah kendaraan, dengan tempat parkir mobil dan motor terpisah.

Dari tempat parkir ke area camping sangat dekat bahkan bersebelahan. Namun, kendaraan tidak bisa masuk sampai area camping. Sementara, untuk perlengkapan camping seperti tenda, kamu bisa bawa sendiri atau menyewa di sini. Nah, area camping-nya sangat luas, bisa muat puluhan tenda. Area camping tersebut berupa lahan tanah yang ditata terasering sehingga berundak.

Kamu akan disuguhi panorama yang memanjakan mata di sini. Tempat camping ini diapit Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jadi, terlihat lereng-lereng gunung dengan area persawahan yang hijau. Juga terlihat permukiman di lereng gunung di kejauhan. Udara sejuk dan segar karena tempatnya berada di ketinggian.

Selain lokasi yang strategis, tempat camping ini juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Ada kamar mandi, toilet, musala, warung-warung. Pengunjung suka aktivitas berfoto-foto, melihat pemandangan, memasak makanan sendiri, berkeliling tempat camping. Di sini, tempatnya sangat cocok untuk camping keluarga. Bisa juga buat kamu dan teman-teman dan pasangan, atau rombongan komunitas.

5. Sabana 2 Pos Pendakian Merbabu Via Selo

Tempat Camping Di Boyolali Sabana 2 Pos Pendakian Merbabu Via Selo
Sabana 2 Pos Pendakian Merbabu Via Selo, Boyolali (sumber: instagram.com/nuritadwi_/)
LokasiUnnamed Road,, Suroteleng, Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp25.000/tenda
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Boyolali40 menit (22,2 km) lewat Jl. Magelang – Boyolali
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan lereng Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Sabana 2 Pos Pendakian Merbabu Via Selo merupakan tempat camping yang cukup nyaman. Di sini cocok untuk kamu yang ingin mendaki sampai puncak Gunung Merbabu. Sebab, Sabana 2 ini berada sangat dekat dari puncak. Selain itu, di sini biasanya lebih sepi daripada di Sabana 1.

Untuk menuju lokasi camping, sama seperti akses ke Pos 3 Pendakian Selo. Jadi, kamu parkir dan titip kendaraan motor atau mobil di basecamp. Lalu, kamu mendaki lebih tinggi kali ini, hingga sampailah di Sabana 2. Oh iya, fasilitas di tempat camping ini mungkin belum lengkap dan tidak ada sumber mata air. Jadi, pastikan kamu membawa air yang cukup, ya.

Sementara, untuk tenda dan perlengkapan camping lainnya, kamu dapat membawanya sendiri ataupun sewa. Menurut informasi terkini, tersedia kayu bakar Rp25.000 per ikat, kalau kamu mau membuat api unggun. Nah, begitu sampai di Sabana 2, kamu bisa mendirikan tenda. Area camping ini sangat luas dan muat sampai puluhan tenda lebih.

Pemandangannya indah. Seperti namanya, kamu berada di tengah padang rumput di lereng gunung. Suasana hijau sedikit kering dengan udara dingin pegunungan. Di sekelilingmu, terlihat pemandangan lereng Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Saat camping, pengunjung suka melakukan aktivitas membuat api unggun dan barbeque. Selain itu, kamu tidak boleh melewatkan sampai puncak.

Dari Sabana 2 ke puncak memerlukan waktu sekitar 30-60 menit. Jangan lupa juga berfoto di setiap spot yang kamu singgahi. Tempat camping sabana ini cocok untuk siapa saja. Keluarga, anak-anak, teman dan pasangan bisa camping di sini.

6. KEMA Merbabu Glamour Camping

Tempat Camping Di Boyolali Kema Merbabu Glamour Camping
KEMA Merbabu Glamour Camping, Boyolali (sumber: instagram.com/avanti.de/)
LokasiDusun 2, Ngagrong, Kec. Ampel, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 09.00-20.00
Harga paket campingRp700.000/tenda kamar Superior Rp900.000/tenda kamar Deluxe Rp1.200.000/tenda kamar Suite
Telepon0857-0248-1999
Rute menuju lokasi camping dari Boyolali28 menit (16,9 km) lewat Jl. Raya Boyolali-Semarang/Jl. Semarang – Surakarta/Jl. Wonosari – Pakis dan Jl. Pantaran
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan lereng Gunung Merbabu, golden sunrise, pemandangan perkotaan di kejauhan

KEMA Merbabu Glamour Camping berada tepat di lereng Gunung Merbabu. Bahkan, dekat dari puncak gunung, dan memerlukan beberapa menit saja untuk sampai di puncaknya. Tersedia tiga tipe tenda kamar, yaitu Superior Room, Deluxe Room, dan Suite Room. Selain itu, tersedia fasilitas api unggun, room service, coffee shop, sarapan diantar ke kamar, hingga sunrise deck.

Di dalam setiap kamar, sudah ada tempat tidur dilengkapi bantal dan selimut. Juga ada kamar mandi di dalam. Jadi, fasilitas di semua kamar sama. Hanya saja, bedanya ada pada lokasi tenda kamar tersebut. Kamar Superior berada di undakan paling bawah. Kamar Deluxe berada di tengah. Sedangkan, kamar Suite berada paling atas dengan view pegunungan paling jelas.

Oh iya, suasana di sini sangat, sangat segar dan asri. Sejauh mata memandang, kamu akan melihat banyak pepohonan hijau di lereng gunung. Juga terlihat kabut tipis yang kadang menyelimuti. Kamu juga dapat melihat golden sunrise, bahkan tersedia sunrise deck untuk kamu.

Tidak berlebihan kalau menyebut tempat glamour camping ini seperti hotel. Sebab, tendanya berupa kamar-kamar yang ditata artistik, dilengkapi ornamen dari bahan alami. Semuanya terasa estetik. Pengunjung biasanya suka menikmati makanan dan minuman sembari melihat pemandangan dari beranda kamar atau kafe yang tersedia.

Selain itu, kamu juga bisa berkeliling area camping yang cukup luas ini. Kamu juga dapat berfoto-foto karena setiap sudut tempat ini memberi kesan instagrammable. Tempat camping ini cocok untuk keluarga, teman-teman, pasangan juga.

7. Camp Pasar Bubrah

Tempat Camping Di Boyolali Camp Pasar Bubrah
Camp Pasar Bubrah, Boyolali (sumber: instagram.com/royallstuff_/)
LokasiHutan, Wonodoyo, Kec. Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Minggu, 24 jam
Harga paket campingRp16.000 untuk tiket masuk
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Boyolali38 menit (21,1 km) lewat Jl. Magelang – Boyolali
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPemandangan pegunungan, panorama sunrise

Pasar Bubrah merupakan pos terakhir untuk pendakian Gunung Merapi. Jadi, kalau mendaki ke Gunung Merapi ada larangan ke puncak, batas akhir hanya sampai di Pasar Bubrah. Hal tersebut karena gunung berapi ini masih aktif. Area camping setinggi 2.931 mdpl ini sangat luas dan bisa muat sampai seratus tenda. Untuk menuju lokasi camping, kamu perlu mendaki dari basecamp sampai di Pasar Bubrah.

Area camping-nya berupa tanah berpasir yang dipenuhi berbatuan. Ukuran batuan tersebut mulai dari besar sampai kecil. Kondisi tanahnya kering dengan udara dingin karena cukup mendekati puncak. Kalau kamu suka camping dengan penuh tantangan, di sini tempatnya. Fasilitas juga tidak tersedia lengkap.

Jadi, kamu bisa bawa perlengkapan camping sendiri berupa tenda dan lainnya. Kamu juga perlu membawa makanan dan minuman yang cukup. Meskipun tempatnya cadas tapi pemandangan di sini begitu menawan. Di area camping ini, kamu bisa melihat hamparan lahan tanah bercampur pasir yang berwarna keabu-abuan.

Selain itu, terlihat lereng Gunung Merapi dari jarak cukup dekat. Di samping itu, kamu juga dapat melihat sunrise yang indah di sini. Campers suka melihat pemandangan dan berfoto di lokasi camping ini. Tempat camping ini lebih cocok untuk teman, keluarga, atau pasangan yang benar-benar hobi mendaki dan berkemah.

Demikian rekomendasi tempat camping terbaik di Boyolali. Sebagian tempat camping-nya berada di pos pendakian. Unik, bukan. Jadi, cocok untuk kamu yang juga suka mendaki, bisa sekaligus camping. Pas juga untuk pendaki pemula yang mungkin belum bertujuan sampai di puncak. Buat kamu yang baru pertama kali camping di Boyolali, kira-kira pilih tempat yang mana? Share opini kamu di kolom komentar, ya!

Baca lebih lanjut: 10 Tempat Camping Terbaik di Karanganyar yang Lagi Hits (2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar