7 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Kebumen (2022)

Kebumen tidak hanya memiliki kuliner yang nikmat, tetapi pesona alamnya juga memikat. Nah, Camping bisamenjadi salah satu cara asyik untuk lebih puas menikmati keindahan alam di Kebumen. Apalagi kalau kamu bisa menemukan tempat camping yang tepat. Sebagai referensi, kami bagikan rekomendasi tempat camping terbaiknya khusus untuk kamu. Dijamin tempatnya yang indah bakal bikin acara campingmu di Kebumen tidak akan terlupakan! Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Kebumen:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Pantai Menganti Kebumen

Tempat Camping Di Kebumen Pantai Menganti Kebumen
Tempat camping di Pantai Menganti (sumber: instagram.com/campinggroundmenganti)
LokasiJl. Pantai Menganti, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk campingRp15.000,00/orang
Telepon081326661877/081390827483
Rute menuju tempat wisata dari Kebumen1 jam 20 menit (43,7 km) via Jalan Ayah – Karangbolong
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingBukit Sigatel, Tebing Keteb Widadari, Jembatan Merah, Lembah Menguneng, Wahana Sepeda Gantung dan Balon Udara.

Untuk kamu yang suka camping di kawasan pantai, maka Pantai Menganti adalah salah satu pilihan tempat terbaik yang bisa kamu tuju. Pantai Menganti disebut-sebut sebagai “New Zealand ala Kebumen”. Pantai ini diapit oleh tebing-tebing karst yang eksotis. Keindahan pantai dan pemandangan bentang alamnya menyegarkan mata. Cocok sekali untuk kamu yang ingin camping dengan suasana berbeda.

Area camping di Pantai Menganti ini berkontur karena lokasinya yang berada di atas tebing perbukitan. Dari ketinggian tersebut kamu bisa sepuasnya menikmati keindahan alam Pantai Menganti. Pemandangannya menghadap langsung ke laut, lembah, dan area perbukitan lain di sekitar Pantai Menganti. Saat sunrise,pemandangannya akan semakin cantik.

Harga tiket masuk ke area camping Pantai Menganti cukup murah, yaitu Rp15.000,00/orang. Dengan harga tersebut kamu akan mendapatkan spot untuk mendirikan tenda, asuransi, fasilitas MCK, dan gratis listrik untuk mengisi daya bateraiponsel. Harga tersebut tidak termasuk tenda, ya. Kamu harus mempersiapkan perlengkapannya sendiri.

Namun, untuk kamu yang tidak mau repot, ada operator khusus yang menyewakan perlengkapan alat-alat camping. Harga paket campingnya mulai dari Rp250.000,00. Paket tersebut bisa digunakan untuk maksimal 10 orang, dengan fasilitas tenda, matras, cooking set, kompor, dan MCK.

Tertarik mencoba camping di Pantai Menganti? Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor untuk menuju ke sana. Akses jalannya sudah cukup bagus. Namun, kamu harus tetap waspada dan fokus saat berkendara. Di beberapa ruas jalan terdapat kelokan dan tanjakan yang cukup curam. Pastikan juga kendaraanmu dalam kondisi prima, ya.

2. Bukit Pentulu Indah Karangsambung

Tempat Camping Di Kebumen Bukit Pentulu Indah Karangsambung
Bukit Pentulu Indah Karangsambung (sumber: instagram.com/herusuper/)
LokasiJl. Karangsambung, Area Kebun Dan Hutan, Kaligending, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
Harga paket campingRp20.000,00/orang
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari Kebumen40 menit (22,1 km) via Jalan Karangsambung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto, rumah pohon, gardu pandang

Bukit Pentulu Indah terkenal sebagai tempat camping terbaik di Kebumen yang menawarkan pesona sunrise menawan. Akses jalan menuju Bukit Pentulu Indah sudah teraspal dengan baik. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor untuk menuju ke tempat ini. Nantinya kendaraanmu bisa diparkirkan di area parkir khusus, kemudian tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit menuju area camping Bukit Pentulu.

Saat camping di Bukit Pentulu Indah, pada pagi harinya kamu bisa menikmati pemandangan yang sangat eksotis. Kawasan perbukitan akan ditutupi oleh gugusan awan-awan putih yang berpadu dengan semburat cahaya matahari terbit. Suasananya seperti sedang berada di negeri atas awan. Selain itu, di kejauhan kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, serta hijaunya kawasan perbukitan dan hutan pinus. Tentunya udara nan sejuk akan semakin menyempurnakan momen campingmu di Bukit Pentulu Indah.

Tidak perlu khawatir untuk fasilitas di area camping Bukit Pentulu. Pengelola sudah menyediakan fasilitas yang memadai seperti:

  • Toilet.
  • Musala.
  • Gazebo.
  • Panggung Hiburan.
  • Area Parkir.
  • Warung Makan.
  • Pusat Informasi.
  • Outbound Area.

Untuk camping di Bukit Pentulu Indah, pengelola mematok harga yang cukup murah, yaitu Rp20.000,00 per orang. Harga ini tidak termasuk tenda dan perlengkapan camping lainnya, ya. Kalau tidak mau repot membawa perlengkapan, pengelola menyediakan tempat persewaan tenda dan alat-alat camping. Bahkan untuk rombongan besar, ada pilihan paket lengkap camping fun + outbound.

3. Pantai Lampon

Tempat Camping Di Kebumen Pantai Lampon
Tempat camping di Pantai Lampon (sumber: instagram.com/pantailampon_campingground/)
LokasiHutan, Pasir, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket campingRp15.000,00/orang
Telepon085878329975 / 085775120760
Rute menuju tempat wisata dari Kebumen1 jam 30 menit (38,4 km) via Jalan Raya Sokka
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingPantai Tanjung Karang, Pantai Pasir, Tebing Titanic, Flying Fox, spot foto, Goa Celeng, Goa Woro-Wari.

Satu lagi pantai di Kebumen yang hampir tidak pernah sepi dari pengunjung yang ingin camping dengan suasana nan eksotis, yaitu Pantai Lampon. Pantai ini memang tidak terlalu luas dan letaknya sedikit tersembunyi. Namun, pemandangannya sangat indah karena dikelilingi oleh bukit-bukit karst. Pantai Lampon dijuluki ‘surga baru’ dan menjadi salah satu dari 10 wisata pantai terbaik di kebumen yang paling diminati wisatawan.

Nah, untuk area campingnya sendiri berada di atas perbukitan berundak sekitar Pantai Lampon. Ada banyak pohon-pohon di tempat ini sehingga suasananya tetap teduh. Kamu bisa leluasa melihat pemandangan Pantai Lampon dari ketinggian. Hamparan pasir pantai yang kecoklatan nampak cantik berpadu dengan air lautnya yang biru kehijauan. Begitu juga dengan tebing-tebing dan karang di sekitar Pantai Lampon yang sangat eksotis. Jangan lewatkan pemandangan sunrise dari spot camping Pantai Lampon. Momen matahari terbitnya terkenal menawan dan romantis!

Selain bersantai menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas seru. Mulai dari memancing di spot karang, bakar-bakar ikan, atau selfie di spot foto yang instagrammable. Ingin yang lebih menantang? Kamu bisa hiking menjelajahi pantai dan gua, atau menjajal flying fox dari ketinggian tebing. Pengelola sudah menyiapkan fasilitas penunjang yang memadai. Mulai dari toilet, musala, gazebo, warung makan, listrik, dan persewaan perlengkapan camping.

Tips untuk kamu yang ingin camping di Pantai Lampon! Gunakan alas kaki yang datar dan nyaman di kaki. Dari area parkir, kamu akan melewati tebing dan tanah berbatu untuk sampai ke spot camping maupun area bibir Pantai Lampon.  

4. Bumi Perkemahan Widoro

Tempat Camping Di Kebumen Bumi Perkemahan Widoro
Bumi Perkemahan Widoro (sumber: instagram.com/aprie.lia/)
LokasiSimer, Widoro, Karangsambung, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000/orang untuk camping
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari Kabupaten Kebumen18 menit (9,8 km) via Jalan Karangsambung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan alam

Bumi Perkemahan Widoro populer sebagai tempat camping untuk berbagai kegiatan pramuka sekolah maupun kumpul komunitas. Area bumi perkemahan ini berupa lapangan berumput yang sangat luas sehingga mampu menampung banyak tenda.

Ada area lapang lainnya juga yang bisa digunakan sebagai tempat aktivitas seperti outbound, olahraga bersama, maupun api unggun. Dari ulasan beberapa pengunjung yang pernah camping di tempat ini, rata-rata sangat menyukai suasana alamnya yang masih asri dan tenang. Pemandangannya juga menyegarkan mata. Pada pagi hari udara terasa sejuk dan dingin.

Fasilitas yang tersedia di Bumi Perkemahan Widoro antara lain toilet umum, warung jajanan, pendopo, dan area parkir. Pada Selasa dan Jumat pagi, di sisi selatan Lapangan Bumi Perkemahan Widoro ini ada gelaran pasar tradisional. Jadi, kalau kamu datang di hari-hari tersebut, maka kamu bisa sekalian melihat-lihat aktivitas warga di pasar tradisional ini.

5. Bukit Langit

Tempat Camping Di Kebumen Bukit Langit
Tempat camping di Bukit Langit (sumber: instagram.com/arsyadanizar/)
LokasiJl. Karanganyar, Giripurno, Karanganyar, Silumut, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB
Harga paket wisataRp10.000,00/orang (HTM)
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen43 menit (20,9 km) via Jalan Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingRumah pohon, spot foto

Bukit Langit menawarkan pesona alam yang memukau, terutama saat sunrise dan sunset. Dengan camping di Bukit Langit, kamu bisa melihat keduanya sekaligus tanpa perlu datang terburu-buru. Pada pagi dan sore hari, kabut serta gumpalan awan akan menutupi area sekitar Bukit Langit. Ditambah lagi dengan semburat cahaya matahari yang muncul di sela-selanya sungguh memanjakan mata. Itulah sebabnya banyak orang yang menyebut Bukit Langit sebagai bukit dengan pesona negeri di atas awan.

Tidak hanya itu, pada siang hari, pemandangan dari atas bukit juga tidak kalah memukau. Kamu bisa melihat hijaunya hamparan perbukitan Pranji dan Condong, serta sebagian wilayah Karanganyar, Karanggayam, dan Kabupetan Kebumen. Ada beberapa spot foto keren yang sudah tersedia, seperti rumah pohon dan spot sayap. Kamu bisa berfoto dengan latar pemandangan alam yang memesona di spot foto tersebut.

Saat malam hari, kerlap-kerlip lampu dari rumah-rumah warga juga akan tampak di kejauhan. Pastinya asyik sekali menghabiskan malam di Bukit Langit yang tenang dan sejuk sembari mengobrol santai dengan teman atau keluarga.  

Pengelola wisata Bukit Langit menyediakan beberapa fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Mulai dari toilet, area parkir, warung makan, persewaan perlengkapan camping, dan gazebo. Untuk menuju ke Bukit Langit akses jalannya sudah cukup bagus. Namun, ada baiknya kamu menggunakan sepeda motor karena kondisi jalan yang sempit dan terjal.

6. Bukit Pager Jawa

Tempat Camping Di Kebumen Bukit Pager Jawa
Tempat camping di Bukit Pager Jawa (sumber: instagram.com/suryakelling/)
LokasiWisata desa, Semplep, Kalibening, Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket wisata
Telepon082214553149 / 082136694706
Rute menuju tempat wisata dari kota Kebumen57 menit (28,9 km) via Jalan Karangsambung
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus, saung, rumah pohon, Bukit Menjeling, spot foto.

Bukit Pager Jawa bisa menjadi alternatif lain untuk tempat camping terbaik di Kebumen. Bukit ini berada di ketinggian 425 mdpl sehingga hawanya sejuk. Dari ketinggian Bukit Pager Jawa, kamu bisa menikmati pemandangan barisan perbukitan nan hijau.

Nuansa teduh juga sangat terasa karena di area Bukit Pager Jawa masih banyak tumbuh pohon-pohon Pinus. Beberapa pohon besar di bukit ini bahkan ada yang merupakan pohon langka. Di Bukit Pager Jawa juga terdapat sebuah situs petilasan leluhur yang menjadi destinasi wisata religi.

Camping di Bukit Pager Jawa sangat cocok untuk kamu yang ingin menjauh sejenak dari keramaian kota. Suasana di bukit ini sangat tenang. Sesekali hanya terdengar suara hembusan angin, kicauan burung, dan suara serangga hutan.

Kamu bisa sepuasnya bersantai sembari mengobrol, membaca buku, menyalakan api unggun, atau bernyanyi bersama teman seperjalananmu. Kalau cuaca cerah, di pagi harinya kamu bisa melihat kabut yang menutup kawasan perbukitan.

Untuk camping di Bukit Pager Jawa, kamu harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Selain itu, pastikan untuk membawa bekal yang cukup karena tidak ada warung di sekitar tempat campingnya. Untuk menuju ke puncak Bukit Pager Jawa, akses jalannya cukup ekstrem sehingga disarankan untuk menggunakan sepeda motor.

Nantinya mendekati puncak, sepeda motor harus diparkirkan di tempat khusus, kemudian kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Gunakan alas kaki yang nyaman karena jalannya cukup curam dan masih berupa tanah berbatu.

7. Telaga Cempaka

Tempat Camping Di Kebumen Telaga Cempaka
Area camping Telaga Cempaka Kebumen (sumber: instagram.com/wonderful_somagede/)
LokasiJl. Telaga Cemp., Gunugtugel, Somagede, Kec. Sempor, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga tiket masukSukarela + Rp2.000,00 (parkir)
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari Kabupaten Kebumen1 jam (33,7 km) via Jalan Nasional III
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus

Telaga Cempaka merupakan salah satu tempat camping terbaik di Kebumen. Lokasinya berada di Bukit Rawa Indah yang dikelilingi oleh hutan pinus. Suasana di tempat ini masih asri dan sangat tenang. Perpaduan suara embusan angin dan kicau burung membuat suasana terasa sangat menyenangkan.

Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di Telaga Cempaka:

  • Toilet.
  • Mushola.
  • Warung Jajanan.
  • Bangku-Bangku Panjang.
  • Saung.

Untuk camping di Telaga Cempaka, kamu harus membawa sendiri segala kebutuhannya. Mulai dari tenda, matras, peralatan memasak, kayu bakar, dan lain-lain. Di telaga ini tidak ada tempat persewaan perlengkapan camping. Kalau memang ingin menyewa perlengkapan camping, kamu bisa menghubungi beberapa operator khusus di Kebumen yang melayani persewaan alat camping.

Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor untuk menuju ke Telaga Cempaka. Namun, kamu harus berhati-hati karena jalannya sempit dan berkelok-kelok. Pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima agar kuat melalui jalan yang menanjak.

Perlu diperhatikan juga bahwa kondisi jalan menuju ke Telaga Cempaka tidak seluruhnya bagus. Akses jalannya ada yang sudah teraspal, tetapi saat tiba di area perkampungan jalannya hanya berupa cor semen. Kemudian, saat sudah mendekati puncak, ruas jalannya hanya berupa tanah merah saja sehingga sulit untuk dilalui oleh kendaraan.

Biasanya saat tiba di area jalan ini, pengunjung akan menitipkan kendaraannya di sekitar rumah warga. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit menuju ke Telaga Cempaka. Melelahkan, ya? Tenang! Segala lelahmu dijamin akan terbayar saat tiba di Telaga Cempaka yang menawan ini.

Nah, itulah 7 tempat camping terbaik di Kebumen yang bisa menjadi referensi. Tempat mana nih yang sudah mulai mencuri perhatianmu? Yuk, segera agendakan rencana camping bersama teman atau keluargamu di Kebumen. Mari menepi sejenak dari hiruk pikuk perkotaan supaya tidak penat dengan rutinitas harian. Jangan lupa, tetap patuh pada protokol kesehatan dan selalu menjaga kebersihan saat camping, ya.

Baca lebih lanjut: 10 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Sekitar Purwokerto (2022) »

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar