Camping Ground Pinus Cunthel: Sejuk, Indah dan Fasilitas Lengkap

Artikel ini membahas secara lengkap seputar camping di Camping Ground Pinus Cuntel.

Kamu akan mendapatkan informasi menarik seputar:

  1. Lokasi camping
  2. Tarif camping di Pinus Cuntel
  3. Aktivitas menarik di sekitar Pinus Cuntel
  4. Waktu terbaik untuk camping di Pinus Cunthel
  5. Kelebihan dan kekurangan camping di Camping Ground Pinus Cunthel

Jika kamu ingin mendapatkan berbagai informasi penting sebelum camping di Camping Ground Pinus Cunthel, kamu pasti menyukai artikel ini. Yuk, lanjut baca.

Camping Ground Pinus Cunthel

LokasiSundel, Kopeng, Kec. Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaJum’at, Sabtu, Minggu buka 24 jam. Senin-Kamis TUTUP
Harga tiket campingHarga tiket camping: Rp15.000/orang (Sudah termasuk welcome drink gratis)
Rute dari Salatiga38 menit (18.4 km) lewat Jl. Raya Kopeng (Cek rute di Google Maps)
Rating4,7/5.0 – 177 ulasan Google

Camping Ground Pinus Cunthel merupakan salah satu tempat camping di sekitar Salatiga yang populer di kalangan mahasiswa dan keluarga muda. Lokasinya berada di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di dekat Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cunthel. Dari basecamp Cunthel, kamu hanya perlu berjalan beberapa menit untuk sampai ke area camping.

Akses transportasi menuju area camping cukup baik. Jalanan sudah beton. Namun, masih sempit kalau simpangan. Jalan dari parkiran ke area camping adalah jalan setapak tanah khas jalan perkebuhan dan hutan.

Sesampainya di area camping ground, kamu akan mendapati area camping berupa tanah berundak dengan tipe terasering. Lokasinya berada di pinggir hutan pinus. Jadi, saat siang tidak terlalu panas dan saat cuaca cerah, kamu bisa melihat pemandangan indah di area Kopeng dan sekitarnya.

Camping Ground Pinus Cunthel bisa memuat ratusan tenda. Sehingga, kamu nggak perlu takut kehabisan tempat camping di sini. Pasti dapat.

Selain camping groundnya yang nyaman, Pinus Cuntel juga melengkapi fasilitas wisata untuk memanjakan pengunjungnya. Beberapa fasilitas wisata yang ada di sekitar area camping, seperti:

  1. Kamar mandi umum
  2. Aliran listrik
  3. Air bersih melimpah
  4. Musala
  5. Gazebo
  6. Warung warga
  7. Persewaan perlengkapan camping
  8. Pos keamanan dan pusat informasi
  9. Area camping ground dan hammock
  10. Area parkir yang luas
  11. Arena outbound

Jadi, kamu nggak perlu takut lagi camping di tempat terpencil yang minim fasilitas. Pinus Cuntel sudah menyediakan fasilitas yang memanjangan para campers. Jadi, kamu tinggal datang, camping dan bargembira. Hehe.

Tarif Camping di Pinus Cuntel

Bagi pengunjung yang ingin camping, harga tiket camping di Pinus Cunthel tidak begitu mahal. Harga tiket camping di camping ground PInus Cunthel hanya sebesar Rp15.000/orang. Harga tiket camping ini sudah termasuk welcome drink dan fasilitas wisata di area camping.

Apakah ada biaya tambahan lainnya? Ada. Ada beberapa biaya tambahan yang mungkin kamu keluarkan, seperti:

  1. Biaya parkir motor sebesar Rp3.000/malam
  2. Biaya sewa tenda kasur dan bantal sebesar Rp100.000 (optional)
  3. Biaya sewa perlengkapan camping lengkap sebesar Rp150.000 (optional)

Jika kamu ingin menggunakan layanan paket wisata di Camping Ground Pinus Cunthel, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu. Kamu bisa menghubungi admin melalui WA Official dari Camping Ground Pinus Cunthel.

Aktivitas Menarik di Sekitar Pinus Cuntel

Ada beragam aktivitas yang bisa kamu lakukan saat camping di Pinus Cuntel, di antaranya:

  1. Pesta api unggun. Pihak pengelola mengijikan untuk menyalakan api unggun untuk rombongan besar yang sedang melakukan gathering. Tentunya dengan pengawasan ekstra. Bersenang-senang bersama rombongan di dekat api unggun sangat-sangat menyenangkan.
  2. Camping ceria bersama keluarga. Camping keluarga bisa menjadi salah satu aktivitas menarik di Pinus Cuntel. Di mana, kamu bisa langsung mengajarkan dan menunjukkan tentang alam kepada si kecil. Pasti kenangan ini akan berkesan sampai si anak tumbuh dewasa.
  3. Bersantai sambil menikmati pemandangan. Bersantai di hammock, di kursi lipat ataupun di bangku kayu dengan menikmati pemandangan alam yang indah sangat menyenangkan. Kamu bisa rileks dan damai saat melihat keindahan alam di sekitar Kopeng dari ketinggian. Saat cuaca cerah, kamu juga bisa melihat keindahan Gunung Telomoyo, Gunung Andong dan Gunung Ungaran.
  4. Trekking di area hutan pinus. Trekking di area hutan pinus bisa menjadi salah satu aktivitas yang menarik saat camping. Selain membuatmu bugar dan sehat, kamu bisa berinteraksi langsung dengan alam. Kamu bisa menghirup kesegaran hutan pinus di pagi hari saat trekking. Menyenangkan, sekali!
  5. Memasak. Memasak masakan favorit sambil menikmati udara sejuk di area camping Pinus Cuntel menjadi salah satu aktivitas menyenangkan di sini. Banyak pengunjung membawa berbagai jenis masakan untuk melengkapi momen liburannya. Pemandangan indah, makanan lezat dan aroma memikat. Wow, awesome!

Seru, kan? Yuk, lanjut. Ada yang lebih menarik lagi.

Waktu Terbaik untuk Camping di Camping Ground Pinus Cunthel

Camping Ground Pinus Cunthel berada di area hutan pinus yang cukup tinggi. Udara di sekitar area camping cenderung sejuk-dingin. Pada siang hari suhu mencapai 25 derajat celcius dan pada malam hari suhu udara bisa turun sampai 14 derajat celcius.

Karena letaknya di dataran tinggi, pada musim hujan Camping Ground Pinus Cunthel juga mengalami perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Curah hujan tinggi, kabut tebal dan pemandangan tertutup awan putih menjadi ciri khas tempat ini.

Untuk mendapatkan momen camping terbaik, sebaiknya kamu mempertimbangkan waktu kedatangan. Menurut pengalaman kami yang pernah camping di sana, waktu camping terbaik untuk camping di Camping Ground Pinus Cunthel pada puncak musim kemarau, yaitu bulan Juni-Agustus.

Pada bulan-bulan tersebut, curah hujan rendah, cuaca cerah berangin dan retensi kemunculan kabut tidak begitu tebal. Pada kondisi ini, kamu bisa menikmati keindahan alam di Pinus Cuntel dengan maksimal.

Sedikit lagi, lanjut dulu ya!

Kelebihan dan Kekurangan Camping di Hutan Pinus Cuntel

Daya tarik wisata di Pinus Cuntel memang sangat kuat. Terlebih pemandangan alamnya. Namun, tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Biar informasi yang kamu dapatkan berimbang, kami akan memberikan review singkat terkait kelebihan dan kekurangan area camping.

Kelebihan:

  1. Udara sejuk dengan pemandangan alam yang indah. Suasana camping yang damai, udara sejuk-dingin dan pemandangan alam yang indah adalah kelebihan dari Camping Ground Pinus Cunthel. Saat cuaca cerah kamu bisa melihat samudera di atas awan, deretan gunung megah dan cantik hingga gemerlap bintang di malam yang indah.
  2. Lokasi camping ground tidak terlalu jauh dari parkiran. Bagi pengunjung yang membawa keluarga atau rombongan besar, tentu jarak lokasi camping dari titik drop poin sangat menentukan. Di Pinus Cuntel, kamu nggak perlu takut kecapean. Karena lokasi camping dekat dengan area parkir.
  3. Bisa untuk gathering. Pengunjung bisa melakukan gathering dalam sekala besar tanpa takut kekurangan lahan. Karena area camping luas, ada aula gazebo, musala, aliran listrik hingga air bersih melimpah. Pada saat malam, pengunjung juga diperbolehkan untuk menyalakan api unggun. Sangat seru, kan?
  4. Pemandangan sunrise dan sunset sangat memesona. Pemandangan saat sunrise dan sunset di Pinus Cuntel sangat indah. Apalagi saat cuaca cerah dengan sedikit awan. Indah sekali.

Kekurangan:

  1. Tidak ada jam malam. Beberapa pengunjung yang senang menyalakan musik dan ngobrol sampai dini hari dengan suara keras. Seringnya, aktivitas tersebut mengganggu pengunjung yang sedang ingin istirahat. Biarpun sudah melapor ke pihak pengelola, sepertinya pihak pengelola tidak begitu tegas menindak oknum-oknum tersebut.
  2. Akses jalan terlalu sempit untuk mobil, shuffle ataupun armada bus besar. Akses jalan menuju area camping cukup sempit untuk mobil. Jadi, perlu ekstra berhati-hati saat mengemudi.
  3. Tidak ada sinyal internet. Meskipun area camping sudah dialiri listrik dan berada diketinggian, nyatanya di area camping sangat susah sinyal internet. Sehingga, pengunjung yang camping di sana seperti sedang terisolasi dari dunia online.
  4. Area berdebu saat dipakai untuk outbound. Hutan pinus cuntel kadang juga dipakai untuk acara gathering dan outbound. Karena kondisi tanah yang kering, saat outbound banyak debu yang berterbangan. Dan ini cukup mengganggu. Karena saat kamu membersihkan wajah, kamu akan mendapatkan banyak debu yang menempel.

Demikian ulasan singkat tentang camping di camping ground Pinus Cunthel. Jika kamu penya pengalaman camping di sana, tulis pengalaman menarikmu selama camping melalui kolom komentar di bawah ya.

Leave a Comment