10 Tempat Camping Terbaik di Pekalongan yang Lagi Hits (2022)

Selain batik, Kabupaten Pekalongan di Jawa Tengah juga memiliki potensi wisata alam yang melimpah. Banyak di antaranya yang bahkan bisa menjadi spot camping yang seru. Sebagai referensi, simak daftar rekomendasi tempat camping terbaik di Pekalongan berikut ini.

Kamu bisa berkemah di alam terbuka dengan konsep sederhana, campervan, maupun glamping. Nikmati liburan seru di kawasan pegunungan, perbukitan, hingga air terjun yang eksotis. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Pekalongan versi Napaktilas:

Mulai penasaran? Yuk, kita cari tahu.

1. Wana Kalipaingan Pekalongan

Tempat Camping Di Pekalongan Wana Kalipaingan Pekalongan
Wana Kalipaingan, Pekalongan (sumber: Sulis Purnawari)
LokasiHutan, Tenogo, Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Kamis, 08.00 – 17.00 WIB Jumat – Minggu, 07.00 – 21.00 WIB
Harga tiket masukHTM Anak
Rp3.000,00/orang (weekday)
Rp4.000,00/orang (weekend)
HTM Dewasa
Rp4.000,00/orang (weekday)
Rp5.000,00/orang (weekend)
Telepon082326045880
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan» 1 jam 10 menit (44,2 km) via Jl. Tol Pemalang – Batang
» 1 jam 15 menit (38,4 km) via Jl. Raya Bojong
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingJembatan gantung, Sungai Paingan, kolam ikan, flying fox, Goa Kamulyan.

Ingin merasakan sensasi camping di tepi sungai? Coba kunjungi Wana Kalipaingan Pekalongan. Wana Kalipaingan bisa dituju dengan menggunakan kendaraan pribadi. Walaupun akses jalannya berkelok-kelok, tetapi sudah teraspal bagus. Lokasinya juga mudah ditemukan karena berada tidak jauh dari jalan besar.

Area camping Wana Kalipaingan berada persis di tepi Sungai Paingan. Kamu bahkan bisa memarkirkan kendaraan sampai ke dekat area camping sehingga lebih praktis. Wana Kalipaingan ini cocok untuk tempat refreshing bersama pasangan, acara komunitas, hingga family gathering. Suasananya tenang dan udaranya sejuk. Di sisi kiri dan kanan area camping banyak tumbuh pepohonan rindang. Ada juga persawahan warga. Semuanya serba hijau dan menyegarkan mata.

Sungai yang berada persis di depan area camping ini aman untuk berenang ataupun sekadar duduk merendam kaki. Aliran airnya tidak terlalu deras, dengan air yang jernih. Ada banyak batu-batu berukuran sedang hingga besar di sepanjang sungai yang menambah kesan alami. Jembatan gantung yang melintas di atas sungai menjadi titik terbaik untuk berfoto.

Untuk yang berjiwa petualang, cobalah mengisi waktu dengan aktivitas yang memacu adrenalin. Ada wisata arung jeram, river tubing, dan jelajah hutan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp35.000,00 per orang.

Jangan khawatir soal fasilitas camping. Di Wana Kalipaingan ini sudah tersedia toilet, café, musala, gazebo, penerangan, tempat bermain anak, dan ruang pertemuan. Kamu cukup membawa perlengkapan camping dan perbekalan pribadi saja.

2. Curug Bajing

Tempat Camping Di Pekalongan Curug Bajing
Curug Bajing, Pekalongan (sumber: instagram.com/kang_jum)
LokasiJl. Raya Petungkriyono, Hutan, Curugmuncar, Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masukRp7.000,00/orang (HTM)
Telepon085726864560 / 085878903556
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan1 jam 44 menit (45,1 km) via Jl. Raya Doro – Pekalongan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTaman Bunga Celosia, Jembatan Curug.

Curug Bajing adalah air terjun eksotis yang ada di Pekalongan. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter. Di bawahnya terdapat kolam-kolam bertingkat sehingga tampak seperti air terjun mini saat air mengalir ke tiap kolam. Akses jalan menuju ke Curug Bajing sudah cukup bagus dan bisa dilalui kendaraan bermotor. Namun, kamu harus tetap berhati-hati karena jalurnya kecil. Nantinya, dari area parkir, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 10 menit untuk mencapai area camping.

Di kawasan air terjun ini kamu bisa camping dengan suasana alam yang khas. Jauh dari hiruk pikuk kota, hanya ada suara serangga hutan dan gemuruh air terjun di kejauhan. Dikelilingi pohon-pohon rimbun, kamu tidak perlu khawatir dengan teriknya cuaca di siang hari. Selain air terjun, ada juga view ke arah Desa Curug Muncar.

Fasilitas yang tersedia di Curug Bajing sudah memadai. Mulai dari toilet, musala, kantin, area parkir, gazebo, homestay,dan gardu pandang. Ada juga tempat persewaan tenda dan peralatan camping. Menariknya, Curug Bajing ini sudah mendapat sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata. CHSE menandakan bahwa tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan berbasis:

  • Cleanliness (kebersihan)
  • Health (kesehatan)
  • Safety (keamanan)
  • Environment sustainable (kelestarian lingkungan)

Jadi, kalau kamu berwisata dan camping di sini, maka sudah ada jaminan kenyamanan dan keamanan yang bagusi dari pengelola.

3. Blackcanyon Petungkriyono

Tempat Camping Di Pekalongan Blackcanyon Petungkriyono
Blackcanyon Petungkriyono, Pekalongan (sumber: instagram.com/blackcanyonpetukriyono)
LokasiHutan, Kayupuring, Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Kamis, 08.30 – 16.00 WIB
Jumat – Minggu, 08.00 – 16.30 WIB
Harga tiket masukRp20.000,00/orang (HTM + pelampung)
Rp10.000,00/tenda (biaya sewa lahan)
Telepon085702789435 / 085878344314
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan1 jam 7 menit (30,8 km) via Jl. Raya Doro – Pekalongan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingAir terjun, area persawahan, sungai.

Blackcanyon Petungkriyono adalah tempat wisata yang populer di kalangan anak muda. Dulunya, tempat ini dikenal dengan nama Kedung Sipingit. Lokasinya bisa dicapai dengan kendaraan bermotor. Namun, butuh konsentrasi saat berkendara karena kondisi jalannya sempit, banyak tikungan dan tanjakan.

Tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama saat akhir pekan. Tidak sedikit pengunjung yang camping di Blackcanyon karena ingin lebih puas menikmati suasana alamnya yang asri. Kamu bisa mendirikan tenda di area camping yang sangat nyaman, luas, dan beralaskan rerumputan. Sembari bersantai, kamu akan disuguhkan pemandanganalam yang indah. Ada area perbukitan nan hijau, hutan, dan persawahan. Udara sejuknya pun bikin betah. Saat pagi hari, ada kabut-kabut tipis yang menutupi sebagian area perbukitan. Berbagai fasilitas sudah disediakan oleh pengelola wisata Blackcanyon Petungkriyono. Ada warung makan, gazebo, toilet, musala, area parkir, taman bermain, kedai kopi, dan pusat informasi.

Tidak jauh dari area camping ada sebuah sungai yang bisa kamu tuju. Dari area camping, kamu cukup berjalan kaki sekitar 15 menit. Sungai ini dikeliling oleh tebing-tebing batu besar berwarna kehitaman. Air sungainya jernih dengan gradasi warna hijau kebiruan. Aliran airnya cukup deras. Di sini kamu bisa mencoba aktivitas menarik seperti berenang, river tubing, atau body rafting. Pengelola menyediakan paket-paket wisata air dengan harga mulai dari Rp75.000,00/orang. Harga tersebut sudah termasuk alat keamanan dan guide khusus.

4. Bukit Pawuluhan

Tempat Camping Di Pekalongan Bukit Pawuluhan
Bukit Pawuluhan, Pekalongan (sumber: instagram.com/agussetiawan2121)
LokasiKlesem, Kec. Kandangserang, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masukRp5.000,00/orang (weekday)
Rp10.000,00/orang (weekend)
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan2 jam 24 menit (66,7 km) via Jl. Raya Bodeh – Watukumpul
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingView kawasan perbukitan, view Gunung Sindoro – Sumbing – Slamet.

Camping di atas Bukit Pawuluhan bisa menjadi alternatif liburan seru untukmu. Dari ketinggian 1176 mdpl, kamu bisa camping sembari menikmati view yang menawan. Ada area perbukitan dan rerumputan hijau. Saat cuaca cerah, deretan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet pun bisa terlihat dari Bukit Pawuluhan ini. Saat malam, pemandangan berganti dengan kerlip lampu kota dan gugusan bintang. Di pagi hari, momen matahari terbit terlihat cantik di antara hamparan awan putih dan kabut yang menutupi area perbukitan.

Area camping di Bukit Pawuluhan ini sebenarnya cukup luas. Namun, saat akhir pekan atau hari libur, antusias pengunjung lebih tinggi dari biasanya. Sebaiknya kamu datang lebih cepat agar mendapatkan spot untuk mendirikan tenda. Bawalah tenda, perlengkapan camping, penerangan, dan perbekalan yang cukup. Di atas Bukit Pawuluhan belum ada penjual makanan ataupun fasilitas listrik.

Bukit Pawuluhan bisa dicapai dalam waktu sekitar 2 – 3 jam perjalanan dari pusat Kota Pekalongan. Kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Pastikan kendaraan dalam kondisi fit. Medan yang dilalui cukup menanjak dan berkelok-kelok. Nantinya, kendaraan diparkirkan di area parkir yang berada di rumah warga. Dari situ, kamu harus mendaki sekitar 2 – 3 jam ke puncak Bukit Pawuluhan. Jalurnya cukup jelas dan bersahabat untuk pemula. Di sepanjang jalur pendakian pun kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang memanjakan mata.

5. Bumi Perkemahan Karangsrity

Tempat Camping Di Pekalongan Bumi Perkemahan Karangsrity
Bumi Perkemahan Karangsrity, Pekalongan (sumber: instagram.com/karangsrity)
LokasiTlogopakis, Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hai, 24 jam
Harga paket campingRp15.000,00/orang (camping)
Rp15.000,00/motor (motorcamp)
Rp100.000,00/mobil (campervan)
Telepon085226061007 / 085225996060
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan1 jam 42 menit (45,4 km) via Jl. Raya Doro – Pekalongan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingWaterboom alami, air terjun.

Satu lagi tempat camping di Pekalongan yang menawarkan pesona alam menawan, yaitu Bumi Perkemahan Karangsrity. Bumi Perkemahan ini dikelilingi oleh hutan pinus dan perbukitan. Suasananya tenang dan udaranya sejuk.

Area camping di Bumi Perkemahan Karangsrity ini cukup luas dan ditumbuhi rerumputan yang nyaman sebagai alasnya. Kamu bahkan bisa membawa mobil atau sepeda motor ke area camping dengan membayar biaya khusus untuk campervan/motorcamp.

Selain mampu menampung banyak tenda, masih ada area yang bisa digunakan untuk outbound dan api unggun. Jadi, tempatnya cocok untuk kamu yang ingin camping bersama komunitas, keluarga besar, maupun acara kantor. Toilet, musala, dan area parkir sudah tersedia di Bumi Perkemahan Karangsrity. Pengelola juga menyediakan tempat persewaan alat camping dan sound system.

Selama camping di Bumi Perkemahan Karangsrity, kamu bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Mulai dari jelajah alam hingga bermain air di waterboom alami. Ada paket trekking di hutan seharga Rp20.000,00 per orang. Bersama guide, kamu akan diajak menjelajahi kawasan hutan di sekitar Bumi Perkemahan Karangsrity. Pengelola juga menyediakan paket wisata kesenian tradisional. Kamu bisa menikmati suguhan tradisi dan budaya yang sarat makna di alam terbuka.

Untuk menuju ke Bumi Perkemahan Karangsrity, dari pusat kota Pekalongan, tujulah rute Kecamatan Doro. Selanjutnya, kamu naik menuju Petungkriyono hingga ke Desa Tlogopakis. Akses jalannya mudah dan sudah teraspal. Di beberapa titik memang ada ruas jalan yang rusak, tetapi tetap aman untuk dilewati.

6. Wisata Buper Lolong Asri

Tempat Camping Di Pekalongan Wisata Buper Lolong Asri
Wisata Buper Lolong Asri, Pekalongan (sumber: Instagram.com/buperlolongasri)
LokasiKarangrejo, Lolong, Kec. Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 17.00 WIB
Harga paket campingRp5.000,00/orang (HTM)
Telepon082325087996
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan50 menit (25,8 km) via Jl. Raya Wonopringgo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHutan alam, sepeda gantung, Sungai Singkarang, area outbound, jembatan batu.

Wisata Buper Lolong Asri bisa menjadi alternatif tempat camping seru di Pekalongan. Buper Lolong Asri berada di bantaran Sungai Singkarang. Luas keseluruhannya mencapai 1 hektar. Area campingnya dikelilingi oleh hutan yang masih sangat asri. Suasana yang tenang, sejuk, dan teduh sangat terasa. Ditambah lagi dengan suara aliran air dari Sungai Singkarang dan serangga hutan yang menenangkan. Untuk fasilitasnya, pengelola Buper Lolong Asri sudah menyediakan toilet, warung makan, gazebo, area parkir, dan musala. Kalau kamu tidak membawa tenda, maka bisa menyewa ke pihak pengelola.

Saat camping di sini, kamu tidak perlu khawatir akan merasa bosan. Ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa kamu coba untuk menambah keseruan bersama teman atau keluarga. Mulai dari wisata edukasi, sejarah, hingga wisata alam menjadi satu di tempat ini.

Kamu bisa menjajal aktivitas tubing, sepeda gantung, atau outbound. Daya tarik yang paling khas adalah keberadaan jembatan batu peninggalan masa kolonial yang membentang di atas sungai. Jembatan batu ini menghubungkan antara Kedukuhan Lolong dengan Sampel. Dari area camping, jembatan ini menjadi view yang cantik untuk latar berfoto.

Lolong Asri juga terkenal dengan duriannya yang enak. Kalau kamu datang saat musim durian, maka sempatkan untuk mencicipinya. Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu sudah bisa makan durian sepuasnya di sini.

Untuk menuju ke Buper Lolong Asri, akses jalannya sudah bisa dilalui oleh mobil dan sepeda motor. Di sepanjang perjalanannya, kamu sudah akan disuguhi pemandangan indah. Terutama dari kebun durian milik warga setempat dan hamparan sungai yang jernih.

7. Puncak Tugu Petungkriyono

Tempat Camping Di Pekalongan Puncak Tugu Petungkriyono
Puncak Tugu Petungkriyono, Pekalongan (sumber: Instagram.com/ashifqolby)
LokasiSikucing, Yosorejo, Petungkriono, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp5.000,00/orang
Telepon081236337293
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan1 jam 38 menit (45,9 km) via Jl. Raya Doro – Pekalongan
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTugu Trianggulas, view gunung dan persawahan.

Berada di ketinggian 1930 mdpl, Puncak Tugu Petungkriyono bisa menjadi tempat camping yang asyik. Apalagi kalau kamu suka dengan tantangan. Ya, untuk menuju ke area camping di Puncak Tugu ini kamu memang harus melakukan pendakian terlebih dahulu.

Namun, tenang saja, arahnya sudah jelas dan medannya masih termasuk ringan untuk pemula. Apalagi, setibanya nanti di Puncak Tugu, segala lelahmu akan terbayar. Sunrise, sunset, dan bentang alam yang terlihat dari area camping Puncak Tugu ini sangat memesona. Deretan Gunung Slamet – Kendalisodo – Watutawon serta area persawahan terlihat cantik di kejauhan.

Sebelum naik ke Puncak Tugu, kamu harus registrasi ke pengelola di basecamp. Biaya registrasinya Rp5.000,00 per orang. Dari basecamp,kamu harus menuju ke titik awal pendakian terlebih dahulu. Jaraknya sekitar 3 km yang bisa ditempuh sekitar 30-45 menit berjalan kaki.

Ada opsi lain, yaitu menggunakan ojek dengan tarif Rp10.000,00 per orang. Selanjutnya, dari titik awal pendakian ini, kamu harus berjalan kaki melalui jalur yang lebih sempit dan lebih menanjak. Durasi pendakian kira-kira sekitar 1,5 – 2 jam, tergantung kecepatanmu berjalan.

8. Bukit Bintang Kutorojo

Tempat Camping Di Pekalongan Bukit Bintang Kutorojo
Bukit Bintang Kutorojo, Pekalongan (sumber: instagram.com/pekalongantrending/)
LokasiKebun, Kutorojo, Kec. Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket camping
Telepon08221925895 / 085201563200 / 082314206977
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan» 1 jam 15 menit (45,2 km) via Jl. Tol Pemalang – Batang
» 1 jam 16 menit (39,4 km) via Jl. Raya Bojong
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingGua Putri, city view, hutan pinus

Sensasi camping sambil menikmati indahnya Kota Kajen Pekalongan di malam hari bisa kamu dapatkan di Bukit Bintang Kutorojo. Dari ketinggian sekitar 700 mdpl, suguhan gemerlap lampu kota terlihat sangat indah. Saat siang pun, pemandangan ke arah area perbukitan dan hutan pinus sangat memanjakan mata.

Ada sebuah menara pandang yang dibangun oleh pengelola setempat. Dari menara pandang ini kamu bisa lebih leluasa menikmati pemandangan di sekitar Bukit Bintang. Selain itu, di dekat area camping juga ditanami banyak tanaman herbal oleh pengelola desa. Selain menciptakan kesan asri, keberadaan tanaman-tanaman herbal ini juga menjadi ciri khas dari wisata di Bukit Bintang Kutorojo.

Kamu harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri untuk camping di Bukit Bintang. Pengelola hanya menyediakan fasilitas air bersih, MCK, bahan api unggun, dan area parkir. Ke depannya juga akan ada fasilitas musala yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Bukit Bintang Kutorojo bisa dicapai dengan mobil atau sepeda motor. Dari jalan utama, ruas jalannya cukup lebar dan teraspal bagus. Namun, saat sudah memasuki area hutan pinus dan area pemukiman warga, jalannya menyempit dan hanya cukup untuk satu mobil. Selain itu, ada jalan yang rusak dan berbatu. Perlu lebih berhati-hati saat melewati jalan ini.

9. Puncak Anjir Kaliboja

Tempat Camping Di Pekalongan Puncak Anjir Kaliboja
Puncak Anjir Kaliboja, Pekalongan (sumber: Zul Media)
LokasiSemboja Barat, Kaliboja, Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingGratis
Telepon
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan» 1 jam 40 menit (63,2 km) via Jl. Raya Paninggaran (tol)
» 1 jam 41 menit (57,4 km) via Jl. Raya Bojong dan Jl. Raya Paninggaran
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingView pegunungan

Puncak Anjir Kaliboja adalah salah satu tempat camping favorit di Pekalongan, terutama bagi mereka yang hobi mendaki. Untuk mencapai area ini memang dibutuhkan usaha ekstra. Kamu harus memarkirkan kendaraan di area basecamp terlebih dahulu. Dari basecamp, kamu masih harus mendaki sekitar 1,5 jam untuk menuju ke area camping Puncak Anjir Kaliboja.

Area camping di Puncak Anjir Kaliboja ini tidak persis di bagian puncak pendakian. Sebabnya, angin di bagian puncak terlalu kencang saat malam. Kondisi ini kurang aman untuk mendirikan tenda. Ada area khusus di dekat pos 3 yang tersedia untuk camping. Lokasinya berupa tanah lapang yang cukup luas. Kapasitasnya mampu memuat hingga 70 tenda sekaligus.

Saat subuh, kalau kamu ingin menikmati pesona Puncak Anjir Kaliboja, maka kamu bisa mendaki ke bagian puncak. Jarak dari area camping di pos 3 menuju puncak sekitar 30-40 menit, tergantung kecepatanmu mendaki. Puncak Anjir Kaliboja memang memiliki pemandangan indah dan romantis, terutama saat pagi hari.

Deretan Gunung Sindoro, Gunung Slamet, dan Gunung Rogojembangan terlihat gagah di kejauhan. Pendar cahaya matahari terbit yang berpadu dengan gumpalan awan menambah suasana yang sangat khas di Puncak Anjir Kaliboja.

Fasilitas yang tersedia di basecamp Puncak Anjir Kaliboja terbilang memadai. Sudah ada toilet, musala, warung jajanan, dan stand suvenir. Untuk kamu yang tidak membawa tenda, maka bisa menyewanya ke pengelola di basecamp.

10. La’ ranch Glamping

Tempat Camping Di Pekalongan La Ranch Glamping
La’ ranch Glamping, Pekalongan (sumber: instagram.com/yedijatiez/)
LokasiJl. Karanganyar – Lebakbarang, Karanggondang, Karang Gondang, Kec. Karanganyar, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket campingRp465.000,00/tenda Rp850.000,00/tenda 3 hari 2 malam
Telepon082322867007
Rute menuju lokasi camping dari Pekalongan43 menit (20,9 km) via Jl. Raya Wonopringgo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTaman kelinci, taman domba, arena berkuda

La’ranch Glamping adalah pilihan tempat camping dengan suasana yang glamour di Pekalongan. Lokasinya berada di Kecamatan Karanganyar. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat kota Pekalongan. Tempatnya cocok untuk camping bersama teman, keluarga, maupun pasangan. Tanpa perlu repot membawa tenda dan perlengkapan lainnya, kamu bisa camping dengan tingkat kenyamanan seperti di hotel. Kamu akan mendapatkan fasilitas tenda dengan tempat tidur, selimut, air conditioner, amenities, wifi, api unggun, dan sarapan.

Uniknya, tenda-tenda yang tersedia di La’ranch konsepnya sangat eye-catching. Untuk tenda dengan ukuran yang agak kecil, tipenya adalah Indian. Bentuk tendanya berupa kerucut dengan bagian bawah yang luas. Sementara itu, tenda yang ukurannya lebih besar mengusung tema Cowboy. Wah, bakal keren banget untuk latar berfoto!

Fasilitas umum yang tersedia di La’ranch sangat memadai. Ada restoran, cafe, taman bermain, tempat meeting, spot foto, musala, dan area parkir. Untuk mengisi waktu, kamu bisa mencoba beragam aktivitas yang bertema petualangan seperti arung jeram dan river tubing. Kalau membawa anak-anak, ajaklah ke taman kelinci, taman domba, atau aktivitas bercocok tanam sebagai wisata edukatifnya. Ada juga area panahan dan arena berkuda yang tidak kalah seru untuk dicoba.

Nah, itulah 10 rekomendasi tempat camping terbaik di Pekalongan. Semuanya menawarkan pemandangan alam yang dijamin bikin kamu lebih fresh setelah berkemah di sana. Kamu tinggal pilih tempat camping mana yang paling sesuai untuk liburan bersama teman atau keluarga. Yang penting, persiapkan peralatan dan perbekalan yang cukup, ya. Selain itu, sebaiknya lakukan reservasi kalau kamu akan mengunjungi tempat camping di akhir pekan atau hari libur.

Tambahan: Bagi kamu yang doyan bertualang, yuk, cobain camping di berbagai tempat camping di Jawa Tengah lainnya. Ada banyak tempat camping tersembunyi di Jawa Tengah yang punya pemandangan alam memesona untuk dijelajahi. Pengen kepo? Baca selengkapnya di sini.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar