10 Tempat Camping Terbaik di Magelang yang Lagi Hits (2023)

Lagi nyari spot camping di Magelang yang punya udara sejuk dan dikelilingi banyak pepohonan hijau? Kami ada rekomendasi berbagai spot camping menarik untuk kamu coba. Terlebih buat kamu yang tinggal di sekitar Magelang. Penasaran? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Magelang:

Mulai penasaran? Yuk, baca ulasan lengkap dari Napaktilas berikut ini.

1. Silancur Highland

Silancur Highland
Silancur Highland, Magelang (sumber: instagram.com/silancurhighland/)
LokasiDadapan, Mangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 05.00-23.00 WIB
Harga paket campingRp10.000-Rp20.000
Telepon081804020454
Daya tarik wisataFlying fox, Spot selfie, kebun bunga, camping ground
Wisata menarik terdekat» Nepal Van Java (32 mnt (9,9 km) dari Silancur Highland)
Rute Kota Mungkid, Magelang57 mnt (28,1 km) lewat Jl. Magelang – Yogyakarta (Cek rute di Google Maps)
Rating tempat camping4.6/5 dari 6.161 ulasan Google

Mau camping dengan pemandangan Gunung Sumbing di sebelah barat, Gunung Merapi dan Telomoyo di sebelah timur? Kamu bisa langsung ke Silancur Highland. Di sini, kamu bisa camping bersama dengan keluarga atau teman kamu.

Tenang saja, pengelola Silancur Highland menyediakan penyewaan perlengkapan kemah. Mulai dari tenda hingga arang. Jadi, waktu kemah kamu akan lebih asyik.

Walaupun kamu bisa ke Silancur Highland untuk menikmati sunrise dan sunset tapi, untuk berkemah ada ketentuannya sendiri. Ketentuan ini menyangkut waktu bongkar pasang tenda. Karena itu, agar waktu berkemah kamu tidak terganggu, sebaiknya kamu bertanya ke pihak pengelola ya.

Selain berkemah, kamu bisa berjalan-jalan di kebun bunga, main flying fox, atau berkeliling ke perkebunan warga dan membeli sayur. Untuk fasilitasnya pun cukup lengkap. Mulai dari tempat parkir, tempat ibadah hingga kamar mandi yang bersih bisa kamu gunakan. Jadi, pas banget untuk refreshing.

For your information, kalau kamu ke sini, pastikan kondisi kamu dan kendaraan kamu fit. Ini karena tanjakan ke Silancur Highland cukup tajam walaupun jalannya cukup lebar. Dengan begitu, kamu bisa sampai ke Silancur Highland atau ke rumah dengan selamat.

2. Gunung Andong

Gunung Andong
Gunung Andong, Magelang (sumber: instagram.com/wizdan_inst/)
LokasiDesa Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga paket campingRp20.000
Telepon081393128765
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid55 menit (38,4 km) via Jl. Semarang – Yogyakarta dan Jl. Magelang – Kopeng/Jl. Magelang – Salatiga
56 menit (35,1 km) via Jl. Magelang – Kopeng/Jl. Magelang – Salatiga
1 jam (37,1 km) via Jl. Blabak Mungkin dan Jl. Ketep Kopeng/Jl. Magelang – Boyolali  
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan pinus
Puncak Makam
Puncak Jiwa
Puncak Andong
Puncak Alap-Alap

Gunung Andong menjadi salah satu destinasi utama untuk berkemah sambil pemanasan sebelum menaiki gunung yang lebih tinggi. Ini karena Gunung Andong memiliki ketinggian sekitar 1.726 mdpl dan memiliki medan yang tidak terlalu terjal. Jadi, dari basecamp hingga ke puncak, kamu bisa menempuh waktu sekitar 1-2 jam saja.

Uniknya, Gunung Andong memiliki 7 basecamp, yaitu:

  • 3 di Kecamatan Ngablak (Dusun Sawit, Dusun Pendem, Dusun Gugik) yang dikelola secara resmi.
  • 2 di Kecamatan Grabag.
  • 1 di Dusun Kudusan.
  • 1 di Dusun Sekararum Kembangan.

Walaupun begitu, basecamp Taruna Jaya Giri di Dusun Sawit adalah yang paling popular. Jadi, jangan heran kalau banyak pendaki yang mulai mendaki untuk camping dari Dusun Sawit.

Sesampainya di atas, kamu akan menemukan 4 puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Biasanya, Puncak Makam, Jiwa dan Andong menjadi tempat favorit untuk berkemah.

For your information, Gunung Andong selalu ramai saat weekends. Jadi, kamu bisa datang saat weekdays kalau kamu ingin menikmati waktu berkemah yang sepi.

Kebanyakan pendaki akan datang sebelum sunset atau sunrise tiba. Ini karena dari puncak Gunung Andong, kamu bisa menikmati pemandangan alam seperti Gunung Telomoyo, Merbabu, Sindoro hingga Prau. Bahkan, kalau kamu beruntung, kamu bisa melihat pemandangan lautan awan yang menakjubkan.

Jadi, siap untuk mendaki dan berkemah di Gunung Andong? Untuk detail lokasi basecamp, HTM dan medan pendakian, kamu bisa mempelajarinya di artikel 3 jalur pendakian Gunung Andong ini.

3. Mangli Skyview

Mangli Skyview
Mangli Skyview, Magelang (sumber: datawisata)
LokasiMangli, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga paket campingRp15.000 per orang Rp300.000 (paket camping VIP)
Telepon081802546939
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid53 menit (29,2 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta
1 jam 2 menit (33,3 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta  
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPondok wisata
Spot foto

Tak memiliki peralatan kemah dan ingin camping dengan pemandangan Gunung Sumbing? Tenang saja, kamu bisa datang ke Mangli Skyview.

Di tempat yang berada di ketinggian 1.570 mpdl, kamu bisa menikmati panorama Gunung Sumbing dari ketinggian. Kamu bisa datang di pagi atau sore hari untuk menikmati indahnya sunset dan sunrise. Tenang saja, di Mangli Skyview terdapat anjungan buatan untuk kamu yang ingin berfoto dengan view gunung.

Saat malam hari, kamu bisa melihat pemandangan gemerlap lampu kota dan bintang-bintang. Jadi, suasana berkemah kamu akan lebih syahdu.

Di Mangli View, kamu bisa memilih apakah ingin camping atau pondok wisata. Di pondok wisata, kamu tinggal datang dan menempati penginapan berkapasitas 4 orang. Di sini sudah dilengkapi dengan Kasur busa, bantal meja hingga sleeping bag.

Sedangkan kalau ingin camping, kamu bisa membawa perlengkapan berkemah sendiri, menyewa di Mangli Skyview atau memilih paket camping VIP. Jika kamu memilih paket VIP, kamu tinggal menempati tenda VIP berkapasitas 4 orang. Di dalam tenda sudah dilengkapi dengan kasur, bantal, selimut, meja.

Lengkap, kan?

Yuk lanjut ke daftar tempat kemah berikutnya.

4. Taman Rekreasi dan Camping Ground Watu Nganten Ngentak

Camping Watu Nganten Ngentak
Campinground Watu Nganten Ngentak, Magelang (sumber: facebook.com/watunganten/)
LokasiNgentak, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka24 jam khusus untuk camping Wisata: Senin-Kamis: 07.00-17.00 WIB Jumat: 07.00-16.00 WIBSabtu-Minggu: 06.00-17.00 WIB
Harga paket campingRp10.000 per orang
Telepon0856-4342-5312Pemesanan camping: 0857-0155-2645
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid17 menit (10,3 km) via Jl. Blabak Mungkid
22 menit (12,8 km) via Jl. Magelang atau Jl. Magelang – Yogyakarta atau Jl. Semarang – Yogyakarta
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingKolam terapi ikan
Sungai Mbelan
Grojogan Ndelik
Kolam renang anak-anak

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi, kamu bisa berkemah di Watu Nganten. Di tempat ini kamu bisa berkemah dengan teman-teman kamu sambil menikmati pemandangan Gunung Merapi.

Uniknya, di Watu Nganten ini ada air terjun berlapis yang bernama Grojogan Ndelik. Air terjun dari Sungai Mbelan ini terlihat apik saat sunrise. Belum lagi pemandangan Gunung Merapi yang sayang jika tidak kamu abadikan.

Di kawasan Watu Nganten ini ada kolam terapi ikan dan warung makan. Jadi, kalau kamu bosan berkemah, kamu bisa mencoba terapi ikan sambil menikmati keindahan Watu Nganten. Selain itu, kamu juga bisa mencoba trek off road seperti yang pernah dilakukan oleh Erix Soekamti.

Oh ya, jika kamu ingin camping, kamu perlu konfirmasi terlebih dahulu dengan pihak pengelola ya. Kamu perlu membayar sekitar Rp10.000 per orang untuk melakukan kemah. Namun, kalau hanya sebatas ingin mencoba berkunjung, misal survey tempat lebih dahulu, sebaiknya datang jam 07.00-17.00 WIB.

Bagaimana jika saya tidak memiliki perlengkapan tapi ingin berkemah? Tenang saja. Pengelola Watu Nganten menyediakan perlengkapan kemah yang bisa kamu sewa.

Konfirmasi terlebih dahulu ke pengelola apakah perlengkapan yang akan kamu sewa masih tersedia atau tidak. Jadi, kamu bisa melakukan persiapan, misalnya menyediakan uang untuk menyewa perlengkapan kemah.

5. Jurang Jero Outbound & Camping Ground

Jurang Jero Outbound Camping Ground
Camping Ground Jurang Jero, Magelang (sumber: instagram.com/p/B7HxU8onIbP/)
LokasiDusun 4, Ngargomulyo, Dukun, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka
Harga paket campingRp10.000
Telepon085742134171
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid33 menit (18,7 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta dan Jl. Soka
35 menit (17,7 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
41 menit (20,2 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta dan Jl. Veteran
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingHamparan pohon pinus
Outbound playground
Penyewaan ATV
Trip Jurang Jero

Mencari tempat yang tidak hanya bisa untuk berkemah, outbound, bersepeda tapi juga bisa melakukan trip dengan Jeep? Kalau iya, kamu bisa ke Jurang Jero.

Di tempat ini, kamu bisa berwisata menikmati keindahan hutan pinus yang asri. Kamu juga bisa mengajak teman-teman atau keluarga kamu untuk berkemah, berkeliling dengan ATV, bersepeda hingga berkeliling dengan Jeep.

Dari informasi yang kami dapatkan, kamu bisa berkemah dengan membayar biaya Rp10.000 per orang. Tentunya biaya ini bisa berubah sewaktu-waktu. Jadi, akan lebih baik untuk menghubungi pengelola sebelum kamu berkemah atau melakukan kegiatan seperti outbound.

Bagaimana jika tidak punya perlengkapan/peralatan kemah? Pengelola Jurang Jero menyediakan penyewaan peralatan. Misalnya tenda, alat masak, lampu tenda hingga hammock.

Dengan adanya fasilitas tersebut, tentu kamu tidak usah bingung lagi saat akan berkemah di sini.

Kalau kamu gemar memancing, kamu bisa naik sedikit dari camping ground untuk memancing. Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Merapi saat cerah.

Sayangnya, kami belum menemukan jam operasional yang pasti untuk bisa datang ke Jurang Jero. Jadi, kamu bisa bertanya ke pengelola, terutama ketika kamu hendak mulai berkemah saat sore hari.

Baca juga: 7 Tempat Camping Terbaik di Boyolali yang Lagi Hits (2022) »

6. Hutan Pinus Wisata Mangli Perhutani

Hutan Pinus Wisata Mangli Perhutani 1
Hutan Pinus Wisata Mangli Perhutani, Magelang (sumber: Bagas Fajar Rosyidi)
LokasiGrabag Ngablak, Girirejo, Ngablak, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.30-05.00 WIB
Harga paket campingRp5.000
Telepon0857-2505-7261
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid56 menit (34,1 km) via Jl. Magelang – Kopeng/Jl. Magelang – Salatiga
55 menit (35 km) via Jl. Semarang – Yogyakarta. S
58 menit (33,2 km) via Jl. Candimulyo
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingPlayground
Jalur downhill
Hutan pinus
Curug

Berkemah sambil menikmati asrinya udara di hutan pinus? Kamu bisa kok ke Hutan Pinus Wisata Mangli yang dekat dengan Gunung Andong. Jadi, kamu bisa langsung ke Gunung Andong kalau mau sekalian mendaki.

Untuk sampai ke Hutan Pinus Wisata Mangli, kamu perlu mempersiapkan kendaraan yang kondisinya fit. Ini karena akses ke tempat kemah cukup terjal, apalagi dengan adanya tanjakan yang cukup tinggi.

Saat kamu sampai di Hutan Pinus Wisata Mangli, kamu akan menemukan gapura sederhana. Di sini, kamu harus melapor ke petugas untuk mendapatkan izin berkemah. Baru setelah itu, kamu bisa ke area perkemahan dan membangun tenda.

Lalu, apa saja yang harus dibawa? Tentu saja perlengkapan kemah kamu. Sesampainya di sini, kamu bisa mendirikan tenda lalu bersantai menggunakan hammock.

Selain bersantai di tenda atau hammock, kamu bisa trekking sambil menikmati udara segar. Kalau kamu membawa sepeda, kamu bisa mencoba track downhill.

Jadi, ingin mencoba berkemah di Hutan Pinus Wisata Mangli Perhutani?

7. Glamping Linggarjati

Glamping Linggarjati
Glamping Linggarjati, Magelang (sumber: instagram.com/linggarjati_joglo/)
LokasiJL. Penakian Gunung Sumbing No. 1, Kebonlegi, Mangli, Kaliangrkik, Magelang (cek di Google Maps)
Jam buka05.00-19.00 WIB
Harga paket campingRp375.000-Rp400.000
Telepon081225665045
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid57 menit (29,3 km) via Jl. Magelang – Yogyakarta
1 jam 9 menit (36,8 km) via Jl. Mayor Unus
1 jam 13 menit (36,6 km) via Jl. Candimulyo
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto

Mencari tempat camping yang glamour tapi tetap bisa mendapatkan suasana lingkungan yang asri? Kalau iya, kamu bisa ke Glamping Linggarjati.

Tempat camping yang dibuka tahun 2021 ini memungkinkan kamu menginap dan menikmati sunrise yang eksotis. Apalagi, Glamping Linggarjati ini berada di lereng Gunung Sumbing atau di Alas Krincing Mangli. Jadi, kamu tetap akan mendapatkan serunya camping dan asrinya suasana terutama saat pagi hari.

Uniknya, walaupun mengusung glamour camping, di tempat ini tidak ada sinyal dan hiburan seperti televisi. Jadi, kamu tetap bisa menikmati kemah dengan suasana pedesaan yang asri.

Kalau kamu ke sini, kamu perlu menyiapkan dana sekitar Rp375.000-Rp400.000 untuk bermalam. Perlu kamu tahu, harga paket glamping berbeda tergantung hari atau waktunya. Rp375.000 untuk hari biasa dan Rp400.000 untuk hari libur dan akhir pekan.

Oh ya, persiapkan kendaraan kamu ya! Karena rute untuk ke Glamping Linggarjati cukup berkelok dan menantang. Jangan lupa untuk reservasi dulu sebelum datang agar kamu tetap bisa camping mewah di sini.

Kalau kehabisan tempat camping atau kamu sekedar ingin menikmati suasana di sini, kamu bisa kok datang dari pukul 05.00-19.00 WIB. Jadi, siap untuk liburan sambil camping di Glamping Linggarjati?

8. Nirwana Loka Jaya SIKAPAT

Nirwana Loka Jaya Sikapat
Nirwana Loka Jaya SIKAPAT, Magelang (sumber: instagram.com/nirwana.lokajaya/)
LokasiJl. Salaman – Pancar, Pancar 2, Ngampeldento, Salaman, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga paket campingRp12.000 per orang
Telepon0857-2508-1566
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid42 menit (25,2 km) via Jl. Mayor Kusen
43 menit (23,7 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
43 menit (23,6 km) via Jl. Blabak – Mendut
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingKolam renang anak
Spots foto menarik
Fun games dan atraksi seperti pencak silat
Playgroundtrack offroad

Nirwana Loka Jaya Sikapat pas untuk kamu yang mencari tempat kemah yang dikelilingi pepohonan pinus dan suasana asri. Ada apa saja di tempat ini? Selain hutan pinus, di tempat ini juga sudah dilengkapi dengan kolam renang anak dan spot foto menarik.

Jadi, kalau kamu mau camping sambil menikmati indahnya Bukit Sikapat, Nirwana Loka Jaya Sikapat jadi tempat yang tepat.

Lalu, berapa biayanya untuk berkemah? Jika kamu ingin berkemah, kamu perlu membayar Rp12.000 per orang. Namun, kalau kamu hanya ingin menikmati suasana asri di sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000.

Oh ya, karena di Nirwana Loka Jaya Sikapat belum ada tempat penyewaan perlengkapan kemah, maka kamu harus membawa sendiri. Pastikan perlengkapan dan peralatan kemah kamu sudah lengkap sebelum kamu berkemah di bumi perkemahan ini.

Bagaimana dengan fasilitasnya?

Fasilitas di Nirwana Loka Jaya Sikapat cukup lengkap. Di tempat ini sudah tersedia kamar mandi dan toilet, gazebo mushola hingga sudah tersedianya listrik.  

Kalau kamu bosan di tempat perkemahan, kamu bisa mencoba trekking. Di Nirwana Loka Jaya Sikapat, ada pilihan jalur trekking yang mudah hingga sulit dengan jarak tempuh yang berbeda. Jadi, kamu bisa memilih sendiri jalur yang sesuai dengan kemampuan.

Sebelum kamu datang ke sini, ada baiknya kamu konfirmasi atau bertanya lebih dahulu ya. Karena bisa jadi ada perubahan seperti peraturan kemah, HTM atau jam buka.

9. Campgrounds Wana Pertiwi Ngawen

Campgrounds Wana Pertiwi Ngawen
Campgrounds Wana Pertiwi Ngawen, Magelang (sumber: instagram.com/desawisatangawen/)
LokasiKemiriombo, Ngawen, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga paket camping
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid14 menit (8.7 km) via Jl. Magelang/Magelang –  Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
16 menit (9.8 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta dan Jl. Kyai Raden Santri
19 menit (13,5 km) via Jl. Mayor Kusen
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai
Kolam renang anak

Mencari tempat kemah yang cukup sepi sehingga kamu bisa menikmati suasana berkemah nan sunyi? Kamu bisa ke ke Campground Wana Pertiwi Ngawen.

Tempat ini sebenarnya sudah ada lebih dari 5 tahun untuk berkemah. Sayangnya, kami tidak menemukan informasi yang cukup lengkap mengenai hal tersebut. Misalnya, harga paket kemah dan contact person untuk penggunaan tempat.

Walaupun begitu, lokasi Campground Wana Pertiwi Ngawen cukup luas untuk membangun tenda. Bahkan, kamu bisa melakukan kegiatan seperti Persami, outbound hingga menyelenggarakan pernikahan di sini.

Untuk fasilitasnya, tempat ini sudah dilengkapi dengan toilet dan pendopo untuk tempat menyelenggarakan acara seperti pentas seni.

Lalu, bagaimana jika saya bosan saat kemah?

Di Campground Wana Pertiwi Ngawen, ada sungai yang airnya cukup jernih. Sesekali, kamu bisa bermain air di sungai sambil merasakan segarnya udara di tempat ini.  Namun, kamu harus tetap hati-hati agar tidak terbawa arus atau tergores berbatuan sungai.

Selain itu, kamu bisa mencoba kolam renang anak yang lokasinya tak jauh dari Campground Wana Pertiwi Ngawen. Jadi, kamu bisa menikmati waktu kemah kamu bersama anak di sini.

Jadi, tertarik untuk menyelenggarakan kegiatan seperti kemah di Campground Wana Pertiwi Ngawen?

10. Bumi Perkemahan Wonolelo

Bumi Perkemahan Wonolelo
Bumi Perkemahan Wonolelo, Magelang (sumber: Ardan Nugroho)
LokasiNagrog, Wonolelo, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah (cek di Google Maps)
Jam buka24 jam
Harga paket campingRp3.000 per orang
Telepon08117000097
Rute menuju lokasi camping dari Kota Mungkid32 menit (19,5 km) via Jl. Blabak Mungkid
37 menit (22 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta
39 menit (22 km) via Jl. Magelang/Jl. Magelang – Yogyakarta/Jl. Semarang – Yogyakarta dan Jl. Blabak Mungkid
Obyek wisata menarik di sekitar lokasi campingSungai
Spot foto dengan view Gunung Merapi

Bumi Perkemahan Wonolelo menjadi salah satu tempat kemah yang menyajikan view indah Gunung Merapi. Dengan lokasi kemah yang cukup luas, kamu bahkan bisa menggunakan tempat ini untuk kegiatan berkelompok, misalnya Persami.

Adakah fasilitasnya? Ada. Kamu sudah bisa menikmati fasilitas seperti kamar mandi dan listrik.

Apakah hanya bisa berkemah? Tidak.

Ada sungai dengan berbatuan besar yang ada di sekitar Bumi Perkemahan Wonolelo. Jadi, kamu tetap perlu berhati-hati saat bermain air di sungai agar tidak terluka.

Di sungai tersebut, kamu bisa bermain air, bahkan susur sungai dengan pemandu agar lebih aman. Kamu juga bisa berfoto dengan view Gunung Merapi atau Merbabu saat cuaca cerah.

Sayangnya, bumi perkemahan ini termasuk jalur truk yang mengangkut material vulkanik. Jadi, saat siang kamu, kamu mungkin akan terganggu dengan truk yang berlalu lalang.

Dengan kondisi tersebut dan view Gunung Merapi – Merbabu, kamu mau berkemah di Bumi Perkemahan Wonolelo? Jika iya, kamu bisa siapkan perlengkapan kemah kamu dan hubungi pengelola ya. Terutama jika kamu hendak berkemah dengan banyak orang.

Dari 10 tempat kemah terbaik di Magelang yang kami sebutkan, mana nih yang masuk ke list favorit kamu untuk camping? Oh ya, kalau kamu ingin menambahkan informasi seperti rekomendasi atau pengalaman kemah, langsung tulis komentar kamu ya. Dengan begitu, informasi kamu bisa menjadi pertimbangan apakah akan berkemah di tempat tersebut atau tidak. Semoga informasi ini berguna dan selamat refreshing!

Tambahan: Bagi campers yang lagi nyari rekomendasi tempat camping baru di sekitar Jawa Tengah, kami punya ulasan menarik. Di artikel ini, kamu akan mendapatkan kurasi tempat camping terindah di Jawa Tengah. Pengan segera baca? Klik di sini.

Leave a Comment