10 Tempat Camping Terindah di Sekitar Tawangmangu yang Lagi Hits (2022)

Punya suasana yang asri dengan hawa sejuk, membuat Tawangmangu menjadi salah satu tempat camping terbaik yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa memilih tempat kemah sesuai dengan kebutuhan kamu. Mulai dari tempat kemah untuk kamu sendiri, bersama teman, keluarga, kelompok besar pun ada. Setidaknya, ada 10 tempat camping terbaik yang ada di Tawangmangu yang bisa kamu jadikan pilihan. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Tawangmangu:

Ingin tahu lebih lanjut tentang berbagai tempat camping di Tawangmangu? Yuk, lanjut baca.

1. The Lawu Park

Tempat Camping Di Tawangmangu The Lawu Park
The Lawu Park, Tawangmangu (sumber: instagram.com/wisata_tawangmangu/)
LokasiBulakrejo, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSenin: 24 jam
Selasa: 06.00-23.30 WIB
Rabu-Sabtu: 07.30-22.00 WIB
Minggu: 06.30-22.00 WIB
Harga paket wisataCottage: Rp300.000
Glamping: Rp500.000
Super Glamping: Rp650.000
Telepon081-3892-3626. 0812-9942-8124.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu23 menit (8,2 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmanggu/Jl. Tawangmangu-Palaosan.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPeminjaman ATV.Rabbit park. Spots foto.Rumah pohon. 3d cinema. Playground. Wisata berkuda. Trail and jeep adventure. Outbound area. Taman bunga.

Mau berkemah tanpa perlu repot menyiapkan tenda? Coba saja ke The Lawu Park. Di tempat ini, kamu bisa camping mewah menggunakan paket camping cottage, glamping atau pun super glamping.

Paket camping tersebut memungkinkan kamu untuk menginap di The Lawu Park dengan nyaman. Ini karena paket camping dengan tema glamping sudah tersedia berbagai fasilitas seperti kasur, bantal, guling, water heater, kamar mandi. Selain fasilitas tersebut, kamu juga bisa mendapatkan fasilitas lain, seperti sarapan.

Selain itu, masing-masing cottage atau pun tempat untuk glamping memiliki fasilitas yang berbeda. Jadi, kamu bisa memilih paket camping sesuai kebutuhan, misalnya sesuai banyak sedikitnya orang yang kamu ajak camping.

Kalau kamu bosan, kamu bisa berkeliling di The Lawu Park. Di kawasan wisata ini, kamu bisa melakukan banyak hal, di antaranya:

  • Memberi makan kelinci.
  • Berkuda.
  • Berfoto.
  • Bermain-main di playground.
  • Trekking.
  • Bermain flying fox.

Lalu, berapa harga camping di The Lawu Park? Harga paket kemah tergantung dari jenis paketnya, yaitu sekitar Rp300.000—Rp650.000.

Kalau kamu ingin harganya lebih murah, terkadang, The Lawu Park memberikan harga promo lewat media sosialnya. Jadi, kamu bisa cek media sosial dari The Lawu Park untuk ketersediaan promo camping.

Oh ya, karena cottage dan glamping-nya terbatas, kamu perlu menghubungi contact person terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa camping eksklusif di The Lawu Park tanpa takut kehabisan tempat.

2. Telaga Madirda

Tempat Camping Di Sekitar Tawangmangu Telaga Madirda
Telaga Madirda (sumber: instagram.com/telagamadirdaofficial/)
LokasiDesa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.30—18.00 WIB.
Harga paket wisataMadirda Friend Camp (2 orang): Rp100.000
Java/Hyu/BNIX (4 orang): Rp150.000
Kingdom (6 orang): Rp350.000
Family Camp (8 orang): Rp400.000
Telepon0822-1112-0211.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu28 menit (10,6 km) via Jl. Tawangmangu-Palaosan. 20 menit (5,6 km) via Jl. Tengklik.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingOutbound. Waterpark. Spots foto. Danau. Tempat memancing. Penyewaan wahana seperti perahu bebek.

Telaga Madirda menjadi salah satu tempat kemah pilihan untuk kamu yang ingin berkemah sekaligus memancing dengan suasana pedesaan.  Namun, daya Tarik utama tempat ini ada di danaunya.

Sesuai namanya, Telaga Madirda memiliki danau dengan air yang cukup jernih. Jadi, jangan heran kalau kamu akan dengan mudah melihat ikan atau pun lumut dan ganggang yang ada di danau.

Untuk berkemah, pengelola Telaga Madirda sudah menyediakan tempat tersendiri. Dari camping ground ini, kamu bisa menikmati hijaunya pemandangan pepohonan dan lereng gunung.

Sambil berkemah, kamu bisa piknik, memancing hingga memasang hammock dan bersantai sambil menikmati suasana asri. Uniknya, kamu tetap bisa menikmati pemandangan indah saat sunset dan sunrise. Sesekali, kamu akan mendapati kabut yang menyelimuti telaga sehingga pemandangan akan semakin unik.

Tenang saja kalau kamu tidak punya tenda dan perlengkapan kemahnya. Pengelola telaga Madirda menyediakan paket berkemah dengan perlengkapan yang cukup lengkap.

Misalnya untuk Madirda Friend Camp dengan harga paket Rp100.000. Paket kemah ini cocok untuk 2 orang dan kamu sudah bisa mendapatkan fasilitas seperti:

  • Sewa lokasi camping.
  • 2 Sleeping bag.
  • 1 lampu camping.
  • 2 matras.

Kalau kamu tertarik untuk berkemah di Telaga Madirda, pastikan kamu menggunakan kendaraan yang berkondisi baik. Selain itu, kamu perlu punya skill berkendara yang baik. Ini karena akses untuk sampai ke Telaga Madirda cukup ekstrem dan jalannya tidak cukup lebar.

Jadi, siap untuk berkemah di Telaga Madirda?

3. Paralayang Kemuning

Tempat Camping Di Sekitar Tawangmangu Paralayang Kemuning
Paralayang Kemuning (sumber: instagram.com/zhe_meal/)
LokasiSegorogunung, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataRp10.000 per orang.
Telepon0815-7502-3107.
0813-4353-0261.
0822-2050-9920.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu43 menit (16,4 km) via Jl. Tawangmangu-Palaosan. 46 menit (15,5 km) via Jl. Candi Sukuh.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSegoro Gunung. Paragliding. Spot foto sunset.

Paralayang Kemuning menjadi salah satu tempat favorit untuk pencinta paralayang dan hang gliding atau gantole. Dari tempat ini, kamu bisa menikmati keindahan kota Karanganyar dan sekitarnya dari atas.

Selain paralayang, kamu juga bisa menikmati keindahan kota Karanganyar dari atas dengan berkemah. Untuk berkemah, kamu bisa mendirikan tenda di area yang sudah disediakan oleh pengelola. Kamu bisa menggunakan perlengkapan kemah kamu sendiri atau menyewa dari penyedia perlengkapan kemah yang ada di sekitar Paralayang Kemuning.

Untuk berkemah di Bukit Paralayang Kemuning, kamu cukup menyiapkan dana sekitar Rp10.000 per orang. Murah, kan?

Saat berkemah di Bukit Paralayang ini, kamu bisa menikmati keindahan:

  • Sunset dan sunrise.
  • Milky ways.
  • Kota Karanganyar dan sekitarnya dari malam hari.

Ketika berkemah di sini, kamu bisa bercengkerama dengan teman kamu dan keesokan harinya, kamu bisa melakukan paralayang atau gantole.  Kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp300.000—Rp400.000 untuk bisa melakukan paralayang/gantole selama 10—20 menit. Tenang saja kalau kamu baru pertama kali melakukan paragliding karena akan ada instruktur yang menemani kamu.

Kalau kamu tertarik untuk berkemah dan paragliding di Bukit Paralayang Kemuning, kamu perlu kendaraan dan skill mengemudi yang baik. Ini karena akses jalan ke Paralayang Kemuning yang cukup menantang. Jadi, siap untuk camping dan melakukan paragliding di Bukit Paralayang Kemuning?

4. Sakura Hills

Tempat Camping Di Tawangmangu Sakura Hills
Sakura Hills, Tawangmangu (sumber: instagram.com/mahdy_zza/)
LokasiJl. Raya Matesih-Tawangmangu No.16, Gondosuli Kidul, Tawangmangu, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00—16.00 WIB.
Harga paket wisataRp525.000. 
Telepon0813-9520-6060.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu28 menit (8,1 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingJapanese park. Water onsen park. Forest canopy tour. Gunung Lawu via Cemoro Sewu.

Sakura Hills jadi salah satu tempat camping di Karanganyar yang menawarkan suasana asri seperti di Jepang. Di tempat ini, kamu bisa mendirikan tenda atau menginap di supercamp yang disediakan oleh pengelola.

Sebenarnya, pengelola Sakura Hills menyediakan fasilitas supercamp untuk kamu yang ingin camping eksklusif. Dengan fasilitas ini, kamu bisa menginap tanpa perlu mengkhawatirkan tentang perlengkapan yang perlu kamu bawa. Namun, kalau kamu tetap ingin mendirikan tenda dan berkemah di Sakura Hills, akan lebih baik kamu menghubungi pengelola lebih dahulu.

Kenapa? Salah satu alasannya adalah agar kamu tak perlu repot-repot untuk menyiapkan perlengkapan camping. Di sisi lain, kalau pengelola tidak memperbolehkan, kamu bisa mencari opsi tempat lain untuk mendirikan tenda dan berkemah.

Kalau kamu tetap ingin menikmati glamping di Sakura Hill, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp525.000 per malam. Kamu akan mendapatkan fasilitas seperti:

  • Sarapan untuk 6 orang.
  • 6 set matras busa, bantal, selimut.
  • Kamar mandi.
  • Free tiket masuk area wisata.

Tidak hanya itu, saat berkemah di Sakura Hill, kamu bisa sekaligus berwisata. Misalnya dengan menyewa kimono dan berfoto atau pun melakukan jeep adventure. Kamu bahkan bisa menikmati indahnya sunrise dan Gunung Lawu dari sini.

Jika kamu ingin merasakan glamping di Sakura Hills, pastikan kondisi kendaraan kamu prima dan kamu pun punya skill berkendara yang baik. Ini karena akses ke Sakura Hills yang menanjak dan cukup menantang dan kondisi jalanan yang bergelombang.

Jadi, berencana untuk menikmati glamping seru di Sakura Hills?

5. Campgrounds Sekipan

Tempat Camping Di Sekitar Tawangmangu Campgrounds Sekipan
Bumi Perkemahan Sekipan (sumber: Abu Layla S.)
LokasiKalisoro, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataRp15.000—Rp25.000 per orang.
Telepon0813-2922-8910.
(0271) 696036.
(0271) 6901196.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu9 menit (2,8 km) via Jl. Lawu/Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan dan Jl. Sekipan.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingWater boom. Taman.Rumah Halloween. Spots foto. Tempat outbound. Taman wisata dan wahana seperti kora-kora, super rally, monorail.

Campgrounds Sekipan berada di Bukit Sekipan yang ada di kaki Gunung Lawu via Cemoro Kandang. Di area kemah ini, kamu bisa berkemah sendiri, bersama teman, keluarga atau dalam kelompok besar misalnya saat Persami.

Di kawasan ini, kamu bisa berkemah sambil menikmati indah dan asrinya Bukit Sekipan sehingga bisa membuat kamu lebih rileks. Selain berkemah, kamu bisa berfoto atau pun menikmati wahana yang ada di kawasan Campground Sekipan dan sekitarnya. Misalnya, bermain korakora, berkeliling Bukit Sekipan dengan ATV hingga bermain di water boom.  

Lalu, berapa biayanya? Dari informasi yang kami dapatkan, biaya kemah terbagi menjadi 3 tergantung dari berapa hari kamu akan berkemah. Besar biaya tersebut, yaitu:

  • Rp15.000 untuk 1 hari.
  • Rp20.000 untuk 2 hari.
  • Rp25.000 untuk 3 hari.

Besar biaya per orang tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Namun, kalau kamu ingin menyewa blok kemah, misalnya untuk acara kampus, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp150.000—Rp200.000.

Karena harga paket kemah bisa berubah sewaktu-waktu, akan lebih baik kamu bertanya dulu ke petugas. Nantinya, petugas akan menanyakan apakah kamu akan sebatas berkunjung, misalnya berfoto di Campground Sekipan, atau bermalam.

Untuk perlengkapannya, kamu bisa membawa perlengkapan kamu sendiri atau menyewa dari tempat penyewaan yang ada di Bukit Sekipan. Dengan begitu, kamu tidak perlu bingung lagi saat kamu mendadak ingin berkemah di Bukit Sekipan.  

Next, ke tempat kemah yang lain yuk!

6. Cemoro Kandang

Tempat Camping Di Tawangmangu Cemoro Kandang
Cemoro Kandang, Tawangmangu (sumber: instagram.com/fahrul_respect07/)
LokasiGondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisataRp20.000.
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu23 menit (8,3 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingGunung Lawu. Telaga Sarangan. Arena outbound dan jeep adventure. Bukit Sakura Lawu. Petilasan Eyang Bancolono.

Berada di ketinggian 1800 mdpl, Cemoro Kandang menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati waktu bersantai dari ketinggian. Salah satunya adalah dengan berkemah. Kamu bisa berkemah di area yang disediakan pengelola atau pun berkemah di Gunung Lawu.

Kenapa? Ini karena Cemoro Kandang menjadi salah satu akses untuk mendaki ke Gunung Lawu. Karena hal tersebut, tidak sedikit pengunjung yang berkemah di Cemoro Kandang adalah pendaki Gunung Lawu.

Jika pun kamu tidak mendaki Gunung Lawu, kamu tetap bisa berkemah di area yang sudah disediakan pengelola. Misalnya di basecamp Cemoro Kandang.

Untuk berkemah di Cemoro Kandang, kamu perlu membayar sekitar Rp20.000. Sedangkan untuk perlengkapan kemahnya sendiri, kamu bisa menyewa perlengkapannya di sekitar Cemoro Kandang. Walaupun begitu, ada baiknya kamu membawa perlengkapan kamu sendiri karena ketersediaan perlengkapan yang tidak menentu.

Jika kamu bosan saat berkemah di Cemoro Kandang, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Mendaki, misalnya dari basecamp ke Kawah Condromuko.
  • Menikmati pemandangan sekitar sambil ngopi.
  • Melakukan outbound dan jeep adventure.

Khusus untuk outbound, kamu perlu membayar biaya tambahan. Kamu perlu menyiapkan biaya sekitar Rp110.000—Rp235.000 untuk paket outbound.

Selain itu, kalau kamu memutuskan untuk mendaki, pastikan kamu memiliki stamina yang prima dan logistik yang memadai. Ini karena kamu perlu menempuh waktu sekitar 1 jam untuk sampai ke Pos 1 dan tidak adanya sumber air.

Untuk aksesnya, jalanan ke Cemoro Kandang sudah sangat baik. Bahkan, lokasinya pun ada di dekat jalan raya. Jadi, siap camping di Cemoro Kandang?

7. Tawangmangu Wonder Park

Tempat Camping Di Tawangmangu Tawangmangu Wonder Park
Tawangmangu Wonder Park, Tawangmangu (sumber: instagram.com/asrull_17/)
LokasiOmbang-Ombang, Blumbang, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00—17.00 WIB.
Harga paket wisataCamping ground: Rp10.000.
Glamping: Rp350.000 (weekdays), Rp400.000 (weekends).
Cottage 3 orang: Rp450.000 (weekdays), Rp500.000 (weekends). Cottage 4 orang: Rp550.000 (weekdays), Rp600.000 (weekends).
Telepon0812-1883-4985.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu7 menit (2,6 km) via Jl. Lawu/Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPlayground. Spots foto. Penyewaan wahana seperti sepeda listrik, ATV. Agro wisata. Tempat outbound. Wonder bridge.

Mencari tempat camping yang cocok untuk keluarga terutama anak-anak dan untuk kelompok besar? Kamu bisa mencoba ke Tawangmangu Wonder Park.

Di Tawangmangu Wonder Park, kamu bisa membangun tenda sendiri di camping ground atau merasakan glamour camping. Harga paketnya pun tergantung dari pilihan camping dan waktu kamu berkemah. Harga camping saat weekends lebih mahal daripada saat weekdays sehingga kamu perlu memastikan kapan kamu akan berkemah.

Bagaimana jika tidak punya tenda? Tenang saja karena kamu bisa menyewa tenda di Tawangmangu Wonder Park. Namun, kamu tetap perlu memastikan dulu atau mengontak pengelola karena ketersediaan tenda yang terbatas.

Lalu, apa saja yang bisa dilakukan di Tawangmangu Wonder Park? Selain berkemah, kamu bisa melakukan banyak hal, seperti:

  • Bermain di playground.
  • Menyusuri wonder bridge sambil menikmati keindahan Gunung Lawu.
  • Menyewa wahana seperti ATV dan berkeliling.
  • Berfoto.
  • Bermain air.
  • Berenang.

Bagaimana dengan akses ke Tawangmangu Wonder Park?

Akses ke tempat ini sangat baik. Kamu tidak hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi tapi juga kendaraan besar seperti bis. Walaupun begitu, kamu tetap perlu skill mengemudi yang baik karena jalanan yang cukup menantang.

Oh ya, Tawangmangu Wonder Park menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari mencuci tangan hingga menggunakan masker. Dengan begitu, kamu bisa camping dengan nyaman.

Jadi, tertarik untuk camping seru di Tawangmangu Wonder Park?

8. Buper Pleseran Nglurah

Tempat Camping Di Tawangmangu Buper Pleseran Nglurah
Buper Pleseran Nglurah, Tawangmangu (sumber: instagram.com/kholilulzr/)
LokasiJl. Candi Menggung Nglurah, Area Hutan, Tawangmangu, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSabtu, 24 jam.
Minggu—Jumat: 09.00—17.00 WIB, 19.00—23.00 WIB.
Harga paket wisataRp10.000.
Telepon0878-2692-4966. 0838-4332-5859.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu13 menit (3,4 km) via Jl. Lawu/Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Raya Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan. 13 menit (3 km) via Jl. Bener.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingTelaga Asmara. Tempat outbound. Penyewaan wahana, misalnya jeep. Spots foto.

Bumi Perkemahan Pleseran Nglurah atau Buper Pleseran Nglurah pas untuk kamu yang ingin berkemah di tempat yang asri. Lokasinya yang luas memungkinkan kamu untuk bisa berkemah sendiri, bersama keluarga, teman atau dalam kelompok besar. Kamu bisa memilih area camping sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu.

Apakah harus reservasi dulu? Tidak.

Kamu bisa datang langsung ke Buper Pleseran Nglurah untuk berkemah. Namun, kalau kamu ingin camping berkelompok, akan lebih baik untuk melakukan reservasi lebih dahulu. Dengan begitu, kamu tidak akan kehabisan tempat dan lebih bisa menikmati waktu camping kamu.

For your information, akses jalan ke Buper Pleseran Nglurah cukup sempit. Kamu tidak bisa menggunakan bus medium tapi masih bisa menggunakan mobil tapi akan kesulitan saat berpapasan dengan mobil lain.

Sesampainya di Buper Pleseran Nglurah, kamu akan disambut oleh pemandangan pepohonan yang asri. Susah atau tidak adanya sinyal akan membuat camping semakin seru apalagi kamu camping bersama keluarga, kelompok atau teman dekat.

Kalau kamu bosan, kamu bisa melakukan aktivitas berikut ini:

  • Berfoto.
  • Trekking.
  • Berenang atau bermain air di Telaga Asmara.
  • Melakukan outbound.
  • Mengunjungi sentra tanaman hias yang ada di sekitar buper.

Banyak kan aktivitas yang bisa kamu lakukan? Apalagi untuk kamu yang ingin mencoba menjauh dari gadget.

Jadi, tertarik untuk berkemah di Buper Pleseran Nglurah? Kalau belum, coba cek tempat camping berikutnya.

9. Campgrounds Chakra Pahlawasri

Tempat Camping Di Sekitar Tawangmangu Campgrounds Chakra Pahlawasri
Campgrounds Chakra Pahlawasri (sumber: Joko)
LokasiNgernak, Delingan, Karanganyar, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga paket wisata
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu44 menit (22 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu. 44 menit (22,1 km) via Jl. Astana Giribangun. 45 menit (24,1 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu dan Jl. Karanganyar-Matesih/Jl. Matesih-Tegalgede.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi camping

Campground Chakra Pahlawasri bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin mengadakan kemah secara berkelompok, misalnya Persami (Perkemahan Sabtu Minggu). Tempat ini memiliki luas hingga 12 ha dan bisa menampung hingga 300 orang sehingga cocok untuk kemah kelompok besar.

Terdengar sama seperti tempat kemah lainnya, tapi Campground Chakra Pahlawasari memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut ada pada suasana dan lokasi dari tempat kemahnya.

Campground Chakra Pahlawasari termasuk tempat kemah yang cukup jauh dari tempat wisata. Sebaliknya, tempat kemah ini justru memberikan suasana semi jungle yang akan membuat kamu merasa seperti ‘kembali ke alam’. Di sisi lain, kondisi dan suasana ini cocok untuk kemah sekolah atau pun melakukan kemah untuk diklat.

Walaupun semi jungle, tapi Campground Chakra Pahlawasari memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari kamar mandi hingga aula untuk acara khusus.

Sayangnya, kami tidak menemukan informasi mengenai contact person yang bisa kamu hubungi dan berapa paket untuk berkemah. Namun, akses untuk ke Campground Chakra Pahlawasari cukup bagus. Kamu bahkan akan dengan mudah menemukan papan petunjuk jalan untuk sampai ke Campground Chakra Pahlawasari.

Jadi, kalau kamu ingin merencanakan kemah secara berkelompok ke Campground Chakra Pahlawasari, lakukan survey terlebih dahulu ya.

10. Wisata Bukit Mongkrang

Tempat Camping Di Sekitar Tawangmangu Wisata Bukit Mongkrang
Wisata Bukit Mongkrang (sumber: instagram.com/08arif_ul_huda/)
LokasiLapangan Tlogo Dringo Karanganyar, Gondosuli Kidul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah (cek di Google Maps).
Jam bukaSabtu, 24 jam.
Minggu—Jumat: 07.00—22.00 WIB.
Harga paket wisataRp15.000 per orang.
Telepon0812-2965-4886.
Rute menuju lokasi camping dari Tawangmangu21 menit(7,1 km) via Jl. Raya Matesih-Tawangmangu/Jl. Tawangmangu-Palaosan.
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPuncak Candi Mongkrang 1 dan 2. Gunung Lawu via Cemoro Sewu.  Spot melihat sunset dan sunrise.  

Kalau camping dan mendaki Gunung Lawu terlalu berat, kamu bisa mencoba di Wisata Bukit Mongkrang. Berbeda dengan bukit pada umumnya, tempat ini didominasi oleh hamparan rerumputan dan ilalang. Kamu bahkan akan mendapati padang ilalang yang menjadi salah satu spot foto para pengunjung.

Di tempat ini, kamu bisa mendaki Bukit Mongkrang dengan waktu sekitar 1-3 jam saja. Dengan waktu yang singkat tersebut, kamu bisa melakukan tektok (pendakian yang langsung turun, tidak camping di atas gunung) di Mongkrang.

Lalu, bisakah berkemah? Tentu saja bisa.

Kamu bisa berkemah di area dekat basecamp atau di atas Bukit Mongkrang. Untuk berkemah, kamu perlu membayar biaya sebesar Rp15.000. Namun, kalau kamu hanya ingin tektok, kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp10.000.

Di tempat yang memiliki ketinggian sekitar 2194 mdpl ini, kamu bisa melakukan trekking hingga berfoto terutama saat sunset dan sunrise. Kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Lawu.

Tertarik untuk berkemah di Bukit Mongkrang? Kalau iya, jangan lupa bawa perlengkapan kemah kamu sendiri, mulai dari tenda hingga sleeping bag ya. Kalaupun ada yang tertinggal atau tenda kamu kurang besar, ada penyewaan perlengkapan camping di dekat pintu masuk.

Oh ya, hindari untuk membuat api unggun saat kamu berkemah di Bukit Mongkrang terutama saat musim kemarau. Ini karena kawasan bukit akan lebih rentan terbakar. Takutnya, api unggun yang kamu buat merembet dan membakar kawasan Wisata Bukit Mongkrang.

Jadi, siap untuk kemah di Bukit Mongkrang?

Dari 10 rekomendasi tempat camping terbaik yang ada di Tawangmangu, mana yang paling menarik perhatian kamu? Share pengalaman kamu di kolom komentar. Jangan lupa, tentukan tempat kemah sesuai dengan kebutuhan atau jumlah orang yang akan berkemah. Dengan begitu, kamu waktu camping kamu akan lebih menyenangkan. Selamat refreshing dan camping ya!

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar