7 Rekomendasi Tempat Camping Terbaik di Purworejo (2022)

Apakah kamu penat dengan rutinitas harianmu? Kalau kamu butuh refreshing, maka camping di alam terbuka adalah pilihan terbaik. Kamu bisa pergi liburan sejenak ke salah satu tempat camping di Purworejo. Hiruplah udara segar sembari bersantai di tengah alam yang asri.

Purworejo memiliki beberapa tempat camping terbaik yang menawarkan keindahan alam memesona. Dijamin akan membuat liburanmu semakin berkesan. Penasaran? Berikut 7 rekomendasi tempat camping terbaik di Purworejo:

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

1. Curug Gunung Putri

Tempat Camping Di Purworejo Curug Gunung Putri
Curug Gunung Putri, Purworejo (sumber: instagram.com/srgl_outdoor/)
LokasiSingolopo, Cepedak, Bruno, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga paket wisataRp5.000,00/orang (HTM)
Telepon085201712017
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo1 jam 51 menit (51,8 km) via Jl. Wonosobo – Purworejo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto, Telaga Putri Kahuripan, Gardu Pandang, Jembatan Awang-Awang, Puncak Khayangan Sigendol.

Curug Gunung Putri cocok untuk kamu yang ingin camping bersama dengan keluarga, terutama yang membawa anak kecil. Tempat wisata ini menawarkan suasana alam yang menenangkan di tengah hutan pinus. Pemandangan air terjun bertingkat setinggi kurang lebih 70 meter menambah sempurnanya keindahan di sekitar area camping. Kamu bisa bersantai ditemani suara embusan angin, serangga hutan, kicauan burung, dan gemercik air.

Tiket masuknya hanya Rp5.000,00 per orang, ditambah dengan Rp2.000,00 untuk tarif parkir kendaraan. Kamu bisa membawa sendiri perlengkapan camping seperti tenda, peralatan memasak, bahan makanan, dan kayu bakar. Fasilitas yang tersedia di Curug Gunung Putri sudah cukup memadai. Ada toilet, warung jajanan, gazebo, musala, dan area parkir yang luas.

Untuk mencapai lokasi Curug Gunung Putri, kamu bisa menggunakan mobil atau sepeda motor. Akses jalannya berupa cor beton dengan rute berkelok-kelok dan menanjak sehingga perlu hati-hati saat berkendara. Pastikan kendaraan dalam kondisi prima, ya.

Nah,untuk yang ingin camping dengan tema unik di Curug Gunung Putri, ada paket “Landrover Experience Camp” yang bisa kamu coba. Paket ini menawarkan kegiatan camping dengan rooftent yang berada di atas unit mobil Landrover.

Paket campingnya bisa dikombinasikan dengan aktivitas lain. Mulai dari menjelajah kawasan hutan, bermain perahu, trekking, susur sungai, canyoning, atau susur gua. Ada juga aktivitas edukasi seperti melihat budidaya lebah madu, proses pembuatan tiwul, dan budidaya tanaman vanili. Wah, seru banget, ya? Kamu bisa menghubungi pihak pengelola untuk informasi harga dan reservasi paket campingnya.

2. Pantai Jetis Purworejo

Tempat Camping Di Purworejo Pantai Jetis Purworejo
Pantai Jetis, Purworejo (sumber: instagram.com/pesona.purworejo/)
LokasiPatutrejo, Kec. Grabag, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket wisataRp5.000,00/orang (HTM)
Telepon082125332374 / 082313986287
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo40 menit (23,4 km) via Grabag – Kutoarjo
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingTaman bunga matahari, Pantai Ketawang, Agrowisata jambu kristal, taman payung, gardu pandang.

Camping menjadi cara terbaik untuk lebih puas menikmati pesona Pantai Jetis. Pantai yang terkenal dengan pesona sunsetnya yang menawan ini memang menjadi wisata andalan dari Kabupaten Purworejo. Tak heran, jika banyak wisatawan yang ingin melakukan camping di pantai ini.

Untuk menunjang aktivitas camping, ada beberapa fasilitas umum yang tersedia di Pantai Jetis:

  • Toilet dan kamar mandi.
  • Warung makan.
  • Musala.
  • Area parkir.
  • Persewaan ATV.
  • Persewaan kuda poni dan delman.

Banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan selama camping di Pantai Jetis. Selain bersantai di tenda, kamu juga bisa bermain air atau sekadar jalan-jalan di area pantai. Namun, kamu harus tetap waspada dengan ombak besar di sekitar pantai, ya.

Selanjutnya, ada beberapa spot foto yang bisa kamu datangi untuk mengabadikan momen liburan di Pantai Jetis. Yang paling populer adalah spot di Taman Payung dan Taman Bunga Matahari. Nah, kalau kamu ingin menikmati pemandangan laut lepas dan pegunungan menoreh di kejauhan, maka kunjungilah gardu pandang! Dari atas gardu pandang ini pesona alam di sekitar Pantai Jetis bisa kamu nikmati dengan lebih leluasa.

3. Pantai Pasir Puncu

Tempat Camping Di Purworejo Pantai Pasir Puncu
Pantai Pasir Puncu, Purworejo (sumber: instagram.com/aldenpraptono/)
LokasiKeburuhan, Ngombol, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket wisataHanya bayar parkir kendaraan Rp2.000,00 (sepeda motor) Rp5.000,00 (mobil)
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo41 menit (28,8 km) via Jl. Nasional III dan Jl. Daendels/Jl. Ketawang – Temon
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingLorong Cemara, spot memancing.

Camping dengan suasana pantai di Purworejo juga bisa kamu lakukan di Pantai Pasir Puncu. Lokasinya berada sekitar 28 km dari pusat Kabupaten Purworejo. Untuk camping di pantai ini kamu harus membawa sendiri tenda dan perlengkapannya. Tidak ada tempat khusus untuk persewaan perlengkapan camping. Di Pantai Pasir Puncu hanya tersedia fasilitas umum standar seperti toilet, area parkir, musala, dan warung makan.

Saat camping di pantai ini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan. Pantai Pasir Puncu memiliki hamparan pasir yang kehitaman. Ada banyak sekali pohon cemara udang yang tumbuh rapat di sekitar pantai.

Beberapa tempat duduk dan ayunan tersedia khusus untuk pengunjung yang ingin berteduh sejenak di bawah pohon cemara. Saat matahari terbenam pemandangan di Pantai Pasir Puncu akan semakin syahdu. Momen matahari terbenam ini adalah yang paling ditunggu oleh para pengunjung untuk berswafoto.

Layaknya pantai-pantai yang berada di bagian selatan Jawa, Pantai Pasir Puncu memiliki ombak yang cukup besar. Pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang di sekitar pantai. Namun, kamu masih bisa bermain air atau berjalan di sepanjang garis pantai.

Untuk penggemar aktivitas memancing, jangan lupa bawa perlengkapan memancingmu juga, ya! Ada banyak spot memancing yang bagus di pantai ini. Nanti ikan hasil pancingannya bisa dibakar ramai-ramai untuk makan malam bersama.

4. DeLoano Glamping

Tempat Camping Di Purworejo Deloano Glamping
DeLoano Glamping, Purworejo (sumber: instagram.com/agungportal/)
LokasiPangkuan Sedayu, Sibebek, Kec. Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket wisataRp6.000,00/orang (HTM)
Telepon08112654595
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo55 menit (25,7 km) via Jl. Purworejo – Salaman dan Jl. Banyuasin
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot foto, Perkebunan Teh Nglinggo, hutan pinus.

Ingin camping anti ribet? Cobalah glamour camping (glamping) di DeLoano Purworejo. DeLoano berada di alam terbuka yang dikelilingi hutan pinus dan Perbukitan Menoreh. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan serba hijau dan suasana alam yang tenang. Udaranya juga segar dan sejuk sepanjang hari. Di malam hari, area glamping akan berhiaskan lampu-lampu gantung yang memberi kesan romantis.

Sesuai namanya, di DeLoano ini kamu bisa menikmati camping dengan suasana yang serba glamour. Pengelola menyediakan tenda-tenda khusus yang sudah dilengkapi berbagai fasilitas. Mulai dari tempat tidur yang nyaman, listrik, handuk, selimut, snack, free wifi, dan makanan berat. Bahkan, ada tenda yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi privat.

Selain itu, ada beberapa fasilitas penunjang yang tersedia di area publik:

  • Semi-outdoor restaurant.
  • Pusat informasi.
  • Toilet.
  • Area parkir.
  • Musala.
  • Ruang pertemuan.
  • Panggung pertunjukan.

Berikut ini beberapa pilihan harga paket glamping di DeLoano:

  • Tenda VIP (kapasitas maksimal 2 orang): Rp700.000,00 per tenda.
  • Tenda Reguler (kapasitas maksimal 6 orang): Rp350.000,00 per orang.
  • Paket hemat (kapasitas maksimal 2 orang): Rp150.000,00 per orang.

Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya. Ada baiknya kamu mengecek ulang informasi harga dan ketersediaan tenda dari beberapa hari sebelumnya.

Selain paket glamping, pengelola juga menyediakan paket wisata yang bisa kamu pilih untuk menambah keseruan selama camping di DeLoano. Mulai dari aktivitas yang memacu adrenalin seperti down hill, tracking, dan off road. Ada juga wisata edukasi ke Perkebunan Teh Nglinggo.

5. Argo Putro Campgrounds

Tempat Camping Di Purworejo Argo Putro Campgrounds
Argo Putro Campgrounds (Sumber: YouTube “Berbagi Fun”)
LokasiSuronatan, Kedungsari, Kec. Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Sabtu, 08.00 – 17.00 WIB Minggu, 08.00 – 18.30 WIB
Harga paket wisata
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo10 menit (4,2 km) via Jl. WR Supratman
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingHeroes Park, Sungai Bogowonto

Argo Putro Campgrounds merupakan salah satu tempat camping terbaik di Purworejo karena lokasinya dekat dengan pusat kota. Selain itu, luas bumi perkemahan ini mencapai 11 hektar. Karena daya tampungnya yang besar, Argo Putro Campgrounds menjadi tempat camping favorit untuk berbagai kegiatan sekolah, instansi, maupun komunitas.

Di area perkemahan ini juga tersedia space untuk melakukan aktivitas outbound, olahraga bersama, hingga api unggun. Untuk fasilitas pendukung, pengelola sudah menyediakan beberapa kamar mandi, pendopo, masjid, dan warung jajanan.

Area camping di Argo Putro masih sangat asri. Ada banyak pohon-pohon besar yang memberikan nuansa teduh dan sejuk. Suasananya juga masih sangat tenang sehingga kamu bisa camping dengan nyaman di sini. Untuk mengisi waktu saat camping, cobalah berjalan-jalan di sekitar bumi perkemahan. Ada area pedesaan yang pemandangannya menyejukkan mata.

Di sisi timur bumi perkemahan juga ada Heroes Park yang merupakan salah satu destinasi wisata andalan di Purworejo. Taman ini selalu ramai dengan pengunjung, terutama saat sore hari. Heroes Park tertata rapi dengan beberapa spot foto dan tempat duduk untuk bersantai. Kamu bisa mampir ke taman ini untuk melihat-lihat dan berinteraksi dengan warga lokal.

6. Sinalang Fam Camp

Tempat Camping Di Purworejo Sinalang Fam Camp
Sinalang Fam Camp, Purworejo
LokasiSawah, Karangrejo, Kec. Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket wisata
Telepon082313206335
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo27 menit (14,8 km) via Gebang 32 menit (17,9 km) via Jl. Pahlawan dan Gebang
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingOutbound area, labirin, padang sabana, spot foto, jalan 3D, gardu pandang, gazebo, rumah pohon, area memanah.

Satu lagi tempat camping terbaik di Purworejo yang cocok untuk liburan bersama keluarga, yaitu Sinalang Fam Camp. Tempatnya sejuk dan masih sangat asri. Ada banyak pepohonan tumbuh dan dirawat dengan baik sehingga suasananya terasa nyaman.

Sinalang Fam Camp mengangkat nuansa “kampung koboi ala Amerika” sebagai konsep tempat wisatanya. Saat camping di sini, kamu akan merasa seperti sedang tinggal di perkampungan koboi. Gerbang masuk, papan nama, hingga ornamen-ornamen penghiasnya dibuat semirip mungkin dengan suasana di film koboi Amerika.

Pengelola juga menyediakan beberapa ekor kuda untuk sarana menjelajahi kawasan Sinalang Fam Camp. Wah, pengunjung benar-benar diberi kesempatan untuk merasakan sensasi menjadi seperti koboi yang suka menunggang kuda, ya?! Tidak heran kalau Sinalang Fam Camp selalu ramai dengan kunjungan wisatawan keluarga.

Selain bersantai di tengah alam terbuka ala kampung koboi, ada banyak aktivitas seru lainnya yang bisa kamu lakukan, misalnya seperti:

  • Outbound.
  • berfoto di spot yang instagrammable.
  • menikmati momen sunrise dan sunset di gardu pandang.
  • menyusuri keindahan padang rumput sabana dan hutan jati mini.
  • mengunjungi agrowisata kebun jeruk dan kebun jambu biji.

Untuk camping di Sinalang Fam Camp, kamu harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri. Tidak ada tempat persewaan tenda di sini. Namun, jangan khawatir. Fasilitas pendukung yang tersedia sudah sangat memadai. Ada fasilitas seperti toilet, aula, musala, tempat makan, dan area parkir yang luas.

7. Gunung Kunir

Tempat Camping Di Purworejo Gunung Kunir
Gunung Kunir, Purworejo (sumber: instagram.com/gunungkunir/)
LokasiBenowo, Kec. Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga paket wisataRp5.000,00 (tarif parkir)
Telepon
Rute menuju tempat wisata dari kota Purworejo58 menit (25,6 km) via Jl. Purworejo – Salaman
Objek wisata menarik di sekitar lokasi campingSpot sunrise dan sunset, area Pegunungan Menoreh yang asri.

Untuk kamu pencinta gunung, maka wajib mencoba camping di puncak Gunung Kunir. Camping di Gunung Kunir dijamin akan membuat segala penatmu hilang! Di puncak gunung ini ada area datar yang cukup luas untuk mendirikan beberapa tenda. Tentunya segala perlengkapan campingnya harus kamu bawa sendiri, ya.

Puncak Gunung Kunir adalah salah satu puncak tertinggi yang ada di deretan Pegunungan Menoreh. Suasana di Gunung Kunir sangat tenang sehingga cocok untuk kamu yang benar-benar ingin melepas penat di tengah alam.

Kamu bisa bersantai sembari menikmati suguhan panorama tiga kota, gagahnya Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu sekaligus. Kalau cuaca cerah, kamu juga akan mendapatkan momen matahari terbit dan matahari terbenam yang memesona! Di malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun untuk menghangatkan tubuh ataupun memasak bekal makan malam.

Akses jalan menuju Gunung Kunir cukup sempit, berkelok, dan sangat menanjak. Sebaiknya kamu menggunakan sepeda motor bertransmisi manual (bukan matic). Dari pengalaman beberapa pengunjung sebelumnya, ada banyak yang terpaksa putar balik karena sepeda motor matic yang tidak kuat menanjak.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan alas kaki yang nyaman. Dari area parkir, kamu masih harus trekking melalui medan berundak sekitar 30 menit untuk sampai ke puncak Gunung Kunir.

Nah, itulah rekomendasi 7 tempat camping terbaik di Purworejo yang bisa kamu tuju. Semuanya menawarkan pemandangan dan suasana yang menyenangkan. Tinggal pilih tipe tempat seperti apa yang lebih cocok dengan gaya liburanmu. Dijamin setelah berlibur di sana, kamu akan lebih rileks dan siap untuk beraktivitas kembali. Jangan lupa ajak teman atau keluargamu supaya campingnya makin seru, ya!

Tambahan: Jika kamu punya jiwa petualangan sejati, kamu pasti juga suka artikel yang satu ini. Di artikel ini, kami telah menyiapkan berbagai rekomendasi tempat camping terbaik di Jawa Tengah yang wajib kamu coba. Dari lokasi camping yang mudah diakses sampai yang letaknya tersembunyi. Selengkapnya.

Dapatkan update artikel pilihan dan breaking news seputar hiking, camping dan traveling dari Napaktilas.net. Mari bergabung di Grup Telegram "Napaktilas.net Adventure Addicts", caranya klik link https://t.me/napaktilasnet, kemudian join. Kamu harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan komentar